Segitiga Masalembo – The Indonesian “Bermuda Triangle”


masalembo-triangle.gifDua kecelakaan lalulintas pada awal tahun ini sangat memperihatinkan. Yang pertamana kecelakaan lalulintas laut yang menimpa kapal laut Senopati Nusantara, yang kedua kecelakaan Pesawat Adam Air. Keduanya diduga terjadi pada waktu yang berdekatan di kawasan yang sama berdekatan juga di laut Utara Jawa, dan yang satu di seputar Masalembo.

Duapuluh enam tahun yang lalu KM Tampomas II terbakar di laut dan karam pada tanggal 27 Januari 1981. Ah kenapa pada bulan-bulan yang sama ya ? memang bulan-bulan ini merupakan bulan-bulan puncak perubahan musim seantero Indonesia yang kepulauannya berada di sekitar katulistiwa.

Tetapi kenapa kejadian kecelakaan ini di lokasi yang kira-kira sama ?
Ah jangan-jangan barangkali mungkin saja …

Pulau Masalembo sebenarnya sebuah pulau kecil yang berada di ujung Paparan Sunda (hayo masih ingat Paparan Sunda dan Paparan Sahul nggak ?, ini pelajaran SD dulu kan ?). Pulau-pulau kecil ini berada di daerah “pertigaan” laut yaitu laut jawa yang berarah barat timur dan selat Makassar yang memotong berarah utara-selatan.

Pola kedalaman laut di Segitiga Masalembo ini sangat jelas menunjukkan bentuk segitiga yang nyaris sempurna berupa segitiga sama sisi. Lihat gambar dibawah.

masalembo-triangle.gif

Pada peta kedalaman laut atau peta bathymetri diatas dapat dilihat adanya bentuk kepulauan yang berbentuk segitiga. Tinggian yang terdiri beberapa pulau-pulau ini saya sebut sebagai “SEGITIGA MASALEMBO” atau “THE MASALEMBO TRIANGLE“.
Nah, ada apa saja di daerah seputaran Segitiga Masalembo ini. Coba kita buka-buka dikit-dikit ya. Tapi jangan mengharap banyak dari sisi mistisnya, akan lebih banyak saya urai sisi kebumian dan kelautannya saja 😀

world-triangle.gif

Pertemuan ARLINDO (Arus Laut Indonesia)

arlindo - Arus Laut Indonesia Indonesian Throughflow (ARLINDO), indicate the relationship between the relationship between ARLINDO and El-Nino Southern Oscillation (ENSO) (Source, Gordon, A., 1998)

Di atas ini digambarkan arus laut di Indonesia, terutama Indonesia Timur. Coba perhatikan arus yang melewati Segitiga Masalembo ini. Pada bagian atas (garis hijau) menunjukkan air laut mengalir dari barat memanjang di Laut Jawa, berupa monsoonal stream atau arus musiman. Arus ini sangat dipengaruhi oleh cuaca dan musim. Sedangkan dari Selat Makassar ada arus lain dari utara yang merupakan thermoklin, atau aliran air laut akibat perbedaan suhu lautan. Kedua arus ini bertemu di sekitar Segitiga Masalembo.

Yah, tentusaja arus ini akan sangat mempengaruhi pelayaran laut disini. Arus musiman ini sangat dipengaruhi juga oleh suhu air laut akibat pemanasan matahari tentusaja. Kalau anda masih inget bahwa lintasan matahari itu bergerak bergeser ke-utara-selatan dengan siklus tahunan. Itulah sebabnya pada bulan-bulan Januari yang merupakan saat perubahan arus musiman (monsoon).

Apa menariknya dari ARLINDO ini ? Arus ini membawa air laut dingin dari Samodra Pasifik ke Samodera Indonesia diduga dengan debit hingga 15 juta meterkubik perdetik !!! Dan hampir keseluruhannya melalui Selat Makassar !

Tentunya aliran air sebesar ini bukan sekedar aliran air saja. Banyak aspek lain yang ikut mengalir dengan aliran air sebanyak itu, misalnya akan terdapat pula aliran ikan-ikan laut, aliran sedimen laut, juga aliran temperatur air. Apa saja efek aliran ini dengan proses kelautannya sendiri ? Wah tentunya banyak sekali

Kalau digambarkan secara mudah barangkali profil selat makassar dapat dilihat seperti dibawah ini.

labani-channel.png

Pada profil dasar selat Makassar diatas terlihat batuan kalimantan dan batuan sulawesi berbeda, kalau masih ingat yang aku tulis tentang pembentukan Patahan-patahan di Jawa di tulisan sebelumnya disini, maka tentunya mudah dimengerti. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan mencolok antara Indonesia barat dengan Indonesia Timur, seperti yg ditulis disini sebelumnya. Kalimantan merupakan bagian dari Paparan Sunda (Indonesia Barat) sedang Sulawesi merupakan bagian dari Indonesia Timur. Nah garis yang membaginya dulu diketemukan oleh Wallace disebut sebagai Garis Wallace (Wallace Line). Garis Wallace ini sebenernya hasil penelitian satwa Indonesia Barat-Timur, namun sebenarnya ada juga implikasi atau manifestasi dari aspek geologis (batuan penyusunnya).

Dari Batuannya kita tahu bahwa dibawah selat makasar ini terdapat tempat yang sangat kompleks geologinya, diatasnya terdapat selat Makassar yang juga memilki karakter khusus di dunia ini dimana mengalirkan air yang sangat besar.

Apa yang terlihat lagi ? Ya tentunya ada aspek meteorologis yang memisahkan antara daerah diatas air dengan daerah diatas daratan yaitu awan. Awan merupakan fenomena khusus yang paling banyak dijumpai diatas daratan. Itulas sebabnya kalau sedang di tengah laut coba tengok ke atas, carilah awan. Awan yang berarak akan lebih banya terdapat di daratan ketimbang di atas lautan seperti gambaran diatas.

sumber www.e-dukasi.netApa lagi selain awan ?
Angin, ya angin juga akan berhembus karena perbedaan tekanan udara panas. Pada malam hari saat bertiupnya angin darat, para nelayan pergi menangkap ikan di laut. Sebaliknya pada siang hari saat bertiupnya angin laut, para nelayan.

Perubahan angin darat laut karena suhu ini berubah dalam siklus harian, namun tentunya ada juga siklus tahunannya atau disebut siklus monsoon. Looh Monsoon, kok sepertinya juga ada monsoonal stream yang ada di Arlindo digambar atas. Ya, memang itulah siklus-siklus arus angin, siklus air itu bertemu bercampur di segitiga Masalembo ini. Runyem kan ?

Seringkali daerah Segitiga Bermuda dihubungkan dengan kondisi magnetisme. Adakah peta magnetik daerah Segitiga Masalembo ini ?

Nah aku beri sekarang peta deklinasi magnetik secara global seperti dibawah ini.

magnetic-field-intensity.gif magnetic-field-declination.gif magnetic-field-declination-change.gif

Tiga peta diatas menunjukkan intesitas magnetik total, peta deklinasi, dan perubahan deklinasi tahunan (sumber NOAA). Kalau tertarik detilnya tinggal di klik saja. Yang dapat dilihat dalam ketiga peta itu adalah, tidak adanya sesuatu yang mencolok baik di Segitiga Bermuda maupun di Segitiga Masalembo. Memang sejak dulu seringkali yang menyatakan adanya keanehan kompas magnetik apabila melalui daerah angker ini. Secara fisik (pengukuran magnetik) tidak terlihat anomali itu. Hanya terlihat bahwa Indonesia secara umum merupakan daerah yang memiliki deklinasi dan iklinasi sangat kecil. Dan merupakan daerah yang memiliki total intensitas magnetik rendah, barangkali karena Indonesia merupakan daerah yang relatif “muda” dibandingkan daerah2 lain.

Kalau dibandingkan dengan Segitiga Bermuda, lokasi Segitiga Masalembo juga tidak menunjukkan keanehannya. Sepertinya keangkeran segitiga Masalembo ini lebih ditentukan oleh faktor gangguan alamiah yang bukan mistis. Yang mungkin paling dominan adalah faktor meteorologis termasuk didalamnya faktor cuaca, termasuk didalamnya angin, hujan, awan, kelembaban air dan suhu udara yang mungkin memang merupakan manifestasi dari konfigurasi batuan serta kondisi geologi, oceaografi serta geografi yang sangat unik.

maslembo-triangle

Kalau memang Masalembo Triangle ini banyak menimbulkan masalah transportasi (lalulintas), tentunya perlu rambu-rambu lalulintas laut yang lebih canggih ditempatkan di lokasi ini. Tetapi bukan berarti zona terlarang masa sih kita tidak boleh melewatinya sepanjang masa. Misalnya mercusuar khusus, penempatan radar pemantau. Juga yang tak kalah penting penelitian saintifik tentang perilaku arus air laut, serta cuaca di daerah ini.

431 Tanggapan

  1. ada yang tau gimana cara akses menuju kesana?

  2. […] Segitiga Masalembo – The Indonesian “Bermuda Triangle” […]

  3. Hadeh kakean tulisan karo snapshot Plus Cilik Cilik sisan huruf e

    Maap jika sudah menyinggung

  4. Teori Blue Hole

    Konon di dasar laut segitiga bermuda terdapat semacam lubang/gua dasar laut,dulu gua ini memang sungguh ada, tetapi setelahjaman es berlalu, gua ini tertutup.Arus didalamnya sangat kuat dan sering membuat pusaran yang berdaya hisap.
    Banyak kapal-kapal kecil atau manusia yang terhisap ke dalam blue hole itu tanpa daya,dan anehnya kapal-kapal kecil yang terhisap itu akan muncul kembali ke permukaan laut selang beberapa lama.
    Tapi yang menimbulkan pertanyaan ialah: Mungkinkah Blue Hole ini sanggup menelan
    kapal raksasa ke dasar lautan?

  5. Suami saya akan tinggal di pulau masalembu selama beberapa hari untuk ekspedisi….lindungi dia ya Allah
    Sedikit takut juga membaca artikelnya

  6. pulauku masalemboe,,,bukan pulau mistis,,,,,,,,kalau ada org yg berfikir mistis, mungkin orang yg berfikir ntu yg mistis otaknya,,,

  7. weh.. kampung halaman ane tuh

  8. saya tidak suka banget karena belum, tentu juga ada itu
    yang penting adalah berdoa kepada allah s.w.t.

  9. thanks infonya

  10. Peta magnet yang Khusus Indonesia gk ada ya???

  11. pnjelasan yg ckip mmuaskan bgi q

    the masalembo triangel

    pulau yg saangat jrankg di unjung

    entah karena sebab apa

    takut akan crita mistis atau yang alinnya

    heemmbb ……………………

    pkognya is the best lacch bwat indonesia

  12. heeeeeemb
    the masalembo triangel nma yg keren
    yg sesua dg tmptx yg keren jga …. ???????????
    tpi prtxa’an
    npa smua orang jrankg dtng ke pulau itu untuk wisata taw mencobal hal extrim
    takt dri segi kebumian
    ataw
    misitisnya yaaaaaa ?????????????????? 😉
    ^-^

  13. mantap nih!

  14. thanks ya buat infonya
    akhirnya bisa nyelesain tugas wuh
    emang bener g sih klo ada segi3 brmuda?
    nanti gw buat segitiga bertua dah biar g serem ,huwahaha

  15. tapi bagaimana pun sejarah nya itu tetap pulauku…

    MASALEMBO….

  16. pulau masalembo,adalah pulau kecil yg berada di ujung paparan sunda, pulau masalembo kukatakan pulau teragedi karena sering ada kecelakaan lalulintas laut, yg menimpa kapal laut senopati nusantara, pesawat adam air, dan dua puluh enam tahun yg lalu KM tampomas II terbakar juga di perairan laut lepas masalembo,sekaligus masalembo di juluki dg nama Tampomas II…
    sungguh menyedihkan….

  17. Subhanallah ,,,,

  18. DANHEN: tolong d ralat tulisan anda d akhir tentang “Allh SAW”..
    anda ni salah tulis atau mw ngehina Tuhan umat Islam..

  19. pencerahan yang luar biasa, kami baru mengerti..sekarang

  20. apaan sich….boong tuh…nyari2 sensasi doang tuh.

  21. yang bawa compas ke segitiga bermuda mungkin compasnya lagi rusak makanya gak fungsi…….kikikik

  22. q g’ takut m yg nmxa segitiga masalemboe coz q sering naek kapal kemasalemboe n q jg orang masalemboe

  23. menurut aq sih yang paling bahaya ya david copervile….. coz dia mampu melenyapkan pesawat boeing, yang bahanya lg dia jg mampu melenyapkan patung kebanggaan orang amrik, patung liberty…. tanpa menggunakan medan magnet menurut teori einsten……. bener gak….. hehehehe…. lo ada yang tw teorinya, help jelasin dunk……..

  24. percobaan philadelfia, wah asik dong bs jd the invisibleman…hehehheeeeeeeeeee

  25. kenaon bisa kitunya….

    aneh

  26. makasiih atas infonyaa 😀

  27. belum tau….hidup dipulau masalembo tuh gmn?sy aja udh 4 tahun disana mauny….pindah…

  28. Wah hebat juga………….
    Gue mau coba pergi ke tengah-tengah segitiga itu….
    Siapa tau gue nemu pulau…..
    hehehehehehehe…………..

  29. ngeri banget

  30. ya hebat dong, bukan cm di laut merah aja yg punya segi tiga bermuda, ternyata di masalembu jg ada . spesial bagi para nelayan ; hendaknya selalu waspada, ntar bisa kcmplung lhoooooooo/

  31. hiiiiy serem ADAKAN DI FILM INDOSIAR APANAMANAYA?

  32. Wah kalo segitiga bermuda si antara percaya ama ngak percaya tu mas saya!

  33. Wah,, mantabs nih bisa menjelaskan secara ilmiah. Keren Pak

  34. wah hebat lahk…

  35. aduuuhhhh serem juga zaaaaaaaaaaaa
    harus hati-hati klo lwt sana…….
    w gak mau hilang gitu ja…… kaya di segitiga bermuda…..

  36. segitiga MASALEMBO mank beneran ada ea?
    Q pernah dengr ttng itu, tp Q ga percaya, eh, ternyata emank beneran ada ea?
    berarti low 5w naek pesawat hrs ati ati ea? hehehehehhehe

  37. buagus bgt penjelasannya…….
    crtanya sama kayak sinetron TERDAMPAR ya!!!!!!!!!!!!!!
    apa mank sama????????????

  38. udah ada segitiga masalembo, trz ada ga segilima/segi empat mas lembo???????? hahahahahahhaha……..

  39. udah ada segitiga masalembo, trz ada segilima/segi empat mas lembo???????? hahahahahahhaha……..

  40. wah mantep tuh infonya!!!!

    kunjungi jg blog ane http://isi-bumi-kita.blogspot.com/ + jd followers jg,:-)

  41. tampomas II tenggelam di masalembo……..
    saya sudah pernah ngrasain ganasnya ombak pulau masalembo hua..ha..ha..ha seperti naik kura kuaraaaaa

  42. kenapa si harus ada fenomena kaya gini… nyeremin tau… q jd takut deh… segitiga tu bsa di ubah ga ya??? jadi aga lebih aman dikit,… kan klo kejam amat kan serem…

  43. kereen …. ternyata negeri Indonesia punya segitiga bermuda ..

    tapi .. kalao boleh kritik sebaiknya di beri mistik … ya .. gitu lah

    tengs

  44. pa de kurang mnarik ni ga ada mistis2nya,,,pengen tau law di film terdampar itu bner ga dengan adanya pulau misterius,,,,tlong jlasin pa de.mksih asslmkm….

  45. segitiga masalembo…..
    hemm…. Q penasaran sebenarnya itu nyata,memang ada ya…

  46. wah atut

  47. Ok!!! I agree……..with you! this is a wonder explain,
    thanks a lot for this information

  48. TERNYATA ADA JUGA YA SGITIGA BERMUDA DI INDONESIA……….

  49. njrit! gw bangga ada segitiga bermuda di indonesia! tapi ko korban nya sedikit! klo bisa tiap hari makan korban dan korban nya yang elite kaya pesawat luar negeri yg lg melintas gtu! kwkwkwkwkwkwkw…. kan indonesia bisa terkenal!!!

  50. wuaaaah…hebat pakde penjelasannya,jd tertarik dengan semua misteri di dunia ini.

  51. Pak, ada yg copas dan repost tanpa ijin..

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2942922

    hihihihi.. udh ane tegur.. tenang aja..

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2942922&page=113

  52. ak suka dengan penjelasan ini cos sangat rasional n masuk akal sehat…

    tp yg menjdi pertanyaan saya kenapa segitiga bermuda itu dapat mengacaukan kompas…

  53. hiiiiiiiiiyy……ngeri ya kalo lewat segitiga ituuu….

  54. wah indonesia jga pnya segita bermuda tpi name na bda

  55. wuihh keren bgt situsx
    thanx

  56. mantap kali bah pemjelasannya, makasih ya lae

  57. cool bagus tapi klo bisa keliatan semua gambarnya bisa lebih bagus kaya-nya…

    makasih

  58. ada ap sich di situ.hiii ngeri.thax situsnya bagus

  59. Assalaamu’alaykum.wr.wb.jazaakumullah ahsnal jazaak utk akh rovicky yg sudah berbagi ilmu&antum smuany ats infony.sy bru tau kl di negara qta da segi3 brmuda,sy jd takut,mngapa diberi nma brmuda,bgaimana ko bs dberi nma brmuda?ngeri jg kl lwat masalembo mnghilang&tak prnah kmbli.
    Barokaallohu fiykum..

  60. barusan nonton film segitiga bermuda yang bikin BBC, jadi karena penasaran ketemu deh situs ini…ternyata kita juga punya masalembo triangle ya…

  61. itulah kekuasaan Allah…

  62. ahhhhhhhhhhhhh gak seru gak d unsur mistik’y bose

  63. Jangan kaitkan sesuatu yang ilmiah dengan ‘mistis’ kami sering melewati alur triangle masalembo tidak pernah ada gangguan pada perangkat elektronik kami maupun gyro kompas, yang sering terjadi didaerah itu adalah
    1. sering terjadi gelombang tinggi
    2. karena tidak adanya pulau disekitar triangle maka kapal sering
    menggunakan posisi duga disinilah kalau kita tidak pandai
    memperhitungkan arah arus dan angin kapal kita bisa tersesat.
    ilmiah kan..? jadi bukan mistis

  64. excelent! penjelasan yang sangat mendidik dan memotivasi untuk mendalamiilmu geologi, geofisika dan kawan2nya, sungguh luar biasa, semoga kedepan bisa lebih bagus dalam memberikan penjelasan mengenai fenomena alam lain, anadi ada banyak orang sperti anda Indoesia akan maju ilmu pengetahuan

  65. Pak dhe lok ngasi penjelasan tu jangan ada snapshotnya,karena sangat mengganggu ke khusukan kita dalam membaca dan saya juga sangat menghargai penjelasan yang pak dhe berikan,karena semua itu dpt menambah pengetahuan kita dengan mengetahui wilayah-wilayah.yang mungkin kita lalui kapan saja sehingga kita akan lebih berhati-hati.sekali lagi saya minta ma’af jika kata-kata saya menyinggung hati bapak sekali lagi saya ucapkan banyak terimakasih yang sebesar-besarnya kepada bapak pada khususnya dan kepada seluruh creuw yang ikut membantu dalam memberikan imformasi.

  66. jangan pernah buat berita yang kayak itu lagi ya bikin kesal tau…..? orang sedang baca kok tiba-tiba muncul snapshot apa itu bikin orang kesal aja sekali lagi jangan buat berita kayak itu lagi ya dasar goblok gua paling tidak suka kalau kita sedang asyik baca ko di gangguin.

  67. Pak dhe lok ngasi penjelasan tu jangan ada snapshotnya,karena sangat mengganggu ke khusukan kita dalam membaca dan saya juga sangat menghargai penjelasan yang pak dhe berikan,karena semua itu dpt menambah pengetahuan kita dengan mengetahui wilayah-wilayah.yang mungkin kita lalui kapan saja sehingga kita akan lebih berhati-hati.sekali lagi saya minta ma’af jika kata-kata saya menyinggung hati bapak sekali lagi saya ucapkan banyak terimakasih yang sebesar-besarnya kepada bapak pada khususnya dan kepada seluruh creuw yang ikut membantu dalam memberikan imformasi.

  68. wah ketinggalan baca nih. habis baru mbuka sish.
    pak lik. coba diterangkan jga tentang penetapan awal romadon atau awal syawal secara ilmiah. biar orang-orang pada ngerti bahwa penetapan awal bulan / agama itu juga ilmiah, tidak hanya mengandalkan keyakinan ikut-ikutan. kan kasihan mereka-mereka yang jadi jemaahnya. dibodohin sampai tua dan mati tapi tidak merasa. bulan, matahari dan bumi tempat kita berpijak kan hanya satu. nggak lucu kan kalau setiap tahun ada perbedaan penetapan awal bulan sampai selisih 1 atau 2 hari. matur nuwun..

  69. waaaaaaaaaaahhh……brrt brmda di indo puna garis ktrunan dr brmda yg di amrik dunk…………..

  70. owh ternyata indonesia juga punya pulau segitiga masalembo. sangat mengerikan . dan saya sangat2 curiga banyak kejadian aneh di indonesia seperti hilangnya pesawat ,hilangnya kapal laut. waktu kepolisian dan tentara mencari pesawat2 yANG hilang tetapi sejak 5 bulan kemudian orang2 menemukan sebagian dari puing2 pesawat dan pakaian korban di laut . ah itu adalah kebesran . hanya allah yang tau. maka ndari itu kita harus berdo dimanapun kapan saja bisa merenggut nyawa kita . wassalam

  71. sabenernya emang udah terbukti apa belum sie tentang mitos-mitos itu!!!!

  72. Skalian mau tanya…dl wktu jaman purba,kabarnya kan ada asterpid yg menabrak bumi kita smp smua mahkluk hidup punah..
    Brati kan dahsyat bgt tuh…apa ada bekasnya?

  73. Sip sip….bgs artikelnya…
    Tp ada penjelasan ttg blue hole g di belize city?
    Sbb aneh bgt … Bumi bolong gt aja…

  74. Boleh aku koment……
    Perbedaan itu adalah hal yang wajar anggap saja ini berwacana tapi saling menguntungkan tidak memojokan salah satu.
    Hitam putih dalam kehidupan itu manusiawi, anda botak saya tidak masih banyak rambutnya tapi sudah memutih hahahhaahhahaha bercanda….
    Untuk Mas Rov sukses buat anda ternyata anda menulis juga tentang SETIGA BERMUDA (MASALEMBO)

    Catatan anda berdasarkan Ilmu pengetahuan belajar di kampus sebenarnya pada hakikat nyata kalau anda menulis sedikit ke mistis tetap pada hakikatnya kebenaran yang hakiki.Itu tidak bisa di buktikan dengan tehnologi manusia karena tehnologi mereka lebih hebat mereka sudah punya penangkalnya satu atau dua abad lebih maju dari manusia.Jalan satu2nya memang harus pakai rambu bahwa daerah itu tidak boleh di lalui.
    Medan magnet dengan gravitasi bumi itu sangat berbeda, itu menurut saya.
    Saya sendiri bingung bagaimana menjabarkannya, tetapi saya punya pemikiran kalau seandanya suatu logam di dekatkan pada magnet akan tertarik dengan cepat dan penempel dengan sangat erat tidak bisa dilepaskan.Dulu saya waktu di SMA mencoba magnet dan kertas. Magnet di bawah kertas di atas terus di taburi tanah yang mengandung besi, tanah akan berpisah dan besi akan tertarik baik ditarik kekiri dan kekanan tegak lurus.

    Pada kasus Adam Air itu seperti itu pada dasarnya magnet akan mematikan semua mesin. Dan contoh kecil saya baru ingat kalau radio dan TV speakernya memakai magnet tetapi selalu dijauhkan dari unsur/komponen rangkaian utama seperti tahanan condensor, dll.

    Dan di segitiga masalembo kemungkinan ada pertemuan aliran air hangat dan dingin itu kan menghasilkan suatu energi yang sangat besar dan bisa menghasilkan elektromagnetik yang sangat besar.

    Anda mungkin belajar juga tentang hujan, pertemuan udara panas dengan udara dingin kan menghasilkan energi dan menghasilkan hujan dan petir.

    Ini bukan mistis sekali lagi pada dasarnya/hakikatnya itu nyata energi itu sebetul di gunakan oleh makhluk lain yang tehnologinya jauh di atas peradaban manusia sekarang.

    Sebetulnya kita manusia sekarang lagi berdampingan dengan mahkluk dibumi bukan dari planet lain itu betul2 di bumi sekali lagi tehnologinya lebih maju dari manusia.Ingat pesawat Adam Air bangkainya tidak bisa ditemukan secara utuh……………

    Satu2nya jalan yang harus dihadapi menghadapi mereka sebagai umat Islam hanya taqwa kepada Allh SAW.

    Sukses buat Anda.

  75. permisi, pak.
    saya maulana dari pasuruan. saya sejak awal tertarik dengan GEOLOGI.

    ARTIKEL TENTAG “masih mungkinkah terjadi letusan seperti tambora & krakatau?” dan “segitiga masalembo” sangat menarik. kedua artikel ini menghapus rasa penasaran saya pada krakatau sama segitiga masalembo dan menambah ketertarikan saya pada GEOLOGI.

    Saya boleh tanya, saya pingin banget kuliah di fakultas GEOLOGI. dimana kampus yang ada fakutas GEOLOGINYA, PAK? SOALNYA DI JAWA TIMUR TIDAK ADA.

  76. ya bnar bnar..bnar
    suci jga brpndapat bgitu sejak mendengar berita tntang segita masemblo………
    oya seharusnya pemerintah jga hrus memprhatrikan masalah ini alna
    msalah nech sangt mmprihastikan ………….
    spert tman2 chi kahan jadi tkut tuk plang kampng……..

  77. aq sangat suka artikel yang anda buat

  78. sangat bagus\

  79. ya mau segitiga macam apapun g masalah, alam butuh keseimbangan, jadi kalau ada yang meninggal karna kecelakaan disana takdir, kita sebagai manusia g usah repot2 membuat rambu2 dilaut, siapkan diri aja untuk matiiiii…. ok

  80. hahha gambarnya kurang jelazz tu ^-^

  81. bnr g’ sich……… tntng segitiga bermuda yg aq dngr slama ni………….???????????
    da yg bsa mmberi tahuQ g’???????

  82. ih atut……………………………

  83. jangan yg dipikirin segitiga bermuda terus pikirin yg tua kasihan yg tua g`pernah dipikirin!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    skrng pikirin siapa terorist bom di kuningan

  84. kalo segita mah g`enak mendingan segiempat,segienam,danDST biar g`ganjil

  85. mendingan buka FB/FS enak lo

  86. Wih ternyata Indonesia juga punya Segitiga Bermuda

  87. gmana donk. . . . . ?????????????????????
    dasar kiamat sudah dekat…………
    ””’hey orng2 yg beriman jangan lupa sholat 5 waktu.dan harus ingat kpd alloh SWT.

  88. mantap!!! tapi….saya rasa…….

  89. mungkin kita gak usah terlalu percaya adanya alian

  90. sangat bagus

  91. jangan terlalu dipercaya, kalo kita belum melihatnya dengan mata kepala kalian sendiri. carilah info yang benar2 benar!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  92. cristiano ronaldo™

  93. wilih….,wilih….,iiihhhh……, SERAM DAN MENAKUTKAN !!!!!

  94. hii…
    Serem juga ya!!!

  95. hmm……………
    penjelasannya teoritis bangets……
    tp,
    law gak ada unsur mistis nya kgak seru cuy…..
    ^_^

  96. hiii sereem, mending ada larangan lewat situ kali yaaa,
    tapi kira kira Kalau kapal perang AMRIK yang segede kecamatan kalau lewat situ tenggelam gak yaaa ?

  97. hiii sereem, meding ada larangan ewat situ kali yaaa,
    tapi kira kira Kalau kapal perang AMRIK yang segede kecamatan kalau lewat situ tenggelam gak yaaa ?

  98. WOuW~cH,,,,,,,!!!!!!!

    kErRrRrReN juJjA Za Cerita Ni,,,,,,??????

    zA kNpA juJjA hRzzz Da pUlAu YnK mNkTkN kYk gNi,,,,,!!!!!!”

    ^_~

  99. jadi inget film happening.. “ada hal yang terjadi secara alamiah namun tidak dapat dijelaskan secara logika” 🙂

  100. sy senang membaca cerita sejarah yang terkesan aneh.. tapi apakah segitiga bermuda itu memang betul2 ada ya?
    kalo ada kisah yang menarik atau bagus, kirim filenya ke email ya.. trims

  101. MORE MYSTIC PLEASE!!!

    😛

  102. -.-

    Manusia jaman dulu yg udah mati?(UNDEAD), Alien? Jin? Setan?
    Bercampur?

    LOL

  103. apa mungkin ada aliennya ya???

    tapi kalo beruda triangle benerannya sih kata orang (kata orang lho)
    banyak yang pernah melihat pencetus perang dunia II yaitu Adolf Hitler
    yang seharusnya sudah mati ….
    Adolf Hitler adalah pembuat mesin UFO untuk menakut-nakuti pasukan amrik
    dan sekutu…….
    tapi ……..Hitler menurut sejarah yang tidak resmi….
    PERNAH MELIHAT ALIEN DI BERMUDA!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    dan dia menjadikan segitiga bermuda itu sebagai markas dari para sisa2
    kelompik NAZI(pencetus PDII) dan sebagai markas para ALIEN dan para setan……

    apa mungkin segitiga Masalembo juga ada y???

  104. Masya Alloh, lengkap ya ilmunya….tapi harus diupdate ni data2 kecelakaan transportasi di sekitar triangle ini

  105. Ngeri juga dengernya
    tapi yang penting. Nasih pengtahuan gitu lho 🙂

  106. coba ulas lebih banyak lagi bunk

  107. makasih bahwa kamu tlah membantu menjelaskan tantang misteri segi tiga bermuda itu semua dapat menambah pengawasan bagi para pelajar – pelajar / orang yang kurang tau….
    ,walaupun itu hanya gambarannya saja ……
    kenapa engga ditampilkan kejadian langsung jangan cuman perkiraan,,….
    lagi pula semua orang juga bisa memperkirakan hal seperti itu.

  108. wuh ternyata banyak bgt kejdian2 yang aneh dan kadang di luar akal pemikiran manusia

    itulah rahasia illahi

  109. wah…. mistis jga ya, q bru tau deh klo segi tiga bermuda ada jga di indonrsia… thanks untuk yg baca comen q..

  110. kami sebagai pelajar merasa prihatin dengan keadaan saat ini
    melihat keadan cuaca yang tidak stabil.
    sungguh tak bisa dibayangkan kecelakaan yang terjadi,semoga tak akan ada lagi peristiwa-peristiwa seperti yang dulu-dulu aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaammmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmi
    iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

  111. tapi kan masalembo gak se ngeri bermuda..
    kalo bermuda kan yang ilang sampe tim2 pencarinya..
    kalo di Indonesia kan enggak..
    yha mungkin faktor kebetulan ajah..??

  112. pemaparan yang bagus om…saya sungguh menikmati tulisan ini dan banyak informasi yang saya dapat… tapi apa bener..ya..? mungkin perlu banyak masukan lain dari para pakar…

  113. Allahu Alam

  114. matur nuwun, ada anak yang nanya ttg segitiga bermuda, baru sekarang s4 buka. Thans bro!

  115. iih wauuw…. coba aah… ^_^

  116. harusnya indonesia memasukkan kAPAL SELAM MINI /robot kapal selam di segitiga masalembo supaya kita tahu ada apa didalam sana?mungkin ada pesawat adam air ma kapal yg tenggelam gitu

  117. pakdhe… ropi’i… mampir belajar di sini yo!

  118. bagi pemain CS jg lupa msk Clan NPC…………………… tq all from:CARVIN LEADER TESTER NPC CLAN
    http://www.npc-clan.foumotion.com

  119. jadi kemana tentang segitiga masalembo… w ud gk sbr ke pulau masalembo kyk nya enk tuh!!! jd ke mana misalnya segitiga masalembo kayak tiga segitiga bermuda ya???? mudah-mudahan gk terjadi kyk gitu y….. dan ingat jgn lupa ke MEDAN ENK lo………… tq FROM:CARVIN

  120. Hardi Prasetyo (Prof. Dr. Ir. APU)<— tenaga ahli sangat Narsis seperti ini mungkin banyak di Indonesia.. kalo segitu banyak penghargaan tapi kenapa ngga sampai ke kita-kita manfaat karya ilmiahnya???? gak kayak pak dhe rovicky….

  121. bagaimana kalau kita membentuk tim investigasi, pasti sudah banyak sih, tapi yang indonesia punya mungkin dikit, selain klub beta-ufo. tapi mereka lebih menitik beratkan pada benda terbang, bukan fenomena alam.. atau kita tur bareng ke masalembo yuk.. pak dhe!! gimana?? http://www.amirstanishev.wordpress.com

  122. saya pernah denger ttg istilahnya Vile Vortices (http://en.wikipedia.org/wiki/Vile_Vortices) jadi istilah itu dipake untuk beberapa tempat (laut pastinya..) yg punya yah semacam misteri kayak segitiga bermuda spt the devil’s sea di jepang n anomali di laut atlantik selatan, tapi yang anehnya, coba deh kalian buka link diatas n perhatikan gambarnya, tempat2 tersebut menyebar di bumi dengan pola yang sama (wtf???), liat rasio koordinatnya, yah gampangnya gini, spot 1 ke spot 2 jaraknya pasti 2 kotak (bujur/ longitude) ke kanan n 3 kotak (lintang / latitude) ke atas, n dari spot 2 ke spot 3 pasti 3 (lintang / latitude) ke bawah n 3 kotak (bujur/ longitude) ke kanan n berulang2. yah meskipun teori ini kayanya sih masih mentah, tetep aja buat saya kepikiran. mungkin ada yang bisa ngejelasin?? okey balik ke topik, ttg masalembo triangle, emmm emang sih ga masuk ke Vile Vortices, tapi bisa aja kan sapa tau Vile Vortices yg selama ini diperkirakan belom sempurna, mungkin aja masalembo triangle sebenarnya juga masuk…?? (spekulasi…hehehehe)

  123. ye
    goblok

  124. Kapan Pak D kita adakan riset di segitiga masalembo

  125. coba nonton hellboy, biasanya film hollywoodkan base on literatur tua, umur dunia ini tidaklah muda, sebelum manusia zaman sekarang, sudah banyak generasi lain yang mendahului. sedangkan saat kehidupan di dunia di mulai, jelas sekali ada species lain selain manusia. meski kita sering mengingkarinya, toh kenyatataan tak kasat mata itu sangat sering kita rasakan. daratan kan hanya mengambil tempat 1/3 bumi, maka menurut film hellboy, jelas sekali bangsa setan, juga menempati bumi. bisa saja ada dua bumi atau lebih sebenarnya, bumi bersisian namun tidak berada dalam dimensi yang sama, seperti slide tipis yang disusun, anggaplah warnanya hitam dan putih, hitam buat setan, putih buat manusia. slide hitam bisa mengakses slide putih, begitu juga sebaliknya. hanya saja, setiap creture yang ingin berpindah ke dimensi lain, tentu saja harus melalui transfer dimensional, dimana entitasnya akan berubah menjadi adaptable dengan dimensi yang satunya.
    segitiga bermuda atau yang di indonesia (keren, sumpah!) aku yakin sebagai markaz-markaz besar pergerakan setan tadi. demi misi menjalin persahabatan abadi dengan manusia.
    c’mon, dunia keilmuan kita kan sangat terbatas. ketiadaan akses atas sesuatu yang tidak kita ketahui bukan merupakan bukti ketidak adaan sesuatu itu iya kan?
    so bagaimana bila kita mulai ekplorasi ala Indonesia untuk segitiga masalembo ini.
    U.f.o jelas bukan manusia, tapi tidak berarti berasal dari luar angkasa, ya kan?

  126. keren man!

  127. saya sebenarnya menganggap bahwa segitiga masalembo adalah tempat bertemunya angin dan arus laut yang berbeda .

  128. yeh aku masuk internet

  129. huhuhuhu pantek lah gara2 segitiga itu ortu aku menghilang juga karena ikut wajtu ada pesawat hilang

  130. alamak pake peswat menghilang pula sekaliannya gedung menghilang

  131. mengapa tak ada langsung segitiga lonjong hi…hi…hi…

  132. semuanya pasti sumbarnya dari tuhan dan tuhan pasti ada sebabnya ada segitiga bermudar itu…………………

  133. menurutku segitiga bermudar ada sebabnya >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

  134. menurut aku segitiga bermudar itu harus di selidiki darimana asalnya hi…..hi…hi…

  135. tx u om jd lbih tau deh

  136. tullll

  137. segitiga bermuga di indo gak mungkin…………

  138. gimana ceritanya kalo ada segitiga bermuda di Indonesia….?

  139. Ok banget….klo begini sy dpt menjelaskan ke pd anak secara ilmiah….. sehingga mereka tdk terbawa pada isu2 yg td benar…
    Thanks baget ya….

    Regards.

  140. ada gak kesaksian tentang segitiga bermuda ini.. aku penasaran banget nih,, ajarin cara meneliti nya dong..
    apa sebenarnya segala sesuatu yang bersifat segitiga itu adalah misteri??

  141. ya,,,,,bnyk komentar yg masuk jd bingung

  142. ih…. serem……

  143. karena saya masih smp saya g ush banyak komentar ya saya bilang itu bagus lar
    thanx buat pelajarannya

  144. kakak angkat ku adalah salah satu koban selamat waktu kejadian KM senopati 2007….dia bercerita padaku bahwa,waktu dia mengapung di sekoci waktu itu dia seperti melihat bayangan pulau yang banyak sekali manusia disitu….dan di pulau itu juga ada banyak kapal2 bersandar….tadinya kakakqu mengira dia sudah selamat…tapi ntah kenapa arah angin membawa kakakqu ke arah berlawanan dengan pulau itu dan kakakqu selamat bersama teman2 satu sekocinya…..
    so gua percaya kalo indonesia memang memiliki segitiga bermuda….
    karena Indonesia memiliki jalur2 gunung berapi,so siapa tahu segitiga itu juga ada di indonesia

  145. oohhhh yaaaa………………….

  146. Peta magnetiknya g ada anomali di daerah madinah sih mas? padahal dsana ada yang aneh tentang daerah magnetik seperti yg dikatakan komentator d atas.
    Overall, smuanya masuk akal. Kalau bisa, beri Sabda rasul. hahaha. Yang saya tau daru Abu Hurairah “Apabila salah
    seorang berada di tempat yang terbuka atau di tengah matahari sedang
    bersinar, lalu bayangan yang meneduhinya bergerak sehingga sebahagian
    dari dirinya terletak di tempat panas dan sebahagian lagi di tempat
    sejuk, maka hendaklah dia berdiri (meninggalkan tempat itu).”
    Itu cocok buat segitiga bermuda yang letak nya di daerah pertemuan laut panas dan laut sejuk dan letaknya d daerah terbuka.
    Bagaimana dengan segitiga MASALEBO??

  147. Mantap banget, mas. Menambah wawasan ilmu geologi saya nih. hehehehe…
    Maklum, saya masih kuliah…

  148. aq pngn th sebelumx segi tiga bermuda krna q pngn th sgitiga bermuda taks ya q dimaz nak zmp4 zmd juanda

  149. itu tah yg di sebut segitiga bermuda

  150. Itu Baru Segi tiga bisa menghilangkan kapal laut dan udara, Pantesan Indonesia sering kehilangan, harga diri, kepercayaan, keprawanan, minyak, kkuasaan, wilayah, abis segi banyak sih.
    ok Apa yang dituliskan diatas memang betul adanya, sisi gealgeologi, Ilmiah muemank. Alami pancen.
    YANG katanya ada kerajaan jin yo juga benar, Rajanya berbentuk GURITA (lek pas kumat)Tangane Puannjank Matanya Muerah. Menakutkan memang, aku pas mancing pernah ketemu untung aku nduwe JOLOSUTRO. akhire yo berdamailah. lek nyirorokidul bentuke ulo.(pas kumat) Satu sisik besarnya se-Candi borobudur(kisah nyata yang terjadi oleh Saidi syeh Kadirun Yahya ketika berjalan disisi selatan tampak berbaris satu kerajaan memberi hormat pada beliau). tapi lek para pemujanya dilihat tampak cantik. (pret). Kalu Jin daratan Rangkink 1 diraih oleh penguasa HIMALAYA. Ke 2 Hutan Kalimantan (bisa makan orang), Ke 3 Hutan Amazon.Ke 4 lupa dan seterusnya. namun tak tampak angker karena daratan tak didorong sisi geologis yang membahayakan artinya tak mudah bergerak seperti air.
    Materi semakin halus semakin membahayakan kalo marah.

  151. wooowwwwwwwww keren

  152. Wuahhhh,,,,,seru bgt baca’y,,,,bagus”,,,,,,hehehe

  153. owh……………..

    mang beber kyx gtu ?????????

    serem ea

  154. wdduhhhhhhh,,,
    srem bgd yh…..
    ttkudhhhhhhh…….

    hhhaaiii
    tpi sblum kt matee ,,,

    ML yuk

  155. anjing babi
    INGAT INI JAMMY ORZON ITU KITA
    KITA PE SAUDARA ONI KONGKONG DAN ONI BANTAL
    ADA LE KITA PE OM ONI BOTOL

  156. wei laso ngoni samua kudacuki
    supaya nda ada kecelakaan nda usah taru itu rambu2 lalu lintas
    pendo deng ngoni samua
    cukimai tai kucing
    tai babi
    wei sapa ada FB ba add pa kita eh
    jang ta kuca pa ngoni
    ini kta pe fb
    kudacuki_babilaso@cecurut.onibantal

    INGA KTA PE NAMA
    JAMMY ONI BANTAL ORZON

  157. Wah…wah…wah… Lebih dahsyat dari airnya PONARI sweat ya.

  158. kenapa harus segitiga?

    kenapa engga segiempat,, segi lima,, ato segi apaa gtu?

  159. Bagus nih klo di muat dikoran juga,ini supaya anak cucu bangsa kita bisa lebih cerdas,lebih ilmiah dan lebih spiritual.
    Makasih penjelasannya…

  160. hai saya haris,

    setelah saya baca sipppppplah,,
    tapi kurang analogi horor_a,
    jd menurut sayaad sdikit seram_a gtu,
    tpini aj dah OK kq.

  161. IIhhh….. dengernya ja udah serem… trus gimana ya nasib nelayan yang tinggal disana? cukup segitiga bermuda ja deh… jangan ada segitiga yang lainnya…( segitiga sama sisi kek, sama kaki kek,…) pokoknya jangan deh>>.

  162. segitiga bertua..halah.
    btw keren informasinya!

  163. wah…..

    allah hu alam

    kalo mati ya mati

  164. weeeeehhhhhh…keren om!!!tapi tambahiin dikiitt aja mistisnya…
    hehe…

  165. i don’t understand with your language….

  166. gw gag ilank kok!!
    waktu lewat stu??
    hihihihi
    :p

  167. asal jangan tenggelem aja!! gw waktu lewat situ
    hehehehh……

  168. wah2…
    jangan sampemelebihi ajjh kayak segitiga bermuda …
    hehehehehhe:P

  169. Ya Tuhan nyiptain pasti ada manfaatnya la bwt manusia, sp tau meteor jd ga kena bumi krn kesedot ma bermuda, kan bumi selamat.. THx ulasannya.. memang ga perlu berpikir mistis ga selamanya mistis bener koq, krn pcy mknny bener manusia sndiri yg buat, rasional la!!^^

  170. Wah…
    Ruwet pakdhe….

  171. kenapa bisa gitu ya padahal itu laut tenang
    kalau bisa pemerintah harus memecahkan masalah itu

  172. wah takut juga ya kesana

  173. Hi there…..

    Semalam gue liat suatu acara di metro TV, sebuah Film yang berjudul The Triangle, film tsb menceritakan ttg Tragedi demi tragedi yang terjadi di Segitiga Bermuda tsb. Menarik, sangat menarik dan Film tsb masih akan ada lanjutannya lagi. Jika tertarik akan The Triangle ( Segitiga Bermuda ) tsb jgn hanya mengumpulkan artikel2 ttg-nya saja, coba tonton Film-nya juga.OK

    Salam…

  174. Ada ngga ya pak polantas yang mau di tempatin di sono????biar pesawat atw kapal yang lewat pade taat peraturan berlalu lintas,hehehe…..

  175. Barusan kemarin (Rabu) sehabis sidang orang tua ku cerai…

    aku tanya sama om ku…

    dia udah apal smua isi hadist alquaran,and aku tanya iseng2 ke om gue…

    “om,dajjal itu tempat nya di manasih ??”

    tanpa pikir panjang om ku bilang di “benua hijau…”

    aku agak kaget ma agak mikir2 …

    “Emm… SEgitiga bermuda itu tah om ??”

    om ku bilang “sesatu yang lewat tempat itu pasti lenyap,kalau terdengar adzan tempat ku bergetar2 …”

    waktu om ku mau ngomong lagi,tau2 nyokap gw nyamber soal sidang barusan..

    gue ga jadi tanya dah…

    tapi yang pasti dajjal tinggal nya di segitiga bermuda ^^

  176. Mungkin aku bisa nambahin sedikit info…

  177. bagus!!!!!!!!!!!!!!! mas
    suwun infonya

  178. Thanx ya mas, nambah wawasan saya tentang bermudanya indonesia, dan dunia misteri perairan laut.

  179. senang dapat menambah pengetahuan tentang dongeng geologi dan bermudanya indonesia

  180. Hmmm…Pantesan kalau naik pesawat dari arah Jakarta-Makassar dan sudah sampai perairan selat makassar kuping jadi mendengung sakiiiiit. *Ada hubungannya ga ya* Sambil nganguk-ngangguk

  181. ya tuhan lah aq pasrah

  182. wah, ternyata gak cuma di amerika aja yang punya segitiga bermuda, di Indonesia juga punya daerah yang konon adalah daerah segitiga yang kedua setelah bermuda yaitu segitiga masalembo, jangan2 itu adalah salah satu pintu gerbang alam gaib yang sangat sulit tuk di uraikan.

  183. wah…

    keren bgt omm!!

    agak telat taunya,tp WOW……….dahsyat bgt om!!

    semoga makin bnyak ilmu yg qt bisa dpt!

  184. semoga kecelakan yang terjadi disana tidak banyak menelan korban lagi dan semoga kecelakan itu walaupun ada tidak dapat mengurangi wisatawan yang ingin berkunjung kesana AMIN>>>>>>>>>>>..>>>>>>>>>>>>>>>>>………….

  185. wah …,,

  186. luar biasa pakde, penjelasannya.
    kalau masalah klenik sebenarnya bisa ditinjau dari segi ilmiah juga. Misalnya santet. orang memasukan piring dalam perut artinya sama seperti perkataan einstein. dimana benda itu bisa diubah menjadi bentuk energy. E=mC…
    sebenarnya semua itu bisa dilihat dan dianalisa secara ilmiah. hanya saja budaya kita yang sudah terlanjur kental dengan klenik dan mitos.hehehe….
    menanggapi tulisannya pakde.LUAR biasa pakde. perlu adanya SIG yang lebih canggih ataupun alat transportasi kita dikasih embedded sistem yang lebih akurat pakde.

  187. ilmiah banget… serruuu

  188. BAGUS BANGET PENJALASANYA KITA JD TAU THAKS YA

  189. Good work pakdhe
    bener-bener ngiri deh
    kayaknya cara nulisnya enak banget
    ngalir aja…

    ga smw orang bisa menulis karya ilmiah dengan gaya bahasa yang mudah dipahami
    padahal temanya lumayan berat
    tapi pakdhe bisa menulisnya dengan mudah
    tanpa bribet banget
    dan pake bahasa yang terlalu njelimet

    n masih banyak lagi
    pokoknya 5 thumbs 4 pakdhe
    ( i jempol lagi pinjem ma tetangga sebelah hehehe)

  190. benul…..
    ga pake setan….
    mau lihat setan??
    ngaca deh……
    semua hal dapat dijelaskan secara ilmiah…
    sippp pak dhe……

  191. seru BGT and TOP……….
    apalagi diliat dari sisi keilmuan-nya
    trz kyknya gak perlu deh sisi mistiknya,,
    PENTING gak Seh,???
    Hare gene maen setan-setanan…
    Thanx yo pakDhe,,,!!

  192. saya perlu data-data atau info-info lain seputar segitiga masalembo dan pertemuan arus dan gelombang di segitiga masalembo,,apa bapak punya info2 seputar di atas??
    jika punya tolong kirimkan ke email saya,,
    saya sngat emmerlukannya untuk pembuatan paper saya yg sebentar lg deadline,,
    terima kasih…

  193. dunia akn smkin prah n akn kiamat………….

  194. keRen!!!! ternyata indonesia ada segitiga bermudanya ya…

  195. keren.,,
    tp agk hororr.,,

  196. hm… saya tertarik dengan fenomena jabal magnet !!! bisa lebih dijelasin secara detail pak ???

    segitiga masalembo berdasarkan uraian terjadi pertemuan arus… tapi dalam pemaparan lain bahwa pertemuan arus dingin dan panas paling disukai bangsa jin ???

    apabila pertemuan arus tersebut bisa menarik apasaja yang melewati baik lewat udara ataupun air, baik kapal laut ataupun maskapai penerbangan,
    yang menjadi pertanyaan adalah berada dimanakah semua yang tertarik oleh arus tersebut???
    dan mengapa sampai bertahun2 pun bangkainya sebagian besar tidak pernah diketemukan ???

  197. pakdhe..tolong jelasin dong fonemana jabal magnet yang dimadinah..

  198. JANGAN jauh2 mikirin hal-hal yg belum tentu benar..
    JANGAN mau dibodohi dengan hal – hal yg sperti ini..
    meningan juga pikirkan kesejahteraan rakyat indonesia yg makin miskin dan sengsara saja karena itu merupakan realita yang terjadi pada saat ini..

    “sakiiittt..!! bila melihat rakyatku menderita”..

    “MERDEKA BUNG”..!!

  199. aq ngah wt ujikaji tntg bnda nie

  200. darimana kmu tau??

    nerplek ya??

    sok tau bgt sih loe

  201. Makasih infonya. Saya blogger newbie, eh, bgitu tengok2 langsung dapet blog keren.

    Hontou ni, arigatou ne. Bener2 nambah ilmu deh, … (Bapak? Pakdhe? Mas?)

    Coba materi pelajaran semenarik ini yah.. :'<

  202. Bagus, penjelasannya……..

  203. Nggak ada mistiknya…..
    kurang seru pak…………

  204. WEk.. Isinya segitu doang…

    Coba lihat komentarnya Panjang sampe kebawah

    Termasuk saya yang nambah-nambah

    Heeeeeee..heeeee

  205. Mantaplah……….!!!!!
    Sisi gaibnya mana (mistis)……….?????

  206. Lumayan seru ulasannya diungkap secara ilmiah…,
    lebih seru lagi apabila diulas masalah kegaiban yang ada di dalamnya………
    (biar menarik di baca gitu………)
    Hee he he…

  207. Jakarta perasaan juga ada segitiga yang terkenal, yaitu segitiga senen :-). Sebenarnya kehidupan itu gaib, banyak hal gaib yang menyertai kita seumur hidup kita. Kategori gaib adalah tidak terlihat tetapi dapat dirasakan, dapat dirasakan tetapi tidak terlihat. Allah menciptakan dunia ini dengan standar dan logika-Nya. Dan manusia menciptakan segala sesuatunya dengan standar (yang jelas downgrade)yang berbeda-beda pula. Apa yang tidak sesuai dengan standar logika adalah aneh dan menjadi anomali.

    Bicara mengenai standar selalu tidak ada habisnya. Bahkan setiap perguruan tinggi mempunyai standar penilaian tertentu yang berbeda sesuai dengan kemampuan dan kemapanan masing2.

    Kembali ke hal gaib yang berada diluar standar manusia. Coba rasakan udara yang mengalir melalui rongga pernafasan, bisa kita rasakan tapi tidak dapat kita lihat. Kita bisa melihat sinar mathari atau lampu tapi kita tidak pernah tahu bentuk dan rupanya. Air adalah benda ajaib dia mampu menirukan/mengikuti bentuk dan kontur tempat dimana dia berada, dia mampu melewati celah sekecil apapun.

    Bicara mengenai mahluk lain, beberapa bulan yang lalu di yahoo.com dinyatakan bahwa telah ditemukan ular terkecil didunia. Padahal ular tersebut dipulau jawa sudah sejak jaman dahulu kala nenek moyang kita sudah mengenal ular tersebut. Nenek moyang kita menyebutnya ular cacing. Bentuknya coklat dan bersisik dan memang kecil seperti cacing. Tapi bila sedang marah akan tampak seperti ular dengan kepala keatas seperti kobra dan menjulurkan lidah (kecil bgt lidahnya). (pasti banyak yang belum tahu yach! kacian dech loe). Tapi kok orang lain yang menemukannya??? bukan bangsa kita.

    Cerita mengenai ular ini, awalnya ular ini jatuh dari langit-langit rumahku. aku kiracacing, lalu aku semprot dgn baygon(maaf promosi) tp ngk mati juga. Lalu aku gebuk dgn sandar tp tidak hancur. Kalu cacing pasti sudah remuk krn badannya lunak. Tapi keanehan saat dia mempertahankan diri kok mirip ular. akhirnya aku masukkan dia kedalam kotak.

    Selama beberapa hari keder juga kepikir ada yang santet ( heheheheeee . . maklum orang indonesia). akhirnya aku ke kebun binatang . . kebetulan ada pawang ular disana. Tau ngak apa katanya ” saya kok belum pernah liat ular seperti ini yach?? cacing barangkali”. eh istrinya nyeletuk ” itu ular cacing kalau dikampung sering ada tuch, saya waktu kecil sering liat dibak berenang “. (gubrak ternyata wawasannya luasan istrinya).

    tidak puas dengan jawaban orang yang menurut saya tidak berkompeten. Besoknya saya datang lagi kekantornya langsung di ragunan dan saya bawa samplenya. Tanya sana tanya sini tidak ada yang tahu, tapi ada satu orang yang tahu. dia bilang ini ular tanah. biasa hidup ditempat lembab dan bebatuan. Akhirnya saya ngobrol dengan tukang sate madura eh dia bilang di kampungnya terutama dihutan dia sering lihat.

    Beberapa bulan kemudian aku lihat di yahoo.com, dalam hati sial kok tidak aku duluan yach yang mempublikasinnya (hehehehehe kan tenar tuch).

    Inti ceritanya adalah banyak hal yang belum bisa kita explorasi dengan baik walaupun sebenarnya itu ada disekitar kita. Suatu peristiwa akan menjadi hal yang gaib bila tidak bisa dijelaskan dengan logika atau standar keilmuan yang sudah dibakukan oleh umat manusia. Dan mungkin disana dibutuhkan standar keilmuan yang berbeda.

    Hanya Allah yang tahu segalanya.

    open your mind guys

    MAAF PA’ DHE JADI CURHAT DECH.

  208. Ehh…..,Sorry Salah Nulis.Mksud Ifa Amityville,gituuuu….

  209. Wahhh…..trim’s bngt bwt infonya.Oya!,Ifa lgi sneng2nya ma crita Smithville,tolong d muatkan yaw!

  210. siip lah….

  211. klo di kaji2, catatan si michael lebih oke dari cerita utamanya.,
    soalnya klo yang utama itu tu dah sering kita baca
    ahhhhh…….
    uhhhhhhh…..
    tapi da bagusnya juga

  212. Gitu ya… baru tahu nih…
    makasih ya…

  213. lieur euy…. jadi penasaran.
    bahas lebih detail dong

  214. mungkin dengan alasan saya akan lebih banyak pengujian2 berikutnya dan pemahaman tentang alam dan unsur2 yang ada, diamana semuanya saling berkaitan. banyak sekali peristiwa “aneh” tentu saja semuanya dapat kita pelajari, asalkan mau dan mampu.
    seperti gambar “peta deklinasi magnetik secara global” magnet bumi bisa berjalan selaras, hanya saja magnet bumi bisa tidak sesuai dengan porosnya atau alur magnet.. dan itu disebabkan oleh banyak hal. contoh: terjadinya pegeseran lempengan2 kerak bumi, meletusnya gunung berapi yang hebat “boom” baik di kedalam laut or dipermukaan laut or julangan gas matahari yang mencapai hingga 100.000 kilometer ke angkasa gelombang radio, gelombang ultra-violet, sinar infra-merah, sinar-X. Semuanya bisa mempengaruhi mungkin saja pada saat itu seperti contoh sedang terjadi secara bersamaan.. dan hal itu bisa mengakibatkan ketidak selarasan magnet bumi, bisa mengakibatkan banyak hal.
    1. Terjadinya badai
    2. kemiskinan, korupsi (heuaehu apa coba hubungannya)dasar
    bae atuh ameh teu serius teuing.
    3. Or pemadatan energi alam yang memfokus pada satu titik yang berakibat fatal kepada benda yang mengenainya bisa musnah.
    but dont worry klo hal terjadi, ya terjadilah

    *so pesan saya berdo’a lah menurut agama dan kepercayaan masing2 klo mau menjalankan segala sesuatu hal*.
    trims

  215. Culz!!!! ada juga ya segi3 bermuda’y indonesia…
    itu yg taw cm pribumi atw universe jg om rovicky?????
    klo bs lengkapin dari segi mistis’y juga dong om, biar seru…
    klo bermuda ada hub sm Atlantis legend klo masalembo sm legend yg mana ya???

  216. Kenapa sirkulasi alam yang telah berjalan ribuan tahun selalu disalahkan dan mencelakai umat manusia?
    Pada peristiwa tragis adam air juga beberapa pihak sedikit menyinggung masalembo yang lugu dan misterius ini… ntar kang masalembo ini bisa tersinggung lho… hihi… punten nya kang… (Dheni Batman – Bandung)

  217. menrik, ga ada unsur mistik, saya suka

  218. tapi apa benar segitiga masalembo itu ada.
    trs apa penyebab pesawat AA(Adam Air) jatuh di daerah situ???
    apakah ada hubungannya jg seperti segitiga bermuda?

  219. ada. hantu segitiga. bentuknya segitiga. kadang segiempat. pernah juga berubah bentuk jadi lingkaran….

    saya pernah naik dari balik papan. ga lewat segitiga itu sih. tapi cuacanya lumayan, parah edan.. kenapa ya daerah khatulistiwa yang karakteristik cuacanya lebih parah daripada daerah jawa. hm. bingung…

  220. benar ka segitiga tu ada hantu?….

  221. jangan sebut jika pangkalan militer ‘ufo’ sudah dituliskan ada dimana. Mudah-mudahan idea bisa berkembang agar dapat menjaga semua hati umat manusia.

  222. oh iya untuk teman2ku yang asli P. Masalembo, bergabung dong sama aku untuk membangun masalembo, kita kerjasama dari promosi web site, sampai publikasi ke media. nih emailku the_onyong@yahoo.com

  223. hehehehe…kalian semua kok ributin pulauku????aku tuh asli orang sana. aku dari kecil udah tinggal disitu. nyatanya gak pernag ada masalah. malahan tiap 1 tahun sekali aku pulang ke P. Masalembo. padahal disan seru. bentar lagi aku mau bikin web site masalebo. jgn lupa kumjungi ya.

  224. yup bener banget penuturanya…! arik sangat setuju tuh…! semua dapat diteliti dan dijadikan publikasi utuk pengertian semua orang yang tiak mengerti..! hingga kita hidup dalam ke optimisan dan slau takut pada yang kuasa..! karna sumua adalah ciptaannya..! setuju….!

  225. perlu kajian yang mendalam apakah di semua peristiwa yang terjadi secara bersamaan disekitar daerah itu apakah kebetulan ato ada yang menggerakkan ??

  226. Dimaharkan koleksi bendah2 bertuah & langkah yang biasa dipakai para pejabat tinggi & Pengusaha sukses..?? skrg dapat anda miliki jg,antara lain : cincin cinta gila,Keris semar Mesem, wesi kuning,Tasbih al_magrobi,Kendil Pesugihan,Mani gajah, merah delimah,dll.bulu perindu,dll, 100% warisan leluhur & tidak diperjual belikan,Hb.0813.73290098

  227. askum…apapun berserah sj kpd yg maha esa

  228. bermuda yg misteri …

    apakah al quran jg mengungkap nya ????

    apakah mmg kerajaan jin yg disana ???

  229. salam kenal buat putra putri Masalembo ini alamatku “agus-masalembo@yahoo.com

  230. memang ombak masalembo tiap tahun selalu makan korban bahkan pulau masalembo sendiri tiap tahun semakin terkikis.entah gimana sekarang, saya aja udah 4 thn tidak pulang

  231. wah artikelnya bagus juga ya.tapi lebih bagus kalau ada mistiknya.ok

  232. Walah, Ora mudeng, ora ana mistise saithik wae. Ya tapi maturnuwun

    Sorry bro, klo nyinggung perasaan

  233. sangant-sangat ilmiah, sulit diragukan. aq suka makasih

  234. tempat saya juga ada segitiga yang bisa dipake…..
    ga menakutkan…
    daya magnet utk menarik orang besar bgt…
    mau tau namanya…
    SEGITIGA BIRU

  235. Eneng to ? Segitiga Masalembo?gx usah Takut Sob,selama kita masih beriman kepada Allah…

  236. wiiih,istilahnya keren tuch “MASALEMBO TRIANGLE”.kesannya kayak segitiga bermuda.penjelasannya rinciiiii bngt and jujur aja klo mataku sampe sakit buat ngebaca semua rincian2 itu but penjelasannya keren bngt.sukses bagi andayang dah nyusun materi sejelas itu.

  237. yoooiii, pemerintah harusnya lebih memperhatikan hal semacam itu untuk mengurangi tingkat kecelakaan laut,

  238. waduhh..kok ada juga sich yg ky gtu di indonesia?tp ga apa sich..cari dari dari segi ilmu pengetahuan nya aja yaa..oceeeeeeee

  239. perlu diberi sesajen tuh jinx he.he.he.

  240. sebagai umat islam,mungkin dajal yg akan keluar dari situ..

  241. ilmiah yo ilimiah, ojo dicampur dgn mistik gitu,jgn jadi masyarakat yg klenik! gimana Indonesia mau maju!inget Causa Prima, segala sesuatu pasti ada penyebabnya (secara ilmiah)n coba film Indonesia jgn jual HANTU n CINTA mlulu, sesekali kek fiksi ilimiah, utk pswt AA yg jatuh katanya berawal dr kerusakan auto pilot sehingga hilang kendali n jatuh di area segitiga ntu dgn kecepatan tinggi hingga saat menabrak permukaan laut terjadi high crash n hancur berkeping, lalu ada ngga hubungan kerusakan insrtumen auto pilot pswt AA ntu dgn dampak gejala alam di area ntu pak dhE? ditunggu …..

  242. wa… keren de penjelasannya

    gq cape tuwh ngetiknya

    tpi makasi jga y.. karna bantuan penjelasan qmu ini aq jadi dpat mengerjakan tugas dengan baik skali lagi makasi y…

    tha…tha…

  243. aLOOOOw . . .
    salam KenaL j9a niY ^)^
    aQ sUKA b9ET cRITA” tT9 se9iTi9A LaNd
    cba d0000n9 j9an pETA nya aja y9 ditampilin
    tpi j9a gambar daerah aslinya pa_dhe
    sama coba dicari tw d000n9 apa sE9iti9a maSalEmbo aada hUbUN9anNYa sMA sE9iti9a bERMuda ???

  244. […] Akhirnya Indonesia Punya Segitiga Setan Ditulis pada 11 April 2008 oleh prasetyowidi Segitiga Masalembo – The Indonesian “Bermuda Triangle” […]

  245. […] makalah sains. Walaupun kali ini Pak Hardi Prasetyo berbicara soal Tampomas di Segitiga Masalembo – Segitiga Masalembo – The Indonesian “Bermuda Triangle”, namun semangat bahwa didalam setiap kebencanaan akan muncul pemikir-pemikir baru yang akan […]

  246. Respon atas Komentar oleh EG Giwangkara S — 17 Januari 2007 #
    Sekilas saya membaca judul besar ‘Segitiga Masalembo’ dan benar dugaan saya pasti ada yang mengkait-kaitkan dengan kejadian Musibah Terbakar dan Tenggelamnya Kapal Penumpang Tampomas II.
    Pada Tragedi Kemanusiaan Tampomas II tersebut saya bersama Dr. Herry Haryono sebagai saksi sejarah. Saat melakukan survei marine geosciences di Selak Makasar dengan Kapal Riset Sonne (Jerman), kita mendapatkan sinyal SOS. Ringkas rekaman event selanjutnya: 1) Bagaimana kapten kapal Sonne memutuskan pilihan Ekspedisi seismik refleksi harus dihentikan 2) memutuskan untuk melakukan haluan, persiapan2, pembagian tugas, kapal rubah haluan menuju segitiga Masalembo, 3) melakukan SAR di lokasi, bagaimana standar operation prosedure diterapkan 4) mendapatkan dari laut 25 korban satu diantaranya hidup, dan bagaimana treatment dilakukan 5) bagaimana dokter mengidentifikasi korban dencan cermat, penuh rasa kemanusiaan, menyusun data base 5) bagaimana momen penting bahwa saya dan Herry Haryono akhirnya dapat mengidentifikasi bahwa salah satu korban adalah Almarhumah Kapten Tampomas II , Abdul Rivai, yang akhirnya jenasah yang sudah terkubur dibongkar kembali untuk disemayakan di Makam Pahlawan.
    Segitiga Masa Lembo sangat berarti bagi saya pribadi sebagai salah satu insan ilmuwan kebumian ketika tahun 1995 saya mendapatkan kehormatan sang sangat bernilai dari Pemerintah melalui Dewan Riset Nasional (DRN) dan Menristek, dimana saya telah dikukuhkan sebagai Peneliti Terbaik Indonesia, dalam bidang Ilmu Kebumian, dalam Kerangka Riset Unggulan Terpadu (RUT) dengan orasi ilmiah berjudul ‘Perkembangan Geologi dan Tektonik Doang Borderland Implikasi untuk Prospek Migas di Kawasan Laut Dalam Indonesia Timur’.
    Demikian pula saya patut bangga karena salah satu karya pemikiran telah diterima oleh Indonesian Petroleum Association untuk dipresentasikan dimana wilayah cakupan termasuk Selat Makassar, Segitiga Masalembo, Cekungan Bali-Flores-Banda Selatan dengan judul ‘BALI-FLORES BASIN’. Saya juga mengembngkan pemikiran global ketika dalam pelayaran satu bulan di Zona Kerjasama Celah Timor menggunakan Kapal Rig Seismic, saya menjadi wakil Pemerintah Indonesia dalam Joint Research ‘deep seismic profiles’ untuk mendalami arsitektur dalam Celah Timor untuk mendukung eksplorasi Migas, saya mendapat ilmah untuk menyusun tulisan yang intinya membuat perbandingan perkembangan tektonik antara Doang Borderland yang merupakan ‘Eastern Sunda Shield Margin’ dengan Cekungan Bonaparte di ‘Australian continental margin’. Paper ini saya tulis bersama rekan dari Australia Chris Pigram, dan kita presentasikan pada pertemuan CCOP di Bali?
    Nah, ternyata dari Misteri Masalembo (Barmudanya Indonesia) telah melahirkan beberapa pemikiran inovasi dan kreatif di bidang Ilmu Kebumian, bahkan saya mendapatkan gelar ‘Peneliti Terbaik Indonesia bidang Kebumian versi DRN’.
    Sari makalah atau makalah lengkap bila mungkin akan saya tempatkan pada situs yang segera diluncurkan dikaitkan dengan umur satu tahun Badan Pelaksana Lumpur Sidoarjo, dimana saya saat ini terlibat, dan berupaya berkontribusi.
    Bagi yang berminat untuk mendapatkan makalah silahkan hubungi saya pada samenergi@yahoo.com.
    Salam Hormat Hardi Prasetyo (Prof. Dr. Ir. APU)

  247. ahh…..
    Banyak kali cakap kau

  248. loco juak…… ahaks…..

  249. kayaknya sih antara mau percaya dan tidak percaya. tapi kalau dipikir pikir alasan alasan yang dikemukakan oleh situs ini lumayan meyakinkan. jadi, menurut saya mungkin itu adalah salah satu hukum alam yang fenomenal dan tidak dapat diubah oleh manusia manapun dimuka bumi ini. saya juga telah mempelajari ini di skolahan dulu dan memang betul salah satu pertemuan arus aur laut di indonesia terjadi di indonesia.dan alasan yang adadi situs ini memang sangaaat terperinci. mungkin ini juga salah satu lubang cacing yang dalam prosespembetukan yang nanti jadinya akan seperti segitiga bermuda yang ada di miami atau di benua amerika ( kalau tidak salah )
    have a nice day

  250. kayaknya sih

  251. Mas..logic kali penjelasannya…just out of curiousity..hm..kalo segitiga masalambo tempat pertemuan arus2 itu,dah sejak kapan ya(in geologic time scale)..dan seandainya those current bring enough sediment…mungkin ga ya ada potensi reservoir yang terendapkan disitu(in term of petroleum system) di daerah itu?kalo ada mungkin bagus ya kualitasnya wong di sortir terus..hehe…it is just a “ngeyel” tought.
    Matur Nuwun

    regards
    rexi

  252. memeq gax ngarti gw

  253. Semua kembali pada Alqur,an

  254. Tips menarik and VG sbg ilmu pengetahuan geografis yg jarang di jabarkan.
    Tp konon, bicara mslh mistis….masalembo adalah pusat jalur perdagangan dari JAVA, BORNEO dan CELEBES. Khususnya yg konon menurut sebagian orang pribumi Kalimantan Selatan, sepanjang Sungai Barito (P Kembang, P Kaget sampai muara) hingga pesisir tabonio sampai Pulau laut adalah suatu negara besar bagi yg pernah melihat keghaiban tersebut. disinlah kalo dihubungkan dg segitiga Masalembo yang menjadi tempat pertemuan para businessman makhluk Ghaib, percaya atau tidak tergantung keimanan masing2….!!!???!!!
    Wallahu’alam……….

    Wassalam//Benny

  255. satu penerangan yg jelas..this is my 1st time i ever heard about the other triangle.intresting..hope keep go on searching the truth.

  256. WADUH…..PADAHAL AQ CARI YANG DA MISTIKX. Tp seru kq. ternyata indonesia lumayan mengikuti perkembangan zammman yaw. ad segitiga bermuda indonesia ngikutin ciptain segitiga sendiri.Ihk………..serrrrrrrrrem bgt gtl. somoga g’ad hantunya yaw n gak da makhluk luar nya.kayak film yang dibintangin tom cruise aj. tp film ap ya….akh lupa akh.

  257. WADUH…..PADAHAL AQ CARI YANG DA MISTIKX. Tp seru kq. ternyata indonesia lumayan mengikuti perkembangan zammman yaw. ad segitiga bermuda indonesia ngikutin citain segitiga sendiri.Ihk………..serrrrrrrrrem bgt gtl. somoga g’ad hantunya yaw n gak da makhluk luar nya.kayak film yang dibintangin tom cruise aj. tp film ap ya….akh lupa akh.

  258. wah,,,hebat juga,,,,
    kok bisa siy dapet info kae gitu….

  259. seru sekali penjelesannya oom. semoga semua orang bisa paham dan tidak salah paham..

  260. wah di indoneia ada juga ya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  261. interesting….i like it….cerita2 begini bgus d’baca especially for student….. this article good for student yang ambil matapelajaran geografi…. saya suka tentang kisah misteri khilangan kapal2 tu…..saya dah cari sume article tentang ‘segitiga bermuda’nih…. kalu ada lagi tentang kisah slanjutnya pasal kapal & pesawat yang hilang tu kan lagi menarik….
    ‘segitiga bermuda’ nih m’ingatkan saya pada sbuah program TV- “LOST”….
    i like that programmes….
    thanxxx….
    tat all….
    ~doe…~

  262. dari sejak saya kecil,kala plg ke jawa dari klmntn,naik sesawat tebang atau kpl laut,taon awal 60an,yg namanya kwsn masalembo ya sllu bgtu itu..ombak gak prnh kcl,apalgi bln2 juli-agsts keatas..whuik bangets!klo naek sesawat,pas cuaca ndak bgs,apalagi klo naek dc 3,convair,krasa masuk turbulensi atau kantung udara..pasti huek huek deh..soale sesawatnya kesedot kebwh!

  263. tapi penjelasan yang anda kasih belum terlalu jelas dan real

  264. Salut kepada pak de……
    Saya pengagum ilmu pengetahuan, seikit demi sedikit misteri dunia akan kita ketahui, bagi muslim landasannya alquran, hanya saja perlu kedalaman hati dan keiklasan fikiran untuk bisa mengetahuinya.

  265. mangkanya,kalo mw pergi2 naik kapal laut mbok ya pake HELM, pergi2 naik pesawat mbok ya pake jas hujan, ‘en kalo pergi2 naik bis mbok ya pake sarung.,biar aman gitu Pak Dhee.,
    he…he…he…
    canda.,
    tp saya juga baru tw lho, kalo indonesia punya aset wisata, ya itu tadi “segitga masalembo” gimana Pak SBY, tu aset mw dijadikan pemasukan devisa atw ga?
    ya bwt wisata sekaligus bwt nambah pengetahuan ‘en wawasan kita2 gt.,
    kita kan haus akan pengetahuan+informasi…
    thanks bgd untuk sharing ilmunya…

  266. ie ke………

  267. umm..lmyn nmbah pengetahuan..
    but,,mnurut saiia,,kurang seru ajah gtuw kalau gak ada crita” mistisnya!?
    hehehe..
    salam,,
    Novi_MATARAM

  268. xbrapa pasti…

  269. mungkin”aja, pesawat”nya udah kadarluarsa!pas juga orang”yang udah numpuk dosanya!!POSITIF TINKKING AJA YACH!!!!

  270. kapal kami karam di masalembo 26 desember 2007 di perairan masalembo, menurut abk yang selamat, ada badai ombak sekitar 5 – 7 meter

  271. wah bahaya donk, nanti jika kita melewati segi tiga bermuda itu kita akn celaka donk….1 ih…! takut. kenapa ya, bisa ada misteri seperti itu ?

  272. kecelakaan itu bukannya karena pesawatnya dah tua?senopati itu bukannya bisa diminimalisir kornbannya kalo jumlah pelampung dan sekoci mencukupi?

  273. segitiga bermuda gambar nya kaya memek y anehhh

    :(|)

  274. wah….. keren ya, aku jadi ingin ke sana, tapi itu nggak mungkeeeeeeen. sebenarnya saya dan teman2 saya pengen kunjungan dan lihat langsung kesana. tapeee naik apa ntar kapalnya kesedot juga lagi !!!!!!!!!!!
    andai aku bisa jalan di air haaaaaaaaa haaaaaa!!!!!!!!! eh.. loe kudu jelasin yang bener dong tentang segitiga bermuda atau masalembouuuu yang lengkuuuuap. aku juga pengen lihat mukanya Dajjal yang katanya akan keluar dari segitiga bermuda (menurut bacaan islam). SMP 1 Banyuwangi is the best!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  275. ada yg punya gambar siklus angin tetap, lapisan atmosfer, siklus angin darat, laut, gunung dan lembah yabg hidup …??
    kalo ada yg animasi … krn adikku lg dapat tugas dari sekolah
    trims ya bagi yang bisa bantu

  276. yeah!info yg bagus…

  277. Wah ceritanya ga syerem niyh….Coba low da foto-fotonya tow gambar Z gpp. Aq tuwh pengen tau lebih banyakkkk… Tampilin yang lebih seru donkzzz

  278. SSSSSSSSSSSEEEEEEEEEEELLLLLLLLLLLLAAAAAAAAAAAAAAAMMMMMMMMMMMMMMAAAAAAAAAAAAAAAA
    TTTTTTTTTTTTTTTTTT IMLEK

  279. LG DONGK’S PENJELASANNYA BIAR TAU SEMUA

  280. ternyata indonesia ma amerika tu da persamaan.sma2 pnya segitiga bermuda,ku pikir cuma di atlantik ja.harusnya kita sebagai bangsa indonesia bersyukur dong! negara kita tu semua da. dari manusia pohon ampek segitiga bermuda, semua da. keren kan. tapi kenapa ya pejabatnya pada korupsi? kenapa nggak ngorupsiin segitiga bermuda taw ngirim ilmuan hebat tuk neliti secara detai seluk beluk segitiga bermuda.ya gak biar nak2 sekarang gak cuma lihat film yang gak mutu gitu.

  281. aaaaah…….!!!!!!
    lebih seru lagi kalau di beri mistik + ilmiah diaduk pasti serrruuuuu….!!

  282. keren…..,,btewe ada nelayan nda sih nyari ikan di sg3 masalembo ini…..????…*khawatir,takut, n gelisah klo terjadi apa2 ma tuh nelayan*

  283. chip,

  284. ooooooooo……….
    jd gt ya? aQ skrng udh ngerti.

  285. siiiiiiiiiipp, seneng deh nemuin ini…ilmiah banget..!!!thanks yach.

  286. ooooooooooooookkkkkkkkkkkkkkkkkkeeeeeeeeeeeeeeeeee banget

  287. OOOOOOOOOOOOOOKKKKEEEEEEEEEEEEE BUANGETTTTTT

  288. gile bener..!!!!!!!!
    sangar banget…!!!!!!!
    sangat ilmiah n reasonable bok..!!!!!
    huahauaaa..!!!!
    JLU ALWAYS…!!! =D

  289. kalo emang udah musibah mo cemane agi

  290. saya sempat kaget adanya segitiga bermuda yang ada negara kita,tapi yang pastinya ajal jg celaka hanya allah swt yang nentukan,jadi menurut saya kita mesti berdoa sebelum melakukan perjalanan, nah untuk yg satu ini kita mesti harus control ‘mesin laik jalan’ dan semua perlengkapan termasuk kelengkapan safetynya kudu ada.

  291. wahhhh,,, ini berita ada baik nya n ada buruk nya jga

    w jlasin deh satu2,,

    kbar baik nya w jdi tau apa itu segitiga bermuda,,hehe,,, cieeee lgu nya,,

    kbar bruk nya,, emmmmmmmm apa yah,, ngahhhh w tau g mna klo d bomm aj,,

  292. bagus bagi ilmu-x

  293. Good good good

  294. masuk akal sih

  295. masN coba ksana d,, tar kl ud plg,, crita2 ke qt..

  296. segitiga bermuda????
    ugh,,,

    saya tu sangat tertarik dengan sesuatu
    yang berbau segitiga,,
    apalagi sedalem2nya,,
    ugh,,,,bikin tegang dehh masnya*
    tpi,,buat segitiga ini emoh aku mas,,

    sing enak2 awe,,yo* hehehe

    segitiga tempe po tahu,,ak gelem*

  297. hwa…

    ternyata ada juga segitiga bermuda di indonesia..

    bukan cuma segitiga pengaman…

    hwakakakakaka….

  298. boleh jg,ckup berkarakter,bs2…

  299. baru baca beberapa dari tulisannya..
    keren bgt penjelasannya..
    kurang detail sih, tapi cukup kok buat nambah2 ilmu..
    keep up the good work. 🙂

  300. Makasih bos penjelasannya ilmiah banget.tolong ulas juga semua yang masih misterius biar ane jadi mudheng.

  301. kirain segitiga bermuda tuh tempat ade_y dajjal..hehehe

  302. mengerikan

  303. cuk2…cerita opo iki?????
    lebih baik cerita sex aja lebih seru daripada segitiga malembo taek……
    ojo mekso2 ta tiru2 wae kalo beda ya wes……GATEL…..
    CUX……

  304. pak dhe aq mah masih pnasaran dengan adanya segita muda indonesia, mangnya tu paan,tlng jelasin yua??????????

  305. oooooo kok iso ngono?po ono seng mburekso?????

  306. masnya,,
    he2 ak dodik anktn06 sma 1
    mo tny ttg di atas ^
    itu yg daerah knta byk ikan2nya itu bukan??
    trus kt tmnq klo pnerbangan lwt sana pasti ujan??
    bener
    ??
    makasih…

  307. pak dhe kalo bener debit air yang melewati makasar 15 jt meter kubik per detik , coba bayangin kalo bisa dimanfaatkan energi ya ? kan kita ndak pusing pusing cari sumber energi yang lain.

  308. saya orang perikanan
    tapi g mudheng… he..he..
    mungkin perlu di baca ulang kali, ya.

  309. iiiihhh….
    gilaaaa…..
    ni cerita bener-bener bikin w pnasaran….
    w bener-bener tertarik ma ni cerita….
    rsa’n w pngen datengin tuh samudra atlantik byar bisa ngeliat ma yg nama’n “segitiga bermuda”

  310. wew,aq ora ngerti e mas???
    opo to kuwi????

    segitigane iso nggo noto ball bilyard kae ora?
    nek kae aq mudeng…

    wakakakakakakakakaka

    xixixixixixixixixixi

  311. Saya orang Masalembo. Segitiga seperti itu bisa saja terjadi pada pulau yang berhimpitan dengan beberapa pulan lainnya, sehingga arus, angin, dan cuaca sekitarnya akan dipengaruhi oleh matahari dan bulan.

  312. buat mas giwangkara, soal bukit di madinah yang puya daya tlk magnet, di kediri juga ada mas. coba deh di cek, siapa tau ada kediri triangle juga nantinya…..

  313. masuk akal,thank you

  314. wah keren bgt ternyata bukan diluar negri aja yang punya segitiga indonesiapun juga punya asal usul aja sih andai pulau masalembu tuh dikembangkan pembangunannya pasti mempunyai potensi besar untuk memajukan perekonomian kabupaten sumenep keren kereeeeeeeeeeeen bgt harusnya pemerintah lebih memperhatikan pembangunan pulau-pulau kecil di indonesia yang menyimpan sejuta kekeyaan alam salah satunya adalah MASALEMBU

  315. subhanallah

  316. Hmm… Kalau ngga salah, Seri Buku cerita Tintin juga ada nih tentang daerah ini (lupa, bacanya pas SD).

    Btw, tentang elektromaghnetik plus medan energi, kan yg kekal energinya bukan masa/wujud kalau ngga salah. Jadi si Om Jin or Manusia mah kayaknya sami aja cuma medianya beda (istilah ‘tanah’ dan ‘api’). ‘Sang Pencipta’ kira2 kaya apa ya ‘besaran’ energinya… ^_^

    Btw, Jadi inget dinamo (lho)… (iye yg muter2in di magnet eh jadi listrik.. gitu lho, simple tapi kalau kita bisa buat skala besarnya… nyam2 nyam.. kaya bumi sama bulan, bumi – matahari… <- ngelantur gini).

    [Ikutan nimbrung mode]

  317. mungkin sebentar lagi kalow para produser pilem biyoskop lokal keabisan ide horor, bisa tuh bikin pilem mistery, “Segitiga Masalembo”, pasti manthaBH!

    😀

  318. cukup ilmiah menurutku…..
    syetan memang menyukai diantara 2 perbedaan misalkan saja arus yng berlawanan, atau panas dan dingin biasanya syetan ada d tengah2nya.

  319. di perairan sumatera ada ndak segitiga misterius???? lgi

  320. wa…. gaya nih indonesia punya masalembo triangle, bisa nyaingin amerika nieh.

  321. @M. Idris
    Mas Idris, setahu saya orang yang ramah tidak pernah mengatakan dirinya ramah. Contohnya aku. 🙂

  322. Aq tau… Roy Suryo S2nya lulusan server Belanda 😀

  323. waah teryata ada banyak penjelasan yang logis jg yaa..tak kirain cuman ada mistiknya doank..hehehe

  324. Hai……makasih penjelasannya Pak Dukun bumi.
    aku asli orang Masalembo loh… bukan mau menakut-nakuti untuk pelayar yg melintasi Pulau Masalembo, emang benar apa adanya bahwa perairan masalembo memang agak berbahaya, banyak kapal-kapal barang yang terdampar disana karena nabrak karang,tersapu angin dan ombak yang sewaktu-waktu siap menggulung para pelayar. Di perairan Masalembu tidak ada rambu-rambu sama sekali, hanya dekat pelabuhan saja ada satu rambu-rambu yaitu lampu mirah kecil selain itu tidak ada sama sekali. Saya rasa kurangnya perhatian pemerintah untuk menangani perairan Masalembu padahal perairan Masalembu menjadi pelintasan kapal-kapal penumpang atau kapal-kapal barang yang menuju sulawesi (Ujung Pandang). Oleh sebab itu kiranya dimaklumi jika ada kapal yang karam di perairan masalembo, bagi kami khususnya nelayan Masalembo melihat mayat dan kapal karan itu sudah biasa.
    Kalo ada yang ingin tehu tentang ke elokan pulau Masalembu, aku (M.Idris) siap mengantar siapa saja yg berminat untuk menyaksikan pasir pantai yang putih serta membakar ikan di pinggir pantai. pokoknya pulau Masalembu sangat menyenangkan. Orangnya ramah-ramah seperti aku. hehehehe.
    Kalao ada komentar kirim e-mail aja yach ke aku (senopatiasmara@yahoo.com)

  325. Penjelasan yang bagus mas. Terima kasih, saya jadi lebih (paling tidak sedikit) mengerti.
    Sebaiknya blog ini dipakai untuk membahas masalah dari segi ilmiah saja. Jangan dicampur dengan masalah mistis atau religi, nanti jadi ngawur. Biar saja blogger lain yang membahas masalah tersebut.
    Bukan berarti kita melupakan TYME sebagai pencipta, tapi sebaliknya karena TYME memberi kita akal dan pikiran untuk menguak rahasia ciptaan-Nya. Nah, yang jadi masalah, ada manusia yang kemudian merasa lebih mengerti dari Sang Pencipta.
    Jadi lebih baik dalam setiap percobaan untuk menguak rahasia2 yang ada di dunia ini, kita memohon pada-Nya agar diberi petunjuk biar tidak ngawur.

    Anyway, keep up the good work. Semoga blog ini dapat membantu masyarakat Indonesia lebih maju dalam berpikir…

  326. oh ya P’De…trima kasih buat tulisannya…memberikan saya inspirasi. bisa g diambil dari sudut pandang lain?
    keep on fire P’De
    salam

  327. pada dasarnya saya salut dengan penjelasan secara ilmiah oleh P’De, but anywaybusway secara nalar nan logis dan dinamis…ceilee…tau ga umur bumi brp?tau ga unsur apa aja yg ada di dalam, permukaan dan atas bumi?apalagi ditambah dengan indikator waktu…pasti byk hal yg akan terjadi baik secara alur/garis cerita ataupun kesimpulan.jangankan bumi tempat kita hidup, hal paling sederhana, jika kita lihat diri kita sendiri. saat kita mulai bayi sampai tuwir dan jelek…bukan saja faktor alamiah,tetapi juga ada indikator dimensi lain (religi) dan waktu. pada intinya saya slalu terbuka akan sgala kemungkinan teori dan berbagai analisa mengenai segi3 masalembo, salah satunya “percobaan philadelpia”.ada berpendapat bahwa percobaan itu tidak valid, klo gw mo nanya ma loe,”emangnya otak lw mampu u nganalisa itu smua”…sori gw ngomong keras, coz gw percaya bgt Allah tuh maha sglanya, termasuk “ilmu”, kita sebagai manusia diberi kesempatan untuk berusaha mencarinya melalui tanda-tanda yg diberikanNya….makanya gw g sependapat dgn komentar temennya Tukul yg Katrok bgt n Kolot…buka wawasan donk….sdh pernah didatangi hantu?…yang jelas smua indikator adalah “penting” dalam analisa “sesuatu” agar lebih kaya, sehingga kita bisa jd orang yg maju, berkembang….jgn katrok spt yg sdh2…
    yang gw percaya ttg segi3 masalembo adalah kebesaran Allah dalam membimbing umatnya dalam menjalani hidupnya. smoga kita slalu dalam ridhoNya…amin
    met puasa…

  328. Saya setuju dengan pendapat anda, cuma harus dilihat apakah ada kejadian yang tidak bisa diselidiki sama sekali, seperti kehilangan pesawat yg tidak tahu apa sebabnya dan tidak ada bekasnya. kalau memang kesamaan ini ada, maka segitiga masalembo mungkin bisa disamakan dengan segitiga bermuda. sebetulnya kalau seorang muslim melewati segitiga bermuda, maka tidak akan terjadi apa-apa.. thanks..

  329. hiii jadi pengen ke masalembo

  330. masakseh ada segiti

  331. nanem rambu di laut? tiangnya setinggi apa pakdhe? klo ditanem bisa numbuh juga gak hehehehe…. (kaburrrr)

  332. Lho..Segitiga Masalembo,Masalembo kok Disegitiga-in gitu lho..
    Lucu khan..Khan kok lucu..

  333. wah…..seru bgt ya…jadi nambah ilmu pengetahuan…trus jadi bisa ngasih tau ke temen2..
    TE OPE BE GE TE…..kalo bisa bahas yg lain lagi ya….? sukses

  334. kesana aja sekalian!

  335. sip deh.punya segitiga bermuda kedua. Di negara INDONESIA kita menjadi terkenal DONG!pukoooooooooe mak nyusssssssssssssss!

  336. wah hebat banget the explanation. I proud with ARLINDO

  337. Wah hebat banget penjelasannya dan sangat masuk di akal. I Proud itwh ARLINDO

  338. kita sey,,,percaya nggak percaya,,,tapi kita berharap i2 gak bener ada,,,mudah-mudahan ini cuma kayak dongeng sebelum tidur yg menyeramkan dan akan membawa kita dalam mimpi buruk,,,,,>_<

  339. penjelasan yang sangat dewasa tidak berbaau mistik sama sekalil, menurut aku yang seperti itu sangat lah wajar itu terjadi karna alamiah, tidak harus ada gaib, dunia lain ya ad didunia tersendiri tidak akan ikut mencampuri dunia kita sekarnng ini, ………….. teng’s banget penjelasannya “aku suka”***(:

  340. Sudah ngerasain pergi kesana ??? coba sekalikali berlayar bawa handycam. hati2 arus bawah laut nya

  341. wah kelihatannya Anda menguasai hal ini! kalau boleh saya dikirimi apa kek yang lebih detail tentang kepulauan Indonesia ini biar tambah pinter! Makasih sebelumnya! Aku tunggu lho balesannya!!!

  342. wow indonesia ada segitiga bermudanya nyaingin amerika ya
    saya harus waspada juga ke daerah indonesia timur pada bulan bulan tersebut terimakasih infonya. Tks

  343. menarik sangat menarik
    seperti sedang mengajari anak sekolah
    saya juga mengambil datanya sebagai bahan studi pustaka.

  344. keren jg tp kok gak da mistick2nya???? hrsnya kan da biar sereeeeeeeem…..kok q baru tw ya soal ni????

  345. Waduh gimana ya??
    Kadang sulit ngebayangin sesutatu tanpa langsung ngerasain..
    kalo ada waktu perlu x ye ikut2an meneliti…
    And gw tertarik ama yang David sebagai sobatnya para jin…

  346. lam kenal bt semua, salut buat mas Rovicky, kita butuh orang-orang seperti anda, bravoooo….

  347. Penjelasannya ilmiah banget…..!!!!!!! N sedikit ngerti tentang pergerakan arus khususnya diselat makassar!!! Yah lumayanlah dapat ilmu baru, makasih ya pak!!

  348. Emank segala sesuatu yang berbau segitiga terutama yg berada didalamnya pasti membahayakan. menurut saya sg3 bermuda dan sg3 masalembo belom ada apa2nya dibandingkan dgn Segitiga Manusia. kalian bisa membayangkan sendiri apabila terjadi pertemuan antara aliran sg3 pria dgn sg3 wanita. heee….

  349. ohhh yah mas bisa ngak mas jelesin mengapa bisa terjadi lumpur lampindo dan apa penyebabnya mas? heeeeeeeeeee
    pengen tahuuuuuu aja bleh kan mass ;))

  350. yahhhhh kalo gitu asyik juga apalagi tentang lumpur lampindo juga ada mistik ya yah ?mas tolong selidik dongk mas gimana mengentikan lumpur lampindo ka kasihan lihat warga kita mas, udah lumpur ngak punya tempat tnggal lagi . makasih mas penjelasan segtiga nya asyik bngetn tambah pengetahuan gua heeeeeeeeeee

  351. itu sbnrny trgntg kt jg…klo takut jgn lwt situ.klo bernyali
    please…do..it

  352. emang kalo kita berfikir secara rasional
    kadang yang terjadi di laut masalembo itu ada yg masuk di akl, dan ada juga yg di luar nalar, kita ga boleh mengungkiri, bahwa hidup manusia berdampingan dengan kehidupan alam lain, karena bagian dari rukun iman, ada yg berbunyi, percaya akan hal go’ib..
    trims.

  353. di kamar aku juga ada cd.seti tiga emas .ini lagi ganas lebih ganas dari segi tiga bermuda

  354. gua suka ni yang kaya gini misteri coy he he he he he he he

  355. Urun rembug nih. Klo dah tahu fenomena yang kayak gini dapat mengancam keselamatan transportasi, knapa ga sgera diurusin ma pihak yang terkait ya?

    Mendingan mikirin keselamatan transportasi daripada mikirin ganti petinggi Dishub di Depok. 😀

  356. saya beranggapan bahwa penempatan semacam rambu untuk keselamatan lalu lintas,adalah ide yg sempurna,tp ymgkn relisasi dari rncana ini perlu waktu yg lama

  357. mungkin sebaiknya kalau diberi tahu lebih jelas letak terjadinya kecelakaan,kalau tidak salah senopati tenggelam karena terbakar khan, sebenarnya saya ingin tahu proses terjadinya dangkalan.
    terima kasih, ilmiah sekali!!!

  358. Dangkalan Sahul atau Paparan Sahul dalam bahasa geologi juga disebut Sahul Shelf.

    Paparan ini merupakan “kepanjangan” dari benua Australia yang memanjang hingga Pulau Irian (Papua). Paparan Sahul ini melampar dan meliputi Kepulauan Aru, khususnya Laut Aru. Sebelum zaman es, Kepulauan Aru dan Nusa tenggara Timur merupakan satu kesatuan. Saat ini paparan ini tertutup air dangkal seperti paparan sunda (laut jawa)

  359. u/ # soni Says:
    Mei 9th, 2007 at 12:58 pm

    Mas… Saya mau tanya. Apa yang dimaksud dengan dangkalan sahul ?? tolong dijawab ya.

    Indonesia Barat-Timur dalam eksplorasi migas dan mineral

  360. Paparan atau Dangkalan = Laut dengan kedalaman kurang dari 200m yang dasarnya masih merupakan bagian pulau utama yang diantarai laut itu.

    Dangkalan Sahul = Dasar Laut Arafura, menghubungkan P. Papua dan Australia.

    Dangkalan Sunda = Dasar Laut Jawa juga Selat Karimata menghubungkan P. Jawa, Sumatera dan Kalimantan.

    Semoga tidak salah. Konfirmasinya ke Pak Dhe saja ya :).

  361. Paparan atau Dangkalan = Laut dengan kedalaman

  362. Mas… Saya mau tanya. Apa yang dimaksud dengan dangkalan sahul ?? tolong dijawab ya.

  363. Maaf, tanggapannya jadi OOT…

    Kalau dalam ilmu jurnalistik, ada namanya lingkaran
    sumber. Makin dekat suatu sumber ke event berita, makin relevan sumber itu. Makin jauh dia dari event-nya, makin tak relevan pula.

    Misalnya, kecelakaan lalu lintas. Seorang saksi mata tentu lebih berharga daripada seorang kepala polisi yang lagi main golf nun di ujung kota. Petugas ambulance di lingkaran
    kedua, saksi mata di lingkaran pertama.

    Lalu, di mana letak seorang “pengamat” dalam lingkaran konsentris sumber berita? Saya juga tidak tahu. Menurut saya, ya tidak relevan mencari-cari sumber yang terletak jauh sumber berita.

    Kemudian, bagaimana dengan posisi seorang “pakar”, alias seorang yang expert? Menurutku itu juga ada kelasnya, tergantung seberapa dekat posisinya dalam lingkaran. Dan kalau ada beberapa pilihan, maka pendapat pakar yang letaknya semakin luar akan semakin tidak signifikan.

    Wah, lantas bagaimana dengan Pa Dhe Vicky? Tentu saja tergantung informasi yang ditampilkan berasal dari sumber yang mana. Jika sudah dari tangan orang kesekian, tentu semakin panjang jalurnya semakin muncul distorsi informasinya. Tapi paling tidak, sumber berita yang digunakan (sepertinya ^_^) terpercaya dan bisa dilacak.
    Hebatnya lagi, meramu berita menjadi cerita yang tidak bikin jemu…

    Kembali ke lap.. eh bukan, ke masalah pengamat.
    Lantas, ada istilah pengamat IT. Apa itu IT? Ada lagi apa itu IS? IT = information technology, IS = information system. Jika istilah “informasi” diganti dengan “data”, mungkin dapat memberikan makna yg lebih mudah dipahami, teknologi data dan sistem data.

    ( http://en.wikipedia.org/wiki/Information_technology; http://en.wikipedia.org/wiki/Information_systems)

    Sistem informasi (sistem data) berhubungan dengan mencatat, menyimpan, mengolah, hingga penyebaran informasi/ data, dan teknologi informasi (teknologi data) adalah teknologi implementasinya, baik berupa aplikasi software maupun hardware.

    Kemudian, istilah IT ini diperluas karena teknologi yg digunakan tidak lepas dari teknologi komunikasi, lahirlah ICT, information & communication technology.

    Maka, jika IT/ ICT dan IS berkaitan dengan manajemen, prosesing, dan diseminasi informasi, lantas, di manakah “letak” seorang “pengamat IT” ?

    Kalau dibilang kepakaran RS berawal dari HP, itu adalah gadget. Seperti meminta pendapat mengenai mesin mobil dari ahli mesin dibandingkan meminta pendapat dari penggemar otimotif. Mungkin tidak salah, tetapi porsinya berbeda.

    Yang jelas sih IS ada hubungannya, jika dihubungkan dg kasus kecelakaan Adam Air. Karena waktu melacaknya kan tidak pakai ilmu “menerawang” melainkan main di data/ informasi. Tapi, siapa yg hendak bilang IS di Indonesia sudah baik? Jadi seperti membuat suatu keputusan dengan informasi yang sepotong-sepotong dan tidak tuntas.

    Jadi bagaimana? Posisi pengamat toh bukan sumber data yang signifikan. Kemudian, jika dianggap sebagai ahli, akan muncul pertanyaan, expertise-nya di sebelah mana? Kemudian, jika memang ahli dan bisa olah-olah data, kan data yg ada juga sepotong-sepotong, dan potensial menelorkan kesimpulan yg prematur.

    Tapi, saya menulis seperti ini, signifikansi saya di mana ya?

  364. Mengenai Roy Suryo,..saya pernah baca di suatu majalah,..”kepakarannya” dibidang IT dimulai dr koleksi telpon genggam(HP)…..Kalo diluar negeri,..kepakaran (EXPERTISE)biasanya didasarkan,..atas pendidikan,..professi yg digeluti thnan/puluhan tahun…atau achievementnya di bidang tersebut…biasanya Pakar,juga anggota asosiasi dibidangnya,…dan aktif riset/menulis di jurnal2 ilmiah professinya.

  365. Salam kenal ugi…

  366. Mas Ody – Lawong jenengan dewe sing “pasang iklan” lho (by klik on Ody…)
    Ooo baru tahu aku, ada poros-porosan gitu ya.
    Tapi bukan “poros tengah” kan? (emang ada poros di pinggir ya). Klo poros Yogya mungkin ada lagi yg se-poros, yi Monumen Yogya dan Plawangan Merapi, trus Puncak Merapen (gitu ‘kali). Mungkin apa beda versi aja ya, biasanya tempat-tempat misterius trus disegitigaain gitu lho mas. Salam kenal mas.

    Ompapang – Hehe …. bisa aja, trus sing nyedot yo sopo om? apa lautnya diselang aja buat nyiram planet Mars yg udah kering itu ya. Ada yg bilang air itu stabilizer suhu, seandainya laut jawa tinggal semeter, mungkin yang terjadi … ya siang teramat panas, malam bertambah dingin. Teka-teki.

  367. kalau lautnya kering atau airnya surut tinggal 1 meter,mungkin udara didaratan menjadi dingin seperti diTawangmangu atau Batu Malang, soalnya kan elevasinya bertambah naik 1000 meter lebih diatas permukaan laut (karena muka laut turun).
    Kapal-kapal karam bakal kelihatan, harta karun mudah didapat dari kapal-kapal kuno. Ikan-ikan tinggal jaring, transportasi gak usah pakai pesawat atau kapal, cukup transportasi darat yang lebih cepat dari kapal. daratan Indonesia tambah luas. Gak perlu anjungan minyak lepas pantai, gak perlu jembatan Sura madu dsb.
    Mungkin lebih enak Ya?

  368. mau tahu lebih banyak Roy Suryo, kunjungi situs ROY SURYO WATCH dan atau ROY SURYO WATCH WATCH, asyiiik !

  369. Lho… kok tahu mboyolali?

    Segitiga?
    Kan sudah ada kurva garisnya…
    Ada poros laut kidul, kraton yogya, tugu, merapi
    Ada poros lawu, sala, merapi…

  370. Mas Ody,
    bikin segitiga sendiri yuk; Bawen-Kartosuro-Yogyo! Kan lewat Boyolali.

  371. Om roy suryo s2-nya kalau tidak salah ilmu komunikasi.
    Tapi kalau beliau seneng ngobrol hal IT (dan yg disangkut-sangkutkan dg IT), toh tidak masalah,
    (saya jg s1&s2 telekomunikasi, malah seneng ngobrol masalah kejawen ^_^), walau kadang bg yg ngerti, habis itu cuman mengerenyit dan komentar, “kok bisa gitu ya (yg dipikirkan dia)?”

    Segitiga Masalembo, Segitiga Bermuda, mistis, ufo, jin… Membahasnya seperti orang buta rebutan menerangkan gajah. Soalnya tidak ada yg tahu pasti.

    Tp, paling tidak, jika ada yg dijadikan landasan maka penjelasan seperti om rovicky di atas bisa membuka wawasan. Setelah ada yg diyakini sebagai sesuatu yg benar, maka langkah selanjutnya tetap berangkat dari landasan ini.

    Salam kenal, om rovicky.

  372. Yg -normal mungkin sedikit ‘kali! ya?
    Hiii hi hi hi …. Hiii hi hi hi ….!!!! — emang kuntilanak.
    Bener bung Ali, jadi kepengen skali bisa mampir Masalembo yg misterius itu, tapi kagak pengen liat krajaan jin .. yeah.
    Emang andanya nunggu di mana nech ….??

  373. Dalam dimensi laen di muka bumi ini tentu banyak skali jin, tentu aja mreka itu banyak banget, lbh banyak dr manusia hidup skrg ini, lawong ribuan ampe jutaan taun mreka ga mati-mati, tapi trus beranak-pinak. Kagak kaget jika di Masalembo ada krajaan jin. Perlu diingat stiap orang manusia aja minimal diikuti satu jin, bisa lebih, dosen filsafat yang paranormal skalipun. Hiii hi hi hi …. Hiii hi hi hi ….!!!!

  374. Oya, ada yang lupa.
    Dosen filsafat saya bilang bahwa di pereiran Masalembo terdapat kerajaan Jin. Tapi lebih kecil dari pada Laut Kidul. Perlu diketaui bahwa dosen filsafat saya itu juga merangkap sebagai paranormal.
    Benar tidaknya, Allahu a’lam…..

  375. Saya putra asli Masalembo “the dark island”. Salam kenal buat semuanya. trims buat om Rosicky,eh Rofiky…..
    Saya jd teringat wkt masa jecil dulu. Wkt saya jln2 di pantai Masalembo di pagi hari, ada bnyk bungkusan rokok+makanan ringan+mainan yang terapun-apung terbawa arus, eh ternyata di tengah laut ada kapal barang yang karam.
    sodaraku semuanya, hampir tiap tahun “pasti” ada kapal tenggelam,terlanggar karang atau lainnya……tapi uniknya, kejadian itu “tidak pernah” menimpa pelaut pribumi masalembo.
    Tapi jangan lupa, pulau Masalembo itu indah banget lho!sampe2 om Bruno dari Prancis menyebutkan bahwa keelokan pulau Masalembo setara dengan kepulauan di Selandia Baru. Jadi……..mampirlah ke sana, kapan2…..
    Kami menunggu Anda….. Yeah……!!!!!!!

  376. Aduh, pake yang udah agak pasti aja deh. Philadelphia Experiment (ada film-nya, tuh. yang main Michael Pare) itu statusnya masih setengah dongeng? Masih katanya? Masih konon kabarnya? Buat yang demen conspiracy theory, mungkin emang udah diangggap fakta. Aku sendiri sangat tertarik dengan theory itu, tapi kalo belum terbukti ya ga’ berani aku pake referensi.

    Sebenarnya, kalo’ ada yang mau serius bikin survey, apa benar jumlah pesawat/kapal yang hilang di Segitiga Bermuda ataupun laut Sargasso yang konon kuburan kapal lebih banyak dari daerah lain? Apakah bukannya karena kebetulan lebih ngetop aja?

    Sebenarnya science yang kta kuasai sekarang masih terlalu dangkal untuk bisa memecahkan fenomena alam. Terlalu banyak faktor yang mungkin belum kita kenal, sehingga pada hakekatnya sebuah teori tidak bisa terbukti 100% kebenarannya, hanya bisa dikatakan paling benar selama belum ada teori yang lebih baik.

    Anyway, oom Rovicky, keep up the good work. I really enjoy your scientific writings.

  377. tulisan ini berkaitan dengan urus-urusan segitiga-lah, saya copy paste dari link http://www.geocities.com/Area51/Dimension/7127/phila.html
    semoga bisa menambah hasanah pengetahuan.

    “( Menurut teori Albert Einstein, mengatakan bahwa dalam perhitungan-perhitungan ilmiah, manusia tidak hanya berurusan dengan tinggi, lebar dan panjang; melainkan juga dengan satu dimensi lain, yaitu waktu. Sebuah teori Einstein menyatakan bahwa konsep ruang waktu dan energi materi bukanlah dua kesatuan yang terpisah sama sekali. Keduanya bisa terjalin dalam keadaan tertentu. Dan kalau itu benar-benar terjadi, tidaklah mustahil benda bisa muncul dan lenyap secara mendadak, seakan-seakan mengalami proses dematerialisasi. Di mana proses pelenyapan pesawat terbang, kapal dan lainnya di Segitiga Bermuda tidak lain karena peristiwa ini.

    Mungkin teori Einstein itu terlalu membingungkan. Penguraian teori yang rumit tersebut adalah sebagai berikut. Suatu muatan listrik pada sebuah kumparan tentu akan menciptakan medan magnetik tertentu yang menuruti arah kedua bidang tegak dan mendatar. Dengan jalan ini, mungkin sebuah medan lain (gravitasi?) dapat diciptakan menurut prinsip resonansi. Caranya ialah dengan menggantungkan sebuah generator elektromagnetik sedemikian rupa sehingga menciptakan pulsa-pulsa magnetik. Medan yang terjadi tersebut akan mengadakan “penyatuan” dengan kedua medan tegak dan mendatar itu.

    Kalau kita mengembangkan pelaksanaan teori Einstein tentang “Unified Field” (penyatuan medan) yang menyatukan medan gravitasi dan elektromagnetik ke dalam teori ruang waktu, maka medan magnetik kalau cukup kuat akan dapat meyebabkan barang/benda atau manusia berubah dimensi dan menjadi tak tampak. Pandangan teori “Unified Field” kemudian disamakan dengan peristiwa segitiga bermuda. Dengan kata lain, kita pasti akan dapat membuat sebuah alat yang diinginkan oleh para penghayal yaitu “mesin waktu”.

    Sekarang marilah kita mencoba mengikuti eksperimen Philadelphia. Secara tak sengaja Angkatan Laut Amerika Serikat menemukan praktek penyatuan medan ini ketika mengadakan percobaan rahasia di sebuah kapal perusak pada tahun 1943 (ketika masih Perang Dunia II). Karena percobaan dilaksanakan di Philadelphia, maka kemudian eksperimen ini lebih dikenal sebagai Percobaan Philadelphia.

    Tujuan intinya adalah menyelidiki pengaruh medan magnetik terhadapa kapal laut dan seisinya. Dua buah generator, yang satu menghasilkan pulsa magnetik dan yang satu tidak dihidupkan bersama-sama sehingga tercipta medan magnetik diatas dan disekeliling kapal. Hasilnya memang mengejutkan dan memang sangat penting, meskipun menimbulkan akibat buruk pada awak kapalnya.

    Ketiga eksperimen mulai dijalankan, tampak suatu sinar kehijauan samar-samar. Perlu diketahui, bahwa laporan dari orang yang selamat dari Segitiga Bermuda, mengatakan menyaksikan kabut kehijauan. Peristiwa selanjutnya yang terjadi ialah seluruh kapal kemudian terselimuti kabut hujau dan akhirnya kapal bersama awaknya menghilang dari pandangan pengamat dan hanya garis permukaan laut yang kelihatan. Kapal itu tampak dan menghilang lagi, tampak dan menghilang lagi di daerah Norfolk, Virginia. Jadi percobaan itu dapat dikatakan sesuai dengan teori Unified Field.

    Menurut seorang bekas awak kapal perusak itu, percobaan berhasil baik di lautan. Mereka telah berhasil menciptakan “ruang waktu” berbentuk spiral. Ruang waktu itu mempunyai radius sampai seratus yard atau 91 meter dari pusat pancaran magnetik, yang artinya setiap benda, manusia bila berada dalam radius itu akan lenyap dari pandangan, tetapi masih mungkin dapat diraba. Ketika kapal itu lenyap dari pemandangan, hanya lekukan kapal pada permukaan air yang tertindih kapal itu yang kelihatan. Semakin diperkuat gaya medan magnetik, mengakibatkan manusiapun turut lenyap, dan untuk dapat diketemukan, harus dengan jalan rabaan. Mereka baru tampak kembali setelah keluar dari medan magnetik itu. Istilah pelenyapan itu oleh mereka disebut “sedang mencair”.

    Memang percobaan itu kelihatan berhasil, tetapi memerlukan korban yang tidak sedikit. Ada orang (awak kapal itu) yang akhir nya meninggal, ada beberapa lagi yang kehilangan ingatan. Tetapi ada juga yang membawa akibat baik. Yaitu ada orang yang indera keenamnya bertambah tajam. Yang lucunya, beberapa orang masih membawa akibat percobaan itu, yaitu kadang-kadang dengan sendirinya lenyap dan muncul lagi, baik di rumah lebih-lebih bila dijalan/dimasyarakat dapat mengejutkan orang yang melihatnya.

    Percobaan Philadelpia ini sebenarnya sangat dirahasiakan. Dengan percobaan ini sekaligus diketemukan sebab-sebab kecelakaan di Segitiga Bermuda dan pembuktian teori Einstein “Unified Field” ternyata benar. Einstein sendiri belum pernah mencoba, karena ia telah meninggal dunia. Teori ini entah sengaja atau tidak telah terbukti, sehingga para ilmuwan tidak lagi meragukan. percobaan ini mengingatkan kita pada piring terbang yang menghilang bila sedang terbang. Inipun antara lain disebabkan adanya medan magnetik yang berasal dari piring terbang itu, tentunya tanpa membawa akibat apa-apa bagi awaknya. )”

  378. numpang lewat ya om…….!
    bagus banget penjelasannya sampai2 aq terharu…..
    ternyata indonesia ini masih misterius ya……

    damai itu idaman…

  379. Blog e Pak Rovicky kuerren. Saya link ke blog kami ya? Ato saya link ke blog saya juga, di http://www.agafya.blogspot.com
    (hehe.. numpang promosi. Traffic blog Pak E manteb)

  380. Ass..
    Kulodukun…!!
    Sugeng enjing pakd..
    Wah..salut buat penjelasane pakd..cm aku kok jd mubeng ya..
    Skali kali di jelasin fenomena laut kidul gtu,yg lengkap ada bau mistik dan keilmuan serta bau2 yg laen..he he he..
    Maturnuwun..

  381. Salam ….

    #gadis
    Jika SESUATU itu ada datanya yang cukup objektip, yang diungkap oleh ahlinya, dg sumber terpercaya, dengan metode pendekatan yang sistematis, …. insya alloh tu ‘kan jadi imu pengetahuan.
    Namun jika SESUATU masih “terselubung”, belum terungkap duduk perkaranya memake metode pendekatan mana-pun, …. itulah “mystery” yang akan sangat menarik ketika mulai terungkap. Lain lagi ‘mistis’.

    Yakin deh, uaasyik tenan, … tunggu aja pengungkapan pak Dhe, atau anda yg ‘kan mulai dulu!

  382. hmmm….agak2 mistis jg ya…..

  383. Salam Dhe Rovicky,

    maaf ya agak nylentreng, cuman nyelo sampaikan pesen:
    yaitu masih di utaranya Masalembo; di daerah Martapura, Kalimantan, kenapa di situ banyak intannya ???

    Saya pernah baca, ga tau lagi dimana: ada dugaan bahwa jaman purba dulu kalimantan pernah dihantam oleh meteorit buesar, yang menyebabkan ledakan, panas dan tekanan dashyat, sehingga di sisi timur kalimantan banyak batubara dan intan. Apa memang ada hasil penelitian seperti itu Dhe? atau hanya dugaan belaka.

    Hal lain, apa tidak ada data tentang meteorit besar yang pernah jatuh di Indonesia, atau memang belum pernah di tliti? Slaen itu aku sangat tertarik, gimana sih geologinya Kalimantan, kayaknya spesifik dan menarik?

    Ni usul, mungkin bisa jadi topik misterius yang lain. Karena penasaraaan …. bgt. Trims.

    Maaf … selingan ya temen-temen, teruskan rubrik Masalembonya ….

    Wassalam
    IM

  384. bentar dulu…emang segitiga bermuda ada nilai ilmiahnya? saya belom pernah nemu penjelasan valid mengenai makhluk segitiga yang satu ini nih…jangan2 cuma dongeng ya? mungkin bos Ropik bisa ngasih teu secara ilmiah gitu?

  385. Memang pulau Maselembo-nya sendiri diluar segitiga. Tetapi kawasan ini oleh pelaut dan penerbangan lebih dikenal dengan nama Masalembo. Sebuah “pertigaan raksasa”.

  386. lhaa, . . . . . . . katanya segitiga masalembo, …… khok masalembonya gak disegitigain gitulho ???????
    apa yang nggambar segitiga-nya sing kleru, kurang ke barat ???
    atau ada segitiga laen yang lebih besar, sehinggo masalembo, tana toraja and pulo kecil2 itu termaszuk di dalemnya ??
    gimana dhonk, Thanks

  387. Kalau Melihat Petanya ….Sepertinya P Masalembo besar dan agak ke barat dari segitiganya Kurang lebih 100 Nm.
    kalau Arah arus dan kekuatan arus di daerah tersebut memang sangat kuat ( heavy Tidal Stream ) apalagi di Selat sapudi dan selat bali …….

    But the way rencana untuk rambu rambu lalu lintas di lokasi kayanya engak usah dech ngabisin biaya ……karana yang penting daerah tersebut bisa aja dipetahkan dalam PETA LAUT (keluaran HidrosALri ) atau PETA Aeronautical bahwa daerah tersebut adalah Daerah Pusaran arus dan berbahaya bagi lintasan pelayaran.

    Rest in peace for My Dad ( 27/01/1981 – KM TAMPOMAS I)

  388. Rupanya daerah di bawah kaki sulawesi daerah bahaya ya karena pertemuan dua arus besar. Bahkan sewaktu awal january lalu angin (dan arus) di laut jawa sangat tinggi dari barat ke timur. Ada penumpang yg selamat (6 org?) yang terapung2 dilaut terseret sejauh 800 mil laut selama 4 hari! atau speednya 200mil/hari ! (padahal yg terapung2 kan nggak pake motor tempel). Kapal Nusantara tenggelam di utara Jepara, orang2 ini ditemukan jauh sekali disebelah timurnya madura. Ombak laut jawa yg biasanya tenang, bisa 4-5 meter tingginya; angin diatas 35 knot.
    Alhamdullilah AA (bukan AA G kan?) sdh ditemukan kemarin dipalung laut sulawesi (kedalaman 1.8 sd 2 km). Wah bakal susah tuh ngambilnya, dalem banget. Tinggal KM Nusantara yg tidak ketahuan dimana teggelemnya. Padahal kedalaman laut jawa cuma sekitar 60-80 meter aja. Kok kapal nggak ada blackbox ya? Atau ada tapi rusak?

  389. Om Rovicky,
    asik euy penjelasannya…..rame….rame….
    aku jadi seneng baca blog Om Rov….
    terus terang aku baru liat skr hehe…..
    telat yah 🙂

  390. Wah Atiya ayu tenaann jeee….

  391. Ooohh ngono tooo 😀

  392. Wah yang komentar udah banyak, yang mau diomongin udah diomongin org laen. 🙂

    setau saya roy suryo itu spesialis untuk mengamati gambar-gambar mesum hehehe..

    Ya nggak papalah, sekali-kali dia ganti topik omongan, mgkn udah bosen liat vidio mesum. Orang kayak roy suryo kok ngomong apa aja bisa kepake ditipi ya?

  393. apa si adam air itu dibajak ufo, di segitiga bermuda juga banyak ufonya lho…… 🙂

  394. Kalau dibandingkan dengan Segitiga Bermuda, lokasi Segitiga Masalembo juga tidak menunjukkan keanehannya. Sepertinya keangkeran segitiga Masalembo ini lebih ditentukan oleh faktor gangguan alamiah yang bukan mistis.

    Emang Segitiga Bermuda ada faktor mistisnya Om ? Well, kalau begitu spertinya Segitiga Bermuda butuh sesajen kambing deh 😀

    btw, kerja bagus. Artikel ini komplit dan sangat informatif

  395. mutiara aini ,

    Roy suryo itu bukan S1 manajemen/ekonomi. Beliau malah lulusan fisipol. S2 nya saya kurang tahu. Tapi dia ini juga ngajar di program MM. Entah apa kualifikasi dan kompetensinya. Yang jelas, di UGM sendiri beliau “gak kepake”.

    salam kenal, mas rovicky.

  396. Mas Agus Says:
    Januari 17th, 2007 at 4:46 pm
    Kenapa ya kebanyakan orang dalam menyebut daerah suka dengan “segitiga”…
    segitiga bermuda, segitiga masalembo, kawasan segitiga emas de el el..
    mbok ya sekali-kali segiempat ato segilima gitu…

    ======

    ada kok yang namanya serba segiempat ato segilima … misalnya cilandak town square, metropolitan town square dll … hehheheh

    aku gak ngerti pembahasannya Pakdhe … hehehe lemot nih 😀

  397. pernah terpikir untuk menjadikannya tempat wisata?

  398. Terung terang, saya iri dengan tulisan2nya.
    Tidak semua orang bisa mendongeng sehingga mudah dicerna. Fenomena segitiga bermuda, konon disebabkan oleh adanya negative buoyancy /akibat adanya gelembung2 gas yang mempunyai densitas rendah,sehinga kapal tidak bisa lagi bisa mengambang dalam air yang banyak gelembung2nya gas tadi, nyungseplah dia. Gas tersebut diduga berasal dari Hidrat metana (fasa padat seperti dry Ice)yang mengurai menjadi gas dan air. 1 satuan volume hidrat metana mengurai menjadi 164 satuan vol gas metan dan o.8 air.

  399. setau saya roy suryo itu spesialis untuk mengamati gambar-gambar mesum hehehe..

  400. masih bnyk ney kemungkina ilangnya AA…terakhir diarahkan ke sabotase militer blom tau motif na apa dan omongan ini msh bergulir di kalangan tingkat tinggi… (intermezzo aja)..hmm sdkt bnyk gw setuju sm ulasan di atas dan juga emang pnah kejadian pswt garuda juga ilang, trs tentara AS juga pnah ilang, dan klo emang segitiga masalembo itu pny kaitan dgn bermuda ya gw kaya na lbh ke arah mistisnya, krn dsn emang ada, dan hrsnya pemerintah indo minta bantuan david coperfield ngomong ttg die gw jd inget dgn buku yg berjudul “Dialaog Dengan Jin Muslim” sampe disitu jin kenal dgn David bahkan sangat dikenal dikalangan jin dan iblis malah disebutkan david ini mengetahui akhir dunia spt apa??? (klo yg ini gw gag yakin sey) thx mas vicky atas ulasannya..dan tolong jgn sebut Roy Suryo ….Hi roy…siape sey lu!!!

  401. Memang segala sesuatu itu harus diprediksi,dianalisa dan di problem solving…. oleh ahlinya, lha wong Roy Suryo iko sekolah’e management ekonomi (S1), S2-ne juga masih ekonomi…….koq iso2 ne disebut sebagai pakar IT, heran aku karo wong wong sa’endonesia, lha lek …Pak Dhe pantes ngomong ttg geologi …wong elmune pancen ttg geologi….(kamsud’te opo???)hehehehe……maksud’te aku seneng lek pembicaraan dilakukan oleh ahline……HIDUUUP PAK ROVICKY….

  402. TOP Penjelasanya
    TQ very nice 4 info’s-nya..
    sangat jelas&ilmiah

    4 mas sigit:
    Kyaknya kl yg omong si Roy Suryo, ga usah telalu di dengar..:(
    semua dikomenterari sama roy…bntr kg mo jd komenttor Seri A, Premier L,dll 🙂

  403. Artikel yg menarik…Akhir2 ini banyak kecelakaan lalu lintas komplit semua darat, laut, udara, miris sekali ya.. Sudah saatnya kita orang geologi mencermati hal ini…Fenomena dinamika bumi kan jadi kajian kita juga…Thanks

  404. Saya sangat setuju daerah tersebut diantisipasi dengan rambu-rambu atau tanda2 lalu lintas lainnya. Di daerah saya, Kalsel, ada juga sebuah tempat yang dibilang sopir2 daerah angker, tempatnya di tikungan sebuah gunung. Disana banyak sekali kecelakaan yang mengakibatkan mobil masuk jurang saat membelok kesana. Setelah diselidiki ternyata dari Konsultan Perencana proyek jalan tersebut diberitahukan bahwa tikungan tersebut Kecepatan Rencana (Vr) = kecepatan maksimum yang diperbolehkan untuk melewati tikungan itu adalah

  405. Wah diajarin apanya, nih ?
    Lah aku juga bukan ahli ngeblog je … kan banyak blogceleb yang ahli2 tuh 😀
    mreka pinter bikin tampilan lucu2 … lah blog ini malah ngajak mikir … wuikikiki 🙂

  406. hm…….asyik jg blognya om,..ajarin donk!

  407. Dear Mutiara Ani ?
    Memang sulawesi bukan bagian dari Sahul, tapi dia lebih sering disebut bagian dari Indonesia Timur

  408. Disebut segitiga karena cukup dengan 3 “komponen” saja sudah bikin masalah, apalagi kalo segi empat atau segi lima, atau apalagi kalo disebut dengan segi banyak tak beraturan, wah ga kebayang kacau nya bagiamana.
    🙂

  409. Pak Dhe

    Sulawesi itu pulau independent??????……., bukan bagian dari paparan sahul, elingku ngono Pak Dhe.
    Salam

  410. Kenapa ya kebanyakan orang dalam menyebut daerah suka dengan “segitiga”…
    segitiga bermuda, segitiga masalembo, kawasan segitiga emas de el el..
    mbok ya sekali-kali segiempat ato segilima gitu…

  411. Wah keren juga indonesia punya segitiga bermuda.Tapi ngomong2 mana nech tanggapan pemerintah tentang situs di atas tadi.

    Weleh…Weleh….Welehh……..

    WASPADALAH!!!!!!!!

  412. asyik jg!

  413. Di kamar saya lebih aneh lagi, yaitu segitiga kamar. Entah mengapa barang2 sering hilang disana, padahal saya hidup sendiri. Bener2 pencurian ruangan tertutup!

  414. hmm..apakah BMG juga sadar akan hal ini ya,apakah dinas pelayan juga sadar?..klo sadar..ya mohon dibikinkan juklak ato nth apa namanya gt..masa celaka kok di reply2 terus..emang maenan PS..yg bs di”restart”
    Ane suka penjelasannya:)..thank you sir

  415. di pegunungan deket toraja(aku lupa nama pegunungannya) ada daerah yang gaya gravitasinya lebih tinggi drpd t4 lain. sebenernya tu t4 dah di luar segitiga masalembo tapi koq bisa sc gya grvitynya bisa beda ma t4 lain? kapan2 mbok dibahas,pakdhe!

  416. Tiga peta diatas menunjukkan intesitas magnetik total, peta deklinasi, dan perubahan deklinasi tahunan (sumber NOAA). Kalau tertarik detilnya tinggal di klik saja. Yang dapat dilihat dalam ketiga peta itu adalah, tidak adanya sesuatu yang mencolok baik di Segitiga Bermuda maupun di Segitiga Masalembo.

    tidak ada yang mencolok di peta magnetik global bukan berarti tidak ada yang mencolok (dari segi magnetik) di daerah itu kan?
    sebelum interpretasi peta magnetik global, aku lebih suka titik-titik pengukurannya juga di-post di peta tersebut.
    jangan2, di daerah angker tersebut ternyata tidak ada titik pengukuran magnetik, yah jelas aja tidak terlihat ada yang mencolok, kan tertutup dgn interpolasinya 😀

  417. Mas BMW terimaksih koreksinya 🙂

  418. Bukan kah kapal Senopati Nusantara tenggelam di Perairan Mandalika, Jepara.

  419. saya jadi keingetan tampomas II yang kalau tidak salah tenggelam di masalembo juga.

    tapi mumpung lagi cerita magnet bumi nih, teman kantor saya baru pulang dari haji dan cerita tentang jabal magnet di dekat madinah. konon dari jarak 1-2 km dari bukit batu tersebut sudah menimbulkan reaksi terhadap bis yang dikendarai mereka. anehnya reaksi tersebut bukan menarik besi, tapi menolak. sehingga untuk bisa mendekati area tersebut bis harus menggunakan gigi 1 perseneling 1 atau 2. dan kalau gigi perseneling tidak dimasukkan dan semua rem dilepas maka bis akan mundur, meskipun jalannya turunan / menurun.

    kalau saya perhatikan peta magnet bumi diatas, nampaknya tidak ada anomali di sekitar madinah. jadi, kira2 penjelasannya seperti apa ya pak ?

  420. Dear Sigit,
    Kalau memang benar AA (adam Air) jatuh di selat Makassar dan pas di Kanal Labani, maka saya yakin sudah terbawa arus ke arah selatan. Kalau kecepatan aliran sekitar 50cm/detik tentunya sangat mudah membawa body pesawat kearah selatan.
    Jadi kalau mau mencoba mencari carilah ke arah selatan.

  421. Mas Rovicky,
    kalo memang ada kemiripan, pesawat yang pernah hilang di Segitiga Bermuda, apa bangkainya ada yang ketemu.

    kalo mencermati diskusi pak Roy Suryo dengan pakar2 dari bidang per satelit an di Metro TV, cara mencari lokasi bangkai Adam Air adalah salah satu nya dari gelombang yang dipancarkan (ELBA…?), intensitas nya apa tidak mengecil dibandingkan dengan berjalan nya waktu ya mas…

    terimakasih
    Sigit

  422. Saya jadi rada takut juga Pak. Soalnya kalau saya pulang kampung pesawatnya lewat jalur itu juga. Mau naik kapal laut, lewatnya situ juga, sama. Akhirnya, pasrah saja sama yang kuasa. Kalau pemerintah sih tidak boleh pasrah, musti ada usaha yang riil dan berkesinambungan karena menyangkut keselamatan rakyat. Pemantauan cuaca lewat satelit dan pemasangan rambu-rambu laut mungkin dapat membantu asal hasil pantauan diinformasikan kepada masyarakat dan pelaku jasa transportasi laut dan udara secara rutin, sering, dan tepat sasaran. Terimakasih dan salam eksperimen.

  423. mmm… kalo demikian apakah karena posisinya dekat dengan equator yang menyebabkan korelasi itu jadi berpengaruh?

  424. Dari kemaren2 dah mikir kemungkinan adanya Triangle di Indo tapi apa iya…
    Skarang jadi Ngeh… klo itu bener2 ada
    siklusnya termasuk lama yach 15 thn.
    Makasih…. Makasih……Makasih

  425. Siip lah..
    jadi “mudheng” sekarang

  426. Sangat ilmiah sekali……………Makasih.

  427. Cenderung setuju untuk instalasi ‘rambu-rambu lalu lintas’ dilakukan di segitiga Masalembo secara terencana berdasarkan studi yg memadai (metereologi, geofisika, kelautan, dll). Pihak terkait yg berwenang agar jangan main tancap rambu seenaknya tanpa mengetahui fundamental permasalahan dan pemanfaatannya.

    Pengetahuan manusia atas rahasia/tantangan alam ini sangat terbatas. Selain pendekatan eksakta, tidak ada salahnya untuk juga melibatkan unsur2x soft sepertihalnya budaya dan spiritual dalam pengambilan keputusan design dan penempatan ‘rambu’.

  428. Bagus banget penjelasannya … sangat rasional dan tidak berbau mistis saya suka

  429. whalah … kok ga ada mistiknya …
    ngga seru Pak Dhe
    Mestinya dikasi mistiknya doonk 😀

  430. *tengok kanan kiri*

    Pertamax!!!!

Tinggalkan komentar