Berapa harga minyak tahun 2015 ?


Akhir tahun seperti biasa dihiasi oleh ramalan-ramalan. Salah satu yang kepingin diketahui adalah HARGA MINYAK !

Kali ini akan kita lihat berapa harga minyak tahun depan. Akankah harga minyak masih dapat diprediksikan, ataukah masih perlukah kita meramal harga minyak ?

oil-price-prediction.gif

Prediksi yang selalu salah

Harga tentunya parameter yang mutlak dan perlu dalam ekonomi dan bisnis. Dalam urusan ekonomi dan bisnis perlu memilki asumsi dalam perhitungan, “eh, berapa untungnya nanti ?”. Tanpa asumsi, tanpa prediksi jelas ndak mungkin melakukan perhitungan prakiraan untuk menentukan layak tidaknya proyek dilakukan, termasuk eksplorasi. Sehingga walaupun prediksi yang sudah diketahui pasti bakalan salahpun tetep saja dilakukan dan tetep saja diperlukan. Hanya dipakai sebagai pegangan dalam perhitungan sebelum melakukan usaha. Tetapi jelas prediksi dalam hal ini hanya sebagai asumsi yang HARUS dimiliki sebelum dimulainya suatu usaha.

Prediksi dengan rumus.

Tahun 2010, Dongeng Geologi meramalkan harga minyak berdasarkan “historical price“. Cara ini memang hanya memanfaatkan rumus matematika saja. Namun menariknya harga prediksi tahun 2010, cukup mendekati dari yang diperkirakan. Dapat dilihat detilnya disini.

HargaMinyakKagetan

“Shocked Price” diimbangi dengan “Rebound price”.

Kejadian anjloknya harga minyak tahun 2014 ini tentunya mengagetkan. Hanya saja kekagetan yang menghawatirkan karena harga terus turun. Sampai dimana harga terrendahnya ? Ntah, sulit ditentukan tetapi kalau melihat kecenderungannya maka kecil kemungkinan lebih rendah dari 55$/bbl. Kalau lebih rendah berarti akan ada “sejarah baru“, seperti kejadian “Shoked Price” tahun 2009-2010.

Dengan melihat pengalaman tahun 2009-2010, maka ketika harga mencapai titik terrendah akan terjadi “Rebound Price“. Dimana masa “pacaroba” ini berlangsung selama 2 tahun sebelum mencapai relaksasi.

HargaMinyakMentah2015Diperkirakan harga minyak rata-rata tahun 2015 sangat mungkin akan berada dibawah 90$/bbl. Kemungkinan akan berada pada kisaran 85$ – 75$ / bbl (Harga tengah 80$).

[Catatan. Kalau harga saat ditulis ini terus menurun maka rebound akan lebih lama demikian juga harga perkiraan 2015 akan semakin turun. Catt:  Dec 15, 2014 WTI = 55.9 Brent = 6 61.09]

Untuk apa prediksi harga yang pasti salah ?

Pemerintah misal ESDM, mungkin sekali memiliki kepentingan lain yaitu untuk memberikan image everything will be fine, is within our control, bla … bla … bla “. Tentunya prediksi dalam hal ini bisa diartikan sebagai “hope” (harapan) supaya sebuah perjalanan usaha industri bisa dipengaruhi secara “psikologis”. ‘Tebar pesona‘ ini kadangkala perlu dilakukan supaya minat usaha tidak mandeg, pegawai tetap bekerja. Pemerintah seringkali melakukan tebar pesona supaya rakyatnya tetep optimis menghadapinya. Walaupun kadang hanya “apus-apusan” (bohongan) yang dipaksakan, upst !

Selain sebagai asumsi untuk perhitungan serta sebagai “apus-apusan” prediksi harga dapat dipakai sebagai bahan membuat sebuah skenario. Skenario ini bukanlah skenario untuk membuat sinetron yang bakalan dijalani looh. Skenario ini perlu dibuat dimilki sebagai pegangan, eeeh siapa tahu kalau terjadi betulan kita tidak lebih kaget dari yang ngga punya skenario. Tanpa memilki prakiraan, tanpa memilki prediksi kita seolah seperti orang buta berjalan tanpa tongkat. Apakah tongkat saja akan menunjukkan jalan pulang si orang buta? jelas tidak. Ada hal lain untk menunjukkan jalan tentunya.

Memang kita tahu bahwa prediksi ini pasti akan salah, tetapi ya perlu lah memiliki prediksi sebagai pegangan.

Tulisan terkait sebelumnya :

3 Tanggapan

  1. […] Berapa harga minyak tahun 2015 ? […]

  2. […] Berapa harga minyak tahun 2015 ? […]

  3. Semoga saja harga minyak tahun depan bisa turun di bawah 50$ dan pemerintah terus memperbaiki distribusi bbm ke rakyat.. pertamina juga perlu memperhatikan takaran liter di setiap spbu, pernah dapat spbu..kalau beli 1 liter cuma dapat 3/4 liter ..shngguh sebuah kejahatan yang menyulitkan rakyat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: