Wajah Bumi 250 juta tahun lagi (Benua Masa Depan !)


Kalau kemarin sudah didongengkan gambar bumi dalam jutaan tahun yang lalu. Nah mestinya bisa dong dilihat bumi pada masa depan. Ya. Tentusasaja dapat dibuat model-model bumi dimasa depan.

Bagaimana membuat model bumi masa depan ?

Untuk membuat model bumi masa depan jelas harus diketahui kecepatan dari pergerakan kerak-kerak bumi ini terlebih dahulu, kemudian masing-masing kerak lempengan ini ditabrakkan …. Derrr !!!

😦 “Wah Pakdhe meramal bahwa dunia akan Ki Amat … lah itu niru bangsa Maya doonk !”

😀 “Ya enggak, Thole. Bumi ini sejak jutaan tahun yang lalu sudah saling menabrak, sudah terkena gempa berjuta-juta kali. Dan kenyataannya bumi masih ada kan ?”

Arah dan kecepatan lepeng tektonik

Arah dan kecepatan gerakan lempeng tektonik saat ini. Direkam dengan menggunakan GPS (Global Positioning System)

Diatas itu gambar  yang menunjukkan peta kecepatan masing-masing lempengan tektonik yang ada di bumi ini.

Lihat panjang dari anak panah menunjukkan kecepatannya. Semakin panjang semakin cepat jalannya. Lempengan IndoAustalia bergerak dengan kecepatan 7-8 cm pertahun kle arah Timur laut. sedangkan Eurasia bergerak ke timur.

Terlihat bahwa ada tubrukan kalau arahnya berbeda. Tubrukan lempeng inilah yang menyebabkan gempa.

Dengan bermodalkan rupa bumi saat ini beserta kecepatan gerakan benua-benua masa kini tentunya dapat dibuat model benua bumi dimasa mendatang.

Bumi saat ini

Bumi saat ini tentusaja bisa kita lihat saat ini juga. Kondisi saat ini merupakan kondisi ideal untuk hidupnya manusia.

Bumi dimasa kini. Daerah yang tektoniknya paling aktif tentusaja Asia Tenggara atau Indonesia.

Bumi masa depan 50 juta tahun lagi

Bumi 50 juta tahun yang akan datang

Seandainya gerakan tektonik lempeng yang terjadi saat ini berlangsung terus hingga 5o juta tahun lagi maka Benua Australia akan menabrak Asia.

😦 “Asyiik Pakdhe. Nanti kalau ke Autralia bisa jalan kaki, ndak perlu naik pesawat doonk”

Bumi masa depan 150 juta tahun lagi

Bumi 150 juta tahun lagi

Samodera Atlantik mulai tertutup. Terkungkung diantara benua-benua besar.

Terbentuk zona penunjaman sepanjang Amerika Utara. Nah saat itu amerika akan gantian menjadi pusat gempa-gempa. Nah, rasain emang enak kena gempa melulu !

Akibat menunjamnya kerak samodera diantaranya maka daratan Benua Afrika dan Benua Amerika Utara menjadi saling mendekat. Nah saat itu orang negro akan bersatu dengan orang putih. Kalau masih berpikir rasis ya nikmati aja deh bertetangga dengan manusia beda kulit !

Bumi masa depan 250 juta tahun lagi

Beginilah rupa bumi 250 juta tahun yang akan datang

Pangea Ultima” akan terbentuk setelah 250 juta tahunn lagi.

Benua Pangea masa depan, “Pangea Ultima” terbentuk akibat penunjaman kerak-kerak samodera yang habis menunjam kedalam mantle bumi. Akhirnya mempertemukan seluruh benua-benua yang ada di Bumi.

Dengan “pertemuan” benua-benua ini kemungkinan akan menyebabkan adanya tubuh air yang “terjebak” diantara benua-benua ini.

Disini dunia mengajarkan pada manusia.

Bagaimanapun semua ini secara alami akan bersatu.
Kenapa manusia harus selalu beradu
Tidak saling mengajukan ilmu
Tetapi kenapa malah mengajukan serdadu

Bacaan terkait :

Sumber gambarhttp://www.scotese.com/.

147 Tanggapan

  1. Dunia gak bakal kiamat kalo manusianya bertobat,tuhan itu maha adil semua org pernah buat salah termasuk gua

  2. Selalu takut kalo liat bumi di msa depan krn apa yg manusia lakuin dari hari ini sbnrnya cm.kaya bom waktu buat bunuh manusianya sendiri ygtinggal nunggu meledaknya kapan

  3. […] Source: Wajah Bumi 250 juta tahun lagi (Benua Masa Depan !) […]

  4. Berapa lama bumi bertahan kalo pemasan global makin cepat ? ( mohon tengok data satelit Jason-3 )
    Berapa energi menurununkan suhu rata” laut sebesar 1C ?
    Bumi berada di tepi terpanas “kunci emas” planet ? Berapa % sisa orbit dalam zona aman ?
    Ini nanya karna isu simpang siur jadi binging sendiri.

  5. ADAKAH BUMI KEDUA?: MENCARI PENGGANTI PLANET BUMI DIANTARA JUTAAN PLANET DI KERAJAAN LANGIT

    Allah-lah yang menjadikan bumi bagi kamu tempat menetap dan langit sebagai atap, dan membentuk kamu lalu membaguskan rupamu serta memberi kamu rezeki dengan sebahagian yang baik-baik. Yang demikian itu adalah Allah Tuhanmu, Maha Agung Allah, Tuhan semesta alam. (SQS. Al Mukmin, 40:64)

    Dialah Yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui. (SQS. Al Baqarah, 2:22)

    Dialah Yang hidup kekal, tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia; maka sembahlah Dia dengan memurnikan ibadat kepada-Nya. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. (SQS. Al Mukmin, 40:65)

    Simak info ilmiah sbb.:

    Planet Mars selama ini seakan menjadi impian destinasi banyak pihak, seperti badan antariksa NASA, perusahaan SpaceX milik Elon Musk, hingga proyek Mars One yang berniat menghuninya. Badan Antariksa NASA merencanakan penjelajahan ke planet merah sekitar tahun 2030-an, sementara proyek Mars One dari Belanda itu menargetkan tahun 2020.

    Pergi ke planet merah bukan hal mudah sebab teknologi yang dibutuhkan untuk bisa sukses sambangi Mars nyatanya harus betul-betul disiapkan agar semua awak yang diterbangkan ke sana bisa tetap hidup.

    Berikut kemungkinan buruk yang sewaktu-waktu bisa terjadi seperti yang diwartakan oleh situs Popular Science.

    Tabrakan: Udara atmosfer Mars bisa dibilang 100 kali lebih tipis dari atmosfer Bumi. Selama ini, setiap pesawat antariksa yang pulang ke Bumi, mereka mengandalkan kombinasi parasut agar menciptakan tarikan dari atmosfer untuk jatuh perlahan ke daratan.

    Semakin berat objek, butuh tarikan yang lebih kuat agar tidak menghantam permukaan. Bisa dibayangkan betapa sulitnya mendaratkan pesawat antariksa Mars yang terbang ke sana untuk bisa sempurna mendarat di permukaan saat melewati atmosfer tipisnya.

    Membeku: Manusia tentu harus menyesuaikan kondisi tubuh dengan suhu udara. Diketahui, suhu Mars rata-rata berkisar di angka minus 62 derajat Celsius.

    Udara di planet merah itu juga terkenal mudah berubah-ubah tergantung musim, sewaktu-waktu bisa 30 derajat Celsius dan bisa mencapai minus 175 derajat Celsius di dekat tiap kutubnya.

    Khusus NASA sendiri, badan antariksa Amerika Serikat itu sudah memelajari soal fluktuasi temperatur udara berkat Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

    Selama para astronaut mendiami ISS, mereka harus menghadapi suhu panas 93 derajat Celsius yang kemudian berubah menjadi minus 128 derajat Celsius pada malam hari.

    Kondisi di dalam ISS dan seragam astronaut NASA menggunakan sistem dan proses seperti sublimasi untuk terhindar dari panas dan dingin yang berlebihan.

    Kelaparan: Hidup di habitat seperti Mars diyakini akan mirip dengan hidup di kawasan Antartika, bahkan lebih buruk. Pasokan makanan tentu dibutuhkan untuk manusia.

    Kabar buruknya, misi pemasok dari pesawat kargo menuju Mars tidak lah mudah. Butuh waktu berbulan-bulan atau bisa mencapai bertahun-tahun untuk bisa dilaksanakan.

    Terlebih untuk misi yang tujuannya ingin mendiami Mars seperti Mars One, sangat perlu keahlian bertani skala antar planet.

    Mars One sejauh ini memang berencana untuk menyemai tumbuhan di dalam ruangan seluas 80 meter persegi menggunakan cahaya buatan. Proyek ini yakin bahwa vegetasi di sana akan berkelanjutan dengan memanfaatkan air dari permukaan Mars dan karbon dioksida yang dihasilkan dari empat awak.

    “Ketika Anda menanam tumbuhan sebagai bahan makanan, karbon dioksida yang dihasilkan dari empat orang tidak akan cukup untuk menjaga tanaman tetap hidup,” tutur teknisi kedirgantaraan dari MIT, Sydney Do

    http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150527100543-199-55948/tak-mudah-bagi-manusia-hidup-di-planet-mars/2

    https://plus.google.com/+NASA/posts/bdT4aMcy71o?pid=6265647026198524178&

  6. wahh… enak tuhh!!! nanti muridnya gak lagi touring ke bali, tpi kliling dunia :d

  7. Kapal laut bangkrut dong

  8. Tapi yang membuat saya bingung adalah, “Negara kita Indonesia dimana? Di mana Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua dan 17000 pulau lainnya?”

  9. Dan apakah manusia masih ada pada saat itu?

  10. wah..hebat bener bisa menjelaskan secara ilmiah tentang pergerakan bumi…salut,namun itu semuakan ilmiah jangan lupa pula dengan KEHENDAK ALLAH…he he he he salut dah

  11. Berarti kiblat tambah deket=bisa ke mekah 1mingu sekali….. . Dan Palestina nyatu ama Eropa..
    Dan kiblat ke UTARA
    Piye iki pak Pesawat bangkrut dong pakdhe? Hehe

  12. terimakasih untuk postingannya 😉

  13. wah kalau bumi masa depan seperti itu menyatu kembali, apa bumi bisa memecah kembali jutaan tahun yang akan datang??????

  14. Serem juga tapi itu atas kehendak allah swt saja dan belum tentu orang yang berusia sekarang bisa hidup 250 juta tahun lagi kita kan gak tau kapa meninggal dunia tapi trims ya infonya ,infonya sangat berguna untuk menyadarkan manusia 🙂

  15. itukan hanya prediksi.jangan-jangan terjadinya ngk smpai 250 jt thn.bisa jadi 25 thn aja terjadinya semua itu.karena ngk ada yang tau apa yang akan terjadi esok dan seterusnya.

  16. pak apa ini akan seperti dulu lagi pak ??

    tolong infonya

    –> Teoritis, akan terjadi siklus peristiwa tektonik dalam 250 juta tahun.

  17. Terus kalau galaksi kita galaksi bima sakti sedang tabrakan akan kah bumi terkena eveknya tolong jawab

    –> Lah wong tertimpa meteor saja ada efek kepunahan Dinosaurus apalagi tabrakan galaksi.

  18. 5 MILIYAR TAHUN MATAHARI KITA AKAN MEMBEKAN DAN SEMUA PLANET YANG ADA DI JALUR NYA AKAN DI TELAN SEMUA TERUS APAKAH BUMI BISA LOLOS DARI ANCAMAN MAUT ITU

  19. Thanks infonya 🙂

  20. Bisa jadi benua menjadi satu karena ada yang bilang “masa lalu adalah cerminan masa depan”
    So, yang penting sekarang ini kita harus memperhatikan lingkungan dan jangan terlalu mengkhayal bumi 250 juta tahun kedepan sedangkan “mungkin” bumi sudah gk aa

  21. Sekarang tahun 2014 keadaan sudah memburuk apalagi 250 juta tahun kemudian. Menurut saya manusia sudah punah karena pergeseran lempeng, gunung meletus, lapisan ozon menipis dan polusi dimana-mana. Sudah gk terlalu memungkinkan kalau air dan oksigen masih ada
    thanks

  22. wahhh serem banget kalo lihat bumi masa depan..
    bagaimana bisa mengetahui bumi i masa depan? kan yang thu hanylah Allah 😉
    terimakasih 😉

  23. Kok balik lagi jadi satu???

  24. yahhh…kl gtu sih maskapai penerbangan ga laku lg yak,hehe..

  25. kok balik lagi ke awal? jadi atu? hm… kek yang NatGeo bilang

  26. Wah Ntar Rebutan batas Negara Lagi Nih Mah, Gawat Bisa Perang !!!! Nich

  27. Like This

  28. DULU DUNIA JADI SATU KENAPA DUNIA PERKIRAAN ESOK MENJADI SATU LAGI YA ?

  29. DULU MENYATU MASA DEPAN MENYATU KEMBALI

  30. Mantap, pengen hidup di 250jt tahun mendatang

  31. wisss asik kayak nnya tu …

  32. Bentar lagi aja dunia mau kiamat,, jangan ngarep sejuta tahun lagi, seratus tahun aja belum tentu dunia ini masih..

  33. daftar ah. Bwt hidup di episode 250 jta th lg… Wkwkwk…

  34. high tech nih….

  35. The animal consumes the apple including the seeds and
    also eventually it comes down out the different end as part
    of manure. Getting your Paleo grocery checklist template together is
    a beneficial idea if your wanting to drop by the marketplace.
    Which meant that the americans during that duration frame consumed a strong eating plan plentiful
    as part of fresh fruits, veggies, meat, nuts,
    roots, and also water.

  36. Reblogged this on serpihanmimpi and commented:
    Bumii masa depan !!

  37. hidup PANGEA !!!!!

    bang, ada lowongan kah?

    perkenalkan saya fresh graduate from UPN Yk, corsa merah geologist juga… hehe….

    salam kenal…

    e-mail:numero7.ron@gmail.com

    thx

  38. mungkin kalau itu trjadi maka manusia akan punah karena adanya tabraka benua benua besar sehingga kota pulau dan bangunan manusia akan hancur. satu satunya cara adalah jika manusia sudah memiliki teknologi yang super canggih lah yang akan menyelamatkan kita seperti mesin waktu bisa ke masa lalu atau peswat angkasa dengan kecepatan super cahaya yang akan mengantarkan kita ke planet yang persis seperti bumi bisa menopang kehidupan seperti planet yang telah di temukan.

  39. nicee..
    saya gk terlalu ngerti geografi, bacanya rada bingung juga,
    but, after all,, nice sharing..

  40. bagi yang mw keliling dunia, iyaa klo msihh hidup d zaman 250 th yg akn datang …

  41. wahh rasanya mau hidup 250 tahun lagi nihhh…………

  42. indonesia ternyata gabung sama negara australia gimana ya

  43. menurut sy semua prediksi ahli geografi salah total, karena dlm jk wktu ribuan th lagi bumi akan dihujani meteor (kiamat), utk merehabilitasi bumi (setelah hancur, kiamat) dibutuhkan sekitar 2 milyar tahun. di situlah alam akhirat digelar. Jadi, 250 jt th yad tdk ada lagi yg namanya benua atau pangea, bumi sedang masa proses perbaikan

  44. Bukannya Indonesia dijajah Belanda selama 3,5 abad atau 350 tahun?

  45. dari pangea kembali menjadi pangea.. 🙂

  46. bagaimana pula dgn pemanasan global yg mana mungkin akan mengakibatkan kecairan ais d kutub hingakan menaikkan paras air laut dan sudah tentu negara2 kecil tengelam ke dasar laut

  47. mantap bangat itu bah…..

  48. Bergerak us ya .

  49. apakah kira2 250 juta tahun lagi indonesia akan menghilang dari dunia ini?

  50. kalo benuanya gabung ke amerika n eropa g usah naik pesawat, tinggal pancal spda
    nyampek deh…!
    cekakakakakak…….!

  51. mana indonesia ko gabung

  52. indonesia kmna kok g ada ??

  53. wkakakaka emng bener bngt ternya ini ya

  54. Indonesia udah kaga ada bro 250 Juta tahun lagi ..

  55. indonesia x kaga ada alias ilang…………

  56. mantap gan .
    thanks yo

  57. wah suatu saat juga bumi kita akan menyatu dengan bulan dan planet-planet lainnya bahkan dengan matahari!?

  58. Subhanallah
    kembali menyatu seperti semula ya..
    terima kasih atas share ilmunya pak..

  59. wah gla bmi yg akan dtng…….kcilllllll bgt;brrti kllink dnia gmpang dunkkk,;

  60. makanye klo pnya bumi tuh hrs dijaga ok…….

  61. ih …ngeri makanyadi jaga buminya

  62. wow …. berarti kita cuma muter muter yach ….
    sebab dahulu kala .. katanya juga pernah ada benua tunggal.
    lalu terpecah pecah …. eeee gak tau nya akan ngumpul lagi.

  63. cara buat bumi masa depan gimana???

  64. ah ini mah belajar plh tapi enak juga

  65. wah………….. keren abis bumi masa depan, mungkin kita bisa keliling dunia naik sepeda hahahahaaaaaaaaaaaaaaaa

  66. pakde….kan di setiap rekahan samudra juga ada kenaikan permukaan akibat tumpukan magma….contonya di hawai, brati akan terjadi benua baru juga,…aku rasa ga serta merta gabung jadi satu gitu kesannya,…itu kan hanya prediksi murni dari pergerakan lempeng besar aja….hehehe…makasi

  67. Bener saya stju kenpa dunia sekarang lebih memajukan senjata kami suka perdamaian bukan peperangan

  68. Lagi-lagi ikut nimbrung nih. aku bukan pakar apa-apa cuma seneng mengamati.

    Kalau dari sisi geologis, semua pendapat mungkin bisa saja terjadi (dari berbagai perhitungan). namun di alam semesta ini yang berperan kan bukan cuma bumi saja, ada bulan sebagai satelit bumi dan matahari sebagai sumber energi serta mahluk-mahluk langit lainnya, yang di sebut meteor, kumpulan galaksi, dll. masing-masing saling mempengaruhi.

    Perilaku matahari, perubahan-perubahannya kan juga berpengaruhi pada bumi (medan magnet, gravitasi, dll). entah kapan bahan bakar matahari hari juga habis (meredup dan akhirnya menjadi lubang hitam yang semua terhisap kedalamnya). apakah hal-hal tersebut juga ikut mempengaruhi pola gerak dari magma bumi yag juga mempengaruhi pergeseran kerak bumi (apalagi dalam jangka yang sangat panjang, ukuran geologis)?

    sebelum kita membayangkan, nantinya bisa naik haji pake motor, atau jalan-jalan ke negara lain dengan jalan kaki atau lainnya, bagaimana kondisi bumi dari pengaruh matahari tersebut? apakah manusia masih bertahan hidup dengan perubahan-perubahan matahari tersebut? karena syarat adanya kehidupan, adanya sumber yang energi pastinya dari matahari.

    Belum lagi kemungkinan bumi dihantam super meteor, yang pastinya akan mempengaruhi bumi itu juga. artinya masih banyak kemungkinan-kemungkinan (prediksi) yang bisa terjadi.

    kalau memang manusia dan peradabannya masih ada, dan prediksi di atas terjadi. apakah mungkin kita juga kembali mengalami jaman es lagi? sehingga hanya di sekitar khatulistiwa yang bisa didiami? mungkin nantinya itu akan menjadi mitos “atlantis ketiga” ketika jamannya lebih jauh kedepannya lagi (atlantis kedua, bisa kita bayangkan beberapa puluh ribu tahun ke depan, yang nantinya mungkin “Poltak” yang mengemukakan teorinya di buku “kripiek kremes” ;)…….. yang mengisahkan tentang jaman kita ini……heheheeee10X).

  69. wah berarti harus diciptakan mesin waktu untuk ngirim orang kemasa depan (pastiin aja :D)

  70. terima kash atzn info ny om…..
    gamsahamidha

  71. terimakasih pak de, smoga bisa bermanfaat dan bertambah ilmu.
    dan semoga bisa membantu murid2 saya.
    maaf kl suntingan saya nantinya, tidak mencantumkan sumbernya.
    semoga tidak lupa.
    sekali lagi terimaksih atas dongeng2nya.
    ditunggu dongen yg lebih seru lagi

  72. terima kasi y pakdhe atas ilmu ilmu nya

  73. Serem ya liatnya

  74. wah..250juta tahun lagi kita bisa naik haji make motor yah…

  75. nanti piala dunia gak usah naik pesawat ya

  76. wah bikin penasaran .
    tapi mungkin 250 juta tahun lagi kita udah ga ada

  77. Bagus analisanya…..

  78. Lho, pak dhe,,,

    Bukannya Samudera Atlantik itu zona divergen, n setiap tahun semakin lebar beberapa cm, tapi kok malah semakin sempit???

    sementara pasifik yang merupakan zona subduksi kok malah meluas???

    Mohon penjelasannya….

  79. 1000 tahun lagi aja minyak dan gas bumi sudah habis. Magma bumi juga sdh habis dimuntahkan semua. Lempengan bumi sudah stabil sumua akibat gempa yg berkali-kali. Manusia di Bumi sdh berjubel, akibat populasi tdk terkendali. Tanah pertanian juga sdh habis. So what. Kun Fayakun.

  80. Blog faforitku.i like it

  81. menarik sekali pakdhe……

  82. jadi penasaran nihh….kira – kira keadaan.a bumi nanti seperti apa y???

    tetap bersyukur kepada Tuhan,karena kita tidak hidup dimasa awal ataupun diakhir dari bumi,,,
    tapiiiii….seru juga yyy,,jadi bisa kelilng dunia..ckckckck:)

  83. berarti indonesia punya empat musim ya?

  84. buat kartu kredit (credit card) dan kredit tanpa agunan (persona loans): Syarat-syarat: (KARTU KREDIT)
    Kartu Kredit

    FASILITAS KARTU KREDIT UOB Buana ANDA
    Luas diterima di seluruh Dunia

    Kartu Kredit UOB Buana Anda dapat digunakan sebagai alat pembayaran di lebih dari 24 juta tempat transaksi dan diterima di 150 negara.

    Fasilitas Kredit

    Anda hanya perlu membayar 10% dari total tagihan Kartu Kredit UOB Buana atau minimal Rp 50.000,-.

    Kredit Tanpa Bunga

    Anda dapat menikmati fasilitas kredit tanpa bunga dengan jangka waktu antara 14-45 hari, yaitu mulai dari saat Anda melakukan transaksi belanja sampai dengan tagihan kartu kredit jatuh tempo.

    UOB Buana One Bill

    Anda dapat melakukan pembayaran rutin bulanan seperti telpon, ponsel, dll. melalui kartu kredit Anda.

    Auto Pay

    Apabila Anda memiliki rekening UOB Buana, Nikmati fasilitas Auto Pay secara gratis dengan memberikan instruksi secara tertulis untuk mendebit rekening Anda setiap bulan pada saat tanggal jatuh tempo tagihan kartu kredit. Anda dapat memilih untuk pembayaran full payment atau minimum payment (10 % dari total tagihan).

    Perlindungan Credit Shield

    Perlindungan keuangan dari kewajiban melunasi tagihan Kartu Kredit Anda dengan membayar premi 0.35 % dari saldo tagihan Anda apabila terjadi kecelakaan atau sakit yang mengakibatkan meninggal dunia. Sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku pada UOB Buana.

    Gratis Asuransi Perjalanan

    Asuransi perjalanan cuma-cuma untuk setiap pembelian tiket dengan Kartu Kredit UOB Buana. Jumlah pertanggungan untuk Kartu Classic sebesar Rp 100 juta dan Kartu Gold Rp 300 juta. Sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku pada UOB Buana.

    Gratis Asuransi Ketidaknyamanan

    Khusus untuk kartu Gold, untuk setiap pembelian tiket dengan menggunakan Kartu Kredit UOB Buana. Anda akan memperoleh penggantian apabila terjadi keterlambatan pesawat, keterlambatan penerbangan lanjutan, keterlambatan bagasi ataupun kehilangan bagasi. Sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku pada UOB Buana.
    Kenyamanan Perjalanan Ke Luar Negeri

    *
    Kartu Kredit UOB Buana menggunakan nilai tukar yang sangat bersaing untuk transaksi di luar negeri.
    *
    Pembayaran paket liburan ke luar negeri dapat Anda cicil melalui fasilitas Flexi Pay.

    Flexi Pay

    Nikmati kemudahan dan kenyamanan fasilitas pembelian barang dengan cara mencicil. Anda dapat memesan produk tersebut sesuai yang tersedia dalam katalog atau brosur yang berlaku.

    Merchandising Service

    Nikmati berbagai penawaran barang-barang yang menarik dari brosur dan katalog dengan beraneka ragam pilihan. Manfaatkan juga cicilan Kartu Kredit UOB Buana untuk barang yang Anda pilih.

    UOB Buana Rewards

    Setiap Rp 1.000,- transaksi belanja Kartu Kredit UOB Buana Anda akan mendapatkan 1 poin UOB Buana Rewards. Kumpul dan tukarkan dengan hadiah yang tersedia pada Katalog UOB Buana Rewards.

    Special Offers

    Nikmati berbagai penawaran khusus dari merchant-merchant Kartu Kredit UOB Buana di seluruh penjuru Indonesia, mulai dari hotel, restaurant, café, spa sampai dengan tempat berbelanja.

    JARINGAN LAYANAN
    ATM UOB Buana

    Dapat digunakan untuk menarik uang tunai. Batas maksimal pengambilan tunai adalah 40% dari kredit limit Kartu Kredit Anda.

    ATM VISA Plus

    Kartu Kredit UOB Buana dapat digunakan di seluruh ATM di dunia yang mencantumkan logo VISA dan atau PLUS untuk pengambilan uang tunai.

    Real Time On Line Payment

    Pembayaran Kartu Kredit UOB Buana melalui ATM UOB Buana yang akan langsung menambah jumlah kredit limit Anda sejumlah yang Anda bayarkan, walau dihari libur sekalipun.

    UOB Buana Call Center

    Segala macam informasi mengenai Kartu Kredit UOB Buana, dapat langsung Anda ketahui dengan menghubungi layanan 24 jam UOB Buana Call Center di 14008 atau (62 21) 23 55 9000.
    untuk pengajuan hubungi
    chairul sarto utomo
    asm Dewi ika
    UOB BUANA JL JEND SUDIRMAN NO 131
    SEMARANG,50000
    VIA SMS 085859467928

  85. kalau boleh ikut nimbrung>>>>

    Kalau demikiaan adanya keberadaan agama agama sekarang tidak berfungsi secara system awal akhir kehidupan dong pakde.
    Karena teory pakde adalah teori evolosi bumi dengan mudah di paparkan berdasarkan saint.

    jadi sebenarnya khidupan alam semesta kita jauh lebih lama dari prediksi kitap suci.

    Mungkin dengan evolusi bumi manusia akan mengalami evokusi juga sejalan dengan konsep relatifitas energi.

    yaitu perubahan materi wujud menjadi energi kalau manusia mampu melakukan.

    Berarti nama tuhan disetiap agama yg di agungkan tidak menjadi penting.

    sehingga tidak merasa benar diantara yg lain.

    lalu konsep alam bertingkat dalam dimensi agama ada koneksinya ga pakde dengan teory pakde terhadap perubahan bumi.?

  86. Comment-2nya pada mantafff semua !

    Kalau kita lihat tentang perkembangan bumi sekian ribu atau juta tahun kedepan dan bersamaan pula pertumbuhan manusia dan mahluk lain seiring teknologi ….. kira-2 hasilnya nanti seperti apa ya…. kehidupan di bumi ini ….. wa kakak !!!!

  87. […] “rasisme”, dan sebagainya. Karena kita ini sebenarnya sedang saling menyatu: baik secara lokasi, genetik maupun budaya. Lebih baik mencari persamaan daripada perbedaan, kan […]

  88. saat ini sudah terjadi global warning kemungkinan besar akan ada dampaknya

  89. kalau 250 tahun akn datang berarti 2012 tidak kiamat dong

  90. blablablablabla

  91. ah tidak mungkin paling bohongan

  92. 2012 aja diperkirakan terjadi pegeseran lempeng bumi….

  93. Pakdhe, gemorfologi dan plate tektonik jelas jauh berbeda. gemorfologi membahas ttng permukaan dan g ada pengaruhnya ma plate tektonik. Kebalikannya plate tektonik sgt mempengaruhi morfologi. Bnr g? Mas mo nanya, knp pergerakan tiap lempeng berbeda, stlh saya liat dl satu benua trus pecah, bsk 250jt thn lg menyatu lg. Jika di perhatikan pusatnya di sekitar timur tengah kemudian ada fenomena medan magnet di suatu daerah di madinah yg bs menarik sebuah mobil. Apakah ada hub nya ma pergerakan lempeng?

  94. wah tubuh kita nanti bakal terkubur di kedalaman bumi ini dan akan jadi minyak / gas ya pak dhe ? dan dieksplorasi oleh cicit2 kita nantinya ?

  95. Yg membuat model ada di refrensi yang aku tulis dibawah (Scotose), sila lihat linknya.
    Peran manusia memang mungkin saja mempengaruhi “morofologi”, tetapi kalau dilihat tingkat kemampuan manusia saat ini , kemungkinan tidak akan merubah perilaku “plate tectonic”. Ntah kalau 200 tahun lagi manusia bisa menghentikan gerakan plate.

  96. Pak dhe,

    Model itu yang bikin syapa?? Kalo kita lihat dari segi tektonik okelah,,,,, Tapi apakah dari sisi anthropologis juga sudah diperhitungkan?? Proses geomorfik yang secara normal berlangsung 50-100 tahun ajah kalo manusia turut campur bisa merubah krono-logisnya… Bisa mempercepat menjadi 5-10 tahun atau juga bisa menghambat menjadi 250-500 tahun… mengingat kemajuan teknologi kita yang cukup pesat…. Itu kata Dosen Gemorfo Analisis saya pak dhe…. Hehe

    Trims..

  97. […] dan sebagainya. Karena kita ini sebenarnya sedang saling menyatu: baik secara lokasi, genetik maupun budaya. Lebih baik mencari persamaan daripada perbedaan, kan […]

  98. setelah baca artikel ini,jadi kenapa bumi sekarang menjadi 5 benua,sedangkan dulu cuma 1 benua,,,
    why????????

    –> Kalau menurut dugaan yang ada adalah adanya kontraksi bumi yang menjadikan terpecah-pecah. Dalam skala waktu yang sangat besar, gerakan plate ini memiliki siklus. Berkumpul-terpencar-berkumpul-terpencar- …

  99. sebatas dongeng kan ???

  100. Ada pergeseran posisi kutub nggak ya pakde…? Kok kabarnya (kalo gak salah denger…maklum agak budeg) dari berjuta tahunlalu sampai sekarang sudah mengalami pergeseran kutub……..

  101. Om… emang pengaruhnya apa kalau 250 juta thn lagi akan ada tubuh air yang terjebak di antara benua2. tlg dijawab. t tunggu lo oooom.
    Trims y om mau berbagi ilmu…

  102. emang bener dulu benua cuma ada 1??

  103. Pak Dhe Rovicky, sebelumnya salam kenal dan met tahun baru ya Pak Dhe.

    Vektor pergerakan lempeng yang diambil dari data GPS khan berasal dari arus konveksi liquid outer core. Apakah vektor pergerakan lempeng bisa mensimulasi perubahan model untuk arus konveksi tersebut, kalo misalkan ada perubahan arah arus karena sifat fisik dari liquid outer core tersebut tentunya akan merubah arah pergerakan lempeng yo to Pak Dhe.

    Salam

  104. Kalo 1 milyar tahun lg kyk g’mana tuh?

  105. Saat ini orang-orang lagi rame membicarakan tentang Pemanasan global dan Perubahan Iklim yang akan mengakibatkan sebagiam besar daratan tenggelam karena lapiosan es di Kutub Utara dan Kutub Selatan mencair dengan cepat, diluar batas kenormalan. Maka bila hal ini terjadi kan bumi makin sempit daratannya dan terpisah-pisah ( bukan makin menjadi satu) oleh lautan. Kalau begitu teori geologi kok berlawanan dengan teori atmosfer? Bagaimana pak De?

  106. teori ini hanya mempertimbangkan tenaga endogen saja ya pak dhe??? tenaga eksogennya belum

  107. gw bingung gimana manusia bs tahu wajah bumi puluhan juta tahun lagi…
    pnggambaran seperti itu blom tentu kebenarannya…
    hanya tuhanlah yg tahu wajah masa depan bumi ..
    jadi sebagai manusia kita harus menjaga baik bumi ini demi kelangsungan hidup manusia sendiri…

  108. Pak Dhe, kok di modelnya atlantic makin kecil? bukannya harusnya atlantic makin luas ya krn batasnya passive margins di amerika, eropa ma africa? Kok ga pacific yg makin kecil pak dhe? batas2nya kan berupa zona subduksi? Satu lagi Pak Dhe, prediksinya kan pake data GPS tuh, setau saya data GPS itu reliable utk jangka waktu prediksi 10.000 tahun saja.
    Nuhun

  109. Pak dhe, mungkin arah pergerakan lempeng dapat berubah ya, juga kecepatannya, karena faktor yang mempengaruhinya pergerakan antara lain, konveksi magma, gaya tarik (dari dalam dan dari luar) serta benda penghambat gerakan terutama ketika lempeng berbenturan (menunjam atau naik)

  110. salam lekum…… 🙂 mo nanya pak dhe…. seandainya…. lempeng-lempeng di bumi itu suatu saat bisa berubah arah pergerakannya dalam beberapa juta tahun mendatang mungkin gak pak dhe ya?? sehingga skemanya bisa berubah… karena menurut yang pernah ku baca lempeng bergerak dikontrol oleh arus konveksi magma…^^ kira-kira pergerakan arus konveksi ini bisa gak berubah sehingga orientasi pergerakan lempeng dapat berubah juga?? soalnya kayaknya polanya gitu-gitu terus, kehadiran keberadaan hot-spotnya juga punya pola yang sama…. apa ada hubungannya dengan perubahan kutub magnet bumi?? kan gak seru polanya terlalu mudah diprediksi… hehe bercanda pak dhe…. salam….

    –> Ya bisa sekali. Arah pergerakan lempeng itu sangat bisa berubah arahnya. Walaupun perubahannya juga bukan dalam orde harian, tapi jutaan tahun juga. Munculnya electro magnetik bumi ada yang memperkirakan karena ada gerakan lempeng tektonik walaupun flips atau pertukaran (pembalikan) kutub-kutub nya masih teka-teki.

  111. Awalnya benua itu satu, dan akan kembali bersatu. Bumi ini berasal dari Yang Satu, dan akan kembali kepada Yang Satu. Gitu kira2 makna terdalamnya ya Pak Dhe.. 🙂

  112. moga2 aja blm kiamat tuh
    juta tahun….bengong kali yah

  113. salam buat Pak Dhe,

    kalo ikutin film 2012, akhirnya benua tinggal 1. Lainnya lautan. Sekarang aja lautan lebih besar dari daratan apalagi nanti ya? harus pada belajar diving nih biar gak kelelep…
    nungguin 250 juta tahun lagi, berapa kali reinkarnasi tuh?
    tapi thanks buat idenya…….kiamat gak kiamat, itu urusan Tuhan bukan manusia….iya kan, pak?

  114. stop global warming

  115. mungkin gini, kalo kita tidak bisa memperbaiki, so jangan merusaknya ^_^

  116. Artikel yang menarik Pak. Saya setuju Pak, ilmu berkembang karena sebuah teori pemikiran yang harus dibuktikan dengan uji analisis secara empiris. Begitu juga dengan evolusi planet kita ini. Gak kaya peramal nasib yang sering muncul di Tipi2, hehehe dengan jargon2 nya…

    Ada suatu konsekuensi memang, Indonesia sering digoyang gempa. Tapi kebentuknya cekungan minyak pun tak terlepas dari lempeng yang dulu nya “jalan-jalan”. Sukses buat karir nya Pak…

  117. eh, maksudku peramal tadi, salah ketik 😆

  118. Wah gambaran futuristiknya mantap Pak! Nice sharing.
    Tapi untuk 250 juta tahun lagi, apa Bumi masih ada? Konon di 2012 saja sudah kiamat. Nah, ngomong-ngomong 2012, bagaimana konstelasi daratan / benua di tahun itu ya? Kalo saya pikir bodoh-bodohan saja harusnya belum akan ada perubahan yang berarti dibanding tahun 2009 ini.
    Bagaimana Pak?

    –> memang dalam waktu dekat peta tektoniknya ngga berubah. Tetapi kalau ada perubahan muka airlaut mungkin bentuk pulau-pulaunya akan berubah karena dataran rendahnya terendam.

  119. Pakdhe, itu vektor gerakan lempengnya di tiap benua apa digambarins ecara global dan gak memperhitungkan lokalitas tertentu ya?

    Saya ambil contoh misalnya lokalitas di Great Rift Valley di Afrika Timur. Bukannya itu sedang dalam proses divergen dan membentuk lantai samudera baru, sehingga dalam beberapa publikasi digambarkan bahwa Laut Merah dan Lembah Retakan ini sudah akan sangat lebar pada 5 juta tahun mendatang sehingga seperti seaway atau selat.

    Mungkin juga perlu dipertimbangkan lokalitas di zona pemekaran lantai Laut Andaman serta vektor2 gerakan di sepanjang sistem patahan besar Sumatera, yang dalam beberapa publikasi juga menampakkan bentuk berbeda dalam beberapa juta tahun ke depan. Ataupun juga zona pemekaran Mayo di Laut Halmahera sana.

    Apakah lokalitas2 kecils emacam ini kemudian bisa diabaikan ?

    –> kalau ngga salah setiap satu titik itu mewakili luasan tertentu. Yang bisa saja tidak hanya satu pengukuran tetapi rata-rata dari beberapa jejaring pengukuran.

  120. uraian pak dhe sudah mantap ditambah lagi dengan tambahan oleh pak wartono tambah mantap jadinya, menarik sekali jikalau jakarta benar benar “ADEM” tapi pak dhe apakah sesar sesar mayor yang ada tetap menyatu atau memisahkan pulau contohnya saja sesar merayu dan opak di Pulau Jawa, serta sesar semangko dan mentawai di Sumatera

    –> Model-model ini lebih banyak memodelkan benuanya. Sedangkan sesar-sesar minornya banyak diabaikan. Bisa saja sesar itu berkembang menjadi major dan memisahkan. Tapi modelnya sangat kompleks tentusaja.

  121. Bentuk Indonesia persisnya jadi kaya gimana ya Pa Dhe? ga terlalu terbayangkan hehe,, terimakasih ya info2nya! saya juga baru pertama kali masukkan comment, setelah lama mengikuti dongeng geologinya.

  122. Like This pakde.. 🙂
    apalagi akhir paragrafnya yg seharusnya bikin kita semua merenung

    “Bagaimanapun semua ini secara alami akan bersatu.
    Kenapa manusia harus selalu beradu
    Tidak saling mengajukan ilmu
    Tetapi kenapa malah mengajukan serdadu”

  123. Ternyata orang indonesia adalah yang pertama yg merantau ke bulan. Namanya Pak Selamet
    http://indobulan.notlong.com./

  124. dulunya bersatu, kemudian bersatu lagi

  125. jadi satu lagi….

  126. Hallo Nyong,
    Manusia paling lama 300 tahun yang akan datang sudah hijrah ke bulan atau planit lain.Karena bumi sudah tidak kondusif lagi.Minimal bumi sudah kiamat ala dongeng agama samawi.
    Tetapi kosmos atau antariksa tidak akan kimat. Yaapaya?

  127. Pak RDP,
    Kok seperti ada penyebutan Bumi tidak lagi punya kutub pada 250 juta tahun lagi. Apa benar begitu? Apakah itu berarti bahwa Bumi tidak lagi berputar (sesuatu yang tidak mungkin terjadi kalau Bumi masih ada (exist))? Jika Bumi masih berputar, ia akan punya poros/sumbu, sehingga ada titik2 dengan kecepatan rotasi nol, dan paling jauh dari ekuatornya. Kalau misalnya Bumi berputar dengan garis poros lurus ke arah matahari, sehingga satu titik kutub terus berhadapan dengan matahari, toh ada titik yang berseberangan yang akan terus-menerus ‘gelap’ dan tentu akan sangat dingin. Kalau Bumi berputar menurut pola seperti yang sekarang, akan ada dua titik terjauh dari ekuator, seperti yang sekarang kita sebut kutub. Menurut pikiran saya, kok akan terus saja punya kutub.
    Salam

    –> Weleh, bukan ngga ada kutub bumi. Tetapi diperkirakan tidak ada daratan di daerah kutub. Semua benua “berkumpul” di sekitar katulistiwa. Kalau mudahnya seperti gasing, benuanya akan berada di tengah-tengah katulistiwa.

  128. waah saya sukaaaa dongeng2nya! lanjuuuttt!

  129. negara-negarapun sudah nggak pakai banyak bendera lagi ya pakde…siapa yang kuat dialah yg bertahan.sudah saling klaim hehehe…indonesia masih ada nggak ya?atau udah ganti nama Austronesia hehehehe

  130. kalo begitu…bumi merapat lagi donk,,kayak zaman dulu..
    Iya ya,,,asyk bisa jalan2 antar benua n ga usah pake psawt.Tp…250 jt thn lgi,Bos!!Lha…..aq udh da d alam mna tuh???
    Itupun kalo bumi msh ada……
    boro2 250 jt thn lg,,skrng za bumi udh tua..udh sering batuk pula!tp mkn tua mkin lincah aja y Bumi ini??Sneng joget2…tp bkin mnsia takut!

    –> Jangan-jangan bumi belum tuwa, malah masih belia. Lagi seneng2nya ndugem dan joget-joget. Kalau cewek lagi kemayu !

  131. –> Wah ini dia. Pak Wartono ini gurunya Pakdhe wektu kuliyah di Geologi UGM dulu.
    Beliau mengajarkan sejarah geologi. Ya jelas masa lalu. Tapi beliau juga bisa mengarang dunia masa depan. Kata beliau Jakarta jadi suejukk !! Hwasyik dunk !

  132. Pak Dhe, ini eyang nambahin sedikit. Berdasar grand scenario tadi, kalau Jakarta msh ada (habis p.Jawa sdh compang camping) maka hawa panas seperti saat ini tinggal sejarah. Kalau masih ada dan tidak tenggelam di bawah laut, Jakarta akan berada pada lintang jauh di selatan, kurang lebih spt Perth sekarang yang berhawa sejuk. Penenggelaman dapat terjadi karena saat itu akan terbentuk Samudera Nova Tethys, yaitu koridor laut yang aneh : menghubungkan Pacific (Panthalasia ??) barat di sebelah timur dengan Pacific timur di sebelah barat. Samudera Atlantik yang sepanjang sejarahnya sejak 1 milyar tahun terakhir buka-tutup, saat itu nanti pas lagi periode tutup. Bumi hanya terdiri dari 2 benua, 1 samudera besar,1 koridor laut dan 1 danau besar (laut) di daerah tropis.

  133. wah,,
    manteb ni pakde,terus update kabar2 terbaru di milis ya Pakde,,
    klo dilihat2 Indonesia jd terjepit jadi satu dari sumatra ampe Irian,,waaaa!!!

    tp ada kah kemungkinan dr suatu pergerakan lempeng2 tersebut mengalami pembelokan pakdhe? ga lempeng2 aja gtu?

    matur nuwun.

  134. baru x ini baca blog ini…lgsg suka. ilmunya banyak bgt yg didapet…makasih yaa pak

  135. artikelnya is the best sir. jadi, 250 tahun lagi benua2 bakal nyatu lagi dong.
    pokoke GEOLOGI mak nyuss!!!

  136. wah arah kiblat akan berubah juga dong…mmh..

    –> kiblah ya ngga berubah doonk. Kan dimanapun anda berada ngepnya ke Ka’bah 🙂

  137. ada ada saja. bentar lagi kan kiamat? 2012…wkwkwkwkkk

  138. wah keren bos….

  139. 250 juta tahun lagi matahari masih bisa tetap bersinar kayak sekarang ga yaah.. mungkin manusianya udah pada pindah ke planet namec. hehe

    –> Kalau menurut Stephen Hawking usia tatasurya masih bisa bertahan 14 Milyar tahun lagi. Matahari merah masih 10 milyar tahun lagi. Ah masih zaaauhh !! :p

  140. Emmm…. mas kok Indonesia hilang 50juta tahun lagi…..

    –> Makanya Indonesia mulai sekarang harus siap-siap “menduduki” Ustrali. Negaranya nanti bernama IndoAustralesia 🙂

  141. Pak Dhe,
    Kutub utara & selatan udah nggak ada khan dalam 50 juta tahun lagi. Terus kalo’ gitu suhu dan temperaturnya mungkin bisa 2x dari yang ada sekarang dong (?). Dan kalau itu 2x, berarti udah nggak bisa ditempatin ama manusia semacam kita2 ini (?), kecuali kita berevolusi…kayak apa kira2 manusia 50juta tahun lagi….???

    –> Tidak ada kutub bukan berarti tidak ada es. Hanya tidak ada benua atau daratan di kutub. Bisa saja ada es kalau suhu bumi tetap rendah. Suhu bumi ditentukan oleh banyak hal, tidak hanya karena tektonik. Saat ini justru diperkirakan akibat efek gas rumah kaca. Gas rumah kaca tidak hanya CO2 tetapi juga CH4 yg justru dampaknya jauh lebih kuat ketimbang CO2.

  142. Bapak-2 and ibu-2 teman teman sekalian,….
    Saya belum pernah ngalami gempa bumi, dan semga engak pernah mengalami.
    Dari gambaran diatas tentang perjalanan bumu 50-100-250 jt tahun lagi,…kira-2 penduduk bumi ada brapa yach ??? dan yang hidup pada masa itu keterunan kit yang ke brapa??? Serta apakah bentuk manusia masih seperti orang-2 zaman sekarang ????

    Rsg
    EAg

    –> Kalau satu generasi itu masih 20 tahun, maka akan menjadi keturunan kita yang ke 12 juta 🙂 …Kalau perkembangan organisme (termasuk manusia) tentusaja akan berevolusi. Atau berubah. Memodelkan biota serta organisme biologi ini akan jauuh lebih kompleks ketimbang memodelkan fisik geologinya.

  143. betul pakhe, melihat apa yg dikemukakan sodara albert, apakah pengaruh dari turun mukanya air laut?? apakah pangea ultima masih terbentuk??
    apa tidak terbenam seluruhnya pakde?? bagaimana nasib dari MOR itu sendiri pakdhe? apakah mati dan menjadi aulacogen seluruhnya??

    –> Menurut model ini, daerah yang sebelumnya disebut passive margin dapat menjadi active margin. Akhirnya lempeng samodra ini seperti diremas-remas

  144. Tapi penggambaran itu belum memperhitungkan faktor naik/turunnya muka air laut ya Pakdhe?

    -> Ya tentusaja diperhitungkan. Tapi coba tengok saja. Benua-benua itu selalu saja sebagai benua. Kenapa ? Karena ada yang tererosi di gunung, namun ada sedimentasi di laut. Gunungnya terangkat, sedangkan lempeng samoderanya menghunjam. Nah akhirnya seimbang lah.

  145. Saya setia mengikuti blog ini dulu saat gempa jogja, lha rumah saya juga rusak je. Apalagi ada suara dang dung dang dung jeglur dari dalam tanah, rasa2nya takut kalo buminya ‘njeglong’. Setelah baca blog pakde Rovicky, jadi nggak takut lagi.
    Tapi dulu nggak sempat ninggal koment, baru sekarang bisa ninggal komentar: ‘menitis ah untuk 250jt tahun lagi, biar bisa naik sepeda ke australi’.

Tinggalkan komentar