Foto Gerhana Matahari Cincin 15 Januari 2010


Sepanjang siang hari Jakarta diliputi awan. Rencana kepingin memotret jadi terhambat dweh ! Namun jangan kuwatir, kita beruntung ada kawan dari India dan dari Jakarta yang ingin berbagi apa yang mereka lihat melalui kameranya dengan kita.

Penampakan Gerhana matahari cincin dari India. Sumber (Reuters/Rupak De Chowdhuri)

Tunggu kejadian yang sama pada tahun 3043

Gerhana kali ini merupakan gerhana Matahari Cincin terlama dalam abad ini. Gerhana ini berlangsung selama 11 menit, 8 detik. Menurut NASA tidak akan terjadi lagi hingga 23 Desember 3043.  “Cincin” Matahari ini terlihat dalam rentang yang pendek di Afrika Tengah, Maladewa, India selatan, Sri Lanka utara, bagian dari Myanmar dan Cina. Di Afrika, Timur Tengah dan Eropa Timur, ini  menjadi gerhana parsial, kata NASA.

Dari beberapa tempat di Indonesia nampak seperti di bawah ini :

Foto diambil oleh Abdul Cholik dari Chennai India

Anda mau berbagi dengan rekan-rekan di Indonesia ? Kirimkan saja lewat  email foto yang diambil di Indonesia, kirimkan ke rovicky@gmail.com sebutkan dimana anda memotretnya dan pada pukul berapa. Nanti kita berbagi di sini.

M Affandi salah satu manager di INDOSAT, mengabadikan Gerhana Matahari Cincin ini dari gedung Indosat di Jakarta.

Diamati dari roof top (puncak gedung) Indosat di Jakarta. (15 Jan 2010)

Sedangkan dari Bandung bentuknya mirip seperti dari Jakarta. Dapat dilihat dibawah ini.

Foto Gerhana Matahari 15 Januari 2010

Pengamatan gerhana matahari 15 Januari 2010. Pengamatan sulit karena awan hampir selalu menutupi matahari. Foto ini diambil jam 15:33 WIB. (Waskita, Bandung) http://www.ee.itb.ac.id/~waskita/

Ketika berada dibalik awan Akan nampak lebih dramatis seperti dibawah ini.

Foro diambil oleh Abdul Cholik dari Chennai India

Kalau pun anda belum beruntung dan tetap menginkan melihat secara langsung maka kesempatan anda untuk melihat dari Indonesia bisa dilakukan pada tanggal9 Maret 2016

Solar Eclipse 29 January 2009 from Kuala Lumpur, Ini saya ambil setahun yang lalu.

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

Bagi yang belum berkesempatan menyaksikan gerhana kali ini, insya Allah tahun 2016 bisa menikmatinya. Karena menurut perhitungan akan ada Gerhana Matahari Total – GMT melewati kota-kota besar Indonesia sepanjang jalur dibawah ini.

gmt_9maret2016

Kota-kota yang akan dilewati gerhana matahari total (GMT) pada tanggal 9 Maret 2016 nanti.

Nah pemerintah daerah yang dilewati sabuk gerhana matahari total ini semestinya sudah dapat mulai bersiap-siap dari sekarang. Salah satunya dengan mengiklankan bahwa daerahnya akan dilewati gerhana matahari total di tahun 2016. Bisa jadi, kota-kota ini akan menjadi tujuan wisata astronomi yang menarik. Mempersiapkan lokasi pengamatan, yang mungkin disertai dengan suguhan budaya lokal. Dan yang paling penting promosi wisata yang dukung oleh pelayanan.

Bacaan terkait :

38 Tanggapan

  1. doain saya ya mudah mudahan saya bisa menyaksikannya

  2. Foto Gerhana Matahari Cincin 15 Januari 2010 Dongeng Geologi I was recommended this blog by my cousin. I’m not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my difficulty. You are amazing! Thanks! your article about Foto Gerhana Matahari Cincin 15 Januari 2010 Dongeng Geologi Best Regards Nick Andy

  3. subhanllah indah’y bumi ini.
    Bgtu dsyat’y Allah swt mnciptkan bumi bsrta isi’y. hnya Allah lah yg snggup mncptakan alam smesta ini.

  4. eehh.isu klw di Manado akan terjadi gerhana sebagian 6 desember 2010………benar ga’ yah???

  5. kerennnabis…

  6. saya lihat ko………..

  7. gambarnya keren….. kalau cerita jadul, mungkin itu cincinnya buto ijo.

  8. Teruskan ngeblog kreatif. salut deh.. Visit back 08:09

  9. hebat bs dpt fto nie…pua q liatna…thx infona…
    gimana sie cra perhitungan utk tw da gana gerhana matahari total??

  10. waahhhhh menajubkan sekali!!!!!……kok bisa ya dapat foto-foto gerhana matahari total gerhana matahari entar terjadi 2016,waaahhhhh………,aku kayang mau nge FANS!!!!!!

    FOTO YANG BAGUS!!!!!!!!…….

  11. PENGEN NGELIAT LANGSUNG

  12. Subhanalloh..
    Inilah salah satu kebesaran Alloh swt…
    Makasih udah share

  13. berita nya sangat menarik.
    trima kasih

  14. apakah pada gerhana total tahun 2016 ga kelihatan di sulawesi utara soalnya ada temen aku disana yang ga ngelihat gerhana matahari cincin pada tanggal 15 januari 2010

  15. please don’t sungkan2 bg2 informasi2………………

  16. astaghfirrullahaladzimmm…………………………………….thax for your information

  17. waaaah………..saya tertarik sekali ingin melihatnya.
    doakan saya bisa,,soanya jarang trjadi.

  18. Wah aq suka info sain seperti ini, pengetahuan itu memang indah dipelajari, good. Teman2 yang komentar disini juga hebat2 smua.

  19. saya tinggal di kaki gunung sawal ciamis jawa barat. Tapi hari itu mendung jadin gag keliatan!!!

  20. wah keren-keren fotonnya pak de, apalagi GMT ya, tentu lebih bgs lagi, keagungan tuhan yg merupakan fenomena geologi …

  21. waduh aku tlat info padahal aku pengen banget lihat gerhana matahari,,,soalnya jarang bisa lihat…aku tinggal dikalteng

  22. yha ketinggalan gerhana matahari..
    hahaha padahal di tungu” sejak lama.
    cckckkc

  23. Terimakasih Informasi Dan Tulisannya. Kunjungi juga Semua Tentang Pakpak di GETA_PAKPAK.COM
    http://boeangsaoet.wordpress.com

  24. Semuga tidak terjadi apa-apa ya mas. 😀

  25. Hah, tahun 2016 juga ada mas? 😆

  26. Di Kendal Jateng kok nggak nampak ya kak? 🙄

  27. Kami di Lhokseumawe tidak nampak apa2, mendung sedari pagi hingga ke petang…shalat gerhana saja…

  28. Subhanallah…
    sayang tidak bisa liat…mendung

  29. saya gak bisa liat gerhana matahari di bandung
    soalnya hujan besar di bandung 😛
    😀
    😛 😛

  30. wah di tempat saya di TEBET, Jakarta ga bisa keliatan mas. Mendung abis

  31. saya juga tak bisa menikmati gerhana kemaren, mendung dari pagi soalnya.. 😦
    salam

    pernikahan adat Indonesia.

  32. Pak de saya tiggal di aceh, kalau ada gerhana lagi tolong beritahu saya ya.. karna saya belum pernah melihat gerhana langsung.hanya liat d tv doang……….

  33. info yang begitu bagus, bagi yang ingin lihat foto-foto koleksi gerhana 15 Jan kemarin baik dari darat maupun satelit bisa berkunjung ke teras kami http://ruanghati.com/2010/01/16/foto-foto-keindahan-gerhana-matahari-cincin-dari-darat-dan-satelit/

  34. salam kenal.good nice.

  35. Wah jarang-jarang tuh!!!
    Mas, mba…. numpang posting ya….
    Salam kenal semuanya…!!!!

    Berkunjung ke blog saya ya!!!

    http://life634.blogspot.com

    hheheheheh

  36. wah…menamjubkan banget yah….kapan lagi bisa lihat gerhana matahari yah…..pengen lihat langsung neh….

  37. […] matahari, gerhana matahari cincin « Sistem transportasi meniru sistem transmisi data komputer. Foto Gerhana Matahari Cincin 15 Januari 2010 […]

  38. pakde…di jogja keliatan gak??
    tadi saya tunggu di parkiran HMTG jam 2 gak ada-ada…

    atau hanya keliatan di daerah-daerah tertentu saja…
    makasih pakde…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: