Gempa Terkini

Gempa Terkini BMKG

Peta Gempa Pekan Ini Diupdate setiap saat

Tengoklah sekitarmu !

Untuk mengatasi issue kejadian bencana (gempa) yang merugikan. Dibawah ini ada sebuah peta kegempaan selama sepekan lalu untuk Dunia dan Australasia. Tengoklah sesekali, sehingga kamu tahu seperti apa dinamika bumi ini. Jangan ketakutan akan terjadi gempa, tetapi jangan lengah ketika gempa.
Coba hitung berapa gempa terjadi disekitar kita ! :D .

Versi USGS (US Geological Survey) diupdate setiap saat !

http://http://earthquake.usgs.gov/earthquakes/map/

Gempa Dunia

Waktu dalam UTC (Coordinated Universal Time), untuk WIB ditambah 7 Jam

Australia-Indonesia Region

Skip to earthquake lists

Map showing earthquakes
Legend with age and magnitude scale

sumber USGS

Bacaan lain menyangklut soal gempa :

130 Tanggapan

  1. Berarti di dalam perut bumi ada lempengan besar , dan bentuk nya bukan pasir?

  2. saya mohon kenapa air hujan bisa tinggi di rumah

  3. saya mau pelajari tentang dunia

  4. informasi yang menarik sekali, terima kasih ya…..

  5. jangan sampai gempa terjadi dijakarta, berikan keikhlasan dan ketabahan.

  6. Baru saja gempa di Sukabumi. M6.1 SR versi BMKG, 5.9 versi USGS. Tepat saat gerhana bulan. Ada hubungannya tdk gempa dan gerhana?

  7. ya allah hentikan lah bencana yang engkau berikan ke pada sumatra barat ya allah terutama kota padang dan painan

  8. pak Dhe apa daerah Cirebon merupakan lempengan rawan gempa? Saya pantau dari peta cuaca ada awan yang mencuritakan, atau gunung Cerme terbakar hutannya dan atau aktif gunung berapinya?

  9. BENCANA ALAM, SEMOGA UMAT ISLAM SADAR

    Saya mendapat sms dari +62817542xxxx yang isinya sebagai berikut;
    NAFAIS TSAMRAH: Allah berfirman: Hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka dengan hukum yang di turunkan oleh Allah, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. Berhati-hatilah kamu terhadap mereka, supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebagian yang Allah turunkan kepadamu. Ketahuilah, sesungguhnya Allah menghendaki menimpakan musibah kepada mereka, karena dosa-dosa mereka. Sesungguhnya kebanyakan manusia itu fasik (Q.s. al-Maidah: 49). Semoga musibah demi musibah ini segera menyadarkan penguasa dan rakyat di negeri Muslim terbesar ini agar kembali kepada syariat-Nya.
    -
    Sms ini saya dapat ketika umat Islam Indonesia sedang tertuju perhatiannya pada kasus gempa di Padang yang menelan korban ratusan manusia.
    -
    Benar apa yang dikatakan pengirim sms ini. Kita berkali kali di ingatkan Allah SWT agar kita kembali kepada Syariat Nya. Bangsa Indonesia ini terlalu banyak maksiat. Aneka macam kemaksiatan judi, zina, pembunuhan dll begitu leluasa karena bangsa ini tidak mengadopsi hukum yang dapat memberikan efek jera dan penebusan di akhirat, justeru sebaliknya malah mengadopsi sistem hukum thaghut yang sama sekali tidak membawa kebaikan dunia akhirat.
    -
    Saat ini pemerintah pun di repotkan dengan jumlah kriminalitas yang tinggi. Dan hukum yang di terapkan saat ini samasekali tidak dapat dijadikan sebagai penebusan di akhirat kelak. Oleh karena itulah kita butuh untuk menerapkan hukum-hukum Allah yang tentu saja dapat meminimalkan kejahatan, memberikan efek jera serta dapat menjadi penebus di akherat kelak.

  10. I am speechless. This can be a excellent weblog and very engaging too. Great paintings! That’s now not in reality much coming from an newbie publisher like me, but it’s all I may just say after diving into your posts. Great grammar and vocabulary. Not like different blogs. You truly recognize what you?re talking about too. Such a lot that you simply made me wish to explore more. Your weblog has become a stepping stone for me, my friend.

  11. 1. Nalikane ana lindhu gedhe, bumi banget anggone gonjang – ganjing.
    2. Bumi metokake isine (momotane).
    3. Manungsa padha ngucap: “Ya gene ana lindhu gedhe”.
    4. Ing dina iku bumi anjelentrehake pawartane.
    5. Sebab Pangeranira dhawuh marang bumi.
    6. Ing dina iku paramanungsa bakal padha metu dhewe – dhewe perlu padha diweruhi pituwasing lakune.
    7. Sing sapa nalika ana donya ngelakoni kabecikan senajan mung saboboting semut bakal weruh ganjarane.
    8. Sing sapa ngelakoni ala, senajan mung saboboting semut hiya mesti weruh patrapane

    [QS. AL ZALZALAH (99) : 1 sd 8]

  12. Pak Dhe selama ini di pantai selatan Jawa Timur tidak pernah gempa, yang malah gempe dekat pulau Bawean bagian utara Jawa Timur. Apa nanti kalau ada gempa seperti di Aceh 9 sr? Geologi apa tidak disurvey di Jawa Timur?

    –> Sebenernya pernah diteliti oleh Andang Bachtiar tentang kerawanan pantai selatan Jawa Timur ini. Tapi saya tidak punya laporannya.

  13. Alhamdulillah gempanya tidak merusak hanya 4.9 Sk.

  14. Terjadi gempa di Papua dan dilanjutkan di Ujung Kulon. Kalau dilihat terjadinya awan hujan, karena pemanasan permukaa air laut. Sehingga terjadi uap air didaerah lempengan perbatasan Australia dan Erosia. Maka harus waspada didaerah Bengkulu dan Sumatera Selatan potensinya diatas 6 Sr??????? Apakah Bmkg tidak puya alat untuk mengukur pemanasan permukaan air laut? Maaf saya mendahului BMKG. Saya hanya mengamat dan tunggu komennya Pak De Rovicky. Salam.

  15. Pak dhe , saya pernah nonton national geografich, disalah satu episode membahas pengaruh gravitasi bulan dan matahari terhadap terjadinya gempa bumi, menurut pak dhe apakah benar gravitasi bulan dan matahari berpengaruh dengan gempa bumi

  16. very nice

  17. Setelah gempa di Tasikmalaya tanggal 10 Januari 2010 waktu 07.25 Wib. Akan menyusul di Aceh sebelah Barat ????????? Waspada selama 2 minggu.

  18. wajar aja kawan..INDONESIA banyak gempa.kan negara nie d kelilingi lempeng besar. kalo gak gempa g bakal hasil mineral melimpah ruah kaya gini…..

  19. Terima kasih atas informasi menarik

  20. Bumi kita sudah tua, ya berdoa dan tunggu takdir

  21. thanks ya om…….,tugasku terbantu!B)

  22. saya boleh minta tentang daftar gempa bumi (10x yg terakhir)di pulau ambon skaligus dg kekuatan gempanya ga… thanks b4

  23. Gempa itu selaen dari faktor geologi bumi yang memeng sudah tua dan menharuskan bumi memetahkan lempengnya adalah ulah faktor manunsia yang slalu tidak bertindak sewajarnya di muka buni iniitu sebabnya Tuhan Murka ama Umatnya

  24. paaa cieeeeeeeeeeeeeee yang da dipkrn umat manusia npe gg da yang sadar tentang dosa merkaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  25. jangan berikan issue-issue yang agak jelas,,,mohon beritanya diperjelas

  26. hem..

    sekarang ind sudah gampangan banget terkena gempa?
    apa sih penyebabnya penasaran banget?

    TAkdir kali ya?

  27. ass

    pa,,kenapa sih sekarang banyak gempa?
    apa faktor utamanya?
    yang kemarin itu vulkanik atau tektonik?

    terima kasih

  28. Kalau bisa Semua, warga Negara Wajib Memiliki Program untuk Mendeteksi Gempa Bumi dan Dsunami, tapi bagaimana caranya

  29. pak
    katanya gempa yang besar akan terjadi di jakarta
    apa benar pak?
    kita jadi takut

    mohon penjelasan logisnya

  30. hallo pak ,saya anak klten. ni mnta penjelasanya tentang gempa yang ada di pulau jawa.coz apakah di daerah jawa trutama klaten dan sekitarnya apa akan berpotensi ada gempa lgi yaw??? terus bisa diramalkan dengan ilmu2 geologi bahwa besok tu pulau jawa akan jadi gimna yaaaaa??????///

  31. waduh…. gempa terus pak…… terus kapan berhenti nya apa nungggu lempeng berada posisi nyamanya….apa benar pak gempa akan berentetan terus ya sepanjang daerah ujung utara sumatera, barat sumatera, selatan jawa , ntt ke ke timur…..makash

  32. Perkenalkan Saya Bpk.Agustinus Pitoyo di Ancol , Asli orang Ngayogyokarto hadiningrat ( heheheh)
    Mohon penjelasan mengenai ramalan buku joyoboyo yang mengatakan bahwa gunung merapi akan meletus dan membelah pulau jawa menjadi 2 bagian, apakah benar adanya menurut ilm geologi,

    Atas jawaban yang diberikan saya ucapkan banyak terima kasih.

  33. Selamat pagi pakdhe,
    Menurut ramalan joyoboyo, gunung merapi akan meletus dan membelah pulau jawa menjai 2 bagian, Saya orang asli Yogyakarta, bagaimana permasalahan ini dilihat dari ilmu geologis,,
    Terima kasih sebelum dan sesudahnya

  34. Kita memang perlu selalu waspada dengan bencana gempa.

  35. bermanfaat banged pak informasinya…
    terima kasih..

  36. bertaubat lah..

    oleh kerana dosa yg kita buat…

    usia dunia hampir habis..

  37. saya berduka cita sedalam-dalam nya atas gempa bumi yang mengguncang kampung halaman saya padang sumatra barat.

  38. Info Gempa M=5.3 Sr 04-Okt-09 jam 11 oo WIB Lok. 1.44 LU -122.69 BT (108 km Barat Laut Gorontalo) Kedalaman 25 km.

  39. Kang mohon ijinnya artikel-artikelnya untuk saya tempel di majalag dinding sekolahku

  40. indonesia ttp indonesia,maju terus!
    harus ada job ideal dr 220 jt penduduk,ykni dg pola
    50 : 25: 15 : 10 ( nasionalis:agamais:intelektualis:cendikia.)
    mhn maaf lahir dn bathin,ya

  41. gempa terus-terusan terjadi…

    mbok ya sadar!!

    Indonesia rawan bencana kok masih santai2 aja??

    kalo diingetin sesama manusia gk bisa ya biar ALLAH SWT yang ingetin!!

    setau kami selalu terjadi perbedaan dalam pencatatan gempa yg dilakukan usgs dan BMKG
    yang jadi pertanyaan apakah respon alat yang digunakan BMKG tidak sebaik yg digunakan usgs?
    co: gempa sumbar tercatat usgs 7,9 SR sedangkan BMKG 7,6 SR
    padahal jika pencatatan gempa bisa dilakukan dengan baik mungkin kewaspadaan masyarakat akan bencana susulan yang akan terjadi semakin tinggi ataupun tingkat kepanikan masyarakat tidak terlalu tinggi dengan perolehan data secara jelas diumumkan pada masyarakat oleh lembaga terkait.

  42. Bukan saya ngga percaya BMG. Saya juga punya info dari BMG. Hanya saja fasilitas web BMG tidak “semudah” dimanfaatkan sebagai “updated map”.

    Mudahnya gini. Ketika mengukur dan melihat kumpulan meja-meja yg bergoyang. Saya lebih mudah melihat dari luar kumpulan meja. Ketika anda (BMG) berada diatas meja yang bergerak sambil bergoyang, maka sulit melihat titik pusat gerakan. Lah hya, kan, wong anda ikutan gerak dan goyang. Sedangkan orang diluar kumpulan meja (USGS) melihat meja mana yg bergetar dan bagaimana gerakan meja. Tapi untuk tahu seberapa besar pengaruh goyangannya dalam skala MMI akan diketahui oleh anda (BMG) karena “merasakan” sendiri pengaruh getarannya. Dan ini yg saya pakai sebagai acuan sisi kebencanaannya justru BMG akan lebih tepat semestinya.

    RDP

  43. Pak De, kenapa info yang ditampilkan dari luar (usgs, padahal pak de tau
    pesis ada lembaga yang kompeten dan telah ada sejak jaman Belanda yang
    mengamati dan menganalisa gempa tektonik. Kok masih miring2 keluar negeri.
    Apa ngga percaya ya, sama BMKG ??? Aneh deh

  44. Dari yang saya dengar dan baca memang sebagian besar wilayah negara kita berpotensi kena gempa karena terletak pada pertemuan patahan-patahan bumi (e..e bener nggak ya, kecuali Kalimantan (enak dong Malaysia … tetangganya). Namun saya yakin seyakin yakinnya bahwa segala sesuatu di dunia ini ada yang maha mengatur, yang kekuatan, kehendak dan kekuasaanNya maha dahsyat. So, selama kita senantiasa mencari kasih sayangNya dengan cara senantiasa berusaha menjauhi larangan-laranganNya dan mentaati perintah-perintahNya maka siapa takut dengan gempa? anadaipun gempa benar terjadi insya Allah perlindungan, pertolongan dan kemudahan akan segera dilimpahkanNya sehingga masalah yg timbul segera dpt diatasi. Ni sudah sy buktiin nyata, kerna sy tinggal di Yogya dan ngalamin tu namanya gemapa mei 2006 yg penuh kenangan.

  45. assalamu’alaikum…. aku tidak tahu tentang masalah gempa dan mengapa gempa SERING terjadi di indonesia setelah lima tahun terakhir ini… mohon kejelasanya

  46. Bisa tolong diceritakan ga?apa saja penyebab terjadi’y gempa??

  47. wallahualam ….
    ALLAH itu MAHA ADIL.
    ALLAH membuat gempa agar tatanan cosmos di bentang semesta ini seimbang.
    Kenapa yang kena Indonesia??????
    mudah saja, kita,bangsa Indonesia telah diingtkan agar meningkatkan keimanan kita pada Sang Maha Pencipta.Caranya mudah koq.kita melaksanakan syariat Islam dengan ikhlas dan tidak setengah-satengah…..
    Nah,supaya kita tidak mengalami shok atau trauma,jangan berpikiran negatif. kita jalani apa adanya.jangan mendengarkan doktrin-doktrin yang tidak pantas kita amalkan……ok!!!!!!!!!!!!!!!!!

  48. bagaimana sih cara untuk mengobati dampak trauma buat anak-anak kecil….
    belajar dari gempa jogja tahun 27 mei kemarin, saya menemukan banyak sekali anak-anak yang jiwanya masih terguncang hingga saat ini.
    dan kira-kira apa sih antisipasi kita untuk penyelamatan diri?
    apakah kita harus membangun rumah tahan gempa?
    tapi itu akan menghabiskan biaya yang sangat mahal…

  49. pakde rovicky, mohon ulasannya untuk gempa di padang pada hari kamis tgl 2 Juli 2009 kemarin..mohon diulas ya?? makasih pakde

  50. aku orang sumatra aku mau nanya apakah ada prediksi gempa di sumatra? terimakasih

  51. Pak DE kapan kelanjutan ceritanya ?
    ditunggu keponakan.

    THX

  52. Mau tanya nich.. apa benaran ada gempa Tsunami tgl Jul 22 ?? aku banyak terima email mengenai prediksi gempa itu . Jadi seram nich, sebab dari gambar , Singapore termasuk di dalam. Nggak terbayang dech.

  53. Bila bapak mengusulkan dikeringkan saja danau itu, dan untuk dibuat hutan kota, saya sebagai pengajar MK AMDAL di Jurusan Biologi FMIPA Univ. Islam Malang; memberikan masukan untuk mengkalkulasi besar kecilnya dampak yang ada. Bila selama ini ada lapisan impermeable di bawah danau, maka sebagai reservoir ia hanya memanfaati terhadap irigasi pertanian dan wisata serta kelembaban areal sekitarnya (Jakarta). Saya kira bila demikian halnya, dilihat dari interaksi antara vegetasi (bila dihutankan) maka tetap saja tangkapan air oleh vegetasi tidak membuat pori tanah terisi air oleh sebab impermeabel tadi. Tapi lapisan tanah yang impermeable pada kedalaman berapa?. Bila masih ada dibawah dasar sungai, maka hutan kota akan lebih memanfaati sebagai daerah tangkapan air beneran (setelah jadi hutan) dan akan menyediakan air untuk sungai walaupun kecil.
    Disamping itu kalkulasi banyak mana antara biaya menghutankan dengan membangun bendungan baru sesuai standart sipil? berapa uap air rata-rata antara luasan danau pertahun dibanding dengan transpirasi oleh vegetasi pertahun? Berapa Oksigen yang dihasilkan oleh luasan air danau (diabangun kembanli) dibanding dengan luasan vegetasi yang menghasilkan oksigen?
    Sya kira masih banyak lagi atribut dan komponen yang harus dikalkulasi sebelum memutuskan penanganan bekas danau ditengah kota itu untuk memperoleh dampak dimasa yang akan datang yang paling kecil.
    Terima kasih.
    Saya kira kita pernah komunikasi di masalah air zam-zam?………..

  54. DETIK NEWS
    —————————————————————
    Pagi tadi Maluku digoyang gempa, ini beritanya dari DETIKs;

    Maluku Digoyang Gempa 5,7 SR
    Nograhany Widhi K – detikNews
    Jakarta – Gempa 5,7 skala richter menggoyang Maluku. Gempa ini berkedalaman 151 kilometer.

    Gempa yang terjadi pada Jumat (27/2/2009) pukul 04.09 WIB ini tepatnya terjadi di 7.76 LS – 127.84 BT, seperti dilansir dari situs Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

    Pusat gempa yang tidak berpotensi tsunami ini tepatnya 266 km Timurlaut Dili, Timor Leste, 387 km Baratlaut Saumlaki, Maluku, 460 km Baratdaya Ambon, Maluku, 543 km Timurlaut Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan 593 km Baratdaya Tual, Maluku. (nwk/nwk)
    —————————————————————–
    Kayaknya software ini memang betul-betul OK, tapi difikir-fikir gimana deteksinya yg bisa real-time ini ya..?
    Apa menggunakan sensor (deteksi) gempa yang ditabur diberbagai titik yg rawan & berpotensi gempa…

  55. damai itu indah skl????????????????????????????//

    /////////////////////////////////////////////////////////////////////////

    ////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////

  56. dan saya ingin bertanya???????????????????????????????????????????????????/

  57. saya tinggal di depok ? apakah di dpk akan terjadi gempa yang sangat hebat terina kasih atas perhatiannya ………………………………………………………………………………………………….

  58. Pakdhe yth..salam kenal yaa,
    tempat tinggal saya di kalimantan selatan..
    kira kira ada jalur gempanya ngga yaa.
    mudah2an kalimantan daerah teraman untuk gempa..
    bravo..utk bapak..maju terus utk bumi pertiwi ini.

  59. Kayaknya BMKG punya data XML yang bisa dikasih gratis deh…!!! Stasiun BMKG kan lebih dekat dengan episenter gempanya, berarti datanya bisa lebih akurat..!!! Udah banyak tuh yang terbukti BMKG lebih cepat dari USGS…

  60. knpa gak menggunakan data dari BMKG juga?

  61. gempa adlh suatu getaran yg di sebabkan oleh pergeseran lempeng benua maupun lempeng samudra

  62. Gempa bumimerupakan peristiwa alam yang terjadi akibat pergeseran lempeng-lempeng bumi…
    Gempa bumi juga terjadi di setiap penjuru dunia.dan bagi kita semua diharapkan untuk selalu waspada!!!!!

  63. tlg lbh lengkap

  64. gak lengkap

  65. Iya tu kita perlu alat pendeteksi gempa,,agar kita dpt mengantisipasiny supaya tdk terjadi byk korban berjatuhan…

  66. Salam kenal… Blognya bagus banget Pak
    Boleh tau gak Pak,
    Gimana cara masukkin content Gempa terkini USGS ke Blog?

    Thx

  67. terima kasih

  68. Wew…saia udh mabok gara2 gempa!

  69. saya berterimakasih atas info yang bapak berikan terhadap orang banyak…

    bapa klo bisa berikan info-info yang terkini….

  70. tolong lihatin gambar patahan bumi yang ada d pulau sumatera pak?? karena kemaren kan ada gempa lagi d Bengkulu tapi saya g tau apakah getaran gempa kemaren d rasakan ma mayarakat yang ada d padang pak.dan gimn juga keadaan patahan bumi yang ada d mentawai gitu pak?? apakah akan ada lagi gempa susulan apak??

  71. 3 September 2007 yang lalu saya menyatakan bahwa Grafik tingkat moral berbanding terbalik dengan grafik tingkat bencana. Bila penasaran silakan tengok di http://agungmulyo.wordpress.com

  72. gempa itu adalah bencana satu-satunya yang paling dahsyat .bisa mencapai antara 100 watt kayaknya yach eh gempa kan bisa bikin kepala kita pusing kan yuk

  73. ngomong ngomong meteor tuh apaan sih

  74. gampa yg berkekuatan 7 skala ricter itu apakah berbahaya??kami yg berada di pulau sumatra bingung,,gempa besar terus,tapi pemerintah tdk memberi kami informasi yg jelas,,seakan2 kami ga boleh tau apa yg terjadi saat ini,apa nanti tau pas tsuami datang??tau ga 7 s.R lbh yang slalu kami rasakan…

  75. Pak Rovicky,

    Bagaimana dgn efek gempa2 di pantai barat Sumatra belakangan ini terhadap Anak Krakatau? Apa gak menggeliat juga bakalnya. Apa yang harus dilakukan orang Jkt menghadapi kemungkinan itu. Berapa besar ya kira2 kalau bisa dihitung secara ilmiah…Trims atas share ilmunya. Wass..

  76. Ular dan banyak binatang itu memiliki “sensor” alamiah terhadap getaran-getaran yang tidak dapat (lagi) dideteksi manusia. Getaran-getaran khusus ini memang dapat dipakai sebagai petunjuk (alarm) sebelum bencana (gempa, gunug meletus, banjir dsb). Tetapi menurut pendapat saya tidak semua binatang itu bisa mendeteksinya. Mungkin kucing si Manis bisa, tapi si Bundel agak susah, sedang si Gembul malah budeg. Jadi kalau gerombolan binatang mungkin kalau satu bisa yang lain akan ngikut. Tetapi tetep saja sulit mencari “individu” binatang sebagai tolok ukur. Mirip seperti manusia kali ya, ada yang pinter basket, tapi kalau diajak main karambol mbalah ngaco :P

    Gempa yang terpicu aktifitas itu ada disini :

    http://news.nationalgeographic.com/news/2007/01/070103-mine-quake.html

    Tapi hal ini sangat jarang terjadi, Dan aktifitas penambangannyapun sudah 200 tahun !!

  77. pak dhe apa benar ular dapat mengetahui gempa sebelum gempa itu terjadi jauh jauh hari. dari info seh di jepang mereka tidak menggunakan teknologi cangih lagi tapi malah menggunakan kemampuan ular untuk mendeteksi kedatangan gempa atau tsunami

  78. PEMERINTAH…………
    W MALES DECH……….
    DENGAR KORUPSI-KORUPSI…….
    NYADAR KE LO PD………..

  79. Komentar semuanya agak monoton ! kalau saya berkomentar ” Karena manusia sudah lupa dengan petunjuknya yang nggawe Urip ” Petunjuk itu hanya sebagai ascessories dipundaknya saja,tidak pernah dikaji/dianalisakan bahkan kebanyakan orang mengambil petunjuk-2 lain aberdasarkan dhon ! Praduga dari masing-2 gundul. ada pepatah bedho ndash ! bedho kadas.
    Mari saudaraku kita kembali ke SHIROTOLMUSTAQIM.
    OSLO-49/10.SALAMUN’ALAIKUM.

  80. gw nggak nyangka kalo gempa bakalan terjadi sekarang2 ini yang biasanya terjadi dalam siklus 100 thn
    tapi nggak juga bisa kita komentari yang terjadi itu hanya kehendak yang di atas dan kita cuma bisa.. mendeketsi kemungkinan akan terjadi dan menghitungnya lewat matematika yang akurat

  81. salam pak rovicky…
    blognya bagus pak :) ini kali pertama saya..
    kebetulan sedikit nyambung sama bidang saya geophysics engineering.

    boleh nanya nggak pak?caranya meletakkan eartquake map di blog gimana yah..??

    matur nuwun..

  82. di bengkulu lg hebo kabarnya tgl 23 desember 2007 bakal ada gempa besar n tsunami. ada yang bisa kasi kbr lebih lanjut

  83. pernah nonton film 10.5 SR ga?
    disitu gempa bisa diredakan dengan nuklir.
    kalo seandainya gempa sumbar 9 SR diprediksikan benar kita ga usah pakai nuklir
    kita pkai aqidah aja mga2 aqidah lebih mematikan gempa dari pada nuklir………OK
    salam
    rici
    padang

  84. G E M P A_A L A M,
    gunakanlah
    empat perkara
    meski
    pada
    akhirnya
    aku, kamu dan kita semua..
    akan
    lenyap
    akan
    musibah yang menimpa

  85. Saya tidak setuju bahwa gempa tidak bisa diprediksi. Menurut saya gempa itu sama dengan terbitnya matahari di Timur dan tenggelamnya di Barat; orang bisa memperkirakan jam berapa matahari terbit dan tenggelam. Namanu soal gempa, tentu tidak seakurat itu, karena frekuensinya tidak seperti mata hari. Dengan demikian “Gempa Padang” jangan diremehkan, kita yakin ia akan datang, karena itulah sunnatullah. Yang penting siapkan diri untuk HIDUP DAN MATI, karena pilihannya hanya itu.

  86. Dear Pakdhe,
    Bantul sudah berangsur angsur pulih kembali, rumah mulai tumbuh lagi dibangun didaerah yang semula hampir rata tanah. Yang saya heran pakdhe, gempa yang dahsyat dengan akibat yang mengerikan di daerah saya itu tiba tiba saja menghilang. Semula setelah gempa yang sangat membawa dampak mengerikan itu memang masih ada gempa susulan yang berulang kali dan berangsur-angsur semakin sedikit jumlahnya, sampai akhirnya kini hampir tidak pernah dirasakan lagi, seolah menghilang begitu saja. Apa itu ada semacam sesuatu yang sedang melewati daerah saya, waktu itu, sehingga sampai menimbulkan gempa yang dahsyat, seperti dongeng moyang tentang ular naga di bawah muka bumi?
    Tentu sangat lain dari kacamata yang pakdhe punyai. Namun dengan perasaan saya, dimana setelah gempa berlalu dan saya sudah membangun rumah, saya seolah bangun dari mimpi buruk, dan jawaban dongeng moyang itu terasa mudah diterima.
    Pada saat sepi sedang menyelimuti hati saya, sering saya tercenung, `Gempa, kapankah kembali datang?`. Saya sadar bahwa ini bukan harapan.

    Regard,
    Jati-Bantul

  87. waduh.. gw tinggal di daerah banten niy kena gak yah? mdh2 gak yah… moga padang & sulawesi di beri kekuatan untuk bertahan & semoga ga banyak yg jadi korban…(amien).. tapi klo mang pemerintah udah tau kenapa gak di ungsikan aja ci? kan kasian sudara2 kita yg di sana, mereka butuh perlindungan, butuh hidup jg kan..

  88. salam kenal mas rovicky,
    saya tertarik membaca blog sampeyan ini.
    mas, kalo fenomena lingkaran halo di matarhari sekitar 3 hari yang lalu itu secara ilmiah bisa diterangkan gimana ?

    suwun

  89. Tolong donk perkembangan gempa di Padang gimana. Masa dimana-mana rame dikatakan gak ada yang bisa meramalkan kapan gempa. Tapi prediksi kan bisa. Kabarnya bakal ada gempa >9SR tapi gak tau kapan. Sama kaya dulu setelah gempa di Aceh dan Nias tahun 2005 terbukti memang terjadi gempanya tanggal 10 April 2005.

  90. pakde, saya pingin tentang gambaran lempengan yang patah di laut sumbar tersebut, dan apakah benar akan terjadi gempa yang kuat di padang tersebut yang memicu terjadinya tsunami, tanks !

  91. pakde, saya pingin gambaran seperti apa lempengan yang patah di laut sumbar tersebut, dan apakah benar akan terjadi gempa yang kuat di padang tersebut yang memicu terjadinya tsunami

  92. Bung Roviky
    Sekiranya banyak orang yang punya pengetahuan seperti Bung…dan telah bermurah hati memberikan pencerahan pengetahuan tentang fenomena alam khusunya gempa, aku rasa dunia ini akan menuju kepada ketentraman dan kita hidup dalam kondisi yang difitrahkan oleh agama yang kita anut…..

    Dan kepada rekan rekan yang telah memberikan komentar dengan beragam….marilah keberagaman itu kita jadikan kekuatan kita bersama….

  93. Saya juga butuh foto negara indonesia yang terkena gempa tanggal 26 desember .
    Minta pertolongannya yah !

    Terima Kasih

  94. Saya lagi butuh foto foto yang berhubungan dengan gunung krakatau . Kalau punya kirim ke http://www.lena_melan@yahoo.co.id

    Terima Kasih

  95. gempa emang suatu sunatullah.
    tapi apakah kita ga’ bisa mendeteksi secara dini ya…atau karena negara kita kurang biaya?
    saya cuma prihatin aja, banyak banget mahasiswa kita lulusan ilmu2 kayak gitu, tapi belum ada yang bisa ngatasin…salah pendidikan kah!!!

  96. Tadi malam padang diguncang gempa lho..
    yang pertama pusatnya di painan 6,5 SR jam 11.00 malem.
    yang kedua pusatnya di mentawai 5 SR jam 01.30 malem…

  97. Pasti Ovel belum baca tulisan Pakdhe yang ini ya ?

    http://rovicky.wordpress.com/2007/09/20/ramalan-gempa-cnn/

    Atau anda sebagian dari penyebar issue yg meresahkan ?

  98. sumatera barat diramalkan akan mendapat gempa diatas 9 sklrctr, dalam janga waktu 6 bulan kedepan, apakah dapat diketahui tanda-tanda akan terjadi gempa tersebut

  99. bisakah gempa diramal

  100. gimana di ternate apakah ada peluang terjadinya tsunami, soalnya gempa sering sekali terjadi. tolong infonya tentang patahan patahan bumi yang ada di sekitar ternate….

  101. saya sangat membutuhkan informasi mengenai proses terjadinya gempa secara lengkap melalui teori dan apakah ada benturan lempeng di wilayah sulawesi selatan yang bisa mengakibatkan terjadinya gempah dan berapa skalanya.tolongggg ya di infokan……….

  102. Kenyataannya sekarang, banyak manusia yang masih separo2 tuk melakukan pengorbanan dijalan-Nya.Mumpung di lagi bulan Ramadhan- pembuktian ini perlu diwujudkan.Kalo tidak, bisa jadi korban2 akan berjejer berikutnya.

  103. Semesta cinta kasih yang miris & kering.
    Ingatlah,: Tuhan itu cinta – Tuhan itu damai.
    Cinta tidak pernah melahirkan kebencian & Damai tidak pernah membawa kepada peperangan.
    “LOVE IS GOD – GOD IS PEACE
    THE LOVE CAN NEVER BEGET HATRED & PEACE CAN NEVER LEAD TO WAR”

  104. gempa yang dahsyat itu laksana kiamat.banyak kehidupan menjadi pahit sesuadah itu. bagi orang yang sabar dan beriman sangat cepat pulihnya.
    “Tidak satupun negeri yang kami azab sebelum kami mengutus seorang rasul dari antaranya”

  105. Eh, kemaren tanggal 16 september ada gempa ya? Btw, pada ngerasain kagak?!! aQ waktu itu lagi di Homez kagak taraweh!!

  106. Kalau ada yang kait mengkaitkan bencana alam dengan mistik, ya wajar saja karena di jaman saiki”dukun” alias paranormal alias penasihat spiritual atau apapun namanya sedang naik daun yang keberadaannya sejajar dengan selebritis bahkan dengan pejabat publik.Apa itu tidak kembali ke jaman primitif…? Ya Allah lindungilah negara kami dari perbuatan syirik.

  107. Dear Pak Dhe,

    Kalo gempa di Jogja dulu sebelumnya ada “garis” seperti asap yang membelah angkasa, gempa di Bengkulu ada juga gak Dhe…?

    Regards
    Sigit

  108. Kejadian suatu bencana erat hubungannya dengan moral atau ahlak manusia. Grafik tingkat moral berbanding terbalik dengan grafik tingkat bencana. Bila grafik moral/ahlak manusia menurun, maka grafik kebencanaan akan naik. Percayalah !

  109. sebelumnya saya cuman mau tanya maaf kalau pertanyaan saya tidak masuk akal ???

    apakah bencana sunami yang dulu melanda aceh dan negara tetangga di indonesia itu adalah satu faktor alam apa karena ulah manusia ( ya mungkin percobaan nuklir yang di rahasiakan ) karena yang terkena hanya wilayah yang saya anggap itu adalah negara yang kurang maju.

  110. mohon untuk pembuat atau orang yang mendesign web ini untuk lwbih diperbanyak dari segi gambar dan animasinya, tapi gue sebagai anak pelajar bangga bisa menghadirkan news yang sangat menarik
    pokoknya ca’yo

  111. pakde,
    kebetulan saya dari nagari singgalang di tanah datar sumatera barat, di situ saya temui lubang yang diameternya sekitar 5 meter dengan kedalaman 6-7 meter.
    katanya dulu pas waktu terjadi gempa 6 maret 2007, keluar air dengan ketinggian tertentu, dan itu bukan lubang satu2 dan ppernah terjadi, oleh masyarakat sekitarsitu hanya di jadikan tempat pembuangan sampah pertanian.
    pakde mau tanya apakah kemungkinan lubang tersebut terjadi lagi.
    apakah benar dibawah ada “terowongan magma” yang saling berhubungan?

    dan saya temui juga ngarai-jurang yang terputus-putus? mohon pencerahan pakde.

    maturnuwun.
    zuni

  112. kemungkinan gempa di p.Sumatera dalam skala >6 srtr kapan dan dimana pusatnya dan gempa dangkal atau dalam?

  113. wah..kalo ada peta gempanya bisa di download ngga akan saya pasang biar siap-siap

  114. Wah kasihan Pakdhe.
    Ada yg minta buru2 tuh Dhe ? Aku bantu ya dhe ….
    Klik saja sini : http://www.google.com.my/search?hl=en&q=%22listrik+statis%22&meta=

  115. saya butuh informasi yg selengkap lengkapnya tetang listri statis.skrng juga

  116. minta penjelasan daerah gempa di jawa di mana saja,berapa sklanya?makasih

  117. pak, orang2 jkt heboh nih, di kantor saya di bej, di lt 20, keramik pada keangkat (jungkit), pecah2, false ceiling pada bergeser, dan sebagian ada yg jatuh. untung kejadiannya jam 12 malem, kalau siang pada panik tuh.
    ngomong2 dulu ada foto quake-cloud yg dibuat orang tgl 11 Maret lalu di jkt (lihat http://quake.exit.com/copies/20070311Jakarta3.jpg ) atau juga prediksi yg tanggal 3 April 2007 ( lihat http://quake.exit.com/images_2007_2.htm ). Range prediction setelah awan ini 30 hari sd. 129 hari setelah awan terjadi. Nampaknya prediksi yg tgl 3 April lebih dekat dengan gempa ini, wallahualam bissawab. . .
    kok nggak ada ya yg serius mempertimbangkan quake cloud ini, padahal akurasinya lumayan lho (sekitar 68% menurut ahlinya). . . sayang sekali. . .

  118. Parameters Nst=170, Nph=170, Dmin=545.1 km, Rmss=1.18 sec, Gp= 36°, M-type=moment magnitude (Mw), Version=7 Bisa dilihat bahwa ini gempa yang kuat, untung berasal dari kedalaman menengah-dalam (hampir 300 km). Kalau dangkal (< 60 km), dengan kekuatan 7.0 SR, bisa dibayangkan bagaimana kerusakan yang akan terjadi di jalur pantura Jawa Barat-Jawa Tengah termasuk kota2 besar macam Jakarta-Cirebon-Pekalongan-Semarang. Gempa, menurut laporan2 yang masuk ke BMG,dilaporkan dirasakan dari Padang-Bali. Data momen tensor solution dari NEIC USGS menunjukkan bahwa pematahan akibat gempa ini berupa strike-slip faulting dengan komponen thrust berarah strike 323 deg NE dan dip 28 dip. Berdasarkan plate tectonic setting Jawa dan Indonesia Barat, pusat gempa ini terjadi jauh di bawah kerak kontinen Laut Jawa di wilayah astenosfer pada zone gempa miring Wadati-Benioff di kedalaman 290 km. Berdasarkan histori kejadian gempa, episentrum2 gempa di wilayah ini akan berasal dari kedalaman sekitar 300 km atau lebih. Berdasarkan peta kontur kedalaman zone Wadati-Benioff, pusat2 gempa di wilayah pantura Jawa sampai ke Laut Jawa akan lebih dalam daripada 250 km, untuk dapat menimbulkan kerusakan yang besar di kota2 besar di wilayah pantura, maka gempa harus sekuat seperti yang menggoncang Aceh dan sekitarnya Desember 2004 (8.9 SR). Semoga tak akan pernah terjadi.

  119. Pak Rov, kira2 penyebabnya apa? kan daerah tersebut bukan patahan juga bukan zona subduksi?
    Wah, di Jogja pada panik je… maklum belum lupa gempa 27 Mei tahun lalu…. Wah moga2 gak ada korban…
    Belum tidur nih..

    Salam,
    Mutoha

  120. Wah aku sdg nonton rcti pas ada breaknews.
    Kebetulan sdg di spore, sayang tidak membawa notebook. Hanya berita lewat blackberry.
    Semoga tidak memakan korban.
    aneh juga ya… dr plot map info epicenternya ada di laut Jawa di utaranya Pamanukan, daerah2 back-arc lapangan2 Arjuna Basin ….. tapi emang kedalamn sumber gempa cocok u/posisi tsb kalu diakibatkan penunjaman: 200-300 km-an
    ================
    Dari usgs

    Region: JAVA, INDONESIA
    Geographic coordinates: 5.924S, 107.740E
    Magnitude: 7.4 Mb
    Depth: 282 km
    Universal Time (UTC): 8 Aug 2007 17:04:57
    Time near the Epicenter: 9 Aug 2007 00:04:57
    Local time in your area: 8 Aug 2007 17:04:57

    Location with respect to nearby cities:
    112 km (70 miles) ENE (78 degrees) of JAKARTA, Java, Indonesia
    116 km (72 miles) N (10 degrees) of Bandung, Java, Indonesia
    130 km (80 miles) NW (316 degrees) of Cirebon, Java, Indonesia

  121. [...] semakin kuat. “Wah, gempa nih”, pikirku. Mengingat sesuai yang aku baca dari blog dongeng geologi, aku sih maklum kalo di Indonesia saat ini panen gempa. Tapi aku tetep berdoa, semoga gempa ini gak [...]

  122. Baiknya dilengkapi juga dengan arah angin dominan sebelum terjadi gempa. Barangkali gempa dipengaruhi juga oleh arah angin yang mendorong daratan.

  123. informasi ini sangat bagus dan bersifat memberikan pencerahan kepada masyarakat
    teruskan acara ini mas

  124. @ ihedge
    warna= ages
    merah=last hours
    oranye=day
    kuning= week

    kotak=magnitude
    kotak terbesar = > 7
    kotak sedang = > 5
    kotak kecil = > 2.5\
    kotak disilang = ? (not known)

    jelasnya klik link yang diberikan pakdhe

  125. wah, menarik sekali nih informasinya. Pak Dhe, bisa dijelaskan arti dari kotak2 tersebut? Yang kuning & oranye apa bedanya? Informasi tentang mapping antara besar kecilnya kotak & scala richter juga akan bermanfaat.

    makasih.

  126. Gunung berapi Gamkonora di Kecamatan Ibu Selatan, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara,Senin kemarin, kembali mengeluarkan letusan beruntun yang cukup dahsyat disertai kepulan asap setinggi sekitar 900 meter. (Jawa Pos Online,Selasa, 10 Juli 2007).

    Apakah disertai gempa, dan terbaca pada Peta Gempa diatas? Apakah meletusnya gunung ini ada hubungannya dengan aktifnya (kembali) beberapa gunung berapi di sekitar kita?

    Suwun

  127. Saya mohon penjelasan mengenai lempeng bumi, infonya belum pas duduknya, berarti masih ada gempa lagi?
    Ardian-Banda Aceh

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 6.300 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: