Sentuhan KEYAKINAN.


SpritualPict

Batubara

Lafal ALLAH dalam sebuah sayatan tipis batubara yang terlihat dibawah mikroskop. Foto ini ada di Masjid Tekmira (PUSLITBANG tekMIRA, Bandung)

 

Hampir semua manusia yang berkeyakinan agama akan memiliki indera yang mampu menumbuhkan keimanannya. Ekspresi keyakinan itupun akan sangat beragam. Setiap orang berbeda.

Ada yang tersentuh bila mendengar suara adzan atau suara mengaji, ada yang tersentuh hatinya dengan melihat gambar-gambar aneh, ada pula yang keimanannya lebih tersentuh dengan ilmu pengetahuan, ilmu alam, ilmu kedokteran dan lain-lain.
Saya sendiri akan tersentuh keimanan karena pengalaman serta keilmuan dunia (ilmu kebumian).

Bagi yang percaya, maka gambar itu dianggap bukan rekayasa, walau dari sisi keilmuan gambar itu sebenarnya hanya manifestasi gejala alam yang direkam “sensor“. Bahkan yang suka fotografi tentunya tahu ada foto kirlian (foto aura), juga foro Infra Red dsb.

phon

Pahon merunduk (meliuk) seolah ruku di Australia. Gejala normal bagi ahli biologi. Tapi bagi yang lain akan menganggap  berbeda dan aneh.

 

Gambar lain, misalnya pohon yg merunduk seolah ruku-pun ada yang takjub, walau dari sisi ilmu biologi memang ada kecenderungan pohon akan tumbuh mencari cahaya matahari yang kebetulan membuatnya seperti merunduk.

Saya malah lebih meyakini kekuasaan Allah ketika melihat peta dunia, melihat pergerakan kerak bumi (plate tectonic). Melihat bagaimana Indonesia merupakan pertemuan tiga lempeng besar yang sangat aktif. Rahasia-rahasia bumi terkuak dengan munculnya fenomena gunungapi, longsor, banjir, badai, ombak dll.

global20100322-full

Saya malah lebih meyakini kekuasaan Allah ketika melihat peta dunia, melihat pergerakan kerak bumi (plate tectonic). Melihat bagaimana Indonesia merupakan pertemuan tiga lempeng besar yang sangat aktif. Rahasia-rahasia bumi terkuak dengan munculnya fenomena gunungapi, longsor, banjir, badai, ombak dll.
(sangat jarang peta dunia yang meletakkan Indonesia berada ditengah-tengah tampilan peta)

Mana yang lebih bagus ? ntah lah. Saya tidak akan menilai hal itu. Yang terpenting jangan merendahkan bagaimana cara orang meningkatkan keyakinannya.

space178-milky-way-mosaic_46951_600x450

⁠⁠⁠Ini adalah gambar Milky Way (Galaxy). Yang merah dan biru itu menunjukkan arah pergerakan, menjauhi atau mendekati kita (pengamat). Jarak dari ujung ke ujung bisa ribuan tahun perjalanan cahaya. Artinya kalau saya diberi umur sepanjangitu, ketika sampai sana mungkin bintang itu sudah tidak ada 😦

😦 “Wah Pakde, itu bagaimana bisa menggambarkan satu galaksi yang penuh bintang ini. Apakah ada yang ada penghuninya ya ?”

jadi kalau anda bisa meningkatkan keimanan dengan yang menyentuh anda …. Monggo saja.

Satu Tanggapan

  1. Setiap orang mungkin memiliki pengalaman dan kesan yang berbeda pada apa yang diyakini. Bisa jadi ada orang yang ‘hanya’ melihat gambar yang mirip sesuatu yang diyakini, keyakinannya semakin naik, walau bagi orang lain itu biasa.
    terima kasih info nya Pak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: