Raport anak buruk ? Jangan Khawatir !


D i usia setengah baya begini saya seringkali mengamati teman-teman yang dulu sering bersama main sepakbola, main benteng, main tembak-tembakan hingga teman belajar bersama, teman sekelas ataupun satu sekolahan. Mengamati dan mengingat teman sekolah dulu selalu menjadi bahan pembicaraan terutama kalau reuni …  ya reuni ! …

Ada pengamatan unik dari beberapa teman saya. yaitu tidak selalu yang dulu SMAnya berbintang akan terus berbintang selamanya, walaupun ada juga sih. Ada yang dulu mendung kelabu sekarang indah cemerlang. Jadi janganlah terlalu risau kalau punya anak yang disekolah sekarang ini belum berkilau, juga jangan dulu puas kalau anak sudah juwara kelas.

Kita memang tidak pernah tahu seperti apa nanti anak-anak kita, kita juga tidak pernah mampu memberikan korelasi antara masa kecil dengan saat dewasa kelak.

BOSEN SEKOLAH !

Yang paling penting dalam rapot ini dan selalu saya ingat bukan angkanya tetapi pesan pak guru, "Belajarlah lebih tekun !"

Yang paling penting dalam rapot ini dan selalu saya ingat bukan angkanya tetapi pesan pak guru, “Belajarlah lebih tekun !”

Ada satu keluhan dari teman yang dulu SD-nya juwara, SMP-SMA cemerlang tetapi saat ini kok ya biasa saja, walau bukan berarti merana. Ketika ditanya “Aku wis bosen sinau (belajar) wektu masuk kuliah. Sehingga kuliahku lama dan agak susah cari kerja ketika lulus sarjana”.

Temen lain ada yang saat ini terlihat sukses berkilau berbintang, padahal dulu sekolah SD sampai SMA nilainya biasa saja, tidak pernah juara. Tetapi dunianya terbalik ketika kuliah IPKnya ngaudubillah hampir kumlaut. Ketika cerita ternyata dia suka sekali dengan kuliah sastra. Dulunya di SMA jurusan IPA.

Sepertinya memang ada saat cemerlang selama hidup manusia. Kita tidak pernah tahu, tetapi cemerlang diakhir kehidupan sepertinya jauh lebih menyenangkan.

Ada masa kejayaan setiap orang …. yang terpenting menjaga kejayaan itu menjadi waktu yang paling optimum dalam berkarya dan berguna untuk orang lain. Silahkan dishare supaya jangan lupa besok sewaktu “week end” tetap bisa menikmati ya !

7 Tanggapan

  1. hahahha pakdhe mengenang masa lalu ya wkwkwkkwkw, tapi setuju pak dhe gaspollll

  2. Terbaik memang pak de ini

  3. ya biasanya sih katanya kalo mau sukses itu harus berusaha dan biasanya pasti akan sukses. tapi yang mempertahankannya yang sangat sulit..🙂

  4. Benar juga bro.anak yang masih kecil tidak bisa jadi nilai acuan untuk masa depannya.

  5. Yang sering menjadi pertanyaan adalah ” kapan masa kejayaan itu akan tiba?”
    dan banyak orang yang kurang sabar dan melanjutkan usahanya untuk mencapai apa yang diharapkan.
    Thanks inspirasinya Pak Rovicky.

  6. Like this and so true, pak dhe… Thole sudah lama follower blog ini..
    Mengingat yang reading blog ini banyak,
    Jika berkenan, mohon ditulis tentang penyakit kawasaki (kawasaki diseases) Sebagai bantuan untuk sosialisask, mengingat banyank yang terlambat ditangani..

    Kebetulan anak saya juga baru diketahui terkena penyakit ini, dan dari ciri ciri yang didapat dari tulisan internet, mendekati penyakit kawasaki, sehingga (mudah mudahan) belum terlambat ditangani..

    Salam dari Thole

  7. Like this, pakde. Saya follower blog ini sudah lama dan sangat menyukai tulisannya.

    Mengingat followernya banyak, mungkin bisa mbantu nulis ttg penyakit kawasaki, sebagai bagian sosialisasi agar pembaca melek terhadap penyakit ini. Kebetulan anak saya, baru saja mengidap penyakit ini. Dan dari hasil browsing(www.penyakitkawasaki.com), ditemukan ciri cirinya mirip dengan yang disampaikan di internet. Sehingga (mudah-mudahan) tidak terlambat untuk ditangani.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: