Laut Yang Berubah Merah ! Bukan Kutukan tetapi BERBAHAYA !


Air tiba-tiba berwarna merah darah !

Air tiba-tiba berwarna merah darah !

“Tahukah kamu bahwa alga ini menjadi sumber minyak bumi ?” Berita laut memerah sering kita lihat didaerah pantai, termasuk yang terjadi di Pulau Ai, Kepulauan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, di mana air laut tiba-tiba berubah warna jadi merah seperti darah. Warga setempat dibuat heboh dengan fenomena air laut berwarna merah darah ini, yang tiba-tiba muncul pada hari Minggu (21/6/2015).

😦 ‘Lah iya siapa ngga kaget melihat air berwarna merad darah begini Pakde ?” 😀 “Ini gejala yang banyak teramati di beberapa tempat. Bukan kutukan, tetapi bisa berbahaya !”

Organisme bersel tunggal yang sedang mekar !!

Gejala laut berwarna merah ini sering dijumpai didaerah pantai (air laut) maupun di air tawar. Memang secara ilmiah diketahui dengan nama Algae Bloom (ganggang mekar), Layaknya bunga saja, namanya algae bloom (ganggang mekar). Biasanya hanya satu atau beberapa spesies fitoplankton yang terlibat dan beberapa terlihat mekar (blooming) dapat diamati dengan mudah karena adanya perubahan warna air yang dihasilkan dari kepadatan sel berpigmen yang cukup tinggi. Karena hal ini cukup berbahaya maka disebutkan sebagai Harmful Algal Blooms, atau HABs. Meskipun tidak ada ambang batas yang diakui secara resmi, ganggang dapat dianggap mekar pada konsentrasi ratusan hingga ribuan sel per mililiter, tergantung pada spesies penyebab. Namun pada saat konsentrasi pe-mekar-an alga ini bisa mencapai jutaan sel per mililiter. LautMemerahMalukuAlga adalah salah satu jenis organisme bersel tunggal, ada juga yang bersel banyak. Organisme ini memiliki pigmen atau dulu sewaktu sekolah dikenal dengan “zat hijau daun”. Sehingga warna yang teramati bisa saja terlihat berwarna hijau, coklat kekuningan, atau merah. Jadi yang anda lihat itu sebenarnya bakteri (cyanobacteria). Nah tentunya tahu kan kalau itu juga bisa berbahaya Mendengar “bakteri” tentunya mengkhawatirkan. Iya jelas karena bakteri ini bisa berbahaya bila masuk tubuh manusia.

😦 “Ooh jadi ini bakteri ya Pakde ?” 😀 “Ya dalam kehidupan sehari-hari bolehlah disebut bakteri. Tentunya bisa menyerang ikan, dan akan sangat berbahaya bila ikannya dikonsumsi, Thole !”

Fenomena alam biasa atau terpicu kegiatan manusia ?

GreenAlgae

Kadang berwana hijau kalau yang mekar ganggang hijau

Organisme bersel tunggal ini sulit ditentukan apakah binatang atau tumbuhan. Seperti hewan tetapi masih memiliki pigmen-pigmen warna (zat hijau daun). Sehingga ada juga yang menyebabkan warna airnya menjadi kehijauan. Tidak diketahui secara pasti mengapa tumbuh mekarnya bakteri ini. Namun akhir-akhir ini sering dijumpai ditempat-tempat yang banyak dipergunakan untuk membuang limbah. Banyaknya nitrogen dalam material limbah ini sering dijumpai saat terjadinya pertumbuhan alga (gangggang) yang ekstrim tinggi ini. Inilah yang dicurigai bahwa timbulnya wabah ganggang (Harmful Algal Blooms, atau HABs). Namun tidak jarang dipantai yang sebelumnya bersih tiba-tiba muncul warna aneh yang disebabkan oleh timbulnya algae ini.

minyak-1[1]

Terjadinya minyak bumi !

😀 “Thole, kamu tahu nggak, kalau sebenarnya banyak minyak dan gas bumi di dunia ini dulunya adalah endapan-endapan alga atau ganggang ini ?” 😦 “Oh iya, Pakde pernah cerita disini ya ?”

Walaupun memang diyakini banyak ahli perminyakan proses ini juga pernah terjadi dimasa lampau, dan mungkin tidak berhubungan dengan aktifitas manusia, yang penting bila ada kejadian seperti diatas HINDARI mengkonsumsi airnya dan juga hasil lautnya. Karena yg disebut algae/ganggang ini sejatinya BAKTERI !

😦 “Pakde, harus kasih tahu bu Susi, Menteri Kelautan doonk !” 😀 “Ayo Dik Susi. Monggo nelayan diingatkan untuk tidak melaut dulu bila ada gejala ini !” 😦 “Wah Pakde mentang-mentang kakak kelasnya di SMA Teladan terus manggilnya Dik Susi”

Tulisan terkait :

11 Tanggapan

  1. Apakah Maluku nanti masih ada ketika alga2 itu “matang” menjadi minyak bumi? Hem..
    Terimakasih pakde, menarik😀

  2. kalo membaca uraian yang lengkap ini, saya jadi kasian sama orang yang ga bisa lolos tes buta warna. bayangkan saja, hanya karena ga bisa membedakan warna dalam buku ishihara, mereka ga bisa masuk kerja.

    Regards,
    Didit

  3. Kalau foto ini kejadiannya di kotaku ; Bontang, karena ada org nyuci kaleng bekas cat warna merah

  4. kaya darah ya gan

  5. Yg saya baca disini terjadinya di laut. http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/06/penyebab-air-laut-maluku-tengah-berwarna-merah Ntah mana yg tepat. Perubahan warna dalam skala besar begini biasanya HABs. Namun kalau masyarakat hanya diberitahu sebagai algae/ganggang mungkin alan berbeda kalau diberitahu bahwa itu sebenarnya BAKTERI. spy lebih waspada.

  6. Hmm, ada beberapa hal nih pakde.
    1. Gambar² yg ditampilkan itu bukan di laut kan ya? Kayaknya air sungai/got yg merah karena pencemaran apa gitu. Yg di laut di Maluku saya udah liat fotonya.
    2. Algal bloom penyebabnya beragam, tapi yg sering recognized sebagai harmful adalah alga dari jenis yg ga punya klorofil. Alga berklorofil (klorofil = zat warna hijau biasa terdapat pd tumbuhan) memproduksi makanan sendiri seperti tumbuhan biasa. Alga jenis ini, termasuk contohnya fitoplankton, kayaknya bahayanya kalau blooming lebih ke organisme lautnya aja (nutupin cahaya matahari), bukan ke manusia. Bagi manusia ga masalah. Fitoplankton malah jadi alat ukur kesuburan laut.

    Tapi kalau yg ga berklorofil kan ga bisa bikin makanan sendiri, maka ia akan mengambil makanan (unsur hara) yg udah jadi di sekitarnya. Kalau unsur haranya buanyak (terutama kalau ada pencemaran), maka populasi alga tak berklorofil ini akan meningkat dan terjadilah harmful algal bloom. Ini yg berbahaya, karena hidup di kawasan tercemar ia ngambil zat berbahaya seperti timbal atau merkuri. Si alga sih ga kenapa², tapi hewan yg makan alga itu jadi keracunan logam berat dan mati, terus ke rantai makanan berikutnya termasuk manusia.
    Contoh kasus yg ini adalah red tide (pasang merah), yakni laut jadi merah karena banyak alga jenis dinoflagellata yg muncul. Ini bahaya, ga boleh makan hasil laut yg sedang blooming alga merah. Ratjun!

    CMIIW

  7. Penjelasan yang bagus Pakdhe, tidak semua yang “aneh” di alam disangkut pautkan dengan hal hal mistis. Dan yang buat seger kalo baca blog Pakdhe itu, selalu diselipkan humor di dalamnya😀 , jd gak bosen bacanya. Terimakasih atas postingannya🙂

  8. wah kelihatan serem gan.
    Tapi… nice infonya

  9. berati perlu di teliti sering terjadi pada bulan apa dalam suhu berapa air laut dsb. Terimakasih pengetahuannya

  10. Artikel bagus mas. Namun ada sedikit koreksi mas dari saya.. hehe. Menurut saya, terjemahan “algae bloom” bukanlah ganggang mekar, tapi lebih tepatnya ledakan populasi alga.. hehe

  11. Pa menurut saya agak kurang tepat kalau dibilang bakteri. Lebih baik dibilang alga saja pak agar tidak menimbulkan salah pengertian. Lalu kayanya menurut saya agak tepat kalau ganggang diatas masuk ke rhodophyta (CMIIW). Nice info pak. Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: