Perdebatan penyebab Global Warming masih “seru”


globalwarming.jpgKetika menuliskan Global warming ‘ngga bisa’ dicegah ! tentunya banyak yang heran dan menganggap aku ngga konsen dengan lingkungan. Sebenernya bukan itu maksud saya menuliskan mengapa Global Warwing takbisa dicergah. Yang lebih penting perlu diketahui adalah bahwa yang diperlukan adalah bagaimana persiapan dan kesiapan kita “menyambut” kedatangan perubahan iklim. Persiapan “menyambut” ini lebih penting dari mencoba mencegahnya.

Nah kali ini Pak Awang H Satyana kawan dari BPMIGAS berdiskusi tentang bagaimana Global Warming ini telah menjadi sebuah “perdebatan” seru antara yang mempercayai disebabkan oleh ulah manusia dan mereka yang percaya GW hanyalah proses alami. KEdua kubu tentunya saling “melempar” hasil penemuannya.

Kata Pak Awang akhir tahun lalu, telah mendiskusikan soal penyebab pemanasan global saat ini (current global warming) apakah disebabkan alam (natural) atau manusia (man-made). Pak Awang selanjutnya menceritakan baru saja selesai membaca buku Al Gore (2006) : An Inconvenient Truth : the Planetary Emergency of Global Warming and What We Can Do about It – Rodale, New York. Ini buku yang sangat bagus, ilmiah, sederhana dalam penjelasan, santun dalam mengelola perbedaan pendapat, dan mudah dipahami. Di dalamnya banyak sekali foto2 spektakular dan info grafis yang baik sekali. Tentu Gore punya akses luas selama delapan tahun (1992-2000) sebagai wakil presiden AS ke lembaga-lembaga ilmiah di Amerika dalam mengumpulkan data yang ditampilkan dalam buku setebal 327 halaman ini. Buku ini sekaligus juga menjadi semacam otobiografi Al Gore karena Gore menganalogikan kepeduliannya kepada lingkungan sebagaimana kepeduliannya kepada keluarganya.

Buku ini merupakan the 1st New York Times Bestseller. Buku ini juga merupakan pendamping (companion) film DVD berjudul sama yang diapresiasi dengan the Academy Award untuk the best documentary feature. Usaha pembelaan linkungan Al Gore selama ini pun diganjar dengan Hadiah Nobel untuk perdamaian.

Al Gore sangat memahami perbedaan pendapat soal penyebab gobal warming. Di bawah kepemimpinan George Bush-Dick Chenney semua yang diprakarsai soal lingkungan selama masa Clinton-Gore benar2 dibalikkan. Secara ringkas, bisa dikatakan bahwa Clinton-Gore berpendapat bahwa global warming adalah masalah serius akibat manusia, sementara Bush-Chenney memandang remeh global warming dan bukan karena manusia. Di dalam buku ini, diakomodasi perbedaan2 pendapat itu, ditampilkan fakta2nya, dengan pembahasan yang menurut saya : santun.

sunspot.gifSecara mudah perubahan iklim di bumi dapat dipikirkan adanya tiga penyebab, masing-masing berpikiran berdasarkan atas proses-proses yang terjadi bersamaan (korelasional) yaitu antara lain :

  • Akibat ulah manusia
  • Akibat perubahan sistem dari dalam bumi sendiri
  • Perubahan dari luar (astronomical) , misalnya perubahan sun-spot seperti disebelah kanan ini.

Pak Awang kali ini tak akan mengulas buku Al Gore terbaru itu, tetapi ingin “membenturkannya” dengan buku terbaru dari Sorokhtin et al. (2007) : Global Warming and Global Cooling : Evolution of Climate on Earth – Elsevier Amsterdam, yang ulasannya ditulis oleh Lee Gerhard di AAPG Bulletin edisi Desember 2007. Sorokhtin dkk menulis buku ini dengan prinsip “starting from first principles when examining a controversial topic is always a good approach“. Mereka mengakomodasi prinsip ini dengan ekstrim. Mereka memulai dengan teori komprehensif asal fisik dan atmosfer Bumi berdasarkan prinsip2 fisika dan geokimia. Mereka mengkuantifikasi proses2 ini dan memunculkan teori adiabatik evolusi Bumi. Perubahan iklim skala besar didekati oleh teori adiabatik evolusi atmosfer dan iklim, sementara perubahan skala kecilnya dikontrol oleh gerakan benua, daur Milankovitch, dan produk sinar Matahari.

Adiabatic Process

Sorokhtin dan kawan-kawannya menolak hipotesis bahwa global warming akibat manusia (anthropogenic). Menurut mereka, berdasarkan teori adiabatik ini, emisi gas CO2 dan gas rumah kaca lainnya yang luar biasa besarnya pun tak akan mengubah temperatur atmosfer global. Mereka juga menolak teori gas rumah kaca sebagai penyebab perubahan iklim. Menurut perhitungan berdasarkan teori adiabatik, mereka menyimpulkan bahwa di dalam waktu 600 juta tahun, kandungan oksigen di dalam atmosfer akan menyebabkan temperatur global meningkat menjadi 80 C, sehingga Bumi tak akan layak dihuni seperti sekarang.

😦 “Teori termodinamika tentang adiabatis udah lupa je pakdhe “

adiabatik.jpgTeori adiabatic ini mengacu pada teori termodinamika pada siklus kimiawi dari bumi itu sendiri. Rumitnya kandungan-kandungan gas didalam bumi sendirilah yang membuat perubahan siklus-siklus yang tidak sederhana. Proses adiabatis (no 3 dalam gambar disebelah ini) dahulu dipelajari ketiaka berbicara soal perubahan temperatur dan volume. Dalam proses adiabatik ini tidak ada kalor yang masuk maupun keluar, jadi teorinya bukan karena adnya penambahan kalor dari matahari seperti dalam gambar diatas. Proses adiabatis ini mestinya dipelajari sewaktu belajar teori thermodinamika kan ?

Sorokhtin dkk (2007) telah menantang teori gas rumah kaca sebagai penyebab perubahan iklim sebab menurut mereka teori ini masih belum cukup menjelaskan perubahan itu karena itu mereka menampilkan teori alternatif berupa teori adiabatik yang didasarkan kepada sistem dinamika Bumi.

Manakah yang benar antara Gore (2006) dan Sorokhtin et al. (2007) ? Kita bisa mengumpulkan informasi dan menganalisisnya sendiri serta menentukan pendapat pribadi. Pak Awang juga mengutipkan dua miskonsepsi dari Gore (2006) dari 10 miskonsepsi tentang global warming.

Misconception 1 “Scientists disagree about whether humans are causing the earth’s climate to change.” (hal. 308).
Komentar Al Gore : “In fact, there is strong scientific consensus that human activities are changing the Earth’s climate. Scientists overwhelmingly agree that the earth is getting warmer, that this trend is caused by people, and that if we continue to pump greenhouse gases into the atmosphere, the warming will be increasingly harmful.”

Misconception 3Climate naturally varies over time, so any change we’re seeing now is just part of a natural cycle.” (hal. 312).
Komentar Al Gore : “Climate does not naturally (extremely) change. By studying tree rings, lake sediments, ice cores, and other natural features that provide a record of past climates, scientists know that changes in climate, including abrupt changes, have occurred throughout history. But these changes all took place with natural variations in carbon dioxide levels that were smaller than the ones we are now causing. Cores taken from deep in the ice of Antarctica show that carbon dioxide levels are higher now than they have been at any time in the last 650,000 years, which means we are outside the realm of natural climate variation. More CO2 in the atmosphere means warming temperatures.

Di luar perdebatan itu, yang terbaik yang kita lakukan adalah mendukung dan melaksanakan secara pribadi dan keluarga usaha2 untuk menghemat energi. Sekecil apapun usaha ke arah itu akan tetap lebih baik dibandingkan ketidakpedulian. Hal2 kecil berikut adalah contoh usaha2 yang bisa kita lakukan : jangan boros menggunakan listrik di rumah, jangan boros menggunakan BBM, jangan boros menggunakan kertas. Usaha kecil yang akan berarti besar bila dilakukan konsisten dan masal.

😦 “Looh kok cuman diperdebatkan terus begini to Pakdhe, sakjane jadi enggak sih pemanasan global ini ?”
😀 “Hust ! … emangnya pertunjukan !”

Bacaan terkait :

153 Tanggapan

  1. udah pada nonton film The Great Global Warming Swindle belum????

    Kalo dibilang c film ini kya film tandingannya An Incovenient Truth, soalnya disitu dijelasin kalo peristiwa global warming yang dialami sekarang bukan disebabkan oleh manusia, tapi karena sunspot.

    Di situ juga dijelasin tentang grafiknya Al Gore tentang peningkatan karbondioksida yang linear dengan peningkatan suhu bumi yang ternyata dikatakan bahwa peningkatan suhu itu terjadi duluan baru diikutin sama peningkatan karbondioksida. Berarti peningkatan suhu itu bukan disebabkan peningkatan karbondioksida.

    Tapi belom meriksa lagi teori di film itu salah atau bener. Yang pasti menjaga kelestarian lingkungan itu perlu buat kebaikan manusia sendiri,hoho

  2. ikut menambahkan pak …

    Es kutub utara mencair ??? siapa takut …

    http://geourban.wordpress.com/2010/01/09/gosip-global-warming/

  3. dari tadi debat terus,jadi apa donk pengertian dari proses adiabatis itu ndiri????????????????????????????/

  4. Untuk mengurangi pemanasan global, mari kita kurangi CO2, baik dari kendaraan bermotor, listrik, ataupun industri. Saya membaca satu poster di salah satu industri elektronik besar di Bekasi, bahwa “setiap penghematan listrik 1 KWh = pengurangan CO2 sebesar 0,712 Kg”, berarti setiap orang bisa ikut aktif dalam mengurangi pemanasan global, paling tidak dengan menghemat pemakaian listrik setiap bulannya.
    Dari manakah penghematan signifikan yang bisa kita dapat? Menurut penelitian yang dilakukan oleh salah satu BUMN di gedung2 komersial, pemakaian mesin pendinginlah (AC, chiller)yang paling besar memakai daya listrik, sekitar 60-70% dari seluruh tagihan listriknya.

  5. Makanya, pada B2W (Bike 2 Work) dong, but ngurangin GW

  6. makasih yach atas infox…..mudah2an dgn membaca website ini kt bs lbh peduli akan GLOBAL WARMING !!!

  7. wah bahaya nih global warming::;;;;;;;;;;;;;;;;
    kamu tau ga bagaimana cara berobservasi dalam hal ke daulatan berglobal worming?????
    cos para penghangat kita sudah pada ga lg berkedaulat dalam menangani hal ini.
    ini merupakan hal yang perlu dijadikan manipulasi dan otonomi bagi kita untuk berkedaulat agar merubah riwaywt hidup dari hal yng tak ber kedaulat memerngi global worming, itu adalah berupaya menhhentikan penggunaan produk yang bersuasana APEC

  8. Salam sejahtera buat kalian.

    Saya Ricky bekerja di PT. GENDAINDO
    Mau jelasin sedikit untuk mslh “FREON” system pendingin A/C yang sangat berbahaya untuk bumi kita karna dapat mengancam mahluk hidup seperti kanker, membunuh biota laut, dan berbagai penyakit kulit. Sinar matahari tidak tersaring karena lapizan ozon mulai menipis. Inilah satu bagian dari ancaman pemanasan global di. PT. GENDAINDO sudah 1 thn hingga kini mendistribusikan DURACOOL Hydrocarbon refrigerant untuk MENGGANTI refrigerant sintetik (”FREON”), hingga berkembang pesat skrng. DURACOOL Hydrocarbon refrigerant yaitu diproduksi menggunakan mutu bahan hydrocarbon dan teknologi terbaik yang dapat di temukan di dunia saat ini. dan dengan bangga hadir di indonesia untuk menjawab setiap tantangan dan permasalahan yang di sebabkan oleh pengguna refrigerant sintetik (”FREON”)dan banyak banget keunggulannya di antara lain yaitu:
    1. Mampu mengefesienkan energi listrik (hemat energi).
    2. Tidak meningkatkan pemanasan global (non GWP).
    3. Yang pastinya tidak menyebabkan penipisan pada lapisan Ozon.
    4. tidak merusak setiap komponen pada sistem A/C, semua merek A/C bisa.
    5. Di produksi di Kanada.
    6. Pertama kali di dunia, teknologi Hydrocarbon dengan formula yang stabil.
    7. Menunjang kebijakan2 pemerintah dibidang penghematan energi dan penghapusan BPO (Bahan Perusak Ozon) dan GRK (Gas Rumah Kaca)..
    Sekali lagi yang penting, FREON yang kita kenal yang terdapat dalam sistem pendingin ternyata merupakan salah satu penyebab Ozone Depleting dan Global Warming hingga hal tersebut menjadi dasar regulasi pemerintah di berbagai belahan dunia untuk mendorong para produsen dan pemakai refrigerant agar melakukan PEMBATASAN dan PENGHENTIAN produksi dan pemakaian “FREON”.
    So’ LET’S CHANGE TO SAVE.
    Hanya dengan harga Rp.550 ribu* (Promosi)
    anda mendapatkan :
    1.Penghematan Listrik AC hinga 40%.
    2.Gratis cuci Unit AC selama 3 tahun. (pencucian setiap 3 bulan selama 3 tahun).
    3.Garansi untuk kompresor anda.
    4.Customer Service 24 jam
    Untuk Pemesana krim E-mail (rickyvai@ymail.com) untuk mendapatkan No Hp saya. bisa kunjungi web kami http://www.gendaindo.co.id

  9. Ini teori sedikit ngawur. Tapi biar gitu saya mungkin termasuk orang yang awal-awal paham pengertian greenhouse effect, ya. Ya soale 25 tahunan yang lalu dosen paporit saya udah cerita soal gituan, si. Gini, ini anggep aja teori saya bener:
    Global warming memang akan terjadi. Tapi itu saya perkirakan (kira-kira ajalah) cuma pada kisaran 4-5 Kelvin. Lha kok bisa? Lha iya masalahnya kan, kalo temperatur atmosfer bumi naik segitu, ya temperatur air laut juga akan ikut naik minimal 75% dari kenaikan temperatur atmosfernya (artinya sekitar 3-4 Kelvinan, kalo saya pake 4 – 5 K untuk atmosfernya). Lha terus apa yang terjadi? Yang terjadi adalah kemampuan air (laut) untuk menerima/melarutkan gas-gas rumah kaca ya tentunya naik, dong? Jadi nanti air laut juga bakal nyerapin itu gas-gas rumah kacanya. Ilang (kurang/turun) lagi kan, greenhouse effect-nya? Nanti prosesnya akan berosilasi. Naik-turun, gitulah. Jadi ya, gak bakalan itu temperatur atmosfer bumi naik terus-terusan. Hayo, gimana? Ya kalo soal menghemat energi mah, emang haruuus!

  10. kiamat sudah dekat,setan makin nekat,buruan tobat sebelum terlambat………………,karena global warming itu bumi makin panas dan itu berarti dunia neraka alias dunia tempat iblis bernaung semakin dekat,oleh karena itu………para dajjal didunia bersiaplah…….penghakiman semakin dekat…

  11. global warming berarti dah tanda-tanda nih dari Tuhan………….!
    makane,ayo semua pada Tobat…………pa pada mau nanti jualan es di neraka…………?????????????????hahahahahahahahahhahahahahaahahaha…………………….
    selamatkan bumi kita coy…….selagi masih sempet hidup

  12. […] PERDEBATAN PENYEBAB GLOBAL WARMING MASIH “SERU” […]

  13. tidak bisa dipungkiri bahwa manusia juga punya andil untuk itu karena keserakahan memperoleh kekayaan dengan mengeruk hasil bumi tanpa memperhitungkan keseimbangannya. makacih deh dgn peringatan global warming ini aku jadi sadar lingkungan gitu deh…

  14. knapa cie global warming itu ngaruh banget?? apa es di kutub sana bisa hilang karna global warming? kalo iya bisa habis dunk bumi kita jadi lautan……………

  15. hay hay….
    menurut gw soal global warming emang hrs dipecahkan maslahnya dengan mencegahnya aja kita udh saat membantu contohnya dengan ga ngelakuan nebang pohon buang sampah sembarangan hal kecil aja dl yg harus kita lakuin uda sangat membantu tuh
    hahahahaaahhaaaa
    btw gw mw ada gw anak PL II bekasi mw buat seminar global warming gt kira2 untuk ngundang yg penjelaskan tentang global warming siapa yah?trs nyari sponsor buat dananya ma sapa jg yah?
    mohon bantuannya yah
    maklum blm ngerti neh
    terima kasih

  16. beri rincian dong apa-apa saja penyebab global warming

  17. heemmtttttttttt……

    yang penting kurangi adja aktivitas yang dapat menyebabkan global warming pakk…..

    tinggal kasih tuh contohnya

  18. heemmtttttttttt……

    yang penting kurangi adja aktivitas yang dapat menyebabkan global warming pakk…..

    tinggal kasih tuh contohnya

  19. global warming bisa jadi adalah perubahan alam yang nyata dan harus kita hadapi??
    mungkin kalau keduanya di hubungkan antara alam dan kesalahan manusia tidak menutup kemungkinan saling mempengaruhi
    karna bumi ini sadah berumur bermilyar-milyar tahun maka alam sudah letih dan ingin istiharat he he he
    kini manusia tidak mememikirkan apa yang di raakan bumi kiatatercinta ini
    manusia hanya memikirkan kesenangannya sendri tanpa tau dampak yang berakibat fatal

  20. […] Global Warming??? Maret 30, 2009 Posted by hasnauzzakiyah in Uncategorized. trackback Perdebatan penyebab Global Warming masih “seru” […]

  21. pakdhe, I think we should use or re-use the tools that we have previously used, such as plastic, plastic bottles or glass bottles, paper, or the other. the main things that cause greenhouse gases is growing …

  22. Global Warming itu nyata, apalagi kalo dipandang dari hukum Thermodinamika, lihat catatan saya di http://trihidayatno.wordpress.com/2008/11/19/thermodynamics-of-global-warming/

  23. terima kasih atas infonya telah memberikan tambahan wawasan keilmuan

  24. Jakob Soemardjo, dalam bukunya Estetika Paradoks mengatakan bahwa, “jika hutan rusak maka manusia juga akan rusak, jika hutan mati maka manusia juga akan mati”. masyrakat indonesia cenderung hidup hanya bergantung pada alam, sifatnya hanya mengkonsumsi. setelah hutan digunakan kekayaannya, ia dibiarkan begitu saja. tidak pernah manusia berpikir bagaimana tuk menghidupkannya kembali, giliran bumi sudah senmakin krisis dan terjadi pemanasan global, barulah semuanya sibuk tuk menghidupkan hutan kembali.

  25. Global warming di STOP ??
    Gampang kok caranya.

    1. Biasakan kalo ngapelin pacar pake sepeda, jalan malam minggu juga pake sepeda. Karena bisa ngurangin asap polusi, trus bikin hubungan jadi romantis en akur. Si cowo dah ngayuh sepeda wat nganterin pacarnya makan en nonton. Si cewe ngelapin keringet cowonya sambil bilang “terima kasih ya sayang”.

    2 Dosen2,Profesor2, Guru2 Besar dan para Guru2 juga kalo pergi ngajar pake sepeda donk. Biar ngasih contoh ma murid en mahasiswa nya. Kan Beliau2 itu yang punya pengikut paling banyak. Guru kencing berdiri, murid kencing berlari.

    hehe…..

  26. nonton the 11th hour coba

  27. hallo coy,,,,,,,,,stop!!!!global warming.ockey coyyyyyyyyyy
    yy

  28. hayooo… jangan cuma bilang mau berantaass global warmingg tapi gakk di laksanain sampee sampe ee nama pemain band ajachh ada yg efek rumah kaca.hijau daun tapi tetep aja banyak rumah dari kaca anddd penebangan hutan sembarangan gimana coba mau menghindari global warming nnn itu harus di
    usut dengan jelas sejelas jelasnyaaaaaaaaaaaaaaaaa

    okeeeeeeeeeeeee

  29. Yachhh…. Gimana???

  30. ju2r nE y,TdNa aku bingung p tu Global WarmiNg.tp dG adaNa suatu Contoh,Lumayan lah deNk2 dikit.Hehee
    aku ada tugas tTg fashion deNgan Tema Global Warming.truz suruh buat Sub TemaNa,Tiap Sub Tema Buat 10 Desain gambar baju.Nah lewat nE ne aku minta penjelasan lewat apapun Deh.tapi lebih jelasNa E-Mail aku j.

  31. Hmm..gw sebenarnya ga ngerti apa itu global warming, kyknya kudu ada penjelasan lebih jelas dan lebih dekat ke masyarakat awam seperti gw ttg apa itu global warming, mengapa,dan apapun itu.. Yaa lewat apapunlah, iklan kek, radio kek, dll…
    Yg gw tangkep, pkoknya kita-kita harus berhemat dari segi apapun, biasakan mggunakan sesuatu ssuai porsinya.. buang sampah pada tempatnya, klo bisa kyk di Jepang gtu, masing2 jenis sampah dipisahin tempatnya, plastik ma plastik, botol ma botol,, kertas ma kertas.. intinya yang bisa didaur ulang dan tidak , di pisah! siapa lagi yang peduli ma bumi kita kalo bukan kita sendiri.. Indonesia udah terus2an dpt bencana, jgnlah kita menambahnya lagi… Setuju kan! Smoga smuanya bisa teratasi dengan baik!! Semangat akan kepedulian ok!! olypoenya@gmail.com

  32. bEtuL jNgn cMa di dEbatin tP di wjUdin jG dOng…. oiA Q mO bWt ikLan gLobaL waRming eUy.. tP bLm bNyak iDe kSh iDe dOng..Global warming terjadi akibat ulah kita (manusia) itu sendiri… dan juga disebabkan banyaknya persaingan baik dunia industri maupun teknologi.
    sehingga menyebabkan dampak-dampak negatif yang banyak menimpa keadaan lingkungan kita sendiri.
    sekarang, tugas kita adalah mencari solusi untuk mencegah terjadinya dampak2 negatif tersebut.
    dlam hal ini, di harapkan lebih kepada kesadaran manusia itu dan bertanggung jawab atas tindakan2 yang udah dilakukan.

  33. bEtuL jNgn cMa di dEbatin tP di wjUdin jG dOng…. oiA Q mO bWt ikLan gLobaL waRming eUy.. tP bLm bNyak iDe kSh iDe dOng.. Q mntA sUntikAn ide yA.. mAiL aJa kE dee_beck28@yahoo.co.id ditNggu mkSh sBLmx:)

  34. aku malah jadi bingung dan pusing!
    sebenarnya upaya apa yg bisa kita lakukan setelah seperti ini?
    semua itu telah terjadi . nah terus bagaimana?
    memang sulit mencari solusi yang benar2 pas untuk menghadapi n mencegas dampak negativnya itu
    gmn yah???

  35. Global warming terjadi akibat ulah kita (manusia) itu sendiri… dan juga disebabkan banyaknya persaingan baik dunia industri maupun teknologi.
    sehingga menyebabkan dampak-dampak negatif yang banyak menimpa keadaan lingkungan kita sendiri.
    sekarang, tugas kita adalah mencari solusi untuk mencegah terjadinya dampak2 negatif tersebut.
    dlam hal ini, di harapkan lebih kepada kesadaran manusia itu dan bertanggung jawab atas tindakan2 yang udah dilakukan.

  36. sbaikx Qta nyadar diri aja soalx inikan akbt ulah manusia sndiri so Qta hrs menerimax d9n lapang dada.

    usul zy agar negara2 besar dpt mengurangi emisi gas karbonnya agar pemanasan global dpt ditanggulangi atw paling tdk dpt m9hambat kehancuran bumi ini

    peace^_^

  37. manusianya kebanyakan, udah banyak…masih pada mo punya anak banyak lagi…

  38. oiiiiiiiiiiiiiiiiiii udahan global warming udah banyak yang menderita
    ^ ^
    ^

  39. G.Warming itu krn rotasi Bumi – Matahari yg tnyta Elips. Krn bntuknya Elips, jd posisi Bumi dlm kurun wkt tertentu berada di titik terjauh dr Matahari (pd saat zaman Es), utk sterusnya berjalan ke titik terdekat dg Matahari (fenomena G.Warming), tp ini diperparah dg klakuan manusia yg mrusak alam. Sharusnya G.Warming tdk (/belum) kita rasakan di zman ini. Dan klo kita jeli dlm pmbelajaran, dpt kita simpulkan, bhwa zaman Es dan G.Warming tidak hnya baru 1 x trjd di Bumi ini. Bumi ini sudah berulang-ulang x hancur dan terbangun, sbnrya ada byk bukti sejarah yg bisa kita pelajari, yg tnyata semuanya mengarah kpd “zaman kekosongan manusia” (kepunahan).

    G.Warming, adl sesuatu yg tdk bisa kita cegah, tp bisa kita tunda utk berbenah diri agar pnya cukup byk wkt utk membuat strategi penyelamatan umat manusia.

    Tau dr mana? hmm.. ada deeehh.. Kelak nanti para ilmuwan akan memperdebatkan ttg hal ini. Sekaligus jg ini akan mnjd penanda berakhirnya zaman materi. Kehidupan di Bumi ini akan ditutup dg sebuah zaman dimana selama beberapa generasi nilai spiritualisme manusia akan mencapai titik tertingginya.

    Tuhan Memberkati Bumi..

  40. aduh……….. panasssss …………
    np sc pd gk xadr bumi ne mo ancurrrrrrrrrrr !!!!!!!!!!!!

  41. salah satu pencegahan global warming mungkin di dunia ini sulit untuk dilakukan karen menurut saya hampir 80 % manusia merusak dengan sadar maupun tidak sadar. seperti halnya manusia lebih suka di depan rumahnya itu tanpa rimbun pohon dan sekarang pohon yang seharusnya besar di bonsay, mana bisa menghasilkan oksigen paling jg 5% dari yang seharusnya?
    salah satu tip untuk penyeimbangan adalah penanaman pohon, yaitu berupa bewara kepada setiap warga harus mempunyai pohon yang di paporitkan, atau di adakan penghargaan dari pihak pemerintah. seperti di gn. expres di sana sampah di hargakan 50 $ perkilo gramnya. itu merupakan motifasi untuk menjaga alam ini untuk masyarakat.

  42. wah..memang bener ya klo global warming ini tidak habis-habis nya di pebincangkan…sebagai orang awam tentang global warming saya pengennaya pakde…. adakah kemungkinan isu global warming ini TERMASUK SALAH SATU KONSPIRASI POLITIK SUATU NEGARA ???? TOLNG DI JAWAB JIKA ADA YANG MENGETAHUI INFO INI YA/…

  43. gitu aja ko repot
    kita harus sadar diri aja lagi

    sebagaian pendapat mengatakan
    “jadikan apa yang terjadi sebagai pelajaran bagi kita”

  44. satu referensi lagi..novel State of Fear-nya Michael Crichton

  45. gw setuju,gw yakin kok..satu org bisa buat perubahan!!makanya,pd sadar dooong………….
    yg pntg hrs dimulai dari diri sendiri,jgn gembor2 tp g da tindakan,,geetchu..

  46. GLOBAL WARMING ADALAH SATU KATA TERDENGAR SANGAT MENGERIKANN.

  47. Penyebab utama global warming :

    1.banyaknya peternakan-peternakan hewan di dunia ini
    2.penebangan pohon sembarangan
    3.polusi dimana-mana

    cara menangkal nya:
    1.jadilah vegetarian
    2.perbanyak menanam pohon
    3.pakailah teknologi ramah lingkungan

    untuk lebih lengkap nya lihat di:

    http://hernadi-key.blogspot.com

    info-info terbaru tentang global warming..

  48. Allah memang sudah mengatakan, tanpa manusia sadari Allah akan mengurangi kekuasaan manusia dari pinggir2nya/pantai-pantainya… (ada di Alquran, tp saya lupa ayatnya, ma’af ya..)
    Kebetulan saya tinggal di gunung, jd sy tidak terlalu khawatir, sekarang sy hidup mencoba untuk berbuat yang terbaik aja, beribadah, menjaga keseimbangan alam, mendidik anak, menjaga keluarga, bekerja..

  49. global warming should be stopped. and it our obligation. so……………………..
    ” KeEp oUr EaRth begin Nowwwwwwwwwwwwww……”

  50. s’baiknya pemerintah harus menegaskan lg kpd masyarakat agar mencegah global warming ato pemanasan global.dan gak ush ngbangun gedung2 or bangunan2 yg berkaca…………klu mau selAMAT…
    dan merawat hutan2 yg mash utuh..!!!key slm nak dorazzz…

  51. s’baiknya pemerintah harus menegaskan lg kpd masyarakat agar mencegah global warming ato pemanasan global.dan gak ush ngbangun gedung2 or bangunan2 yg berkaca…………klu mau selAMAT…

  52. Udah Deh Dari pada Kita Pusing mikirnya lebih baik kita Mencegah semua itu dengan pikiran yang positif and nga nyalahin orang lain karna kita harus sadari sebenarnya kita juga kan yang bikin begini Semua orang pun secara nga sadar sudah bikin polusi udara dan menghancurkan dunia tak terkecuali pemerintah

  53. ya sya cma mww blng jng cma hanya dprdbrkan lahhh!!!

    hruzz lah brsha tuk mncgahxx… klww ja smua mkhluk menyayangi lngkungnxx pastii g’ prlu lah memperdbatkan mslh GW niii!!!

    lngsng ja bertndak klw sblmxxx praa pnltii sdh dprkirakan kn trjd hal2 yng brdmpkn brk kpd bumi,, srta isi2xxx ya kn>>???

    hayoo; lah cpt brtndk dan hruzz truzz brsha!!!

  54. hi gw iktn ya.
    gw stuju pndpat loo pda

  55. saya kira global warming ada karena ulah kita sendiri.
    mungkin global warming tdk bs dhntikan lg tp kt bsa mncgah nya mnjdi lbh brbhaya.

  56. ehm,,, moga z bisa cepet diatasi ma kita2 y? coz kasihan banget beruang2 di kutup utaranya… pada silau gk dapt kaca mata entar! he,he,he
    padahal t ulah manusia juga kan????

  57. kalo mau perubahan harus dari diri sendiri

    baru lah menuntut orang lain ^^

  58. kalo mw tau sebenarnya apa penyebab global warming???

    penyebabnya adalah planet x yang lagi mendekati bumi…

    gw serius..!!!!

  59. global warming……..????????
    lg seru2″a to…..!!!!!! nah… kalo udh kyk gni sapa donk yg disalh’in….!!!! tnggung jwb donk… mka’a qta smw hruz ikut partisifasi atasi yg nma’a global warming…. partisifasi to gk hnya ditunjukkan dgn gembor2 nglakuin kampanye tpi bz dimulai dgn hal yg kcil dari diri sndiri….. sperti buang smpah pd tmpat’a truz gta smw jg mzti blajar menyayangi lingkungan…. tpi klo yg nma’a global warming itu udh gk bza dicegah lg….. yaw…. mw gmn lg domk….!!!! trima aja lg….. yg pnting kan rame2…..!!!!!

  60. rame nih bincang2nya!!!!!!!!!!!!!!!

    ikutan dong………!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  61. heh cangan pada ngemeng aja loe pada…
    emang apa yg loe pada udah lakuin ama bumi ini?
    NOTHING kan?
    makanya jgn pada munafik…

    by: gw anak Teknik Lingkungan

  62. aku orang yang paling enggak setuju ketika global warming hanya di perdebatkan apa lagi kita harus bersiap untuk menghadapi kedatanggannya……
    coba bayangkan anak cucu kita, tidak perlu jauh2 sodara kita yang perempuan ia sedang hamil ketika dia melahirkan ternyata anaknya tidak normal, dan coba bayangkan 10 TH lagi jika global warming yang kita tunggu itu sudah begitu parah maka sudah pasti kita takkan bisa mempunyai keturunan, dan penyakit dimana2…… jangan hanya merenungkan dan hanya memper debatkan. jika kalian semua mau menunggu tunggu saja saat kematiaan kalian

  63. woiiiii BBM jangan naik melulu donk
    hehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehehhhe

  64. partisipasi itu ga musti ikt koar2 kyk org kampnye tapi dgn nunjukin aksi qta,& it bs dimulai dr hal2 kecil yg bs qta lakukan sprt buang smph pd tmpty terUTAMA sampah plastik,klo belanjny dikit napa musti pke plastik dibawa pke tangan jg bisa,ya ga?gunakn plastik bekas yg msh bs dipakai.~!~!!!!!

  65. global warming!!!!!!!!!!!
    apakah anda sudah intropeksi diri mengenai permasalahan ini???????????
    jadi siapa yang salah ?????????
    apakah dunia ini sudah tidak mendapatkan kasih sayang dari penghuninya??????????

    duhh cup,cup,cup,
    nanti AQ kasih hukuman dech bagi sapa saza yang cuma ngomong doang,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  66. weiy… ane s’7 tuh ama mas ridwan!!
    emang pemerintah sbg yang punya andil ‘lebih’ sekarang juga harus kudu ikutan gerak…
    tp… wlaupu gt… qt jga ga bsa diem aza dunKK..
    al’a kan ne menyangkut masalah Qt cmua..
    qt jga kudu bantuin pemerintah jga..

    masalah pencegahan..
    aq rasa global warming bisa d cegah lho…
    dan pencegahan itu BISA qt lakukan
    BERSAMA!!

    cara’a??

    mengurangi emisi gas rumah kaca donk

  67. […] Lebih jelasnya baca artikel Pakde Rovicky tentang Perdebatan penyebab Global Warming […]

  68. hthtteh te ht t

  69. gila,,,,,,
    panas dahhhhhh…….
    gw percaya bgt tangan” manusia yg buat global warning ini…
    jd gak wajar kalo kta” pada ngelu..

  70. ouia stu lgi klo pda pnya tnggan jangan suka usil dng lahan2 kosong ok indonesia cinta damai,pikir dlu sblum brtinda(pke otak-bukan uang aja)

  71. wah seru nich?yach psan2nya klo pnya mata jgn lsng trgiur dgn lahan,(bkin gdung,apalah …),plgi skrng sdang marak ksus yg bru2 aja mncul yaitu yg didaerah jawa/kalimantan.klo bsa pemerintahnya jgan asal cuap2 tpi lsng brtindak khususnya toek departmen khutan,dan yg pling pnting adalah pran serta dri masyarakat dasn diri masing2.toek itu yuck kta cba toek mbuat satu team pnyuluhan k warga/ masyarakat.toek itu yuck breng kta adakan reboisasi di lingkungan kt ini indonesia,psan toek departmen khutanan jgan pandang buluh siapa dan siapa?itu bru di pndang kinerja anda.sender : nugros_ekka@yahoo com.012

  72. Kalau bukan ciptaan Tuhan, lah masak iya manusia bisa berbuat tidak atas kehendak Tuhan ?

    nanti dulu ada yang mau nglairin
    kaboooor !!!!

  73. untuk cucu waduk somad yg ada d bwh sana
    gw ga setuju!!!!
    global warming itu bkn ciptaan tuhan!!!!
    itu karena kesalahan manusia!!!!

  74. ass, hemmmmmmmmmmmmmm global warming y, emang kita lhat global warming adalah kesalahan manusia, banyak sekali kerusakan didunia ini gara ulah manusia, marilah saudara-saudaraku kita menjaga bumi kita yang tercinta, agar gak cepet kiamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat, ya gak apa-apa kalau udah banyak amal, kiamat I NO LAH. tapi sholat aja masih bolong2, makanya marilah saudara2ku kita saling memperingatkan agar kita menjaga bumi kita. wass WR WB

  75. global warming???????????
    hm…hm.. lg semark ya?? maknya pnya tngn jgn iseng ada phon yang bsa ngademin malh di tebangin..gni kan jadi nya mang gak capek ngipas2 trz..kepanasan jga kan ?? ini ulah lo semua olh karna itu tanggung rame2 lah !! klo dah kaya gini jagn maen salah2n y kan?? doa j lah mga ga mati konyol krn kepanasan hehehe..
    makanya tobat pintu maaf ko.. key

  76. […] Lebih jelasnya baca artikel Pakde Rovicky tentang Perdebatan penyebab Global Warming […]

  77. Bisa gak cy lou global warming tu di jegah dari ckRg,,
    Kn kcian anak_2 kita nanati lou gak bisa nikmatin indachna dnia gara” udra yang puamas banget…..

    buwat para pembabat hutan indonesia n dimana azach jgn pd serakah dwonk pikirin juga nasib kita”….

    qw pngen banget bisa brg” cma klian” mua cegah global warming tu dari hal yang terkecil skalipun….

    so…say no 2 global warming,,,,

  78. knapa cie.. kok panas banget…

    makanya orang2 jangan serakah ogg…
    kan jadi kaya gini..
    please do something 4 stop global warming

  79. iki opo maksudte????
    BBM munggah mneh regane!!!!

    mumet ndasku!!!
    pemerintah piye to!!!
    saduk sisan!!!

  80. saya sangat senang terjadinya global warming…!!!!
    dagangan AC saya laku keras!!!!

    jemuran cepet kering!!!
    POKOKKE MaK NyUUUuuUZZZZ!!!!!!

  81. ko’ yang ngasih saran” malah ngeributin tentang naiknya BBM cie……..?
    secara yachhh, kalo harga BBM ga’ naik
    terussssssss, siapa yang mau nanggung biaya itu semua??????????
    pemerintah gituuuuuu……….
    yaaaaaa ga mungkin lhaaaaaaaa…….
    atau kita nyuruh pemerintah buat minjem duit ke negara lain gitu, buat nutupin utang yang dah BEJIBUN……..
    kalo mao demo minta hara BBM turun mahhhhh, bukan ke gegedung MPR/DPR
    Tapi, konfrensi di luar negeri.
    kan indonesia bukan tempat kilang minyak
    yaaaaa, walaupun ada tempat”nya tapi kan kurang……
    heheheheheheheheh………………………

  82. kalo mau ngomomgin tentang global warming cie ga’ bakal ada abies nya, yaudah kita cuma tinggal pasrah aZa apa yang terjadi dengan kita nantinya.
    yang jelazz……., selama kita sendiri bisa ngurangin penyebabnya itu akan cukup ngebantu.
    yapz khan………..

  83. Menurut cinta bumi perlu kitawujudkan dengan sikap peduli. Aku yakin rekan muda mo untuk mencangkul sesuatu yang perlu kita usahain bersama, tapi aku bingung mo buat apa dulu ?So aku mo ngajak rekan sekalian urun ide… aku tunggu

  84. Menurutku, global warming perlu disadari dan segera ditindaklanjuti, tapi bingung juga apa yang perlu diprioritaskan sehingga aku jadi ngambang ???
    Tapi aku optimis bila rekan muda semua mo urun rembug bumi kita akan hidup.
    Jadi jangan asal ngerumpiin hal yang tak perlu tapi daya juang donk jangan sampe ilang…

  85. bbm mahal neraka bagiku.kasihan donk orang miskin kaya aku ni…………………. sialan napa juga pejabat gedhe naikin tu bbm.APA KATA DUNIA????????????????????????????????????????????????????????????????????????

  86. knapa BBM ada dan knapa mmahal HARUS BBM ITU NGK ADA KARNA BBM MBUAT POLUSI UDARA DAN PEMANASAN GLOBAL DAN PENYEBAB BENCANA DI TANAH AIRKU INI

  87. tolong donk skarang dikirimin pidato yang bagus mengenaitema hari kasih sayang lingkungan

  88. knapa jie….aku lg bantu emak …demo d dpn toilet umum DPR MPR,biar BBM di musnahkan sekalian…..biar g ada lg gas d bumi ini….AKAKAKAKAKAKAKAK

  89. aku jg g liat jie

  90. je…koe nang diii

  91. bumiku ….nerakaku

  92. apapun i2 global warming…..Pokoknya TURUNKAN BBM SKARANG JG!klo nggak ….aku bakalan g mau MAKAN minum Mandi N gosok gigi n gak mau bantu mami nyuci kali

  93. apapun i2 global warming…..Pokoknya TURUNKAN BBM SKARANG JG!klo nggak ….aku bakalan g mau MAKAN minum Mandi N gosok gigi

  94. apapun i2 global warming…..Pokoknya TURUNKAN BBM SKARANG JG!klo nggak ….aku bakalan g mau MAKAN minum Mandi N gosok gigi

  95. Hmm..gw sebenarnya ga ngerti apa itu global warming, kyknya kudu ada penjelasan lebih jelas dan lebih dekat ke masyarakat awam seperti gw ttg apa itu global warming, mengapa,dan apapun itu.. Yaa lewat apapunlah, iklan kek, radio kek, dll…
    Yg gw tangkep, pkoknya kita-kita harus berhemat dari segi apapun, biasakan mggunakan sesuatu ssuai porsinya.. buang sampah pada tempatnya, klo bisa kyk di Jepang gtu, masing2 jenis sampah dipisahin tempatnya, plastik ma plastik, botol ma botol,, kertas ma kertas.. intinya yang bisa didaur ulang dan tidak , di pisah! siapa lagi yang peduli ma bumi kita kalo bukan kita sendiri.. Indonesia udah terus2an dpt bencana, jgnlah kita menambahnya lagi… Setuju kan! Smoga smuanya bisa teratasi dengan baik!! Semangat akan kepedulian ok!!

  96. HIDUP INDONESIA……!!!!
    Indonesia makin gak jelas keadaan alam nya…!! cuma bilang ” kotor banget ci…!” tapi gak mau bersihin…!! cuma karna GENGSI…,!!!!

  97. Yah itu semoa pasti ada hikmahnya! qta cuman bisa berusaha,kalau itu memang sudah takdir! why not? qta gak bakalan bsa nolak sesuatu yang telah tertulis olehNYA,YA qta harus perhatian pada BUMI qta,dmana tempat beranjaknya manusia!

  98. setiap kejadian baik dengan muka baek atau garang pasti terdapat sesuatu yg dapat dipetik hikmahnya…salah satunya yg bernama global warming atau pemanasan global, bukan tidak mungkin global warminglah yg akan menganterkan umat manusia ke zaman keemasannya di saat terjadinya keseimbangan antara kecerdasan spirituak dan iptek karena di dalam global warming terdapat sebuah kecemasan dan harapan yg memaksa umat manusia untuk lebih care ma buminya itu..wawlo hualam

  99. fuaaaaaaaaaaaaahhhh…..

    apa ya, yang bisa kita lakuin buat ‘menghambat’ terjadinya Global Warming yang lebih parah….

    Kayaknya, kadang2 kita ngerasa susah ya, buat melakukan hal kecil yang sebenernya sangat berarti buat bumi kita tercinta enih…

    sebut aja,
    1. Membuang sampah pada tempatnya (sukur2 kalo dipisah sesuai bahannya)
    2. G nyalain ac kalo lagi g butuh…
    3. jangan bakar gabus, karena asapnya bakal memperparah global warming.
    4……….etc

    Tapi plis deh!

    Cobalah untuk melakukan satu dari buanyak hal yang dapat kita lakuin bwat menjaga kelestarian bumi kita tercinta ini!

    okey!!!!

  100. isiny oke banget baru kali ini ada web yang keren abizzz…..

  101. Assalammualaikum
    Hmmmmm, ngobrol tentang issu yang lagi marak yaaa. Bukan isu lagi dech, ngrasa g se, lo tangan kita dah pegel n mau copot za coz capek buat kipas-kipas. hehehe 🙂
    yoooo’ nanam pohon yooooo nanam_nanam. Lo udara seger sapa juga yang seneng. Kita kan…ato aku aja kali o enggak. hehehehehehe 🙂 Gak lah. Pastinya semua pada bahagia kan. Global Warming ya…hmm we are just a human being. Serahin aja dech semua pada Allah. Berdoa ya. Dah pada beribadah kan. Ye elah klo ibadah kita bolong, ya g bikin heran klo ozon juga berkerut gara-gara kita. Ayo dong. Go Greeeeeeeen!!!! Mari berdoa dan nanem pohon sebanyak-banyaknya. Ehem-ehem. Meroko dapat menyebabkan kanker, impotensi,…..DAN GLOBAL WARMING juga looo. Matiin tu rokoknya. Cayoooo. SEMANGAT. MAke a better place For US. Save our earth!Peace… 🙂 🙂 🙂

  102. Silahkan kunjungi http://www.ipcc.ch

  103. Sebenarnya caranya mudah…
    Lakukan saja 17-22…
    Matikan lampu di rumah anda minimal dua buah dari jam lima sore sampai sepuluh malam…
    Itu akan mengurangi pemakaian BBM..
    (kok jadi promosi program PLN sih??XD)

    Kalau mau lebih mudah, pakailah pembangkit listrik yang menggunakan bahan yang dapat diperbaharui, yaitu air…

  104. semoga penghuni bumi tiap pagi sempat berfikir “apa yang hari ini akan aq lakukan buat ngurangi si global warming” dan melaksanakannya….

  105. perbaikilah prilaku diri kita….!!!!

    itu yang lebih baik dari segalanya….!!!!!

    ‘☺♥’

  106. menurut saya globalwarming adalah masalah kita bersama. saat ini kita ga bisa acuh or ga peduli ma globalwarming.

  107. global warming mang masalah yg asik bwt diskusi
    aq kebetulan nyari bahan diskusi tentang global warming en ketemu tulisan ini.., yah lumayan lah nambah bahan bacaan…
    but aq lagi nyari tentang pengaruh pemanasan global terhadap masalah gizi yang ada skrg ini…, gimana seh sebenarnya dampaknya terhadap masalah gizi…

  108. waduh………………..
    kalo gto sya jga s’7 dengan kta2nya hesti,,,,,
    coz qta smw harus menjaga lingkungan ini karena kalao tidak maka se’isi bumi ini akan hancur secara perlahan2 jika qta tidak menjaga lingkungan sekitar kita………….

  109. Wah-wah parah banget ya………!!!
    yang jelas kita jangan cuma berpendapat….!!
    sah” aja kok kalau kita berpendapat & berbeda pendapat tapi yang jelas intinya sama jugakan….???
    so……..lebih baik kita mulai menyadari pentingnya menjaga lingkungan sekitar kita,,demi bumi kita tercinta….!!!
    upzzz…..! jangan cuma berusaha doang tapi jangan lupa pula untuk selalu berdo’a!!!

  110. hayuuuu,,,,,
    sama2 qta bertindak untuk bumi qta tercinta….
    hemat2lah memakai listrik, kertas, tissue, air, pokoknya smw nya de,,,,,,
    jaga kebersihan lingkungan juga,yupzz….
    CHIAYOOOO….
    SEMANGAT……

  111. […] Perdebatan penyebab Global Warming masih “seru” Perdebatan penyebab Global Warming masih “seru” […]

  112. Karena berbicara kwalitatif jadinya berlebihan..o2 yang diasilkan dari penebangan hutan itu jauh lebih kecil dari CO2 yang dihasilkan oleh mesin2 industri..pembangkit listrik..kendaraa..darat..laut..uara..kemudian gas CO2 itu lebih berat dari udara…., thus akan banyak tereduksi dengan air hujan dan air tanah..menghasilkan asam karbonat.naiknya suhu bumi kira1 1 derajat Celcius dalam 22 tahun. jadi kalau anda lahir sekarang maka nanti kalau meninggal kira2 suhu dunia naik 4 derajat Celsius.

    Soal es/gunung es/ floating ice body in the poles yang mencair ? Takut ? Ingat ilmu fisika, kalau segelas air dikasih es batu.dimana es batunya menonjol..maka kalau es batunya lumer..maka volume airnya akan tetap satu gelas penuh…tidak akan luber. Mungkin es abadi yang didarat yang digunung2 yang akan luber dan membanjiri daratan yang rendah disekitarnya…

  113. saya kemarin baru saja menonton film inconvinient truth (sangat direkomendasikan utk ditonton) dan 1 kata “Wow” dengan perubahan iklim yang terjadi secara sangat drastis dalam 20 tahun terakhir ini..penebangan liar, penggunaan materi2 yg menghasilkan CO2 hampir tidak dapat “dihambat” perkembangannya apalagi dicegah..pertumbuhan CO2 tidak seiring dengan pertumbuhan hutan2 di dunia malahan sebaliknya..lihat saja Indonesia..jika keadaan tidak berubah, hutan di sumatera diperkirakan akah habis dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan..suatu hal yang tragis di mana para pengusaha a.k.a “maling” hutan hanya memikirkan untuk memperkaya diri tanpa pernah memperhatikan efek negatif terhadap lingkungan..saya berharap pemerintah dapat bertindak secara tegas terhadap para pelaku ilegal logging ini..
    Mari kita selamatkan bumi dari sekarang..let’s go green..minimalisasikan penggunaan materi2 yang menghasilkan CO2..

  114. global warming!!
    meski bidang kuliah saya tidak berkaitan secara langsung dengan global warming tapi ngeri juga,
    soalnya ngebayangin klo bumi kita ini bener-bener penuh air lalu kita mau tinggal di mana!!
    meski global warming adalah masalah dunia tapi ngeri mengingat indonesia sudah penuh dengan bencana
    pengalaman yang mengerikan mengingat gempa bumi di yogya, 27 mei 2006 silam…
    klo bisa mari kita cegah global warming yang berkelanjutan!!!!
    setidaknya untuk 1000 tahun kedepan sehingga global warming tak memicu kiamat!!! lho, kok jadi ga beriman!!!!he..he…

  115. film nya asik n ga ngebosenin seperti film dokumenter kebanyakan. Oya, Pak Dhe… permisi ya… saya mau minta tulisannya pak dhe ini buat tugas mata kuliah falsafah iptek.
    matur nuwun…

  116. Baik manusia maupun alam punya peran dalam masalah global warming, peranan alam disini adalah gunung berapi yang mengeluarkan gas yang dapat mengakibatkan efek pada atmosfer dan ini tidak dapat kita cegah. Sedangkan manusia memiliki andil paling besar masalah ini dan ini yang dapat kita kurangi.

  117. hmm… emang bener yahhh klo sebagian dari manusia yang ada diplanet bumi ini akan di pindahkan ke planet Mars????? duhhh disana kan serem… banyak meteor jatuh, angin topan,,, aduh mending di bumi deh… walaupun skrg sdangsakit krena GW, tapi jangan ditinggalin gitu ajah….. klo perlu ancurin aja sebagian gedung2 tinggi… trus nnti ditanamin pohon dech….. trus buat juga undang2 batas kepemilikan mobil atau motor pribadi… selain menyebabkan GW juga bikin Macet… yang pada akhirnya menyalahkan BUSWAY!!!!!!


  118. santai ja dech
    klo mank dah terjadi ywdah…..
    kita nerima pa adanya

    Take it easy

  119. santai ja dech
    klo mank dah terjadi ywdah…..
    kita nerima pa adanya

    Take it easy

  120. memang menyadarkan orang itu susah, kalau dikasih tahu malah nyuruh-nyuruh kita…seakan kita terdakwa, pengacau…yah begitulah sebagian masyarakat kita masih berpedoman “usul mikul”tapi kalau sudah kena batunya baru meratapi dan menyesali yang tak ada gunanya…..

  121. banyak orang dikasih tahu tentang bahaya global warming tapi malah menyepelekan itu yang paling berbahaya….

  122. Benar” nakutin ya,.
    Tapi yang lebih nakutin lagi, banyak yang mazih kurang perduli dengan zi global warming itu zendiri (termazuk zaya juga..)

    Zaya baru zadar ancaman global warming yang zezungguhnya zetelah membaca uraian di ataz,.(maklum zaya mencari informazi ini karena tugaz zekolah) ^_^

    Teruz haruz gimana dunk Pa…

  123. apakah global warming dapat dicegah…..?
    ?_?

  124. wah harus di cegah ni

  125. jakarta banjir sulsel kekeringan..huehehe.. ^_^

    emang global warming ga bs dicegah, tp msh bs d hambat kan y??
    gw aja skrg kurangin produksi sampah plastik n pemakaian kendaraan bermotor ;p

    btw klw mw diskusi ttg global warming ke topix.net ja key word searchny: global warming

    dulu gw smpt baca2 ttg plan-B nya global warming, mayan lah wat nmbh pengetahuan ^_^

    *damai*

  126. Berbicara tentang Global warming, kita harus ingat teori sebab-akibat. Tuhan memberikan alam ini untuk kita kelola dengan baik, ketika kita tidak melakukannya dengan baik, maka yang akan terjadi adalah kehancuran.
    saya teringat waktu SD , waktu itu mentri Lingkungan Hidupnya Bapak Emil salim, guru saya menyyingkat namanya menjadi, Engkau Mesti Ingat Lingkungan sampai Alpha Lingkungan Itu sumber Malapetaka.
    pesan guru saya ini terus saya ingat apalagi ketika semua orang pada ribut tentang Global Warming.
    ketika kita hidup tidak memperhatikan tentang keseimbangan, maka itu akan menjadi bencana untuk kita. yang terpenting sekarang adalah, mari kita kelola Bumi kita ini sebaik-baiknya.
    ok,

  127. another interesting discussion. kalu bicara hal global warming, rasa menakutkan se-olah2 dunia akan kiamat. hal yang demikian, kesan saya serupa sewaktu jaman perang dingin antara blok amerika dan blok soviet abad lalu (syah! jadi keren bahasanya) di eropa. tayangan tv dan mass media waktu itu, tiada hari tanpa berita ancaman2 yang mengerikan. toch manusia cukup arief, perang dingin ga jadi perang dunia. tapi sekarang ini, jenis perang yang sangat berbeda. pertanyaannya, apa betul akhir abad yang lalu bisa pecah perang nuklir (I don’t have the answer.), dan sekaranh ini apa betul akan terjadi pemanasan yang mengerikan bagi bumi kita. ya, bo, kalu masih seribu tahun lagi, ya, urursan nantilah, itu urusan cicit2 kita. mungkin waktu itu dengan pengetahuan nanotechnology ataupun technotelepathy (yang terakhir istilah karangan sendiri lho!) akan menyelesaikan kemungkian malapetaka. TETAPI bila kita dijejelin terus di mass media dengan berita, se-olah2 besok di depan mata akan mendadak panas dengan istilah (keren) global warning. Wah rasanya berita seperti ini agak “menteror” ketenangan hidup orang. padahal saya belum memiliki pendirian apa betul itu global warning ada atau tidak. beberapa waktu lalu memang saya pernah mendalami hal tersebut. ya, maklumlah orang awam, sekedar belajar dari perkembangan berita dunia. memang dunia kita ini sangat dinamis, tanpa berita hangat, hidup rasanya jadi sumpek.
    sekedar kometar.

  128. Anas,
    Dimana lombanya ?
    Iya nih, mestinya Pakdhe ikutan 😛

  129. Pak dhe ikutan lomba nulis tentang global warming ga? lumayan pak hadiahnya sekalian kampanye.

  130. Global Warning!!! Harus memang diwaspadai. Kita sebagai negara berkembang yang terkena imbas dari masalah ini patut mencegahnya!! AS dan Australia adalah dua negara maju yang banyak menyumbang atau mengeluarkan gas emisi CO2 yang bisa membahayakan umat manusia! Save the world today!!!

  131. Sebagai seorang Chemical Engineer, saya pernah belajar tentang Entropi (derajat ketidakberaturan alam semesta). Entropi akan semakin tinggi jika semakin banyak Energi yang dilepaskan pada sistem.
    Kalau kita memandanng sistem-nya adalah Bumi, maka dengan semakin meningkatknya energi, akan semakin tidak beraturan bumi kita. Dan inilah salah satu sumber berkembangnya “Teori Chaos”. Buktinya: musim yang tidak lagi mengikuti Pranatamangsa, makin byk Tornado di US (terus terang namanya keren2).

    Salam,
    Mas Tri dari Pakem, Jogja (Tapi lagi waras sekarang)

  132. global warning???
    Q rasa sebagian besar itu ulah manusia dehh….
    Klu mslh global warning,,,kita serahin aja deh ma yang d atas apa yang akan terjadi selanjutnya,…
    Tapi kesalahan yang telah kita lakukan yang mengakibatkan global warning ni jgn di ulang lagi untuk yang kesekian kalinya…

  133. Global Warming itu masalah siapa sih ? Masalah negara maju atau negara berkembang ? Koq yang jadi korban selalu negara berkembang. Negara berkembang di kasih dana sekian miliar untuk menjaga lingkungannya, sementara negara maju (karena merasa sudah membayar) justru seenaknya mengeksploitasi alamnya.

  134. global warming berpengaruh atau tidak terhadap perubahan cuaca di bumi ini.yang jelas cuaca sekarang tidak bisa diprediksi lagi dan seringnya menimbulkan bencana besar.kesengsaraan bagi umat manusia.
    perubahan cuaca juga menyebabkan kedelai jadi gagal dipanen, kedelai jadi melangit harganya.tahu dan tempe yang menjadi santapan tiap hari jadi hilang dari peredaran.mau makan apa nantinya???
    SAATNYA KITA PEDULI dengan bumi yang menjadi tempat hidup kita selama ini.mari kita merawat dan menjaganya.
    kan kita sudah dijadikan ALLAH sebagia kalifah di bumi ini.

  135. Sejak tulisan Pakdhe tentang perbedaan pendapat dengan Al Gore, ada hal yang membuat saya penasaran.

    1) Dari dua kubu ini, mana yang Pakdhe pribadi anggap benar?
    2) Apakah memang gerakan pengurangan emisi tetap akan sia-sia kalau memang global warming ini penyebabnya alam itu sendiri?
    3) Apakah suhu bumi yang semakin panas (kalau dikira-kira kita bandingkan dengan beberapa tahun yang lalu) ini bisa diturunkan kembali kalau memang global warming ini penyebabnya alam?

    Karena dua kubu ini masih sibuk berdebat, aku jadi berpikir keuntungan dan kerugiannya masing-masing. Dan aku jadi berkesimpulan bahwa resikonya cukup besar untuk mengabaikan global warming ini. Sementara resiko runtuhnya perekonomian akibat pengurangan emisi yang terburu-buru sepertinya bisa dikurangi dengan melaksanakannya tanpa terburu-buru dan adil buat semua pihak..

    Duh, maap ya Pakdhe, pertanyaannya amatiran 😀

  136. yah banyak2lah berdoa dunia ini semakin mendekati ajalnya. tapi kayaknya tuhan masih mau bermurah hati asalkan………….

  137. wah serahkan aja pada pakarnya! maksud saya Tuhan. kita hanya wajib berusaha!ya kali aja bumi masih punya umur seribu tahun lagi. sekarang lagi sakit kali!

  138. z tidak bisa berkata apa2 ttng pemanasan global..
    tp yang pasti,,itu bisa jd bahan renungan bwat qta smua!!!
    apakah kita mau berbuat sesuatu atau tidak sama sekali….

  139. wah saya jadi kembali ke sekolah..
    *siapkan buku utk mencatat*

  140. global warning,makanya cepet2 cari planet laen buat dihuni,entar klo bumi dah ancur(namanya juga manusia,bisanya cuma ngerusak dan yg ngerusak itu slalu lebih banyak daripada yg memelihara) kan bisa pindah tuh.hehehe.

    “klo ga sempet nyari…?”
    “yaa kiamat deh….”

  141. wah,ilmu bermanfaat ni

    *gelar tikar,baca*

  142. Hmm… mau nulis tentang global warming jadi mikir-mikir lagi nich pak..

  143. Pakdhe.. sekarang lagi seru-serunya global warming. Hari ini aja panas banget!
    mungkin ga sich kita mendinginkan bumi kita lagi?
    bikin lemari es raksasa gitu kek ^^. tapi sama aja ya pake freon.

  144. Pakdhe.. sekarang algi seru-serunya global warming. Hari ini aja panas banget!
    mungkin ga sich kita mendinginkan bumi kita lagi?
    bikin lemari es raksasa gitu kek ^^. tapi sama aja ya pake freon.

  145. Udah nonton sih film An Inconvenient Truth, yang saya ngerti pokoknya jangan boros. Btw tentang hemat kertas, saya denger di India bila tesis atau karya ilmiah kalo salah sedikit bisa dibetulkan dengan tulisan tangan supaya irit kertas, kayaknya perlu kita tiru tuh. Biasanya para dosen kalo salah 1 huruf aja suruh bongkar tuh. Semoga sekarang gak gitu lagi 🙂

  146. yang terbaik adalah
    tingkatkan rasa takut dan ketakwa-an kepada ALLAH
    pemanasan Global juga adalah makhluk, ciptaan ALLAH.

    saat ini manusia sudah tidak takut lagi pada Tuhan nya, ALLAH Subhaa nahuwataala, maka makhluk makhluk ciptaan ALLAH pun berubah sifat nya menjadi aneh dan membingungkan serta mengancam manusia.

  147. slightly,
    it’s just about how to
    move from history illusion
    to future improvement.
    ya iyalah…
    pakdhe,ada lagi yg baru tuh
    bukunya al.
    kalo ga salah judulnya
    assault on reason

  148. Saya setuju kalimat yang terakhir Pakdhe, ada tidaknya pengaruh global warming tidaklah harus menghentikan usaha2 penghematan (pemanfaatan secara bijak) tadi……
    OOT nih, saya ketemu dua temen dari China, ketika ngomong soal keluarga saya kaget ketika mereka bilang mereka anak tunggal – trus saya diingetin soal kebijakan “satu anak” itu. Hm….jadi miikir, apa yang seandainya terjadi kalo kebijakan itu ndak diterapkan ya?
    Mungkin Pakdhe mau menganalisa?

Tinggalkan komentar