Bumi semakin berbahaya


worldnatdisaster.jpgMengapa bumi semakin berbahaya ? Apa iya ada faktor kesalahan milih pemimpin yang menjadi issue politis, atau adakah manusia memang banyak dosa sehingga banyak bencana ? Wallahualam bi shawab, Yang jelas data yang telah ditunjukkan ini menunjukkan adanya peningkatan bencana berdasarkan atas statistik dunia.

Ya … kalau melihat grafik yang ada dari data-data yang diperoleh dari The Centre for Research on the Epidemiology of Disasters (CRED) tentunya kita harus mengerti bahwa kejadian alam ini memang smakin sering terjadi. CRED dibentuk di Brussels tahun 1973di School of Public Health of the Université catholique de Louvain (UCL) sebagai sebuah non-profit institution dengan international status dibawah Belgian law. Pada tahun 1980, CRED menjadi bagian World Health Organization (WHO) masuk sebagai Collaborating Centre as part of WHO’s Global Programme for Emergency Preparedness and Response. Jadi data yang ada disini bukanlah data sembarang data kan ?

Lah trus, bagaimana detil dari statistik bencana ini ?

Detil Statistik

statistik-bencana-1900-2003.jpgKalau menilik grafik diatas ini terlihat bahwa pelaporan kejadian bencana meningkat tajam sejak tahun 1999. Pelaporan adanya bencana ini terutama hasil pelaporan oleh agency2 khusus yang sangat mungkin dimotori oleh NGO atau LSM yang merupakan tanda-tanda munculnya kesadaran masayarakat akan bencana alam di bumi. Namun trend munculnya atau meningkatnya bencana alam di dunia ini sudah terlihat sejak 1950 atau pasca PD II. Hal ini mungkin disebabkan mulai banyaknya kerusakan dunia akibat perang namun juga sangat dimungkinkan karena mulai munculnya kesadaran akan lingkungan dan munculnya organisasi-organisasi serta badan-badan negara yang mulai memperhatikan kejadian-kejadian alam.

Dalam laporan statistik yang dibuat oleh CRED tahun 2004 terlihat bahwa ada sepuluh bencana dunia dimana tiga diantaranya berhubungan dengan bencana kekeringan (Drought) serta kemudian disusul oleh tiga kejadian gempabumi (earthquake), namun perlu diingat bahwa data bencana ini dibuat sebelum terjadinya bencana Giant Tsunamy Aceh tahun 2004. Indonesia merupakan negara yang paling sering mengalami gempabumi, sehingga Indonesia (pemerintah dan rakyatnya) sangat memerlukan kewaspadaan ekstra tinggi dalam mengantisipasi kejadian gempabumi.

statistik-bencana-1974-2003.jpg

Indonesia memang tidak masuk dalam list diatas, skali lagi ini karena laporan ini dibuat sebelum kejadian gempa dan mega tsunami Aceh yang terjadi di akhir tahun 2004.

Dimana saja bencana ini terjadi ?

statistik-bencana-negara-kaya.jpgstatistik-bencana-negara-miskin.jpgDua grafik desebelah kanan dan kiri ini menunjukkan bahwa kejadian bencana alam ini tidak hanya terjadi dinegara- negara miskin. Data yang hampir sama menunjukkan peningkatan juga terlihat di negara-negara kaya. Jadi bencana ini ini tidak pandang bulu. Namun jumlah korban tentunya masih didominasi di negara-negara miskin dibanding negara kaya.

Jadi kalau ada yang percaya bahwa karena negara Indonesia dipimpin oleh Pak SBY trus menjadikan banyak bencana mungkin anda keliru, atau barangkali and sudah termakan issue politisi yang tanpa mikir sekedar menggunakan korelsi temporal, persis kalau ada gempa trus menyebabkan Lusi itu. Korelasi kesesuaian waktu itu tidak selalu mempunyai arti dalam korelasi sebab-akibat.

– 😦 “Wadduh Pak Dhe, tulisane nyeneng-nyenengin Pak SBY ya ? Biar diajak dinner lagi ?”
+ 🙂 ” Hust ini data dan fakta saja yang harus lebih jujur disampaikan bukan sekedar dipercaya. Tapi kalau Pak SBY tertawa dengan tulisan ini akupun malah kecewa, dan aku akan protes duluan ke beliau. Karena data ini justru menunjukkan kalau kita harus lebih waspada terhadap kemungkinan munculnya bencana alam di Indonesia, terutama gempa bumi dan bencana ikutannya”

Referensi:

  • THIRTY YEARS OF NATURAL DISASTERS 1974-2003: THE NUMBERS (2004). Centre for Research on the Epidemiology of Disasters by D. Guha-Sapir, D. Hargitt, P. Hoyois. © Presses universitaires de Louvain, 2004, ISBN : 2-930344-71-7

60 Tanggapan

  1. Ikhlas adalah sebuah kekayaan yang tidak ternilai.

  2. denger2 gempa yang terjadi di indonesia masih akan terus berlanjut, apa lagi katanya bakalan lebih besar dari yang udah2 ada yang bilang sampe 8 sr. itu cuma merupakan pergeseran lempeng bumi yang biasa terjadi tiap masa (seperti waktu bumi tercipta kan semua negara satu, dan seiring dengan bertambah tuanya bumi mengalami pergesera sehingga pulau2 saling berpisah menjadi negara2 lain) atau akan hilang?

  3. saya menggap bumi itu semakin tua karena saya meihat hampir dimana-mana terdapat bencana alam dan banyak sekali orang-orang yang ingin merusak bumi ini.Mungkin tidak hanya saj mengatakan bahwa buni itu semakin tua orang-orang mengatakan seperti itu saya menggapnya karena bumi marah terhadap manusia-manusia yang ada dilamnya kita semua tidak bisa menjaga dan memperhatikan bumi ini, tapi ita malah merusaknya.

  4. bimi sudah saatnya istirahat karn ia udah ngak istirahat banyak-banyaklah beribadah dan berdoa untuk kesealamtam dunia dan akhhirat kita disni ibrat catur yang kapan saja akn di kumpulkan ditempatnya ingat lah sebuah hadist bahwasan kita hanya marantai di dunia saat waktunya tiba kita akan pulang kampung sama sama ya.

  5. wah mungkin bnar yang dinyanyikan oleh Ebit G ade “mungkin Tuhan telah bosan melihat tingkah kita yang pnuh dengan dosa2” ups tapi jgn slh kita prlu memperbaiki diri karena apa yang kita lakukan pasti akan berpengaruh dengan alam mungkin slama ini ketidak pedulian kita trhadap alam mnjadikan alam mrh dgn kita Tuhan maha tahu sgalanya, maka yang harus kita lakukan mungkin menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya(Allah). jgn prnah salahkan org lain tapi bercerminlah pd diri sendiri.

  6. Mas,
    Tolong dipikirin ya.
    Karena melelehnya Kutub-Kutub dari akibat pemanasan bumi,lalu katanya air laut sudah pada naik. Apa tidak menyebabkan beban tambah pada kerak-kerak bumi, sehingga mereka bergerak, semakin saling tabrak, lalu menimbulkan gempa-gempa yang aneh (gempa susulan pindah-pindah dan lebih besar). Ditambah tekanan yang bertambah karena beban tambah tadi, menyebabkan magma bumi mecothot (Bahasa Jawa, artinya muncrat) menyebabkan gunung-gunung berapi (terutama di Indonesia) pada meletus!.
    Apa kita tidak complain pada misalnya Amerika yang tak mau tanda tangani Traktat Kyoto?.
    Kok pidatonya pak SBY tidak begitu bunyinya ya?. Mana sih para cendekiawan kita?

  7. Assalamu’alaikum pak Vick, dari artikel yang saya baca dari halaman website: http://harunyahya.com/indo/buku/menyanggah14.htm bahwa “Hukum entropi mengatakan bahwa keseluruhan alam semesta tanpa bisa dihindari berjalan menuju ke keadaan yang lebih tak teratur, tak terencana, dan tak tersusun.” Sya rasa ini lebih cocok untuk menggambarkan kondisi dunia saat ini, dimana bencana semakin marak terjadi. menurut pak vick gmn ni?
    salam kenal ya pak vick, infonya sangat bermanfaat 🙂

  8. saya dari Malaysia.
    saya sangat berminat mengkaji tentang fenomena alam yang sedang giat berlaku bukan sahaja di Asia Tenggara, tetapi di seluruh dunia.

    tetapi, apa yang membingungkan saya, manusia yang diberikan akal, tetap tidak mahu mengakui kebenaran ayat Allah “telah zahir kerosakan di darat dan air angkara tangan-tangan manusia”

    tambah membingungkan apabila ramai yang tidak ingin mengaku bahawa bencana semakin melarat. saya dah kaji, dan mendapati setiap inci muka bumi ini sedang mengalami pertambahan dan peningkatan dari segi kerosakan alamnya.(kajian melalui bacaan artikel di internet dan National Geograpic)

  9. Bumi ini justru masih muda, mejelang dewasa. Anak muda suka gerak sana-sini, suka bertingkah. Kadang bumi ini manja looh 😛
    Tuhan tahu manusia ini banyak dosa, tapi tuhan pengampun, dan tidak semua manusia penuh dosa, ada yg baik juga kan ? Coba tengok ibu kita dirumah … Dia lah salah satu terbaik utk kita 😀

  10. Pak dhe saya ingin tahu,apa bumi sudah tidak lama lagi usianya?? masih kah ada pintu taubat kepada qta mahluk yang penuh dengan dosa… apa tuhan masih bisa memaafkan???

  11. Mas Vicky,saya mau tanya,ada pendapat professor geologist dr australia(lupa namanya,baca di internet),bahwa suatu saat fault/patahan di laut selatan, akan PATAH.HANYA TIDAK TAU KAPAN,..TAPI SUDAH PASTI,karena desakan indo australia plate.

    Pertanyaannya:,sepanjang patahan di selatan(l.hindia),…titik2 mana yg paling lemah,lemah artinya sdh banyak retak2 patahan baik lama maupun baru.Karena menurut saya, stress built up yg tinggi akan mematahkan titik2 yg sudah lemah atau yg terlemah.Seperti pengaris plastik,kalo kita bengkokkan,pasti patahnya pada titik terlemah( yg sudah gompel,separuh patah ato ada defects lainnya).

    Kalo liat2 patahannya kok antara lampung sampai jogya?(mungkin saya salah..),….mohon pencerahannya.Terima kasih.

  12. Surga seluas langit dan bumi.

    3:133] Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada SURGA yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,

  13. Sekarang setan-setan tidak dapat lagi pergi ke langit untuk duduk-duduk mendengarkan berita-berita (menurut Alquran).

    Mungkin sekarang sudah banyak sinar kosmis yang berseliweran bagai petir menyambar bumi, mengejar syetan-syetan yang terbuat dari energi. Makanya jin senengnya ditempat-tempat gelap, tidurnya di siang hari.

  14. Pelajaran kedua. Hanya ada satu kemungkinan, Tuhan Maha Tahu!
    …selanjutnya dah diceritain!
    Pelajaran ketiga. Tuhan-lah yang nanti akan bertanya tentang apa yang kita lakukan (kita sendirilah yang menjadi saksi tentang baik buruknya diri kita! sehingga tidak akan lagi diterima sebuah alasan!) dan Dia tidak akan ditanya tentang apa yang telah dia lakukan.
    Kalau masih ngotot, ntar biar diakhirat aja deh diterangin jawabannya. hehe…
    Dia yang nanti akan menjelaskan apa yang kita perselisihkan. Wallahu a’lam

  15. Yang penting sebagai manusia, selama hayat masih dikandung badan, kita harus hati-hati, kita harus berusaha membedakan hal yang buruk dan yang baik, sebab kemampuan membedakan yang baik dan buruk itulah yang membedakan kita sebagai manusia dengan binatang. Setan selalu berusaha membujuk manusia dengan hal-hal buruk yang dikemas dengan hal-hal baik. Dahulu, saking pinternya setan, ia mampu menyelundup ke taman firdaus/eden ciptaan Tuhan tempat manusia pertama Adam dan Hawa tinggal dan menggoda mereka sehingga melakukan dosa dengan tidak patuh perintah Tuhan, melanggar laranganNya. Tragisnya, setan berhasil menggoda, akibatnya Tuhan mengusir Adam dan Hawa keluar dari taman firdaus/eden. Dalam konteks ini ada 3 kemungkinan, yaitu : Tuhan TIDAK TAHU manusiaNya digoda setan atau Tuhan MENCOBAI/MENGUJI Adam dan Hawa lewat setan ataukah setan PINTER MENGELABUHI Tuhan sehingga berhasil menyelundup ketaman fidaus/eden dan menggoda manusia pertama ciptaanNya. Sebuah renungan buat anak cucu Adam.
    Kalau setannya yang pinter, bukan hil yang mustahal kalau ia juga memanfaatkan para normal untuk usaha-usaha diluar kemampuan berpikir manusia. Bisa jadi antara setan dan paranormal saling bersinergi,siapa memanfaatkan siapa.

  16. weleh, weleh…piye to’ iki? ngomong ko’ asal!
    Tuhan tidak ditugasi, Dia memberi tugas. Dia Maha Penyayang dan Dia memberikan ujian, agar jelas (tidak ada lagi kemampuan manusia untuk beralasan) mana yang taat kepada-Nya dan mana yang tidak.
    Udah shalat mas?
    Jayabaya…(Peramal=Dukun, 1 kebenaran yang mungkin ditambah dengan 100 kebohongan (apa lebih ya?).

  17. Siapa yang mau jadi mahluk objek seperti robot atau wayang?

    Manusia adalah mahluk canggih yang memiliki subjektivitas melakukan apa yang diinginkannya. Diberi kebebasan untuk memilih.

    Namun semua yang terjadi di alam semesta ini, Allah sudah mengetahui simulasinya sampai yang sekecil-kecilnya.

    Apakah Joyoboyo sudah melihat simulasinya? Darimana dia tahu?

  18. Ternyata Gusti Allah itu saintis juga ya, Ompapang ?
    Laboratoriumnya itu leeeh … cik guedhe nee .. 😛

  19. Gusti allah itu tugasnya mengadakan percobaan terhadap manusia. Namun kalau memberi percobaan tidak akan melampaui kemampuan manusia, oleh karena itu manusia kalau berdoa mesti mengatakan: Duh gusti,janganlah masukkan kami kedalam percobaan, tetapi bebaskan kami dari yang jahat.
    Manusia mengadakan percobaan bom atom juga hanya tiru-tiru gustinya, yang tujuh milyard tahun ( 7 hari gusti allah) yang lalu mengadakan percobaan dengan ledakan yang dikenal oleh manusia sebagai :BIG BANG sebagai awal terjadinya alam semesta. Juga percobaan manusia yang menggunakan KELINCI PERCOBAAN,tikus putih,kera dll adalah kodrat manusia yang meniru gustinya mengadakan percobaan.
    Percobaan manusia terakhir yang terkenal diseluruh dunia adalah percobaan HDCB yang berupaya mematikan semburan lumpur di Porong dengan sistem killing mud softly yang sampai sekarang belum terselesaikan.

  20. Mas .. mas
    Kalau mau mati mati sendiri aja .. jangan ajak-ajak kita donq

    lah ya salahnya tuhan, bikin semesta aja ngga sempurna baru enam hari trus ditinggal pergi … enak aja manusia yang katanya lemah ngga punya daya dihadapanNya disuruh nyeleseiin kerjaanNya

    Pakdhe, trus tugasnya gusti alllah sekarang ngapain aja ya ?

  21. BENCANA/MUSIBAH/WABAH/HAMA TERUS AKAN TERJADI DI INDONESIA, INI SUDAH MERUPAKAN AZAB TUHAN KARENA MANUSIANYA SUDAH MELAMPAUI BATAS MEMBUAT KERUSAKAN DI MUKA BUMI, APALAGI KERUSAKAN ALHLAK DAN MORAL. DI NEGERI INI HARAM/HALAL SUDAH TIPIS BATASNYA, WALAUPUN MULUTNYA/CONGORNYA BERDOA AKAN TETAPI PERILAKUNYA BAGAI BINATANG/SYETAN..
    CONTOH MAKSIAT TOKOH AGAMA KOQ MALAH BERBUAT CABUL, BAPAK KANDUNG NYABULI ANAKNYA MALAH ADA YG SAMPAI HAMIL, PELACURAN DIMANA-MANA, SUAMI/ISTRI PADA SELINGKUH, GADIS SMP/SMU BANYAK YG BOBOL ALIAS TIDAK PERAWAN LAGI, BANYAK TEMPAT ABORTUS DUKUN/DOKTER. BANCI/HOMO BANYAK PADA SODOMI ANUS WALAH…WALAH KAYA JAMAN SODOM GUMORAH !!
    ITU MAKSIAT BIDANG HUKUM ? POLISI/JAKSA/HAKIM JUJUR ITU SANGAT LANGKA, BIARPUN ADA YG HAJI SEGALA … HAJINGAN KALI ?
    MAKANYA GEMPA TSUNAMI ACEH ITU AWAL SEMUANYA, GEMPA JOGJA TEGURAN UNTUK MANUSIA YG TINGGAL DI JAWA, TUNGGU YAAAA HANTAMAN YG LEBIH BESAR DAN DASYAT DENGAN KORBAN MELEBIHI ACEH.
    OHH GUSTI ALLAH HANCURKAN JAWA BIAR TERBELAH DENGAN GEMPA 8,5 SR DI CIMANDIR ATAU GRINDULU UNTUK MELENGKAPI RAMALAN JAYABAYA : JAWA TERBELAH, ORANG JAWA TINGGAL SEPARUH ORANG CINA TINGGAL SEPASANG !!!
    KABULKAN YA TUHAN TH 2007 INI JUGA

  22. Missing Link, dua buah kata yang menarik. Konon katanya terjadi karena adanya suatu bencana besar (meteor jatuh) yang memusnahkan binatang raksasa Dinosaurus dll. Apa betul ada batuan asing (bagian meteor) yang menetap di bumi dengan kadar yang mampu menyebabkan kerusakan sangat dahsyat (yang dapat mengakibatkan missing link tsb)? Jika tidak ada lalu kenapa kira2 missing link dapat terjadi?

  23. Dalam kalender bangsa Maya, bumi dalam fase terakhir pemurnian(1992-2012). Selanjutnya peradaban manusia akan musnah diganti dengan peradaban yang baru tanpa sama sekali berkaitan dengan peradaban kita sekarang. Berpuluh ribu tahun sebelum masehi bangsa Maya telah mempelajari ilmu falak, perbintangan, hitungan kalender dan metode perhitungan abstrak yang tinggi, kesempurnaan dan keakuratan yang tinggi, keberadaan bangsa Maya tepatnya Mexico selatan (Yucatan)Guatemala. Dalam kalender bangsa Maya bahwa sistem Galaksi tatasurya kita sedang mengalami THE GREAT CYCLE(yang berjangka 5125 tahun Bumi)terakhir terjadi pada 3113 SM dan sampai 2012 M, dalam siklus besar ini tatasurya dan Bumi sedang melintasi sebuah sinar galaksi (galatic beam) yang berasal dari inti galaksi. Panjang lintasan ini 5125 tahun Bumi semua benda angkasa setelah mengalami reaksi sinar galaksi dalam siklus besar ini akan berubah secara total penyelarasan Galaksi (Galatic Synchronization) siklus ini terbagi atas 13 fase dan kita sekarang dalam fase terakhir dalam Regenerasi Bumi. Dalam kalender bangsa Maya, Percaya atau tidak kita tunggu aja 2012 M…?!!!

  24. klo baca “deep impact”nya pak dhe, disitukan ditulis klo bumi telah mnegalami masa2 pemusnahan, dan bumi bngun lagi secara perlahan2. kalo percaya siklus itu, berarti sekarangpun siklus itu dah mulai terjadi. tapi bedanya dulu sama sekarang adalah adanya mahluk hidup yang mempunyai daya pikir untuk bisa bertahan dan daya pikir untuk bisa merusak walaupun itu secara ga sadar. akibat dari perusakan bumi yg secara ga sadar itu, proses siklus yang normal dipercepat sehingga proses adaptasi mau ga mau harus dipercepat jg. apakah mahluk hidup ini mampu mempercepat proses adaptasinya? kita tunggu saja.

  25. pak dhe, aku kurang ngerti sama pertanyaannya. Dalam “nuklir atau batubara” yang sangat bagus pak dhe tulis, dijelaskan: pemakaian energi batubara oleh manusia sedang meningkat drastis dan sampahnya menghadirkan resiko rumah kaca yang merusak keseimbangan daya hidup. Energi nuklir bisa menghindari rumah kaca, tapi sampahnya menghadirkan resiko radioaktif yang merusak gen sampai 800 tahun.
    Banyak kemungkinannya manusia merusak bumi. Populasinya yang 4 milyar ini sudah dibatas daya dukung bumi. Jika kesadaran dan kearifan manusia tidak berkembang melewati kemampuannya membuat kerusakan, malapetakalah yang terjadi. Bom nuklir besar buatan manusia saat ini bisa menggeser garis rotasi bumi, sehingga katulistiwa lewat Eropa dan tanah kita ditutupi lapisan es.

  26. Mas Rovicky, manusia sebagai bagian dari bumi dan hidup dari bumi mampu merusak bumi. Namun, sebagai khalifah di muka bumi dan bagian dari bumi manusia cenderung untuk mengontrol dan menjaga bumi dengan bekerja sama dengan bumi.

    Kerusakan besar bumi selama ini menurut sejarah adalah dari alam sendiri yang mampu memusnahkan sebagian besar mahluk purba. Namun, bumi bangkit kembali hidup kembali.

  27. -> nah Mas Dedi dan juga rekan-rekan lain,
    Kalau sekarang saya bertanya … “Mampukah manusia merusak bumi ciptaan-NYA yang maha sempurna ini ?”
    Lantas siapa yg lebih berkuasa dalam mengontrol dunia ini ?

  28. Ya, siapa yang melihat, memahami, dan merasakan kebesaran-NYA adalah sebuah kebenaran untuk spontan memuji NYA. Tidak perlu bertepuk tangan dan bersorak-sorai seperti anak-anak sekolah di Planetarium Jakarta.

    Bukan kebenaran memuji NYA beribu-ribu kali hanya dimulut saja tanpa memahami.

  29. Dedi Ganedi,aku juga baca buku GAIA(bumi yg hidup),nek menurut aku,planet2 sekitar kita juga ikut menjaga BUMI,sebgai contoh thn 1996 ada comet Levy-Strauss(LS),
    yg seharusnya nabrak bumi,tapi nabrak JUPITER.Kalo ga ada Jupiter,Bumi sudah BENCANA HEBAT(mungkin bisa keluar dari garis edarnya di tata surya,kaya permainan bilyard).

    So,everything is back to GUSTI ALLAH,THE ALMIGHTY MANAGER OF THE UNIVERSE…!

  30. Ompapang,buMI itu WANITA(ibu pertiwi,mother of earth),…tempat umat manusia indekos,kalo PakMi setauku tidak buka kost2an,tapi jual bakso,kalo MbakMi itu penjual jamu langgananku.

    Untuk Pakdhe,melihat grafik bencana yg NAIK TAJAM sejak 1999,apakah ada hubungannya dengan posisi bumi yg saat ini sedang menuju pusat galaxy milkyway?(yg diperkirakan dicapai thn 2012,menurut kalender MAYA).Mengingat kemungkinan INTENSITAS /KEPADATAN gelombang electromagnetic,jumlah meteor,gravitasi astrofisika,dll yg lebih BESAR dari jaman2 dahulu,mempengaruhi kecepatan perputaran inti bumi,atsmosfir,dll,shg bumi bereaksi.

    Sekedar masukan,mungkin menarik untuk di telaah Pak dhe dalam artikel2 berikutnya.
    Congratulation,your blog is a very interesting site to surf and read.I do enjoy very much!

    .

  31. Bumi itu seperti mahluk hidup karena
    – posisinya tepat dan layak pada garis edar dalam sistem tata surya tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin
    – memiliki atmosfer yang melindungi dirinya dari sinar kosmis dan matahari
    -memiliki sumber air yang melimpah ruah
    -memiliki kandungan oksigen yang pas, tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak
    -memiliki gaya gravitasi yang pas untuk bulan tidak jatuh dan benda-benda tidak beterbangan.
    -memiliki sistem daur ulang dan memperbaiki dirinya sendiri.
    Polusi akibat manusia cepat atau lambat akan diubah kembali pada kondisi normal. Lapisan ozon akan menutup kembali. Penggundulan hutan akan tumbuh kembali.

  32. seperti tangan kiri dan tangan kanan dalam satu tubuh, bahu membahu, dan sama-sama tahu. Aku mau deh jadi otaknya dalam tubuh yang sama (maaf becanda)

  33. kenapa tidak Pak Mi atau mBAKMI ? Adadeh ……!

  34. Kalau buMi berbahaya,saya pindah ke buSri saja….

  35. Mas RAHASIA, ompapang itu SAMA-SAMA ORANG (bukan SAMA ORANGnya) Indonesia dengan Pak dhe Rovicky, bedanya pak Dhe Rovicky di Kuala Lumpur ,ompapang tinggal dirumah saja yang jaraknya 3000 Km dari Kuala Lumpur, ompapang lahir tahun 1944, pak dhe Rovicky lahir tahun 1962 (ini tebakannya ompapang lho pak Dhe,maaf jika keliru !) ketika ompapang sudah dewasa, jadi ada selisih satu generasi, kalau tiap generasi dihitung 17 tahun. Ini namanya ompapang buka “RAHASIA” lho mas RAHASIA.

  36. Om-papang ama Pakdhe Rovicky tu’ satu orang ya?

  37. pemanasan global yang sekarang terjadi memang harus diterima karena tanda2nya dah banyak. mau ga mau kita harus bertahan dan karena kita punya daya pikir kita jg harus bisa nyari cara untuk bisa bertahan.

    ada artikel, lupa baca dimana, mengungkapkan klo ternyata tanaman2 yang mepunyai siklus hidup pendek lebih cepat bisa beradaptasi terhadap perubahan iklim dari pada tanaman2 yang mempunyai siklus hidup panjang (tanaman tahunan)

  38. Jika menyimak cerita2 sejarah masa lalu, bumi kita memang sering dihadapkan pada bencana. Malah kemudian satu masyarakat pernah punah. Yang menarik menurut Malthus, proses bencana ini merupakan alat mekanisme alam semesta untuk kembali menuju ekuilibrium.
    Tapo dapat juga ini merupakan tanda2 zaman…. peringatan bagi kita manusia untuk memelihara lingkungan hidup di dunia dan sekitarnya.
    Terima kasih atas pencerahannya.

  39. Evolusi 3menit pertama kita namakan saja evolusi an-organik
    Evolusi sejak pra kambrium hingga awal munculnya “manusia” kita sebut saja evolusi organik
    Nah evolusi manusia bolehlah kita kasi nama “evolusi supra organik” ya menggunakan otak serta akal dibumbui mental serta adab.

    Namun ingat ketiganya masih ada missing link !

    Evolusi yg saya ceritakan sebelumnya itu hanyalah dongeng evolusi organik yang semestinya tidak menghilangkan peran Tuhan. Jangan takut “kehilangan Tuhan” hanya karena teori evolusi duonk !

  40. untuk Mbojo,
    Sebagai orang awam,kita terima saja pemanasan global ini.Yang penting untuk beradaptasi dengan perubahan alam, tubuh harus fit agar bisa survive, maka perlu perubahan pola makan dan pola mencari makan.(ctt: kalau POLA MAKANnya tidak berubah, ada kayu log ya makan kayu log,ada semen ya makan semen, ada tinta pemilu ya minum tinta, ada sapi import ya makan sapi dan juga kalo POLA MENCARI MAKANnya nyikut sana nyikut sini, teman sendiri dimakan, ya kapan dapat beradaptasi dengan lingkungan kerjanya ! he…he…he…, just a joke)

  41. klo menurut saya bukan pemanasannya dulu pak dhe
    tapi kenaikan CO2 dulu baru terjadi pemanasan global

    tapi berdasarkan grafiknya pak dhe itukan pemanasan selalu naik secara signifikan dalam waktu yg cepat dan penurunannya selalu terjadi perlahan2. itu yg membuat saya bingung. klo siklus, pasti ada donk penyebabnya.

    klo ngeliat tulisannya ompapang, bisa saya simpulkan klo pemanasan global ini wajar ya? sekarang tinggal manusianya sendiri yang harus beradaptasi?

  42. hwa…
    kalo bumi dah ga aman lagi,mo tinggal di mana dunkz…?!!
    em…cuma ada 2 pilhan seh sbenarnya… yaitu ngungsi ke surga ato ngontrak di neraka.he2!^.^

  43. koreksi:” Banyak juga jenis binatang menyusui DAN burung …dst, maksudnya:” Banyak juga jenis binatang menyusui ATAU jenis burung. . .dst”

  44. Pak dhe, kalau suhu atmosfir bumi makin panas, dengan prinsip seleksi alam Survival of the fitest, asal perubahannya gradual tidak mendadak, semua makhluk dibumi tentu akan beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggalnya. Sebagai contoh ada ikan dilaut yang dapat hidup diair panas mengandung belerang dekat sumber geothermal didasar laut,tetapi juga ada ikan yang dapat hidup diair dibawah lapisan es yang membeku,bahkan ada ikan semacam lele dan sejenis reptil yang bertapa mati suri mengubur dirinya dilumpur yang mengering untuk kemudian hidup lagi sesudah musim hujan. Banyak juga jenis binatang menyusui dan burung yang masih dalam satu keluarga yang dengan sendirinya punya organ tubuh yang sama satu dengan lainnya , tetapi yang satu mampu bertahan hidup didaerah kutub, lainnya hidup didaerah gurun yang antara kedua lingkungan hidup tersebut mempunyai beda suhu yang tinggi. Walau berbeda lingkungan mereka mampu berkembang biak, karena sudah dapat beradaptasi selama kurun waktu tertentu. Jadi perubahan suhu dibumi tidaklah perlu dicemaskan asal perubahannya tidak secara tiba-tiba,sehingga memberi kesempatan kepada semua makhluk hidup dan juga tumbuh-tumbuhan untuk beradaptasi dengan keadaan lingkungan yang baru.
    Kalau terjadi wabah penyakit dimasa pancaroba itupun sudah biasa terjadi,karena adanya pergantian musim disetiap tahun yang mestinya juga mempengaruhi perubahan suhu di atmosfir pada belahan bumi yang mengalaminya, dimana suhu dan kelembaban yang terjadi merupakan suasana yang paling cocok dengan virus penyakit tertentu untuk berkembang biak dengan subur.

  45. setiap tulisan sampean ki enak tenen mencernanya, biarpun buta tentang kebumian ning iso dimengerti pakde.

  46. Thx for the reply.Mengenai TB,saya pernah baca harian kompas(tgl lupa),Faisal basri pengamat ekonomi menulis bahwa 2/3 penduduk Indonesia terkena/terindikasi TB,….sekedar mengconfirm,apakah anda tahu statement ini BENAR atau SALAH.

    Kalo benar,….maka benar2 sangat astagafirullah….(saya sdh rongent,alhamdulillah aman,…)

  47. Jadi intinya ketahuilah dimana anda sedang berada, dan ketahuilah kemana harus sembunyi, lari atau menghindar ketika sesuatu terjadi. ===>> setuju banget!! ga selalu harus dengan bencana.. kalo ketemu preman juga.. ehueueieihei :p

  48. pak rovicky, ayo pindah ke bulan saja…
    😉

  49. Dunia sudah semakin tua…dunia sudah rapuh…dunia perlu tongkat untuk berjalan…dan tongkat itu adalah manusia yang mau melestarikan dunia…halah…sok bijkasana ya saya…

  50. Data tambahan karena teknologi itu jelas sangat berperan dalam mengetahui proses-proses yang terjadi selama ini (ketika sudah ada catatan manusia, atau arkeological artefak)

    Namun kalau kau lihat di sini http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/e/e9/Carbon_Dioxide_400kyr-2.png
    terlihat bahwa kenaikan CO2 ini sangat signifikan diluar kwajaran berdasarkan data yg diperoleh dari rekaman pada batuan (rekaman geologis). Ini yang sangat ditakutkan.

    Jadi menurut saya ada porsi tertentu yang menunjukkan bahwa ada kejadian fluktuasi pemanasan (siklus alam yg sudah terjadi sebelum ada manusia). Tetapi apakah benar disebabkan oleh kenaikan CO2 akibat ulah manusia ? Ini yang sering menjadi perdebatan dan menjadi issue politis.

    Yang jelas ada hubungan korelasi temporal, artinya pas ini naik itu juga naik, pas ini turun itu juga turun .. tetapi apakah ini dan itu saling mempengaruhi dan bersifat kausal.

    Apakah karena terjadi pemanasan trus menyebabkan produksi CO2 gunung api meningkat ?

    Coba baca disini :
    https://rovicky.wordpress.com/2006/11/19/impact-from-the-deep-pandangan-baru-kepunahan-massal-dalam-sejarah-bumi/
    Penyebab CO2 meningkat bisa macam-macam … 😉

    Pemanasan global itu RIIL terjadi … mboh karena apa .. tetapi yang terpenting sat ini kita harus mampu beradaptasi terhadap perubahan iklim. Kalau teori evolusi menyatakan binatang adaptasi dengan perubahan fisik tubuhnya, manusia beradaptasi dengan alat – alat dan cara hidupnya. Kita harus siap-siap kalau air laut mulai naik dengan berpindah tempat atau meninggikan dann membuat tanggul dsb.

  51. saya setuju dengan ompapang, klo teknologi dan informasi berperan penting untuk nyumbang data2 kejadian becana di muka bumi ini.

    tapi waspada itu tetap

    pak dhe mau nanya nih…
    apa sih sebab adanya siklus fase2 pemanasan dan pendingin itu pak dhe (https://rovicky.wordpress.com/2007/01/11/selamat-datang-di-tahun-tahun-waspada/)

    soalnya klo teori tentang sebab2 pemanasan global itu banyak bangat. malah sampe ada yg ga percaya klo pemanasan global saat ini benar2 dah terjadi, mereka bilang itu hanya alasan politis aja.

  52. — Hi Rudi,
    Tahukah anda pembunuh terbesar saat ini untuk penyakit infeksi adalah TB (Tuberculosis) ? Kalau mau menyelamatkan orang lebih banyak, lebih baik konsentrasikan ke bahaya TB.

    Waspada adalah mengerti dimana anda sedang berdiri dan apa yang dilakukanketika sesuatu terjadi.

    Kisah klasik sedikitnya korban tsunami di Pulau Simeulue adalah “lari kebukit ketika ada goncangan gempa” , ini tentunya sangat berlaku untuk yang sedang berada di pantai. Hal ini karena gempa akan menyebabkan tsunami dan cara menghindarinya lari ke bukit.
    Namun kalau anda di gunung (perbukitan), ketika ada gempa jangan lari ke gunung tetapi lari ke tanah lapang. Lari ke gunung mungkin akan terkena longsoran.

    Ketika ada gempa besar saat anda di kota yg jauh dari pantai jangan panik ketika ada yang teriak “Tsunami .. tsunami .. !!” . Ini kejadian kepanikan di tengah kota Jogja dimana orang panik tsunami ketika gempa di Jogja.
    Kalau anda mengerti bahwa tsunami tidak akan menjangkau Jogja maka kepanikan bisa dihindarkan. Dan banyak korban pencurian ketika ada teriakan tsunami ni di Jogja.

    Jadi intinya ketahuilah dimana anda sedang berada, dan ketahuilah kemana harus sembunyi, lari atau menghindar ketika sesuatu terjadi.

  53. Wah menakutkan juga,..apalagi Indonesia sekarang korban FLU BURUNG sdh no 1 didunia,..dan hari ini jakarta dinyatakan DB kejadian luar biasa.(saya sdh kena thn lalu).

    Bukan bela pak SBY,..tapi saya tidak setuju bencana dipolitisir,…memang SEMUA masyarakat harus waspada.

    Mau numpang tanya, apa langkah2 WASPADA…..krn jenisnya bencana berbeda…

  54. pakdhe,
    Ngebaca tulisan pakdhe hari ini,jadi inget perkataan ibu saya.Beliau bilang,gini
    “Dunyo wes tuwek le,bejane wong sing eleng..”
    artinya,
    “Bumi udah tua,nak.Beruntunglah orang yang inget”
    –inget disini,inget kepada Tuhan Yang Maha Esa

    RDP: Sakjane bumi ini masih muda. lagi sukasukanya bergaya dan trekjing-trekning, bergoyang terus. Sedang menjelang dewasa kok. Tenang aja 🙂

  55. –> Ompapang
    Coba sekarang dilihat bersama dari skala waktunya saja. Bumi memang dahulu panas (teori bigbang) namun harus diketahui bahwa suhu ini menurun secara eksponensial. Bahkan penurunan seper ribuan kali hanya pada 3 menit pertama (coba baca “The first three minutes” – by Steven Weinberg
    Dalam tiga menit ini terjadi “evolusi an organik” perkembangan unsur-unsur kimia dengan reaksi nuklir.

    Kalau sejak “adanya manusia” kira-kira 200 ribu tahun lalu dengan teori Out of Afrika. Saat itu bumi tidak lebih panas dari periode-periode sekarang (fluktuatif juga). Lihat grafik saya di :
    https://rovicky.wordpress.com/2007/01/11/selamat-datang-di-tahun-tahun-waspada/
    terlihat fluktuasi suhu yang secara siklis akan menjadi fase-fase pemanasan-pendinginan yang berulang-ulang.

    Apakah sekarang kita sedang mengalami siklus dimana sedang dalam fase peningkatan suhu di bumi dan nantinya akan turun lagi seperti sebelumnya ? I dont know for sure, but I am sure that the earth is getting HOT !

  56. Soal bahaya dari bumi, jaman dulu bencana mungkin jauh lebih banyak wong energi panas inti bumi masih tinggi, inti bumi belum sedingin sekarang. Hanya karena peradaban dan teknologi yang belum berkembang maka informasi kebencanaan tidak serta merta tersebar luaskan dalam kurun waktu satu generasi manusia seperti sekarang. Sebagai contoh orang tahu kalau ada gunung Vesuvius meledak mengubur kota Pompei memakan waktu berabad-abad setelah diketemukan kota Pompei lewat excavasi arkeologi kota tersebut. Juga meletusnya gunung Merapi yang hebat tahun 1006 diketahui lewat prasasti yang terbaca beberapa abad kemudian. Bencana abad 20 atau 21 belum sedahsyat bencana akibat meletusnya gunung Krakatau seabad yang lalu. Bahkan lebih mengerikan adalah bencana meletusnya gunung yang melahirkan danau Toba seperti kita lihat kini. Bencana jaman dahulu tidak segera tersebar sehingga manusia dibelahan bumi yang lain merasa bumi tidak berbahaya.Bandingkan di era IT yang tiap kejadian bencana alam dapat di informasikan keseluruh dunia hanya dalam hitungan detik lewat internet,sehingga setiap manusia diseluruh belahan bumi dapat ikut merasakan bagaimana bahayanya bencana dari bumi. Secara kwantitatif dan kwalitatif mungkin bencana jaman dulu lebih sering terjadi dengan akibat yang lebih parah dari sekarang. Kalau menyangkut korban harta benda dan jiwa manusia,karena dulu permukiman dan kepadatan penduduk tidak sepadat sekarang maka dengan sendirinya kerugian dan jumlah korban juga relatif sedikit. Namun perlu dicatat bahwa bencana jaman dahulu diakibatkan murni oleh alam, bukan akibat perbuatan manusia yang menghuni bumi ini.

  57. […] pagi,sewaktu dateng ke kantor iseng–lagi ngecek tulisan terbarunya.Dan secara ga sengaja,atasan saya Pak iwan-1 ngeliat blog nya pakdhe itu. Atasan (A) : […]

  58. –> Agorsiloku
    Adanya pengaruh tatasurya dalam sejarah perkembangan bumi masa lalu memang ada yg meneliti siklus-siklusnya. Teorinya disebut The Milankovitch Hypothesis – THE ORBITAL FORCING MODEL. Model-model ini menggunakan peredaran planet2 untuk menjelaskan mengapa terjadi perulangan-perulangan fenomena alam di bumi.

  59. Informasi berharga. Pak Dhe, apakah kejadian yang berkecenderungan meningkat ini ada hubungan dengan posisi bumi di tatasurya. Maksudnya pengaruh dari matahari atau bulan, lempeng tektonik, pergeseran dari kutub atau karena yang tinggal di atasnya makin zalim….. Yang terakhir nggak nanya sama pak Dhe… mustinya sama Gs Dur atau Mama L

  60. klo diliat dari kasat mata, global warming mungkin jadi penyebab utamanya tuh. dari Discovery Channel disebutkan klo tahun 2010 diperkirakan es kutub selatan pada musim panas akan mencair seluruhnya. Mengerikan 😦
    klo diliat dari sisi moral, mulai diabaikan & rusaknya agama sehingga menyebabkan bobroknya moral mungkin menjadi penyebab utama di atas segala penyebab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: