Nepal, Negara Diatas Tubrukan Dua Lempeng Benua.


NepalQuakeApril2015Hari Sabtu kemarin kita mencatat sebuah gempa besar di dalam rangkaian gunung Himalaya di Nepal. USGS mencatat gempa ini memiliki kekuatan Magnitude 6.7 dengan kedalaman hanya 16 Km. Gempa ini menewaskan lebih dari 1800 orang. Menurut USGS (Pusat Survey Geologi Amerika), pusat gempa terletak di area antara Ibu Kota Kathmandu dan Kota Pokhara. Namun, gempa dapat dirasakan hingga negara tetangga, seperti India, Bangladesh, Tibet, dan lereng Gunung Everest.

😦 “Ikut phihatin, Pakdhe Semoga segera tertangani dengan baik”

Nepal merupakan negara yang merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Himalaya.

Pegunungan Himalaya merupakan zona tubrukan antara Kerak Benua India dengan Kerak Benua Asia.

TatananTektonikAsia

Peta Tatanan Tektonik Asia secara sederhana

Gempa Nepal ini bagi para ahli geologi yang mengerti cerita perjalanan India tentunya mudah dimengerti.Tubrukan India dengan Asia terjadi sekitar 10 juta tahun yang lalu. Artinye gempa yang terjadi dengan mekanisme seperti yang terjadi kemarin itu sudah dimulai sejak 10 juta tahun yang lalu.  Ya, Pegunungan Himalaya yang ada di Nepal ini merupakan hasil tubrukan benua India yang berjalan dari selatan seperti yang digambarkan dibawah ini.

jejak-perjalanan-india[1]

Benua India yang merupakan bagian dari Benua Pangea, sekitar 70 juta tahun lalu mulai bergerak ke utara dan menubruk Asia sekitar 30 juta tahun lalu. Saat itu diperkirakan awal mulai terangkat dan terbentuknya pegunungan Himalaya. Hingga sekarang.

Perjalanan India menubruk Asia ini dimulai sejak 71 juta tahun yang lalu. Perjalanan Kerak Benua India ini dapat diikuti dari jejak-jejaknya yang dikenal dengan nama Nintyeast Ridge, atau Punggungan 90 derajat Bujur Timur. Lihat gambar diatas.

😦 “Pakdhe, jadi gempa ini disiapkan oleh India yang berjalan cepat sejak 70 juta tahun yang lalu ya ?”

😀 “Benua India sendiri merupakan bagian dari Benua Pangea sejak 200 juta tahun lalu Thole. Tapi mulai bergerak sejak sekitar 70 juta tahun lalu yang akhirnya menubruk Asia sekitar 30 juta tahun yang lalu. Membentuk Pegunungan Himalaya”

Perjalanan kerak India ini merupakan pergerakan kerak tercepat yang tercatat sejarah geologi. Ketika menubruk Asia, terjadilah tubrukan besar. Benua India yang merupakan bagian dari Benua Pangea, sekitar 70 juta tahun lalu mulai bergerak ke utara dan menubruk Asia sekitar 30 juta tahun lalu. Saat itu diperkirakan awal mulai terangkat dan terbentuknya pegunungan Himalaya. Hingga sekarang !.

Tubrukan dua benua inilah yang menyebabkan gempa Nepal pada hari Sabtu 25/4 lalu.

Tulisan terkait :

Jejak perjalanan tektonik : Plate India

3 Tanggapan

  1. Pak Esa Nugraha, karena ada “gaya” dari arah utara dan selatan. Mengapa timbul “gaya”? merupakan mekanisme alam Bumi dalam rangka mencapai kondisi keseimbangan, istilah fisika ne opo yo?

  2. up to date, informatif sesuai dengan bahasa dongeng. Terima kasih Pak Rovicky

  3. wow, pertanyaannya: kenapa lempeng bisa bergerak secepat itu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: