“Belajar dari yang lebih muda”


GamerBecomeDriller

Gamer Become Driller

Satu hal yg sulit dilakukan orang adalah belajar dari anak buahnya, atau belajar dari adiknya, atau bahkan belajar dari anaknya. Sangat sulit dan gengsi belajar dari pengikut atau belajar dari generasi penerus.

Kita lebih sering dicekoki dengan kata-kata “belajarlah dari sejarah“. Belajar dari sejarah bukan hal buruk, tentu saja. Dengan mengetahui masa lalu yg suram dan cerah kita bisa memilah jalan yang akan dilalui nanti. Belajar dari orang sebelum kita termasuk orang tua kita adalah bekal dalam perjalanan. Namun belajar dari orang setelah kita termasuk adik dan anak kita adalah ilmu dimasa depan.

Namun perjalanan kita tidak utk kembali ke masa lampau, kita hanya akan berjalan kedepan, kita berjalan untuk menyongsong nanti, besok pagi, minggu depan, bahkan sepuluh tahun ke depan. Yang perlu diketahui adalah masa depan bukanlah hal masa lampau yg diulang, waktu berubah, lingkungan berubah, bahkan kita sendiripun akan berubah.

Nah siapakah yang akan memimpin atau mengontrol jalannya dunia dimasa depan ?

Ya adik-adik kita dan anak anak kita. Merekalah yang akan menjadi pemimpin masa tahun depan dan masa yang akan datang. Merekalah yg akan menentukan bagaimana cara hidup dimasa depan.

Dulu saya tidak tahu bagaimana menggunakan “mouse“, tapi tengok anak-anak usia SD sekarang sangat piawai menggunakan “joystick“. Alat kontrol joystick ini bisa jadi akan merupakan alat kontrol kendaraan kita dimasa mendatang, mungkin bukan lagi “steering wheel“.

Jadi kenapa malu belajar dari adik-adik dan anak-anak kita ?

😦 “Kalau gitu Pakdhe ke sini, Dhe. Belajar main Nitendo ke saya !”
😀 “Siwalan !!! Tole, Aku pancen lebih suka jadi murid yang belajar, ketimbang menjadi guru yg menilai”

Inilah salah satu alasan kenapa saya memberikan kesempatan pada anak saya menggunakan gadget walau masih kecil. Dan ingat tentusaja jangan lupa akan ada konsekuensi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: