Cara membuat “Crop Circle”


Crops Circle dengan geometri fraktal

Berita heboh munculnya Crop Circle di Berbah Sleman, Yogyakarta menjadi menarik ketika kita tidak tahu bagaimana membuatnya. Sehingga muncul spekulasi-spekulasi bahwa itu dibuat oleh Alien atau UFO.Bentuk dan macam ragam Crops memang secara geometri menarik sekali. Beberapa memiliki geometri Fraktal.

😦 “Wah iya, Pakdhe dulu thesis S2-nya tentang Fraktal kan ? Dongengin fraktal dong Pakdhe !”

Kalau Crop Circle itu mengherankan kamu karena cara pembuatannya, mestinya kita juga heran dengan pembuatan Candi Borobudur yang memiliki geometri segi-empat sempurna, kan ? Coba saja pikirkan apakah waktu pembuatan Borobudur itu sudah ada alat ukur Theodolite ? GPS belom ada, Sattelit belum juga ada namun geometri Borobudur benar-benar sempurna !.

Awali dengan rancangan (denah atau peta)

Setiap bangunan selalu dibuat dengan sebuah design rancangan. Rancangan ini dibuat dengan metode grafis dimana rancangan crops ini akan menjadi seperti peta. Mirip kalau membuat rancangan rumah. Semua dibuat dengan skala.

Berbagai design crops dijumpai didunia ini.

Berbagai macam desain crop circle

Setelah rancangan dibuat dalam kertas layaknya membuat rumah, maka barulah dibuat sesuai ukuran yang ada dalam kenyataan.

Bagaimana membuat lingkarannya ?

Tentunya kita harus mencari lokasi yang cukup luas supaya terlihat bagus. Juga daerah ini sedang ada tanaman yang cukup besar untuk dipatahkan. Bisa saja berupa sawah yang sedang menguning, maupun kebon tebu. Namun kalau kebon tebu perlu trantor membuatnya. Banyak cara dalam membuat lingkaran ini. Namun cara termudah tentunya dengan dua orang yang satu menjadi pusat lingkaran dan lainnya berjalan memutar.

Membuat Lingkaran

Setelah seluruh design diberi patok-patok, maka kita dapat merubuhkan tanaman padi dengan cara menekan menggunakan plat

Kalau mau tahu cara dalam video silahkan tengok dibawah ini :

Nah kalau memang geometri itu saja sudah mampu membuat terheran-heran dengan crops , mestinya orang lainpun akan lebih heran lagi melihat Borobudur beserta candi-candi di sana, kan ? Bayangkan ukuran Borobudur  dibawah ini.

sumber wikipedia

Ukurannya 118x188 meter persegi

Bagaimana dengan Crops di Sleman itu ?

Sangat mungkin Crops di Sleman itu buatan manusia juga. Cara-cara pembuatannya menjadi tidak mustahil dengan pengetahuan geometri yang sudah kita kenali saat ini. Namun pembuatnya tentunya cukup cerdik dalam mengimbang ambingkan pikiran serta minat kita untuk melihatnya.

😦 “Kalau gitu wajib ditonton Pakdhe ?”

😀 “Ya tentusaja wajib ditonton. Ayo ke Jogja !!!. Namun setelah itu jangan lupa menengok Borobudur, ya ! Walaupun harus melewati jalan memutar kalau saja jalan raya Jogja Magelang terputus karena terjangan lahar hujan atau lahar dingin Merapi “.

😦 “Kalau begitu sebaiknya kawan-kawan ISI – Istitut Seni Indonesia bia membuatnya lebih banyak supaya Jogja semakin laris manis, dan tetap istimewa !

Kasihan yang punya sawah ?

Tunggu dulu ….  Lumayan looh, dapat keuntungan menjadi UFO Tourism. Pada tahun 1996, sebuah crop circle muncul di dekat Stonehenge, Inggris. Petani pemiliknya meminta orang membayar untuk melihat, dan dia berhasil  mengumpulkan sekitar $ 47.000 (450 Juta rupiah) dalam empat minggu. Nilai aktual dari tanamannya sendiri hanya $235 (kurang dari 2.5 juta rupiah).

Dikumpulkan dari berbagai sumber.

233 Tanggapan

  1. wah baru sadar sy di blog pakdhe ga bisa reply comment, saatnya unsubcibe dah hehehehe sorry loh pakde, saya salah satu orng yang percaya di luar bumi ada kehidupan lain walaupun Allah tidak menerangkannya dalam Al-Qur’an krn sifat manusia yang sekarah & tak pernah bersyukur jd bayangkan jika suatu saat manusia menemukan planet lain yang keindahan, kekayaan alam & struktur geografisnya lebih baik dari bumi, udh pasti akan ada perang antara manusia & alien untuk menduduki wilayah kaya tersebut

  2. sungguh tolol blog ini,
    yg membedakan buatan dan yg asli itu dilihat dari batang padi yang patah,
    kalau yg asli batang padi patah ditengah,
    amatir

  3. Gan, minta foto circle crop nya ya?
    nanti saya bikin tautannya..

  4. Mantap nih, tulisan pakdhe msh bs mancing bnyk orng buat comment pdhl britanya udh basi, skrng britanya udh ganti jd benda aneh melayang di udara (kasus tanjung priok) & benda2 langit yg jatuh ke bawah, ky SSJ 100/Foker. Intinya dr tulisan pakdhe it “menela’ah CS dr pemikiran logis/ilmiah & teori” Smua kmbali kpd msing2 individu mengenai percaya atau tdknya alien di tata surya ini. Klo sy sih msh ga prcaya it buatan orng, kasus CS ini msh misteri ky kasusnya segitiga bermuda, yeti, bigfoot, dll.

  5. sepertinya sang penulis belum tau apa-apa tentang crop circle tapi udah ngepost bagaimana cara buatnya…
    baca dulu ini deh ,,,
    http://xfile-enigma.blogspot.com/2009/09/crop-circle-sejarah-penjelasan-dan.html
    teknologi manusia sekarang ini BELUM MAMPU membuat crop circle!

  6. Aku mau coba ah mumpung sekarang lagi musim padi. moga aja banyak yang datang nonton lalu harga panen bakal terganti yang lebih lagi kayak orang tu…

  7. thank u gan infonya, salam kenal 🙂

  8. yang aneh itu giman caranya masukin paku ke kaki safira (dokter aja bingung, apalagi gua) ckckckckckc

  9. Dengan banyak nya orang pinter di negara kita indonesia,,,,,,, tolong bawa negara ini ke hal 2 yang bermanfaat saja.

    jangan buang waktu dengan ciptaan yang ndak jelas…….

    kasihan yang punya sawah,,,,,, nanti ndak bisa panen padi.

  10. kalau saya sih ndak usah aneh aneh,,,,, karena tanpa keanehan , dunia ini sudah jadi aneh….

  11. hebat ,, tp kayaknya agak rumit bikinnya ya Pakdhe 🙂

  12. UFO…???
    ALIEN…???
    HAHAHAHAHAHAHAAAAAAAAA……
    namanya ja dah UFO…bendah tdk jelas!! msih mau bilang UFO itu milik alien
    boleh sy nanya ma agan2 yg dah coment….?
    ada tdk diantara agan2 yg pernah liat alien langsung selain d film2..???
    alien cuma mahluk imajinasi amerika…
    di holiwood banyak klo mau liat..hehehhehhehehe
    klo alien ma pesawatnya ja ga’ ada mana mungkin crop circle itu bikinan mereka…
    gwa juga tdk mau claim smua crop circle tu bikinan manusia..yg sy tau crop circle itu mempunyai nilai seni yg tinggi klo dibikin pada tempatnya…bkn d sawa tau ladang gandum…
    bikin petani ilfil saja.

  13. para.ilmuan.di.LAPAN.cuma.bisa.ngomong,tanpa.bisa.memberi.bukti.yang.konkrit.bahwa.itu.meman9.buatan.manusia…
    kalau.memang.para.pakar.ilmuan.LAPAN.cerdas,harusnya.bikinin.dulu.video.atau.karya.animasi.tentang.cara.pembuatan.cropcircle,baru.setelah.itu.dipublikasika.ke.masyarakat…..
    masak.cuma.n9ebacot.aja…….DASAR

  14. hayo rame rame bikin crop circle. biar heboh ….

  15. kalau nurut saya sih ini bikinannya UFO deh.. melihat dari crop circle yang laen loh hanya dbwt dlm wktu semalam.. borobudur butuh brpa hari coba?? Kalau ada pemikiran kayak gini coba dipraktekkin dulu dong baru dishare..

  16. Ijin menyadur ya pakde…

  17. wah… mantap nih gan….

  18. wah emang Si Crops Circle bikin heboh masyarakat kita baik masyarakat nyata ataupun maya,
    ingin tahu caranya mengetahui pembuat crop circle ? silahkan mampir ke blog saya,…mungkin ada manfaatnya ,…

  19. nice info gan

  20. wah mantap tuh pemikiran bagus pak

  21. ide bagus pak.

  22. wew…. ini toh rahasianya.. hehe

  23. padinya jadi gagal panen tuh..

  24. mantab booossss..,
    kunjungi jg booss blog sya: http://www.suramadumedia.blogspot.com

  25. klo ngomong tentang corp circle, saksi kunci adalah tanaman yang di injak. tanya aja sama tanaman tsb

  26. Telah didemonstrasikan berkali-kali bahwa manusia mampu untuk membuat “crop circle” dalam beberapa jam saja. So, penjelasan paling sederhana dari keberadaan CS tersebut adalah buatan manusia.

    Berdasarkan pengamatan, (mayoritas) bebek dan ayam, tidak punya jari dan tangan yang terampil. Meskipun demikian ada peluang meskipun keciiil sekali, karena radiasi radioaktif, satu atau dua bebek ayam mengalami mutasi sehingga punya kecerdasan dan keterampilan untuk membuat crop circle. Mereka mendirikan komunitas rahasia, bebek ayam mutan. Dibanding teori UFO, peluang teori bebek mutasi ini masih lebih baik. Mana aliennya?seperti apa? mana pesawatnya? Sementara bebek dan ayam ada banyak. Tapi masih jaaauuuh lebih baik lagi teori yang pertama, bahwa crop circle adalah buatan manusia. Kalau ini taruhan, saya pilih manusia.

  27. wah, rame banget forum diskusinya Pak Dhe…
    oya, salam jumpa lagi pak dhe, sampun dangu mboten ngansu kaweruh alias dah lama tak berkunjung belajar kesini, sering offline skrg dhe…

  28. ga usah sok pintar dulu, belum ada juga pembenaran tentang masalah itu. emankny borobudur ngerjainnya 1-2 malam. borobudur butuh waktu lama pengerjaannya. dan itupun jumlah pekerjanya ga sedikit.

    ini semua diluar nalar kita, jd antara percaya dan tidak dgn adany mahluk asing (bukan berarti harus alien), bisa jd jin. seperti cerita pembuatan candi sewu yg hanya semalam.

    kalo d sleman bisa jd manusia dilihat dari ukuran CC yg kecil. tp bagaimana d negara2 lain yg ukurannya sangat2 besar dan luas???? kalo pengerjaanny dlakukan oleh org yg byk, apa ga malah org2 yg lain curiga dan akhirnya jd tontonan.

    jd kita semua hanya bisa berharap suatu saat yg ga tahu kapan, akan d temukan jawaban atas masalah CC ini.

  29. Bikin crop circle dengan maksud untuk mengalihkan isue-isue sama saja dengan menipu. Ada-ada saja ya…. Hehehehheeeeee…

  30. sebenarnya alien tu hanya karangan belaka …….
    pleh orang-orang “the all seeing eye”/zionistme…..

  31. Kalau saya, ya, Pak De…
    lebih BAIK memikirkan keseluruhan alam raya ini…
    bukankah terlalu banyak yang harus dilakukan demi selarasnya kehidupan?
    ADA manusia yang masih suka mengklaim alam harus hijau dan asri demi kepentingannya sendiri…
    ADA manusia yang rela pula memunguti kayu yang telah lama memberi sejuk dan segarnya air…
    ADA manusia yang terlalu percaya diri membeli sepeda demi birunya langit kota…
    ADA manusia yang bermobil hidrogen supaya minyak tidak habis untuk digunakan anak cucu manusia…
    ADA yang rela berbasah berlumpur kotor demi pohon untuk kenang-kenangan bagi keturunannya…
    ADAKAH yang dilakukan manusia untuk keselarasan yang sejati itu ?
    ADAKAH yang sangat membuat manusia percaya bahwa manusia pun adalah BAGIAN dari alam semesta ini…?

    saya terlalu sombong menadi manusia yang seolah mengetahui semuanya hanya untuk dirinya…
    AHH….

  32. Pak de… aq maw juga donk dikasih jawaban dari pernyataan dan pertanyaan: jjhbs

    cz kliatanya ni debat seru banget….

  33. hehehe sampe ngebahas crop circle juga tho pak dhe 🙂 mantapppp seneng baca-baca di sini mah hehehe

  34. subhanallah…..

  35. Kok kelihatannya mudah sekali ya, padahal kalau suruh buat saya pasti bingung 😀

  36. Analisanya masuk juga pakde..

  37. Mantap gan tulisannya…!

  38. […] Cara membuat “Crop Circle” oleh:  Rovicky Dwi Putrohari […]

  39. Saya ikut bingung, biasanya orang desa itu seneng melek dhalu, lha masak iya ndak ada yang tahu kalau krusek-krusek. wong tetangganya ndak masak aja tahu…..?????

  40. Saya bingung sama catatan Pakdhee yg di bawah ini

    >>>”Circle crops ini diketahui secara mendadak. Namun “tidak ada bukti” bahwa dibuat dalam waktu semalam saja.”<<<

    Loh" emangnya para petani klo nanam padi abis di tanam langsung di tinggal & numbuh sendiri tanpa di rawat kya tanaman yg lain gitu pakde?? sampe" tuh petani ga tau klo padinya udah pada rebah

    Iki wong deso loh pakde, wong endeso di Indonesia sama di Amerika beda pakdhe, wong deso di Indonesia itu terkenal ramah, santun, jujur & katro jd mungkin ga pakdhe klo semua ini rekayasa biar sawahnya banyak di tonton orng demi menghasilkan sepeser rupiah??

  41. waah… asik negh ulasannya… tapi kalo dibuat manusia bukannya butuh penerangan nd harus dilakuin sama banyak orang? lagian kalo dilakuin terburu-buru belum tentu rapi banget khan? hmmm… oya, follow nd komen balik yax! sankyuu…

  42. dah biasa neh mah…..
    yg lebih baru ada gg yah ????

  43. bagaimana dengan detail2 yg dalam skala micro tu pakdhe???mohon pencerahannya

  44. Perlu dimengerti dengan bener nih.

    Circle crops ini diketahui secara mendadak. Namun “tidak ada bukti” bahwa dibuat dalam waktu semalam saja.

    Memang hanya tiba2 tahu kalau ini CS. Tapi itu baru disadari stl beberapa hari. Karena petaninya seringkali juga ga sadar kalau “kerusakan” ambruknya padi ini merupakan sebuah CS.

  45. wah rame banget nih,
    percaya gak percaya sih.
    tp kalo dipikir nalar dalam semalem itu bkn buatan manusia…

  46. crop circle di sleman kalau memang mungkin buatan manusia tpi ckup lumayan bgus & sangat menghibur,di samping efisien waktunya kan cuma 1 malam. Brarti dia sangat ahli dlam pmbuatan circle.

  47. Menarik banget artikelnya. Baru tau nich kalo ada info semacam ini. Thanks.

  48. Sipp dah infonya.Nambah lagi nich pengetahuanku. Makasih dah bagi-bagi ilmunya.

  49. Wow.. Keren nich informasinya. Menarik untuk dicoba. Thanks.

  50. Merdeka!!!
    demikian merdeka kita berpendapat ….sehingga segala alternatif bermunculan….namun bagaimana selanjutnya kita mengetahui yang sebenarnya???
    tapi yang jelas “acungan jempol 2 tangan” patut ditujukan kepada siapapun yang membuat : entah UFO, manusia…e e barangkali mbah Semar.

    santai aja lah bro

  51. Mantabs nich infonya. Jadi lebih tau tentang ini. Thanks for sharing ya…

  52. sebenarnya kalo menurut saya 2 pemikiran yg orang dan masyarakat bnyak bertanya2 itu benar semua.
    corp circle yg terbuat diindonesia apakah itu buatan manusia ? apakah pesawat seperti ufo yg membuatnya ? apakah manusia yang membuatnya ? gak mungkin dalam waktu secepat itu ? apakah ada pihak2 lain yg turut ikut campur melakukannya ?

    jawaban semuanya benar….

    coba buka link tentang pesawat buatan perusahaan SPACE DOME.
    yaitu VOYAGER-II
    ini link nya……
    http://www.spacedome.co.nz/specifications
    sebuah klompok organisasi rahasia yg telah berdiri didunia mulai tahun 1717
    apakah ada yg tau tentang illuminaty ?
    awal dunia lebih mengenal tentang adanya alien ( tamu asing /mahluk luar bumi ) dan juga tentang hal2 mistic seputar simbol2 pagan dan fungsinya berasal semenjak kelompok ini berdiri.
    jika saya berfikiran tntang corp circle adalah berhubungan dengan mereka..
    karena awal kita mengenal semua hal termasuk corp circle juga dari mereka.

  53. Crop Circle diketahui tiba-tiba ADA. Tapi tidak ada bukti yg menunjukkan kepastian bahwa telah dibuat hanya dalam satu malam.

  54. Jika itu memang buatan manusia pasti ada sekelompok orang yg dtng ke situ berbondong” menggunakan truck atau kendaraan mini bus, jika hanya membuat crop circle dengan pola lingkaran saja memang saya akui bisa di lakukan dengan 2 orang, tp bagaimana jika pola crop circle berbentuk wajah alien atau manusia bersayap seperti kupu” apakah masih bisa di lakukan dengan 2 orng dalam waktu 1 mlm???

    Sesungguhnya manusia di ciptakan dengan akal, maka berpikirlah sampai nanti saatnya kalian semua tau bahwa mereka ada, Langit di atas bumi ini begitu luas, sampe sekrng blm ada yg mampu melihat di mana ujungnya langit jd bukan tidak mungkin jika Allah menciptakan mahluk lain selain yg hidup di bumi

  55. nitip .. >>> kayarayaonline.tk 20rb dapat komisi berlimpah … buktikan!!

  56. o00oo..
    begono toh,,,

    dpt ilmu lagi.. 🙂

  57. Indah sekali Crop circlenya….

  58. 1.yang bikin sy gag percaya klo itu adalah buatan manusia adalah: bgmn bs pembuatannya dilakukan hanya dalam 1 malam bahkan hanya beberapa menit,sesuatu yang diluar logika
    2. tapi kalo UFO, sy juga gag prcaya,bagaimana benda yang disinyalir pesawat lur angkasa itu bisa masuk ke bumi dengan badan pesawat yang masih sebesar itu, bukankah bumi kita ini punya atmosfir yang apabila ada benda dari luar angkasa atmosfir ini akan membakarnya sehingga saat tiba di bumi, bnda itu akan sangat kecil bahkan tidak ada fisiknya lagi, selain itu bukankah untuk mencapai bumi dibutuhkan jutaan tahun cahaya, itu artinya butuh beberapa generasi untuk tiba di bumi, bukankah itu sesuatu yang mustahil?

  59. oh gt ea crnya pakdhe. Aq jd pengen bikin. Kl bs mw bikin di perkebunan sawit.pasti keren Kan tnmn n kebunya udh simetris. Tnggal bikin pola aja. Tp yg bikin aq bingung cara ngrobohinya kan rata2 tnggny 7 meter. Pie?

  60. setuju sama sulasi imron,,, bener thu pak dhe,,,

  61. Ada lg dihubung2kn dgn kitab suci, Kitab Suci itu adlh Tuntunan hidup manusia.. BUKAN BUKU FISIKA YG MENCATAT MAHLUK HIDUP DIJAGAT RAYA, tokek dan komodo dikitab suci jg gak ada tp faktanya Ada kan? Cupet.. Jd smua yg ada dijagatraya ini hrs yg ada dikitab suci sj? Cupet d0nk! Brarti makanan dodol garut jg harus trcantum dikitab suci d0nk.. Tp kok gak ada ya? Pdhl faktanya ada loch! 😛 masalah g trlacak radar, psawat rusia nd USA pun ada tuwh!

  62. Dhe APA ADA PAKTA B0R0BUDUR DIBUAT DLM 1 MALAM? Apa kata sejarah borobudur? APA PAK DHE BS MEMBUKTIKAN BIKIN POLA CORP CIRCLE LEBIH SULIT DIBANDING PRAKTEK DILAPANGAN DGN CR MERUBUHKAN PADI2 YG KELIHATANNYA SJ MUDAH? Ini no hp sya 085640021152 klu mint sy krm alamat sy lwt sms, tdk dipost dsini! Kbtulan saya punya SAWAH, PLEASE DATANG KESAYA, DAN PRAKTEKAN DGN DISAKSIKAN PK LURAH DIDAERAH SAYA! SAYA BAYAR ANDA 6juta dlm 1mlm krn menurut Anda mudah maka 6jt sdh mahal dibagi 6 org! Insinyur FAKAR
    PERTAMANANPUN
    BILANG UTUK
    BIKIN CIRCLE SPT
    ITU PERLU WKT 6bln
    + Itu padi MAN TDK GAMPANG
    DIROBOHIN
    DITATA, ITU PADI
    YG TEBAL JGN CM
    NG0M0NG TP COBA
    ANDA PRAKTEK!! Cupet banget! klu
    buat ngalihin
    perhatian
    Masalahnya knapa
    Corp circle ada
    hampir disemua Negara bahkan ada
    yg ukuran 7x
    lapangan bola trjadi
    dlm 1mlm atau
    mungkin htngan
    menit! Dasarnya ind0nesia mah tiada
    hari tanpa masalah
    BR0!, Amerika dgn
    sngaja mengkaim
    Klu UFO adlh
    pesawat mata2nya, uTk nakut2i Rusia
    and Jepang, bahkan
    mreka bilang Ufo
    adlh balon cuaca
    dst, krn mreka
    ingin menguasi tekhnoginya, biar
    ngara2 lain gak
    ikut2an neliti UFO
    (TRAGEDI R0SWEL
    NEW MEXICO) Kita g
    bakalan bs contact dgn alien
    slama tdk ada yg bs
    jawab/
    balas bahasa
    komunikasi yg
    mreka krm lewat sandi2 corp
    circlenya, cz di kita
    bukan cm
    org awam sj yg
    menapsirkan corp
    circle dgn logika mahluk
    bumi yg dangkal
    dgn langsung
    memvonis mentah2
    CC adlh
    buatan manusia, dgn pnelitian
    yg cm pk kira2
    mengatakan UFO
    adlh hal yg tahayul
    bukannya
    berusaha meneliti dgn seksama dgn
    logika bahwa Jagat
    raya
    bukan cm selebar
    kening MU Dan
    selebar kening 0m GAYUS TAMBUNAN
    yg hnya pintar
    nyuri duit Negara!
    JAGAT RAYA INI
    TRDAPAT
    MILYARAN TATASURYA,
    MILYARAN
    GALAKSI,
    DIGALAKSI KITA
    SAJA
    DIPERKIRAKAN ADA 5jt PELANET!
    Imposible klu cm
    bumi yg
    berpnghuni.. PASTI
    ADA MAHLUK2
    CERDAS DILUAR SANA, DAN
    MEREKA BOLAK
    BALIK KEBUMI
    NERTAWAIN
    DAYA PIKIR
    LOGIKA MAHLUK BUMI YG MENGAKU
    AHLI ANTARIKSA,
    AHLI FISIKA,
    MAHASISWA
    CERDAS TETAPI
    CUPET2.. Pokoke CUPET2, DANGKAL2
    wkwkwkwk
    kasihan guwe
    mahluk bumi.. Cm
    ngetinya dikit2
    pengalihan, Tdk TAHUKAN ANDA
    TANPA CORRCIRCLE
    PUN DR DULU
    NEGARA BRNAMA
    IND0NESIA FULL
    MASALAH, FULL K0RUPSI DAN
    KETERBELAKANGAN ILMU!

  63. umurq 12 thn
    aq tinggal di sukabumi

    klo mnurut aq, jika sesuatu mndarat di prkebunan, maka jejak nya tidak akan selaras atau searah

  64. oooh begitu ya. tapi pemilik sawah di sleman tidak meminta ongkos lihat, mereka lebih memilih memanen lebih awal karena padinya diinjak-injak pengunjung.

  65. makasih infonya, saya izin copas ya….:D

  66. wah….salut sama yg bikin….tapi yo moso wektune cm satu malam….

  67. Crop Circle di Berbah Sleman ada dikaki bukit/gunung Suru, tempat orang mencari thuyul ( pencuri uang utk majikannya), ….mungkin yang buat siluman/jin G Suru, untuk menyampaikan pesan kepada warga DIY supaya mempertahankan keistimewaan DIY dengan perisai (alat pertahanan prajurit tempo dulu) yang digambarkan dalam bentuk CC disawah sebelahnya.

  68. UFO ……….Unik Fariasi Orangnya,kalau kita melihat bentuk dari “crop circle” serba unik dan Fariasi dari orang yang menanggapi,ada yang berbau mistik,seni juga berbau politik………………itu wajar sesuai dengan keadaan negara kita yang masih cawut mawut,yang penting kita lebih bertawakal,suci pikiran dan alhamdulilah dan Puji Tuhan kalau memang ternyata di dunia sana masih ada kehidupan selain di bumi.

  69. Itu semua cuma utk mengalihkan perhatian kita ,……..dari semua masalah yg ada diNegeri kita ini. Supaya perhatian kita t’hdp kasus Gayus, gaji presiden yg gak naik2x , Remisi utk para koruptor, pembangunan gdng baru DPR , DLL………Pemerintahan & pejabat skrng lebiiih kejam dr PKI / Penjajahan Jepang

  70. sy seneng banget nengok hal2 kaya gini
    pasti ada ilmiahnya kok dari semua kejadian
    ilmiahnya manusia pada akhirnya akan membawa ke area keyakinan n agama
    aslinya agama sudah menjelaskan semuanya cuma manusianya kurang ngilmiahkan
    suwun y pak inponya
    nuwun sewu juga tak share lewat fbku

  71. ada yg bikinan jin ada yg bikinan manusia…krn bpkku pny swh…jd aq ga heran klo itu dibuat semlm…coz cabe 2 hektar yg ditungguin aja semlm bs ludes tnp ada jejak…kemngknan cm 2 org…sm hebatnya kan???

  72. thx pakdhe sharingnya, jd ngerti saia….

  73. jempol deh buat infonya
    mohon ijin copas
    So bangga lah kita sebagai bangsa Indonesia mempunyai candi Borobudur … yangbahkan lebih ekselent …

  74. apa engga rugi ya para petaninya.. 😦 *kalau itu padi *

  75. Waaaaaaaa …. padahal saya suka teori UFO loh
    Hehehehehehehe …..
    Keren juga kalau tenanan ada UFO berkunjung ke sodara kita yang baru kena bencana
    Kali aja, para alien bisa bantu tanggulangin bencana
    Ngarepin Gayus untuk nyumbang bencana kayaknya jauuuuuuh banget

  76. tukar link

  77. Sippp! Izin Copas….
    Tenagn aja… aku akan bilang ini copasan dari Dongeng Geologi! Trima kasih!

  78. Anak-anak sekarang banyak terkontaminasi, mudah dialihkan, dan banyak juga yang pandai berbohong seperti pejabat dan presiden sekarang. Apa-apaan menganalisis dan berteori cara mbikin crop circle lagi. Pikirkan, Nak, negaramu dan pemimpinmu,. Lihat, kemana presiden membawa negeri dan bangsamu Nak? Lihat halaman depan Kompas hari ini (27 Januari 2011). Prostitusi remaja di Jakarta. Tapi presidennya suka kok jalan-jalan ke luar negeri. cihuiii … tujuh remaja berumur 13-16 tahun di kelurahan Manggarai, kecamatan Tebet, Jaksel, masuk jaringan prostitusi dimotori tetangga mereka, Dede. Dede menghubungkan remaja ini dengan pemesan. Kegiatan ini terbongkar polisi. Dede dijadikan tersangka. Kita lantas bertanya-tanya maraknya busung lapar di Nusa Tenggara, idiot sekampung di Balong yang menjadi-jadi dll, pasti ada hubungannya dengan pemerintahan SBY. Jelas semua akibat kemiskinan yang dibiarkan menjadi-jadi oleh presiden. Jangankan hukum dibenahi. Ekonomi saja tidak. Mereka perlu makan, perlu sekolah, perlu kuliah gratis atau murah. Di negeri ini semuanya mahal. Presiden tidak pernah memikirkan rakyatnya. Cihuiii enak jalan-jalan terus ke luar negeri. Presiden semalam di Zurich, Swiss, sebelum ke Davos. Beserta rombongan tiba di Bandara Internasional Zurich, Rabu (26/1/2011) pukul 9 malam. Enak jalan-jalan ke luar negeri, gratis, semua dibayar negara dapat bonus lagi. Gaji pokok tetap utuh, masih akan dinaikkan juga tahun depan. Ada koin untuk presiden lagi. Kenapa presiden itu cuek, tidak pernah mikirin rakyat, ada apa rupanya, kacau kali. (Ibu Lina Hutabarat).

  79. matur nuwun pencerahannya pakdhe……

  80. Saya percaya semua ada penjelasannya.
    Kalau petaninya aja bisa kongkalikong, gimana dengan warga sekitar ?
    Mereka juga berpotensi meraup untung kalau crop circle itu jadi tempat wisata.
    Mudah saja bilang : “wah, ndak denger apa-apa, tau-tau semalam jadi”, padahal sudah seminggu gotong royong membuat si CC.

    Penjelasan kedua, alat modern.
    Pusat lingkaran dibuat dengan tiang.
    Pelaku berjalan membuat lingkaran dibantu tali sehingga tidak meninggalkan jejak, atau lingkaran itu sendiri dibuat dengan alat.

    Kru film bisa membuat setting tempat dalam semalam, kenapa mahasiswa teknik anda ragukan kemampuannya membuat crop circle dalam semalam ?
    Yang sulit kan desain, teknik, dan perencanaannya, semuanya berlangsung lebih dari semalam di atas kertas kerja, namun pelaksanannnya apa harus berbulan-bulan ?

    Kalaupun penjelasan saya tidak tepat, toh terlalu banyak ‘cacat fakta’ untuk bilang CC itu hasil kerjaan UFO.

  81. Tapi pakDe katanya yg di sleman dibuat dalam 1 mlm, apa itu mingkin?? Trus apa ada alat penerangan dalam membuat diameter yg tidak kecil?? Dan tdk ada saksi mata yg melihatnya?

  82. padahal aku udah percaya banget kalau itu buatan ufo

  83. […] Cara membuat “Crop Circle” Posted on 24 Januari 2011 by Rovicky […]

  84. cybergot.dyndns.org/xtraupload/

  85. wah keren ? bisa di coba nih? tukar link yuk!

  86. waw solusi jitu,
    dari pada gagal panen, mending order minta dibikin krop sirkel aja sawahnya, pasti balik modal….

  87. salam kenal

    wah bagus banget analisanya. terima kasih udah terjawab pertanyaan besarnya

  88. waduh….MANTAP gan !!

    karya wong cilik toh…..hhe
    nyang buatnye pasti duduk manis…iliatin kita kita-pada sewot gemparin karya dia !!!..hhhehhhe

  89. waduh..gan
    otak wong cilik….keren buanget euy..nyang buat pasti duduk manis liatin karyanya di-gempar;rin SEMUA orang !!………ide bagus tuh :DD

  90. Bagus bos!!!

    mau tau tarif operator yang ajruk-ajrukan
    http://tariftelpon.wordpress.com

  91. rame bgt yg komentar disini..wah keren neh…

  92. wah Pakde cuma menerangkan cara pembuatan crop circle yg ‘diduga’ dibuat manusia tapi tidak menerangkan yang ‘diduga’ dibuat aliens.
    Yang di Yogya itu polanya masih kasar banget, meniru salah satu pola yg pernah ada di Inggris dan tidak terlihat efek tiga dimensi seperti pada crop circle yg ada di Inggris.
    Kalau menurut saya pribadi sih yg di yogya itu hoax.

  93. wah kreatif tur “selo” … ayo bikin yang lain 😀

  94. Semua yang diciptakan Allah SWT gak ada yang sia2,,planet2 di galaksi ini diciptakan juga tidak sia2 maka pasti ada makhluk yang menghuninya juga:)

  95. wah bisa jadi lahan pencarian uang nie…..om…….?

  96. wah klo begini berita gayus kalah ama di sleman magelang top abis om.

  97. dengan diameter 70 m, pola rumit, malam hari
    mustahil manusia mengerjakannya dalam semalam tanpa diketahui warga lagi.

    kita tetap kagum dengan candi borobudur, tapi tolong simak juga waktu yang mereka butuhkan untuk membuatnya.

  98. wah, info yg bermanfaat….
    terima kasih banyak mas…
    salam kenal…

    http://arisyaoran.wordpress.com/

  99. sori maksudnya pakde* hihi

  100. pada saya ijin ngambil gambarnya yaah. sama sedikit artikelnya . hehe

  101. jin memiliki
    kemampuan membentuk dirinya dalam
    berbagai bentuk.

    Ibnu Taimiyah menulis dalam kumpulan
    fatwanya bahwa jin dapat mengambil
    bentuk manusia atau binatang, seperti ular,
    kalajengking, sapi, kambing, kuda, dll.

    bisa berwujud indah, menyeramkan, teknologi yg sangat canggih menurut manusia (UFO) dan makhluk luar angkasa (Alien yg kita kenal)

    dikalangan jin tak beda dengan manusia, mereka ada yang sebagai ilmuan, profesor, doktor, dosen, intelek muda, mahasiswa dll.

    Mereka juga mempunyai
    kemampuan
    hidup berada di luar planet bumi
    berdasarkan ucapan mereka yang
    dibenarkan dan diabadikan Alquran.
    “Sesungguhnya kami telah mencoba
    mengetahui (rahasia) langit, maka kami
    mendapatinya penuh dengan penjagaan
    yang kuat dan panah-panah api.
    Sesungguhnya kami dahulu dapat
    menduduki beberapa tempat di langit itu
    untuk mendengar-dengarkan (berita-
    beritanya). Tetapi sekarang siapa yang
    (mencoba) mendengar-dengarkan (seperti
    itu) tentu akan menjumpai panah api yang
    mengintai (untuk membakarnya).” (Al-Jin:8–9).

    dengan tidak mempersempit pemikiran
    mengenai fenomena UFO, ETI, dan hal-hal
    lainnya yang berbau makhluk luar angkasa,
    ada satu kemungkinan yang prosentasenya
    berbanding sama, bahwa apa yang kita lihat
    selama ini dengan UFO dan berbagai
    fenomena mengelilinginya tidak lain
    adalah sisa-sisa peradaban yang
    dilestarikan oleh para Jin & Setan
    hingga hari ini dan diajarkan kepada
    beberapa orang manusia tertentu /
    Dajjal ?/ untuk membuat keributan
    didunia ramai.

    “Sesungguhnya Kami
    jadikan untuk isi neraka Jahanam banyak
    dari jin dan manusia, mereka mempunyai
    hati tetapi tidak dipergunakannya untuk
    memahami (ayat-ayat Allah) danmrk
    mempunyai mata (tetapi) tidak
    dipergunakannya untuk melihat (tanda-
    tanda kekuasaan Allah), dan mereka
    mempunyai telinga (tetapi) tidak
    dipergunakannya untuk mendengar (ayat-
    ayat Allah).” (Al-A’raf: 179).

    semoga kita selalu diberi petunjuk oleh ALLAH SWT.

  102. Astaghfirullah ….

  103. Mantap dan meyakinkan, tetapi jangan2 yang bikin di brebah ini pakde dan kawan2. hehehehe….

  104. tujuan nya apa yach bikin gituan..:)

    klo orang kan bisa dilacak , jejak kaki di sawah, lagian padi nya juga masih ijo, kan lagi becek2nya tuch…

    PIss

  105. mengenai UFO dan Alien saya tidak percaya 100%. yang saya yakini adalah Jin lebih cerdas dari kita (manusia), peradaban dan technology’nya lebih canggih/maju dari pada kita (manusia).

    (jin sebenarnya tidak mistik tetapi ilmiah)

    Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam Diutus kepada Manusia dan Jin.

    Ar-Raghib berkata: “An-Naas adalah jenis makhluk hidup yang berfikir dan berperasaan, dan jin termasuk yang berfikir dan berperasaan.”

    ”Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas”. (Al Hijr : 26-27)

    membuktikan bahwa Allah menciptakan Jin lebih dulu dari pada kita manusia.

    Fenomena Alien tidak lain hanyalah tipudaya makhluk cerdas ciptaan Allah.

    Satu-satunya penjelasan dari kitab suci, yakni Al Quran yang menyatakan bahwa di bumi ini selain dihuni oleh manusia, juga dihuni oleh jin yang berada di dimensi lain.

    “Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan Manusia melaikan untuk beribadah kepadaku”. [Adz Dzariyat [51] : 56].

    Wallahu A’lam

  106. awesome

  107. pakDe hehehe… kayaknya padhe pinter yah… btw manusia buat crops sircel kan memikirkan yang ada dulu so itu memang ilmiah cara pembuatan crops sircel yang sudah ada… jadi metode dan analisisnya kan terjadi ketika crops sircel yang pertama kali sudah ada……
    memang masuk diakal pembuatan tersebut… tapi dibuat dalam satu malam dan tanpa pencahayaan apalagi waktu itu mendung hehe… apa iya bukan ane prcaya ma UFO seh….

    coba serching “oopart” buat nambah referensi yang dimana kadang logika sulit untuk “melogikakan atau membenarkan”

  108. wah pakdhe mboten wantun njawab mslah misteri pembuatan CC pd media tanah basah.

  109. kalo emang dibuat orang, orang ini cerdas. bisa bikin heboh orang banyak. apalagi jadi UFOturism. kita emang lagi perlu tontonan cerdas pak de. daripada kesel nonton gayus.

  110. Waduh, ini berita memang lagi anget2 nya hehe.. :mrgreen: nitip link yah mas,
    TERNYATA UFO DI SLEMAN HOAX BISA DILIHAT DI http://hisyamhananto.wordpress.com/2011/01/24/ufo-di-sleman-crop-circle-ternyata-hoax/

  111. wong jogja seneng seni, nyeni, lan nyleneh…tapi sip kok cerdas gawe hebohe wong sak jagat

  112. waahhhhhh baru tahu nich sob hehehehehehehe………………….

  113. Tulisan ‘Crop Circle di Sleman Dibuat
    Mahasiswa UGM’ Hoax.

    Belum dapat dipercaya, belum ada bukti rill http://www.detik.com/read/2011/01/25/135805/1554145/10/tulisan-crop-circle-di-sleman-dibuat-mahasiswa-ugm-hoax?utm_source=twitterfeed&utm_medium=twitter

  114. Repot amat yah gak canggih…malu ;D

  115. […] Dongeng geologi […]

  116. wah,keno satpam

  117. nduwurku,ra salah um?biasane salam komstir.. :mrgreen:

  118. Ada yang sudah mengaku, Pakde !

    ‘UFO’ Berbah Diduga Buatan Mahasiswa UGM

    Fenomena lingkaran berpola atau Crop Circle yang ditemukan pada Sabtu 22 Januari di Sleman, Yogyakarta masih menyimpan misteri. Namun seorang mahasiswa mengaku perbuatan tersebut merupakan ulahnya, benarkah?

    Seperti disitat dari studentmagz, Selasa (25/1), seorang mahasiswa UGM mengaku yang melakukan hal tersebut. Dia mengaku melakukan hal gila ini hanya sekadar iseng.

    “Kami yang membuat jejak UFO ini adalah anak-anak Sains MTK dan Pertanian,”terang mahasiswa yang setahu saya baru tamat SMA tahun 2008 ini.

    Dalam laman tersebut diungkapkan, pembuat crop circle tersebut dirancang sedemikian rupa.

    “Menurut mahasiswa berambut cepak dan berkacamata ini pembuatannya sangat rumit, mereka merancang dengan baik-baik menggunakan desain dan ilmu hitung Matematika dengan sangat teliti,” jelasnya.

    Mahasiswa yang dikenal cukup pintar soal Matematika dan gila itu enggan memberitahu alat apa mereka gunakan untuk membuatnya. “Sebenarnya masih banyak lagi isi sms dan chat kami lewat FB yang sengaja tidak diterbitkan,” paparnya.

    Namun, benar atau tidaknya pengakuan ini masih perlu dikonfirmasi lebih lanjut.

    Sebelumnya, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) memastikan lokasi penemuan crop circle di Desa Jogotirto, Kecamatan Brebah, Sleman Yogyakarta, tidak berbahaya dari radiasi.

    Direktur Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir Bapeten Reno Alamsyah mengatakan, timnya sekira pukul 11.00 WIB sudah mengecek lokasi dan tidak ditemukan penambahan radiasi.

    “Secara alami setiap benda itu mengandung radiasi alam atau disebut background radiation. Dan di Sleman tidak ada penambahan radiasi apa pun, jadi di lokasi aman,” jelas Reno.

    Dia menjelaskan ada atau tidak ada crop circle radiasi di lokasi tersebut tetap sama dan tidak ada penambahan, apalagi sampai membahayakan masyarakat.

    “Apa pun itu, katanya UFO atau meteor yang jelas tidak ada penambahan radiasi. Kalau membahayakan sekali pun, radiasi akan meningkat ribuan kali dari normalnya. Tapi ini sama sekali tidak ada,” sambungnya.

    Dia menambahkan Bapeten turun ke lapangan setelah muncul keresahan dari masyarakat akan adanya radiasi di lokasi. Sebagai lembaga yang berwenang, lanjut Reno, pihaknya langsung menerjunkan dua orang ke lokasi dengan membawa beberapa alat pendeteksi radiasi. (Okz/Tom)

    ________________________________
    http://www.krjogja.com/news/detail/67924/.Ufo..Berbah.Diduga.Buatan.Mahasiswa.UGM.html

  119. menurut saya pakde. yang buat crop circle itu, jogjo bondowoso. la wong bapaknya jogjo bondowoso kan bandung bondowoso, mbuat candi roro jonggrang ae cukup 1 malam … hehe3x….

  120. Satu-satunya penjelasan dari kitab suci,
    yakni Al Quran yang menyatakan bahwa di bumi
    ini selain dihuni oleh manusia, juga dihuni oleh jin
    yang berada di dimensi lain.

  121. top markotop gud marsogud…semua orang nulis tentang crop circle…
    sampa pakde sang geologist pun menulisnya begitu juga dengan saya hehehe
    oek pakde semoga segea terpecahkan siapa pembuatnya 🙂
    salam

  122. subhanallah, pinter juga ych menggambar bentuk antik dengan kanvasnya adalah sawah yg luas,seru banget.
    datang donk kesini
    http://www.alhajjcaesar.wordpress.com

  123. Sepertinya buatan manusia yg nyoba2 pesawat barux mirip UFO stelah meninggalkan jejak yah terbang lg.Pesawat kedap suara

  124. supaya analisamu terbukti, coba ditanya ke pemilik sawah, apa benar dia ngasih ijin ke orang2 ttt buat bikin crop circle? Atau jangan2 dia dan teman2 petaninya yg bikin? Ini juga fakta yg perlu diperhitungkan.

  125. kenapa setiap ada kejadian hanya kita cerna secara mentah-mentah, jawaban dari misteri ini sudah ada. tinggal bagaimana kita mengolah pikiran kita menemukan jawaban, InsyAllah

  126. […] pops out out of nowhere the next day.. but then again may be not that impossible cause i read this https://rovicky.wordpress.com/2011/01/24/cara-membuat-crop-circle/ and suddenly it makes so much […]

  127. […] Indah sekali bukan? Nah barangkali anda ingin membuat crop circle disawah anda, silahkan ikuti panduan tentang cara membuat crop circle pada link berikut ini : https://rovicky.wordpress.com/ […]

  128. o gitu to,Jadi bisa saja itu buatan orang ya pak de?

  129. daripada ribut berargumen, mending liat sendiri dulu aja baru buat kesimpulan sendiri.

  130. Ujian buat ‘kebodohan’ kita ………….. Maksudnya dg salah satu contoh kasus tsb bisa diuji, masih bodohkah kita atau sudah nambah bodohnya. Kita bandingkan, serumit apakah crop circle dibanding tumis kangkung atau nasi liwet? Kita gak pernah mikir onde2 buatan UFO, padahal lebih susah ketimbang membuat crop circle ……….. Wallahu’alam.

  131. “Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan
    manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang
    berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk.
    Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam)
    dari api yang sangat panas. (Al Hijr : 26-27)

    jelas sudah peradaban dan technology jin lebih maju daripada manusia.

  132. ini memang seni. salut dah buat yang bikin seni kyak gini. bisa menggemparkan warga. jadinya para ilmuan punya kerjaan..

  133. oooo…pak dhe,, itu bukan manusia, juga bukan ufo…tapi siluman kucing dari bulan cari tikus, terus gak nemu deh, saking jengkelnya dia bikin tanda, itu jebakan buat tikus…kalo masuk dalamnya terus gak bisa keluar,,e belum dapat tikus udah keburu pagi deh..ya udah gak jadi…

  134. Orang kiri selalu analisa, data, tidak percaya, makanya tidak sukses dan selalu jadi karyawan. Orang kanan berimaginasi UFO pasti ada, cc di sleman itu ada. Orang kanan yess… Rightt… IPO-Right……

  135. Saya dah menduga pasti sampeyan bakal menurun posting ini 😀
    Lengkap neh..
    Mudah2an jadi pencerahan..

  136. Sinis amat sih pakde, tuh ada yg nantangin, bisa ga bikin CC dalam semalam SEPERTI DALAM TEORI. Plis deh, bilang “saya hanya tahu sedikit” tidak menurunkan kepakaran anda.
    Jadi…berani ga bikin? jangan hanya ngeblog mulu 😀

  137. di tempat saya, wereng pun berkarya, hanya ndak sedetail crop circle ini

  138. hehehe nice gan !

  139. Paling juga mahasiswa ISI yang lagi iseng atau bikin tugas 😆
    http://newmegapro.wordpress.com/2011/01/24/crop-circle-jogja-asli-made-in-manusia/

  140. mantap gan… infonya
    perumahansawanganpermai.wordpress.com

  141. masa 47. 000 dollar cuma 45 juta. Sedikit Sekali!!!
    bukannya 450.000.000 ya?

    –> Upst betol betol betol !

  142. […] membaca Postingan ini, tiba-tiba saya menyadari bahwa ada karya seni lain yang jauh lebih artistik filosofis dan lebih […]

  143. penjelasannya sangat ilmiah dan jelas. cuma lemah pada fakta dilapangan. akan sangat bagus kalo pakde turun kelapangan langsung dan liat sendiri. so pakde lemah pada penjelasan bukti cuma kopi paste aja dari tulisan

  144. Mantaps, Mas. Sangat ilmiah dan memberi pencerahan. Terima kasih informasinya. Minta ijin di bagikan di FB saya. 🙂

    🙂 Salam,

    Mochammad
    http://mochammad4s.wordpress.com/
    http://notulabahasa.com/
    http://piguranyapakuban.deviantart.com/

  145. ilustrasinya mencerahkan, Pakdhe, apalagi dihubungkan penerapan teknisnya pd Borobudur yang sudah lama dilakukan. salam

  146. Wah…info keren,bermutu dan bermanfaat untuk mengungkap kebenarannya, thx pak de… saya jg nulis artikel ttg ini lho…monggo mampir…hehe

    Fenomena “UFO” (Crop Circle) Sleman

  147. ada sedikit artikel tentang crop circle versi anak-anak, semoga membantu http://b0cah.org/index.php?option=com_content&task=view&id=1247&Itemid=1

  148. mahasiswa kita pinter2 ya pak dhe hehehe..

  149. ya betul itu borobudur aja bisa di buat apalagi corp sircle,

  150. semua yg dikatakan pa’de emang benar.soalnya,Crop Circle terbesar yang pernah dibuat bernama Human Butterfly (berdiameter 1738 x 1476 kaki). Kabarnya itu pun hanya membutuhkan waktu pengerjaan dalam beberapa menit, dengan hanya 2 orang pelaku.

  151. smua yg dikatakan pa’de emang benar.soalnya,Crop Circle terbesar yang pernah dibuat bernama Human Butterfly (berdiameter 1738 x 1476 kaki). Kabarnya itu pun hanya membutuhkan waktu pengerjaan dalam beberapa menit, dengan hanya 2 orang pelaku.

  152. apaan nih berdebat tentang ginian,ni adalah hal yang tidak perlu tuk dprdebatkan.wallahu a’lam mungkin ini adalh peringatan dari allah swt utuk mendekatkan diri kepadanya.mau i2 buatan manusia UFO kita tidak perlu untuk memperdebatkannya hanya mendekatkan kita pada sifat syirik.

  153. Jadi, mari lupakan UFO 😀

  154. secara geologi bagaimana penjelasannya pak rovicky?klo memang itu adalah buatan manusia(bukan tidak mungkin)apakah secerdik itu?krn denger2 terbentuknya pas pada saat angin kencang gt.

  155. Terus terang bukan krn blm pernah ketemu dgn UFO, saya sama sekali tidak percaya dengan keberadaannya….toh di semua kitab suci sebagai pedoman hidup kita tidak pernah dibahas tentang ciptaan YME selain yang sudah ada ini to?! Lha wong sang pencipta aja tdk membahasnya, kenapa kok kita petentengan ngributin yang nggak jelas gitu lho.

  156. Ini lokasinya rak di gunung Suru to pakdhe? Jadi inget SD dulu, aku diajakin temen2ku yang lebih tua sepeda-an sore hari utk nginceng orang mandi di kali bawahnya…..he3x.
    He…jgn2 yg bikin terinspirasi pilih lokasi di sini krn gampang diinceng…….

  157. Ngomong2 kok nggak buat crop circle gambar Gayus ya… hehe..

  158. […] Cara membuat “Crop Circle” Berita heboh munculnya Crop Circle di Berbah Sleman, Yogyakarta menjadi menarik ketika kita tidak tahu bagaimana […] […]

  159. Kayaknya yang buat BANDUNG BODOWOSO setelah tua kalau suruh buat dari batu udah ngak kuat jadinya sekarang cukup buat jejak di area persawahan saja. Karena kalau dibuat manusia biasa terlalu rapi dan batang padi cuman kayak kena angin pa air saja.

  160. Mau nanya pak, saya sendiri bingung bagaimana menjelaskan hal ini ke adik yg terobsesi ufo.

    – Berapa lama waktu yg dibutuhkan utk buat itu?
    – Kemungkinan2 caranya supaya penduduk sekitar nda tau ketika proses pembuatan? Karena sy liat foto yg di sleman itu, lokasinya dekat sekali dengan rumah penduduk dan jalan mobil. Karena kejadiannya malam hari, gimana caranya bisa dibuat tanpa penerangan sehingga tidak dicurigai penduduk sekitar.

  161. saya termasuk yang percaya itu buatan orang meskipun belum bisa dibuktikan 100persen. Belum tentu sebuah lawan sawah bisa dilihat dgn mudah secara dekat dari sebuah ketinggian, dan katanya dekat tkp ada bukit? Terkesan bahwa sang pembuat crop circle sengaja ingin ‘pamer’ hasil karyanya supaya mudah dilihat dari bukit itu. Ya tidak menutup kemungkinan jg sih ada alien yg jg ingin pamer tp kl alien ingin pamer kenapa tdk dlm bentuk dan cara lain?

  162. menarik…saya asli jogotirto tinggal dijakarta, tapi mosok to dibuat manusia, mosok yo pak lik ku ro pak de ku ngorbanke sawahe…hehe…

  163. begitu ya……

  164. Pak Dhe, kalau cerita sampeyan benar akan tetapi, crop circle buatan manusia, ini apakah oder dari Jakarta agar masyarakat Jogja tidak menuntut kemerdekaan?? berarti ada karya seni ciptaan itu indah … Apa yang tidak mungkin di Indonesia, crop circle ada diman-man, tapi ada crop circle yang lebih rumit yaitu crop circle yang dibuat manusia seperti … antara lain Gayus dkk loh pak Dhe, korupsi disidang mbulet.. gak tuntas… kasus Bank Century, dll

    Kalaupun itu buatan Jin bisa saja karana Crop cirle-nya hanya kira2 10 km sebelah selatan candi Prambanan, Pak Dhe ingat tho candi Prambanan di bangun hanya dalam semalam.. Alam juga mampu menciptakan bentuk yang indah .. apakah cristal salju itu buatan orang juga ?

  165. walah pak dhe wonk kok syirik banget,
    gini aja wis nieh no telp aku 031-72574420
    Klau pak dhe bisa buat yg semacam di yogya dalam 1 malam dengan 4 crew ..pak de minta di byar berapa? akan saya bayar semua pengeluaran pak dhek. sekaligus saya siapkan lokasinya, tapi klau pak dhe tidak bisa, apa yg saya dapat,,ini tantangan pak dhe berani ngak

  166. betul Pakdhe,… kalo kata orang Crop Circle itu bekas pendaratan UFO,,, kenapa batang padi, n daunnya tidak layu,… secara pesawat UFO kan mengeluarkan cahaya n panas (kebanyakan nonton Film UFO 🙂

    salut buat Pakdhe,…(kita jangan mudah dibodohi 🙂

  167. he..he….gitu aja kok repot….

  168. itu untuk menutupi kasus yang lagi mengemuka d indonesia

  169. https://rovicky.files.wordpress.com/2011/01/membuatcrops-2.jpg?w=468&h=289
    kesalahan fatal yg dilakuin mereka adalah; mereka membengkokan jagung dengan cara diinjak.

    Crop Circle – Karakteristik

    Batang gandum tidak patah

    Pada crop circle yang asli, tanaman gandum tidak patah. Ia hanya merunduk seperti sebuah sendok plastik yang dipanaskan. Menurut para peneliti, hal ini bisa diakibatkan oleh semburan elektromagnetik yang deras kearah tanaman gandum hingga menambah kelembaban batang gandum yang memungkinkannya untuk merunduk tanpa patah.

    Lubang-lubang kecil pada batang gandum

    Ciri lainnya adalah ditemukan lubang-lubang kecil di batang gandum. Para peneliti menduga bahwa lubang ini tercipta akibat adanya semburan gelombang mikro yang terus-menerus yang menyebabkan kelembaban batang gandum berubah menjadi uap panas yang kemudian mencari jalan keluar dari batang gandum.

    Pola Rumit
    Memang, manusia yang berusaha membuat crop circle mampu membuat pola yang rumit, namun tidak dalam semalam. Crop circle asli terkadang memiliki pola geometri yang asing bagi kebanyakan orang. Salah satunya adalah pola Phi yang hanya berhasil dipecahkan oleh seorang ahli astrofisika !

    Partikel Besi Mikro bermagnet
    Ciri lain yang hampir mustahil ditiru oleh manusia adalah adanya Partikel Besi bermagnet yang ditemukan pertama kali oleh para peneliti dari BLT Institute. Partikel besi bermagnet tersebut memiliki diameter 10-50 mikrometer dan terdistribusi secara merata dan linear di perimeter Crop Circle. Menurut para peneliti, partikel besi ini mungkin muncul karena terciptanya kolom udara yang terionisasi (Plasma Vortex).

    Perubahan struktur Kristalin batang gandum
    Ciri lainnya adalah adanya perubahan struktur Kristalin pada tanaman gandum. Karakter ini hampir dipastikan tidak dapat ditiru oleh orang lain.

    Perubahan komposisi kimiawi tanah
    Peneliti lainnya juga menemukan pada beberapa kasus terjadi perubahan komposisi kimiawi tanah tempat terciptanya Crop circle.

    Timbulnya medan magnet misterius di lokasi
    Pada crop circle yang asli, umumnya terdapat medan magnet yang sangat kuat di dalam lingkaran formasinya. Medan magnet ini dapat mematikan peralatan elektrik. Ciri ini tidak ditemukan pada crop circle buatan manusia.

    Crop Circle – Tantangan Sains
    Pada tahun 2002, Discovery Channel menugaskan 5 insinyur aeronautic dan austronautic dari MIT untuk membuat Crop Circle. Syaratnya mereka harus membuat Crop circle yang paling tidak memiliki 3 ciri, yaitu :
    1. Batang gandum yang tidak patah
    2. Ada lubang-lubang uap pada batang gandum
    3. Adanya partikel besi berdiameter 10-50 mikrometer yang tersebar merata secara linear di formasi Crop circle.
    Tim tersebut kemudian membuat sebuah crop circle, lalu berusaha memasukkan 3 karakter diatas. Mereka menggunakan microwave emitter untuk meningkatkan suhu batang gandum hingga berubah menjadi uap. Mereka lalu menggunakan flamethrower untuk menyemprot partikel besi. Namun ternyata peralatan tersebut memakan terlalu banyak waktu dan tidak efektif sehingga mereka terpaksa menggunakan pyrotechnic untuk menyebarkan partikel besi secara merata.

    Dengan seluruh teknologi canggih yang digunakan, para insinyur MIT hanya dapat menghasilkan 2 ciri dengan sempurna. Ciri ketiga, yaitu partikel besi tersebar tidak dengan merata.
    Lagipula menurut peneliti Crop circle, para tim tersebut menggunakan ilmu pengetahuan dan peralatan canggih yang jelas diluar jangkauan para Hoaxer lainnya.

    Bukan hanya di Inggris, Percobaan mereproduksi Crop circle ternyata pernah dilakukan oleh seorang peneliti Jepang bernama Y. Ohtsuki (Crop circle pernah muncul di sawah padi di Jepang).
    Ia memang berhasil menciptakan karakter asli crop circle yaitu dengan cara menjatuhkan bola api plasma ke sebuah piringan yang ditaburi debu alumunium. Ya, karakteristik yang sederhana-pun membutuhkan ilmu pengetahuan yang cukup rumit.

    Pernah suatu hari, para peneliti yang berusaha menciptakan kembali Crop circle dengan segala karakteristiknya menggunakan derek seberat 40 ton hanya untuk memasang penerangan agar mereka dapat bekerja pada malam hari. Atraksi itu menarik banyak penonton yang ingin tahu.
    Crop circle asli muncul tanpa adanya atraksi dan keramaian seperti itu. mereka hanya muncul dengan tiba-tiba. Jadi sains modern masih belum bisa menjelaskan dengan sempurna fenomena ini.

  170. wah begitu caranya ya? kita semua udah ketipu ya..he..he

  171. Betul Pakdhe, menarik penjelasannya. Mungkin Borobudur juga buatan alien? Atau Borobudur adalah pesawat UFO itu sendiri? 😀

    Masalahnya adalah kesaksian dari warga di sana berbeda-beda. Saya mendengar ketika polisi ngobrol2 dgn saksi mata/warga sekitar, banyak yg berbeda sebenarnya (kapan, bagaimana, apa, dsb). Lagipula, hari Ahad itu adalah hari ketika warga baru sadar ada crop circle itu, dan bukan berarti dalam satu hari itu mak bedunduk langsung ada 😀 Pemilik sawah pun katanya memang tidak ‘nyawah’, ya sekedar jalan2 tapi tidak begitu ‘ngematke’. Mengenai suara bising pesawat atau tembakan, kalau menurut saya itu adalah suara dari bandara/pangkalan militer Adi Sucipto yang tak jauh dari situ. Tapi memang perlu dicek kapan terjadinya. Lagipula jika ada suara bising, kenapa tidak keluar dan mencari tahu?

    Tapi kalau buatan manusia, kira-kira motifnya apa ya Pakdhe? 😀 Orang “ndeso” seperti itu apa ya kepikiran sampai sebegitunya, utk pola, bentuk matematika, dsb 😀 Mungkin memang orang seni yang biasa di luar negeri itu, atau mahasiwa seni di Jogja, yang iseng saja 😀

    Tapi terlepas dari itu, betul kata njenengan pakdhe, nikmati saja lah 😀

  172. tukang cukur langgananku bisa buat nggak dikepala yg beginian

  173. ngaco loe….

  174. Wah kayanya sekarang susah bedain antara ilmuwan dengan dukun, semua bicaranya tanpa dasar dan data lagi.

  175. crops circle ini bentuknya seperti mirip kode spiritual yang digunakan oleh kelompok spiritual untuk mengirim energy atau kekuatan tertentu kepada seseorang atau kelompok orang yang menjadi pengikutnya.

  176. tanggung disawah buat crop circle, mode rambut kepala gw udh lama ni ada crop circle nya adem adem aja, oo salah gw hrusnya ngaku mendadak pas bangun tidur kali ya… yg jelas kita bikin edan aja gan…lanjut dah…

  177. bisaaa… jga tuh !!!!!
    pakdhe……

  178. Wah…wah…wah
    Ada” aja nich pakdhe, ya klo bikinan org aku kira g mgkn dong pakdhe.
    Wong jelas” di beritakan bahwa disekeliling” crop circle tsbt g ada jejak kaki sm skali, lalu bagaimana bs dibilang itu bikinan manusia.
    Apalg dibuat hanya dlm waktu SEMALAM
    Very….very imposble

  179. sebenernya butuh wkt brp lama bwt bikin yg ky di jogja? da di bandung mah bikin perahu yg segede gunung jg dl cm semalem sm si sangkuriang……hehehehe…..tp yg pasti…siapapun yang bikin crop circle itu…lebih hebat “sang pencipta” si pembuat crop circle itu sendiri…SANG MAHA PENCIPTA….ALLAH SWT….

  180. wah sbg warga jogotirto, gk trima aq klo ada yg ngomong itu rekayasa sblm membuktikan langsung ..

  181. weleh.. pak de pak de kalau semua menggunakan pendekatan rasional ujung ujungnya kayak kasus Gayus dong ! Anti klimaks, mbok sekali kali turunkan tensi intelektualnya biar napak lemah gitu… BTW nice post ! Sundul Gan !

  182. Kalo diliat ama yg di Inggris, yg di indonesia ini hasilnya masih kasar alias aga kurang rapi, nunjukkin kalo yg buat masih belajar (kurang pengalaman)….hehehe

  183. waaahh seru tuh pak dheeee……..

  184. tentunya cropcircle yg ada di jogja itu bukan buatan manusia, kenapa saya mengatakan demikian, coba tengok lagi waktunya berapa lama untuk membuat crop tersebut, saya lho rumahnya dekat lokasi crop di berbah, gak selalu sama teori crop di sawah dan candi,

  185. aliennya lagi pada plesirrr ke JOgja,,makanya dia bikin kenang2an,,xixixixixiixixixi,,

    tp menurut aq kok bisa manusia bikin crop cirle hanya dalam waktu semalam??seperti yg ada di inggris ntu,,:)hehe

  186. kalo ini kan di lahan gandum dan kering.. bagaimana dengan lahan sawah yang di berbah sleman , tadi saya check kesana saja tanahnya becek (lembek seperti layaknya sawah di Indonesia)

  187. Alien-nya sudah bosen makan gandum dan jagung, sekali-kali nyoba makan padi ah….
    mau dibikin nasi apa lontong ya?

    he he he

  188. […] Dongeng selengkapnya: Cara membuat “Crop Circle” « Dongeng Geologi […]

  189. wow.. nice info..
    thankyou so much. hope you didnt mind i put your link in my post?

  190. Info yang bagus !

    Barangkali informasi mengenai “Crop Circle” berikut, juga berguna bagi rekan rekan yang memerlukannya. Klik > Crop Circle ?

  191. Kok jadi bawa-bawa ISI to Pakdhe.. postingan pakdhe kali ini menurut saya mengandung unsur sinisme dengan kata-kata “Ayo ke Jogja dan Jogja Istimewa”

    Tak masalah dengan analisa itu bikinan manusia ataupun UFO cuma unsur sinismenya kok terasa banget ya 🙂 ngga seperti biasanya postingan pakde yang realistis dan logis 😀

  192. bener kok di sleman aja tuh ada kotak infaq nya… jdi yg punya sawah seneng tuh..

  193. Pak De itu orang bodoh, mana ada petani mau ngorbanin sawahnya untuk bikin Crops, lagian pa de sendiri bisa ga bikin dalam 1 malam………..

  194. UFO itu harusnya parkir di stadion maguwo mau nonton PSS, tapi mau kebantul dulu lihat pertandingan persiba vs pss,
    majulah slemanku…

  195. Ngga segampang itu kali, crop cicle bnar2 rumit apalagi untuk satu malam.

  196. muanntttaaaabbbbbsssss…… kpn2 meh cuba gawe

  197. hade pisan pakdhe !!! gmn klw kita bikin di laut … pakdhe ? are u ready …. ?

  198. alus pisan … ? pa dhe. hade … !!! kita bikin nanti yah pakhe di laut … biar wooow.

  199. […] fenomena crop circle ini sebagai komoditi berita yang sensasional. Anda bisa juga kok, kalau ingin membuat crop circle sendiri. -7.797224 110.368797 SukaBe the first to like this […]

  200. nah ini lebih masuk akal pakdhe… apalagi mengingat yogya itu gudangnya seniman 😀

  201. nice post…
    sundul…sundul…

    detail banget penjelasannya…
    ternyata ga sulit bikinnya…
    kapan2 coba ah…
    hehehe…

  202. bikin juga ah d belakang pondok,,,biar pondok ku banyak pengunjung nya..
    wkwkkwkwk….

  203. nice info :)….memang kalo cuma patah saja…angin puting beliung bisa jadi tersangka,…saya pernah nonton di tv..usaha pembuktian pembuatan cropscircle dengan pola yang sangat sederhana pernah di lakukan oleh sekelompok mahasiswa MIT yang konon universitas paling “josh” soal beginian (pernah di tayang kan di salah satu TV swasta) ..dengan sekitar (kalo tidak salah ingat) ga nyampe 10 orang personil yang di dahului dengan penelitian sangat ilmiah, kemudian di laksanakan dengan menggunakan peralatan yang cukup…hasilnya…eng ing eeeng ….untuk bisa membuat 3 lingkaran yang simetris aja, mereka butuh waktu butuh waktu 1 malam…(fiuh…gimana kalo polanya lebih rumit dari itu ya??? keburu ketauan kali..heheheh)….

  204. Lha daerah gondolayu arep bedol deso pak. Jare arep kanggo Mall. Hore oleh warisan …?

  205. Bikin Ah di sawah belakang…. *eh tapi pa haji bakal marah gak ya… hehe…

  206. nek buatan manusia.kita bisa tebak dond dari telapak atau jejak kaki sipembuan.kan itu disawah.lagian kalau manusia padi yg lain pasti ada yg patah2 karena space untuk membuat gambar itu.chek chek.bukti2 bukti.ok

  207. masalahnya dibikinnya cuma 1 malam.. udah gitu malam hari pula bikinnya..
    kalo pekerjaannya siang hari bolong plus teamwork 20an orang sih metode pakdhe bisa diterapkan..:D

  208. senang membaca tulisan ini..
    🙂

  209. Tambah hormat nih sama pakde

  210. Pakde ada dewa marah tuh ! 😀 :p

  211. emang bikinnya bisa dalam waktu semalam ya?

  212. ilmu cetek kebanyakan copas saja ngeblog.

  213. klo manusia yang bikin, butuh crew brp orang dan berapa jam yaa… Apa ga di gebukin oleh yang punya sawah ?

    –> Coba tengok videonya. Menurut mereka 4 orang sudah bisa untuk membuat Crops. Yang punya sawah malah seneng, apalagi kalau penontonnya membayar !! Jangan lupa sisi bisnis. Berapa penjual minuman, maknan yang akan kelarisan sewaktu banyak penonton 🙂

  214. Tapi kenapa ya pakdhe..
    Kok munculnya selalu di ladang pertanian?
    ga di lapangan bola kaya GBK ato stadion PSS gitu.. kan biar nontonnya gampang.. 😀

  215. Kui UFO ne arep mbangun, mampir YOJA golek pasir Merapi

  216. […] This post was mentioned on Twitter by Lea, Rio Kesumajaya, Kevin Prasaribu, Yusuke Kurihara, Pepeng and others. Pepeng said: KEREN INI ! RT @RovickyDP: Cara membuat "Crop Circle": http://t.co/3pyxNkl Ayo membuat Crop Circle, #JOGJA memang #ISTIMEWA […]

  217. wah kalo betul…… kasihan yang punya sawah, …..

    –> Tenang saja, nanti kita minta bayaran buat yang ingin menonton dari dekat. Diskusi dulu dengan pemilik sawah 😛

  218. Mantap Pakde… Analisa cerdas….

  219. wah mantab pakdhe

  220. Oh ngono to pakdhe..
    Salam crops :mrgreen:

Tinggalkan komentar