Harga minyak mungkin akan semakin tertekan akibat HUTANG !


Si “tukang belanja” terlilit hutang

Ada sebuah ulasan menarik mengenai harga minyak. Yg sekarang menggeret harga minyak kebawah yaotu karena “hutang” ! Sepertinya ancaman munculnya resesi global bisa saja terjadi. Bayangkan kalau perusahaan minyak yang notabene sebagai “pembelanja” menjadi sudah terlilit hutang, siapa lagi yang akan belanja barang ?

screen shot 2016-02-08 at 9.12.05 pm

Hutang perusahaan energi (minyak) terlihat semakin meningkat. Ini dapat memicu perusahaan untuk terus memproduksikan minyak tanpa peduli berapapun harganya. Karena mereka perlu uang untuk membayar hutangnya dimasa lalu.

Sebuah laporan terbaru oleh Jaime Caruana di ‘Bank for International Settlements’ melihat hubungan antara hutang perusahaan dan harga minyak, menemukan bahwa obligasi perusahaan minyak dan gas yang beredar naik dari $ 455.000.000.000 pada tahun 2006 menjadi $ 1,4 triliun pada 2014 sedangkan sindikasi pinjaman untuk sektor ini meningkat dari $ 600.000.000.000 $ 1,6 triliun selama periode yang sama.

Dan baru-baru, utang ini telah berada di bawah tekanan yang cukup untuk membuat perusahaan produser minyak tidak mengurangi produksinya.

screen shot 2016-02-08

Kalau melihat grafik diatas, diperkirakan keseimbangan pasar minyak dunia pada akhir 2016 masih akan terganggu hingga pertengahan tahun 2017.

😦 “Pakdhe, jadi sebenernya ini berita bagus atau berita buruk ?”

😀 “Thole berita yang baik itu harus memberitahukan apa adanya. Baik dan buruk itu perasaan pembaca. Bagi yang mengkonsumsi minyak tentunya berita bagus karena biaya transportasinya turun. tetapi bagi pengusaha produsen minyak bisa berita kurang menarik. Yang perlu dipikirkan adalah, kalau semua enggan membelanjakan uang untuk apa memproduksi barang ?”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: