GeoJek – Geologist Ngojek


GeoJekDidalam situasi sulit saat harga sumberdaya alam yang anjlok saat ini menjadikan pekerjaan eksplorasi produksi sumberdaya alam termasuk minyak, batubara, emas, serta bahan tambang lainnya ikutan terpuruk.
Geologist atau ahli geologi juga harus bisa beradaptasi mempertahankan diri dalam menjalani profesinya.

KREATIF – kunci evolusi.

Fenomena GoJek adalah sebuah usaha gotong royong, dimana mengkoordinir ojek secara virtual untuk mengoptimumkan services terlihat sangat sukses. Membantu pengguna ojek sekaligus meningkatkan produkstifitas pengojek. Ide seperti ini semestinya bisa direplikasi oleh para geologis yang saat ini mengalami kendala sulit akibat anjloknya harga komoditas tambang ini.
Geologis, sudah mengerti bagaimana adaptasi menjadikan banyak sekali spesies yang meneruskan kelangsungannya setelah berevolusi. Pemikiran EVOLUSI juga harus ada pada geologist.

Kalau sebelumnya hanya menjadi pekerja menerima order, sekarang geologistpun harus bisa memilih dan menentukan kerjanya dengan pesanan order dari setiap permintaan. kita perlu Geo-Jek !

Pelayanan ilmu geologi yg diperlukan masyarakat umum itu banyak looh. Apa saja yang bisa diberikan servicenya ?
– Mencari air tanah
– Menentukan lokasi aman dari ancaman/bahaya bencana
– Sertifikasi batu akik
– dll
Juga untuk pelayanan perusahaan
– Evaluasi peta geologi dan pemetaan
– Evaluasi data sumur (log)
– Perhitungan cadangan

Ayo siapa bisa menginisiasi untuk meningkatkan services atau pelayanan ahli-ahli geologi untuk msyarakat pengguna ilmu geologi ?

😦 “Ah Pakde, ini aneh-aneh aja”
😀 “Thole kreatifitas itu dimulai dari ide yang aneh”

Note : Kita namakan saja biar keren dengan sebutan Crowds Economic – pertumbuhan ekonomi yang didukung secara gotong royong, merupakan gejala khusus yang ada di Indonesia. Sebuah negara yang belum tertata secara formal, namun pertumbuhan ekonominya didukung oleh pertumbuhan ekonominya didukung oleh sektor informal dan me-rakyat. Pasar tradisional merupakan crowds economic dibandingkan supermarket yg super maju dan tertata. Fenomena gojek merupakan gejala crowds economic cirikhas di Indonesia.

3 Tanggapan

  1. Pak dhe, saya geologist di kabupaten lombok barat, kami di daerah sudah lama ‘beralih’ profesi..tidak hanya mencari potensi mineral, tapi juga mencari lokasi utk pemboran air bawah tanah, mitigasi bencana melalui pemetaan daerah potensi bencana (geologi), penyusunan draft pengusulan geopark rinjani-lombok, dan yang terbaru adalah menginventarisir potensi batu semi permata (akik)…
    Intinya adalah kita sebagai geologist bisa berbuat banyak bagi kemaslahatan masyarakat.

    Wassalam.

  2. Nice, salut… lanjutkan…

  3. ayo pakdhe… tapi tarifnya jangan kemahalan ya😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: