Animasi Perjalanan Benua India Menubruk Eurasia


CrossSectionHimalayaPenubrukan Benua India ke Eurasia yang menyebabkan pembentukan Himalaya ini menjadi penyebab utama gempa-gempa disepanjang pegunungan teritinggi didunia ini. Perjalanan India sebenarnya cukup jauh. Karena Benua India terbentuk ketika India masih berada di Selatan Katulistiwa. Bahkan mungkin mendekati kutub selatan saat itu.

😦 “Walah Pakdhe, India bisa-bisanya berada di selatan kemudian keutara sampai nabrak Aurasia. Dulu sempat muter-muteri tiang juga ya, kayak penari India itu ?”

😀 “Emangnya Kutchi-Kutchi Hotahe ?”

Perjalanan India ini telah digambarkan dalam animasi menarik oleh seorang ahli tektonik Asia Tenggara bernama Robert Hall, yang mengepalai grup riset di Inggris. Animasi itu digambarkan seperti dibawah ini.

Pada awalnya India merupakan bagian adri benua Gondwana disebelah selatan Katulistiwa. Benua India mulai terbuka dan terpisah dari Australia Sejak Akhir Jura menabrak Asia pada jaman Cretaceous. Tubrukan (collision) terjadi sejak 110–90 Ma dan menunjam dibawah Sundaland terhenti sejak 45 Juta tahun yang lalu. India dan Australia terpisah sejak  90–75 juta tahun lalu. Subduction atau penunjaman terus terjadi hingga 45 Juta tahun lalu saat Benua Australia bergerak keutara. Hingga saat ini diselatan Jawa dan Sumatra masih terjadi subduksi, sedangkan di utara India terjadi tubrukan (collision) membentuk Himalaya.

TatananTektonikAsia

😦 “Pakde, itu sepertinya zona tubrukan di Himalaya kok menerus sampai di Zona Subduksi di Selatan SUmatera-Jawa. Apakah gempanya bisa merembet ?”

😀 “Yang penting selalu waspada, Thole”

Perjalanan Benua India ini meninggalkan jejak dimana jejak-jejak ini beruba garis memanjang yang juga menjadi pusat gempa, bahkan terjadi gempa menarik yang pernah terjadi di selatan Aceh pada 11 januari 2012 dan 11 April 2012. Kedua gempa ini pada tempat yang berdekatan namun arah bergeraknya berkebalikan seperti gerakan kaki mau kir-kanan bergantian.

ninetyeastridge[1]

Tulisan terkait :

Satu Tanggapan

  1. sudah begitu dunia, jadi kita jangan punya rasa sombong, krn kt semua bukan apa – apa, hanya singgah sementara didunia, banyak – banyak berdoa, tingkatkan amal ibadah kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: