Gempa 5.9 Mw (5.7 SR) diselatan Jogja


Telah terekam sebuah gempa diselatan Jogja pada hari jumat 19 January 07 di pagi hari.

USGS mencatat pada waktu setempat: 19 Jan 2007 09:44:21
Geographic coordinates: 9.983S, 109.718E
Kekuatan : 5.9 Mw (BMG mencatat 5.7 SR
Kedalaman: 10 km
Universal Time (UTC): 19 Jan 2007 02:44:21

Lokasi ini kira-kira 254 km (158 miles) disebelah selatan kota Yogyakarta, Java, Indonesia

Tidak ada laporan tsunami, tetapi tetap harus waspada bagi yg tinggal di Pantai Selatan Jawa.

Disebelah kiri ini peta pusat gempa-gempa selatan Jawa sebelumnya.

Klick gambarnya untuk melihat sesuai dengan legenda peta dibawah ini

Menurut Detik.Com
Guncangan gempa dapat dirasakan warga Bantul sebesar II-III MMI (Modified Mercally Intensity), di Kulonprogo sebesar II-III MMI, di Wates II-III MMI. Sejauh ini belum ada informasi mengenai kerusakan ataupun korban jiwa.

Peta diatas menggambarkan kegempaan selatan Jawa sejak tahun 1990 hingga kini. Kalau dilihat pada peta diatas terlihat bahwa lokasi gempa ini pada zona yang sudah cukup lama tidak terjadi gempa (seismic gap), artinya mungkin bagus dimana tenaga yag terkumpul di-release (dilepas) kecil2 saja, jadi tenaga yang terkumpul tidak terlepaskan sekali dalam jumlah besar yang membentuk gempa besar yang lebih merusak.

Semoga saja.

10 Tanggapan

  1. pakdhe, sehari kemudian kok ada gempa di sebelah tenggara semarang, apa sesar opak telah ndhesek patahan di utara prambanan?

  2. Lha gempa itu yang mbangunin saya. Di tempat saya cukup kerasa tapi nggak terlalu besar.

    Barusan j 14 kurang ada gempa lagi di jogja.

    Wah waktu gempa itu tadi saya baru tidur di kelas :).

  3. Allo…mas,
    Ternyata gempa yg tgl 19 dan 20 juga terasakan di Kab. Magelang,notabene di barat daya Merapi. Jika memang sumbernya tektonik dan gak ada campur tangan Merapi kenapa yg jauh dr Opak-Oyo Fault (sktr 25 km barat laut Jogja) ikut kecipratan goyangannya ya?

  4. Barusan j 14 kurang ada gempa lagi di jogja. Mau nanya mas Rovicky …kenapa sekarang sering lagi gempa ya (dari yang december dalam 4 jam 5 kali berturut-turut)…padahal sudah beberapa bulan jarang gempa. Ada fenomena apa ya ?

  5. Pagi ini sekitar jam 6.30, kami sekeluarga di jl. kaliurang km 13 di sleman juga merasakan gempa yang lumayan lahh, nggak bisa ngira-ngira berapa sih, tapi lumayan bikin kaget. Kalo yang kemarin di ‘atas’ (seputaran kaliurang) nggak ngerasain sama sekali, di sekitar maguwo dan kalasan juga nggak…. wah, kenapa yah jogja kok gempa terus ?

  6. Pagi tadi pukul 05.58 wib ada goyang inul 3,4 SR berpusat pada patahan oyak – oya. cukup membangunkan tidur saya yang lelap.
    Pak rovicky mohon ulasan yang masuk akal ttg kabar yg beredar klo bantul dan jalur patahan yg dilewati akan tenggelam karena dibawahnya bukan lapisan batu2an melainkan air

  7. Pagi ini ada lagi lho mas Rovicky …lebih besar dari yang kemaren . barusan liat bmg belom ada…wah payah bmg nih telat melulu. Kemaren juga di blog ini dah ada di bmg belom 😦

  8. Teorinya,….energi yg dilepas dilepas kecil2 saja, tapi dg selang antara gempa yg sering itu akan baik, karena tdk sekaligus dilepas besar…..masuk nalar,…..tapi Pak Dhe sebelum gempa besar diaceh Des’04 kemarin, sebelumnya juga sering terjadi gempa kecil2, malah th 2002 (lek gak salah)terjadi tsunami lokal di P Simeuleu, berarti …kan podo karo gempa nok Jogja,….dilepas pelan2 and kecil2,….setelah itu baru………??????wah Mbuhlah,…..teorine sing bener yak opo Pak Dhe,……….????opo Kersanipun Pangeran mawon.

    Salam
    Mutiara Aini

  9. iya, pdhal di koran belum ada

    memang top markotop om yang satu ini

  10. Ass wr wb
    waduh cepet juga gempa di jogja muncul di web ini ya.Tapi gempanya gak bikin rumah atau atep bunyi (biasanya kan bunyi) tapi kerasa goyang tanahnya..klo ini kenapa ya ? Matur nuwun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: