Foto Gerhana Matahari Cincin 26 Januari 2009


DSC_0946-1

Partial Solar Eclipse

Dibawah ini beberapa foto Gerhana Matahari Cincin (sebagian) yang diambil dari sekitar Kuala Lumpur.

Pada saat kejadian suasana di sekitar Kuala Lumpur City Centre (KLCC) sangat ramai. Tidak banyak orang yang menyadari atau tahu bahwa ada gerhana matahari sebagian.

😦 “Barangkali mereka ngga membaca dongengan Pakdhe”

😀 “Lah wong aku sempat ditanya-tanya petugas sekuriti, soalnya bawa lensa bazooka 80-400mm. Hadduh !”

Kuala Lumpur tidak dilalui sabuk gerhana cincin, sehingga matahari hanya nampak seperti bulan sabit.

Saat menjelang gerhana :

gerhana_jan_2009-1

Bulan sudah mulai menutupi matahari. Suasana sekitar masih panas terik. Terpaksa diprotret dengan iso rendah dengan kecepatan tinggi. Jadilah begini

Langit cerah sekitar Petronas Twin Tower.

gerhana_jan_2009-2

Menjelang gerhana matahari suasana tampak sangat cerah hanya sedikit berawan. Sekitar KLCC sangat ramai banyak wisatawan lokal maupun manca negara yang berkeliling seputar taman.

Saat Bulan Menutupi Matahari

gerhana_jan_2009-3

Saat bulan mulai menutup matahari. Suasana masih sangat terang. Dengan bantuan lensa 400mm cukup membantu memfocuskan pada matahari. Memotret sambil berlindung dibawah pohon. Terlihat awan tipis menutupi matahari, namun membuat agak sedikit redup.

Swasana saat gerhana matahari.

gerhana_jan_2009-4

Saat gerhana masih akan mulai berlangsung langit masih cerah. Penutupan maksimumnya hanya sekitar 30% ini tidak terasa perubahan cahaya. Hanya seperti suasana mendung saja.

Foto ini terpaksa dengan kecepatan tinggi menghindari pencahayaan yang berlebihan.

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

Bagi yang belum berkesempatan menyaksikan gerhana kali ini, insya Allah tahun 2016 bisa menikmatinya. Karena menurut perhitungan akan ada Gerhana Matahari Total – GMT melewati kota-kota besar Indonesia sepanjang jalur dibawah ini.

gmt_9maret2016

Kota-kota yang akan dilewati gerhana matahari total (GMT) pada tanggal 9 Maret 2016 nanti.

Nah pemerintah daerah yang dilewati sabuk gerhana matahari total ini semestinya sudah dapat mulai bersiap-siap dari sekarang. Salah satunya dengan mengiklankan bahwa daerahnya akan dilewati gerhana matahari total di tahun 2016. Bisa jadi, kota-kota ini akan menjadi tujuan wisata astronomi yang menarik. Mempersiapkan lokasi pengamatan, yang mungkin disertai dengan suguhan budaya lokal. Dan yang paling penting promosi wisata yang dukung oleh pelayanan.

Wah pasti menarik !
Siapa mau memulai ?

Refrensi

Iklan

130 Tanggapan

  1. […] Foto Gerhana Matahari Cincin 26 Januari 2009 | Dongeng … – 26/1/2009 · Dibawah ini beberapa foto Gerhana Matahari Cincin (sebagian) yang diambil dari sekitar Kuala Lumpur. Pada saat kejadian suasana di sekitar Kuala Lumpur City …… […]

  2. […] Foto Gerhana Matahari Cincin 26 Januari 2009 […]

  3. by jabon

    wah saya belum pernah merasakan hal seprti itu

  4. aku jujur blm pernah lihat gerhana.gimana sih aku bisa lihat gerhana lansung?aku kepingin bisa lihat gerhana langsung.hem…….!!!

  5. hihi..saia yang termasuk niat nabung buat nyegat gerhana matahari total ini 😀 demi memberi experience untuk kedua anak saia. emaknya masi inget bener waktu taon 1983 dolooo..dan soaangat berkesan. secara sekali seumur hiduuup..hihi *maaaaap malah curhat =))

  6. bagus bagus fotonya euy

  7. Bagaimana??
    Kok gak bisa lihat proses berlangsungnya gerhana matahari…
    tolong perlihatkan pada publik film gerhana matahari…

  8. WAH GERHANA MATAHARI PADA SIANG TADI PADA PUKUL 14.39 GUE ENGA SEMPAT MELIHAT KARENA CUACA NYA TIDAK BERSAHABAT GUE DI KALIMANTAN TENGAH PALANGKA RAYA

  9. :3

  10. woww seremmm

  11. Minggu” ini jakarta di guyur hujan terus nih……..
    Harus siap” sedia jas hujan nih.

  12. walah klu mau liat begituan ma gmpng tggl buka aja youtube dah deh bisa liat hal2 hal yg lu ign kan ^_^ apa lagi klu liat luar angkasa membuat hati ini menjadi berdebar2 ^_~

  13. kalo menurut aq,,,,
    gerhana matahari tu kejadian alam yg SANGAT LANGKA….
    dah ada bukinya Indonesia di lewati gerhana matahari dalam jangka waktu 1 thn tepatnya 2009 – 2010 hanya ada 3 kali gerhana matahari….
    26 januari 2009 , 22 juli 2009 dan yg akan datang beberapa bulan lagi tgl 10 januari 2010….
    walaupun ga semua bagian Indonesia bakal ngeliat gerhana matahari, tapi bisa di liat ko di TELEVISI ….
    he…. he…. he….

  14. 😉 😦 B-) 😀 😛 :-O … Yee .. .seneng ..

  15. sungguh mengagumkan, luar biasa dan tak tertandingi oleh tehnologi manapun juga. Terpujah Tuhan semesta alam.

  16. Kapan yah aku bisa nglihat gerhana matahari cincin aku cuma denger critanya doank.oh iya pakdhe tar kalau 2016 aku di kabarin ya tepat jam berapa terjadi gerhana okey pak dhe??????terima kasih

  17. ih waw gambarnya bagus buangettttt pak-dhe aku pengin deh motret saat terjadi gerhana matahari ajarin donk pak-dhe?

  18. iyaaaaa…..gue tadi liat gerhanae,jam 8 malem pas gue lagi asyik bobo…di rumah da yang teriak “GER..GER..GEGER..EH GERHANAAAAA…” langsung ja gue bangun trus ambil remote TV..seru banget coy!..film GERHANA yang pernah tayang di RCTI tu kan?? nah tu yang gue liat111

  19. indahnya alam waktu gerhana matahari total dulu, siang hari terasa seperti pukul 19.00 namun sedang bulan purnama. indah banget. yang ga ngerasain rugi banget tuh….soalne…kejadiannya langka banget. ayam pada bunyi…(ga tau karena bingung….kok rasanya aku baru tadi berkokok, kok sekarang dah gelap lagi) aku ngeliat pake negatif film yang ditempelin di kaca mata…uindaaah banget. waktu itu aku lagi kelas 2 sd… bapakku motret kejadian itu. dan berguna untuk klipingku.

  20. wdh bgmn dg gw kn tkt glp. hi…. syerem

  21. wah keren abis!!

  22. pa dhe,,,,

    apakah gerhana matahari mempunyai siklus juga,,,,?

    oia maap, out of topic
    pa dhe,,
    akhir” ni saya dapet tugas dari dosen suruh nyari darimana asal air,,,
    dari tulisan pa dhe saya sudah dapet gambaran sedikit,,,
    tapi yang masih membuat saya bingung,,,
    bagaimana meteor itu bisa mengandung air…???

  23. seruu bgt y pas gerhana

  24. la pas GMT cincin
    kw la kok
    mendung,ya?

  25. kapan terjadi gerhana matahari lagi???kasih tahu za!!!!

  26. g sempet liat kediri ujan

  27. Wah…
    Pas gerhana di Kediri malah hujan deres banget, sampe malam. Caranya motret gerhana gimana Pak Dhe? Nggak pakai filter?

    #salam kenal#

  28. i………….h aku ga sempet liat i…………..h sebel deh kapan lagi coba i………..h sebel…….. sebel…….. sebel…..

  29. wow blog informatif makasih atas beritanya nambah wawasan nih…..

  30. gerhana matahari cicin itu sangat bagus apakah ini baru pertama kalinta terjadi di indonesiai

  31. Assalamu’alaikum pakde….
    mo mmapir niy…
    wah artilel yang di paparkan sungguh menarik…
    kalau saya sempat ngeliat siy, waktu pergi ke tuban, en sempat sholat gerhana ma ustadz….
    monggo pakde…
    kulo nuwun
    wasalamu’alaikum wr wb

  32. wow,gambarnya gerhana matahari cincin itu mmang bagus bnget…
    Di Batam juga ada koq,aku dpat dari temanku yang ngelihat langsung dan di foto pakai kaca filter.
    bagus banget deh gerhananya.

  33. wadu2 tkut buanget!!kta ustadz ci… klu gerhana tuch hrz takbiran,,kya lbran yach he..he..

  34. haha, untung waktu itu lagi jalan2 ke bandung terusdapat berita dari teman tentang gerhana matahari cincin, jadi aku ke bosscha aja haha

  35. jakarta hujan tiada henti pak dhe
    huhuhu…

    eits,,,slm kenal y pak dhe 😉

  36. wah… disini sih gak nampak pak dhe…
    padahal harinya sangat panas…

    tapi untungnya ada pak dhe
    makasih ya pak dhe…

  37. yee kagak bisa ngeliat tuch….coalnya sne hujan melulu sc!!!,padahal pengen bgt ngeliat gmna gerhana matahari ntuu

  38. pas hari gerhana itu pantesan aku ngerasa kok rada gelap ya padahal biasanya surabay terang,hehe lupa kalau ada gerhana, ternyata…

    http://kerzt.wordpress.com

  39. gw lupa ga sempet liaa….t. Hikz!!

  40. Aduuuuhh…keyen habis foto gerhana mataharinya
    saat ini di Surabaya n Sidoarjo hujan semalam
    suntuk sampai2 banyak perkampungan yang banjir.
    Aq ketinggalan berita.. kalo anakq kagak minta
    gambar gerhana matahari cincin, aq kagak tau
    kalo tgl. 26 Januari 2009 ada Gerhana Matahari
    cincin. Karena aq sibuk siiihhh….!

  41. di jogja mah kagak keliatan,,,
    biasa aja….

  42. keren banget foto gerhana matahari nya… wah kalo aku gak shoting pasti aku juga mencba untuk melihat gerhana matahari 😀

  43. salam kenal pade
    tambahin koment tempat ku dung
    😀

  44. saya liat di tipi 😀

  45. WOw… keren nih foto2nya cz ak lupa klo ad gerhana… malah main komputer 🙂

  46. sebel wa ga liat gerhana matahari

  47. ihh gw ga ngeliat

  48. Pak dhe kapan terjadi lagi GMT spt tahun 1983 di pulo jawa. Tahun 2016 gak melewati pulo jawa. Jadi gak bisa lihat dong. Jadi nostalgia. Siklus gerhana terjadi berapa tahun sekali sih ? (maksutnya ditempat yg sama dan jam yang sama)

  49. SaCan9 kAli, di KotA gw G’ bz liaT,,,,
    SebaB haRinya Hjn lebat ne,,,
    rugu banGet Kami g’ bz liat geRhananya.
    tapi g’ pa kan da ada ft dr blog “rovicky.wordpress.com” he,,e
    dan trima kasih klu mau mampr ke blog aq “meka4r.wordpress.com” dan ninggalin commetnya,,:)

  50. aduh bos parah bgt.keren abiz,gw gak nyangka clo gw bz mlht GERHANA MATAHARI scr nyata.

  51. gw kemarin sempet ngeliat gerhana matahari.keren banget,sebelumnya gw belum pernah ngeliat gerhana sekeren itu choy……………..!

  52. Ada foto yg dari lampung Mas
    lebih nyincin !

    sabdalangit’s web

  53. kucoba fotoin pake handphone yang masih VGA… hasilnya tau sendiri deh, hehehehe….

  54. Di medan gk keliatan loh Gerhana matahari cincin, soalnya ketu2p ma awan.. padahal kemaren saya mo liat bareng BMG Tuntungan… taunya malah ketu2p ma awan.. kalo nampaknya gak seperti cincin, mungkin macem bulan sabit

  55. Sebetulnya aku ga nyangka kalo gerhana tersebut dapat di amati di kota bandung, cuma waktu itu kebetulan aku sedang manggung di orang hajatan, tepatnya di daerah cipagalo, waktu itu manajerku datang dan nanya ma aku “kapan gerhana matahari itu dimulai?” aku juga bingung menjawabnya, soalnya aku ga ngira bakal bisa dilihat di bandung, akhirnya aku jawab, “sekitar jam 3an/lebih” and akhirnya nyampe juga ke jam 3, eeeeh sayang 1000 sayang, cuaca kota bandung pada saat itu diselimuti oleh sang mendung yang membuat aku ga bisa liat tuh gerhana, tapi thanks ya dah mo nunjukin photo2 gerhana matahari nya, apalagi di negeri Jiran, hebat banget tuh kotanya, eh photonya, jadi si aku bisa nyaksiin walaupun ga secara live…
    Thanks baget yap…
    Sukses selalu

  56. aku malah g tau kalo ada gerhana bulan…. capek deh…

  57. fotonya keren..
    tinggal di malay nih??
    (Koq bisa dpet c ftonya??di jkrta ga kliatan>_<)
    orang malay koq ga pada tau ya??sking sibuknya x yaaa

  58. indah!
    sayang saat gerhana terjadi sedang ujan deras 😥

  59. […] Comment! Foto Gerhana Matahari Cincin 26 Januari 2009 […]

  60. […] lainnya di Kualalumpur ada di [ Dongeng Geologi ] Sampai jumpa di Gerhana […]

  61. Hai teman..
    thanx udah di share piku GMC.. subhanallah.. Hebat sekali ciptaan Allah..
    di tempat gw, ga bisa liat ne..
    semoga 2016 kita bisa liat lagi fenomena ini..

    btw..piku GMC nya udah gw copy and paste di blog gw..

  62. 2016 Gerhana Matahari Total yah??
    di peta tadi aq liat melewati kota palembang….
    Alhamdulillah
    Semoga panjang umur.. bisa liat de… hehehehe.. Amin…
    Pas cincin kemaren gak keliatan… =p

  63. 2016… semoga masih bisa menyaksikan GMT…

    simulasinya dong pakdhe… kalo dilihat dari pulau Jawa…

  64. coy gw gw lht niech

  65. coy w ga liat nichhh

  66. pan-kpn w hars liat!!!!!

  67. waduh gw ga sempat melihat gerhana matahari senin kemaren…! gara-garanya adalah hujan. memang sekitar jam 2an hari sudah mulai mendung..gw pengen
    banget ngliat gerhana itu padhlll!!!
    grrrrr! ;o

  68. pa gye kUningan,,,
    g da kLee tU gerhaana,,,

  69. kira-kira kapan kita bisa melihat fenomena alam seperti itu lagi…..?

  70. yah kmrn pas ada gerhana matahari w ga liat cuy, coz sibuk… ksian bgtt ya w padahal jrg bgtt kebesaran allah datang..

  71. lumayan lahh mlpun k’tutup mndung d’daerah subang,uuhu…

    yang bikin seremnya pd takbiran semuaa…

    mrinding tuuu….

  72. Wah…daerah rumah quw mendung jadi kgak bisa liat gerhananya….

    Tapi quw liat beritannya ditv…eh,,paz quw liat disini fotonya baguz bangetz…

  73. meski mendung+gerimis ‘n nggak ngeliat sama sekali tp masih bisa lihat gambarnya sih. Masya Allah, inilah bukti kekuasaan-Nya.

  74. yyoooyyy

    gww gug lyadd
    gerhanaa mtaharii

    gww lgg d prjlanan

    thakzz ea . dh ngasih tww

  75. ga bisa liat 😦 padahal nungguin, jakarta mendung sich lagian juga ga kebagaian di jakarta

  76. wahhh……gue kaga’ liat tu…hanya kabar na doank…di media tu…..

  77. Horeee…saat ini saya sudah melihat gerhana matahari, trim’s gambar2x. Maklum saat itu kota Malang lagi mendung.

    http://iwanmalik.wordpress.com
    Info Pendidikan, Wirausaha & Kimia terapan

  78. Di Manokwari Papua Barat kayaknya tidak terlihat, soalnya mataharinya sudah terbenam waktu ada gerhana. Wa ka ka ka

  79. Iya, disini juga mendung dung dung… 🙂

  80. Sekedar uneg-uneg, walaupun temponya hanya sebentar, seharusnya kejadian ini bisa jadi ajang promosi Indonesia untuk apa saja. Tapi sayang tampaknya yang heboh hanya di web saja.

    streaming dari ITB, hasilnya nol besar. Nggak aktif.

    “terpaksa” 😦 streaming web dari jiran. “Hebatnya” lagi mereka streamingnya dari LAMPUNG!!!

    malu saya, mau saya sebutin website-nya, searching saja deh, malu saya.

    Tapi saya ucapkan terima kasih, ketika Jakarta berawan saya masih bisa liat gerhana ‘setengah live’ berkat tetangga kita.

  81. Dari medan tahun 2016 nanti seperti yang saya potret dari Kuala Lumpur. Tidak total tetapi seperti bulan sabit.
    Indah juga kaaan ?

  82. ya ampun…
    pakdhe
    bahkan yang 2016 z medan ga masuk dalm sabuk

    klu di medan tahun 2016
    gerhananya nampak bagus pa ga pakdhe

  83. ini juga foto yang diambil di Lampung Indonesia

  84. yahhhhh
    medan mendung abezzz
    ga nampak papa
    kecewa berat….

  85. Gerhana matahari kemarin emang bagus banget. Aku sempat melihatnya pake negatif film. Persis bulan sabit. Sayangnya, gak bisa difoto pake kamera hp biasa. Thanks to pakdhe buat foto-fotonya yang keren abizzz. Bakal ta simpen di folder gerhana-ku

  86. wah grezzy sayang banget tuh gak nonton gerhana matahari makannya jangan molor terus kerjaannya.
    Tapi w juga ga’ nonton sih

  87. thank you,,thank you,thank you,thank you

  88. Wah…. Keren Banget….

  89. waduh aku ketiduran gak bisa nelihat getrhana matahari deh, sayang ya?

  90. Fotonya bagus bagus pakde..
    Sayang pakde di tenggarong (kaltim) pas mau menyambut dan menyaksikan gerhana tiba-tiba malah disergap ma mendung, jadinya kelewat deh….hehe..

    Wah ditunggu lagi nih taon 2016 nya..

  91. sayang sekali aku nggak bisa lihat…..
    tapi makasih untuk fotonya.GBU

  92. Salam
    Waduh di t4 ku kehalang mendung Pakdhe, danke buat skrinsyutnya, moga-moga iam still alive di tahun 2016 🙂

  93. bagus tuh , salam kenal 😆
    ada post baru

  94. enak, ya menjadi tempat lintasan gerhana. Aku di Makassar tak kebagian. Kasihan, Ya! Untung banyak teman baik yang bisa menunjukkan foto-foto ini. Jadinya, aku dapat menikmati germa (gerhana matahari) kapan saja saya mau. Lihat foto ini serasa lihat lansung gerhananya. Makasih, ya! Kalian baiiiiiiik deh!

  95. apalagi yang dari berlin, jerman. ga bisa lihat sama sekali. jadi,sekarang hunting, berburu cari gambar2 gerhana kemarin…

  96. Waktu gerhana kemaren aku cuma lihat dari tv. tempatku mendung dan hujan je pade.

  97. Yah…… Kmaren mendung seh….. Gak bisa liat deh…. T_T klo jateng brarti gak bisa liat donk yg thn 2016?

  98. ujan kemarin ditempatku, ga jadi liat..
    mudah2an diberi umur panjang untuk bisa melihatnya lagi..

  99. Pak Dhe makasih buanyak, cantik cantik tuh gambar. dan saran serta ide untuk promosi gerhana matahari di tahun 2016 cemerlang sekali. Mudah-mudahan panjang umur kite ya pak Dhe.

    selamat dan sukses selalu buat pak Dhe dan keluarga.

    Salam,

    soparmaruli

  100. jatim bisa ngeliat nggak????????

  101. WAHHH..pada waktu terjadi di lampung gi mendung gtu jadi gx kliatan dah heee

  102. gerhana matahari cincin si kemaren jg ada di bogor tanggal 26 januari 2009,jam 14.17 tapi karena awqnnya mendung jadi gak terlalu jelas pi ati ati klu klian mo liat gerhana matahari soalnya bahaya buat mata kita,jadi klu mo liat gerhana kudu dan mesti pake kacamata filter atau kaca mata anti sinar ultra violet.karena klu g make ntar mata lu bisa buta……….

    sekedar mengingatkan doang

  103. mas, punya info tentang jam terjadinya GMT pada kota2 yg dilewati?
    menurut saya itu penting, tentu saya akan dateng ke kota yg jamnya paling siang (pagi atau sore itu resiko tertutup awan).
    trims.

  104. Pake filter apa pakde? lensanya mantap ya…

  105. di padang ga kliatan sayangnya.. ujan

  106. alhamdulillah bisa lihat .. dulu taun 1989 an juga lihat gerhana matahari total .. yang gak ngeliat komet halley tahun 1988 atau tahun berapa y .. karena munculnya 80 tahunan lagi

  107. quw nax kudus,qu liat gerhana mathari lwt pantulan dari jendela. asli bnr bntknya ky cincin g2lah.tp kq jdnya mataq sakit ea

  108. Gw di jakarta sempat melihat gerhana matahari dg kacamata hitam, wow indah sekali, bentuknya spt sabit

  109. aq tinggal di Lampung ….
    tapi aq nggak sempet ngeliat tuh gerhana
    padahal di Lampung pas jalurnya ada gerhana matahari cincin….
    nunggu 7 tahun lagi deh………….

  110. ma kasih pakde, fotonya bagus buangeee….tt!!

  111. di Semarang mendung, aku nggak bisa lihat.

  112. Sayang dari tembalang Gak bisa nelihat pak dhe….. cuaca hujan dan mendung apa mau dikata tunggu 7 tahun lagi dehhh… :(|

  113. WWWWWaaaaaaaaaaaaaa
    Solo hujan deras sekali…
    dari pukul 14.50 sampai malam…
    kesempatan untuk melihat gerhana terlewatkan “hanya” menikmati tetesan air plus suara halilintarrrrr.
    BTW, banyak masjid yang mengadakan shalat gerhana karena para takmir tahu kalau hari senin itu terjadi gerhana…

  114. jah.. aku masih di dalam bus waktu gerhana muncul.. gak bisa liat, awan di daerah cadas pangeran tebel banget..

    makasih pakdhe buat foto-fotonya…

  115. surabaya mendung pas terjadinya gerhana kemaren, nggak dapet foto2. kalopun dapet foto juga nggak bakal bisa sempurna, karena bukan jalurnya sih, hehe.

  116. Baguss …

  117. wah subhanalloh…..jangan lah kau soombong karena kamu rangking 5….. kekuasaan tuhan tak tertandingi…..

  118. yang penting ada gerhana,,heehehehheheheeeeeeeeeeee,,,,,,,,,,,dari pada nggak ada hayoooo

  119. di jakarta ga secerah kuala lumpur, pakde…untung ada foto jenengan 😀

  120. wah tidak masuk linknya, http://www.darmawan.co.nr

  121. di jogja malah tidak kelihatan mataharinya karena mendung. kalau ini ada foto2 diambil dari jakarta dan lampung. numpang iklan postingan ya mas 😀 –

  122. Tahniah, saya sempat lihat foto rakaman bapak aje..Kagum..

  123. Owh gtoe..
    Tp,dkotaq mendung..
    Jd g’ liat..

  124. pakdhe, di aceh juga seperti itu (gak banyak orang yang tau), eh pakde sempet foto bayangan matahari di bawah pohon gak? bagus lho biasanya…

  125. tadi gw jg Liat Gerhananya.. wktu gw banguin tdr sore,,,,,,,,,

    asli Bentuk Cin cin gitu,,,,,,,,,,,

  126. bekasi mendung mas!
    ngeliatnya di trik pake plastik disket
    Bisa kelihatan, nampak seperti bulan sabit selama sejaman, sampai bosen ngeliyatnya…

    twd

  127. Pa Dhe,
    “Mas Gerhana” nda lewat sini ya…(Masila, ROY)..sayang nda bisa lihat, tp untuk ada Pa Dhe ya..thx

  128. iya nih,,, di bandung awan nya tebel bgt,, sama sekali gk keliatan,,, kuciwa deh,, pdhl dah di tunggu2 dari desember,,, hm,, 😦

  129. haduh di daerah gw mendung+hujan padhe cape dhe 😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: