Dinding sumur ambles, mengapa ?


Berita tentang turunnya dinding sumur hingga sejumlah lebih dari 50 sumur cukup mengagetkan. Baca disini. Lah iya lah, sumur yang merupakan sumber air kehidupan tiba-tiba amblas tentunya bikin ketakutan.

Nah apa penyebabnya ?

Kalau dilihat dari lokasinya yang merupakan lereng G Kelud. batuan penyusunnya adalah batuan hasil endapan vulkanik yang didominasi pasiran. Kemungkinan diselingi lapukan ataupun endapan halus gunungapi. kealau demikian maka kita perlu melihat sifat mekanika tanah berpasir.

Kalau dilihat, pasir basah akan memiliki daya dukung yang lebih bagus dibandingkan pasir yang kering, tentusaja kalau ada campuran perekat pasir maka sudut lereng yang mampu ditahannya relatif lebih curam. Sedangkan ketika pasir tersebut jenuh air, justru menyebabkan daya dukungnya semakin kecil, bahkan hilang bila terlalu jenuh air.

Penggambaran seperti dibawah ini dapat dicoba dirumah melihat pasir kering, pasir basah dan pasir jenuh air.

Angleof Repose

😦 “Wah iya Pakde, jadi inget kalau mau membuat benteng-bentengan dari tanah di pasir sebaiknya pasir basah, bukan yang kering dan bukan yang jenuh air.

Jadi kemungkinan besar perubahan kandungan air dapat menyebabkan daya dukung tanah pasir akan menurun drastis. Karena hilangnya daya dukung inilah yang menyebabkan dinding buis beton maupun dinding sumur dengan bata pun bisa runtuh karenanya.

DindingSumurAmbles

Jadi runtuhnya dinding sumur mungkin bukan karena ada growongan yang ada dibawah.

Mengapa muka air tanah bisa naik ?

Tentunya curah hujan di huku dapat membuat muka air tanah meninggi. Proses penyerapan yang cukup intens dibagian hulu menyebabkan muka air tanah meninggi secara luas. Itulah sebabnya sumur-sumur yang terkena fenomena ini juga cukup banyak dan luas. Barangkali itu sesuai dengan penyebarannya juga.

Tentunya ini masih dugaan, perlu peninjauan lapangan untuk melihat sebenernya apa yang yang terjadi. Ini masih penerawangan geologi dari jauh.

Iklan

2 Tanggapan

  1. mantep ini blog dari jaman kapan tahu, masih konsisten mencerdaskan banyak orang soal geologi. 7 atau 8 tahun lalu saya kayaknya pernah berkomentar di sini, entah di posting mana ya.. 😀

  2. Pada musim kemarau, di daerah saya (pinggir kali progo, perbatasan Magelang dengan Kulon Progo) sumur di sekitar sungai menjadi kering sehingga kesulitan air bersih. Itu kenapa ya pak? Apa karena air tanah masuk ke air sungai? Matur nuwun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: