Sejarah Gunung Merapi sejak 700 000 tahun yang lalu


Awan panas, ciri letusan Gunung Merapi, Jogjakarta.

Tentunya menghindari bahayanya serta memanfaatkan faedahnya tidak hanya diperlukan ketika sedang membutuhkan saja. Cerita sejarah gunung Merapi juga menarik utk diketahui sebagai pengetahuan bagi kita yang awam volkanologi. Dibawah ini tulisan dari Badan Geologi mengenai sejarah Gunung Merapi yang bulan Oktober 2010 ini sedang bergolak.

:( “Pakdhe ini yang mendongeng Pak Sukhyar ya ?”

:D “Looh Pak Sukhyar itu Rajane Badan Geologi, mestinya ini staffnya Pak Surono yang mendongeng”

SEJARAH GEOLOGI

Hasil penelitian stratigrafi menunjukkan sejarah terbentuknya Merapi sangat kompleks. Wirakusumah (1989) membagi Geologi Merapi menjadi 2 kelompok besar yaitu Merapi Muda dan Merapi Tua. Penelitian selanjutnya (Berthomier, 1990; Newhall & Bronto, 1995; Newhall et.al, 2000) menemukan unit-unit stratigrafi di Merapi yang semakin detil. Menurut Berthommier,1990 berdasarkan studi stratigrafi, sejarah Merapi dapat dibagi atas 4 bagian :

 

PRA MERAPI (+ 400.000 tahun lalu)

Disebut sebagai Gunung Bibi dengan magma andesit-basaltik berumur ± 700.000 tahun terletak di lereng timur Merapi termasuk Kabupaten Boyolali. Batuan gunung Bibi bersifat andesit-basaltik namun tidak mengandung orthopyroxen. Puncak Bibi mempunyai ketinggian sekitar 2050 m di atas muka laut dengan jarak datar antara puncak Bibi dan puncak Merapi sekarang sekitar 2.5 km. Karena umurnya yang sangat tua Gunung Bibi mengalami alterasi yang kuat sehingga contoh batuan segar sulit ditemukan.

MERAPI TUA (60.000 – 8000 tahun lalu)

Pada masa ini mulai lahir yang dikenal sebagai Gunung Merapi yang merupakan fase awal dari pembentukannya dengan kerucut belum sempurna. Ekstrusi awalnya berupa lava basaltik yang membentuk Gunung Turgo dan Plawangan berumur sekitar 40.000 tahun. Produk aktivitasnya terdiri dari batuan dengan komposisi andesit basaltic dari awanpanas, breksiasi lava dan lahar.

MERAPI PERTENGAHAN (8000 – 2000 tahun lalu)

Terjadi beberapa lelehan lava andesitik yang menyusun bukit Batulawang dan Gajahmungkur, yang saat ini nampak di lereng utara Merapi. Batuannya terdiri dari aliran lava, breksiasi lava dan awan panas. Aktivitas Merapi dicirikan dengan letusan efusif (lelehan) dan eksplosif. Diperkirakan juga terjadi letusan eksplosif dengan “de¬bris-avalanche” ke arah barat yang meninggalkan morfologi tapal-kuda dengan panjang 7 km, lebar 1-2 km dengan beberapa bukit di lereng barat. Pada periode ini terbentuk Kawah Pasarbubar.

:( “Pakdhe, Pak Sukhyar kok tahu umurnya Merapi sudah ribuan tahun ya. Apa blio pernah lihat KTP batuan volkaniknya ?”

:D “Thole, Setiap batuan bisa diketahui umurnya dengan cara tertentu. Bisa dengan fosilnya, bisa juga dengan radioaktifitasnya”

MERAPI BARU (2000 tahun lalu – sekarang)

Dalam kawah Pasarbubar terbentuk kerucut puncak Merapi yang saat ini disebut sebagai Gunung Anyar yang saat ini menjadi pusat aktivitas Merapi. Batuan dasar dari Merapi diperkirakan berumur Merapi Tua. Sedangkan Merapi yang sekarang ini berumur sekitar 2000 tahun. Letusan besar dari Merapi terjadi di masa lalu yang dalam sebaran materialnya telah menutupi Candi Sambisari yang terletak ± 23 km selatan dari Merapi. Studi stratigrafi yang dilakukan oleh Andreastuti (1999) telah menunjukkan bahwa beberapa letusan besar, dengan indek letusan (VEI) sekitar 4, tipe Plinian, telah terjadi di masa lalu. Letusan besar terakhir dengan sebaran yang cukup luas menghasilkan Selokopo tephra yang terjadi sekitar sekitar 500 tahun yang lalu. Erupsi eksplosif yang lebih kecil teramati diperkirakan 250 tahun lalu yang menghasilkan Pasarbubar tephra. Skema penampang sejarah geologi Merapi menurut Berthommier, 1990 (gambar kanan).

Peta menunjukkan sebaran endapan awanpanas Merapi 1911-2006. Hanya wilayah timur lereng yang bebas dari arah aliran awapanas dalam kurun waktu tersebut.
:( “Wah kalau gitu yang di Timur puncak merapi aman ya ?”
:D “Untuk waktu kali ini mungkin saja aman. Tetapi kalau nanti dinding sebelah timur ambrol juga bisa berbahaya Thole. Seperti runtuhnya Geger Boyo tahun 2006 yang menyebabkan luncurannya ke selatan”

SEJARAH ERUPSI

Tipe erupsi Gunung Merapi dapat dikategorikan sebagai tipe Vulkanian lemah. Tipe lain seperti Plinian (contoh erupsi Vesuvius tahun 79) merupakan tipe vulkanian dengan daya letusan yang sangat kuat. Erupsi Merapi tidak begitu eksplosif namun demikian aliran piroklastik hampir selalu terjadi pada setiap erupsinya. Secara visual aktivitas erupsi Merapi terlihat melalui proses yang panjang sejak dimulai dengan pembentukan kubah lava, guguran lava pijar dan awanpanas (pyroclastic flow).

Merapi termasuk gunungapi yang sering meletus. Sampai Juni 2006, erupsi yang tercatat sudah mencapai 83 kali kejadian. Secara rata-rata selang waktu erupsi Merapi terjadi antara 2 – 5 tahun (periode pendek), sedangkan selang waktu periode menengah setiap 5 – 7 tahun. Merapi pernah mengalami masa istirahat terpanjang selama >30 tahun, terutama pada masa awal keberadaannya sebagai gunungapi. Memasuki abad 16 kegiatan Merapi mulai tercatat cukup baik. Pada masa ini terlihat bahwa waktu istirahat terpanjang pernah dicapai selama 71 tahun ketika jeda antara tahun 1587 sampai dengan tahun 1658.

Sejarah letusan Merapi

 

Evolusi Gunung Merapi

Sejarah letusan gunung Merapi mulai dicatat (tertulis) sejak tahun 1768. Namun demikian sejarah kronologi letusan yang lebih rinci baru ada pada akhir abad 19. Ada kecenderungan bahwa pada abad 20 letusan lebih sering dibanding pada abad 19. Hal ini dapat terjadi karenapencatatan suatu peristiwa pada abad 20 relatif lebih rinci. Pemantauan gunungapi juga baru mulai aktif dilakukan sejak awal abad 20. Selama abad 19 terjadi sekitar 20 letusan, yang berarti interval letusan Merapi secara rata-rata lima tahun sekali. Letusan tahun 1872 yang dianggap sebagai letusan terakhir dan terbesar pada abad 19 dan 20 telah menghasilkan Kawah Mesjidanlama dengan diameter antara 480-600m. Letusan berlangsung selama lima hari dan digolongkan dalam kelas D. Suara letusan terdengar sampai Kerawang, Madura dan Bawean. Awanpanas mengalir melalui hampir semua hulu sungai yang ada di puncak Merapi yaitu Apu, Trising, Senowo, Blongkeng, Batang, Woro, dan Gendol.

Awanpanas dan material produk letusan menghancurkan seluruh desa-desa yang berada di atas elevasi 1000m. Pada saat itu bibir kawah yang terjadi mempunyai elevasi 2814m (;bandingkan dengan saat ini puncak Merapi terletak pada elevasi 2968m). Dari peristiwa-peristiwa letusan yang telah lampau, perubahan morfologi di tubuh Gunung dibentuk oleh lidah lava dan letusan yang relatif lebih besar. Gunung Merapi merupakan gunungapi muda. Beberapa tulisan sebelumnya menyebutkan bahwa sebelum ada Merapi, telah lebih dahuiu ada yaitu Gunung Bibi (2025m), lereng timurlaut gunung Merapi. Namun demikian tidak diketahui apakah saat itu aktivitas vulkanik berlangsung di gunung Bibi. Dari pengujian yang dilakukan, G. Bibi mempunyai umur sekitar 400.000 tahun artinya umur Merapi lebih muda dari 400.000 tahun. Setelah terbentuknya gunung Merapi, G. Bibi tertimbun sebagian sehingga saat ini hanya kelihatan sebagian puncaknya. Periode berikutnya yaitu pembentukan bukit Turgo dan Plawangan sebagai awal lahirnya gunung Merapi. Pengujian menunjukkan bahwa kedua bukit tersebut berumur sekitar maksimal 60.000 tahun (Berthomrnier, 1990). Kedua bukit mendominasi morfologi lereng selatan gunung Merapi.

Pada elevasi yang lebih tinggi lagi terdapat satuan-satuan lava yaitu bukit Gajahmungkur, Pusunglondon dan Batulawang yang terdapat di lereng bagian atas dari tubuh Merapi. Susunan bukit-bukit tersebut terbentuk paling lama pada, 6700 tahun yang lalu (Berthommier,1990). Data ini menunjukkan bahwa struktur tubuh gunung Merapi bagian atas baru terbentuk dalam orde ribuan tahun yang lalu. Kawah Pasarbubar adalah kawah aktif yang menjadi pusat aktivitas Merapi sebelum terbentuknya puncak.

:D “Nah ini Thole, bagaimana dinamika gunung berapi itu sangat tergantung dari morfologi atau topografi kepundannya”

Diperkirakan bahwa bagian puncak Merapi yang ada di atas Pasarbubar baru terbentuk mulai sekitar 2000 tahun lalu. Dengan demikian jelas bahwa tubuh gunung Merapi semakin lama semakin tinggi dan proses bertambahnya tinggi dengan cepat nampak baru beberapa ribu tahun lalu. Tubuh puncak gunung Merapi sebagai lokasi kawah aktif saat ini merupakan bagian yang paling muda dari gunung Merapi. Bukaan kawah yang terjadi pernah mengambil arah berbeda-beda dengan arah letusan yang bervariasi. Namun demikian sebagian letusan mengarah ke selatan, barat sampai utara. Pada puncak aktif ini kubah lava terbentuk dan kadangkala terhancurkan oleh letusan. Kawah aktif Merapi berubah-ubah dari waktu ke waktu sesuai dengan letusan yang terjadi. Pertumbuhan kubah lava selalu mengisi zona-zona lemah yang dapat berupa celah antara lava lama dan lava sebelumnya dalam kawah aktif Tumbuhnya kubah ini ciapat diawali dengan letusan ataupun juga sesudah letusan. Bila kasus ini yang terjadi, maka pembongkaran kubah lava lama dapat terjadi dengan membentuk kawah baru dan kubah lava baru tumbuh dalam kawah hasil letusan. Selain itu pengisian atau tumbuhnya kubah dapat terjadi pada tubuh kubah lava sebelumnya atau pada perbatasan antara dinding kawah lama dengan lava sebelumnya. Sehingga tidak mengherankan kawahkawah letusan di puncak Merapi bervariasi ukuran maupun lokasinya. Sebaran hasil letusan juga berpengaruh pada perubahan bentuk morfologi, terutama pada bibir kawah dan lereng bagian atas. Pusat longsoran yang terjadi di puncak Merapi, pada tubuh kubah lava biasanya pada bagian bawah yang merupakan akibat dari terdistribusikannya tekanan di bagian bawah karena bagian atas masih cukup kuat karena beban material.

Lain halnya dengan bagian bawah yang akibat dari desakan menimbulkan zona-zona lemah yang kemudian merupakan pusat-pusat guguran. Apabila pengisian celah baik oleh tumbuhnya kubah masih terbatas jumlahnya, maka arah guguran lava masih dapat terkendali dalam celah yang ada di sekitarnya. Namun apabila celah-celah sudah mulai penuh maka akan terjadi penyimpangan-penyimpangan tumbuhnya kubah. Sehingga pertumbuhan kubah lava yang sifat menyamping (misal, periode 1994 – 1998) akan mengakibatkan perubahan arah letusan. Perubahan ini juga dapat terjadi pada jangka waktu relatif pendek dan dari kubah lava yang sama. Pertumbuhan kubah lava ini berkembang dari simetris menjadi asimetris yang berbentuk lidah lava. Apabila pertumbuhan menerus dan kecepatannya tidak sama, maka lidah lava tersebut akan mulai membentuk morfologi bergelombang yang akhirnya menjadi sejajar satu sama lain namun masih dalam satu tubuh. Alur pertumbuhannya pada suatu saat akan mencapai titik kritis dan menyimpang menimbulkan guguran atau longsoran kubah. Kronologi semacam ini teramati pada th 1943 (April sampai Mei 1943).

Penumpukan material baru di daerah puncak akibat dari pertumbuhan kubah terutama terlihat dari perubahan ketinggian maksimum dari puncak Merapi. Beberapa letusan yang dalam sejarah telah mengubah morfologi puncak antara lain letusan periode 18221823 yang menghasilkan kawah berdiameter 600m, periode 1846 – 1848 (200m), periode 1849 (250 – 400m), periode 1865 – 1871 (250m), 1872 – 1873 (480 – 600 m), 1930, 1961.

:( “Makasih Pak Sukhyar. Mbok iya Pak Sukhyar mendongengkan cerita-cerita begini yang banyak”

:D “Hust, ya blio kan tidak hanya ngurusin yg begini Thole!”

Sumber artikel : Badan Geologi.

About these ads

96 Tanggapan

  1. terimakasih postingannya :D

  2. terimakasih udah pada share artikelnya,, sangat gagah sekali. nilai selalu rapi http://bit.ly/1yTiROH

  3. sukses selalu dengan webnya ya pa admin. http://bit.ly/

  4. bencana alam gunung meletus sangat dasyat banget .. sehingga radius nya bisa mencapai ribuan – sampai jutaan kilo meter sangat dasyat sekali

  5. mksh dongengnya… di tunggu dongeng ngilmiah yg lain pak Dhe.

  6. menambah wawasan ane,,,,,
    makasih dongengx ,

  7. Dhe…uasyiiiik lho dongengenya….sampek guandrung sama dongengnya pak dhe…lalu aku kopi biar ada orang lain ikut tahu dongengnya…

    sugeng ndongeng pakdhe…

  8. Reblogged this on ANUGRAH.

  9. kerenn,, makasihh pak dekkk semogga bermanfaatt buat semua pembacaa

  10. good, tlg dong info yg sama tuk g. rinjani?::

  11. bagus, mohon info yg sama tuk g. rinjani & dll, thanks

  12. saya tidak menyangka bila gunung merapi mengalami proses pembentukan menjadi sekarang ini selama 700.000 tahun,
    lalu bagaimana dengan anak gunung krakatau yang dulu merupakan gunung krakatau, sepertinya ini juga bagus untuk dijadikan bahan diskusi

  13. dulu,saya pernah mengalami hal aneh d gunung itu.kala pendakian th 2000.kala itu hujan dtng dngan deras nya dn d sambut angin kencang.kami dh ke sasaq ktar 2 km.pdhl jalan kf pos 3 itv pnggiR Tmpat td kami br diri.kmi trus brjalan dn d saat kmi br jalan,ada se ekor ular menghampiri kmi,kmi dngan spontan blik arah lh,sampe dngan d tmpt kmi dku brdiri,sketika ular lenyap,dn hlang ke sbkah kanan kmi.dn sketika itu jga jalan pn trliha.maha bsar allah

  14. sampe sekarang merapi tetap unjuk gigi

  15. sampe sekarang merapi tetap unjuk gigi… banjir lahar dingin…

  16. kalo ketinggian gunung merapi sekarang brp?

  17. mantap banget blog nya

  18. wah mantab, tp ada satu pertanyaan pak de, yg borobudur ktutup hingga gak klihatan tu karena efek letusan mrapi po sumbing,sindoro mrebabu atau sinten pakde

  19. Sangat jelas penjelasannya pak, saya relawan merapi sangat membutuhkan informasi spt ini, mksh pak ilmunya…

  20. Mas Civrue, lah itu pakde sudah mencantumkan sumber dari Badan Geologi gitu.
    mbok ya anda berterimakasih karena ilmunya semakin tersebar, pahala anda juga bertambah.

  21. boleh Co-Pas, tetapi cantumkan sumbernya dari Dongeng Geologi…
    ga salah ni sumber dari situ… bukannya kamu co-pas dari situs ini http://www.merapi.bgl.esdm.go.id/informasi_merapi.php?page=informasi-merapi&subpage=sejarah
    sok tahu luuuu…

  22. Ternyata begitu ya sejarahnya…

  23. makasih udah menambah wawasan..

  24. Sangat menarik! Saya sangat salut atas semua artikel yang Pak de publikasikan di situs ini, sangat bermanfaat baik bagi orang awam maupun bagi kalangan geologiawan. Semoga banyak orang yang meniru jejak pak de..Amiiien..

  25. wih mantap info’a,…

  26. [...] Sejarah Gunung Merapi sejak 700 000 tahun yang lalu Posted on 26 Oktober 2010 by Rovicky 52 Votes [...]

  27. wahai orang yang takut kepada alla berdoa lah agar tidak terjadi gunung meletus atau gempA.AMIENNNNNNNNNNNNNNNNN

  28. matur nuwun dogenge gunung merapi pakde,..
    nek wonten dongenge kerajaan nuswantoro, kulo tenggo kabare. ihik..ihik..

  29. Ijin saya print ya pakde….

  30. Sudah terbaca semua … tambah gambar dari kejadian gunung api yang laen, alam ya begitu, ilmu sejauh dapat dijangkau berusaha mengelola resiko dibantu teknologi yang sudah ada …… kadang berhasil, kadang kurang berhasil … .. namanya ikhtiyar …. terpujilah semua yang berusaha untuk kemanusiaan …

  31. terima kasih atas info yg di berikan,kalo gunung apa tidak aktif apa suatu saat akan biasa aktif juga,apa penebabnya?

  32. indonesia memang terletak pada posisi garis khaltuanyak jadi wajar saja bila banyak gunung di indonesia yang masih aktif dan salah satunya adalah gunung merapi. sebenarnya ada dampak positif yang bisa kita rasakan dari letusan gunung merapi tersebut, hanya saja memang waktunya yang cukup lama untuk merasakan dampak positifnya tersebut. tidak ada musibah yang tuhan berikan tanpa hikmah yang terkandung didalamnya.

  33. merapi gunung yang harus di wapadai oleh banyak pihak terutama masyarakat yang ada dikawasan bahaya gunung merapi.pemerintah daerah dan pemerintah pusat wjib tanggap daarurat untuk bencana yang periodiknya pendek

  34. Mohon info nya tahun 1994 Merapi meletus tanggal berapa aja ya?

    –>Pada pagi hari 24 November 1994 kubah lava dengan volume sebesar 2,6 juta m³ runtuh selama 7 jam, menghasilkan aliran piroklastik yang berjalanan hingga 6,5 km ke selatan. Mengalir menewaskan 64 orang di lembah dekat Boyong dan penduduk Turgo dan Kaliurang. Lahar juga dihasilkan sebagai akibat dari hujan lebat jatuh pada deposit abu. Sebagai tindakan tanggapan darurat menghindari korban, 10 km bentangan sungai Boyong dievakuasi, menyebabkan 6.000 orang-orang yang tinggal ditempat pengungsian sementara. Selain itu, 2.700 orang lainnya dari penduduk yang terletak pada ketinggian tinggi di gunung berapi itu secara permanen dipindahkan.

  35. ijin share, Pak. terima kasih atas ilmu yang telah dibagikan.

  36. Infonya bagus n mantabs Pak,,,,,
    mohon izin copy n paste

    terima kasin sebelumnya

  37. mohon izin untuk disadur dan dishare lewat majalah Loupe Teknik Geologi UGM ya Pak,,
    Terima kasih sebelumnya

  38. kan borobudur di ampit 4 gunung(merapi,merbabu,sumbing,dan sindoro).lha letusan gunung mana yang bisa nutupi borobudur dengan material vulkanik?

  39. mksh atas infonya pak, akhirnya tugs geografi gw slesai

  40. ada gak gunung yang seumuran / lebih muda+lebih tua dari merapi

  41. pakde saya tertarik dengan isi blog ini. mohon ijin untuk copy artikle ke blog saya. dengan mencantumkan alamat blog dongen geologi

  42. merapi memang misteri tempatku yang biasanya tenang-tenang tidak pernah ngungsi jadi heboh dan kali ini harus ngungsi karena di KM 15

  43. izin copy

  44. pak klao bisa ditampilkan gambar – gambar 3D supaya saya bisa liat terjadinya erupsi maupun proses meletusnya gunung vulkanic, soalnya saya pengan tau lebih banyak lagi tentang pengetahuan tentang gunung berapi… terimakasih….

  45. [...] MERAPI BARU (2000 tahun lalu – sekarang) Dalam kawah Pasarbubar terbentuk kerucut puncak Merapi yang saat ini disebut sebagai Gunung Anyar yang saat ini menjadi pusat aktivitas Merapi. Batuan dasar dari Merapi diperkirakan berumur Merapi Tua. Sedangkan Merapi yang sekarang ini berumur sekitar 2000 tahun. Letusan besar dari Merapi terjadi di masa lalu yang dalam sebaran materialnya telah menutupi Candi Sambisari yang terletak ± 23 km selatan dari Merapi. Studi stratigrafi yang dilakukan oleh Andreastuti (1999) telah menunjukkan bahwa beberapa letusan besar, dengan indek letusan (VEI) sekitar 4, tipe Plinian, telah terjadi di masa lalu. Letusan besar terakhir dengan sebaran yang cukup luas menghasilkan Selokopo tephra yang terjadi sekitar sekitar 500 tahun yang lalu. Erupsi eksplosif yang lebih kecil teramati diperkirakan 250 tahun lalu yang menghasilkan Pasarbubar tephra. Skema penampang sejarah geologi Merapi menurut Berthommier, 1990 (gambar kanan). sumber : http://rovicky.wordpress.com/2010/10/26/sejarah-gunung-merapi-sejak-700-000-tahun-yang-lalu/ [...]

  46. Info yang bermanfaat dan bisa menambah ilmu saya pak dhe’…

    Thanks…

  47. pakde, bagus llooh blognya. aku jadi tahu tentang geologi walau aku di sekolah ngga diajarin geologi (itu kan jurusannya ips) ^^
    boleh share more, pakde

  48. ngapunten, saya share ya Pakde. bagus bgt infonya.

  49. salut postingannya, ijin share/copas ya pak…
    terima kasih dan salam sukses

  50. [...] Tentunya menghindari bahayanya serta memanfaatkan faedahnya tidak hanya diperlukan ketika sedang membutuhkan saja. Cerita sejarah gunung Merapi juga menarik utk diketahui sebagai pengetahuan bagi kita yang awam volkanologi. Dibawah ini tulisan dari Badan Geologi mengenai sejarah Gunung Merapi yang bulan Oktober 20 … Read More [...]

  51. MERAPI MELETUS …….. itu ilmiah
    kalau gak meletus ya… dunia udah tidak alamiah dan ilmiah lagi … tapi dikendalikan oleh fatwa dukun
    maridjan udah nglalu/bunuhdiri merasa jadi juru kunci gunung merapi berani melawan awan panas ya… KO.
    makanya Sultan jogja gak usah ngangkat juru kunci segala apalagi SBY pakai gosip ngajuan calon segala………..
    biar juru kuncinya Badan Vulkanologi yang punya alat dan pengetahuan ttg ilmu gunung,
    bukan dukun pakai dasar wangsit yang bikin sesat menyesatkan

  52. ALLOHU AKBAR kekuasaan sang kholiq memang laur biasa kadang tidak terjangkau oleh otak ilmiah kita

    mbleeeedos maning kie merapi, yang penting jaminan SBY tiap warga korban merapi dapat santunan yang sama kecuali yang PNS ,
    biar pengungsi krasan di pengungsian tidak ingin pulang nengok sapi dan wedusnya, maka sekarang berikan sertifikat tiap KK dapat jatah bantuan sapi 1 ekor.
    yang PNS tidak usah minta jatah sertifikat sapi karena sudah dapat gaji tiap bulan, sehingga besuk tidak ada PNS yang punya sertifikat santunan sapi, kalau adamaka NIP nya ditukar sapi saja.

  53. Sudaraku…..
    Merapi mbledhos itu takdir Alloh SWT, ini bukti kekuasaan Alloh yang tidak bisa ditandingi makhluknya apalagi sekelas Maridjan ….. dan ini sudah Sunatulloh tidak ada hubungannya dengan jabatan Sultan atau SBY,
    suruhan LIMBAD naik kepuncak biar reda berani apa tidak …..
    jauhkan syirik, musyrik mengaitkan merapi dengan kepercayaan yang bertentangan dengan Aqidah

  54. pakdhe,, kulo saking mboyolali…
    di tempat saya ada satu cerita dari para simbah kenapa merapi nggak pernah muntahin awan panas ato material lava dsb ke arah timur (boyolali)…
    penyebabnya karena merapi takut kualat ma bibi’nya (gunung bibi) yang notabene lebih tua.. hehehehe…. :D
    *baru tau, ternyata gunung bibi emang lebih tua dari merapi ya*
    thanks untuk penjelasan ilmiahnya pakdhe… :)

  55. pakdhe,, saya dari boyolali…
    di tempat saya ada satu cerita dari para simbah kenapa merapi nggak pernah muntahin awan panas ato material lava dsb ke arah timur (boyolali)…
    penyebabnya karena merapi takut kualat ma bibi’nya (gunung bibi) yang notabene lebih tua.. hehehehe…. :D
    *baru tau, ternyata gunung bibi emang lebih tua dari merapi ya*
    thanks untuk penjelasan ilmiahnya pakdhe… :)

  56. makasih pakde… salam kenal juga ya. sekarang masih stay streaming di balerante radio nih… :)

  57. terimakasih, sungguh pengetahuan yg bagus.
    baru tau saya, ternyata begitulah awal mula gunung berapi.
    thx buat dongengnya.

  58. [...] Tentu anda sering mendengar bahwa erupsi merapi tahun 2010 ini adalah anomali, aneh tidak biasa tidak dapat diprdiksi. Kejadian demikian bahkan tak terbayangkan oleh orang yang mungkin baru tinggal di sekitar merapi dalam beberapa abad ini.  Terlebih bagi kita dan banyak orang yang ada di sekitar merapi yang mungkin paling tua hanya berrusia sekitar 100. Tidak cukup usia kita untuk menganggap diri kita banyak tahu tentang merapi dilihat dari usianya yang sangat tua. Jika anda ingin tahu sejarah merapi klik aja di sini. [...]

  59. makasih pak Dhe…..
    ya saya anak merapi ,lahir dan besar dilereng merapi……apa yang pak dhe sampaikan (itukan alamiah banget kan…….!). sama persis dengan apa yang mbah saya dulu ceritakan..mengenai perjalanan merapi. ya tahun mbah gak tahu, tapi dari perjalanan, dan proses serta letak2 tempat itu sama 90% . pertanyaan dalam benak saya sekarang dari mana mabh saya tahu ya? padahal mbah kalo cerita itu agak berbau mistis……????..????

  60. merapi ….. merapi … hoho …

  61. wah rumongsa dadi wong desa kluthuk, jebule merapi ora ming saudarane merbabu

  62. waaaah kalo kawah merapi semakin menganga trus habis, ntar ada anak merapi nggak yaaa ? hihi #kayak krakatau gituu

  63. terima kasih buat infonya.. sekalian nambahin link ttg merapi

    http://merapi.bgl.esdm.go.id

  64. terimakasih tulisan inspiratifnya

  65. PAK de,,,,AKIBAT ulah,,APA mrapi qo`k BISA MLETUS

  66. terimakasih infonya sangat bermanfaat!

  67. makasih atas informasinya. tapi ada catatan lain loh soal gunung merapi. katanya kalau gunung merapinya meledak atau hancur. pulau jawa bakalan tenggelam..

  68. Pak Dhe Gede…(aku juga di panggil Pak D soale :))
    Merapi meletus itu kan secara periodik, mungkin karena gas yang terus menerus keluar dari kawahnya tertutup endapan material, nah kalau gas yang tersumbat itu jenuh, maka butuh pelepasan dan blaaaaa….rrrrr, njeblug.

    Supaya nggak terjadi korban karena letusannya yang buesar, gimana kalau secara periodik timbunan material yang menutupi kawah Merapi digugurkan (hush…bukan kandungan yang digugurkan lho….dosa Pak Dhe) secara sengaja, biar awan panasnya ucul tapi terencana gitu….atau biar tidak terjadi letusan yang terlalu besar akibat terlalu jenuhnya timbunan gas di dalam kawah yang tertimbun material….mungkin nggak Pak Dhe….

    Nuwun nggih

  69. matur nuwun pakDhe’-pakDhe!! Nginjing nDongeng melih nggih….. !!! Ben bobo’e angkler.. ,
    Ples mboten keprimpen merapi melih! :-D
    e’e,,,stunggal melih pa’Dhe, nek lempeng tekt0nik niku kok saged mlampah2, nopo gadah sikil to pakDhe??

    –> Ga nganggo sikil, deweke berenang-renang, nglangi sakduwure lautan mantle atas :)

  70. wah…
    info yang sangat lengkap dan sangat menarik

  71. Subhanallah…jelas sekali dari penjelasan ini bahwa gunung itu “berjalan”, sebagaimana difirmankan Allah dalam Al Quran Surat An Naml: 88:
    “Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal ia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

  72. merapi jebul ada sejarahnya…..dan semua orang banyak tahu.
    dampak radius berapa kilo mbledosnya merapi sudah pula banyak yg tahu…..mestinya….ada kebijakan pemda DIY pa Jateng.untuk melarang warganya tinggal di radius (misal 25 km) dari resiko “amat sangat bahaya banget “….jika ada yg melanggar….biarin sajalah…..lha piye, ngeyel…….(mungkin mereka bagian dari siklus kehidupan serta mendongkrak angka mortalitas….untuk mendahului kita2…….)
    Allahuakbar………..

  73. pakde terimakasih atas infonya…aku cari2 ternyata nemu disini…izin copy yaa pakde..maturnuwun sangget pakde…

  74. Kalo ada G. Bibi mestinya ada G. Pakde … gicu yo Pak De.

  75. Ass.Wr.Wb. Pak De aku orang awam geologi, tapi SEURIUS pengin tanya: 1) apakah akumulasi energi oleh gesekan lempeng tektonik selalu terlepas dalam bentuk gempa. 2) Apakah mungkin letusan gunung berapi itu termasuk bentuk pelepasan energi tsb. 3) dulu pak De pernah posting tentang SEISMIC GAP di selatan JABAR. Jangan2 nanti terlepasnya akumulasi energi (di zona seismic gap) tersebut akan terwujud dalam bentuk letusan g. berapi sekelas Krakatau dulu, atau …. bisa dua2nya. ## Maaf apa beda konteknya apa saling berkaitan. So, apa ada kaitan letusan Krakatau dulu dengan akumulasi energi dari pertemuan zona subduksi di bawahnya. Trims, matursuwun. Wassalam.

  76. gunung bibi punya kawah juga ya?

  77. wahh… aku suka banget sama artikel ini. pas banget aku googling sejarah merapi dan ternyata nemu artikel ini. menarik dan informatif. aku mau subscribe ah. Boleh ya, Pakdhe? :D

  78. [...] Sejarah Gunung Merapi sejak 700 000 tahun yang lalu [...]

  79. Menarik sekali, tanpa kita sadari alam tidak pernah bernhenti
    merajut kisahnya sendiri dari abad ke abad

  80. Eeem tapi kenapa ya kalau gunung Kelud kok ga ada wedus-nya gembel. Sama ini pak De, anu magma yang kluar semua kok jadi abu dan kerikil, kok ga ada yang jadi batu akik.

  81. wah bpk ini hebat tahu sejarah merapi,tapi kenal ngak ya kira kira ama alm mbah marijan

  82. ceritanya bagus, ilmiah pula.
    usul pak..
    coba dikaitkan dengan keadaan lempeng tektonik..
    suwun..
    ane tunggu ya..

  83. Buat saya apa yang terjadi musibah demi musibah yang terjadi selama Pemerintahan SBY bukan sekedar musibah alam tetapi harus di bawah dalam perenungan yg dalam tentang Bangsa ini, mengapa sejak naik pertama dari Sunami di lanjutkan sekarang dalam setahun pemerintahan. Jujur ini bukan sekedar teguran alam dan musibah tapi teguran Tuhan terhadap pemberontakan dan ketidak jujuran Renungkanlah sejenak. dan intropeksi diri.

  84. Agar kita ingat kepada sang Pencipta dengan memperhatikan kejadian2 alam di sekitar kita dengan kecerdasan rohani , bukan cuma dengan kecerdasan akal semata….

  85. ternyata merapi memiliki sejarah yang panjang ya…..

  86. MAKASIH PAK,DE ATAS INFO NYA….
    MOGA BERMANFAAT BUAT PEMBACA SMUA…

  87. Pak, Terimakasih info-infonya,,,
    mau tanya donk, kalo gempa tektonik berpengaruh ga terhadap gempa vulkanik?? thanks Bapak atas penejelasannya. :)

    –> Silahkan baca disini : http://rovicky.wordpress.com/2007/10/01/meramal-gempa-2-pasti-bisa-atau-harus-bisa/
    Gempa dan gunung api akan saling mempengaruhi.

  88. ouh gini ya dalam gunungnya…. :D

  89. kalo ndak salah ingat wektu naek ke merapi th 1986 sebelah kiri pasar bubar (klo naek dari selo) ada yang namanya kawah mati, sekarang masih ada nggak ya ?

  90. Kenapa ya puncaknya tidak di bom saja, agar gas dan lavanya mengalir keluar, dan mengurangi tekanan di dalam nya?

  91. [...] dipercaya sebagian lagi ikut menghebohkan dengan memunculkan foto-foto lama. Kalau sempat, bacalah dongeng geologi tentang sejarah gunung Merapi mungkin bisa membuka wawasan apa yang terjadi pada gunung Merapi dan bagaimana efeknya. Dengan [...]

  92. Linus baru tau,ternyata Merapi itu ada saudara-saudara tuanya yang tinggal satu komplek.
    Suwun Pak Dhe, Suwun Pak Sukhyar.
    Ouwwh…ada THOLE..!
    senangnyaa ada Thole, kamu bikin tiap postingan jadi unik, bikin betah mbaca. :)
    (makasih Pak De, untuk karakter Thole-nya, sangat unik)

  93. matur Suwon Info nya
    mohon ijin shar ya pak de…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 6.369 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: