Bagaimana kalau harga minyak anjlok 20$/bbl ?


Sampai berapa ? How low can you go ?

Bagaimana kalau harga minyak 20$/bbl ?

Salah satu artikel yang saya baca dari media bisnis di UK mengatakan bukan hal yang tidak mungkin harga merosot hingga 20$. karena kitapun pernah mengenyam harga itu dan semua masih berjalan. Lihat periode 1980-2000 dengan kisaran 20$/bbl.

HargaMinyakMentah2015Ada yang menganggap anjloknya harga minyak ini akan menjadikan krisis moneter global. Karena banyaknya negara yang tergantung dari harga minyak. Namun pada kenyataannya menurut perhitungan ahli-ahli economist Oxford justru sebaliknya. Pertumbuhan ekonomi global justru akan meningkat rata-rata 0.5% dari biasanya.

Ini akan menolong pemerintahan Indonesia yang diperkirakan akan membesar 0,1-0,2% karena efek harga 40$/bbl, dibandingkan bila harga minyak 84$/bbl. Tentusaja kalau Indonesia mampu memanfaatkan hal ini dengan cerdas ! Harga murah harus dimanfaatkan bener-bener bahwa minyak ini sebagai ENERGI, bukan sekedar komoditas. Harus menggerakkan roda ekonomi. Harus mampu menggerakkan mesin-mesin produksi.

Mengapa Indonesia diperkirakan hanya sedikit naik ? Mungkin karena “mesin produksi” Indonesia ini memiliki elastisitas energi yang rendah. Jadi kurang mampu memanfaatkan energi untuk berproduksi.

Gambaran dunia kita bila harga minyak 40$

Gambaran dunia kita bila harga minyak 40$. Dampak pertumbuhan GDP pada harga minyak yang berbeda harga minyak 40$ dibanding 84$.

Amerikapun suka cita dengan hal ini !.

Tidak sedikit yang mengira anjloknya harga minyak ini akan mematikan Amerika ketika usaha shale gas dan shale oilnya colaps. Dan memang benar barangkali yang terpukul adalah “pengusaha” minyak. Tetapi secara umum rakyat Amerika akan mengambil keuntungan lebih besar dengan pertumbuhan ekonomi bertambah GDPnya 0.7%, jauh diatas dampak positip dari Indonesia. Jadi jangan terburu-buru menganggap bahwa industri minyak ini didominasi Amerika dan akan membuat Amerika merana dengan anjloknya harga minyak.

Harapan positip ini khususnya akan dirasakan oleh negara-negara yg selama ini mengimpor minyak. Negara pemenang utamanya diperkirakan Pilipina yang mengambil untung hingga pertambahan GDP diatas 1.5%  Tentusaja negara-negara OPEC adalah negara yang “terkorban” bila harga anjlok menerus. KArena pendapatan negara ini dari minyak.

Skenario energi murah.

Ini hanya satu skenario bila anjloknya harga minyak ini berkepanjangan. Yang dapat saja terjadi dengan melihat fakta musim dingin kali ini tidak sedingin sebelumnya, dan walau musim dingin harga minyak tetep merosot tak terolong. Dan dalam jangka panjang IEA pernah menyebutkan bahwa gas yang ada di dunia ini mampu memberikan “energi” untuk semua dibumi ini selama 200 tahun. Juga energi efisiensi semakin tinggi dengan melihat fakta penerima nobel tahun ini adalah penemuan lampu LED yang mampu menghemat energi 1/10 energinya dengan lebih hemat biaya.

😦 : “Pakde, Kalau begitu eksplorasi minyak tidak perlu lagi ?”

😀 “Kata siapa ? Ingat, prediksi itu seringkali salah. Tapi yang tidak mempersiapkan yang akan merugi”

Tulisan terkait :

2 Tanggapan

  1. […] Bagaimana kalau harga minyak anjlok 20$/bbl ? […]

  2. ya indonesia harus berpikir dengan cerdas dengan memanfaatkan minyak sebagai energi bukan sekedar komoditas

    http://www.rajaloadcell.com/
    http://raja-loadcell.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: