Harga minyak anjlok : Siapa untung, siapa buntung ?


Sebelumnya pernah ditulis di dongeng ini “Bagaimana kalau harga minyak 20$/bbl?” bahwa harga minyak rendah itu justru menguntungkan Amerika. Padahal kita tahu itu peperangan antara Sheik vs Shale. Walaupun shale oil (gas) terpukul namun secara luas Amerika beruntung.

Tulisan atau artikel terbaru dari Bloomberg (15 April 2015) juga mengiyakan bahwa Amerika beruntung termasuk juga negara-negara Asia. Secara global dunia beruntung namun keuntungan ini tidak merata bahkan ada region yang untung besar dan ada yang tung sdikit bahkan tidak sedikit yang merugi.

WhoWinLoose

(Sumber : Bloomberg 15 April 2015)

Yang beruntung tentusaja adalah negara-negara net importir minyak sedangkan yang rugi adalah negara-negara peneksport minyak. Indonesia termasuk negara net importir minyak. Maka sudah semestinya secara nasional Indonesia juga beruntung dengan turunnya harga minyak ini.

😦 “Tapi Pakde, kenapa BBM di Indonesia malah naik ?”

Amerikapun suka cita dengan hal ini !

Tidak sedikit yang mengira anjloknya harga minyak ini akan mematikan Amerika ketika usaha shale gas dan shale oilnya colaps. Dan memang benar barangkali yang terpukul adalah “pengusaha” minyak. Tetapi secara umum rakyat Amerika akan mengambil keuntungan lebih besar dengan pertumbuhan ekonomi bertambah GDPnya 0.7%, jauh diatas dampak positip dari Indonesia. Jadi jangan terburu-buru menganggap bahwa industri minyak ini didominasi Amerika dan akan membuat Amerika merana dengan anjloknya harga minyak.

Indonesia semestinya memanfaatkan turunnya harga minyak ini dengan melakukan intensifikasi transportasi. Murahnya biaya transportasi dipercaya sebagai penyebab mengapa dunia juga memiliki pertumbuhan yang lebih bagus ketimbang harga minyak tinggi.

Bahkan makananpun lebih murah !

Sebuah riset yang dilakukan IMF menunjukkan bahwa hubungan antara harga minyak dan harga makanan menunjukkan bahwa ada korelasi positip. Artinya ketika harga minyak naik, maka harga makanan juga naik, ketika harga minyak turun maka harga makanan juga turun.

Food_price_index_vs_Curde_oil_price[1]

😦 “Tapi Pakde, kenapa harga beras malah kemarin naik ?”

Variasi atau ketidak merataan keuntungan dan kerugian ini cukup menarik bila dicermati. Di Asia pun negara pengeksport minyak diperkirakan oleh Bloomberg akan merugi karena nilai eksportnya berkurang. Tentunya ini mengurangi net pendapatan dari pengusahaan minyak.

Gambaran dunia kita bila harga minyak 40$

Gambaran dunia kita bila harga minyak 40$

😦 “Iya Pakdhe, tetapi kenapa BBM di Indonesia naik ?”

Keekonomian di Indonesia ini perubahannya kurang gesit dibandingkan negara-negara lain. Perubahan harga minyak memang menjadi patokan dalam berbagai komoditas. Gambar dibawah ini memperlihatkan lambannya perubahan harga BBM bersubsidi terhadap fluktuasi harga minyak mentah dunia yang mungkin menjadi kunci saiapa yang akan mengambil keuntungan tercepat dalam situasi ketidaktentuan harga minyak.

Crude_BBM

Pola reaksi perubahan harga BBM subsidi di Indonesia terhadap harga minyak mentah dunia. Gambar ini mengabaikan nilai kurs maupun inflasi mata uang rdp.

😦 “Jadi, kenapa BBM kita malah naik Pakde ?”

🙂 “Coba tengok gambar diatas Thole. Lambannya perubahan harga BBM ini disebabkan karena adanya pasal khusus dalam UUD dimana Pemerintah harus “mengendalikan komoditas”. Namun perubahan dunia tidak akan mampu diantisipasi sebuah pemerintahan yang sangat super birokratis”.

Paling tidak ada dua cara utama untuk supaya lebih “cekatan” dalam mengantisipasi perubahan dunia.

  1. Diputuskan dengan tangan besi
  2. Menjadikan bagian dari mekanisme pasar (liberalisasi)

6 Tanggapan

  1. yang buntung ya masyarakat pak..🙂

  2. kalo mikir siapa yg untung dan buntung cape juga, lebih enak “persiapkan diri agar tidak merugi”..hehehehe

    pakdhe mau tanya tentang emas, apakah di indonesia sudah tidak ada lagi cadangan emas ya?kayana di indonesia yg terdengar cadangan emas terbesar itu hanya di freeport sama newmont saja…sekali2 dongeng tentang emas dong pakdhe..hehehe nuhun

  3. mantap banget ini infonya🙂 , nice info mas

  4. mungkin butuh kerjasama semua elemen biar indonesia berkembang secara cepat dan signifikan terutama kepekaan dalam berbagai hal problematikan negara

  5. saatnya ada gerakan dari masyarakat, untuk bergandeng tangan bersama-sama membangun ekonomi dengan kreatifitasnya, tidak juga selalu melimpahkan masalah kpd pemerintah. kl ini tercapai indonesia lokhjinawi.

  6. informatif pak…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: