Gerhana Matahari Cincin 15 January 2010


Pada hari Jumat, tanggal 15 January 2010 terjadi gerhana matahari yang kebetulan melewati Indonesia. Gerhana matahari kali ini bukan gerhana matahari total, tetapi gerhana matahari cincin. Namun gerhana kali ini dapat dinikmati oleh kita yang tinggal di Sumatra, Jawa Barat- Jawa Tengah dan Kalimantan.

Pandangan gerhana matahari cincin ini akan optimum hanya terlihat di Srilangka dan China.

Nah supaya tidak ketinggalan untuk menikmati gerhana ini silahkan simak kapan kita dapat menikmatinya. Silahkan donload disini :

Klik -> Tabel Waktu Gerhana Matahari 15 Januari 2010 di kabupaten di Indonesia [dari Muhammadiyah.com]<- Klik

Seperti yang disarankan oleh Muhammadiyah, diharapkan kaum muslimin untuk menyelenggarakan Sholat gerhana pada waktu kejadian fenomena ini.

Bagaimana gerhana matahari itu terjadi ?

Eclipses_solares.en[2]Gerhana matahari itu terjadi akibat bulan berada segaris dengan matahari, sehingga cahaya matahari tertutupi oleh bulan.

Disebelah kanan ini grafis yang memperlihatkan bagaimana bulan menutupi matahari. Ketika bulan lebih dekat ke bumi maka matahari akan tertutup sepenuhnya yang menyebabkan gerhana matahari total di tengah (A), dan gerhana sebagian di pinggir (A). Sedangkan pada saat bulan agak lebih jauh, maka bulan akan berada ditengah cahaya matahari yang menyebabkan gerhana matahari cincin di bagian tengah (B), dan terlihat gerhana sebagian di pinggirannya (C).

Gerhana hari Jumat besok merupakan gerhana anular (gerhana matahari cincin). Gerhana matahari cincin terjadi saat Bulan berada jauh dari bumi sehingga piringannya terlihat kecil dan tidak dapat menutupi seluruh piringan matahari. Piringan matahari yang tertutup oleh piringan Bulan hanya bagian tengahnya saja, sehingga bagian pinggir matahari tidak tertutup. Oleh karena itu piringan matahari akan terlihat dari muka bumi seperti lingkaran cincin yang bercahaya. Pada tanggal 15 Januari 2010 akan terlihat seperti gambar kanan, tetapi di Indonesia hanya teramati pinggirannya saja seperti gambar C.

Peristiwa gerhana memang saat ini mudah sekali diramalkan karena pengetahuan astronomi sudah sangat berkembang serta alat-alat pengukuran dan pengamatannyapun sudah semakin canggih.

Peta sabuk lintasan gerhana 15 Januari 2010

INGAT JANGAN MELIHAT LANGSUNG TANPA FILTER ATAU ALAT

Kalau ingin melihat langsung gerhana matahari lihatlah petunjuknya disini Melihat Gerhana Matahari dengan AMAN <-Klik

:( “Pakdhe, katanya kalau pas bumi-bulan-matahari segaris kemungkinan terjdi gempa bumi, ya ? Barangkali gempa di Haiti juga berhubungan dengan astronomic phenomena, ya ?”

:D “ituah sebabnya perlu kewaspadaan “

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

Bagi yang belum berkesempatan menyaksikan gerhana kali ini, insya Allah tahun 2016 bisa menikmatinya. Karena menurut perhitungan akan ada Gerhana Matahari Total – GMT melewati kota-kota besar Indonesia sepanjang jalur dibawah ini.

gmt_9maret2016Kota-kota yang akan dilewati gerhana matahari total (GMT) pada tanggal 9 Maret 2016 nanti.

Nah pemerintah daerah yang dilewati sabuk gerhana matahari total ini semestinya sudah dapat mulai bersiap-siap dari sekarang. Salah satunya dengan mengiklankan bahwa daerahnya akan dilewati gerhana matahari total di tahun 2016. Bisa jadi, kota-kota ini akan menjadi tujuan wisata astronomi yang menarik. Mempersiapkan lokasi pengamatan, yang mungkin disertai dengan suguhan budaya lokal. Dan yang paling penting promosi wisata yang dukung oleh pelayanan.

Wah pasti menarik !
Siapa mau memulai ?

NEW ! … Bagi yang pingin lihat salah satu foto gerhana matahari cincin ini silahkan klik ini Foto Gerhana Matahari Cincin 15 Januari 2010

WAKTU PENGAMATAN Jumat 15 Januari 2010.

No Nama Kota Mulai Berakhir
1 - Ampana 16:32:43 16:48:49
2 - Balikpapan 16:06:38 17:05:21
3 - Banda Aceh 13:38:05 16:44:37
4 - Bandung 14:39:07 15:54:40
5 - Banjarmasin 16:05:03 16:57:44
6 - Banten 14:30:32 15:59:56
7 - Bantul 15:03:46 15:36:24
8 - Batam 14:11:00 16:31:17
9 - Bdr Lampung 14:23:17 16:06:42
10 - Belinyu 14:20:04 16:21:11
11 - Bengkulu 14:03:47 16:19:54
12 - Bojonegoro 15:12:32 15:34:11
13 - Bukit Tinggi 13:56:32 16:29:19
14 - Cilacap 14:51:24 15:45:04
15 - Curup 14:07:43 16:17:33
16 - Garut 14:42:00 15:52:12
17 - Gorontalo 16:28:04 16:58:08
18 - Jakarta 14:32:43 16:00:34
19 - Jambi 14:11:00 16:23:11
20 - Kotabaru (Kalsel) 16:13:42 16:53:00
21 - Lhokseumawe 13:44:34 16:43:56
22 - Madiun 15:12:37 15:31:16
23 - Magetan 15:12:37 15:31:16
24 - Mamuju 16:31:54 16:41:38
25 - Manado 16:30:14 16:59:53
26 - Medan 13:49:41 16:40:10
27 - Midai 14:23:43 16:34:17
28 - Muarabungo 14:04:25 16:24:44
29 - Ngawi 15:10:26 15:34:20
30 - Padang 13:56:38 16:27:24
31 - Padang Panjang 13:56:38 16:28:52
32 - Pagaralam 14:11:36 16:14:57
33 - Palangkaraya 14:56:53 16:06:25
34 - Palembang 14:17:22 16:17:14
35 - Palu 16:20:16 16:58:18
36 - Pangkal Pinang 14:22:08 16:19:01
37 - Pangkalanbun 14:47:27 16:08:57
38 - Pekalongan 14:51:56 15:48:47
39 - Pekanbaru 14:00:15 16:27:58
40 - Pontianak 15:12:32 15:34:11
41 - Poso 16:33:00 16:46:18
42 - Ranai 14:25:12 16:36:26
43 - Samarinda 16:05:10 17:09:01
44 - Sedayu 15:21:50 15:27:09
45 - Semarang 14:57:20 15:45:23
46 - Serang 14:29:08 16:01:58
47 - Sleman 15:02:09 15:38:41
48 - Sungai Liat 14:21:44 16:20:04
49 - Surakarta 15:04:56 15:37:47
50 - Tanjung Pandan 14:29:48 16:14:49
51 - Tanjung Pinang 14:12:44 16:30:31
52 - Tarakan 15:56:22 17:25:11
53 - Tuban 15:09:37 15:38:15
54 - Wates 15:01:15 15:38:28
55 - Wonosari 15:06:51 15:34:01
56 - Yogyakarta 15:02:42 15:37:52
About these ads

133 Tanggapan

  1. pengen banget lihat gerhana cincin tapi selalu aja gagal

  2. info yang bagus

  3. belum pernah tuh lihat gerhana matahari

  4. wah pengen liauat eueng

  5. klu dikendari. jm brp terjadinya gerhana mataharix?

  6. aduh pengen eunk liat gerhana mtahari……..?

  7. emg bguz oug…..

  8. waaaahhhh aq pengen lgi liat gerhana mataharinya…..!!!

  9. saNGAT menakjubkan bersyukur bisa hidup di dunia ini dan bisa melihat gerhana matahari. Bersyukur lw diciptakan sama allah!!!

  10. Kapan yah gerhana matahari lagi, pengen liat :)

  11. …wah sungguh mnagg’jubkan..
    .tulahh kuasa TUHAN..

  12. ohhh jadi gitu ya..
    nice artikel

  13. bisa donk….

  14. jarang banget indonesia terjadi gerhana matahari…Tp waktu itu ga bisa terlihat ya?kenapa bisa terjadi gerhana matahari cincin

  15. sayang dekali tidak kedapan di timor leste

  16. terima kasih atas infonya mas

  17. mantap pb nya
    !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  18. keren cuy!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  19. kerenn dhh kalo bisa liatt kejadian langka itu…………..

  20. wuihh..
    ggua ingin beud sa ng’lyd grhana mathari, psti kren bead…

  21. Posting yang ok !! kunjungi aw juga ok! 08:10

  22. wah di Jawa jarang kelihatan yg Full….
    Kapan yah bisa liat pas Matahari Full…

  23. wah ga liat aq :(

  24. aqsal ganteng saya suka sipa dan aku menyaki sipa itu karena ia cantik besok sipa itu

  25. Subhanalloh………………………………………………..Allohu..Akbar

  26. gila bngt gerhana cincinnya panas bngt seandainya bkn gerhan cincin tapi gerhana uang bisa banjir uangnich………..!!!!!!!!!!!@@@@@@

  27. Fenomena alam yg jarang terjadi. Sungguh menakjubkan!

  28. uupss… kelupaan!!!!!!!!! ada cra lain ga buat liat grhana matahari lg?? mang masih ada lagi ya????????

  29. gimana ya untuk mengetahui kapan gerhana matahari akan muncul??????????

  30. hai…eila…lam kenal ya… :)

  31. pengen liat lg ah gerhana na………… tp mci lma t,,,,,,,,,,,, msti nunggu 2016 gtu……………….

  32. Ya Allah, semoga saya bisa melihatnya.
    ……………trims atas infonya soalnya akir2 ini jarang mengikuti info2 yang menarik.
    Sungguh kejadian alam yang luar biasa……………….

  33. satu fenomenal alam yg memperlihatkan kekuasaan dan kebesaran Allah SWT … luar biasa. ..

  34. HmMm…….

    Gerhana yha wew bagi seorang detektif ngga ada yang special karena seorang detektif mengetahui segalanya lebih dulu

  35. ohhh…………… gituu

  36. kapan ya gerhana di jogja

  37. pengen liat sich…..

  38. Gerhana matahari cincin, jarang terjadi, tapi sebaiknya jangan dihubungkan dengan mitos atau tahayul atau perkiraan-perkiraan yang tidak logis.

  39. ya….zayang kmaren g’ liat….

  40. [...] Gerhana Matahari Cincin 15 January 2010 Januari 19, 2010 — rosnawaty Saya copy dari Rovicky.WordPress.com [...]

  41. wah.. kalo jakarta kapan dongs bisa liat gerhana matahari total?

  42. Wah, saya ketinggalan informasi tentang adanya gerhana matahari kalau tidak buka blog Bapak, pertanyaan saya berapa tahun sekali gerhana matahari itu terjadi? dan berapa tahun sekali terjadi gerhana matahari Total?, Tks

  43. HAHAHHHHAAAA
    GERHANAAAA
    GIMANA KALO GERHANA UANGGG??
    MAU??
    KLIK AJA

    http://ccyber170.blogspot.com/

    DIJAMIN GERHANA UANG….!!!!

  44. luar biasa

  45. posting yang sunggh bermanfaat

  46. Hasil pemantauan gerhana matahari 15 januari 2010 di Observatorium Bosscha, Bandung
    http://www.pecahkepalaku.blogspot.com

  47. Di Pontianak tertutup awan, kalo tahun lalu kelihatan jelas fenomena agung tanda kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. salam kenal dari Pontianak :)

  48. Salam kenal, tim Infonya

  49. kemarin infonya saya ambil dari sini pak,.. gpp ya….

  50. info yang begitu bagus, bagi yang ingin lihat foto-foto koleksi gerhana 15 Jan kemarin baik dari darat maupun satelit bisa berkunjung ke teras kami http://ruanghati.com/2010/01/16/foto-foto-keindahan-gerhana-matahari-cincin-dari-darat-dan-satelit/

    salam

  51. Wah saya kelupaan, jadi nggak bisa lihat nih!

  52. Kemarin Gerhana matahari cincin dapat terlihat hanya di srilangka?

  53. gerhana matahari…????????
    mw liat sih tp kl dah punya alatnya

  54. mw liat jg dog,,, tp gak bisa d liat dari sini lah. . .
    keeeeeeeeeciiiiiiiiiiiiiiannnnnnnnnnnnnn!!!!!!!!! :)

  55. Bahaya ga sih kalau melihat gerhana matahari secara langsung (mata telanjang)?, tanpa menggunakan alat apa pun seperti kaca mata hitam atau teropong?

  56. padahal aq pengen banget lhat gerhana matahari cinicinnya tp syg gk kelihatan jg………

  57. gerhana matahari, kalo mendung sama aja…gak kelihatan T.T

  58. [...] Gerhana Matahari Cincin 15 January 2010 Pada hari Jumat, tanggal 15 January 2010 terjadi gerhana matahari yang kebetulan melewati Indonesia. Gerhana matahari [...] [...]

  59. Allah maha besar dengan kuasanya.

  60. iya.. kereen… tadi!!

  61. Tulisannya bagus, nambah ilmu, sayang di Banjarnegara gerhana tidak terlihat. Thanks..jendelakatatiti.wordpress.com

  62. Wahh! keren bgt! coba terjadi gerhana bulat! mantaaap kaliy

  63. hai!saya dari malaysia…..sore tadi nggak sempat lihat,sbb lgi skolh….semua teman2 saya bawa cermin mata hitam,malangnya…cgu nggak nyuruh lihat deh…jdi,saya lihat disini aja….slm kenalan…..

  64. katanya gerhana matahari cincin bakal terlihat lagi di tahun 3043 ya? wah, keburu kiamat dong. tapi bukan 2012 ya! hehehehe.. Kalo dibandingkan dengan gerhana matahari total, cincin lebih jarang ya? tapi tadi aku nggak liat soalnya lagi kerja kelompok di rumah temen. huhuhu

  65. katanya gerhana matahari cincin bakal terlihat lagi di tahun 4043 ya? wah, keburu kiamat dong. tapi bukan 2012 ya! hehehehe.. Kalo dibandingkan dengan gerhana matahari total, cincin lebih jarang ya? tapi tadi aku nggak liat soalnya lagi kerja kelompok di rumah temen. huhuhu

  66. hmm…leat nya cuma di TV,,tapi mau leat fenomena alamnya secara langsung…

  67. weheheh, td sempet liat pke klise tapi mendung, ketutupan awan .yah hrus nunggu 6 taun lagi deh .

    tp td liat di stasiun tv swasta klo grhana matahari akan terjadi sekitar 1000 taun lebih lagi tepatnya taun 3024 .
    bisa bisa turunan 7 kita yg bisa ngeliat . salam roki dari bandung

  68. subhanallah. begitu banyak tanda2 kebesaran Allah.

    terimakasih artikelnya pak.

    bagi yg juga ingin BARTER LINK, saya sangat bersedia :)

  69. Gila banget, bagus dibaca, semoga menambah kualitas ilmu pengetahuan dan sekaligus menambah ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, bahwa kita ini keciii…l sekali tak ada arti apa – apa, semoga kesombongan, suka fitnah, suka korupsi, suka zina, suka minum berkurang karena kesadaran akan kekuasaan Sang Maha Pencipta alam semesta, termasuk peristiwa gerhana matahari, gerhana bulan, banjir, gempa, longsor, dan pada gilirannya stop membuat kerusakan lingkungan hidup di bumi dan lapisan ozon. Mampir ke http://hermansuryantoadaapahariini.wordpress.com

  70. aku baru tahu yang begituan…

  71. [...] Gerhana Matahari Cincin 15 January 2010 Posted on 14 Januari 2010 by Rovicky [...]

  72. gak keliatan di medan gerhananya, khususya di kota stabat, dikarenakan mendung…

  73. wah pada ke planetariunkah? gimana penampakan gerhananya, dari surabaya gak nampak jelas

  74. ga keliatan mas, tempat gue. padahal gue di Tebet loh… akhg, menyebalkan. kenapa seh untuk melihat ajah kita harus ke planetarium…. mbo yo kaya di luar negeri gituh, teropong ditaruh dimana-mana, kan keren

  75. Gerhana bkn tontonan!
    Hati2 bg yg sdh terlanjur melihat scra lngsng

  76. Subhanallah, luar biasa….
    salam kenal n makasih dah beri tahu….

  77. aKh………………
    dRi sUmatera utAra gAg bSa tRlihad sCra jElas…..
    pDhal dAh dI nanti”………………….
    sYang bgT……….

  78. Wah sayang saya ga sempet liat…liatnya di sini doank :) …..
    Salam kenal Pak…. :-)

  79. [...] banyak sumber, rovicky’s bLog, nasa.gov, kompas) Possibly related posts: (automatically generated)Gempa lagi, 6.4 SR.. Mengapa [...]

  80. sayang g ga bisa lihat gerhana matahari,semoga pertanda baik buat umat…amin

  81. koq udah jam segini masih terang2 aja tuh di langit… kapan gerhana nya ? … apa ga keliatan yah klo dr jakarta ? thanks

  82. saya di samarinda, Gerhana tertutup awan mendung mas. jadi gak keliatan :(

  83. surabaya tidak terkena lintasan gerhana matahari :(

  84. kayanya jabodetabek ga keliatan nih.. pdhal pengen liat…hehehe :(

  85. Blm muncul jg nyh ?

  86. Sblm aq dnger brta ini, aq mimpi gerhana matahari 5 hr yg lalu . G disangka tnyata bakalan ad grahana matahri bneran yah. Tp koq blom muncul2 yah ?

  87. klw d jwbrt nyampe nya jm brpa .?

  88. mau lihat gerhana ytapi masih blum bisa dengan mata telanjang…silau banget pak.. dari irwan Bengkulu..

  89. mau lihat gerhana,, tapi silau banget pak,,jadinya belum tau nih..apa bisa lihat tau ngak>?????
    jangan lupa pak main ke blog saya…
    http://keretaunto.blogspot.com/

  90. salam kenal..dari bengkulu

  91. lagi ngamati gerhana di bengkulu…tapi tajam banget..mana ngak ada teropong nya yaa… jadi ragu nih..apa bisa lihat apa ngak???
    http://keretaunto.blogspot.com/
    ditunggu kunjungannya ke blog saya…
    http://keretaunto.blogspot.com/

  92. takut klo di pkiran…-_-
    Seneng di hati klo dah ngeliat fenomena ituuu…^_^

  93. mudah 2 han bsa liat lagi gerhana matahari

  94. pak dhe Roviky, kalo di jakarta kira kira bisa lihat fenomena gerhana nyajam berapa ya ?

  95. Pengin liat ah nanti…moga2 ga mendung

  96. wahhh keren, Ulang tahun Qu kali Ne ada Fenomena alam yang Langka..haha
    Semoga Aq Bisa melihatnta dari rumah..ckckc

  97. Hanya di Indonesia-kah, pak ?
    DI Malaysia bagaimana ?

  98. ehhh,,,,Di Jogja biZa lihat ga nie????

  99. Terjadinya kira2 jam 2 siang. Siapkan kamera fiter dan payung syapa tau ujaan :)

  100. Jam brapa c gerhananya?trus brapa lama gt?katax d bndung bsa dliat,drtd uda stndby d lapangan bl0m nampak2 juha

  101. SubhanaLLah kalo di aBad ini kIta bisa melihat fenOmeNa astRONoMi sPti gERHaNa matAhaRi,,,,,,,,,

  102. hmm…
    mudah-mudahan ga tertutup mendung. jabotabek dah berharihari diselimuti awan dan hujan.

  103. apa bnr kalau ada gerhana matahari akn terjadi gempa?
    UUH.. jadi tkt niih!!!

  104. ku akui kebesaranMu..

  105. maaf numpang nanya : bener ngga kalo pas gerhana ga boleh dilihat langsung karena bisa merusak mata?

  106. semua itu kebesaran allah swt

  107. 2 kali dalam sebulan… ;-)

  108. Masya Alloh ….. 8)

  109. Social comments and analytics for this post…

    This post was mentioned on Twitter by Fitriaa_aa: http://rovicky.wordpress.com/2010/01/14/gerhana-matahari-cincin-15-january-2010/

  110. Maha Besar Allah….
    Bila saudara-saudara sekalian ingin mengetahui tata cara shalat gerhana, silakan mengunjungi blog kami : http://www.zamzamilmu.com
    Insya Allah ada ulasan menarik seputar tata cara shalat gerhana…semoga bermanfaat…

  111. Tuhan punya segala kekuasaan berbuat begitu,…..
    semoga bisa diambil hikmahnya bahwa Bumi sudah Tua
    salam hangat dari Aceh….

  112. sayang sekali ga keliatan dari makassar……..
    padahal aq blm pernah liat lho……..

  113. ngomong” 2016 masi lama ya…

    CATATANKU

  114. infonya bagus banget… i like this…

  115. Jam berapa ya mas gerhana matahari nya?

  116. [...] tahu lebih dalam tentang fenomena ini, silahkan klik disini. Gerhana [...]

  117. Penomena alam yang dapat di ketahui sebelumnya

    Salam
    http://iklanbaris-gratis.org

  118. wah..kalau lihat langsung bisa buta nggak ya..

    sebaiknya sesuai prosedur Lihat disini : http://rovicky.wordpress.com/2009/01/23/melihat-gerhana-matahari/

  119. apa mungkin nantinya gempa bumi bisa diramalkan berdasarkan hubungan bumi-bulan-matahari ya?? kalo ya, mungkin akan dpt memperkecil jumlah korban bencana gempa.
    pasti akan sgt bermanfaat. smga ilmu-geologi smakin maju!!

  120. kayaknya aman-aman saja kok……

    DOWNLOAD E-BOOK AKHIR ZAMAN GRATIS
    http://www.penuai.wordpress.com

  121. hai link directory bersama, aku dari malaysia … kamu mau liat juga ya gerhana matahari ??? pasti happy kan …

  122. koq ngak liat ya? ato jgn2 aku ngak merhatiin ..

  123. jawa timur tidak dilintasi :(

  124. Amini semua keuasa Allah yang telah diberikan dan digerakan sesuai kehendaknya dan Alamlah yang berbicara maka perbuatan manusia itu yang akan menjadi baik, buruk bahkan lebih buruk lagi. ( Hati terdalam )

  125. Asslm.Wr.Wb.

    Mengingat gempa 7,3 Richter di Haiti dan 7,9 Richter di ACEH lebih utama shalat sunah muakad di Mesjid sesudah Shalat Jumat berjamaah.

    Saatnya kembali pada Allah SWT.

    Pariwisata Astronomi, melalui rekaman video java di internet, youtube, atau DVD portable.

    Wass.Wr.Wb.

  126. Fenomena alam yang sangat indah dan jarang bisa kita liat.

  127. [...] 13, 2010 oleh Budi Pramono Gerhana Matahari Cincin 15 January 2010 Posted on 14 Januari 2010 by Rovicky Rate [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.177 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: