BIG DATA ladang eksplorasi baru di dunia migas


Apa itu BIG DATA ?

Bayangkan anda memiliki data 3D seismic untuk satu cekungan. Tentunya tidak berupa satu volume 3D data yang sama. Wajar saja kalau data-data volume ini tidak diakuisisi dalam satu survey yang sama. Juga data ini diambil dalam berbagai tujuan, berbagai parameter dan berbagai tingkat kedetilan. Lantas, apakah dapat dianalisa secara komprehensif bersama-sama dan simultan dengan data sumur serta data hasil analisa log, core serta data paleontology ? Untuk mencari migas !.

BIGDATA potential

BIG DATA dalam dunia migas ! Banyak yang harus di”eksplorasi” !

Impian diatas bukanlah sebuah impian saja. Tapi menjadi tantangan tersendiri dalam pengembangan tehnologi informasi dalam mensupport kegiatan eksplorasi dan produksi migas.

😦 “Waduh Pakdhe, data sebanyak itu kalau dimasukkan dalam diskette jaman dulu akan ada berapa truk untuk mengangkutnya ?”

🙂 “Bukan hanya Volumenya saja Thole, walau sudah menjadi petabyte, bukan hanya terrabyte, tetapi jenis data ini juga berVariasi. Selain itu juga Velocity penambahan data serta kecepatan prosesing data ini yang menjadi tantangan”

Tantangan Volume, Variety, and Velocity

BIG DATA secara umum dapat diartiken sebagai sekumpulan informasi yang sangat besar, kompleks, dan bergerak cepat sehingga sulit untuk ditangani menggunakan perangkat yang biasa”. Dalam BIG DATA ini ada tiga hal tantangan utama yaitu Volume, Variasi dan Velocity. Ketiga hal ini dalam dunia migas tentusaja akan selalu dilihat sebagai sebuah Value ! karena bisnis ini selalu membiacaran biaya, efisiensi serta profit.

Volume. Jumlah data yang sudah dikumpulkan dalam kegiatan eksplorasi dalam satu cekungan tentunya sudah bukan hanya terrabyte tetapi PETABYTE size !. Bayangkan seberapa besar RAM memory untuk menganalisanya secara simultan !

😦 “Petabyte itu Seribu Terabyte atau Sejuta Gigabyte, ya kan Pakde ?”

Variety. Data yang ada tentunya ada yang terstruktur, semi terstruktur maupun yang tidak terstuktur. Structured-Unstructured. Konon ada sekitar 80% data ini tidak terstruktur. Ada yang berupa data time-series, ada yang berupa depth series, ada yang berupa geographic (GIS), dan ada yang berupa data drawing (DWG) bahkan mungkin data multimedia !.

Velocity. Data-data ini juga tidak statis tetapi bertambah dengan kecepatan tertentu, misal data produksi harian. Data pengamatan tekanan sumur, data pengeboran (drilling) yang sedang berjalan. Nah bagaimana menganalisas semua data ini dalam waktu yang singkat. Tentunya memerlukan speed (Velocity) dari processor maupun operating system tersendiri.

Untuk meng”handle” itu semua, apakah perlu software khusus, apakah tidak juga hardware yang khusus ?. Atau bahkan memerlukan ilmu pemrograman yang khusus ? Ini menjadi tantangan tersendiri. Dengan minyak menjadi komoditas yang paling laku saat ini, tentunya tantangan-tantangan untuk membuat keputusan yang tepat, cermat serta cepat menjadi menarik. Apalagi fluktuasi harga minyak sering berubah sangat cepat.

BIG DATA Oil and gas

Microsoft pun sudah “melirik” potensi bisnis dalam BIG DATA in Oil and Gas.Ditempat lain sebenarnya IBM juga Schlumberger sudah mengintip dan menjadikan potensi risetnya yang mungkin akan dipasarkan bila sudah siap.

😦 “Iya ya Pakdhe. Ngga mungkin manajemen menunggu selama setahun untuk menganalisa data ini. Keburu harga minyak sudah anjlok ya ?”

Dengan ketiga hal utama diatas tentunya semua memiliki nilai atau VALUE yang akan dihitung nilai keekonomiannya dengan kriteria biaya atau harga, efisiensi serta profit yang akan dieroleh.

Ini baru sebagian saja seluk dan beluknya BIG DATA. Namun paling tidak, semstinya, kita sudah harus mengikuti perkembangan BIG DATA ini. Bidang ini mungkin akan menjadi cabang ilmu tersendiri dan masih menanti untuk dieksplorasi dalam dunia migas maupun lainnya. Anda mungkin saat ini mengerti tentang GIS (Geographic Information System) yang saat ini sudah menjadi cabang ilmu baru untuk menganalisa data yang memiliki attribut lokasi atau geographic location. Nah perkembangan BIG DATA ini bisa saja nantinya mirip dengan perkembangan GIS ini. Bahkan GIS inipun merupakan bagian dari BIG DATA !

😦 “Pakdhe dunia selain migas BIG DATA ini apa ?”

Tentusaja BIG data ini tidak hanya ada di dunia migas. Hampir semua bisnis saat ini merasakan telah memiliki DATA yang buanyakk yang nantinya perlu dipakai dalam membuat keputusan.

Tunggu dongengan selanjutnya mengenai BIG DATA ini.

😦 “Hallah Pakdhe teriak-teriak soal data migas di Indonesia saja ga ada yang melakukan tindakan khusus kok ini malah sudah mikirin BIG DATA !

2 Tanggapan

  1. waa.. kebetulan dulu waktu masih mahasiswa, lab saya riset2 tentang data mining (yg diolah adalah data yg pura2nya big data.. maklum masih tahap riset).
    Senior bikin disertasi tentang bagaimana menganalisis data yg secara umum bisa dibagi 2 seperti kata pakdhe (structured data & unstructured data).
    Ya, mumgkin khusus bidang migas bisa jadi bidang ilmu baru, tp sepertinya di bidang IT sudah lumayan banyak sekali yg mengaplikasikannya. Misalnya, di bidang persahaman, DNA, natural language processing dll. Selama itu data, maka dia bs dianalisis (harusnya).
    Bisa jadi, algoritma nya akan ada dibuat spy sesuai khusus untuk data migas.
    Mgkn kalo menurut sy yg agak sok tau, algoritma yg sudah ada pun sgt bisa diaplikasikan untuk bidang migas.. karena (misalnya) sm2 time series data dgn byk data yg lain.

    terima kasih pakdhe. artikel menarik, seperti biasa.

  2. Tantangan ke depan salah satunya adah mengelola data dan informasi yang sangat besar ini. Saya tidak tahu apakah perpustakaan digital atau pusat-pusat informasi telah menyiapkan infra struktur untuk peyimpanan big data ini yang telah dilengkapi dengan sistem metadata dan temmu kembali yang baik. Sehingga mudah ditemukan kembali saat diperlukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: