Masjid Terdalam di Perut Bumi Ada Di Indonesia


Masjid yang ada di Indonesia tak hanya menyajikan bentuk yang besar dan megah, namun juga unik. Salah satunya adalah masjid yang berada di kedalaman 1.760 meter perut bumi.

masjiddalam

Suasana sholat didalam Masjid Baabul Munawwar

Masjid bernama Masjid Baabul Munawwar ini terletak di Papua, tepatnya di area pertambangan PT Freeport Papua. Meski di dalam perut bumi, areanya cukup luas karena bisa menampung jamaah sebanyak 250 orang.

Memang, masjid yang berada di bawah daerah Tembagapura, Timika Papua ini sengaja dibuat untuk para karyawan muslim agar tetap bisa melaksanakan ibadah shalat dengan mudah.
Menurut kabar, masjid tersebut masih belum lama dibuat, tepatnya diresmikan pada bulan Juni lalu. Selain Masjid Baabul Munawwar, di sampingnya terdapat Gereja Oikumene Soteria untuk umat Kristen yang bekerja di pertambangan.

sepatumasjiddalam

Sepatu safety menghiasi rak yang tersedia. Awas jangan salah ambil.

Peletakan kedua tempat ibadah tersebut yang berdampingan di dalam perut bumi memang sengaja atas usulan para pekerja sebagai sebuah simbol toleransi.

Adapun pembuatan masjid ini diarsiteki oleh lulusan Bina Nusantara bernama Alexander Mone. Sementara untuk strukturnya dikerjakan oleh Andrew Parhusip yang merupakan lulusan ITB.

Mengingat letaknya yang berada di perut bumi, maka dipasang juga alat memompa udara bersih dan untuk menyedot udara kotor keluar menuju permukaan. Dengan demikian suasana di dalam masjid pun tetap nyaman.

Lokasi Masjid ini ada di DMLZ – Deep Mill Level Zone

Deep Mill Level Zone adalah zona tambang dalam di daerah Papua. Loaksi ini sudah berproduksi dan menghasilkan tembaga serta emas. Tentunya banyak pekerja yang berada didalam sana. Nah masjid ini merupakan salah satu fasilitas ibadah untuk muslim. Selain itu juga ada gereja sebagai fasilitas ibadah juga.

cowa201510kplanmapfinal

Peta lokasi tambang, tampak atas. Setiap lokasi tambang bawah tanah ini memiliki fasilitas ibadah.

cowa201510ksectiona01

Penampang lokasi tambang bawah tanah. Perhatikan permukaan Grasberg yang sebelumnya dan setelah ditambang dengan tambang terbuka. Sedangkan yang lain dengan penambangan bawah tanah. Disitulah diperlukan fasilitas infrastruktur termasuk fasilitas ibadah.

Selain memiliki masjid didalam tanah, ada juga masjid tertinggi di dunia. Di dongeng selanjutnya.

(Sumber gambar kawan-kawan FMI)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: