Melihat evolusi Jalur Gaza dari peta


gaza_strip_19991

Peta Tahun 1999

Kita semua prihatin dengan apa yang terjadi di Jalur Gaza yang mulai terjadi akhir Desember 2008, hingga awal Januari 2009 ini perang sedang jeda. Tapi ada kemungkinan bukan berarti perang dan krisis ini selesei. Dalam peperangan itu tidak ada yang menang, yang ada hanyalah korban.

Mungkin ada yang kepingin tahu dimana sih Jalur Gaza atau Gaza Strip. Juga lokasi-lokasi detail yang seringkali disitir oleh media-media. Saya tidak akan menampilkan gambar berdarah, tetapi hanya peta seputar Jalur Gaza.

:( “Hiya Pakdhe, Menarik nih. Tapi jangan politiknya looh Dhe “

:D “Thole kita lihat sesuai dengan geo-nya saja. Dalam hal ini peta”

Peta-peta yang dikumpulkan ini bukan peta resmi. Terlalu banyak peta-peta yang beredar. Masing-masing mengatakan ini peta resmi ! Hadduh !

Sepintas Jalur Gaza.

Jalur Gaza atau Gaza Strip memiliki luas sekitar 360 Km2. Daerah dihuni 1.5 juta orang. Atau kepadatan sekitar 4,118/km2. Jadi kepadatannya mirip kepadatan penduduk di kota-kota di Jawa, tetapi jelas bukan kepadatan jakarta yang diatas 10 000 orang/Km².eta-peta ini diambil dari beberapa sumber, dengan tahun penerbitan yang berbeda-beda. Peta ini hanya sebagai gambaran, tentusaja hanya sebagai pembelajaran sejarah.

:( “Lah hiya Pakdhe, sebelum mendiskripsi singkapan geologist harus tahu posisi atau letaknya. Sebagai manusia sebelum menilai salah-bener harus tahu kisahnya. Gitu ya ?”

:D “Thole ini cuman menampilkan fakta-fakta dalam peta tetapi jangan harap aku crita keganasan peperangan ya”

fig2-5globes1

Global Tectonic

Zaman Geologi

Sebelum semua ada termasuk manusia juga belum ada, barangkali peta tektoniklah yang akan menjadi awal sebelum semua ini. Lah, kalau sejak BigBang udah kelamaan dan kejauhan. Karena ini dongeng geologi ya dilihat saja peta tektoniknya.

Peta tektonik disebelah ini memperlihatkan bahwa basement daerah seputar Arab ini sudah ada sejak 250 juta tahun yang lalu.  Tentusaja artinya batuan-batuan ini sangat tua yang usianya sudah lebih dari 250 juta tahun.

Kalaulah kepingin dipaksakan, maka daerah Gaza ini menjadi daratan sejak 65 juta tahun yang lalu. Tentusaja daerah yang sangat tua. Indonesia belum ada wektu itu. Ingat peta tua Indonesia disini. Kita tahu Indonesia belum ada karena batuan sedimen tertua di Indonesia berusia kurang dari 50 juta tahun yang lalu.

Jadi kalau mau klaim “ini daerahku“, kayaknya ngga bisa menggunakan peta tektonik. Lah, syapa mau ngeklaim pakai peta tektonik wong manusia juga belum ada.

:( “Pakdhe, mungkin 65 juta tahun yang lalu Tuhan sedang mikir gimana membuat manusia yang baik ?”

:D “Hust !”

canaanmap1Canaan

Peta tua yang ada dibawah ini kira-kita menggambarkan daerah Canaan. Peta ini memperlihatkan adanya 12 tribes (suku-suku) yang mendiami daerah ini sebelumnya. Lah trus syapa yang berhak ?

Nama Israel maupun Palestine belum tergambarkan disini. JAdi tidak ada yang berani menggunakan dasar peta ini sebagai “klaim” kekuasaan teritorial.

Peta-peta tua ini dibuat sebelum ada istilah NEGARA. Istilah negara ini menjadi sangat populer juga baru setelah Perang Dunia Pertama sekitar 1920.

:( “kenapa sih Pakdhe memulai dari peta tahun setelah PD I ?”

:D “Thole, tatanan dunia sekarang ini mengenal istilah NEGARA (State) sebagai pembatas kekuasaan teritorial dalam percaturan dunia”

:( “Lah emangnya dulu gimana Pakdhe?”

:D “Dulu ada yang menyebutkan kerajaan atau empire sebagai penguasa daerah. Saat ini masih banyak juga negara kerajaan (Thailand, Inggris, Belanda) ataupun kerajaan didalam negara (Yogyakarta), juga ada negara yang terdiri atas kerajaan-kerajaan (Malaysia)”.

:( “Lah kalau Arab ?”

:D “Di Seputar Arab, ada kerajaan juga ada emir, juga ada tribe (suku). Tetapi daerah teritorial di dunia saat ini dikenal sebagai NEGARA. Dan dimulai setelah PD I itu tadi”

1920

britishmandatepalestine1920

Versi lain Peta tahun 1947 yang diusulkan UN (Wikipedia)

Daerah yang dipersengketakan ini dahulu merupakan jajahan Inggris (British).  Daerah ini berada dibawah Inggris sampai sekitar 1920. Kemudian ketika terjadi PD I daerah ini disebut Bristish Mandate Palestine (BMP).

Ketika BMP “dilepas” oleh Inggris sebagian diberikan ke Yahudi, dan sisanya pengelolaannya diserahkan ke negara-negara yang sudah terbentuk saat itu, yaitu Pan Arabia.

Daerah ini berbatasan berbatasan dengan Syria (uatara), Iraq (Timur laut),  Saudi Arabia (Timur dan Selatan), Mesir (Baratdaya) dan  Laut Mediteran. Daerah BMP ini saat ini meliputi beberapa negara yang ada saat ini, termasuk Yordania, Israel dan Palestine.

Daerah yang disengketakan hingga saat ini adalah antara Israel dengan Palestina. Daerah yang dipersengketakan kebetulan meliputi daerah atau kota suci Jerusalem yang diperebutkan tiga agama besar (Yahudi/Jews, Nasrani, dan Islam).

Peta tahun 1947 dan 1949.

1947

1949

Pada tanggal 25 May 1946 Jordan merdeka dan mengambil teritorial di sebelah timur dengan batas Sungai Jordan (Laut Mati). Jordan menjadi negara paling duluan dibanding yang lain.

Pada tahun 1947 ini sebenernya sudah di design bahwa kota Yerusalem merupakan Zona Internasional, karena sudah diketahui bakalan menjadi daerah rebutan tiga agama (Yahudi, Nasrani, dan Islam).

:( “Pakdhe, seandainya zona merah itu tetep jadi milik Internasional trus pengelolanya siapa ?”

:D “Wah … kok berhandai-handai. Ya susah njawab thole. Semua ingin memiliki kontrol atas daerah ini”

Kalau kita tengok peta tahun 1947 terlihat bahwa ada sebagian Arab State yang berbatasan dengan Mesir (Egypt) yang di tahun 1948 menjadi bagian dari Negara Israel.

Tahun 1948 Israel dinyatakan berdiri. Tepatnya Israel menyatakan dirinya merdeka tanggal 14 May 1984 dari BMP. Saat itu negeri Palestine malah belum ada. Sehingga tidak mudah mengatakan itu ada negara Palestine kok dijajah. Ini waktu itu looh.

Jadi harus dimengerti juga bahwa berdirinya Negara Israel itu lebih dahulu ketimbang berdirinya Negara Palestine yang memproklamirkan kemerdekaannya tanggal 15 November 1988.

Peta Tahun 1967 dan 1979

19671979

Pada tanggal 5-10 Juni, 1967 Terjadi perang yang disebut Perang Enam Hari (Six Day War). Pada waktu perang ini Israel berhasil menguasai Sinai (Wilayah Mesir), Jalur Gaza, dan Tepi Barat Sungai Jordan (West Bank).

Pada saat itu Israel berhasil menambah daerah teritorialnya hampir 3 kali lipat.

Namun pada Tahun 1973 kembali terjadi lagi perang antara Arab Israel. Perang ini disebut Perang Yom Kippur, dimana akhirnya Israel mundur ke perbatasan semula dengan Mesir. Walaupun Israel berhasil dipukul mundur oleh Mesir, Israel telah menambah daerah teritorialnya dari sebelum perang enamhari. Daerah yang dikuasainya meliputi daerah yang “direncanakan nantinya” untuk Palestina.

:( “Pakdhe.  Kenapa Palestine itu kok ya ngga menyatakan dirinya merdeka sejak dulu-dulu ta ?”

:D “Itulah rumitnya thole. Di Palestine ada beberapa kelompok juga. MAsing-masing pingin menjadi penguasa”.

Tahun 1979 peta diatas menggambarkan posisi teritorial yang ada disekitar daerah sengketa.

Pada tanggal 15 November 1988 Palestine menyatakan dirinya MERDEKA. Palestine menjadi sebuah state (negara) yang berdaulat sejak itu.

Namun sayangnya, ini yang lutju, UN masih melakukan kontrol yang sangat kuat pada negara ini. Dan seperti kita tahu UN selalu kerepotan karena negara-negara anggota-nya juga sering berantem sendiri.

Dibawah ini perkembangan Jalur Gaza dari tahun 1999 serta tahun 2005. Silahkan di Klik kalau ingin melihat lebih detil.

gaza_strip_19991

Peta Tahun 1999

Jadi apa yang kita pelajari ?

  • Daerah sengketa (dispute) teritorial ini selalu ada dimanapun. Hal ini seringkali hanya masalah kekuasaan yang mendopleng sejarah.
  • Yang dituntut oleh masing-masing yang bertikai seringkali berasal dari sejarah. Tuntutan hak atas “masa lalu” merupakan persoaalan manusia yang tidak akan terhenti.

:( “Whaddduh kalau Indonesia menuntut kekuasaan teritorial sesuai peta jaman Majapahit, pripun Dhe ?

:D “Hust !”

  • Daerah yang dipersengketakan tidak hanya Jalur Gaza. Termasuk West Bank/Tepi Barat Sungai Jordan, Dataran tinggi Golan dan terutama Jerusalem.

-

About these ads

54 Tanggapan

  1. Kok ga ad yg ngebahas kenapa hitler meng gas yahudi y?

  2. zaman modern masi ada aja perang :(, daripada perang mending sama2 maju, kita bayangkan saja semenjak penemuan listrik, revolusi industri hingga sekarang seberapa cepet teknologi berkmbang pesat, hanya butuh waktu singkat, yg jadi pertanyaan nenekmoyang kita 500 ato 1000tahun yg lalu ngapain ajah? pikiran mereka paling2 perang, meluaskan wilayah, pantes mereka gak berkembang2,.. duhh

  3. bicara mengnai israel memang selalu rumit. .
    Israel bangsa yahudi dan agama yahudi dasar dari kekristenan so amrik akn sllalu campur tngan dalam hal ini sebab dalam yahudi dan nasrani bangsa palestina itu sudah tidak ada dan tidak ada akar sejarahnya di tanah kanaan

  4. halah2…. uda CUEK AJA…. kita mah sebegai rakyat jelata ga bakal bisa tau mana yg bener mana yg salah, presiden kita aja blom tentu tau yg bener karena ini smua permainan org2 pintar dalam dunia internasional yg memang sengaja dibuat oleh para pelakunya. takutnya kita bnyk komentar bnyk kasi info malah kita yg salah jadi dosa deh uda fitnah sono sini. jadi penonton aja biar nanti TUHAN yg akan turun tangan lgsg untuk menghukum yg salah “pada waktuNYA”. sippp….

  5. saya seorang kristian..walaupun sya seorang kristian saya tidak mengangap islam sebagai ideologi yg berbahaya..zionis ni sangat bahaya sedang kan amerika sekarang ni pn dikuasai oleh para2 zionis..sya rse bnyak fitnah dalam artikel ini dan mungkin akan menyebabkan kemudaratan kepada penulis bloger ini dari aktivis-aktivis islam..islam tidak jahat,dalam kitab bible sendiri ade tertulis kedatangan muhammad membawa kebenaran di dalam kitab veda juga turtulis bahawa muhammad seorang utusan tuhan laksana yesus juga..dan sye tidak percaya bahawa kaum muslim(arab) melakukan pembunuhan secara massal di tempat yg telah ditawan oleh mereka..muhammad mendidik muslim supaya tiadak membunuh org yg tidak mengangkat senjata(tidak melawan)..muhammad bkan teror..sedang kan pope sendiri puji muhammad dari segi akhalak,ajarannya saya selalu pergi ke vatikan(rome) dan selalu berjumpa dengan pope..

  6. [...] Artikel terkait; Evolusi Israel berdasar peta (klik disini) [...]

  7. andai gue di sana pasti gue bunuh tentara Israel

  8. mr Hans, tolong diperjelas sejarah palestina mana yg dinisbikan itu. zionisme bukan bahaya, buktinya mreka yg mau nrima israel, mesir n yordania, baek2 aja malah tambah maju. 12 kerajaan kaya teluk arab, saudi, kuwait, 7 negara UAE, oman, bahrain n qatar, baek2 aja bekerjasama dgn org yahudi dlm bisnis. jd zionisme bukan bahaya. yg bahaya justru paham islam yg benci israel, yg bikin perang. akibatnya bukan kemenangan atau perluasan wilayah palestina, tapi penderitaan mreka, dan semakin sempitnya tanah air mreka.

  9. ini ada referensi lain untuk mengimbangi :
    http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=12457

  10. wah,untung saya baca komentar.kalau ngga saya salah persepsi dengan tulisan sdr rovicky yg kesannya pro Israel,karena ada beberapa hal sejarah palestina yg sengaja dinisbikan.Jadi tulisan sdr rovicky ini saya anggap sbg pernyataan pribadi dan dongeng saja (sesuai dgn judul blog nya).ngga bisa dijadikan rujukan kebenaran,terima kasih teman2 yg lain yg kasi komentar, bisa memberikan pencerahan bg saya. Ingat Waspadai bahaya laten zionism.

  11. ah sayang web ini kurang bermutu karena terlalu berpihak & menafsirkan menurut pandangan pribadi sehingga tdk ada keseimbangan fakta dlm penulisan. alias nggak bermutu

  12. Kalau emang ada petanya. Kirimi aku peta-peta koeno daerah ini kalau ada supaya berimbang.
    Pengumpulan data otentik ini nantinya yang insyaallah akan mememperlihatkan perjalanan sejarahnya.

  13. waduuuh…. untuk pertama kalinya, saya (biasanya silent reader) gak bisa nerima tulisan pakdhe rovicky yang ini. Referensi yang diambil terlalu berat sebelah….

    gimana dengan dicetuskannya program zion sebelum pas inggris masih menjajah wilayah itu? trus penjualan tanah dengan paksa? plus pengusiran penduduk yang udah mendiami tempat itu? kok pakdhe hanya menunjukkan peta, dan kejadian versi israel toh? itu pun setelah 1947, yang notabene bukan akar permasalahannya (akarnya kan dari beberapa puluh taun sebelum itu)…. gak berimbang pakdhe… :)

  14. Dari peta berusaha menggali sejarah
    Dari sejarah mencari kebenaran menurut pendapat dan kesimpulan pribadi masing-masing
    Sejarah di masa lalu diceritakan dengan harapan menjadi cermin untuk melangkah dimasa yang akan datang
    untuk diri kita hidup kita lingkungan sekitar kita dan untuk bangsa kita Indonesia
    met kenal ya pak dhe..

  15. inalillahiwainalillahiroji’un

  16. Kl ingin tahu jg knp Israel ngotot cari gara2 di tanah Palestina, baca aja di artikel “Yahudi menggenggam dunia” tp browsing dulu di http://www.asysyariah.com U will know behind the scene…

  17. Kritik & saran:
    1. Sumbernya saya ragu kesahihannya krn diambil dr mana2 yg smua klaim dirinya yg benar. Qt jg tak tau siapa yg dusta ato yg ju2r dr sumber mana2 tadi. Ingat, di AL QUR’AN DAN HADITS ada seruan utk tabayyun&tatsabut(cek&ricek). Jg dijelaskan kl yahudi itu bangsa trlicik di dunia yg telah dilaknat oleh ALLOH AZZA WA JALLA dan terusir di seluruh dunia sejak mrk berkhianat pd nabi Musa ‘alaihissalam.
    2. Scr de yure negara Israel tlh brdiri. Tp scr de facto mrk sebenarnya tak punya tanah manapun di dunia ini. Bisa ada negaranya disitu (kenapa jg milihnya disitu ya) krn kuatnya lobi dgn Amerika&Inggris. Sbg bangsa terusir, mrk mengembara kemana-mana (sblm ada negaranya)yg mau nrima mrk,trmasuk Amerika.
    3. Masalahnya bkn semata tanah. Tapi kebencian mrk thd Islam. Ini fakta,setuju ato tdk setuju. Anda msh hrs byk bljr Islam dr sumber yg sahih(juga saya). Tdk bisa mnghukumi prmasalahn Palestina (&perkara agama yg lain) dgn jurus ‘menurut saya…’
    4. Kl mau nulis ttg Islam, ambillah sumber yg sahih dr ulama ahlussunnah wal jama’ah walopun itu ‘hnya’ sejarah. Krn mrk sll brusaha mngambil berita yg sahih saja. Misalnya anda browsing aja k univ.Islam Madinah, ada karya ilmiah ttg sejarah Islam disana. Kl anda ambil dr barat(non muslim), apa bs dpertanggungjwbkn?
    klo sumbernya tdk sahih, ga usah nulis ttg Islam drpd menyesatkan orang.

    Info :
    1. Umat Islam harus tau bhw Yerusalem adl Baitul Maqdis. Kaum nasrani&yahudi menyebutnya Yerusalem. Tapi umat Islam : Baitul Maqdis.
    2. Baitul Maqdis adl kota suci ke 3 bg umat Islam stlh Mekah&Madinah. Artinya rumah yg dsucikan. Didirikan pd thn 578 sM di Palestina. Di kota ini berdiri Masjidil Aqsho. Kota ini pernah menjadi kiblat nabi trdahulu&jg Rosulullah Shalallahu ‘alaihissalam sblm Alloh memerintahkan utk brpindah kiblat ke Ka’bah. Khalifah Umar bin Khattab membangun sbuah masjid di kota ini.
    Masjidil Aqsho artinya masjid yg jauh. Masjid ini disucikan oleh umat Islam stlh Masjidil Harom d Mekah dan Masjid Nabawi d Madinah. Mnrt riwayat, masjid ini didirikan oleh Nabi Sulaiman ‘alaihissalam. Alloh mnyebut Masjidil Aqsho dlm surat Al Isro:1 yi ttg isro’nya Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihissalam dr Masjidil Harom ke Masjidil Aqsho.(Ensiklopedi Dunia Islam, ummu ibrohim fajriyah na’im, gema ilmu, yogyakarta, 2008)
    3. Ingin tahu propaganda yahudi? Cari aja di http://www.asysyariah.com.

  18. wah setelah sok sok berkuasa dengan membalas lemparan batu pake Rudal, Israel emang kagak tau ndiri….. dan yang saya pahami setiap ada genjatan senjata yang melanggar pertama adalah Israel…..

  19. yang penting bangsa kita jangan cakar2an karena sesuatu yang belum kita lihat dan pahami sendiri tweweweww

  20. MUSLIM BERSATU TAK BISA DIKALAHKAN!

  21. Sebenernya tidak semua rakyat haus kekuasaan…..biasanya elit politiklah yg mengorbankan orang awam untuk kepentingan kekuasaannya. Coba aja anjuran jihad untuk palestina…….apa pentolannya mau berangkat jihad kesana…….bisanya menghasut orang awam untuk dimanfaatkan bahwa Si Elit adalah pejuang Palestina……

  22. nggak komen pakdhe… yang penting saya seneng baca2 di sini…

  23. try… menarik, gimana cara ngambil dan nampilkan gambar2 yg menarik kayak di web pak Dhe ini ya…

  24. Mas RizKhan, kalau sejak jaman dahulu semua “bangsa” itu sudah dianggap negara, jangan2 nanti ada negara Kurdi di Irak sana. Terus di Indonesia, bisa jadi malah ada Negara Aceh, Negara Maluku dstnya. Bisa kacau tuh, maka perlu dibentuk “pemerintahan” yg jelas, yang diregistrasi oleh badan international (dalam hal ini PBB). Sayangnya ada 2 bangsa yang kebetulan ada di area tsb, dan yg duluan membentuk negara (dan pemerintahan) adalah bangsa Yahudi. Tapi memang itu bukan berarti bangsa Palestina harus “dipaksa” ikut dalam negara Israel tsb, karena kenyataannya Israel gagal “meng-sejahtera-kan” Palestina. Dan kalau dilakukan pemilu yang adil, malah bisa jadi dimenangkan oleh Palestina (karena lebih banyak jumlahnya). Jadi memang jalan satu-satunya (karena 2 bangsa tsb tidak bisa hidup bersama), harus ada 2 negara di area tsb. Hanya masalahnya adalah batasan negaranya, besar yang mana, daerah yang mana yang dipilih, karena kenyataannya keduanya hampir memiliki kesamaan daerah yang ingin dikuasai.
    Untuk Mas Kombor, sejak Yasser Arafat, maka Palestina sudah memiliki pemerintahan, jadi berarti sudah bisa disebut negara. Masalahnya, negara tsb belum memiliki batas yg jelas, karena masih “rebutan” dgn Israel. Setelah ditinggal beliaupun, sebetulnya “masih jelas” pemerintahannya, hanya saja waktu pemilu lalu yang dimenangkan oleh Hamas, pemerintahannya jadi tidak kompak lagi.

    NB: Bangsa di Indonesia berbeda kondisi nya dengan bangsa di sana. Jadi tidak akan cakar2an.

  25. Nah, sebuah pertanyaan menggelitik dari saya: sebenarnya, yang kita gadhang-gadhang untuk dibantu itu (a) Bangsa Palestina, atau (b) Negara Palestina?

    Kalau Israel jelas negara, bangsanya Yahudi.

    Bangsa Palestina sendiri tidak bersatu. Banyak faksi di dalamnya. Ada Hamas, Fatah, dan mungkin ada yang lain lagi. Saat Yasser Arafat masih hidup, nampaknya mereka dapat dipersatukan dalam PLO. Lepas ditinggal Yasser Arafat, mereka saling cakar kembali.

    Semoga Indonesia nggak cakar-cakaran dan jadi berkeping-keping.

  26. Istilah negara baru mengemuka pada tahun1920, apa alasannya?? lalu apa sebelum itu tidak ada sebuah negara pun?
    Si pak Dul ini tidak bicara politik diawalnya, eh ternyata tulisannya mendukung salah satu dari dua pihak, contoh :
    Kenapa dihilangkan era sebelum tahun 1920, siapa yang menguasai wilayah itu sebelumnya? Jika ingin jujur dan tidak menutup fakta sebaiknya rujuk ke : http://www.eramuslim.com/ustadz-menjawab/asal-usukl-bangsa-yahudi.htm
    disitu lebih adil tertulis.
    Jadi, tidak bisa dihindarkan, bahwa perang yang terjadi di wilayah ini, akibat :
    1. Alasan Ideologi, selama yahudi, bangsa yang dzolim yang didukung raksasa2 dzolim, masih ada disana maka jihad yang ditegakkan pasti akan terus berjalan.
    2. Alasan Kedzoliman, kedzoliman mesti dilawan agar dapat ditegakkan keadilan di dalamnya..

  27. Menarik sekali penjelasannya mengenai jalur Gaza. Jadi teringat konflik Indonesia – Malaysia yang rebutan Tawau. Ada infonya ga ya.. (Salam Kenal)

  28. thankyou pakde atas infonya…tapi saya kurang sepakat dengan peryataan pakde yang agama hanya sebagai pembenar untuk melakukan tindakan mempertahankan diri…sepemahaman saya bahwa tanah palestine wajib dipertahankan karena itu adalah tanah kaum muslim seluruh dunia yang wajib dipertahankan….karena kiblat pertama ada di masjid aqsa selain itu…sewaktu dalam masa pemerintahan khalifah dalam naungan Daulah Khilafah (penj.Negara islam) tanah palestine telah menjadi tanah hak milik kaum muslim…..

  29. [...] Melihat evolusi Jalur Gaza dari peta [...]

  30. Saya pernah baca di haruian Republika, tulisan dari ahli geologi Canada
    Konon belakangan ketahuan kalau di pantai Gaza terdapat tambang gas yang cukup besar.
    Seperti halnya di Irak dan Afganistan terdapat banyak tambang minyak.
    Arab Saudi juga banyak tambang minyak, perusahaan mana yang paling banyak disana?
    Kita juga punya banyak tambang, awas kalo gak nurut ….

  31. wah, lengkap! :-P

  32. Wah manteb bener nih web tiap hari banyak banget yang berkunjungnya
    Sukses selalu buat yang bikin ni WEB

  33. thanks pak De

  34. no war please

  35. Wah mantab sekali, hidup palestina

  36. Bagus pak De dongeng sejarahnya, kita tambah paham deh konflik di Palestina. Saya cuma nambahi saja biar tambah rame komentarnya. Capppppe lihatnya dan kasian merasakan dertia rakyat disana.Kami ingin Fatah-Hamas..mbok bersatu ya Pak Dhe..atas nama Palestina gitu. Kasihan rakyat Palestina yg ndak pernah tentrem di acak2 terus..salam dari jauh

  37. stop kekerasan atas nama agama. bener g pakde?

  38. keren, Pakdhe..dapet referensi dari mana nih? interesting.. :)

  39. Pak De,

    Mengenai peta Kanaan yang pertama, 12 suku itu merupakan 12 anak Nabi Yakub (Simeon, Judah/Yehuda, Dan, Benjamin/Benyamin, …), jadi peta itu merupakan peta setelah bani Isra’il yang dipimpin oleh Yosua/Yusha’ bin Nun (penerus Nabi Musa) menempati tanah Kanaan.

    Peta yang lebih kuno lagi (sebelum bani Isra’il menempati tanah Kanaan) itu mungkin seperti ini, dimana ada beberapa suku Kanaan yang menempati tanah itu (dan bangsa Philistine/Filistin saat itu berbeda dengan bangsa Palestina saat ini):

    http://www.bible-history.com/map-israel-joshua/map-7-nations-of-canaan_shg.jpg

  40. Search Engine Optimization ( SEO )

    Goseon ( SEO )

  41. Borokokok,
    Ya itulah yang saya maksud seperti kata Catshade. Yang bisa kita tuntut secara hukum internasional ya hanya setelah “negara” itu muncul. Secara legal Negara Indonesia dijajak oleh belanda hanya 3 tahun. Itu yang bisa kita tuntut secara legal dengan hukum internasional.
    Penjajahan bangsa itu sudah masa lalu, yang sedhinya harus diterima begitu saja.
    Yang ter[enting buat kita adalah Janganlah kita memiliki mental terjajah. Indonesia sudah merdeka dan Indonesia sudah mengadopt demokrasi. Bandingkan dengan negara tetangga yang masih kalah demokrasinya dengan Indonesia.
    Sebagai tambahan Sejak tahun 1945 hingga sekarang daerah teritorial Indonesia sudah bertambah 3 kali lipat karena wawasan Nusantara. Yaitu laut diantara pulau-pulau di Indonesia merupakan teritorial Negara Indonesia. Tambahan luasan daerah teritorial Indonesia ini diperoleh dengan diplomasi.
    Jadi Indonesia berhasil menambah daerah teritorial secara gentlemen yaitu : DIPLOMASI !

  42. Pak De,
    Link berikut mungkin ga ada hubungan langsung dengan gaza, tapi menunjukkan kapan mulainya agama-agama di dunia termasuk di dalamnya yahudi dengan Israelnya:
    http://www.mapsofwar.com/images/Religion.swf
    Semoga bermanfaat…

  43. @borokokok:

    Kalau anda perhatikan lagi tulisannya, ia menebalkan kata ‘negara’ di situ; mungkin untuk membedakan dengan istilah ‘bangsa’. Jadi kalau pakai analogi anda, Belanda memang tidak menjajah negara Indonesia sebelum 1945…karena negaranya itu sendiri belum resmi berdiri. Saya kira itu maksudnya pakde rovicky ;)

  44. Mo ngomentari pernyataan pakde yg ini:

    Tahun 1948 Israel dinyatakan berdiri. Tepatnya Israel menyatakan dirinya merdeka tanggal 14 May 1984 dari BMP. Saat itu negeri Palestine malah belum ada. Sehingga tidak mudah mengatakan itu ada negara Palestine kok dijajah. Ini waktu itu looh.

    mohon dikoreksi pakde, palestine dijajah oleh israel sebagai warisan inggris. Seperti ketahui dulu wilayah tsb dijajah inggris seperti kita mengakui malaysia dulu dijajah inggris. Nah israel didirikan oleh inggris dan kemudian diberi tanah yg sedang mereka jajah, jadi penjajahan oleh inggris dialihkan ke israel. gitu loh.

    Btw kalo dalam konteks sudah/tidak negara berdiri berarti dulu sbl 1945 belanda belum menjajah indonesia donks?

  45. ooooo begitu pak de ceritane…. weleh-welwh… turs sopo jajah sopo pade….

  46. ealah… sepertinya ini masalah warisan dari nenek moyang mereka, jadinya ya never ending fighting…

  47. mereka adalah cermin bg kita dalam melihat hidup kita masing2…siapakah kita?

  48. saya pernah dengar berita, ini juga gara2 banyak rakyat palestina yang menjual tanahnya ke israel.
    akhirnya jadi gini deh…..
    apakah ini semua tidak akan berakhir pakdhe???

  49. Catatan: sebenarnya Israel sudah mau menerima peta tahun 1947 itu…cuma delegasi Arab nggak setuju, akhirnya timbul perang; cilakanya, Israel yang menang, jadi mereka ‘menurut hukum perang’ berhak mengklaim sebagian tanah yg diplot buat Palestina sebagai pampasan perang.

    Kalau saya pikir2…sepertiga ‘goro-goro’ Israel-Palestina itu adalah salahnya Liga Arab sendiri. Merekalah yang paling vokal soal ketidakmauan akan keberadaan negara Israel di jazirah Arab; bangsa Palestina dipake buat bempernya mereka aja. :?

  50. oooh… gitu toh pak dhe… *angguk-angguk..

  51. thanks atas info jalur gazanya, klu mau info jalur lainya, liat disini
    http://sonokeling.wordpress.com/2009/01/25/citra-model-indonesia-indonesian-model/

  52. hhhmmm … bagus blognya, terutama petanya sangat membantu :)

  53. kasin sekali rakyat palestina, habis itu tanahnya…
    http://nurrahmanarif.wordpress.com

  54. Pakde kalo menurut pengertian saya selama ini yang diperebutkan di daerah itu adalah “sumber air” apa betul begitu dugaan saya pakde, lha kalo cuma rebutan minyak kan udah pada punya, kalo air kan sudah jadi hajat hidup orang banyak, kalo agama ato keyakinan itu kan jadi “alat” pembenar & panarik masaa aja bagaimana menurut pandangan pakde tentang “SUMBER AIR” ini ??? Terima kasih pencerahannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.162 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: