Pemantau Cuaca Indonesia Terkini

Mengamati cuaca Indonesia.

Cuaca adalah adalah keadaan/fenomena fisik dari atmosfer (yang berhubungan dengan Suhu, Tekanan Udara, Angin, Awan, Kelembaban udara, Radiasi, Jarak Pandang/Visibility, dsb) di suatu tempat dan pada waktu tertentu.

😦 Lantas apa bedanya cuaca, musim dan iklim, Pakde ?”

Dibawah ini Animasi berikut ini menunjukkan pertumbuhan dan pergerakan awan. Pada citra ini, awan yang ditampilkan adalah awan dengan suhu puncak lebih kecil dari nol derajat Celcius. Semakin dingin suhu puncak awannya (ditunjukkan dengan warna yang semakin putih) maka semakin tinggi pula potensi terjadinya hujan.

Peta potensi hujan

Potensi hujan di Indonesia diperkirakan akan seperti dibawah ini (daily updated, diperbaharui tiap hari)

Dibawah ini peta Infra Merah (IR).

Citra ini diambil pada pita gelombang inframerah dan menggambarkan suhu relatif/hangat atau dinginnya obyek-obyek yang teramati oleh satelit cuaca. Awan-awan rendah umumnya suhunya lebih hangat dan berada relatif dekat terhadap permukaan bumi dan berwarna biru tua s/d hijau muda, sementara awan-awan bersuhu lebih dingin yang umumnya puncak awannya lebih tinggi berwarna oranye s/d pink terang. Citra inframerah ini sangat berguna untuk mendeteksi awan-awan baik di waktu siang maupun malam hari.

Tentusaja informasi  ini perlu untuk mengetahui curah hujan terkini. Citra ini diperbaharui setiap 6 menit.  Peringatan banjir tentusaja akan dipermudah dengan adanya pengamatan (potensi) hujan ini.

7 Tanggapan

  1. Orang yang malas telah membuang kesempatan yang diberikan Tuhan padahal Tuhan tidak pernah menciptakan sesuatu dengan sia-sia

  2. Mohon maaf Pak Dhe, peta curah hujan Jakarta dan sekitarnya tidak memunculkan gambar. Dimana ya kira2 kita bisa melihat info curah hujan yang up to date ??
    terima kasih

    Ya … Karena proyek harimau adalah riset 5 tahun yg sudah selesai. Shg tidak ada lagi. Tetapi setahu saya bmkg memiliki citra radar hujan jakarta/tangerang.

  3. Menurut BMKG bahwa hasil kesimpulan hujan normal, sesui dengan a. El Nino dan La Nina

    b. Dipole Mode

    c. Sirkulasi Monsun Asia – Australia

    d. Daerah Pertemuan Angin Antar Tropis (Inter Tropical Convergence Zone / ITCZ)

    e. Suhu Permukaan Laut di Wilayah Indonesia.

    Tetapi pemanasan suhu Permukaan laut di ring of fire, apakah sudah dievaluasi? Perkiraan saya, hujan paling lebat setelah Desember 2012. Di Jakarta yang sering banjir Jakarta selatan, dimana kali krukut menjadi semmpit.

  4. kawasan asia tenggara dong mas..hheehe

  5. sangat bermanfaat,Pak Dhe. bukan industri berteknologi tinggi aja yang bisa memanfaatkan, tetapi ibu rumah tangga dan jasa laundry juga. sangat berguna.

    –> Apalagi kalau pembanti sedang mudik begini ya ?

  6. Siiip!

  7. untuk info hujan daerah karangsambung-Sadang mana pak…?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: