Hajar Aswad – Batu Apakah Kalau Bukan Batu Meteor ?


Dalam beberapa pekan ini kita akan kedatangan para jamaah haji yang baru pulang dari Ibadah haji di Makkah. Tentusaja ada cerita tentang Air Zam-zam juga ada cerita Hajar Aswad yang berupa batu hitam itu. Nah, berbicara soal batu tentunya sebagai ahli batu akan tertarik untuk melihat, jenis batu apakah Hajar Aswad ini ?
 
Pak Lik Marufin yang senang sekali dengan dunia langitan, atau dunia langit juga ikuta menuliskan tentang batu ini. Karena banyak cerita dibalik batu hitam Hajar Aswad ini sebagai batuan meteorit. Benarkah ?
 
:( “Tapi apapun yang ada di dunia ini kan dari Yang Maha Kuasa yang ada diatas sana kan, Pakde ?
:-) “Tuhan yang maha kuasa tentunya tidak harus diatas sana kan, Thole. Tuhan ada dimana-mana termausk dihati kita”
 
Barangkali tak ada sebutir batu yang paling banyak dihormati dan dicium umat manusia selain Hajar Aswad. Berdiri tegak di pojok tenggara Ka’bah, batu ini senantiasa menarik perhatian umat manusia yang berthawaf di Ka’bah baik dalam rangka menunaikan ibadah haji atau umrah. Bersamaan dengan itu menarik pula untuk mencermati darimana asal batu hitam ini.

Paklik Marufin memulai dongengannya tentang  Hajar Aswad atau Batu Hitam atau Black Stone dibawah ini,

Dahulu Hajar Aswad berupa batuan utuh yang diperkirakan berukuran 30 cm. Kini merupakan 15 pecahan yang ditanam dalam sebuah matriks semen sebagai pengikatnya, yang dilakukan pada masa restorasi al-Utsmani tahun 1631. Dari 15 pecahan, hanya 8 yang nampak di permukaan matrik. Matriks semen selanjutnya dilindungi dengan lingkaran perak, kebiasaan sejak zaman Abdullah ibn Zubair di akhir kekhalifahan Khulafaur Rasyidin.

Prior-Hey, seorang geolog, pada tahun 1953 mempublikasikan Catalog of Meteorites yang telah bertahun disusunnya. Hajar Aswad oleh Prior-Hey dianggap merupakan batu meteor (meteorit) sehingga turut dimasukkan ke dalam katalognya. Anggapan Prior-Hey rupanya berasal dari pendapat Kahn, seorang geolog lainnya, yang pada tahun 1936 memang berpendapat Hajar Aswad adalah meteorit aerolit, yakni meteorit yang tersusun oleh senyawa-senyawa penyusun batuan dan tidak didominasi oleh Besi dan Nikel yang berlimpah sebagaimana halnya meteorit besi (siderit). Sejak itu anggapan bahwa Hajar Aswad merupakan batu meteor terpatri dalam benak publik. Seorang Agus Mustofa misalnya, dalam bukunya yang terkenal “Pusaran Energi Ka’bah” mendukung ide Hajar Aswad sebagai meteorit lewat jalan yang, menurut Paklik Marufin, agak aneh yakni dengan mendasarkan terjadinya peristiwa sambaran petir terhadap Ka’bah tatkala Makkah diguyur hujan rintik-rintik pada suatu musim haji. Agus Mustofa meyakini petir menyambar Ka’bah, bukan bangunan lainnya yang lebih tinggi, karena konduktivitas Hajar Aswad yang disebabkan oleh berlebihnya kandungan Besi didalamnya. 

:( “Lah memangnya kandungan besinya seberapa bisa menarik sambaran petir ya , Pakde?

Sebenarnya sangat sulit memahamkan Hajar Aswad sebagai meteorit. Beberapa sifat dasar Hajar Aswad, seperti diketahui pada tahun 950 saat Gubernur Makkah Abdullah ibn Akim menguji batu-batu yang diduga Hajar Aswad yang dicuri sekte Ismailiyah Qaramithah 22 tahun sebelumnya, adalah terapung di air dan tidak pecah/terpanaskan meskipun dibakar di nyala api. Terapung di air menandakan densitas (massa jenis) Hajar Aswad lebih kecil dibanding densitas air, sehingga densitas Hajar Aswad kurang dari 1 gram/cc. Sementara tidak terpanaskan tatkala dibakar menunjukkan konduktivitas termal Hajar Aswad rendah dan tidak pecah akibat panas menunjukkan kekuatannya (daya ikat antar penyusunnya) cukup tinggi. Sifat lainnya, sebagaimana dipaparkan geolog Farouk el-Baz tatkala menunaikan ibadah haji, adalah tingkat kekerasannya yang tinggi (minimal skala Mohs 7 atau setara batu permata). Sifat lainnya lagi adalah warnanya yang putih susu, sebagaimana dipaparkan sejarawan Muhammad ibn Nafi al Khaza’i yang menyaksikan langsung kondisi Hajar Aswad menjelang restorasi Sultan Murad al-Utsmani di tahun 1631. 

:( “Looh Pakdhe. Batu Hajar Aswad itu pernah dicuri ya Pakdhe ?”

:) “Hajar al-Aswad itu memang diceritakan sejarawan pernah dicuri dari Ka’bah sekitar 930 Masehi oleh prajurit Qarmatian yang merupakan sekte Syiah Ismaeeli. Mereka menguasai Mekah, menodai Sumur Zamzam dengan mayat Muslim dan membawa Hajar Aswad pergi ke basis mereka di Ihsaa, di Bahrain abad pertengahan. Menurut sejarawan al-Juwaini, batu itu dikembalikan di sekitar 952 CE dan dikembalikan ke lokasi semula.

Sementara meteorit yang ditemukan di Bumi, selalu memiliki densitas lebih dari 1 gram/cc. Meteorit batuan memiliki densitas antara 2 – 4 gram/cc, sementara meteorit besi jauh lebih besar yakni 7,8 gram/cc. Termasuk ke dalam meteorit batu misalnya meteorit palasit, yang unik karena tersusun dari kumpulan kristal berwarna putih susu dan jarang dijumpai. Densitas meteorit yang terkecil yang pernah ditemukan adalah 1,8 gram/cc yakni dari meteorit Tagish Lake yang jatuh di Kanada pada 18 Januari 2000. Tidak ada meteorit yang memiliki densitas lebih kecil dari 1 gram/cc. Selain itu, ketahanan dan kekerasan meteorit berbanding lurus dengan densitasnya. Sehingga jika Hajar Aswad adalah meteorit, dengan kekerasan Mohs 7 maka setidaknya ia harus memiliki densitas di atas 5 gram/cc, satu hal yang tak nyata karena di sisi lain akan menyebabkannya tenggelam ketika ditaruh di air.  

Meteorit Pallasit

Dugaan meteorit pallasit 

Disebelah kanan ini adalah meteorit pallasit, meteorit batuan yang mengandung butiran-butiran olivine, yang beberapa diantaranya berwarna putih susu dan beberapa lainnya relatif tembus cahaya. Hajar Aswad semula dikira mineral olivine monolitik dalam meteorit palasit. Namun ciri-ciri keduanya sangat berbeda.

Pengamatan fotografis memang menunjukkan ada jenis meteor yang memiliki densitas lebih kecil dari 1 gram/cc, yakni meteor-meteor yang berasal dari remah-remah komet, yakni meteor yang tergabung dalam hujan meteor periodik. Ini juga ditunjang hasil pengamatan wahana antariksa terhadap komet tertentu seperti komet Halley, Borrely, Wild dan Tempel-1 yang semuanya menunjukkan bahwa densitas komet lebih kecil dari 1 gram/cc. Namun meteor-meteor periodik ini tak pernah bisa menyisakan meteorit karena senantiasa habis terbakar di atmosfer Bumi. Dan dengan sifat komet yang rapuh, yang tersusun dari gumpalan debu-debu sehalus bedak, merupakan sifat yang sangat berkebalikan dengan Hajar Aswad. Karena itu gagasan Hajar Aswad sebagai meteorit mendapat tantangan dari segenap penjuru mengingat sifat-sifat kedua benda tersebut saling berkebalikan satu sama lain.

Ide Hajar Aswad sebagai meteorit, terakhir kali diangkat Elsebeth Thomsen, seorang geolog dan palentolog Swedia pada tahun 1980. Kali ini Thomsen menggunakan pendekatan tak langsung, yakni dengan menegakkan dugaan bahwa Hajar Aswad kemungkinan besar merupakan batuan yang dibentuk akibat suatu proses tumbukan benda langit, yakni proses jatuhnya meteorit besar (boloid) dengan kecepatan yang sangat tinggi sehingga diikuti pelepasan energi kinetik yang sangat besar sehingga menyamai kuantitas energi yang dilepaskan dalam peristiwa ledakan nuklir. 

Dugaan sebagai impactit (batuan metamorfik tingkat tinggi)

Dibanding gagasan sebelumnya, hipotesis Thomsen menawarkan sesuatu yang lebih menarik. Thomsen secara tegas menunjuk Hajar Aswad sebagai sejenis impaktit, yaitu batuan metamorfik tingkat tinggi yang hanya bisa dihasilkan akibat tumbukan boloid di sedimen pasir lepas seperti terdapat di padang pasir. Ketika sebuah tumbukan benda langit terjadi, gelombang kejut yang dihasilkannya mampu melelehkan silika dalam pasir dan mencampurnya dengan material boloid menjadi lelehan mirip lava yang khas, namun hanya berlangsung hingga jarak tertentu dari titik tumbuk. Di luar jarak tersebut, gelombang kejut hanya mampu menekan dan memampatkan butir-butir pasir demikian padat hingga menjadi bongkah-bongkah mirip batupasir. Di padang pasir ar-Rub’ al-Khali alias Empty Quarter yang membentang di bagian selatan Jazirah Arabia, memang dijumpai sebuah struktur kawah tumbukan, yakni Struktur Wabar, yang berada di wilayah al-Hadida pada jarak 550 km di sebelah tenggara kota Riyadh, ibukota Saudi Arabia. 

:( “Pakde, batuan metamorfik itu apa ?”

:D “Thole, kita kan mengenal ada tiga jenis batuan. Batuan Sedimen yaitu hasil pengendapan material yang terbawa angin, air maupun es, juga ada Batuan Beku yang berasal dari pembekuan magma, dan ada Batuan Metamorf atau batuan malihan yang merupakan batu hasil perubahan akibat temperatur dan tekanan tinggi. 

Impaktit dijumpai di Struktur Wabar sebagai bongkahan berwarna putih susu yang beberapa diantaranya berongga-rongga sehingga bisa mengapung di air selayaknya batu apung (pumice). Sejumlah impaktit ditemukan terselaputi lapisan tipis kehitaman mengkilap yang sejatinya merupakan campuran lelehan silika dengan material boloid. Uji penanggalan (dating) dengan metode fission-track terhadap sampel impaktit yang tersimpan di British Museum dan Smithsonian Institution, hasil ekspedisi 1932, oleh Storzer dan Wagner di tahun 1977 menghasilkan irisan waktu menggetarkan : impaktit tersebut terbentuk 64 abad silam. Ini melampaui waktu pembangunan kembali Ka’bah (dan juga peletakan Hajar Aswad) oleh Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS, yang dalam konteks sejarah diletakkan terjadi pada 40 abad silam. Ketika sifatnya sama dan umurnya lebih tua dari waktu pembangunan Ka’bah, akankah Hajar Aswad sesungguhnya adalah impaktit Wabar ?

Source http://www.panoramio.com/photo/21347416

Lokasi Wabar Crater Arabia

Struktur Wabar memiliki luas 1.000 x 500 meter persegi yang terdiri dari 3 buah kawah, masing-masing berdiameter 116 m, 64 m dan 11 m. Struktur Wabar terbentuk ketika sebuah boloid besi (tersusun oleh 90 % Besi dan 4 % Nikel) seberat 3.170 ton jatuh menghantam pada kecepatan 5-7 km/detik hingga melepaskan energi setara 10 kiloton TNT atau separuh energi ledakan bom Hiroshima. Wabar adalah 1 dari 17 struktur tumbukan yang masih menyisakan boloid pembentuknya, di antara lebih dari 170 struktur yang telah disahihkan sebagai struktur tumbukan berdasarkan investigasi geologi. Wabar pertama kali dikunjungi manusia dalam ekspedisi Harry St. John “Abdullah” Philby tahun 1932. Di tahun 1965, para geolog ARAMCO (perusahaan minyak patungan AS dan Saudi Arabia) mengunjungi lokasi ini dan berhasil mengangkat sisa boloid Wabar seberat 2,2 ton yang kemudian disimpan di King Saud University, Riyadh. 

Namun survei geologi mendetail belum pernah dilaksanakan sebelum tahun 1994, tatkala geolog legendaris Eugene M. Shoemaker melaksanakan 3 investigasi komprehensif terhadap Struktur Wabar. Selain berhasil mengungkap morfologinya, struktur geologinya dan proses pembentukan kenampakan-kenampakan unik di dalam struktur, Shoemaker juga melakukan penanggalan dengan metode termoluminesens yang hasilnya tak kalah mencengangkan : Struktur Wabar terbentuk kurang dari 4,5 abad silam, bukan 64 abad silam. Kesimpulan ini didukung dari analisis kuantitatif terpisah yang dikerjakan pakar gurun pasir terhadap kecepatan penimbunan kawah-kawah di Wabar oleh pasir. Setelah sempat diduga Struktur Wabar terbentuk ketika muncul fenomena fireball Nejed pada tahun 1863 dan 1891, analisis lebih lanjut yang lebih hati-hati akhirnya menyimpulkan Struktur Wabar terbentuk di kala senja 9 Januari 1704 alias 3 abad silam. Tumbukan benda langit yang membentuk Struktur Wabar demikian dahsyatnya sehingga suara dentumannya terdengar ke seluruh penjuru Jazirah Arabia, satu fenomena tak biasa yang dicatat penyair-penyair Arab dalam puisi-puisinya. 

Umurnya tidak klop.

Dan akhirnya, hipotesis Thomsen pun rontok dengan sendirinya setelah diketahui bahwa Struktur Wabar berusia 3 abad, jauh lebih muda ketimbang masa pembangunan Ka’bah 40 abad silam. Paklik Marufin meyakini jelas bahwa Hajar Aswad bukanlah meteorit, juga bukanlah impaktit. Sehingga kita bisa mencoret Hajar Aswad dari katalog meteorit. Lantas darimana asal Hajar Aswad itu sebenarnya? Inilah pertanyaan yang tetap menggelitik dalam perspektif ilmu pengetahuan terkini.

Nah begitulah pengetahuan tentang Hajar Aswad dari sisi keilmuan tentang batu-batuan yang dikisahkan oleh PakLik Marufin. Memang bukan menyimpulkan batuan apakah Hajar Aswad itu. Namun dengan mempelajari batuan inipun kita akan mendapatkan manfaat yang sangat banyak berupa pengetahuan yang jauh berharga dari sekedar meyakininya saja. keyakinan yang terus dikembangkan selalu saja mendapatkan manfaat.

Referensi : 

Wynn & Shoemaker. 1998. The Day The Sands Caught Fire. Scientific American November 1998 : 65-71.

Thomsen. 1980. New Light On The Origin of The Holy Black Stone of The Ka’ba. Meteoritics 15 no. 1 (1980) : 87-91.

About these ads

138 Tanggapan

  1. ntahlah… Tuhan saje yang tahu

  2. ntahlah.. Tuhan saje yang mengetahui

  3. andaikan semua makai helm disaat berkendara dan tidak kebut-kebutan,pasti tidak dibawa ke KUA

  4. Banyak yg sudah meneliti batu hajar aswad.. tapi hasilnya sebatas dugaan….. itulah kuasa tuhan. Manusia hanya bisa menduga2 dengan secuil ilmu mereka :D

  5. Maaf sebelumnya, setelah saya simak seluruh komentar. Kami rasa kami seorang muslim mempunyai keyakinan yg kuat tentang islam dan keyakinan kami tentang kebesaran dan kekuasaan Allah dalam menciptakan alam semesta sangatlah berdasar pada Al-Qur’an. Bahkan sebelum ahli melakukan penelitian. Sesungguhnya penelitian yang di lakukan para ahli telah diakui di dalam Al-Quran. Bahkan sebelum para ahli itu lahir. Untuk yang non muslim, dari komentar yang ada lebih sering menjatuhkan agama islam daripada membuktikan kebenaran akan kebenaran agamanya sendiri. Sungguh jika kami menggunakan Al-Quran sebagai sumber sejak berabad2 lamanya sebelum para ahli lahir dan berpendidikan tinggi seperti sekarang. Dapatkah anda patahkan kebenaran ayat-ayat suci Al-Qur’an dengan ayat-ayat suci agama masing2 ? Bukankah non muslim lebih sering memberi komentar yang seolah2 berusaha selalu menghindarkan diri dan menambah hujatan? Tanpa kalian bisa memberi kesaksian akan kebenaran dan nyata agama nya masing2. Kalau kalian orang2 pintar. Tentunya akan membuat blog atau situs2 terkait tentang kebenaran agama kalian masing2. Bukannya memenuhi komentar di blog ini dengan hujatan tanpa bisa memberi kesaksian akan kebenaran kitab dan Tuhan nya masing2. Untuk yang atheis. Tidakkah kalian takut akan kehidupan setelah mati? Nadzubillah. Silahkan buka kembali Al-Quran, pahami dan dalami isinya. Oia untuk yang murtad sampe bisa bilang Al-Quran itu dongeng, memang sudah khatam Al-Qur’an berapa kali? Makanya jangan dibulak balik aja pahami kandungan Al-Quran juga yah.. ;)

  6. akan kami cari org2 yg menghina ISLAM………tunggu saat kita ketemu nanti!!!!!

  7. To all….por favor and please use ur brain before comment,dont ever insult any religion if u dont wanna get them back to insult u…!!! If u sale off I’ll pay off….ente jual ane beli tuh klo kate bhsa romawi kunonye heheheee

  8. @megadoza..makanye klo ngomong jgn seanak bacott aje nyela agama org,klo ente sndiri blm jlz agamanye ape…ga sah munafik dri nick ente aje ente dh ngaku klo ente biang dosa,jauh dlm dri lubuk hati ente aje nte dh ngaku biangnye dosa,ente manusia ape binatang??suka2 hati doank idupnye,klo konsep ketuhanan cuma brasal dri pmikiran n logika sndiri ,tu nmanye ente menuhankan dri sndiri sma juga dgn asal hidup atau hidup asal,nah klo dh bgtu babi dihutan aje hidup asal hidup doank mah!! Gazebo ente….ciaoo arivardecci eldiablo amico!!!

  9. @petrus, apapun keyakinan & agama saya yg jelas ga semunafik dan skeptis seperti agama ente.

  10. Kejawen?? Itu nama agama apa nma jamu gendonk??,tuhan lo ga jlz keris,pohon tua,gunung,suka2 hati lo doank mikir tuhan tu kya ape yakan??jgn2 klo lgi pipis lo liat tuhan lo jga lgi mancurin air wkwkwkkk…goblok,logika aje kga masuk apelagi rohani…tpi yg jlz nte marah ttg coment ane ttg kursi listrik,..I catch u lil punk,u cant hide from me what a religiaon are u…hahahaa!!!,ttg nma petrus da mslh??tu nma murid jesus or nabi isa yg juga org baik,so I ain’t got problem with that nick stupid lio dumbshit!!

  11. kepada non muslim yang ikut komentar disini:
    COBA SEBUT KAN APA KEYAKINAN ANDA TEPAT NYA? KRISTEN KAH? PROTESTAN KAH? BUDHA KAH? HINDU KAH?

    KALAU ANDA TIDAK YAKIN DENGAN KEYAKINAN ANDA SENDIRI, GAK USAH KOMENTAR DISINI.

    JIKA ANDA SUDAH SEBUTKAN KEYAKINAN ANDA SEBENARNYA, APA YANG ADA LAKUKAN TERHADAP KEYAKINAN ANDA? APA IBADAH ANDA? GEREJA SETIAP MINGGU KAH? ATAU WIHARA? ATAU KALAU KEJAWEN MUNGKIN SEPERTI APA IBADAH ANDA?

    KALAU ANDA TIDAK BISA MENJAWAB IBADAH ANDA, GAK USAH KOMENTAR IBADAH DISINI.

    PEACE :p

  12. Nah itu budaya kaum onta sukanya sok tau, saya kejawen mas dan ga suka simbolik, dan saya punya konsep ketuhanan sendiri.
    Keyakinan saya lebih dulu ada sebelum agama doktrin sampeyan meracuni indonesia mas.
    Dan saran saya kl emang anda muslim sejati itu nick name jangan make petrus, btw lebih bangga ya? Ko ga make nama muhammad atau firaun sekalian biar lebih afdol? Biar berkesan pejuang muslim gitu loh yg suka ngotot (make otot) bukan ngotak (make otak)

  13. @megadoza…..nah klo anda sya yakin bkn org islam,skrg sya tanya knpa anda memakai kalung salib,yg psti jwban anda krna jesus mati disalib,lantas bgaimana klo jesus mati dikursi listrik??apakah anda akan memakai kursi listrik juga dileher anda….???tuh slh satu budaya rokawi juga yg goblog ga ktulungan!!

  14. @antiarabisme…anda bkn org islam jgn ngaku2 islam ktp,n sya jga yakin anda bkn org kristen budha atau yg lainye…sya yakin klo anda adalah komunis…krna kehadiran org2 mcm anda cuma nyempitin dunia,yg idup ga punya aturan kya binatang,sebab org beragama ga mungkin sprti anda,..itu ja bwt anda sudah cukup atau barangkali anda lahir dri rahim pelacur2 yg ada didolly hahahaa..ake acara promosiin itu tempat,biar ibu n swdara2 prempuan ente yg pelacur bisa mkn yah?? Kasiahan…seharusnya belatung bangkai sperti anda cuma ada di sampahan n comberan,susah anak pelacur dolly hehehee maaav jgn emosi saya cma brkata jujur anak2 placur ya tetap aja anak pelacur!!

  15. @ANTI ARABISME: Apakah ibadah haji itu budaya Arab? Bukankah haji adalah ajaran agama islam, lihat rukun Islam. bedakan budaya Arab dengan ajaran Islam.

    Contoh budaya Arab : mengubur anak perempuan, menyembah berhala dll itu adalah budaya Arab yang kemudian hilang setelah adanya ajaran Islam.

  16. @ANTI ARABISME : Silahkan nikmati dunia mu, tunggulah balasan dari Allah Ta’ala.

    Allah Ta’ala berfirman,

    مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا وَزِينَتَهَا نُوَفِّ إِلَيْهِمْ أَعْمَالَهُمْ فِيهَا وَهُمْ فِيهَا لَا يُبْخَسُونَ (15) أُولَئِكَ الَّذِينَ لَيْسَ لَهُمْ فِي الْآَخِرَةِ إِلَّا النَّارُ وَحَبِطَ مَا صَنَعُوا فِيهَا وَبَاطِلٌ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ (16)

    “Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. Hud [11] : 15-16). Qotadah mengatakan, “Barangsiapa yang dunia adalah tujuannya, dunia yang selalu dia cari-cari dengan amalan sholehnya, maka Allah akan memberikan kebaikan kepadanya di dunia. Namun ketika di akhirat, dia tidak akan memperoleh kebaikan apa-apa sebagai balasan untuknya. Adapun seorang mukmin yang ikhlash dalam beribadah (yang hanya ingin mengharapkan wajah Allah), dia akan mendapatkan balasan di dunia juga dia akan mendapatkan balasan di akhirat.” (Lihat Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim). Uang melimpah bisa jadi ia dapat, namun nikmat di akhirat bisa jadi sirna. Ikhlaslah … ikhlaslah dan raihlah ridho Allah.

  17. Kaum onta emang udah ditakdirkan pinter dari dulu…
    Pinter ngibuuuulll….

  18. biaya selamatan haji+naek haji/umroh+syukuran haji jatuhnya bisa 50-100 juta. Klo totalnya habis 50, langsung saya coret itu wisata ke padang pasir dan akan saya belikan sepeda motor hobby senilai 50 juta. Ninja 250 Fi jawabannya. Klo 100 juta, sdh pasti saya coret juga wisata ke padang pasir tsb ! Lebih cepat nyoretnya ! Saya pilih moge ER6N sbg ganti wisata bodoh tsb !!

  19. bagi kaum fatalisme, silakan melongo sambil dikit2 ngucap astaghfirulllah, subhanallah dan sebangsanya klo denger cerita aneh2, berbau mistis, dan gak masuk akal. Telan mentah2 tuch faham zaman onta 14 abad yll. Selamat tenggelam dlm kebodohan+kegelapan !!

  20. menurut kultur arab yg umurnya sdh 14 abad. Saat laki2 masuk ssyyuurr_ga, dia akan disambut puluhan bidadari yg bohay+hot ? Gak usah ngayal jauh2, di gang Dolly bejibun Gan ! Ssyyuurr_gak ? Wkwkwkwkwk..

  21. batu item itu dr ssyyuurr_ga ? So, ssyyuurr_ga berarti di bumi jg ya gan..sejak ane masih pakek celana monyet, sdh denger cerita ini. Konyolnya disinipun msh ada yg komen spt itu ? Bbeeuuhh..gak ada kemajuan blasss..! FuckArabism

  22. saya muslim ktp. Diberi kelebihan rezeki oleh tuhan dan sampai sekarangpun tdk pernah berniat naek haji/umroh. Kenapa ? Saya menolak keras kultur2 arab ! Apalagi yg umurnya sdh 14 abad ! What the hell !!

  23. cerita tentang haji selalu dilebih-lebihkan. Dikasih bumbu mistis, dan pendengar tanpa banyak mikir akan bilang, ‘subhanallah, astaghfirullah dan sebangsanya..’ kenapa gan ? Itu semua propaganda orang saudi. Agar dongo2 islam mau ke mekah. Akhirnya sudah jelas. Devisa. *motif ekonomi.

  24. Biasanya kl udah mentok keluarin jurus hadist, kalo ga jurus terakhir yaitu lakum dinukum waliadin, agamu agamamu, agamaku agamaku (heran sejauh ini muslim jg blm mengamalkan kalimat tsb)
    Contoh yg tjadi disekitar, pergerakan FPI yg melibas segalanya menganggap keyakinannya paling benar dan dicintai tuhannya, tuhan iblis maksudnya.
    Masih banyak contoh lainnya, Belum dengan ahmadiyah yg di bumihanguskan oleh kaum slim.
    Nah itu berhubungan dengan lakum dinukum ga tuh keyakinannya, atau hanya dongeng belaka ajarannya tanpa dasar yg jelas.

  25. lhoh, lagi mbahas segi geologi/keilmuan nya kok malah pada ribut islam dan lain lainnya.. islam cukup diletakkan dalam hati, diamalkan ajarannya, orang lain mau berpendapat apa ya kita hormati, agamamu agamamu, agamaku agamaku, urus urusan sendiri2 hhaha

  26. Agama bukan logika tapi keyakinan/keimanan. Selama Allah?Tuhan berkehendak itu pasti terjadi walaupun menurut logika/akal manusia itu mustahil. seperti adanya mahluk hidup dan alam semesta, apa tujuan adanya makhluk hidup & alam semesta? hanya Allah/Tuhan yang tahu dan berhak. dari manaasal makhluk hidup? apakah logika bisa menjawab? hanya keyakinan bahwa Allah/Tuhan lah yang berkuasa & berkehendak.

  27. Silahkan dibaca untuk orang2 non-muslim & atheis:

    Khalifah Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhuu ketika mencium Hajar Aswad, mengatakan :

    “Memang aku tahu bahwa engkau hanyalah batu, tidak dapat mendatangkan manfaat atau bahaya. Jika bukan karena aku melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menciummu, aku tentu tidak akan menciummu.” (HR. Bukhari 1597 dan Muslim 1270)

    sumber lengkap silahkan dibaca : http://abangdani.wordpress.com/2012/10/11/hajar-aswad-kisah-sebongkah-batu-dari-surga/

    barakallahu fiikum…

  28. Batu to, Mau batu Hitam, batu putih, batu Coral, batu pasir, Batu endapan dll, semua itu juga buatan Tuhan apa kita perlu mengagunakannya. Ingat para nabi yg jelas ketemu dan Diberi Tugas sama allah saja kita manusia ndak percaya apa yg disampaikan APALAGI cuman BATU, HITAM LAGI Apa sih hebatnya, saya kira jika kita melebih lebihkan alam ini apalagi sampai memujinya KALAH dong yg buatnya.

    Saya Tegaskan TIDAK ADA YG KUASA DAN KUASA YG BISA MENANDINGI KUASA TUHAN, semua itu adalah BATU, Malaikat saja disuruh TUHAN menyembah manusia nah kemudian tahu tahu saya HARUS mencium SEBUAH BATU, SOOOORIIIIIIII

  29. Hajar aswad merupakan simbol surga, ya surga dunia..
    Liat aja bentuknya hajar aswad itu…bisa nebak kan? Anak kecil jg pasti tahu…
    Ya benar vaginaaa…
    Inilah konsep surga sang nabi idola umat slim…
    Ya benar Tuhan memberikan akal, pikiran dan hati agar manusia lebih mengenal Tuhannya…
    Mari mencoba berpikir slim..lalu akhiri dgn hati… jangan akhiri dgn syahwat loooh…
    Ketika islam menguasai dunia, maka itulah kiamat sebenarnya…
    Salam akhir jaman!!

  30. jika kalian mati nanti,, pasti kalian akan minta dihidupkan lagi untuk sekedar bersimpuh dan bertobat walau sehari saja.. tobat selagi masih hidup.. tidak akan ada ipad jika steve job yang menciptakannya,, tidak akan ada windows jika bill gate tidak menciptakannya.. dan tidak akan ada manusia jika tuhan allah swt yang menciptakan kalian wahai manusia atheisme fuckin asshole..

  31. bagi yang meragukan.. hati kalian benar2 udah di kuci, hanya allah swt yang mampu memberi hidayah,, kami (manusia) bahkan nabi hanya memberi kabar gembira dan peringatan,, baca al qur,an.. baca al qur’an…

  32. makasih pak..!
    asyhaduallaailahaillallah
    waasyhaduannamuhammadarrosulullah….

  33. gimana ya ane sendiri sebenere jga janggal knapa batu itu yg dituju

  34. Percuma, tulisan seperti ini tetap saja membuat umat Islam bebal, mereka tutup mata dengan kejanggalan-kejanggalan di agama nya, mereka telah dibutakan otak nya. Mereka hanya mempercayai apa yang dikatakan ustad, padahal ustad pun bilang wallohu ‘alam.

    Mereka tidak berpikir kritis, mereka hanya percaya tanpa bukti.
    Maju terus ilmu pengetahuan ! Punahkan agama !

  35. baca komentnya banyak yang bikin ngakakk.. ga mungkin bisa di debat lagi, karena apa..?? jawabannya pasti dah dari sono nya ini dari surga dan bla..bla.. bla.. ” ada yang koment semakin kuat keimanannya (untuk nyembah batu kali ya..??) pernah baca ada ayat mengatakan ” kalau bukan kaena NAbi mencium mu aku juga tidak akan mencium mu..” lah kalau ini emang bener ada ayat begitu,, jadi timbul suatu kesimpulan pikiran dan pertanyaan,, “””ada seorang sahabat nabi masih dalam tanda tanya besar kenapa nabi ceramah tentang allah yg satu, dan tak berwujud tapi masih mau mencium batu dan menyembahnya,, ini allah yang mana??’”‘”

    padahal dalam sejarah dunia kepercayaan arab, batu itu adalah batu yg di sembah kaum pagan (penyembah Batu) yang pada hari2 tertentu di adakan upacara dan bagi kaum wanita mengoleskan darah haidnya dengan permohonan kesuburan dalam kandungan/mudah dapat anak,, batu tersebut di anggap lambang dewa kesuburan..””

    lah ini kalau ada sejarah kaya gini,, terus gimana..?? makin tambah runyem ceritanya…

    heheehehe… bukan maksud menghina, hanya mengajak untuk berpikir lebih kritis dengan mencari2 sumber berita yg lebih valid lagi..

  36. apapun itu, tentu umat islam punya alasan sendiri mengapa begitu menghormati batu hajar aswad walaupun dan bagaimanapun itu wujud batu, yang terpenting umat islam juga bisa memahami jika agama lain memiliki penghormatan terhadap benda-benda suci, entah patung, atau apapun juga bentuknya, jadi jangan sampai ada pengrusakan-pengrusakan terhadap benda suci milik orang lain

  37. nice posting :)

  38. kawan-kawan yg baik…kita serahkan aja semuanya kepada Allah SWT…karena hanya Allah saja yang maha memelihara segalanya..dan hanya Allah saja yang berhak disembah oleh seluruh penduduk Langit dan Bumi…siapa pun anda kelak akan diperhitungkan atas apa yang anda perbuat entah itu di dunia ataupun di akhirat kelak…lebih celakanya lagi kita mendapat balasan yang buruk dunia dan di akhirat setelah apa yang telah kita perbuat.

  39. ko bisa bukan meteorit ya pak? terus secara ilmiah hajar aswad datangnya dari mana ya? menurut cerita sih memang batu dari surga, tapi secara ilmiah dari mana yah :)

  40. kalo menurut saya islam itu baik, yg bejat sebagian personilnya terutama tokoh2 islam itu sendiri seribu cara menghalalkan berbagai metode agar sependapat dengan dia. jadinya sekarang pada go***k. itu agama untuk orang arab! para onta2 nya sj suka korupsi bangkai sapi. tahu nabrak org smp mati. masjid buat sembunyi.. go***k. akuin sj nyembah batu. yg lain jg pnya alasan sendiri untuk simbolis. makanya belajar buka pikiran tambah wawasan. fanatik = idiot?

  41. Terimakasih atas informasinya, hal ini akan menambah keimanan Saya sebagai umat Islam yang beriman, bahwa ternyata hajar aswad yang berada disisi rukun ka’bah tersebut bukanlah sembarang batu, sangat teristimewa dan luar biasa dari semua jenis dan golongan bebatuan yang ada dibumi ini, Alhamdulillah sekarang menjadi kokoh Iman dan pendirian Saya dalam beragama Islam ini, sehingga benarlah yang telah dikatakan Nabi besar Muhammad SAW dalam salah satu sebuah hadits yang berbunyi : Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata bahwa Rasulullah SAW telah bersabda : “Hajar Aswad diturunkan dari surga, dahulu ia berwarna lebih putih dari susu namun berubah menjadi hitam lantaran dosa anak-cucu Adam” (sunan At-Tirmidzi dalam kitab Al-Hajj bab III/226, ia berkata ini hadits hasan shohih, dishohihkan Ibnu Khuzaimah (IV/220)).
    Semoga bagi kita umat Islam yang beriman kepada adanya Allah SWT yang Mahapencipta alam semesta ini, dapat mengambil hikmah dari semua ini, karena mustahil adanya alam semesta ini secara kebetulan saja tanpa ada yang menciptakan dan mengaturNya, kalau adanya diri kita dan alam semesta ini secara kebetulan saja tanpa adanya yang menciptakan dan mengaturNya maka untuk apa kita berbuat baik kepada sesama hingga membentuk sebuah peradaban dimasyarakat, mengapa sejarah peradaban manusia ini bisa berkembang, itu karena adanya akal, siapa yang menciptakan akal itu?
    Supaya dapat mencerna dengan baik, lurus dan benar berfikirnya akal itu tentang siapa Tuhan itu, maka disini diperlukan pembimbing, guru yang dapat mengarahkan kepada suatu kebenaran, siapa dia? dialah utusan Tuhan semesta alam ini, para Nabi dan Rasul, salah satu bagaimana caranya kita dapat mengimani adanya Tuhan? tentu adalah dengan cara membaca fenomena jagad alam raya termasuk diri kita yang sekarang dapat menghirup udara dibumi dan suatu saat akan mati kembali perut bumi ini padahal dulunya kita tidak ada dibumi ini. Salam damai dan, hormat dari Saya.

  42. Hajar aswad hanya sebagian kecil kekuasaan ALLAH,…Ribut dan saling ejek itulah kt Manusia,karena BerAKAl…dan Berpikir Tapi TAHU kah anda Hakikat dari Berpikir itu sendiri..?Mengenal Tuhan Bukan dengan Akal Tapi HATI..Kalau postingan ini Terus dibahas Bukannya tambah Pinter tapi sebaliknya ILMU Hakiki adalah Ilmu Dari HATI baru ke Pikiran….Kalau pendapat semua sama ngak mungkin manusia ada di Dunia Tpi di Surga karena manusia di beri Nafsu tapi kita mungkin belum bisa mengendalikan nafsu itu sendiri,..Ilmu manusia hanya ibarat setitik Buih dilautan dan Tak akan dapat menjangkau semua Ilmu dan kekuasaan ALLAh Yang MAHA SUCI dari segala Kekurangan..

  43. entah mengapa, mereka membebankan diri untuk hal2 yang tidak diwajibkan untuk mengetahui atau menelusuri asal-usulnya… dasar manusia kurang kerjaan

  44. WAHAI KAUM GOBLOK…. Hajar Aswad sudah pasti BERHALA !!!

  45. SEJARAH BATU HAJAR ASWAD
    Temen-temen mungkin sudah sering denger sama sebutan Hajar Aswad. Apa lagi bagi temen yang kebetulan baru pulang dari ibadah Haji atau Umroh. Rata-rata yang kita inginkan banget saaat berada di makkah dan didekat Ka’bah adalah mencium Hajar Aswad. Soalnya kalau belum mencium Hajar Aswad seperti ada yang kurang. Tapi temen-temen tau ga sejarah Hajar Aswad yang sebenernya..??
    Hajar Aswad adalah Batu yaitu
    batu yang berwarna hitam yang terletak di sudut sebelah Tenggara Ka’bah, yaitu sudut darimana Tawaf dimulai. Hajar Aswad merupakan jenis batu ‘RUBY’ yang diturunkan Allah dari surga melalui malaikat Jibril.
    Hajar Aswad terdiri dari delapan keping yang terkumpul dan diikat dengan lingkaran perak. Batu hitam itu sudah licin karena terus menerus di kecup, dicium dan diusap-usap oleh jutaan bahkan milyaran manusia sejak Nabi Adam, yaitu jamaah yang datang ke Baitullah, baik untuk haji maupun untuk tujuan Umrah. Harap dicatat bahwa panggilan Haji telah berlangsung sejak lama yaitu sejak Nabi Adam AS. Bahkan masyarakat Jahilliah yang musyrik dan menyembah berhala pun masih secara setia melayani jemaah haji yang datang tiap tahun dari berbagai belahan dunia.
    Nenek moyang Rasulullah, termasuk kakeknya Abdul Muthalib adalah para ahli waris dan pengurus Ka’bah. Atau secara spesifik adalah penanggung jawab air zamzam yang selalu menjadi primadona dan incaran para jemaah haji dan para penziarah. Hadist Sahih riwayat Tarmizi dan Abdullah bin Amir bin Ash mengatakan bahwa Rasul SAW bersabda :
    Satu riwayat Sahih lainnya menyatakan:
    “ Rukun (HajarAswad) dan makam (Batu/Makam Ibrahim) berasal dari batu-batu ruby surga yang kalau tidak karena sentuhan dosa-dosa manusia akan dapat menyinari antara timur dan barat. Setiap orang sakit yang memegangnya akan sembuh dari sakitnya”
    Hadist Sahih riwayat Imam Bathaqie dan Ibnu ‘Abas RA, bahwa Rasul SAW bersabda:
    “Allah akan membangkitkan Al-Hajar (Hajar Aswad) pada hari kiamat. Ia dapat melihat dan dapat berkata. Ia akan menjadi saksi terhadap orang yang pernah memegangnya dengan ikhlas dan benar”.
    Hadis Siti Aisyah RA mengatakan bahwa Rasul SAW bersabda:
    “Nikmatilah (peganglah) Hajar Aswad ini sebelum diangkat (dari bumi). Ia berasal dari surga dan setiap sesuatu yang keluar dari surga akan kembali ke surga sebelum kiamat”.
    Berdasarkan bunyi Hadist itulah antara lain maka setiap jamaah haji baik yang mengerti maupun tidak mengerti akan senantiasa menjadikan Hajar Aswad sebagai ‘target’ berburu …. saya harus menciumnya. Mencium Hajar Aswad!!!.
    Tapi apa bisa? Dua juta jemaah, datang dimusim haji secara bersamaan dan antri untuk keperluan dan target yang sama. Begitu padatnya, maka anda harus rela dan ikhlas untuk hanya bisa memberii ‘kecupan’ jarak jauh sembari melafaskan basmalah dan takbir: Bismillah Wallahu Akbar.
    Hadis tersebut mengatakan bahwa disunatkan membaca do’a ketika hendak istilam (mengusap) atau melambainya pada permulaan thawaf atau pada setiap putaran, sebagai mana, diriwayatkan oleh Ibnu Umar RA. Artinya:
    “Bahwa Nabi Muhammad SAW datang ke Ka’bah lalu diusapnya Hajar Aswad sambil membaca Bismillah Wallahu Akbar”.
    Lanjutannya dikisahkan bahwa batu hitam tersebut pernah terkubur pasir selama beberapa waktu.
    RIWAYATNYA
    Dalam riwayat lanjutannya bahwa batu hitam tersebut pernah terkubur pasir selama beberapa lama dan secara ajaib ditemukan kembali oleh Nabi Ismail AS ketika ia berusaha mendapatkan batu tambahan untuk menutupi dinding Ka’bah yang masih sedikit kurang. Batu yang ditemukan inilah rupanya yang sedang dicari oleh Nabi Ibrahim AS, yang serta merta sangat gembira dan tak henti-hantinya menciumi batu tersebut. Bahkan, ketika sudah tiba dekat ka’bah, batu itu tak segera diletakan di tempatnya. Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS menggotong batu itu sambil memutari Ka’bah tujuh putaran.
    DIANGKUT DENGAN SORBAN MUHAMMAD
    Diantara peristiwa penting yang berkenaan dengan batu ini adalah yang terjadi pada tahun 16 sebelum Hijrah (606 M) yaitu ketika suku Quraisy melakukan pemugaran Ka’bah. Pada saat itu hampir saja terjadi pertumpahan darah yang hebat karena sudah lima hari lima malam mereka dalam situasi gawat, karena keempat kabilah dalam suku Quraisy itu terus bersitegang ngotot pada pendapat dan kehendak masing-masing siapa yang mengangkat dan meletakkan kembali batu ini ketempat semula karena pemugaran Ka’bah sudah selesai.
    Akhirnya muncul usul dari Abu Umayyah bin Mughirah Al-Mukhzumi yang mengatakan
    ”Alangkah baiknya kalau keputusan ini kita serahkan kepada orang yang pertama kali masuk masjid pada hari ini.”
    Pendapat sesepuh Quraisy Abu Umayyah ini disepakati. Dan ternyata orang pertama masuk pada hari itu adalah Muhammad bin Abdullah yang waktu itu masih berusia 35 tahun. Menjadi rahasia umum pada masa itu bahwa akhlak dan budi pekerti Muhammad telah terkenal jujur dan bersih sehingga dijuluki Al-Amin (orang yang terpercaya).
    Muhammad muda yang organ tubuhnya yaitu HATI-nya pernah dibersihkan lewat operasi oleh Malaikat, memang sudah dikenal luas tidak pernah bohong dan tidak pernah ingkar janji. Lalu apa jawaban dan tindakan Muhammad terhadap usul itu?
    Muhammad menuju tempat pernyimpanan Hajar Aswad itu lalu membentangkan sorbannya dan meletakkan batu mulia itu ditengah-tengah sorban kemudian meminta satu orang wakil dari masing-masing kabilah yang sedang bertengkar untuk memegang sudut sorban itu dan bersama-sama menggotongnya kesudut dimana batu itu hendak diletakkan. Supaya adil, Muhammad pulalah yang memasang batu itu ketempat semula.
    RAHASIA HAJAR AL-ASWAD
    Kita semua tahu bahwa Hajar Aswad hanyalah batu yang tidak memberikan mudorat atau manfaat, begitu juga dengan Ka’bah, ia hanyalah bangunan yang terbuat dari batu. Akan tetapi apa yang kita lakukan dalam prosesi ibadah haji tersebut adalah sekedar mengikuti ajaran dan sunnah Nabi SAW. Jadi apa yang kita lakukan bukanlah menyembah Batu, dan tidak juga menyembah Ka’bah.
    Umar bin Khatab berkata “Aku tahu bahwa kau hanyalah batu, kalaulah bukan karena aku melihat kekasihku Nabi SAW menciummu dan menyentuhmu, maka aku tidak akan menyentuhmu atau menciummu”
    Allah memerintahkan kita untuk Thawaf mengelilingi Ka’bah dan Dia pula yang telah memerintahkan untuk mencium Hajar Aswad. Rasulullah juga melakukan itu semua, dan tentu saja apa yang dilakukan oleh beliau pastilah berasal dari Allah, sebagaimana yang terdapat dalam firmanNya : “Dan tiadalah yang diucapkannya itu menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (QS. An-Najm : 53 ) “.
    Hajar Aswad berasal dari surga. Batu ini pula yang menjadi fondasi pertama bangunan Ka’bah, dan ia menghitam akibat banyaknya dosa manusia yang melekat disana pada saat mereka melakukan pertaubatan. Tidakkah orang yang beriman merasa malu, jika hati mereka menghitam akibat dosa yang telah dilakukan. Rasulullah bersabda “Ketika Hajar Aswad turun, keadaannya masih putih, lebih putih dari susu, lalu ia menjadi hitam akibat dosa-dosa anak Adam (HR Tirmidzi).
    (dari berbagai sumber)

  46. pemakan mayat@
    saya setuju dengan anda..
    paling bego-begonya manusia yg ta beragama. sama halnya denggan anjing hitam…..

  47. di al qurqn jga d jelaskan kalaw batu hajaraswad tu turun dari surga. malah di bilar batu meteor. emang ada gitu batu yang wangi sampai ber abad-abad. dari jaman ke jaman.. selain batu hajar aswad…
    dasar arkiyolog gila…

  48. yang merasa kafir akulah yang mau memancung lehermu siapa yang berani saya tantang alamat saya di jelutung jambi rt.jantung mu kumakan25 no 64 ingat saya dapat mencari alamat kamu sampai liang kubur kucari, jangan menghina nabiku

  49. alhamdulillah saya sudah murtad dan menjadi atheist.
    semasa muslim saya menyangka semua dongeng di islam benar.setelah saya lihat dari kaca mata nonmuslim, baru ketahuan semua itu hanya dongeng. pantesan semua muslim goblog2, ketinggalan dari umat lain soalnya mereka selalu percaya dongeng, ghaib, dan tuhan yang juga cuman dongeng.
    akhirya saya simpulkan semua agama itu dongeng. karena saya sudah tau kristen cuman dongeng dari dulu.
    salam damai. saya ingin selamatkan kalian semua dari belenggu agama yang membuat kalian jadi terbelakang.

  50. akhiran dari pendapat selalu “hipotesis”
    yaah..jadi semua yang katanya penelitian cuma hipotesis alias :dugaan”

  51. eh itu hajar aswat itu bukan batu meteor atau batu biasa batu itu langsung turun dari Syurga dan aslinya batu hajar aswat itu putih namun berubah jadi hitam dikarenakan dosa dosa manusia. terus ka’bah juga sudah diakuin oleh NASA dan seluruh negara bahwa pusat bumi itu ada di ka’bah. bisa dibuktikan dengan kompas yang sama skali tidak bergerak sedangkan di segitiga bermuda kompas bergerak seperti di planet mars jadi intinya semua yg dikatakan ISLAM itu benar ALLAHU AKBAR

  52. Kristen anjing! Harus di musnahkan! Harus ada penembakan misterius untuk pendeta2 anjing yang mukanya mirip babi ngepet semua!

  53. Umat nasrani gak pernah nyadar ya. . . Gak ada 1 pun Nabi yang meninggal dengan tragis at di bunuh.

  54. para ahli geologi harusnya meneliti kembali bagaimana tekstur tanah di sekitar mekah. Kenapa juga ada gunung maghnit? Knp juga seputar ka’bah hanya batuan cadas sementara di luar itu berbeda. Sy melihat penelitian para ahli geologi blm tuntas. teliti lagi deeh, hilangkan dulu berbagai reerensi geologi ttg ka’bah… Sekarang teliti kembali, pasti menemukan hal yg baru.

  55. ya,, smp dunia ini kiamat jenis batu hajar aswad, tdk akn pernah ditemukan d dunia saat ini, karena batu itu berasal dri batuan surga yg Alloh turunkan ke dunia. Artinya klo ingin mnemukan batuan tersebut hanya ad d surga, bgitulah yg di sabdakan Rosululloh. Maka Percuma meneliti Hajar Aswad d dunia ini, hanya akan menguras biaya n tenaga. Mka yg wajib bgi org2 yg beriman adlh mempercayainya n mmperlakukannya sbgmn Rosululloh memperlakukan hajar aswad tsb. Wallohu a’laam

  56. Kasiiaaann muslim itu,,yg sabarrr ya byk doa dan tawakal aja smoga tambah PINTER meskipun sdikiiittt aja,,jgn lgs ngomel2 ga karuan gitu donkk,,lebay amatttt,,klo dpt topik galau gini pasti yg diserang Alkitab,,,hadehhh,,tandanya ga bs trima kenyataan tuh,,,namanya iri,sirik=tanda tak mampu,,,

  57. untuk mengetahui satu kitab benar atau salah harus dibaca dulu dengan teliti, diperiksa dan diselidiki. bukan asal ikut2an orang.
    kalo orang sesat tar jadi ikut2an sesat…

    tapi, sebelum memeriksa kitab lain, sebaiknyalah dan sangat bijaksana kalau kitab kita sendiri diperiksa terlebih dahulu.

  58. Lha…ketahuan khan kalo JUNAIDI ORANG GOBLOK, ha ha ha…

  59. Kebanyakan orang tentu mengetahui makna dari pesan berikut ini : Untuk 17 Tahun Ke atas.
    yang seringkali ditempel pada film-film yang hanya boleh ditonton bagi yang sudah berumur 17 tahun ke atas atau sudah dewasa. Banyak alasan lembaga sensor film memberikan label tersebut, di antaranya adanya adegan dewasa.

    Begitu juga dalam Alkitab, ternyata, ada cukup banyak ayat yang hanya pantas dibaca oleh orang-orang yang sudah berumur 17 tahun ke atas atau su-dah dewasa, alasannya, ayat-ayat tersebut dinilai dapat memberikan efek bio-logis dan psikologis pada orang-orang yang membacanya, maka perlu adanya seleksi pembaca yaitu 17 tahun ke atas atau sudah dewasa.

    Karna alasan tersebut, ayat-ayat ini tidak pernah dibacakan dalam kebaktian di gereja, tidak pernah dibacakan dihadapan sekumpulan orang, tidak pernah ditemui dalam kartu ucapan Natal atau kartu undangan perkawinan, dan tidak akan pernah ada orang Kristen baik pastor, pendeta atau orang-orang awam yang mau menghafalkan atau menjadikan dalil. Padahal ayat-ayat tersebut diklaim sebagai ayat-ayat suci bagian dari sebuah kitab suci.

    Bagi orang tua yang mengetahui ayat-ayat tersebut, tentu akan menyem-bunyikan rapat-rapat dari jangkauan anak-anak, agar jangan sampai mereka membacanya, kekuatiran ini sangat beralasan karena adanya efek biologis dan psikologis pada anak, yang dapat menyebabkan kedewasaan dini.

    Mari kita lihat ayat-ayat tersebut mengapa bisa demikian ?, dan untuk adik-adik di bawah 17 tahun sebaiknya tidak membaca artikel ini.

    Kitab Kidung Agung
    Kiranya ia mencium aku dengan kecupan!Karena cintamu lebih nikmat dari pada anggur1 KA 1:2

    Tangan kirinya ada di bawah kepalaku,Tangan kanannya memeluk aku. KA 2:6

    Bagaikan seutas pita kirmizi bibirmu, Seperti dua anak rusa buah dadamu,Seperti anak kembar kijang yang tengah makan rumput Di tengah-tengah bunga bakung.5 KA 4:3,5

    Pusarmu seperti cawan yang bulat,Yang tak kekurangan anggur campur.Perutmu timbunan gandum, berpagar bunga-bunga bakung.2Seperti dua anak rusa buah dadamu,Seperti anak kembar kijang.3 KA 7:2-3

    Sosok tubuhmu seumpama pohon korma danBuah dadamu gugusannya.7Aku ingin memanjat pohon korma itu danMemegang gugusan-gugusannya.Kiranya buah dadamu seperti gugusan anggur danNafas hidungmu seperti buah apel,8 KA 7:7-8

    Ayat-ayat di atas terdapat dalam kitab yang dinamakan sebagai kitab Kidung Agung, kitab ini terdapat dalam Bible/Alkitab yaitu kitab ke-22, Ayat-ayat dalam Kidung Agung berbentuk syair atau puisi yang di atas namakan buatan raja Solomon. Namun penisbahan ini sama sekali tidak tepat, karena orang-orang Yahudi sama sekali tidak mengetahui siapa penulis kitab ini dan untuk apa kitab ini ditulis. Kitab Kidung Agung adalah kitab yang memuja cinta demi cinta dan untuk cinta.

    Dalam Tafsir Alkitab Perjanjian Lama yang diterbitkan oleh Lembaga Biblika Indonesia halaman 502, disebutkan, kitab Kidung Agung ini sangat diragukan sebagai kitab suci dan sama sekali tidak ada kaitannya dengan sejarah suci, hukum-hukum atau nabi-nabi. orang-orang Yahudi sendiri sangat ragu-ragu memasukkan kitab ini sebagai kitab suci. Namun umat Kristiani secara bulat menerima Kidung Agung sebagai kitab suci.

    Ayat-ayat tersebut dilihat dari teksnya, berisi puisi-puisi cinta yang penuh gairah, yang tentu tidak pantas untuk dibaca oleh anak-anak berumur 17 tahun ke bawah dan sangat tidak mungkin dibacakan dalam gereja yang jemaatnya terdiri dari laki-laki dan perempuan, siapapun dapat menerka apa yang terjadi bila ayat-ayat tersebut dibacakan di dalam kebaktian di dalam gereja.

    Bahkan Biarawan Spanyol Fray Luis de Leon, dijebloskan ke dalam penjara pada tahun 1562 oleh lembaga inkuisi karena menyusun sebuah terjemahan Kidung Agung yang asli dari kitab berbahasa Ibrani, tentu saja karena isinya terlalu vulgar. Ayat-ayat yang saya kutipkan di atas adalah dari Alkitab terbitan Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) tahun 2004 yang isinya sudah diperhalus yang disesuaikan dengan adat ketimuran.

    Ayat-ayat yang sudah diperhalus tersebut, masih saja terasa vulgar, bagaimana jika ayat-ayat tersebut diterjemahkan apa adanya seperti bahasa aslinya ? tentu jauh lebih vulgar dan lebih membangkitakan gairah. Semestinya, kalau ayat-ayat itu diklaim sebagai ayat-ayat suci, maka tidak diperlukan lagi usaha untuk memperhalus bahasanya, biarkan saja seperti aslinya. Bukankah ayat-ayat suci itu firman Tuhan, bukankah firman Tuhan akan hilang kesuciannya kalau ayat-ayat tersebut dirubah-rubah, ditambah, dikurangi atau direvisi. ?????

    Pertanyaannya, apakah pantas ayat-ayat ter-sebut yang membangkitkan gairah dan fantasi dimasukkan sebagai ayat-ayat suci ?, Hikmah apa yang dapat diambil dari ayat-ayat tersebut ??

    KITAB YEHEZKIEL

    Ia melakukan lebih banyak lagi persundalannya sambil teringat kepada masa mudanya, waktu ia bersundal di tanah Mesir.19Ia berahi kepada kawan-kawannya bersundal, yang auratnya seperti aurat keledai dan zakarnya seperti zakar kuda.10Engkau menginginkan kemesuman masa mudamu, waktu orang Mesir memegang-megang dadamu dan menjamah-jamah susu kegadisanmu.21 Yehezkiel 23:19-21

    Kisah tersebut di atas terdapat dalam Perjanjian lama yaitu kitab ke-26 dalam Alkitab. Semua ayat dalam kitab tersebut, di klaim sebagai ajaran seseorang yang bernama Yehezkiel, menurut iman Kristiani Yehezkiel adalah seorang nabi yang hidup pada tahun 593 SM. Ajaran-ajaran Yehezkiel dibukukan dalam sebuah kitab yang kemudian diberi nama sesuai dengan namanya sendiri.

    Sekarang mari kita kembali kepada teks ayat di atas. Kalau kita amati, ternyata isinya jauh lebih vulgar dari ayat-ayat dalam kitab Kidung Agung, bahkan ada kecondongan kasar dan sangat tidak pantas bagi bahasa ketimuran.

    Kalimat ? zakarnya seperti zakar kuda? dan ? memegang-megang dadamu dan menjamah-jamah susu kegadisanmu? betul-betuli sulit diterima akal bila dimasukkan dalam ayat-ayat suci, kata-kata dalam kalimat itu lebih condong atau lebih tepat disebut sebagai untaian kata-kata sensual dan erotis bahkan menurut adat ketimuran, bila ada seseorang yang mengatakan seperti kata-kata itu, maka masyarakat akan mengatakan dia berkata-kata kotor.

    Ayat-ayat yang saya contohkan di atas adalah ayat-ayat yang saya ambil dari Alkitab yang dikeluarkan oleh LAI tahun 2004, ayat-ayat terse-but sudah mengalami revisi yang cukup banyak guna menghilangkan kesan sensual, erotis dan kotor. Padahal kalau ayat-ayat tersebut diklaim sebagai ayat-ayat suci firman Tuhan, untuk apa lagi harus dirubah-rubah, bukankah Tuhan jauh lebih sempurna dalam memilihkan kalimat dari pada manusia ?

    Mari kita lihat ayat-ayat tersebut pada Alkitab terbitan LAI tahun 1970,

    Dan melampiaskan hasratnja dengan petjinta mereka, jang pelirnja seperti pelir keledai dan jang pantjarannja laksana pantjaran kuda djantan.20 Yehezkiel 23:20

    Kalimat yang bergaris bawah pada ayat tersebut yaitu pelirnya seperti pelir keledai telah diperhalus menjadi auratnya seperti aurat keledai pada Alkitab terbitan LAI 2004, padahal kata pelir dan aurat memiliki arti yang sangat berbeda, tentu saja perubahan ini dimaksudkan untuk menghilangkan kesan kasar dan kotor, tetapi perubahan tersebut memberikan efek perubahan makna. Dan ini melanggar larangan yang terdapat dalam Alkitab :

    Segala yang kuperintahkan kepadamu haruslah kamu lakukan dengan setia, janganlah engkau menambahinya ataupun menguranginya. Ulangan 12:32

    Kalau ayat-ayat itu adalah firman Tuhan, untuk apalagi harus dirubah-rubah, apakah manusia lebih sempurna dari Tuhan dalam hal bertata-ba-hasa ?, tetapi kalau itu firman Tuhan mengapa kalimatnya sangat mengganggu norma-norma ketimuran, apakah Tuhan tidak tahu bahwa firmannya tidak cocok untuk orang timur, pasti tidak mungkin, karena Tuhan Maha Mengetahui. Bahkan di baratpun ayat-ayat tersebut juga mendapat kritikan karena dinilai tidak pantas untuk dipublikasikan.

    Para penginjil Bandung sangat risih dengan ayat-ayat yang demikian, sehingga perlu merevisi ayat-ayat tersebut agar layak untuk dibaca, hasil-nya sebagai berikut :

    Tetapi bagi dia sendiri hal itu tidak seberapa, ia malah melakukan persundalan yang lebih menjijikkan lagi dengan mengenang masa mudanya, ketika ia bersundal di Mesir dengan orang-orang yang besar hawa nafsunya.20Demikian engkau merindukan kehidupan masa lalumu, masa engkau masih gadis, ketika engkau menyerahkan tubuhmu kepada orang-orang di Mesir.21 Yehezkiel 23:20-21, Penerbit Kalam Hidup Bandung

    Hasil revisi tersebut cukup mengagumkan, sopan, halus dan lembut, cukup seimbang dengan nilai-nilai ketimuran. Namun sayang, sebagus apa-pun yang namanya merevisi firman Tuhan maka hasil yang didapat adalah bukan ayat yang asli lagi. Dan bagi pemeluk agama Kristen Bandung, harus rela dengan hilangnya ayat tersebut.

    Ayat – ayat Yang Lain

    Ayat-ayat berikut serupa bahasanya :

    Kejadian 19:30-36 : Perzinahan ayah – anak Kejadian 35:22 : Perzinahan ibu – anak Kejadian 38:15-30 : Perzinahan ayah-menantu 2 Samuel 13:5-14 : Perzinahan kakak-adik 2 Samuel 16:21-23 : Anak memperkosa Ibu Yehezkiel 16:23-24 : Pelacur tak pernah puas Amsal 7:7-22 : Istri berselingkuh Hakim-hakim 16:1 : Berzinah dengan sundal

    Komenter – komentar dari Pihak Kristen Sendiri

    George Bernard Shaw Budayawan dan Kritikus Kaliber International dan pemenang Nobel tahun 1925, dia berpendapat :?Alkitab adalah kitab yang paling berbahaya di muka bumi, simpanlah kitab ini di laci dan kuncilah?

    The Plain Truth, Oktober 1977?Membacakan cerita-cerita dari Injil kepada anak-anak bisa membuka kesempatan untuk mendiskusikan moral seks. Kitab Injil yang belum dibersihkan pasti mendapat rating X dari badan sensor?

    Majalah Time 31 Maret 2001?Alkitab merupakan kitab orang dewasa yang penuh sekali dengan erotisme?

    Romo Don Bruno Maggioni? Alkitab adalah sebuah karangan untuk orang dewasa. Bukan hanya karena-halaman seksualnya tetapi karena jenis masalah yang muncul di seputar seks manusia?

    AL-QUR?AN LEMBUT DAN SANTUN

    Penggambaran Cinta Al-Qur?an memberikan gambaran cinta dan kasih dengan bahasa yang indah, santun dan mudah dimengerti makna dan hikmahnya :

    Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung,dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan, penuh cinta lagi sebaya umurnya, QS. 56:35-37

    Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan Sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir. QS. 30:21

    Ayat QS. 30:21 seringkali dicantumkan dalam kartu undangan pernikahan, tanpa tafsiran, hal ini menunjukkan ayat ini indah, sopan dan mudah dimengerti. Bandingkan dengan ayat-ayat dalam Kidung Agung, cari kartu undangan perkawinan orang Kristen yang memuat ayat ini, pasti tidak ada, karena akan dinilai tidak sopan, vulgar dan tidak ada makna apa-apa yang dapat diambil dari ayat-ayat Kidung Agung.

    Penggambaran Hubungan suami-Istri Al-Qur?an telah mengatur kehidupan suami istri dengan bahasa yang mudah, lembut, santun dan indah, walaupun tanpa kevulgaran namun sangat mudah untuk dipahami maksudnya :

    Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah:”Haidh itu adalah suatu kotoran”. Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintakan Allah kepadamu?. QS. 2:222

    Allah SWT memilihkan kata mendekati dan mencampuri untuk mewakili kata berhubungan badan, siapapun dapat mengerti maksud ayat tersebut dan mengambil pelajarannya, mudah, lembut, santun, indah dan tidak vulgar. Mari kita lihat lagi firman Allah SWT yang menggambarkan kebolehan menggunakan metode apa saja untuk hubungan suami istri :

    Isteri-isterimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok tanam, maka datangilah tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki?.. QS. 2:223

    Sebuah kalimat yang lembut dan santun, memberikan gambaran yang indah, yang sangat menghargai wanita dan laki-laki, yang wanita merasa seperti sawah yang memberikan manfaat bagi kehidupan, dan yang laki-laki merasa mempunyai kebebasan yang luas untuk bercocok tanam. Tidak ada keharmonisan yang seindah keharmonisan antara petani dengan sawahnya. Begitulah firman Allah SWT mengalir begitu indah bersama hikmahnya, tidak ada satu katapun yang tidak mempunyai arti.

    Sekarang bandingkan dengan ayat-ayat dalam Kidung Agung dan Yeheskiel 23:19-21, apakah ada hikmah atau pelajaran yang dapat diambil dari ayat-ayat tersebut ?, dan bagaimana dengan cara penyajian bahasanya ? indah ? lembut ? atau vulgar dan kasar ?.

  60. Orang yang dikuasai agama akan menjadi goblok.
    Apalagi agama yang ngaku wahyu tapi sebetunya kompilasi agama terdahulu yang dirangkum dengan tidak tepat waktu dan susunannya.
    Sayang sok jadi ilmuan tapi relijius koplak.

  61. tanda kiamat kecil
    Pertengkaran umat islam…

  62. mohammad brperang umat islam ikut, jika mohammad nyuruh menikahi dbatasi 4 wanita diikutin umat islam, trus nyuruh nyium hazar aswat umat islam ngikut mgkin klo dsuruh nyium banci dan menikahi banci dbatasinnya 4org, mgkin diikutin jg, sosok pemimpin yang hebat

  63. knapa sih kita kok ribut
    pendek kali kita mikirin secuil batu
    apa sih hebatnya
    bisa menyedot dosa..?
    manusia…
    ingat dosa tetap dosa
    tak bisa di hapus.
    kalau mang bs ku akan bunuh semua orang kaya dan aku dpt duid byak tuk pergi haji dan cium hajar aswad
    aman deh kaya dan tak ada dosa.
    jangan pikir tu batu
    lo mau ada yg lebih besar pikir tu matahari bulan bintang angin
    atau bumi yg km pijak
    itulah sumber kehidupanmu
    yg di cipta alloh dengan kekuatan yg maha dahsat.agar km bisa hidup dan berpikir sehat.
    pikir tu …..
    coba contoh satu aja km jawab
    apa sih sebenarnya matahari tu
    kok bisa ya api ok hidup jutaan taun gk mati2
    bahan bakarnya apa ya
    hhhhheeee hhhhheeee

  64. Tetaplah muslim sampai ajal menjemput,setan akan menggoda sampai kita benar2 kafir dan mengikutinya bahkan yg paling dasyat saat sakaratul maut..

  65. To: junaedi,engkau benar2 sahabat dan wakilku yg setia…teruskan perjuanganmu demi hidup kekal nan abadi,kutunggu engkau di wail…

  66. SUBHANALLAH..dari ulasan pakde ini jadi ketahuan ya..antara manusia yang percaya adanya ALLAH dan yang ATEISME(mengukur dari banda semata) dan buat penulis..selamat anda berhasil menimbulkan pertengkaran hebat diantara sahabat..semoga rejekinya lancar…

  67. @nur latifi, gw udah murtad cuy, lagian komen gw buat si @ras muhammad, dia bilang nyium hajar aswad hukumnya wajib, mana ada dalilnya cuy, loe jangan sok tahu cuy wkwkwkwkwk

  68. Junaedi kamu bilang “orang yg cium hajar aswad goblok dan nyembah berhala?” pasti kamu adalah orang kafir atau kalau bukan pasti muslim yg guoblok…!!!

  69. [...] nulis ini karena besok aidil adha… dan habis baca tulisan di blog favorit saya tentang ‘hajar aswad‘… artikelnya keren menurut saya… dan komentar-komentarnya juga [...]

  70. Reblogged this on thekoist and commented:
    dari blognya pak dhe rovicky dwi putrohari…

  71. subhanallah….nice post pak dhe Rovicky.. :) isin copas yah pak dhe… semoga tetap sehat, dilapangkan rezekinya, dan dimudahkan segala urusan kesibukan di berbagai organisasinya….. alhamdulillah saya suka ulasannya :)

  72. wkwkwkwkwk…rasa syukur ko nyium batu…goblok…kalau mau bersyukur mah…jadi anak yg berbakti…goblok bener…mau aja nyium berhala

  73. sedikit ulasan …. hajar aswad adalah bantu yg berbentuk sperti
    ( maaf ) alat kelamin wanita … kenapa kita diwajibkan utk menciumnya???? karna itu sbagai bentuk rasa syukur kita terhadap ibu kandung kita … karna dialah Tuhan yang nyata di dunia ini … karna tanpa dia kita tak akan ada di dunia ini ….
    jd salam jari tengah utk kaum pencinta dagink babi dan kotoran ,,, utk loe ga ada yang BENAR …!!!!!!!!!

  74. hajar aswad adalah berhala

  75. Subhanallah !

  76. Ya benar itu Muhammad tak pernah salah, karena dia bukan manusia.. kira-kira ada yang tahu nggak ya… Dia itu makanannya apa ya.. apakah orang yang tidak pernah salah itu makannya dari mulut kah..? Apakah kalau jalan menginjakkan kaki di tanah kah..? kalau dibanding dengan Aji.. tentang makan, jalan, dsb kira-kira apa bedanya ya..?

  77. wes mas wes … ayu dolan bareng ae berpikir positif aj … ojo nemen2 terlalu menjurus ke arah yg gak baek ntr

    maju terus pak dhe,,, anda inspirasi kaum muda yg gemar membaca an menulis :)

  78. Sedikit info tentang Hajar Aswad…

    Hajar Aswad, Petunjuk Astronomi Keberadaan Makkah ?
    http://kanzunqalam.wordpress.com/2012/08/21/hajar-aswad-batu-meteor-petunjuk-keberadaan-makkah/

  79. Terima kasih pencerahannya.. semoga bermanfaat untuk yang lain

  80. untuk menjawabnya kita kembali ke seorang profesor pada abad ke 7 yaitu NABI MUHHAMDAT…(hajar aswad adalah batu dari surga,dan dulu warnanya lebih putih dari susu,dan karena dosa2x anak adam,menjadikan batu itu hitam.
    Trus kenapa umat muslim menciumnya,itu karane nabi MUHAMAD melakukannya,karna nabi MUHAMAD adalah makluk yg tidak pernah salah jadi kita menirunya adalah sah2x saja.

  81. Apapun pendapat kalian (kaum yahudi) tentang Batu Hajar Aswad, tidak lain ialah KEINGKARAN YANG NYATA.
    sesungguhnya kami (Kaum Muslim) tidak pernah goyah hanya lantaran pendapat kalian yang SAKIT JIWA-nya (Tak ber-Iman) atas Ayat-ayat kami (Kaum Muslim).

  82. saya sangat berterimakasih kpd pakde…
    di mana sii batu hajar aswad tu di temukan..

  83. Kasihan nih yang komentar negatif mengenai batu Hajar Aswad. Anda tdk mendalami ttg Islam kemudian berkomentar. Sy yakin azabNya segera menghampiri anda.

  84. orang yang berjaya adalah orang yang ingat akan sejarahnya.

  85. kalian yang bertanya kenapa kok harus mencium Hajar Aswad,
    itu lah kalian hanya mementingkan dirinya sendiri.

    Hajar Aswad bukan untuk disembah tapi di kenang.
    Hajar Aswad di taruh di Mekah, karena Mekah kota suci.

  86. Yang mudah dipersulit dan yang sulit dipermudah, hanya Allah lah Yang Maha Segala-Nya, supaya kalian berfikir & beriman kepada-Nya.

    Nabi Muhammad adalah Rasul yang bijaksana, sebelum Beliau meninggal Beliau berfikir, pasti orang2 sesudahku ingin menyentuh aku dan bertemu dengan ku.
    sama ketika ayah dan ibu kalian meninggal , jika kalian rindu mereka apa yang akan kalian lakukan? pasti mencari fotonya kan atau barang2 yang bisa mengingat kenangan kan?

  87. wahai saudara
    janganlah berdebat masalah agama/keyakinan . jalankan aja agama dan keyakinan masing-masing, biar Allah sajalah yang menilai amalan kita masing-masing, karena Allah adalah Dzat yang MAHA mengetahui dan MAHA kuasa atas segala sesuatu. Ingat dan sadarlah saudaraku berlindunglah kepada Allah atas musuh utama manusia yaitu Iblis dan aparatnya. dari saudaramu * yayak * Surau Nurul Amin Kamal Madura.(0813 3001 1850). tks.

  88. Subhanallah..setuju biarlah Hajar Aswad tetap menjadi misteri
    nice post Gan… sangat informatif…semoga blognya makin sukses :D

  89. Emamg udah ada yang membuktikan kalau yang terapung itu emang pecahan Hajar Aswad.??
    Emang gimana caranya ilmuan membuktikan densitas dari Hajas Aswad.?? Apakah sudah ada jurnal ilmiahnya.??

    Semuanya hanya berdasar “KATANYA”, saya sendiri punya keyakinan bahwa hajar aswad hanyalah sebuah Lingga seperti dipuja oleh umat HIndu, mengingat Hajar Aswad punya sejarah sebagai sesembahan bangsa Quraish, dan tidak menampik bahwa Hindu pernah menyebar di tanah Arab..

  90. Sembahlah Ia manusia ilahi, mengapa menyembah batu dari ilahi?

  91. Batu ya tetap batu .. nggak usah ribut dan ngarang-2 batu dari sorgalah .. kayak kurang kerjaan .. Tuhan macam apa menyuruh umatnya mencium batu .. Yang jelas tuhan palsu .. Sadarlah saudara.. Masa batu kok dicium dihormati lagi ..
    ????????

  92. Pak De dr artikelnya kan smua ada kata dugaan, jd itu kan lom tentu benar adanya

  93. yg berani kritik ttg kebenaran pastilah org yg tdk berakal,sesungguhnya agama itu akal,tdk wajib beragama bg org yg tdk berakal…para kaum kafir,kumpulkan ahli2 dr bangsamu,carilah kelemahan islam dgn akal maupun scintis,jk kamu berani niscaya kamu akan memeluk islam…islam agama yg benar dan tak terbantahkan.kami menguji anda kafirun…………

  94. hanya anjing goblok tukang kawin dan kudisan yang menganggap batu ini sebagai dewa penyelamat yang harus dicium2. Emang udah gak ada batu yang lain? Dasar anjing !!!

  95. pakdhe, mau nanya, ada yang pernah dating hajar aswad ga? soalnya pingin tahu umur pastinya.. biar perkiraan genesis/provenance/protolith nya bisa jelas..

  96. [...] Sumber: rovicky.wordpress.com input, textarea{} #authorarea{ padding-left: 8px; margin:10px 0; width: 635px; } #authorarea h3{ border-bottom: 1px solid #B0B0B0; color: #333333; font-family: georgia; font-size: 19px; font-weight: normal; line-height: 22px; margin:0 4px 5px; padding-left: 8px;} #authorarea h3 a{text-decoration:none; color:#333; font-weight:bold} #authorarea img{margin:0 5px; float:left; border:1px solid #ddd; width:40px; height:40px;} #authorarea p{color:#333; margin:0} #authorarea p a{color:#333} .authorinfo{ } [...]

  97. tulisan tentunya harus dijadikan semangat untuk lebih giat ibadah.
    terlepas dari semua hal, yang jelas kita sebagai manusia diberikan akal untuk berpikir dan berusaha

  98. makasih dah di share pak dhe,
    Hajar aswad memang menyimpan banyak rahasia dan nilai historis yang tinggi…
    artikel yang bermanfaat buat Calon jamaah yang akan Daftar Haji ONH Plus yang berangkat lebih dahulu…
    nice share pak dhe…….

  99. jadi siapa sih yg sebenarnya penyembah berhala?tipikal kaum yg suka lempar batu sembunyi tangan… habis ini pasti siap2 cari pembenaran diri dan kambing hitam

  100. menurut saya baca hajar aswad itu batu dr surga.asalnya putih kemudian hitam dikarnakan dosa2 manusia yang menyentuhnya

  101. segala sesutu yang ada didunia ini mencari jawabanya haruslah berlandaskan al qur’an dan hadist tidak bisa berdasarkan akal manusia dan saint saja

  102. Saya pikir,cuma batu biasa,ternyata,sulit mencari duanya.

  103. keren nih pakdhe…

  104. trimaksih udah ngirimmin artikelnya pak dhe(bnyk yng mnggil g2)..
    truz berkarya y pak dhe,,,

  105. batu aswad ini jadi hitam karena kebanyakan dicium orang h itam..hehehee…becanda.. hajar aswad jadi hitam namanya juga aswad (hitam) itu sudah digambarkan sejak dahulu…secara alamiah batu ini bisa menjadi hitam bila mengalami perubahan cuaca yg signifikan dan terus mengalami sentuhan tangan dan mulut dari jutaan orang..coba fikir, berapa banyak daki atau kotoran yang nempel di batu ini, ada kotoran yg tidak bersih hanya disiram air aja..skalipun dicuci tetep ga ilang..kata ulama saya di kampung dalam sejarahnya batu ini pernah tenggelam kedasar tanah, namun berkat kekuasaan Allah batu ini kembali muncul kepermukaan tanah dan ditemukan oleh Nabi Ibrahim AS. sebagai batu yg timbul begitu saja dari dalam tanah (Pasir) sebagai tanda kekuasaan Allah SWT. memang asal dari batu itu bukan dari alam kita, tp dr syurga, kemungkinan besar batu itu jatuh ke bumi atas kehendak Allah SWT..ada kemungkinan bahwa batu tersebut jatuh ke bumi untuk memusnahkan seisi bumi yg dikuasai oleh predator dan memulainya kembali dengan kehidupan manusia yg aman dr predator, atau kekuasaan Allah atas makhluknya yg tdk percaya terhadap kekuasaan Allah, sehingga ditunjukkanlah sebuah batu yg tdk dpt disaingi oleh batu lain di alam semesta ini, tidak lain untk menunjukkan bahwa Allah itu ada..terkait penanggalan trhadap batu itu, saya kurang yakin soalnya sudah terbukti para ilmuan jg ngawur nentuin tanggalnya..n ga tanggung2 bedanya sampe puluhan abad…n saya yakin batu ini memiliki kekuatan inti yg jauh lebih besar daripada kekuatan nuklir..inilah bukti tentang adanya Allah..so bagi anti tuhan anda tidak akan pernah bisa melogikakan hal kecil seperti ini, mungkin anda akan mengatakan “itu terjadi begitu saja”..perkataan anak SD seperti ini jika akhirnya..

  106. tafakkaru fi kholkillahi wala tafakkaru fi dzatihi….. gitu kira2 batasannya

  107. kok lom nge-blog lagi pakdhe
    dah mo ganti taun lho

  108. saya sedang menunggu ulasan om rovick soal gunung piramida di garut. saya tunggu nggehh….

  109. Biarlah ranah agama diuji dengan keyakinan dan ranah ilmu pengetahuan dengan metodologi ilmiah.

    Walaupun tidak sulit untuk mengetahui komposisi batu hajar aswad dengan alat/teknologi yang berkembang saat ini, namun apalah gunanya jika hanya akan menyerang keyakinan suatu aliran kepercayaan.

  110. Saya ingat perkataan Umar ra. ketika mau mencium hajar aswad yang kurang lebih “Saya tahu kamu hanyalah batu. Tapi Rasulullah mencontohkan. Jadi saya ikuti.”

  111. wallohua’lam bi showaf

  112. Maha besar Allah dengan segala firmanNYA. Kepada rekan2 geologist yg lagi jobless bisa klik disini.
    http://www.teknismanajemenhrd57.com/2011/12/lowongan-kerja-geologist_08.html#more

  113. kita jangan lantas percaya begitu saja dengan pada ilmuawan/meraka.ilmu mereka blm seberapa.tp kita juga jangan mengabaikan begitu saja pendapat mereka.sebagai muslim tentu aq yakin n ainul yakin kepada sabda ALLAH & ROSULNYA.

  114. subahanallah…….

  115. wah nice artikelnya…

    salam kenal…

  116. nice posting

  117. ulasan yg inspiratif Pak Dhe…mengasah akal pikiran untuk membumikan pesan-pesan dari langit, termasuk benda-benda dari langit juga…

  118. Terima kasih atas pencerahannya…

  119. Ampun om, hebat banget cari referensinya..

  120. Pak,tlg jelaskan fenomena fireball Nejed?thn brp itu dan dan gimana kejadiannya?

  121. kita nyatakan dalam hati kita klo batu itu turun dr lembah surga ALLAH s.w.t.

  122. Allah yg maha agung, adalah Dzat yg tdk trikat dimensi Ruang dan waktu. Dia tdk diatas, bawah samping dan apapun kata-kata mnusia ttg yg berhubungan dg arah, karena arah ada karena ada sesuatu yg dpt menjadi kerangka acuan. sedangkan jka anda ke luar angkasa, dapatkah menentukan atas n bawah yg konstan?
    bgitu juga waktu, detik, menit, jam…berubah pendekatannya trgantung deminsinya.
    so, dimensi Ruang n waktu diluar diri-Nya, krna ke2nya adalah makhluk.
    wallahu a’lam…

  123. eh, ada gosip baru pak de, diduga piramid di sebuah gunung di garut. minta tolong diulas ya pak de.

  124. “keyakinan yang terus dikembangkan selalu saja mendapatkan manfaat”

    Leres Pak

  125. mantap cuyyy

  126. sampai sekarang belum ada penelitian terbaru soal hajar aswad ini? kenapa ya?

  127. Sdra Rovicky,

    Apa agaknya berat wap pabila air(water) berubah dari cecair ?

    Tentu kurang daripada 1gm/cc, tapi berapa agaknya?

    Tkasih.

  128. Batu ini telah mengalami kerusakan yang signifikan berkali-kali setelah dicoba dihancurkan dan dicuri selama berabad-abad. bahkan dikatakan pernah rusak dan hancur berkeping-keping, ketika terkena batu ketapel, batu yang ditemba…kkan dari ketapel bani Umayyah selama pengepungan Mekkah di 756.

    Pada Januari 930, Hajar Aswad dicuri oleh Qarmatians, yang membawa Batu Hitam pergi ke basis mereka di Hajar (Bahrain modern).. Menurut sejarawan Utsmani Quthb al-Din, menulis pada tahun 1857, pemimpin Abu Tahir Qarmatian al-Qarmati meletakkan Batu Hitam ini di masjidnya sendiri, Mesjid al-Dirar, dengan maksud mengarahkan Haji jauh dari Mekah. Namun, ini gagal, dan peziarah terus memuliakan tempat asal Batu Hitam, di Makkah.

    Menurut sejarawan al-Juwaini, batu itu dikembalikan dua puluh tiga tahun kemudian, pada 952. Para Qarmatians menggunakan Batu Hitam untuk tebusan, dan memaksa Abbasiyah untuk membayar sejumlah besar sebagai tebusan. Konon ceritanya batu itu dibungkus dalam karung dan dilempar ke Masjid Jumat Kufah, disertai dengan catatan mengatakan “Dengan perintah kami mengambilnya, dan dengan perintah kami telah membawa kembali.

    Kejadian pencurian menyebabkan kerusakan lebih lanjut, bahkan telah memecah batu itu menjadi tujuh potongan Konon pencurinya, Abu Tahir, dikatakan telah mengalami nasib buruk;. Menurut Quthb al-Din, “Abu kotor Tahir menderita luka gangren dengan, dagingnya dimakan oleh cacing, dan ia meninggal kematian yang paling mengerikan”.

    Batu inipun telah mengalami penghinaan dan penganiayaan lainnya selama sejarahnya. Pada abad ke-11, seorang pria yang diduga dikirim oleh Khalifah Fatimiyah Al-Hakim bi-Amr Allah berusaha untuk menghancurkan Batu Hitam, namun tewas di tempat, namun telah menyebabkan kerusakan hanya sedikit.

    Pada tahun 1674, menurut Johann Ludwig Burckhardt, seseorang mengoleskan Batu Hitam dengan kotoran sehingga “setiap orang yang menciumnya akhirnya pulang dengan jenggot yang ternoda”. Syiah Persia dicurigai bertanggung jawab dan target kutukan dari umat Islam lainnya selama berabad-abad sesudahnya, namun Sir Richard Francis Burton (seorang peneliti) meragukan bahwa mereka adalah penjahat, mereka dikaitkan telah bertindak untuk “beberapa orang Yahudi atau Yunani, yang mempertaruhkan hidupnya untuk memuaskan jiwa amarah dan kefanatikan”.

    [Sumber wiki dll]

  129. info yang menarik,,,

    kunjungi juga,,,

    Letak Geografis Kota Makkah dan Misteri Bilangan Fibonacci 1.618
    http://kanzunqalam.wordpress.com/2011/10/23/letak-geografis-kota-makkah-dan-misteri-bilangan-fibonaccci-1-618/

  130. Pakde:“Tuhan yang maha kuasa tentunya tidak harus diatas sana kan, Thole. Tuhan ada dimana-mana termausk dihati kita”

    Thole: “Kalo gitu pakde, Tuhan ada di WC, kandang sapi, kandang kebo?gitu ya pakde?”

    Pakde: “eh maaf thole, ternyata Allah itu bersemayam di atas Arsy… ”

    http://buletin.muslim.or.id/aqidah/tahukah-kamu-di-manakah-allah

  131. Hajar Aswad turun dari SURGA dalam keadaan lebih putih daripada susu. Lalu dosa2 bani adamlah yang membuatnya hitam (Hadits SHAHIH riwayat At Tirmidzy)

  132. Hajar aswad turun dr SURGA dalam keadaan lebih putih dari susu. Lalu dosa2 bani adamlah yg membuatnya hitam (hadits shahih riwayat At Tirmidzy)…

  133. terimakasih ulasannya ….sangat bermanfaat untuk anak2 saya yg sedang mempelajari ka’bah dan hajar aswad…

  134. Tulisan yg sangat canggih (atau istilah lebih tepatnya apa yaa?….). Biarlah Hajar Aswad tetap menjadi misteri – setidaknya sampai detik ini :)

  135. “…densitas lebih kecil dari 1 gram/cc…”

    Saya tiada didikan sains tapi ini bermaka ia akan terapung atas air!

    Dan dengan itu, akan seolah-olah macam kapas yang kalau ada haba akan hangus dengan mudah!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.161 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: