Mengenal Gunung Slamet – 2 (Menikmati letusan dan Mata-air Panas Guci)


Hampir setiap lokasi yang berdekatan dengan gunungapi memiliki mataair panas. Ada yang debitnya besar adapula yang kecil. Terbentuknya air panas ini tentunya disebabkan oleh adanya konfigurasi yang khusus yg menyebabkan timbulnya mataair panas.

Guci-1[1]Guci terletak di lereng barat dari Gunung Slamet. Mataair panas di daerah ini sudah sangat terkenal sejak lama. Selain adanya daya tarik mataair panas, daerah ini juga dikenal memiliki panorama yang menawan. Lokasi mataair panas Guci ini berada di kabupaten Tegal, di Kecamatan Bumijawa dikaki lereng barat Gunung Slamet. Ada cerita menarik Konon menurut orang sekitar Mata air panas Guci di Tegal ini adalah peninggalan dari walisongo yang mengutus seorang sunan untuk mambawa sebuah Guci berisi air panas. Air dari Guci tersebut diyakini dapat membawa berkah bagi masyarakat sekitar, namun karena air dari Guci tersebut tidak cukup diberi untuk semua masyarakat sekitar maka sunan yang diutus tersebut menancapkan tongkatnya ketanah dan dari situlah keluar mata air panas.

😦 “Ooon jadi mataairpanas itu hanya dengan menancapkan tongkat ya ?”
😀 “Looh itu kisah sebelum berkembangnya pengetahuan geologi. Tentunya penjelasan lebih ilmiahnya ada thole”.

Patahan pemotong aliran air tanah.

guciMataair terjadi bila ada muka air tanah yang terpotong. Bagi ahli geologi bila dijumpai mataair seringkali dipergunakan sebagai pertanda adanya patahan didekatnya. Namun juga sebaliknya, seringkali mataair dapat dicari disekitar patahan yang sudah diketahui.

Selain adanya mataair, tanda-tanda adanya patahan juga dapat dilihat dengan morfologi tebing curam yang lurus. Hal ini juga dapat dilihat seperti yang dijumpai di lereng barat dari Gunung Slamet.

GuciSpringTebing curam memanjang ini diperkirakan sebuah patahan besar yang memotong Gunung Slamet. Seperti juga patahan Gunung Merapi yang juga ditunjukkan dengan adanya mataair-mataair, Baca dongengannya disini Patahan di Gunung Merapi.

Tulisan sebelumnya disini Mengenal Gunung Slamet -1, (Cyndercone) juga memperlihatkan adanya patahan ini.

Berkah Gunung Slamet

Gunung-Slamet[1]Tidak hanya adanya lokasi pemandian airpanas, Gunung Slamet juga memiliki keindahan panorama serta keindahan saat menunjukkan aktifitasnya. Erupsi Gunung Slamet selama ini terlihat lemah dibandingkan gunungapi aktif lainnya. Ukuran kantung magmanya diperkirakan kurang dari sepersepuluh Gunung Merapi, juga pengisian material (magma)nya tidak secepat merapi. Kandungan gas dalam magmanya juga rendah, sehingga tidak menyebabkan letusan eksplosif. Letusan Gunung Slamet dikenal dengan nama “strombolian“, yaitu letusan sinar pancaran api yang terlihat indah dimalam hari.

Aktifitas ini justru dapat dinikmati bukan untuk ditakuti asalkan mengikuti pentunjuk yang berwenang (PVMBG dan BNPB), yaitu diamati dari jarak 4 Km atau lebih.

Tentusaja selain berkah keindahan, abu vulkanik Gunung Slamet inilah yang membuat tanah subur dan membuat terkenalnya teh-teh poci dari Tegal.

😦 “Wah Pakdhe kalau sudah ngeteh mesti trus nulisnya berhenti deh”.

Tulisan terkait :

2 Tanggapan

  1. Senang sekali membaca uraian pak rovicky ini, tentang mata air panas di sekitar gunung slamet. Tulisannya mudah dipahami dan mencerdaskan.

  2. bagaimana mitigasi bencana terhadap cagar budaya yanga ada di sekitar gunung slamet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: