Sirine Gunung Merapi Mulai Meraung


letusan 2006

Setelah  Merapi mulai memuntahkan awan panas sekitar pukul 17.30 WIB, sirine tanda evakuasi dibunyikan.  Awan panas masih terus dikeluarkan oleh gunung berapi teraktif di dunia itu. Awan panas yang sering disebut sebagai wedhus gembel karena bentuknya seperti bulu wedhus (kambing) itu memiliki suhu hingga mencapai 600 derajat Celcius.

😦 “Wah berarti ini puncak letusannya ya Pakdhe ?

😀 “Belom tahu Thole. Letusan Gunung Merapi tidak hanya ditandai luncuran awan panas saja”

Saat sirine dibunyikan warga memang sudah dipersiapkan, namun bagaimanapun tentusaja masih membuat warga panik. Bagaimana tidak luncuran awan panas ini mampu meluncur hingga diatas 5 Km.

Sumber detik.com

Awan panas bukan sekedar asap atau abu

source http://picasaweb.google.com/lh/photo/YDTvmGSCPIV8u7CvdMHncQYang disebut sebagai awan panas ini bukanlah berisi debu saja, tetapi sebenarnya kumpulan batu, kerikil serta debu-debu yang bersuhu lebih dari 600 derajat celsius.

Geologist mengenalinya dari endapannya seperti disebelah ini. Endapannya berupa batuan yang terdiri dari berbagai ukuran mulai dari kerikil, kerakal, sampai berupa “gelundungan”. Serta memiliki pasir yang mengisi diantaranya. Karena batuan ini terendap dalam kondisi panas, maka penyemenan antar butir-bitir ini sangat keras.

😦 “Pakdhe, dongengin batuan vulkanik donk !”

😀 “Nanti Thole, sekarang kita konsentrasi pada evakuasi warga”

Yang penting diketahui adalah, apabila kamu menjumpai endapan vulkanik ditempat kamu berdiri, berarti didaerah itu pernah diluncuri awanpanas. Jadi perlu hati-hati apabila anda berada di sekitar lokasi yang sudah diperkirakan menjadi lokasi arah erupsi.

 

Iklan

12 Tanggapan

  1. semoga orang-orang yang terkena bencana gunung merapi di beri ketabahan…….amien…..

  2. katanya jika gunung brapi meletus,8 gnung yg aktif jga akn mletus termasuk krakatau,,,emangnya bnar y pak?

    –> Saat ini memang benar banyak gunung yg meningkat statusnya menjadi waspada.

  3. kalau tadinya letusan lelehan kemudian jadi letusan explosif batas bahaya merapi mestinya harus direvisi ya om. Kaliurang bis masuk bahaya III kali ya om

  4. Makasih atas infonya
    kebetulan aku lagi nyari tugas mengenai pengaruh meletusnya gunung merapi ditinjau dari faktor kimia nich …

  5. […] Sirine Gunung Merapi Mulai Meraung […]

  6. wah pak de, keren…kupasan merapinya ilmiah.kalo bisa ada artikel/catatan+prediksi letusan gunung api lain..soalna takut heh rumah sayah dibawah kaki ciremai…

  7. Mas ijin copas buat materi temen2 di PMR.
    Suwun

  8. pakde, letusan 2010 ini mampu menjangkau daerah lebih luas yang bahkan tidak pernah terjadi dalam rentang 100 tahun belakangan.

    makanya mbah marijan juga gak punya catatan untuk peristiwa letusan yang sekarang.

  9. semoga saja tidak menimbulkan korban, karena sudah terlalu banyak bencana yang melanda negeri ini.. 😦

  10. Saya link berita ini di blog saya ya pak. Blog Bapak sangat informatif, bisa jadi acuan dan sumber info untuk banyak orang. Terima kasih lho pak. Bapak tentu tidak keberatan kan jika saya sambung-menyambung ke beberapa info di blog bapak. Boleh, pak…? 🙂

  11. banyak warga yg terkena dampak awan panas.., apakah sebelumya tdk ada tanda2 sehingga warga sebagian terlambat menyelamatkan diri..??

  12. pak ini sifatnya eksplosif atau masih kayak tahun 2006..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: