Misteri jalan bermagnet di Gunung Kelud


mukalaut2.jpgMasih inget ngga gejala daya gaya tarik bumi akibat bentuk lekuk bumi serta adanya densitas tinggi yang menjadi sumber daya tarik ? Gejala itu mengakibatkan permukaan air laut tidak merata di bumi ini.

:( “Wharakadah … tulisane Pakdhe sudah banyak banget sih gimana ngingetnya, Pakdhe ?

Dongengan itu ada disini bercerita mengapa muka air laut tidak merata. Disitu dijelaskan bahwa gaya gravitasi bumi itu dapat terdistorsi akibat bentuk roman muka bumi.

Lah sekarang pernah ngga mendengar ada mobil yang bisa naik sendiri padahal mesin dimatikan ? Seperti yang tertulis di koran ini ? Apakah gejalanya sama ?

Mobil bergerak naik tanpa mesin.

Tentunya salah satu yang menarik disini adalah apakah ada gaya tarik bumi atau magnet yang menarik mobil sehingga ada yang mengatakan dan menyatakan bahwa badan mobil dapat naik keatas tanpa mesin ? Gejala ini banyak yang diakui pernah diamati dibanyak tempat. Ada yang bilang ada di Arab, tapi saya belum pernah melihatnya. Juga ada yang ada di Gunung Kelud Jawa Timur yang bahkan hingga menarik minat MIPA Geofisika ITS untuk membuktikannya.

Saya tertarik dengan yang telah diteliti oleh kawan-kawan saya Pak Seno (Dosen Geofisika) dan Pak Amin (Dosen Teknik Sipil) dari ITS, karena beliau berdua menyatakan misteri mobil berjalan naik di Gunung Kelud tidak terbukti adanya gaya magnet sehingga mobil berjalan keatas. Bahkan Pak Amien pernah menyatakan jalan itu justru miring 5% menurun sesuai arah pergerakan mobil. Pak Amien-pun menyatakan Jalan Misteri di Gunung Kelud Ternyata Hanya Ilusi

Lantas seperti apa ilusinya ? Sayangnya, di semua berita yang ada tidak ada penjelasannya bahkan fenomenanya tidak ditegaskan atau dijelaskan secara mudah. Juga uraian Pak Yohannes Suryapun tidak dijelaskan secara grafis. Ah kurang matep ya ?

:( “Lah ya uwis pakdhe, jelasnya saja gimana ? Jangan nambahin, Thole jadi penasaran gitu”

Ilusi

ilusi_jalan_1.jpgKetika mobil berjalan pada tempat yang datar, maka yang dilihat oleh mata kita adalah pohon-pohon yang ada di kiri kanan jalan. Secara logika sederhana, dan sudah otomatis di otak bahwa pohon ini akan berdiri tegak ke atas. Begitu juga ketika jalanan menurun, maka pohon ini akan tetap terlihat tegak vertikal keatas.

Gambar disebelah ini memperlihatkan secara normal bahwa mobil dengan mesin menyala berjalan sesuai dengan arah dan pohon berdiri vertikal sebagai acuan mata untuk melihat mana atas dan bawah.

Bagaimana mungkin kita berilusi ketika berada dalam kendaraan (mobil) ?

Ketika jalan itu miring sedangkan pohon yang sering kita pergunakan sebagai “acuan vertikal” juga miring maka yang terjadi seperti dalam gambar disebelah ini. Klick gambarnya untuk memperbesar. Sebanrany amobil ini mundur sendiri ketika mesin dimatikan. Arah kemiringan jalan sebenarnya ke arah kanan (sebelah kanan rendah), namun pepohonan ini miring dengan arah yang berlawanan dengan kemiringan jalan. Sehingga pikiran kita “tertipu” oleh mata kita yang seolah-olah melihat kemiringan jalan kearah kiri. Logika kita menyatakan seperti gambar normal diatas.

ilusi_jalan_2.jpg

Ilusi mobil jalan naik.

Pada ruas-ruasa jalan tertentu gejala ini akan lebih mudah menipu mata kita apalagi kalau kita sedang pada sebuah tempat atau jalan panjang yang secara naik (menanjak) tetapi ada ruas kecil menurun seperti dibawah ini. ketika mobil pada posisi di ruas jalan yang menurun ini akan terasa seolah-olah mobil tetap menanjak karena kemiringan jalan sangat landai dan pepohonan menipu persepsi otak.

ilusi_jalan_4.jpg :( ” Lah Pakdhe, Mengapa pepohonan ini kok bisa miring seperti itu ? Emangnya pohonnya menari-nari karena mataharinya bergerak dari barat ketimur, ya ?
:D “Lah ini Thole, ada pelajaran khusus tentang ilmu kebumian untuk menjelaskannya namanya Soil creep atau rayapan tanah”
:( “Oh tanahnya ada rayapnya ya, Pakdhe ?”
:D “Hust, bukan itu, tanahnya yang bergerak merayap. Tak kuethak kowe!”

Nah inilah yang lebih menarik melihat gejala tipuan yang dibuat oleh alam. Bagaimana mungkin pohon dapat meliuk-liuk. Pohon akan selalu menuju matahari, begitu kata ahli perpohonan (biologist).

Soil Creep atau Rayapan Tanah

ilusi_jalan_3.jpg

Soil creep - Click to enlarge Gejala rayapan tanah ini sering ditandai dengan bentuk pohon yang miring atau bahkan melengkung. Profil tanahnya akan terlihat melengkung pada bagian permukaan. Pelengkungan tanah bagian atas (soil) ini terjadi karena proses pemanasan (pemuaian) dan pendinginan (penyusutan) yang terjadi secara berulang-ulang.

soil_creep.jpgSecara sederhana dapat digambarkan seperti ini

  1. Pada waktu siang hari tanah mengambang karena panas. Maka permukaan tanah miring ini akan memuai mengikuti garis 1→ 2. Yaitu tegak lurus dari bidang permukaan.
  2. Pada waktu malam hari terjadi pengurangan suhu atau pendinginan tanah. Pendinginan ini tidak lagi kembali dari titik 2 kelokasi semula (1) , tetapi yang terjadi adalah penurunan dari titik 2 → 3 secara vertikal karena mengikuti gravitasi bumi.
  3. Proses ini mengakibatkan adanya resultan perubahan posisi dari titik-titik permukaan. Karena proses ini berulang-ulang siang malam, juga musim panas dan musim dingin, maka permukaan tanah itu menjadi terlihat melengkung.
  4. Pelengkungan in akan mempengaruhi pepohonan juga tiang-tiang listrik yang terpancang dipermukaan tanah ini.

Jadi sekarang kalau kamu sudah mampu melihat ada gejala tanah melengkung atau pohon melengkung. Kita perlu hati-hati dan perlu mengamati lingkungan terutama pada tanah yang miring. Perlu diamati apakah disitu terjadi proses perayapan tanah yang dapat membahayakan. Pelengkungan pohon ini dapat juga disebabkan oleh proses sliding (landslide).

:D “Thole, masih inget jenis jenis gerakan tanah nggak ?”
:( “Ya inget Pakdhe, dulu waktu pakdhe njelasin jenis tanah longsor, kan ?”
:D “Tumben kelingan, daya ingatmu bertambah Thole”
:( “Ya ngga pakdhe, saiki aku tinggal tanya sama Oom Gugle atau Tante Wiki aja kok Pakdhe” :P

Dongengan lain dapat ditengok disini :

About these ads

169 Tanggapan

  1. gk tau neng gunung kelud wedi mbledos maneh……………………

  2. […] Misteri jalan bermagnet di Gunung Kelud […]

  3. Itu louh yg nemuin aslinya gue…disek pas dilan n kelud rehat n pinggir dalan
    Trus minum air aqua g sngaja botole numplek
    Terus ngglundung tp ko arahe munggah atw naik……mataku eruh y g percyo ko ngono trus ngomong mae konco2
    Trus brtane nyebar ko ndi2
    Naliko itu pas gunung kelud dunk dibangun kyo skrg
    Aku tetanggane aris anak srengat yg mati renang dikawah gunung kelud

    Jembut….asli ki

  4. […] Misteri jalan bermagnet di Gunung Kelud […]

  5. […] Misteri jalan bermagnet di Gunung Kelud [HOT] […]

  6. OH SAYA MAU KOMEN

    TPI

    APA

    YAKKK

    OHHHHHHHHHHHHHHHHHHYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA

    SAYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA

    LUPAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA

  7. Terima kasih infonya

  8. Sok tau lu, itu bkn ilusi tp beneran,
    Coba aja …….. gk percaya…..

  9. Udah aq buktikan, jalan magnet itu benar2 ada. Klo gk prcya dtg ke Gunung Kelud

  10. puyeng .,

  11. ngene kang… ketika saya berjalan yang katanya ilusi naik…. ternyata kaki saya juga terasa berat seperti naik tanjakan. masak kaki saya juga kena hipnotis pepohonan sekitarnya…

  12. miringnya pohon tidak bisa dijadikan ketetapan untuk sebuah kelurusan vertical / horisontal, ilusi bukan hanya untuk filosofi tapi logika dan dibuktikan dengan praktek,,, apa ada yg sudah pernah mencoba dengan memakai kompas di lokasi tersebut ???

    apa udah pernah coba mengukur beda tinggi,,, thedodolit minim waterpas ??? ( selang berisi air,,)

    momentum inertia yg membuktikan,,

    soal rayapan tanah saya setuju krn ada tanah bergerak dilapisan tertentu…

  13. Ikh merinding sekali,,,

  14. Kalau yang katanya gaya magnet di Arab Saudi itu pejelasan apakah sama seperti yang di daerah G. Kelud? Akibat ilusi pepohonan?Saya sependapat dengan penanggap sebelumnya, harus pembuktian dengan pengukuran kemiringan jalan apakah se arah dengan arah jalannya mobil yang katanya bisa jalan sendiri, kalau berlawanan arah tentunya ada sesuatu yang menyebabkan mobil tersebut bisa berjalan (bergerak)…..

  15. Pakdhe, kalau jalan yang di Korea Selatan itu pada prinsipnya apakah juga sama? Nuwun…

    *ngapunten kalau sudah pernah ditanya, soalnya kalau mau ngcek komennya satu-satu udah ada banyak jadi bakal luama, hehehe… ^,^;

  16. [...] Pak Surono dari PVMBG menduga gejala getaran serta suara gemuruh ini disebabkan oleh gelaja gerakan tanah lambat yang dikenal dengan nama “creeping” (rayapan). Gejala creeping ini pernah dituliskan sebelumnya disini. [...]

  17. g usah debat dgn itu smwa, semua pnjelasan itu brdasarkan k”egoisan penulis yang hanya ingin teorinya dibenarkan, dan pastinya mndapatkan nama bsar dr penulisan itu.
    dicoba dengan teori goblok”an aja pake waterpas sbenarnya jalan itu miring kmana dan sbenarnya naik apa turun!
    penulis dan pihak yang tidak percaya tolong sekalian datang……..!

  18. ikutan oom ….
    dulu n.ibrahim kagum akan matahari, di sanalah terletak keagungan tuhan, tapi kalo malem dia hilang, diganti rembulan, dan seterusnya …. bintang, awan, hujan, angin bahkan sang raja namrud …..
    akhir nya beliau menyimpulkan, keagugan tuhan bukan terletak pada salah satu di antara mereka … keagungan tuhan adalah meliputi semua hal … dilangit dan di bumi
    tuhan lah yg harus di puji, bukan awan bulan magnet dll …………..
    semua itu di simpulkan oleh sang nabi ibrahim … lewat penjelasan LOGIC / AQAL
    so … gunakanlah AQAL jangan terjebak ILUSI
    Thx …………

  19. ha ha… untuk manusia coba beri penjelasan kan gak bakal kehabisan topik… lha semua yg ditemui kan oleh manusia harus diberi penjelasan.. lha kalo sudah jelas jadi gak aneh lagi… meski penjelasannya yg harus dipas-pasin… bagaimana menjelaskan perbedaan tinggi muka air laut yg dipisahkan terusan Panama lama-lama kan bisa jelas juga… jadi gak aneh lagi… sampai sekarang kan juga orang gak bisa menjelaskan kenapa api koq panas tidak dingin seperti es.. tapi karena sudah jadi kebiasaan maka yahh.. orang gak nanya-nanya ato mina penjelasan pokoknya api panas ajah ha ha ha…

    salam maju terus Dongeng Geologi

  20. Saya pernah di-”demo”-kan gejala serupa di Saudi oleh pembimbing haji saat maen ke daerah Jabal Magnet. Tapi 3 tahun kemudian kakak saya ke sana juga, sambil bawa laptop+GPS yang selalu aktif. Ternyata bis yang katanya jalan sendiri itu, sebenarnya hanya terpengaruh gravitasi. Buktinya di GPS terlihat jelas, bis berjalan dari tempat yang tinggi, ke tempat yang lebih rendah. Intinya sih tipuan mata.

  21. waduh q ga paham maksud’e…

    sing genah ono magnet’e opo ga se..??

    paling mnggu dpan q arep nang gunung kelud…

    spo melok..??

  22. weleh, baru ngeh aku, kirain ada magnetnya beneran

  23. ahahaha…..
    nice topic…

    rakyat indonesia terlalu kuat mistiknnya, bukti bahwa imannya dah pudar >.<

    no offence…

  24. inilah akibat rakyat indonesia banyak yg ngga makan bangku sekolah….. kejadian yg ngga wajar selalu dikaitkan dgn mistik…..

  25. [...] ?Foto Letusan Gunung Merapi Oktober 2010Patahan-patahan yg membelah Pulau Jawa !Mitos awan gempa !Misteri jalan bermagnet di Gunung KeludGerhana Matahari Cincin 15 January 2010Proses pembentukan minyak bumiBencana LuSi di Jaman Majapahit [...]

  26. ternyata kita ini selalu suka membesar besarkan sebuah masalah,ya maklum wong kita ini orangnya memang begitu seperti orang 2,….yg memang suka hal 2 penasaran
    kok gini ya,KOK GITU YA BAGAIMANA BISA YA.PERSIS SEPERTI apa yg diterakan oleh banyak ilmuan bawasan kita lebih suk dijajah oleh orang lain karena selalu gini gitu tanpa harus mericek dan meneliti terlebih dahulu,tapi bila sdh ketahuan tdk ada rasa untuk berterima kasih kepada yg meneliti.cuman dikomentari dg plesetan tok.dasar seperti telur columbus aja

  27. semua keajaiban yg da d dnia hnya tuhan yang bsa mnciptakan dan ilmu pengetahuan hanya bisa memperkirakakan gk bs memastikan,,,,,,,,,,,,,,,,,,,subkanaallah……………

  28. ini akhir zaman

  29. saya maw nanya nie…

    kenapa jalan ke gunung selalu berkelok-kelok…????

  30. wah kalau ilmu tetntang kaya gini aku belum terlalu paham .. makasih ya saya jadi sedikit tau ni

  31. jika sy lihat, fenomena jalan di gunung kelud ini merupakan suatu fenomena yg sering disebut Grafity Hill. Penjelasannya bs anda lihat di blognya enigma.

  32. o….., jadi semua di pengaruhi karena gaya tarik bumi….?

  33. aku ra mudheng pak de

  34. kalau di Arab tepatnya di daerah Jabal Magnet, sekitar 50km di luar kota Madinah. di tahun 2008 lalu saya membuktikan sendiri, betapa kuatnya medan magnet disitu. di jalan datar padang pasir, mobil dimatikan. Perseneling dinetralkan. lalu pelahan mobil mulai melaju. lama2 kecepatan mobil bertambah hingga mencapai 120km/jam. Padahal kondisi jalan hanya datar saja, tidak ada tanjakan.
    setelah 5 km berjalan dan melewati gunung, perlahan mobil mulai berjalan pelan kembali. dan mesin mobil pun mulai dihidupkan kembali.

  35. seruuuuuuuu abizz msh da lanjutannya ngak

  36. maz eko mau buktiin klw jln misterius itu gag bnar! ya gag maz?

  37. kejadian digunung kelud itu tidak usah dibahas berlarut larut,karena jika betul ada medan magnet tentu banyak kejadian yang bahkan setiap hari tidak satu kejadian,masak medan magnet datangnya kadang kadang, kanbanyak mobil/sepeda motor yang melalui jalan tersebut.

  38. hemh…….
    kEreNz…..

  39. pernah trauma dengan jalan nih……….
    jatuh ya…ato lupa jalan kali….

  40. WUIIHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHH………….KWERENZ

  41. Sekedar buat tambahan pertimbangan saja. mungkin ada yang pernah
    ke tempat wisata Dunia Fantasi Ancol Jakarta disana ada wahana
    rumah miring. Di dalam rumah itu ada satu ruanga yang memperlihatkan
    Telur ayam dapat menggelinding ke atas. Hal itu karena lantai yang
    kita injak miring sehingga seolah-olah telur tsb menggelinding keatas
    Padahal tetap menggelinding kebawah. Silahkan dibandingkan sendiri.

  42. Pakdhe Rovicky,

    Meski kisah ini sudah pakdhe posting bertahun lalu dan mungkin pakdhe sudah lupa, ternyata masih ada yang meresponnya di luar sains. Kebetulan pula beberapa hari ini kelompok milis kami juga membicarakannya, dan kebetulan salah satu anggota kelompok kami menjumpai ‘scientific reasons’ yang berdasar riset dan eksperimen, maka ijinkan saya titip link ini agar kita semua dapat belajar bersama ( Trims buanyak utk Mas Gatot Setyabudi – dep hub ).

    http://www.psy.unipd.it/~pbressan/papers/BRESSAN_hills.pdf

    Semoga bermanfaat.

    ———
    ” Sungguh banyak sekali keajaiban di dunia ini. Dan setiap hari aku menyaksikan keajaiban pada bunga-bunga dan semak-semak di pinggir jalan. ”
    ———
    salam,
    oom yon

  43. Itulah kejadian alam, bahwa Allah SWT maha segalanya, manusia supaya berpikir biar tidak sombong. Artinya pintar masih ada yang lebih pintar

  44. Misteri g.kelud buat ak bertanya2,apalagi ditambah dengan munculnya anak gunung. Itu tanda keagungan ALLAH SWT….

  45. saya sudah mencoba sendiri.
    posisi jalan memang menanjak, saya sudah bawah waterpas.
    bila start mobil berhenti total maka akan mundur / menurun.
    bila start kita dalam keadaan jalan lalu mesin dimatiakan maka akan tetap naik ^_^

  46. :) good….
    :) very good….

  47. Weleh gitu toh……

    Baru tau aq!!!

    Ternyata bidang miring itu banyak manfaatnya ya……

    Dan juga sedah terdapat di alam sekitar kita…..

    Ini pelajaran yang sangat penting untuk kita pahamikan????

    …..

  48. buktiin sendiri bos yg di arab
    kalo udah kesana postingan anda pasti akan berbeda
    yg disana medan magnetnya besar

  49. its okey

  50. boong tu …..koe isone ngarang wae…..kalau bnaran ad , buktinya mana ?????????

  51. [...] dikabarkan beraksi, tapibukan beraksi karena ada truk tanpa mesin berjalannaik akibat adanya Misteri jalan bermagnet di Gunung Kelud. Tetapi gunung Kelud dikawatirkanmeletus. Bahkan kemarin (2 Okt 2007) kabar-kaburnya akan meletus [...]

  52. Innalillahi waina ilaihi rojiun,

    Mas Seno (geofisika ITS) telah meninggal dunia di mekah minggu yang lalu

  53. lha,..
    penjelasan ini ilmiah gan,..
    terimakasih,..

  54. Huu……….. mantap..!!
    tp gag ngerti.. aq hehehehe….
    :D

  55. Percaya gx percaya seh……

  56. itu semua rahasia yang Ilahi,betapa dashat ciptaannya

  57. Waduh pakle jd penjelasan tentang si aang (avatar)gmna lha wong cm dngan menung bntar dpt deh ilmu pengendali bumi jd nggak ada tu hub dngan medan magnet n grapitasi (melawan hukum alam)

  58. Ah… Moso ndek arab enek jabal magnet daerah endi? Aq ndek arab wes 12 thn gak eroh.. Mnta penjelasan klo ada yg tau.

  59. hal itu pernah dikupas di tv memang benar adanya

  60. gunung kelud niku celak kaleh dalem kulo, lho.

  61. hbkaskjnkhabhgjnflkasmklnjhdsgfidsmc kmbvjhslmclhbsackjnacas,clkjakc’a,jcklmc;lmvln,v vs

  62. hahahhahahahahahahahahah

  63. prepaid t mobile ringtones

    Any kind of tom de toque free tmobile motorola ringtones

  64. sonneries pour tlphone

    I start with ericsson soittonet klingeltne at

  65. waduh kalo tanah bisa merayap bisa-bisa kota gue bisa pindah negara dong……………..hehehehehe.

  66. Kalau gak jadi meletus…apa ada hubungannya dengan lumpur Sidoarjo gak ya?

  67. aneh

    gak bagus

    jelek

    tukang boong

    bau lw

  68. 24 ringtones theme 24 theme ringtones

    In the first case payday loan cash advance loan advance cash loan payday wired

  69. dongen banjirnya diperbanyak ya pak dhe, daerah gw rawan banjir niehh

  70. dari awal ampe akhir pengen tau lengkap masalah alamat…eh ga nongol2. klo boleh tau dimana alamat lengkap fenomena jalan tersebut pakdhe… jadi penasaran neeh

  71. le poker a tlcharger gratuitement

    A lot approval instant loan payday approval guaranteed loan payday

  72. ternyata seperti itu fenomenanya ,
    keren juga yea,saya kira itu cuma mitos

  73. wah….percaya ga’???kalau lum kesana gw ga pecaya…tapi asik tuh buat penelitian…,,tapi serem ga’ di sana?? jangan-jangan da penghuni nya….hihi….seremmmmmmmmm……..:)

  74. mmm…aku tertarik tuh..pengen banget ke sana, dan kaya nya sangat menarik untuk penelitian..
    tapi..ga’percaya juga ma keajaiban yanng da di sana..
    aku bingung dan ga’ percaya juga..sebelum pergi kesana..:)

  75. Aku juga pernah sempat heran dan penasaran pada saat terakhir aku ke arab tahun 2005, kebetulan bis yang kami tumpangi saat perjalanan dari Jeddah ke Madinah, sempat berhenti di tempat tersebut, dan kami semua sempat terheran2. Akan tetapi aku sendiri bingung dan masih penasaran dengan kemiringan lokasi tersebut. dan kebetulan gak ada pohon seperti di gunung kelud itu. yang ada perdu dan itupun letaknya sangat jauh..
    Penjelasan pak dhe fiki sangat membantu…
    salam

  76. secara keilmuan sudah terjawab dengan manteb oleh pak dhe… salute..
    dan bagi yang suka berburu hantu …bisa buat jalangkung di situ … buat yang banyak…biar ramai… jadi kita bisa nonton jalangkung main bola atau main futsal.
    hehehehehehe
    salam tk keluarga

  77. wah, uraiannya keren..
    kalo dijadiin bahan kuliah, kayanya seru, pasti mahasiswa ga’ ada yang ngantuk…hehe…

  78. aaaaapaa kasa kasang

  79. Apa ini mungkin seperti di daerah timur washington (Segitiga bermuda) ada gaya gravitasi yang kuat. atau bener bener illusi belaka… mesti di selidiki lagi lebih detail….(-_-)

  80. Kenalilah yang menciptakan GUNUNG

  81. Ternyata Gunung Kelud menyimpan fenomena juga ya

  82. chicago in loan payday store chicago loan payday store

  83. gak mungkinnnn.
    hari gini, masih tahayyullllll

    o.ooo

  84. Wuah, topik ini tetep rame juga yaa..
    Sebenarnya fenomena alam seperti itu tidak perlu dipusingkan. Kalau memang jalan itu bermagnet (dengan flux kecil sekalipun) saya rasa masih wajar. Siapa tahu dalam endapan lahar atau produk letusan terdahulu ada tersisip batuan magnetit seperti di Purbalingga yang bisa bikin kompas gak karuan arahnya. Kalau memang ada tipuan optis mestinya bisa dibuat simulasi tiga dimensinya..
    Yang saya tidak setuju adalah kalau fenomena alam dikaitkan dengan mistik. Karena sepengetahuan saya setiap daerah /lokasi yang dianggap angker atau penuh misteri biasanya menarik secara geologis dan pasti ada penjelasan ilmiah dibalik setiap fenomena.
    Buat Sdr. Ahmad, trims berat! Sepertinya memang itu bukunya soalnya saya baca di Public Library waktu di Tangguh LNG Project Papua.
    Ada satu soal di buku itu mengenai Meramal Gempa Bumi, kalau tidak salah kisah nyata di Yunani. Sayang teorinya tidak sempat saya pelajari waktu kuliah di Geologi dulu. Agaknya komunitas Geologi agak enggan juga membahas teori itu mengingat teorinya dikembangkan seorang ahli Fisika (ini menurut buku komik The Accident lho)…
    Buat Kang Rovicky, trims berat buat penjelasannya.

  85. gunung kelud itu wisata yang sangat indah tapi kok nyeremin sich. q jadi takut nich!

  86. gunung kelud emang meletusnya kapan ?
    saya jadi takut!!!!!!!!!!!!!!!
    eh,kemarin kok ada hujan abu sih…………….
    tolong konfirmasinya yg jelas!!!!!!

  87. “jalan menanjak” itu betul-betul tipuan mata. terlebih kalau dilihat dari arah puncak, sangat nyata. karena setelah jalan menurun yang cukup terjal, ada jalan menurun yang sangat landai, sebelum di depan ada jalan menurun yang relatif terjal lagi. nah, jalan menurun yang sangat landai inilah yang dikira “jalan menanjak”.

    kalau dikatakan mobil menggelinding ke arah “atas”, botol air menggelinding ke arah “atas”, itu benar. bahkan air pun kalau dituang mengalir ke arah “atas”. tapi ingat, “atas” dalam tanda petik. yang sebenarnya dia adalah BAWAH.

    saya membuktikannya hanya dengan botol aqua yang terisi tiga perempatnya, dan saya letakkan membujur mengikuti arah jalan. dari situ tampak jelas mana yang sebenarnya atas dan mana yang sebenarnya bawah.

    tentang botol aqua yang menggelinding balik ke arah sebaliknya, itu betul pakdhe rovicky, karena goyangan momentum inertia. karena kalau kita menahan botol itu sampai air di dalamnya benar2 diam tidak bergerak lagi, botol itu tidak menggelinding kok.

    sepulang dari sana saya ketawa sendiri, ngrasa tolol aja, ternyata gampang banget kena kibul, hehe…

    ps:
    gak bener juga kalo ada magnet, karena saya coba naruh barang-barang besi (dan barang-barang lain ‘kali aja karena kekuatan gaib) yang berbentuk kotak –gak bisa menggelinding– gak bergerak tuh!

  88. ayoooooooooo!!!!!!!!!!!!1 keludte ndang d bledosne ae!!!! lha kne pengen ndelok lek mbledose tapi kok mmalah statuse d turenkan!!!!! piye to iki??????

  89. ayo berdoa supaya kelud cepet mbeledos!!!! biar aku biza ngadain pelantikan lg d sna!!!! soal nisteri trsbt sebenere mnurut ku hnya posisi tempat saja,,sbenere itu keadaan gravitasi yg tdk lumrah,,hal itu sama terjadi d negeri jaran juga,,ehh ngeri jiran kaleee?????

  90. fejhcgiyfggchdgwqieufyoe

  91. wis … wis ….
    komentar koq gak bar-bar ……

  92. bener-bener …. ngisin-ngisini cah kediri ae,
    hla iyo mas bejo iki panggah ae kelakuan-e, gendhak-an ae adoh-adoh nang kelud, opo semampir wis tutup toh kang …..

  93. oalaah mas bejo-bejo…yo mesti wae sampeyan ra mudeng, wong utek sampeyan mek nggo golek panggon nggo gendhakan..
    jok ngisin-ngisinke wong Kediri yo…he..he

  94. Sedoyo kemawon
    lha kok aku tambah ra mudheng dengan membaca komentar2 itu, saya yang asal kediri, walo sering ke G Kelud malah gak pernah ngrasak2no fenomena itu.
    Bgmn mau ngrasak2no, wong kalau ke kelud malah sibuk cari tempat buat SIR-SIRAN
    Salam hormat buat semua

  95. Kagem Pak Dhe,
    Efek utk botol air dan mobil sama saja pak. Di sini sy buat contoh ujicobanya dengan air utk membuktikan bhw ini bukan fenomena medan magnet. Sebab di SD dulu diajarkan kalau medan magnet akan menarik benda2 dr logam saja…(kecuali skrg ada ilmu pengetahuan baru yg bilang kalo medan magnet juga bisa menarik air ….)
    Jadi mobil dg mesin mati pun bergerak dr A ke B (katakanlah..maju), sesampai berhenti di B, mobil bergerak kembali menuju A (sebut aja ..mundur).
    Nah,..biasanya org yg kesana mencoba fenomena ini hanya menghentikan mobil di B, lalu diam sebentar…mobilnya bergerak mundur menuju A..Karena pikir mrk kalo berhenti dr A, mobil dg mesin mati meluncur ke B..itu sudah biasa.. krn memang terlihat oleh mereka titik A itu lebih tinggi dr B.
    Antara titik A dan B juga tidak ada cekungan.
    Ide uji coba dg mengalirkan air itu bagus Pak Dhe..bisa dari A ke B dan sebaliknya B ke A. Kalo memang benar air nt bisa mengalir dari B ke A…saya akan angkat topi utk Pak Amien dan Pak Seno.
    Tunggu Kelud berhenti batuk2, Insya Allah sy mau pergi kesana lagi utk membuktikannya..

  96. kalau di plot ketinggian titik-titik sepanjang jalur A-B itu pakai waterpass gimana? mungkin dengan interval 5 m, kan lebih pasti kecenderungannya, naik atau turun.atau mungkin turunan panjang dengan sedikit tanjakan sehingga gerakan pertama yang meyebabkan pergerakan benda tersebut adalah gaya gravitasi tersebut, dan (akan masih) bergerak di tanjakan selanjutnya walaupun sedikit tereduksi akibat tanjakan tersebut.

    mengenai kemiringan pohon juga dapat dipastikan kok pakai theodolite, bukan begitu bukan? nah dari situ bisa disimpulkan.

    saya sendiri sih belum pernah kesana, dan belum pernah tau fenomena tersebut di kelud, baru tau di sini aja :D

  97. Pak Dhe ini buku yang di baca Bang Jack(gmana bang bener gak bukunya yg ini)
    The Accidents
    Yamada Takatoshi, di cetak oleh Elex Media Komputindo

  98. Aku suka hal seperti itu,sebab klu orang sudah banyak yang percaya ilmu klenik,malah g karu-karuan.ok pakde aku suka penjelasan pakde.sukses nggih pakde,nuwun sewu pakde aslinipun pundi kok saget b.jawi.salam dari aku ARDHI di TRENGGALEK

  99. menarik …. ntar deh dibaca pelan2 – maklum agak lemot ni, hi3x.

    makasih.

  100. Mas Erava dan Mas Pratjoyo
    Apakah efek untuk botol air berbeda dengan efek untuk mobil begitu, kah ?
    Air bergerak dari A ke B sedang mobil akan bergerak dari B ke A ?
    Atau akan terjadi proses seperti bandul ? Maksud saya jalannya cekung diantara titik A dan B ?
    Mungkin bisa menggunakan selang yang diisi air dan dilihat ketinggiannya atau aliran air
    Bukan dengan air dalam botol, karena ada proses goyangan “momentum inertia” ketika menggunakan botol berisi air. Disini, mungkin yang menggerakkan air “seolah” ke atas adalah momentum inertia-nya, kemungkinan titik terendahnya ada diantara titik A dan B.

  101. matur suwun mas Pratjoyo,
    Begini ya, saya gambarkan kondisi jalan itu sesungguhnya :
    Titik jalan di depan penjual minuman (yg diberi tanda garis putih oleh warga) itu sebut aja Titik A, sedangkan ujung jalan ke arah kawah Kelud (juga ada tanda garis putih) kita sebut Titik B.
    Saya tdk bilang Titik A lebih tinggi daripada Titik B (jujur, itu dr penglihatan mata memang A terlihat lebih tinggi dr B, bukan pakai alat ukur…)
    FAKTA :
    Tdk usah pakai mobil-lah, dari Titik A kalo anda menaruh botol air mineral berisi air, maka botol itu akan menggelinding menuju Titik B. Menurut saya itu wajar, karena pengaruh perbedaan tinggi tempat (gaya gravitasi)…Ok?
    Nah, sesampai di Titik B, berhentikan botol itu. Nah ini anehnya, botol itu bergerak lagi kembali menuju titik A lagi….(Saya tdk bilang itu naik atau turun..)
    Selama ini yg dibahas oleh tim ITS itu hanya fenomena bergeraknya benda dari Titik B ke Titik A. Yg mereka bilang itu tipuan optis, krn menurut alat yg mereka gunakan sebenarnya Titik B lebih tinggi dari Titik A…(??)Kesimpulan dr keterangan mereka berarti mengatakan Titik B lebih tinggi dari Titik A kan ??
    Kalau begitu, bagaimana anda menjelaskan fenomena bergeraknya benda dari Titik A ke Titik B sebelumnya?..
    Sekedar info tambahan,…tak jauh dr lokasi jalan misterius itu, juga ada fenomena aneh spt itu. Lokasinya di jalan tanah di tengah kebun tebu,..cuma di situ krn jalannya datar, efek tertariknya benda2 jadi tidak begitu sensasional (gerak maju-mundur, bukan naik-turun).
    Saya juga orang teknik/eksak, yg juga percaya akan kegunaan alat2 bantu, cuma kalo memang belum bisa tuntas menjawab gejala yg ada…mbok ya jangan divonis terlebih dahulu…itu karna begini..begitu…
    Matur suwun, semoga setelah gonjang-ganjing Kelud skr ini berakhir, kelak akan ada penelitian selanjutnya, biar terjawab tuntas rasa penasaran kita semua..

  102. Mas Erava,
    Apa yang anda pakai sebagai referensi atas dan bawah ? atau apa yang anda pakai untuk menentukan, naik dan turun ?
    Yang dipergunakan Pak Amin dan Pak Seno adalah dengan menggunakan ‘alat’ ukur waterpass, theodolite (ukur tanah) dll, sedangkan anda mungkin menggunakan ‘mata’. Padahal disini ada optical illusion. Jadi mata tidak dapat dipakai sebagai acuan atas bawa …. bingung kan ?

  103. Buat Pak Amien dan Pak Seno, teori anda yg bilang bhw itu adalah tipuan optis (justru jalan itu turun sekian derajat…) kok gak bs sy terima (mohon maaf saya org awam)..
    Coba buat rekan yg ingin menguji…mobil anda berhentikan di titik atas jalan itu (di depan penjual minuman,…diberi tanda garis putih kok), matikan mesin…mobil akan menggelinding turun..
    Sesampai mobil di bawah, coba mobil direm, mobil akan kembali jalan mundur sendiri…ke atas (yg Pak Amien bilang malah turun?) Bingung kan…
    Saya sudah pernah kesana dan mencoba cara ini…

    Jangan2 karena yg menguji ke sana Dosen ITS, maka malu kan kalo gak bisa njelaskan fenomena alam ini…makanya keluar istilah “tipuan optis” itu. Mohon maaf sebelumnya, saya hanya manusia biasa..

  104. Mbah Khienoy
    Bukannya Pakdhe sudah bilang kalau secara ilmiah sudah dibuktikan tidak ada yang aneh. Teapi yang dijelasin pakdhe ini mengapa muncul ‘optical illusionnya’.
    bukti sih paling mudah juga pakai air, atau pakai botol diglundungke, itu yang dilakukan tim its (Pak Seno dan Pak Amin) kan ?

  105. weleh2….dr sekian bnyk komentar dpt di simpulkan bahwwa:
    1. klo gugel itu mbah kakung,wiki itu eyaang putri,yahoo kok bs jd gay ya ???hahahah.
    2. manusia itu hanya dpt ngomonk nya doank ddan terlalu perccaya dgn hal yg mistis,jg logika disini kok kaya nya agak ngambang,krn tdk di sertai bukti2 yg kongkrit.
    3. ane setuju sm sapa tuh tadi kang jack…betul jg kata tuh komik klo mo bukti kan ga perlu repot2 bawa peralatan yg bnyk cukup kelereng atau pun yoyo..tambah satu lagi kang jack pake sepatu rodda atau skateboard jg bisa hahahahahah….buat smua nya soryy bngt klo kata2 aye nyinggung.slm perdamaian,dan wwahai manusia sadar lah engkau akan teguran dari sang pencipta.

  106. Betul Jack
    Aku belum pernah tahuitu komik. Beli dimana yak ?

  107. Kang Rovicky,
    Beberapa minggu yang lalu saya iseng-iseng membaca komik Jepang judulnya THE ACCIDENT (pengarangnya lupa nech, namanya juga iseng). Ada beberapa hal yang menarik dalam komik tersebut karena prinsip tokohnya yang menyelidiki accident dengan tujuan “memastikan agar setiap accident tidak terulang kembali di waktu mendatang”. Salah satu episodenya adalah kecelakaan karena fenomena jalan “tanjakan” yang sering mencelakakan pengemudi kendaraan. Setelah diselidiki ternyata “jalan menanjak” itu sebenarnya menurun.
    Sang tokoh bisa membuktikan bahwa jalan itu menurun dengan sebutir kelereng atau yoyo saja. Fenomena creep menjadi crusial karena faktor air tanah dan akhirnya sang tokoh dalam cerita itu bisa menghindarkan penduduk dari bencana (accident) tanah longsor.
    Saya asyik banget membacanya lho sampai terkagum-kagum pada jilid2 terakhir waktu sang penulis memuat bab “MERAMAL GEMPA BUMI” yang telah dibuktikan (ini kisah nyata lho Kang!)
    Kayaknya komik ini perlu banget tu buat rekan-rekan yang suka hiburan intelek (pasti kang Rovicky belum baca nih)… salam..

  108. ayo rame2 kite buktikan mumpung gn kelud lagi hot.
    bawa truk dan traktor isi sembako buat pengungsi sambil buktiin. jangan lupa bawa reporter tipi yng banyak. Wassalam..

  109. penjelasanya sangat jelas dengan bahasa yang sederhana, benar adanya bahwa manusia diwajibkan untuk belajar sesuai ayat Al Qur’an yang turun pertama kali, krn dengan ilmu menjauhkan manusia dari kemusrikan

  110. Assalamu’alaikum..
    salam sejahtera buat pengunjung semuanya…
    saya juga pernah nonton hal tersebut di tipi,di ujinya pake mabil, botol, dll.
    tapi kalo di ikutin dari mistik,ga mungkin laah…
    dari segi ilmiah lebih bisa dicerna, ada beberapa kondisi fisik seseorang di dunia tidak sesempurna pada umumnya, nah ini dia beberapa pohon yang tidak sesempurna umumnya..
    syaa di pekalongan juga menjumpai pohon karet, dengan beberapa hektar pohonnya berdiri miring hampir 40 derajat dari vertikalnya..
    selamat menemukan hal2 menarik laiinnya
    staff PPLH Regional Jawa.

  111. yupz…
    Ne kan juga udah diteliti ma Teknik Fisika ITS, n hasilnya ditayangkan di SCTV pada acra POTRET. dulu sebelum lihat tayangannya, aq tanya dosen goologiq hal itu emang gak mungkin, pada tanjakan tapi mobil bisa naik dengan kondisi mesin yang mati. Dan ternyata emang hanya tipuan optis.
    Wah bagus ne blog nya, tp sayangnya kok aq baru taw sekarang. aq mahasiswa geografi Universitas Negeri Malang, akan sangat senang punya teman diskusi masalah2 kajian geografi ato yang berkaitan.

  112. jiaaaannnnn….
    si pakdhe iki bikin aku gak berhenti mantengin blognya. eniwe makasih buat ulasan yang bahasanya sederhana, jd saya yang awam ini bisa (rada) ngerti. hehehe…

    salam buat budhe enda.

  113. walah kok ga mudeng aku..

  114. fenomena alam di g. kelud yang pernah dialami anak2 penggialat alam an tergabung dalam SAR DJALADRI, adalah berputarnya jarum kompas yang terus menerus di lereng sebelah selatan letaknya di daerah kampung anyar candi sewu kec nglegok di arah timur dam bladak. disitu sebelum letusan g. kelud thun 1966 ada lah perkampungan. setelah letusan kampung itu terkena lahar dingin hingga dikosongkan sampai saat ini. selamat menikmati keunikan alam g. kelud

  115. Jabal Magnet di KSA memang ada. Teman2 dan saudara2 saya yang pernah kesana sudah mengalaminya. Jalanan menanjak tapi bus penuh penumpang malah bergerak naik (nanjak) tanpa mesin dan kecepatannya bisa mencapai 100 km/jam. Lumayan hemat bensin kata sopirnya hehehe…. Tapi boros kalau melawan arahnya dong. Pasti lah! Fenomena ini juga (katanya) ada di tempat2 lain di bumi ini.
    Kalau fenomena ini dilawan dengan teori ‘ilusi’ pohon itu menurut saya malah tidak masuk akal. Lha piye tho mosok orang gak bisa ngerasain kemiringan jalan atau kemiringan pohon? Kan lucuuuu….. Tapi Soil Creep memang ada (kebetulan pernah kesasar di Teknik Sipil UI selama 6 tahun hehehe) tapi ‘ilusi’ nya itu yang malah gak masuk akal.
    Saya belum pernah membuktikan “magnet Kelud’ tapi kalau kemungkinannya sih bisa karena ada bukti nyata nya di KSA. Mengenai yang bertanggung jawab si ‘mbaurekso’ atau bukan mah itu urusan lain. Bangsa Jin sih memang ada (dalam Islam).

  116. Sekedar mo kasih saran sih buat temen2 yang pengin melakukan penilitian ilusi di Gunung Kelud….
    Mungkin lebih mudahnya kalo pengin mbuktiin ilusi jalan itu naik pa turun pake air aja..
    Coba kalo k Gunung Kelud bawa Waterpass tukang kalo ngga selang air yang biasa dipake ma tukang batu.
    Taruh aja tu waterpass di tengah jalan. Ntar dari situ kan bisa diambil kesimpulan kalo kejadian di atas sekedar ilusi perpohonan pa memang fenomena alam yang harus di cari penyebabnya secar ilmiah.
    Bagi orang2 Geologi ma Sipil kan punya Waterpass Optik atau Theodolit tuh? Coba dilakukan pengukuran elevasi jalan. Dari pengukuran ntar kan diperoleh data yang valid dan bisa di ambil kesimpulan..
    Ya dah gitu aja… :-)

  117. fenomena gaib seputar gunung kelud, seperti tanda suara meledak keras disebuah sendang desa yang tidak berair deras setiap ada tanda kepastian bahwa kemudian waktu gunug kelud pasti meletus, dan juru kuncen serta beberapa orang yang lagi ronda didepan rumah penunggu kuncen gunung kelud pada malam hari yang mendengar bisikkan keras “Ghoib”,akan tanggal meletusnya gunung kelud diawal bln antara tanggal 1 atau 2,
    bisa dilihat di arsip http://www.detik.com

  118. saya pernah lihat acara liputan dari TV swasta tentang fenomena yang dimaksud itu di arab saudi, dan kiri kanan memang padang pasir, yang sebelumnya engga banyak dinding pegunungan bebatuan.

    juga saya hal yang sama pernah lihat di TV dengan lokasi di daerah pedesaan KOREA SELATAN yang terkenal dengan memang jadi obyek wisata kampung tradisionalnya, dan jalan rayanya mengandung fenomena tersebut yang diperlihatkan dengan bus besar yang bisa bergerak sendiri dengan jalan yang relatif datar datar saja, sama dengan yang di arab saudi, bahkan ada sedikit tanjakannya.

  119. ya ud bagus, pi ngebosenin.

  120. weleh sekarang gunung kelud maw mletus tapi ga jadi2, tu kan juga sebuah misteri wong material yg dikeluarkan ndak sama dari tiap letusan tu…….???!

  121. ya namanya gejala alam manusia tidak bisa memecahkan misterinya secara detail
    hanya tuhan lah yang mengetahui

  122. ada yang pernah bawa kompas (alat bantu yang menunjuk arah mata angin -red) kesana?

  123. Pokoke setuju aja deeh sama Pak De.. bahasannya MakNyuz banget
    … trus ini Gunung kelud jadi meletus gak???

  124. Ini misteri Ilahi yang membuktikan kebesaran ALLAH SWT. Lha wong gitu aja kok diributin dan terheran-heran?? bahkan ada yang mengaitkan dengan klenik segala!!

    BTW Thanks banget atas infonya. Kapan2 Tracking kesana ah!, catat koordinatnya biar bisa lihat di google earth siapa tahu ada penampakan.
    hi………takut

  125. saya setuju dengan penjelasan pak dhe dan dosen saya bapak amien widodo ……. bener itu coy ….
    kalau saya pernah mencoba membuktikan jabbal magnet di dekat madinah …..
    saya pergunakan fasilitas GPS, artinya supaya terhindar dari ilusi, biar via citra satelit yang membaca,ternyata memang benar kendaraan berjalan menuju titik level terendah dari permukaan bumi terhadap permukaan air laut, dan bisa mencapai kec. 120 km/jam karena jalurnya panjang sehingga ada percepatan selama menempuh jalur tsb …….
    secara aktual jalur tidak menurun terus, tapi ada kondisi naik lalu turun lagi dst ……

  126. saya orang kediri tertarik akan tempat pariwisata terutama gunung kelud,ada terowongannya, ada kawah yang elok dr. oke banget

  127. Tapi kagak ada salahmya juga anda buktikan sendiri dengan mengunjunginya. pemandangannya jg sgt bagus. tp skg kan lagi mau kentut gunungnya,, hehehe

  128. yang masuk akal aja, itu kan jalannya memang menurun. ga percaya? kalo anda k sana, bawa aja selang yang panjang, kemudian diisi dgn air lalu atur jarak anatra ujung dgn ujung jalan .perbandingkan tinggi air pada masing2 selang dengan tingkat kemiringan jalan… nah dari situ akan terlihat jelas sekali: bahwa jalannya memang menurun yang lewat ilusi mata dan fikiran kita naik. ok SELAMAT MENCOBA,,,, hehehe

  129. wkwkwkwkwww

  130. [...] miring yg disebut dengan “creep” atau rayapan. Lihat saja penjelasan pohon miring disini. Juga adanya huruf arab membentuk kata ALLAH bagiku bukan aneh, karena itu hanya [...]

  131. rayapan tanah banyak kok didaerah jawa barat
    tanya aja anak2 geologi
    tentang pergerakan tanah di daerah padalarang
    kenapa jalannya tidak pernah akan rata
    selalu bergelombang

  132. Bisa dites pake waterpas (alat ukur kedataran) tuh…

  133. Maaf OOT,

    Kalo ada artikel yang bisa jelasin secara ilmiah, step-by-step candi borobudur & prambanan dibangun, tolong aku dikasi tau yach…udah tanya sama Ki Google sama Ni Wiki tetep nggak dapet nih…

    Aku bener-bener tertarik dan kagum sama tuh candi…

  134. Borobudur dicoret Unesco, kayaknya nggak deh, Yang kemaren itu ‘kan pooling internet yang dilakukan kurator (?) dari mana yach? cari aja deh sendiri :)

    Klo pikiran ane sih, tak lebih dari “perang pariwisata” so, ayo promosikan obyek di negeri kita, silakan “tambahkan” sedikit dengan “unsur lain”, ya seperti lochness gitchu lohhh:). Yang penting ikut megepulkan periuk nasi warga sekitar.

  135. Mr. Muhardo Yth.

    Di TV (saya lupa TV yang mana, LATIVI atau Trans ??!) ditayangkan. Mobil berjalan biasa dan sampai disatu tempat yang menurun, lalu sang sopir menginjak rem. Mobil lalu berhenti. Dengan perlahan-lahan mobil tersebut mundur di jalan yang naik/mendaki. Secara logika gak mungkin jalan yang menaik bisa menggelinding secara normal. Dan kemiringan jalan yang menaik tersebut cukup lumayan, dengan pengertian secara normal tidak mungkinlah bisa menggelinding tanpa bantuan. Makanya disebut fenomena. Kejadian itu direkam dengan kamera standar broadcast dari luar kenderaaan dari arah atas sehingga proses pergerakan itu dapat tervisualisasi secara baik.

    Jadi, saya rasa bukan ilusi seperti yang dirasakan orang yang berada dalam kenderaaan yang bergerak, seperti di dalam kereta lihat keluar lihat benda/pepohonan sepertinya keretanya jalan mundur.

    Tadinya saya tidak tahu di daerah mana itu, karena saya juga melihat acaranya sudah setengah jalan. Ada keinginan datang untuk lihat sendiri kesana. Mau buktikan benar atau tipu-tipu sih ini ? Atau rame-rame yuk, sekalian silaturahmi, he he he hecks..

  136. Barangkali bintang-bintang yang gemerlap di angkasa hanyalah ilusi belaka. Kita hanya melihat sinarnya saja yang dipancarkannya puluhan sampai jutaan tahun yang lalu. Wujud bintang-bintang itu pada waktu sekarang entah kemana, entah dimana, dan entah bagaimana nasibnya.

    Pada suatu ketika jika ada objek bergravitasi maha tinggi yang menghisap sinar bintang-bintang yang memancar itu, maka kita tidak dapat melihat bintang-bintang lagi. Langit menjadi gelap, yang nampak hanyalah planet-planet tata surya.

  137. well pakdhe.. kesimpulannya itu tipuan optis ya… hmmmm penjelasan dari pakar geolog ternyata lebih memuaskan ya…suwun pakdhe

  138. @Tau Kabisa
    Jangan-jangan ibu penduduk lokal itu tidak tahu atau tidak sadar kalau “tertipu” oleh alam, dengan adanya ilusi :D

  139. Wah, uraiannya seperti ilmiah beneran. Saya sudah lihat info/ekspos perihal fenomena gunung kelud di TV. Di acara itu ada uraian seorang pemandu wisata lokal (seorang ibu rumah tangga). Kelihatannya bukan ilusi karena gambar/visualnya diambil dari luar mobil dan proses divisualisasi dengan rinci dan jelas terang benderang nyata.

    Menurut saya, untuk lebih ‘sempurna’nya bualan ilmiah ini, sebaiknya pergi kesana lah dan buktikan mana yang benar. Apakah teori anda atau keluguan (kepolosan) penduduk setempat yang relatif tidak suka berbohong apalagi tipu-tipu seperti orang kota. Mana tahu bisa dibuktikan kebenarannya dan dapat dipublikasikan secara luas ke seantero dunia sehingga menjadi objek wisata baru. Syukur-syukur menjadi keajaiban dunia yang baru, menggantikan Borobudur yang dicoret UNESCO. Ini maunya saya.

    Jadi, jangan bicara katanya – katanya lah. Kalau ada istilah wartawan ‘katanya’, nanti ada PENELITI ‘KATANYA-KATANYA’.

    Tapi, saya terima kasih dapat informasi dari sisi yang lain. Kan, biasa, setiap masalah ada sisi benar dan sisi salah. Mungkin saya hari ini dapat sisi salahnya. Gak, apa-apa kan ? he he hecks !!

  140. oi. Nice article

  141. Lah itu pak Amien widodo dari ITS pernah menganalisa, juga katanya ada dari Mipa ITS serius mengukur gracitasi tapi tak terbukti, kan?
    Mana dhe hasil penelitian ITS ? Katanya dimuat di koran ?

  142. Tentunya salah satu yang menarik disini adalah apakah ada gaya tarik bumi atau magnet yang menarik mobil sehingga ada yang mengatakan dan menyatakan bahwa badan mobil dapat naik keatas tanpa mesin ? Gejala ini banyak yang diakui pernah diamati dibanyak tempat. Ada yang bilang ada di Arab, tapi saya belum pernah melihatnya. Juga ada yang ada di Gunung Kelud Jawa Timur yang bahkan hingga menarik minat MIPA Geofisika ITS untuk membuktikannya.

    =====

    ah yang bener pak???

    http://harrypottersouthpark.wordpress.com/ (funny movie)

  143. Ntar kalau jalan-jalan, jangan lupa bawa altimeter :)

  144. pak rovicky, mungkin nggak ya ini terjadi cuma di daerah gunung berapi (volcano)? contohnya di korea banyak bukit di mana2, tapi fenomena seperti ini terlihat di pulau jeju (tempat di mana satu2nya gunung berapi korsel berada).

    http://gdimension.typepad.com/gdimension/2005/10/mystery_road.html

    kalau menurut tante wiki ada di mana2..

    http://en.wikipedia.org/wiki/Gravity_hill

  145. duh aq lupa ibuku pernah merasakan gejala yang sama di arab pas naik haji,cuma aq lupa nama bukitnya.
    mobil nya tertarik ke arah bukit mesin mobl dalam keadaan mati(lupa nama bukitnya jabal apa gitu….?) nah klo ini kata ibuku jalannya DATAR (ga tau juga deh mungkin miring,miring 5% itu kan kecil juga)

  146. q mahasiswa fisika yang mulai suka ma obrolan ahli,, kalo tentang jalan sendiri tu q setuju dengan pak amien widodo,, teori dan kenyataan masuk akal

  147. Saya kesana dengan membawa peraltan komplet termasuk magnetometer, inklinometer dan termasuk membewa orang pinter (para normal). Awlnya saya memang kaget, tiba-tiba hujan turun dan saya lihat air kok ya ikut naik. Ini tidak bisa. Akhirnya kita ukur sepanjang lereng per meter lari, sampai kita menemukan pada batas akhir permukaan jalan datar (mobil tidak bisa jalan). Jalan datar inilah yang kelihatannyya (ilusi) menaik, apalagi kita melihat dari sisi yang lebih rendah.

  148. Untuk membuktikan yang lebih pasti apakah itu karena medan magnet bumi ataukah karena ilusi, perlu diukur dengan alat pengukur gravitasi dan/atau dengan alat survey geodesi.

  149. Lah ya gitu Pak DjokWint,
    Kayaknya aku lupa mendeskripsikan bedane magnetik sama gravity … masih banyak yang mbundet ruwet mbedakno gaya tarik gravitasi dengan gaya tarik magnetik :)

  150. Kalo gaya magnet berarti di sekitar tempat itu ada batuan magnetik yang kuat. Seorang teman di BHP mineral (dulu) pernah cerita kalau di Afganistan ada batuan lava andesit magnetik, sepatu lapangan yang ada besinya saja bisa lengket (kadar magnetiknya nyaris 50%). Kalau nggak ada lava magnetik di G.Kelud, berarti mobilnya disurung sing mbaurekso.

  151. lha kalo emang gara2 ada magnet, berarti kekuatan magnet nya guede banget to, lha kalo gitu harusnya barang2 elektronik, misale jam tangan yang analog itu pasti rusak to .. lah ternyata ndak rusak to.. berarti ra ono magnet to..

    thx atas pencerahannya mas .. :D

  152. misteri mobil berjalan naik di Gunung Kelud tidak terbukti adanya gaya magnet sehingga mobil berjalan keatas.

    Menurut Wiki, itu hanya ilusi saja:

  153. Yang di G.Kelud Pernah ada di Acara Sekitar Kita (Global) dan Buset (Trans7).

    Tapi waktu itu sih alasannya cuma karena adanya gaya magnet doang (padahal kata Pakdhe kan gak ada)

  154. di arab saudi juga ada jabal magnet… kecepatan bisa sampe 120 km/jam *diceritakan teman yg habis umroh*

  155. salamualaikum,
    asyik nemu blog yang seperti ini,

  156. Oh ternyata gitu.
    Lalu kan kalau jalan naik maupun turun biasanya pengendara kendaraan juga bisa merasakannya dari gas (akselerasi) kendaraan, kalau nanjak biasanya perlu tarik gas lebih banyak.
    Ataukah ” perasaan” tsb kalah dengan visual yang ada (kemiringan pohon yang menipu) ya Pak?

  157. Dimana yg pernah membahas sebelumnya? apakah ada penjelasan kleniknya ?
    Siapa sih penjaga G Kelud ? Apa sodaraan dengan mbah Marijan penunggu G Merapi ? Jadi pingin tahu deh.

  158. hmm saya kira ada aspek kleniknya. ternyata tentang sesuatu yang merayap.

    sebenarnya untuk membuktikan gaya magnetik gampang aja. jangan mobil. tapi pakai gerobak kayu dengan as roda asli kayu juga. jadi, kalau naik sendiri ya berarti bukan magnetik (lha wong ngga ada unsur besinya).

    bener nih ga ada unsur ‘penjaga gunung kelud’?

  159. sudah pernah dibahas

  160. kalo Gugel itu berjenis kelamin laki-laki, dan Wiki itu cewek Jadi Yahoo itu gay, dan Altavista itu waria :D

  161. Gaya tarik bumi merupakan gaya yang menyebabkan gerakan dari titik 2 ke titik 3. Kalau tidak ada gaya tarik bumi tentunya proses kembang kempis hanya menyebabkan gerakan 1-2-1-2-1-2-1 dst …

  162. jadi apa dong hubungan daya tarik bumi ma perayapan tanah?

  163. Weh.. ternyata gitu to ceritane :D

  164. Baru tahu deh, kalo Gugel itu berjenis kelamin laki-laki, dan Wiki itu cewek …

  165. Wah yg mistik jadi ilmiah, ngga seru mas.
    Cari hiburan malah disuruh belajar. Piye kuwi.
    Lah mbah dukun bisa bangkrut tah. Wis kojurrr

  166. di kalimat pertama, apakah memang benar tertulis “gejala daya tarik bumi” begitu ya pak?

    atau, “gaya tarik bumi”?

    salam,
    adi.n

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 6.300 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: