Harga minyak tidak tergantung teknologi


Sebagai pekerja migas, tentunya lebih senang apabila harga minyak dunia itu setinggi langit. Gaji selangit dengan bonus berlimpah, dan fasilitas tumpah-ruah. Tetapi sebagian lain yang tidak bekerja dalam bidang migas tentunya bertanya-tanya, mengapa harga minyak bisa setinggi bintang ?

Ini eksplorasi minyak, bukan pabrik minyak.

Usaha eksplorasi migas dan juga usaha pertambangan pada umumnya, mereka tidak dapat menentukan harga komoditas yang dihasilkannya. Perusahaan ice-cream, pasta gigi, sarung tenun dan sebangsanya, tentunya akan mematok harga mahal bila produknya dibuat dengan tehnologi tinggi dan menggunakan bahan tercanggih serta proses yang sophisticated. Ya tentunya saja karena biayanya mahal maka produknya mahal. Namun hal ini tidak mungkin terjadi pada migas serta produk pertambangan. Tidak mungkin produsen minyak mengatakan “karena minyak ini diproduksi dari laut utara yang ganas serta dengan teknologi canggih maka minyak ini mahal”. Tidak bisa mereka menentukan harganya dengan cara itu. Juga tidak mengatakan karena minyak diambil di laut dalam maka harga minyaknya lebih mahal dari harga minyak yg diproduksi di darat. Tidak bisa begitu.

OilTradingMinyak bumi dijual sesuai hukum pasar, perbandingan jumlah produksi dan kebutuhan (supply-demand). Bila kebutuhan lebih dari produksi tentunya harga anjlok dan sebaliknya. Kegiatan jual beli minyak itu sangat kapitalis dan pasar bebas. Fluktuasi harganya sering disebabkan karena banyak hal supply-demand, sentimen pasar, politik, perang, … dan bahkan “ulah pedagang“. Sedemikian peliknya dinamikanya sehingga sering dituduh dimainkan oleh siapapun yang memperoleh keuntungan darinya (konspirasi),

Dengan demikian maka keuntuntungan perusahaan migas diperoleh bila mampu menghasilkan migas secara efisien. Siapa yang paling efisien dalam memproduksi migas maka dialah yang paling banyak keuntungannya. Sehingga perusahaan migas akan berhitung dengan lebih jeli bila harganya turun, atau harga rendah.

Satu Tanggapan

  1. ane seedikit setuju dengan ente gan,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: