Laut Maluku Digoyang Dua Subduksi


Gempa Sabtu pagi (11/15) pukul 10:31 (WITA) memiliki magnitute cukup besar, tercatat M7.3 (oleh BMKG) atau M7.1 (oleh USGS). Gempa akibat subduksi ini  memiliki mekanisme sesar naik (thurst). Dan menarik, untuk dilihat karena terjadi pada zona subduksi ganda lempeng laut Maluku.

😦 “Wah satu subduksi saja sudah nggegirisi, lah ini kok doble ya Pakde ?”

TektonikLautMalukuDiketahui subduksi kembar ini terbentuk oleh pergerakan dari lempeng laut Philipina di timur, pada zona Halmahera dengan kecepatan laju penunjamannya 6.7 cm/tahun. Sementara di sebelah barat lempeng eurasia menekan ke timur dengan laju 1.7 cm/tahun pada zona Sangihe. Akibat dari penunjaman ganda tersebut menghasilkan kompresi arah barat timut di bagian tengah.Lihat gambar sebelah.

Mengakibatkan  beberapa kejadian gempa dengan mekaniske fokusnya naik yang merupakan  ciri kejadian gempa hasil dari tumbukan lempeng. Seismisitas diantara Sangihe  dan Halmahera sangat dominan dan terjadi pada kedalaman yang kurang dari 50 km, dan gempa-gempa ini tergolong gempa dangkal.

TalaudSubduction

Kepulauan Talaud berada dipuncak ‘Oceanic slab tectonic’ yang menunjam ke barat dan timur.

Pahun 2009 lalu daerah ini juga telah mengalami gempa yang hampir sama kuat dengan kempa Sabtu pagi (baca Gempa Sangihe-Talaud 7,4 SR (7,2 Mw) 12 Feb. 2009)Kalau kita buat penampang melintang maka akan terlihat kepulauan Talaud yang berada diatas lempengan yang diapit oleh dua tumbukan (subduksi) lempengan.

Penduduk kepulauan Talaud tentunya harus menyadari dan selalu sigap dan tanggap dengan kondisi lingkungan tempat tinggalnya, Mereka hidup di atas pulau yang berupa punggungan yang diapit dua subduksi menggelincir dan menunjam ke barat dan timur. Tentusaja lini merupakan wilayah teraktif kegempaannya di dunia.

😦 “Looh, apa harus pindah Pakde ?”

🙂 “Ya bukan begitu tetapi mereka mungkin juga memiliki kearifan lokal seperti yang ada di Pulau Simeulue atau Nias di Sumatera”.

Education can’t stop natural disasters from occurring,
but it can help people prepare for the possibilities

2 Tanggapan

  1. Mas, Talaud Micro Plate tsb termasuk kerak apa? Bagaimana dia bisa terbentuk. Trims

  2. waduuhhh bahaya nihhhh…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: