Gelombang Cinta dalam Gempa


ag00223_.gif

Gelombang Cinta dikenal di Indonesia sebagai nama tanaman yang meliuk-liuk indah. Gelombang ini sebenernya juga nama gelombang gempa yang gerakannya mengalir di permukaan.

Pergerakan gelombang dalam gempa itu ada beberapa macam seperti yang pernah dijelaskan sebelumnya disini : gelombang gempa yg bikin pusing

:( “Looh, Pakde mosok cinta bikin pusing ?”

Ada beberapa jenis gelombang yang dikenal dalam mempelari gempa. Kita kenal yang utama itu ada 3 yaitu 1. P wave (gelombang Primer), 2. S Wave (Gelombang Sekunder), dan 3. Surface wave (Gelombang Permukaan ini ada dua jenis yaitu 3.a. Reliegh Wave dan satu lagi yang disebut 3.b. Love Wave).

Perhatikan gerakannya  

Gelombang P getarannya sejajar arah pergerakan gelombang, sedangna S Wave

seiswaveanim.gif

Surface Wave yang diatas itu gerakannya naik turun. Tetapi ada juga surface wae yang gerakannya kiri kanan (lateral). Gelombang ini yang dikenal dengan nama Love wave (Gelombang love).

:( “Ah ngga seru Pakdhe. Diterjemahkan Gelombang Cinta saja ya ?”

:D “Ya boleh aja, biar mudah diingat-ingat ya, Thole”

Partikel-partikel bergerak tegak lurus ke arah propagasi (horisontal) dari gelombang tersebut. Kalau diamati gelombang ini karakteristiknya memiliki pergerakan yang mirip dengan gelombang S, yaitu arah pergerakan partikel meda yang dilewati arahnya tegak lurus terhadap arah perambatan gelombang. Yang membedakan adalah  lokasi perambatan gelombang cinta terdapat di permukaan bumi. Dan getarannya secara lateral (mendatar)

Perhatikan gerakan partikelnya, dan arah perambatannya. 

earthquake-l-r-waves-passage[2]

Pohon Gelombang Cinta.

Pohon yang sempat menanjak harganya hingga jutaan ini juga dapat dipakai untuk belajar teori gelombang gempa.

Perhatikan gelombang pada pohon Gelombang Cinta ini dibandingkan dengan alur Gelombang Cinta pada gempa diatas. Di bagian ujung bergelombang kuat, tetapi di tengah batang hampir tidak bergelombang.

Jadi pohon Gelombang Cinta memiliki karakterisktik sama dengan Gelombang Cinta (Love Wave) pada gempa.   

Bacaan terkait :

About these ads

13 Tanggapan

  1. Gelombang Cinta dalam Gempa Dongeng Geologi I was recommended this website by my cousin. I’m not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my trouble. You’re amazing! Thanks! your article about Gelombang Cinta dalam Gempa Dongeng Geologi Best Regards Veronica Cassetta

  2. ternyata ada juga ya pohon gelombang cinta…

  3. ada species gelombang cinta baru dunk

  4. Wah menarik bgt nih artikel kayak Sinetron aja…………Gelombang Cinta Panah Asmara….!!!

  5. Pengalaman sy waktu gempa di Bali tahun1976(?) ,kami baru dipindah oleh dinas ke Denpasar tinggal di sekitar Bandara Ngurah Rai.Waktu gempa kami lari kebelakang rumah ,gempanya besar lebih 7.0 SR. Bunyi berdentingan alat-alat dapur terdengar keras dan pohon pisang-pohon pisang disekitar kami meliuk-liuk tajam . Wah takut bener, namun..kami kan baru menikah , jadi kami berpelukan antara takut dan ttp cintanya makin mantap. jadi gempa ada gelombang cinta benar tepat namanya.

  6. walopun namanya gelombang cinta, g ada cinta klo lg gempa. kalo saya c g trlalu panik sama gelombang/ guncangan gempa. yang bikin saya panas dingin saat gempa adalah gelombang suaranya…

  7. Mantab pak de, artikel ringan tapi pintar. Sangat kreatif dan unik..

  8. Pwave itu compressive (pressure). Sedang Swave itu “shear wave”. Dalam survey seismic explorasi (dengan getaranbuatan) maka alat ukur atau alat deteksinya (reciever) berbeda.

  9. Jadi p-wave itu gelombang longitudinal dan s-wave itu gelombang transversal.

    Tapi saya tidak terlalu mengerti bidang yang dipakai di p-wave.
    Apakah bidang datar atau bidang vertikal.

  10. Pak Dheeee… Saya suka artikel ringan ini :)
    Semoga Pak Dhe sehat selalu di sana…
    Salam semangat selalu

  11. Kalau gelombang patah hati pasti sulit digambarkan..

  12. kalau gelombang patah hati termasuk kategori yang mana pakdhe ??? :D

  13. Pak De efek merusaknya thd bangunan gimana tuh, apa sama saja? trus satuan skala nya apa sama pake reighter

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 6.217 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: