Lapindo Ngebor Lagi Aman atau Tidak ?


Berita tentang akan adanya program pengeboran Lapindo cukup banyak menyita perhatian masyarakat mengenai keamanannya. Tentusaja banyak yang konsen karena sebelumnya banyak yang meyakini bahwa semburan Lumpur Sidoarjo disebebkan oleh sebuah pengeboran sumur.

😦 “Looh Pakdhe, katanya dijaga ratusan tentara, tentunya aman doonk !”
😀 “Hust, bukan keamanan soal itu, Thole”

Mari kita kesampingkan sejenak penyebab semburan Lumpur Sidoarjo, tetapi apakah pengeboran kali ini perlu memperhitungkan adanya semburan lumpur didekatnya.

porong_2.jpg

Lokasi pengeboran sumur yang akan dilakukan oleh EMP Lapindo, menurut berita di beberapa media cetak berada pada jarak 2 Km dari semburan. Dengan demikian perlu adanya kajian khusus bawah permukaan akibat terjadinya semburan. Apakah lokasi tersebut memang tidak terpengaruh oleh dinamika bawah permukaan selama ini.

Ngebornya sih mungkin tidak akan mempengaruhi gejala semburan. Tapi bisa saja malah sebaliknya, pengeborannya menjadi sulit karena kondisi bawah permukaannya saat ini sangat dinamis. Jadi yg penting, sebelum melakukan operasi pengeboran, Lapindo sudah melakukan kajian bawah permukaan dari “data terbaru” yang diambil setelah kejadian semburan. Karena data terbaru ini akan memperlihatkan kondisi bawah permukaan pasca semburan. Kemudian menjalankan operasinya sesuai planning yg sudah ditetapkan bersama SKKMigas.

😦 “Iya ya Pakdhe, mudah-mudahan aman”

Semburan lumpur dengan volume sebesar itu tentusaja merupakan sebuah dinamika pemindahan volume sedimen seperti yang digambarkan sebelumnya disini yg menjelaskan semburan dan radius efeknya.

wunutPorong

Lokasi sumur-sumur dibawah permukaan, Sumur-2 produksi di Tanggulangin adalah sumur deviasi. Lokasi permukaannnya tidak sama dengan lokasi bawah permukaan seperti di gambar ini.

Banyak hal penting dan strategis dalam pengeboran ini.

Saat ini harga minyak anjlok, seringkali diikuti dengan pembiayaan operasi pengeboran yang juga sedang turun, karena sewa alat2 semestinya juga turun, diharapkan tahun depan saat berproduksi optimal harga sudah naik, sehingga pengeboran saat ini dapat efisien dan menguntungkan. Juga ada beberapa perusahaan yang keluar dari Indonesia dan mengurangi investasinya karena harga minyak yang turun, juga telah menekan harga gas dan harga energi lainnya. Penurunan produksi harus diikuti dengan pengeboran sumur baru. Dengan demikian sumur baru ini diharapkan akan memberikan tambahan produksi gas di dalam negeri.

Masyarakat saat ini sangat khawatir dengan kegiatan migas, khususnya pemboran. Bahkan kalau untuk didaerah tertentu, termasuk terhentinya kegiatan eksplorasi akuisisi data seismik di daratan Jawa Timur. Hingga saat ini, sudah lebih dari 10 tahun, eksplorasi di daratan Jawa Timur ini seolah terhenti, yang notabene merupakan daerah yg kaya migas. Dengan demikian bila pengeboran ini nantinya berhasil dan aman, maka akan mengembalikan atau menciptakan kepercayaan masyarakat akan kemampuan tehnologi dalam mengantisipasi kondisi geologi di Jawa Timur dalam kegiatan eksplorasi dan produksi.

😦 “Mudah-mudahan aman ya Pakdhe. Baik aman dari gangguan tehnis maupun non tehnis”

collapsebpj.jpg

Di lokasi sumur Porong terlihat adanya amblesan yang terdampak hingga radius sekitar 2 Km dengan penurunan maksiumnya 200 meter.Proses ini terjadi tidak dalam puluhan tahun tetapi bisa ratusan tahun yang lalu.

4 Tanggapan

  1. “..bila pengeboran ini nantinya berhasil dan aman..”

    Mungkin masalahnya lebih kepada bila tidak berhasil dan tidak aman. Siapa yang harus menanggung akibatnya? Apalagi, kalau toh laik, kok ya pengebornya yang kemarin-kemarin juga.. Ini seperti mendaulat papa minta saham untuk pegang Freeport (dengan harapan sekarang sudah insyaf).

  2. Hmmmm… adakah alasan yang kuat kenapa kok ngotot mau eksplorasi disitu?

  3. selama menggunakan kaidah dan teknologi yang benar dan maksimal, ane rasa aman2 aja,
    kecuali memang takdir itu sudah urusan yang diatas,
    memang ketakutan pasti ada karena kejadian yang lalu, tinggal bagaimana lapindo, pemerintah dan masyarakat bisa bersinergi dengan baik, agar ini bisa berhasil,,,

  4. semoga aman ya… salam kenal…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: