Menaikkan harga BBM kenapa harus takut ?


politician[1]Jokowi ngga perlu takut dalam soal BBM ini. Apabila SBY tidak mau menurunkan BBM pada mas pemerintahan kali ini, ada cara politis supaya popularitasnya tidak terganggu :

  1. Angkat Kabinet dari kalangan professional. Sesuai janji kampanye yang menyatakan akan mengangkat para professional, saya yakin popularitas meningkat atau paling tidak tetap. Siapa tahu pendukung lawannya akan menyeberang. Sambil manggut-manggut.
  2. Naikkan BBM setinggi mungkin, artinya sesuai harga keekonomian. Dengan membuat alasan yang logis misalnya dengan menyatakan,: “Langkah ini akibat kesalahan pemimpin sebelumnya yang salah dan tidak benar dalam melakukan perhitungan dan pemanfaatan migas selama ini. Sehingga saat ini BBM terpaksa harus dinaikkan untuk menyelamatkan negara. Harus disadari ini kemungkinan akan terjadi chaos, kacau atau rame karena kebijakan menaikkan BBM merupakan tindakan tidak populer. Tetapi alihkan atau supply BBM untuk luar jawa segera. Supaya luar jawa merasakan bahwa sekarang BBM juga dikirimkan ke luar jawa.
  3. Bila terjadi kekacauan berketerusan, Lakukan Reshuffle Kabinet menjadi kabinet “transaksional” untuk mendapatkan dukungan partai politik lainnya. Katakan saja para professional ini ‘nggak becus‘ memimpin negeri ini. Kemudian pilih Menteri dari Partai sesuai janji sebelum kampanye kemarin. Pssst, Ini langkah khusus untuk menambah dukungan dari Parlemen nantinya. Saya kira saat itu nanti rakyat sudah lupa dengan janji kampanye kemarin.
  4. Kalau masih tetep rame, –>TURUNKAN harga BBM <–, sedikit saja. Langkah seperti ini, diyakini akan menaikkan citra dimata rakyat. lah sekali-sekali PDIP menurunkan harga BBM. [Belum ada dalam sejarah looh]. Yang penting dalam menaikkan harga sebelumnya itu harus signifikan mengikuti harga keekonomiannya.
  5. Selesaikan tugas masa sisa kepemimpinan hingga 5 tahun. Kalau sukses ya masih bisa kepilih lagi, lumayan to ?

Langkah ditas memang merupakan langkah politis. Mungkin sekali bukan langkah terbaik demi negeri tetapi sangat mungkin dilihat realistis bagi para politikus.

Langkah terbaik untuk jangka panjang tetap harus mengalihkan BBMinyak ke BBGas ! Alihkan subsidi BBM ini untuk pembangunan infrastruktur gas. Dan jangan lupa transportasi massal yang haus BBM selama ini.

😦 “Pakdhe, lah kok ujung2nya soal popularitas saja to ?”
😀 “Thole, pencitraan itu sudah ada dari sononya. Jadi jangan terlalu lugu menganggap tidak ada pencitraan dalam perpolitikan”

10 Tanggapan

  1. Tarif Listrik Per KWH

    Menaikkan harga BBM kenapa harus takut ? | Dongeng Geologi

  2. BBM oh BBM… Tak kunjung selesai riwayatmu ini,, daripada mikirin BBM terus mendingan nyimak resep kue kukis, abis itu disantap sambi minum teh anget🙂

  3. Mental manusia Indonesia udah banyak yang mental pengemis. Sekarang waktunya rubah mental itu jadi mental pejjuang dan bukan mental pengeluh

  4. Gas saja sekarang ini sedikit demi sedikit sudah mulai naik harganya
    Berharap pemerintah bisa memberi solusi yang terbaik atas kenaikan BBM nantinya

  5. kalo BBM naik itu juga harus disesuaikan dengan kondisi sekarang ini, naik boleh,tapi juga harus diimbangi dengan kesejahteraan rakyatnya, sehingga balance.

  6. Ndang aja di naikkan saja sekalian disesuaikan dengan harga yang seharusnya….
    Kami sebagai rakyatnya sudah bosen, naik sedikit, berikutnya naik lagi, naik lagi, sekalian aja beres. selesai!

  7. pencitraan lebih penting ya🙂 ketimbang prestasi nyata

  8. Reblogged this on alkisahnya kikiwisaka and commented:
    Iya, kenapa harus takut?

  9. Pakde, tolong sampeyan lihat lagi deh kalau soal nurunin harga BBM. SBY pernah menurunkannya dari harga float menjadi flat di angka 4500 untuk premium per liter.

    Salam,

  10. di poin 2 bagi masyarakat yang tidak terpengaruh media mainstream langkah ini semacam menjilat ludah sendiri karena selama kepemimpinan sby, moncong putih selalu lantang menolak dan walk out di rapat anggota dewan saat mau menaikkan harga bbm.. untuk poin yg lain saya kira memang harus begitu adanya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: