Peta Zonasi Bahaya Lahar Dingin (Lahar Hujan)


Selain ancaman lava, lahar, dan awanpanas kini hujan deras menyebabkan Gunung Merapi juga menyebabkan adanya daerah rawan bahaya lahar dingin. Lahar dingin merupakan aliran sedimen pekat yang teridiri atas batu, kerikil, pasir serta abu vulkanik yang tercampur air.

Peta yang dikeluarkan oleh BNPB untuk daerah rawan banjir lahar dingin terlihat dibawah ini :

Peta Zonasi Rawan Banjir Lahar Dingin Merapi 7 Nov 2010

Zonasi ini didasarkan pada buffer zone 300 dan 500 meter sepanjang sungai yang hulunya di lereng Gunung Merapi.

Peta detil zonasi rawan banjir ukuran besar dapat diunduh disini :

Untuk melihat Peta Jalan, Peta Satelite, atau Peta Ketinggian.

Proses terjadinya lahar dingin secara grafis dijelaskan dibawah ini

Sumber Departemen Pekerjaan Umum

Ketika meluncur dari puncak Merapi, material ini berupa material piroklastik yang menyebabkan terbentuknya awanpanas. ISinya terdiri atas batuan berukuran bongkah, kerakal, kerikil, pasir hingga debu panas. Setelah di daerah produksi ini terkena hujan maka di daerah transportasi di lerengnya akan memiliki energi sangat tinggi yang mampu merusak apa saja yang dilewatinya. Seterusnya ketika sampai dibawah maka akan terjadi proses sedimentasi dari pasir-pasir ini sebagai endapan material vulkanik yang sering kita lihat di tebing-tebing sungai ditengah  perkotaan Jogja.

Dongengan terkait :

About these ads

22 Tanggapan

  1. mkcie infony

  2. apa yang si maksud dengan lahar panas dan dingin cepet ya lgi btuh bener

  3. Pakde, rumahku berada 10 meteran dari anak kali Boyong. Cerita leluhur, dulu sekitar tahun 60-an ada batu/kayu yang nyangkut di Boyong, sehingga aliran lahar dingin masuk ke kali yang melewati Dusun Tambakrejo, Sariharjo, Ngaglik, Sleman (kira-kira 22 km-an dari puncak Merapi). Waktu itu penduduk sudah siap-siap mengungsi. Sekarang bisa lewat kali itu lagi ndak ya? Kalau bisa, berapa meter jarak aman kiri-kanan sungai? Informasi Pakde penting karena banyak penduduk dusun saya masih memanfaatkan kali untuk MCK. Matur nuwun Pakde.

    –> Sesuai yang dicanangkan oleh Pak Surono dkk, jarak aman dari kali 300-500 meter. Saya barusan mendapat kabar bahwa kali Boyong memang menjadi tumpahan guguran lava yg mungkin ketebalannya mencapai 100 meter. Kalau endapan guguran ini kena air hujan akan langsung menghasilkan banjir lahar silahkan donload peta banjir lahar dingin dari UGM ini : http://rovicky.wordpress.com/2010/11/10/peta-rawan-banjir-lahar-dingin-dari-ugm/ .

  4. izin share ke fb yah, pakde…tengkyu

  5. [...] Peta Zonasi Bahaya Lahar Dingin Posted on 8 November 2010 by Rovicky [...]

  6. blog anyar euy… ikut nimbrung ah

  7. Sangking asyiknya menyimak dan mendonlod gambar dan peta2nya sampai lupa minta ijin dan ngocap matursuwun….Pakdhe, ijin donlod dan terimakasih……karena nyari-nyari peta administrasi kab. Sleman gak ada yang memuaskan bahkan di webnya pemda sekalipun….aneh ya….baru dari pakdhe ini saya dpt peta tersebut.

  8. Siiip markusip pakdhe, tapi jgn lupa lho dongengnya…..

  9. berharp ngposting sputar lahar dingin, ternyata d bahas juga. siip dpt ilmu baru lg, mksh pakde..

  10. Di Peta nya kok ngga ada yg dari kali Code ya,Pak? Atau saya yg ngga teliti liatnya? Gambarnya kalo di klik gedhe banget, Pak, ngga bisa d zoom out :).

    –> Kali Boyong itu kalau diteruskan namanya berubah menjadi Kali Code.

  11. ijin share ya…makasih….tukar info: http://kolbi.or.id/

  12. ijin share di milis ya pak :)
    trims

  13. izin share,, nuwun mas,,

  14. [...] foto masjid diatas diambil s’belum bencana m’rapi kalo yg ‘atu-nya (proses lahar dingin) di colong dari dongeng geologi [...]

  15. Ijin berbagi pakdhe….

  16. ijin share om….

  17. izin share URL di FB pak. trims.

  18. ijin share ya pak dhe….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.382 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: