Ayo Siapkan Menyambut Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 !


eclipseanimationPingin melihat gerhana matahari total ?

Indonesia akan dilewati gerhana matahari total dan bahkan melewati kota-kota besar yang populasi manusianya cukup padat. Kesempatan langka ini tidak boleh dilewatkan ! Sebagai sebuah peristiwa langka tentunya akan menjadi peristiwa yang dapat dijual bila anda “kreatif”. Bagi yang belum berkesempatan menyaksikan gerhana sebelumnya, Insya Allah tahun 2016 bisa menikmatinya. Karena menurut perhitungan akan ada Gerhana Matahari Total – GMT melewati kota-kota besar Indonesia pada tanggal 9 Maret 2016. Ingat-ingat tanggal 9 Maret 2016. Ayo segera pesan hotel dikota-kota yang dilewati gerhana ini di Indonesia.

😦 “Waduh Pakdhe, mosok pesen hotelnya dari sekarang ?” 😀 “Thole gerhana matahari total yg lewat Indonesia belum tentu kamu alami lagi. Perulangannya bisa puluhan bahkan ratusan tahun sekali untuk melewati daerah yang sama. Jangan hanya pesan hotel saja, barangkali kamu mau menyiapkan Special Eclipse Package Tour dengan kapal ?”.

Kota-kota yang akan dilewati gerhana matahari total (GMT) pada tanggal 9 Maret 2016 nanti. Mulai dari Palembang, Palangkaraya, Banjarmasih, Balikpapan, Palu, Suasu, Bolaang, Poh, Ternate dan Kobe (Halmahera). Karena gerhana ini juga melewati lautan, tentunya akan sangat menarik bila ada Wisata Bahari mengikuti alur gerhana. Atau berpayung bulan dibawah gerhana.

Image

Cataatt !! Yang ini jangan sampai lupa 8 Maret 2016, atau 9 Maret 2016 waktu Indonesia

Untuk membayangkannya silahkan tengok animasi peta daerah mana saja yg akan mengalami gerhana matahari total ini bisa dilihat dibawah ini.
SE2016Mar09T[1]

WIB ditambah 7 Jam

Gerhana matahari total tahun 2016 memang akan menarik untuk menjadi pengamatan. Selain adanya keindahan dibalik keanehan, sesuatu yang jarang terjadi.

Bagaimana cara melihat gerhana matahari dengan aman ? Silahkan baca tulisan sebelumnya disini : Melihat Gerhana Matahari Catat tanggalnya ya .. !

Bagaimana gerhana matahari itu terjadi ?

Eclipses_solares.en[2]Gerhana matahari itu terjadi akibat bulan berada segaris dengan matahari, sehingga cahaya matahari tertutupi oleh bulan. Disebelah kanan ini grafis yang memperlihatkan bagaimana bulan menutupi matahari. Ketika bulan lebih dekat ke bumi maka matahari akan tertutupi sepenuhnya yang menyebabkan gerhana matahari total di tengah (A), dan gerhana sebagian di pinggir (A). Sedangkan pada saat bulan agak lebih jauh, maka bulan akan berada ditengah cahaya matahari yang menyebabkan gerhana matahari cincin di bagian tengah (B), dan terlihat gerhana sebagian di pinggirannya (C). Gerhana tanggal 9 Maret 2016 ini merupakan gerhana matahari total (Total Eclipse). Sedangkan gerhana matahari cincin terjadi saat Bulan berada jauh dari bumi sehingga piringannya terlihat kecil dan tidak dapat menutupi seluruh lingkaran matahari. Piringan matahari yang tertutup oleh piringan Bulan hanya bagian tengahnya saja, sehingga bagian pinggir matahari tidak tertutup. Oleh karena itu piringan matahari akan terlihat dari muka bumi seperti lingkaran cincin yang bercahaya. Pada tanggal 15 Januari 2010 terlihat seperti gambar kanan, tetapi di Indonesia hanya teramati pinggirannya saja seperti gambar C. Peristiwa gerhana memang saat ini mudah sekali diramalkan karena pengetahuan astronomi sudah sangat berkembang serta alat-alat pengukuran dan pengamatannyapun sudah semakin canggih.

Apa dan siapa yang dapat mengambil keuntungan ?

Tentusaja peristiwa langka ini harus dimanfaatkan dengan baik. Kejadian ini selain memiliki sisi keunikan dan keindahan, juga diperkirakan kelangkaan yang sangat mungkin akan mempengaruhi perilaku hewan, serta penelitian-penelitian lainnya sangat menarik untuk dilakukan. Ingat melihat gerhana matahari harus memperhatikan kemampuan mata. Cara melihat gerhana Matahari yang aman ada di link diatas itu.

😦 “Wah melihat matahari langsung juga berbahaya kan, Pakdhe ?” 😦 “Pada saat matahari tertutup total maka akan gelap, pupil atau diafragma mata itu terbuka penuh. Nah, pada saat matahari kembali keluar dalam waktu yang sangat singkat jumlah cahayanya melebihi kemampuan mata. Sehingga dapat menyebabkan kebutaan”.

Bacaan terkait :

9 Tanggapan

  1. Jogja, hanya sebagian namun sangat indah, jadi tidak bisa membayangkan merasakan GMT 100%😀
    Hanya bisa melihat siaran ulang di media sosial.

  2. ada gak gerhana yg tujuan jakarta?
    klo ada dimana dan berapa ongkos nya?
    hee..

  3. Moga aja berpaat

  4. beneran ya? okay deh aku tunggu.. sampit, palangka raya

  5. mohon maaf ralat pakdhe, itu bukan “Suasu” tapi “Sausu”, salah satu kecamatan di kab. Parigi, Sulawesi tengah. Nice info pakdhe

  6. Gerhana bulan tersebut, nek jika dilihat dari gunung Dieng kira-kira bagaimana ya Pakde ..apakah bisa terlihat jelas.

  7. “Karena gerhana ini juga melewati lautan, tentunya akan sangat menarik bila ada Wisata Bahari mengikuti alur gerhana. Atau berpayung bulan dibawah gerhana.”

    Waaah kalo memang benar ada wisata seperti itu, pasti seru banget!!

    Ngomong-ngomong, pas di awal tulisan ada kalimat ‘melewati kota-kota besar’, rasanya udah pede pengen tandain 9 Maret untuk gerhana, trus pas liat ilustrasinya kalo jalur gerhananya ga lewat Jakarta, jadi sedih. Beneran ga lewat Jakarta nih?

  8. Wah harus planning cuti nih ke Palembang. Sayang untuk dilewatkan.

  9. Waduh sayang Pakde, gerhananya tidak lewat Sorong.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: