Faktor-faktor penentu besar kecilnya gaji


Apaan sih gaji?

Soal gaji ini selalu menarik walaupun seperti yang aku bilang bahwa gaji itu porno. Kali ini untuk mempermudah maka kita definisikan saja “Gaji bulanan adalah angka nominal uang yang tertulis didalam slip gaji yang diberikan setiap bulan“. Ada banyak faktor yang mempengaruhi besar kecilnya gaji seseorang. Selain ditentukan tawar-menawar sewaktu melamar kerja, dibawah ini hanya list apa saja yang membedakan gaji seseorang dengan orang lain.

:( “Wah, sudah akhir tahun nih Pakdhe. bentar lagi naik gaji. Biasane Pakdhe habis naik gaji trus nraktir, kan ?”

Besar kecilnya gaji seseorang dapat dikira-kira atau ditentukan oelh faktor-faktor antara lain :

Jenis profesi

Gaji seorang engineer (tehnis) akan berbeda dengan gaji seorang lawyer (hukum) . Dalam satu perusahaan minyak, sesama fresh graduate bisa jadi gaji engineer akan berbeda dengan gajinya orang finance. Namun di “lawfirm”, atau lembaga bantuan hukum bisa saja gajinya lawyer (ahli hukum) akan jauh lebih bersar dibanding finance (keuangan). Hanya saja bisa terbalik ketika di perbank-an

Posisi dalam perusahaan

Posisi ini bisa berbagai macam cara pandangnya. Misalnya manajerial vs bukan manager (tehnikal). Dalam banyak perusahaan posisi manajer biasanya mendapatkan porsi gaji dan fasilitas (benefit) yang lebih karena keputusannya dianggap lebih mempengaruhi jalannya (untung-rugi) perusahaan. Namun dalam perusahaan moderen sekarang sudah lain bisa saja berbeda. Perusahaan-perusahaan berbasis teknologi kebanyakan sudah menghargai para profesionalnya. Gaji seorang manajer engineering bisa saja hampir sama dengan konsultan engineer-nya.

Posisi ini bisa juga dalam artian departemen atau bagian. Ada bagian-bagian dalam sebuah perusahaan yang rata-rata pekerjanya bergaji lebih walaupun dalam skala yang sama. Hal ini sering terlihat pada perusahaan yang

Jenis industri/usaha

Setiap industri juga memiliki struktur penggajian yang berbeda. Disebelah kanan ini menggambarkan variasi besarnya gaji seorang lulusan dalam bidang ilmu science dan engineering. Setiap jenis usaha memiliki rentang gaji yang berbeda-beda. Hal ini akan sesuai dengan skala pekerjaannya, waktu yang diperlukan seseorang, tanggung jawabnya, dan besarnya pengaruh keputusan berdasarkan hasil kerjanya.

Di industri migas keputusan seorang finance manajer mungkin berbeda dengan keputusan geologi manager nya. Namun seorang yang berpengalaman 10 tahun sebagai geologist tidak sama dengan ahli ekonom di bank tersebut, walaupun pengalamannya sama-sama 10 tahun, kan ?

Lama kerja (pengalaman)

Jelas semakin lama pengalaman kerjanya akan semakin tinggi nilai jual seseorang. Namun yang perlu diperhatikan bila anda seorang recruiter ketika membaca pengalaman kerja.

Menggambar design mobil lengkap, mungkin memerlukan waktu 1 tahun. Ketika seseorang berpengalaman kerja selama 10 tahun dimana selama 5 tahun hanya menggambar kursinya saja. Apakah disebut berpengalaman 10 tahun mendesign mobil ?

Lokasi bekerja

Bekerja di luar kantor seringkali terkesan bekerja fisik yang keras, dan sedikit memerlukan otak. Dimana akhirnya sering terlihat pekerja di luar kantor posisinya lebih rendah dari yang duduk manis di kantor. Dengan demikian pekerja kantor akan memiliki gaji lebih besar ketimbang pekerja di luar kantor. Namun dalam industri tertentu salah satunya migas justru yang bekerja di luar kantor seringkali mendapatkan fasilitas khusus sebagai pengganti kenyamanan bekerja di kantor. Ada yang disebut “Field Allowance” ada yang menyebutkan “Out of town allowance”. Allowance atau tunjangan tambahan ini tidak sama disetiap daerah. Ada yang memberikan dalam bentuk prosentase dari gaji, ada pula yang fixed.

Status pekerja

Status pekerjaan ini dapat sebagai pegawai tetap, pegawai kontrak waktu tertentu (PKWT), ada pula pegawai dari kontraktor (consultant). Pegwai kontrakan level dibawah (non-staff) ini biasanya gajinya lebih kecil dibanding pegawai tetapnya. Namun untuk level staff keatas seringkali justru yang pekerja kontrak bergaji lebih besar ketimbang pegawai tetapnya.

Selanjutnya ….

Tunjangan dan benefit lainnya … diterusin setahun lagi :P

:( “Whadduh Pakdhe …. kok setahun lagi ?”
:D “Jogja hujan terus thole …. mau ke Vidi-net Jalan Kaliurang ini jadi basahhh kuyuppps :P

Bacaan terkait:

About these ads

25 Tanggapan

  1. sy mau tanya apa kah arti dari sistem pengupahan & hubungan upah dengan kepuasan kerja

  2. terima kasih atas bantuanya, saya sedang mencari-cari defini gaji untuk pelengkap artikel saya, apakah teman-teman punya refrensi alamat yang bagus buat saya….

  3. kapan ya aku gajian ????
    salam kenal…

  4. “Jogja hujan terus thole …. mau ke Vidi-net Jalan Kaliurang ini jadi basahhh kuyuppps”

    Subhanallaah!
    Tulisan-tulisan seilmiah yang ada di blog ini dipublish melalui warnet? Semoga memberikan manfaat yang tak berkesudahan.

    Jazaakallaahu khair.

    Salam,
    DiN.

  5. Sigit,
    Daftar gaji yang aku punyai sudah jauuh … sudah obsolete alias sudah basi. Yang aku dengar kemarin ketika pulang kampung akhir tahun katanya range gaji di oil co di Jakarta sudah “disetarakan” dengan gaji di Timur tengah, bukan hanya disetarakan dengan region Asia saja !!. Artinya gaji pegawai “setara” ini bukan berarti angkanya sama pleg ! Karena kalau di ME (Middle East) orang Indonesia mendapatkan fasilitas expat sedang orang lokalnya ya ga dapet juga. Tetapi range gaji oil Co sudah naik jauuh banget setelah harga minyak akan menapaki hingga 100 USD/bbl.
    Konon katanya, range gaji di oil Co di Jakarta harus meningkat hingga ditasa 40%, kalau tidak maka akan terjadi exodus pada saat harga minyak mencapai tiga digit !

  6. Dear Pak Dhe,

    Punya list daftar gaji di oil company yang update beserta lama kerja nya gak…

    Kalo ada, bisa dikirimkan lewat japri dong…

    terimakasih

    Salam
    Sigit

  7. Gajiku cuman satu, aku cuman kerja di “satu” perusahaan, makane gajine yo cuma satu ini thok :D

    RDP

  8. jadi kesimpulannya….gajinya pakde berapa??? ;)

  9. Menentukan gaji yang benar adalah berdasarkan sistem bagi hasil secara proporsional berdasarkan kontribusi individu terhadap keuntungan perusahaan secara materil dan non-materil.

    Pemilik perusahaan tidak memperoleh keuntungan tetapi memperoleh gaji dari kontribusinya menyediakan barang modal dan pendirian perusahaan.

    Untuk ini, perlu ada sistem untuk menentukan nilai dari setiap jenis kontribusi baik dari pemilik modal dan pekerja.

    Jawaban RDP : Ya setiap perusahaan ada yang memberikan upah berdasarkan kontribusi. Namun ini mestinya dihitung atau diberikan setelah keuntungan perusahaan serta kontribusi diketahui. Biasanya bentuknya bukan gaji bulanan (bukan gaji tetap) tetapi diberikan dalambentuk BONUS. Gaji biasanya ditentukan sebelumnya, tentunya ini akan sangat kompleks dalam pemberian gaji bulanan nantinya karena keuntungan baru diketahui pada akhir tahun tutp buku

  10. Hi Anton,
    Bisa saja gaji bag marketing lebih dr engineer, tergantung bisnisnya. Di perusahaan tertentu seorang marketer harus pernah menjadi engineer, supaya lebih piawai dalam menjual.
    Tapi biasanya marketing ini dapetnya bukan gaji, mereka mendapatkan “bonus” kalau laku. Gaji bulanannya mungkin kecil, tapi bonusnya sesuai kerjanya besar. Kalau engineer di kantor bonusnya mungkin hanya bonus tahunan saja.
    Membandingkan gaji akan berbeda dengan membandingkan “penghasilan”. Membandingkan “penghasilan” tahunan mungkin akan juga menarik, bukan sekedar gaji saja, bonus, benefit, fasiltas dll sering tidak diperhitungkan dan dibandingkan dengan baik.

    Aku udah pindah kerja 2x dan semuanya lebih menghargai marketing daripada engineernya. COntoh kita para engineer bekerja mati”an banting tulang untuk melayani customer tapi biasanya yang dapet nama dan penghargaan malah para marketing :D gak taulah gimana kebijakan para si Big boss :x Mungkin udah hukum alam :cry:

  11. Plus bos nya suka nggak kasih gajinya…. :)

  12. kenapa tanggal 1 bulan depan harus merah?? gajianku jd di undur dech :(

  13. Hi Anton,
    Bisa saja gaji bag marketing lebih dr engineer, tergantung bisnisnya. Di perusahaan tertentu seorang marketer harus pernah menjadi engineer, supaya lebih piawai dalam menjual.
    Tapi biasanya marketing ini dapetnya bukan gaji, mereka mendapatkan “bonus” kalau laku. Gaji bulanannya mungkin kecil, tapi bonusnya sesuai kerjanya besar. Kalau engineer di kantor bonusnya mungkin hanya bonus tahunan saja.
    Membandingkan gaji akan berbeda dengan membandingkan “penghasilan”. Membandingkan “penghasilan” tahunan mungkin akan juga menarik, bukan sekedar gaji saja, bonus, benefit, fasiltas dll sering tidak diperhitungkan dan dibandingkan dengan baik.

  14. gaji engineer mesti kalah sama gajinya marketing..
    apakah itu hukum alam :D

  15. Hi Rotagon
    Wah kalau jumlahnya aku ga tau pastinya lah. Aku hanya mau memberikan gambaran sederhana saja. Terutama utk supaya diketahui bahwa mengapa berbeda antara satu dengan yg lain.
    Tetapi kalau status kerja PKWT (kontrak) tentunya benefitnya tidak sama dengan yg permanen dan beda dengan yg statusnya konsultan. Pekerja kontrak yg nonstaff sering lebih rendah dari yg permanen walopun sesama nonstaff. Tapi kalau kontrak yg staff-sr. Staff justru banyak yg lebih tinggi dr yg permanen. Cara ngitungnya spt yg ada di link “menghitung gaji konsultan”

    Kalau pekerja kontrak benefitnya ada yg dihitung sesuai kerja
    Secara general PKWT lewat persh lain sering kali tidak mendapatkan bonus produksi tetapi bonus services. Kalau kontrak langsung (direct contract) ada juga yg mendapatkan bonus. Yg jelas kalao kerja kontrak hampir semua mengikuti kontrak yg sdh dispakati. Jadi perlu membaca kontrak dg seksama sebelum ditanda-tangani.

  16. Wah Fisto menemukan ladangnya… Yang pasti saya selalu percaya, besarnya gaji = pengeluaran kita (yang diberikan untuk company). Kalau tandanya “tidak samadengan”, berarti ada yang harus diperbaiki.

  17. kapan gaji gw naik ya….? :D

  18. harusnya membaginya: kompensasi (cash) dan benefits…yg tertulis di slip gaji itu yg cash terdiri dari gaji pokok, tunjangan, insentif, bonus dan sebagainya…saya pernah nulis hal yg mirip di sini: http://fistonista.net/2007/10/09/total-remunerasi-dasar/

  19. Pa’de saya pekerja kontrak ( Pt.JWR ) di perusahaan eks pa’de ( KPSA ) saya pekerja di bid eprocurement di field kurau saya mau tanya berapa seharusnya saya di gaji dan allowence apa saja yang harusnya saya terima..? tanks

  20. wah tetep ga memberikan informasi yang diinginkan… tapi ok lah untuk sementara sih…

  21. weks…….nunggu gajian nich… :mrgreen:

  22. sayang masih pengangguran. jadi ga terlalu respect rembugan gaji :D

  23. Semoga ntar gajih saya bs gede.. :)

  24. Hoo… ya ya. Mahasiswa kayak saya jadi lebih tau…

  25. pakde. tlong dibahas untuk kontraktor minyak. Macam rekin tripatra. gajinya gimana?? allowancenya apa aja??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.411 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: