Penjelasan Kenaikan Harga BBM Yang SALAH.


mistakes[1]Penjelasan Yang SALAH.

Hari ini banyak penjelasan tentang harga BBM yang bersubsidi yang dihubungkan dengan fluktuasi/menurunnya harga minyak mentah. Salah satu alasan yang paling sering diberikan adalah karena turunnya harga ini hanya bersifat harian. Sedangkan perhitungan subsidi dalam APBN itu tahunan.
Kalau memang penjelasannya seperti itu. Apakah bila selama tahun depan harga minyak mentah maksimum 80$/bbl apakah BBM bersubsidi akan diturunkan ?

Saya kira tidak akan diturunkan bila pemerintah berniat mendidik masyarakat dengan benar. Hal ini disebabkan karena volume yang dibutuhkan akan tetap meningkat dan produksi migas dalam negeri tidak akan meningkat, artinya beban subsidi BBM di APBN nantinya juga akan tetap meninggi, karena peningkatan VOLUME (jumlah liter), bukan karena “harga”nya.

Penjelasan ini harus diberikan dengan BENAR supaya tidak membingungkan masayarakat. Dan akan lebih bagus kalau pemberitahuan kenaikannya bukan dengan metode “petak umpet”.

Jadi sangat disarankan untuk mengatur kenaikan harga dengan target sesuai harga keekonomiannya secara TERBUKA, TERJADWAL dan TERUKUR (angkanya jelas). Cara ini utk menghindari kenaikan harga komoditas lain yang tidak terkontrol. Ini meniru cara kenaikan tarif dasar listrik yang sudah berjalan selama ini.

Infografis dibawah semoga sedikit memberikan penjelasan.

SubsidiSalahAlamat

BebanAPBNkedepanTerancamMembengkak

😦 “Pakdhe kalau masih belum jelas gimana ?”

😀 “Ya ndodok !”

(sumber katadata)

7 Tanggapan

  1. sebenarnya bbm naik sih gapapa biar APBN ga terlalu terbebani. tapi kalo harga2 yang lain juga pada naik ini yang bikin bingung.

  2. Saya juga heran, padahal harga minyak dunia terus turun kok malah pemerintah Indonesia menaikkan harga bbm. Ini bagaimana ceritanya…?
    Duh Pak Jokowi ini.

  3. pak de mau tanya.. kalo subsidi benar benar dicabut. apa mungkin negar ini sedikit lebih makmur

    –> belum pasti. Yg membuat kemakmuran itu “bukan hanya” harga bbm. Bbm sebagai energi akan mempengaruhi kerja dan kinerja. Pencabutan subsidi lebih banyak pada aspek kesetaraan dan pemerataan serta keadilan dalam memperoleh dan memanfaatkan energi. Ketika semua mendapatkan akses dan ketersediaan eneri secara merata dan setara, akan menjadi salahsatu langkah positip pada usaha menuju kesejahteraan yg juga merata.

  4. Sekalian saja subsidi-nya dicabut, daripada sedikit-sedikit akan dinaikkan atau subsidi dikurangi selalu ribut, demo, muncul berbagai komentar yang gak jelas.

  5. Pak De, saya punya pertanyaan yang sedikit “menyimpang” dari soal BBM. Pertanyaan awam saya: Menurut perkiraan Pak De, apakah di wilayah negara kita masih besar kemungkinan penemuan cadangan minyak? Maturnuwun

    –> potensi migas di Indonesia masih besar. Hambatan operasi menjadi tantangan utama dalam administrasi perijinan dan aspek sosialnya.

  6. kemudian satu lagi pakde, brp sih harga standar dunia bbm perliter nya?

  7. pakde mau nanya dong. apa penyebab harga bbm di berbagai negara bisa berbeda? atau katakan sajalah lebih murah seperti venezuela, malaysia, arab saudi, dsb.
    apakah disebabkan oleh banyaknya subsidi yang diberikan pemerintah atau jumlah eksploitasi migasnya melebihi konsumsinya?
    trims.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: