Hari Blogger Nasional 27 Oktober – Public Journalism (BLOG) In Disaster Risk And Mitigation


PublicJournalismBlogDisaster

download slide

Menyambut hari Blogger Nasional tanggal 27 Oktober ini saya mencoba mengangkat peran blogger dalam mitigasi kebencanaan. Salah satu yang barusaja saya lakukan dengan mempresentasikan pengalaman pribadi mengelola blog selama lebih dari 15 tahun. Slide disebelah ini dipresentasikan dalam Youth Looking Beyond Disaster (LBD5) Forum hosted by University Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia (3-8 September, 2014).

😦 “Whallah, Pakde ngga punya kerjaan selama 15 tahun ini ya ?”
😀 “Bukan Thole, selama 15 tahun ini pekerjaan ‘ekskul’ saya saya sebagai blogger yang nyambi jadi ahli geologi perminyakan :-D”

Pada awalnya blogging merupakan sebuah kegiatan menulis yang dilakukan seseorang yang melakukan kegiatan “berselancar” di dunia maya. Web Surfing. Blogging asalnya dari “Web Logging“. Anda tentunya tahu apa itu log-book. Yaitu catatan perjalanan yang awalnya dibuat oleh seorang nahkoda juga seorang pilot ketika melakukan perjalanan. Perkembangan berikutnya blogging menjadi kegiatan menulis tanpa harus melakukan perjalanan dan tanpa harus melakukan “web surfing” terlebih dahulu.

Bahan slide presentasi tentang manfaat blogging sila diunduh disini : Public Journalism BLOG in the disaster risk mitigation

StateskopSeismikKisah bagaimana saya memulai nge-blog bisa dibaca disini : Dari html ke facebook – 10 tahun mengembara di belantara virtual. Awalnya dengan keinginan bercerita tentang geologi di tahun sekitar 1990-an. Apapun pokoknya soal geologi di LAN di kantor. Setelah ada internet, ternyata justru lebih banyak cerita tentang kejadian bencana-alam. Sampai suatu saat terjadinya gempa Aceh 2004 yang  menjadi penggugah kesadaran kebencanaan. Menulis bersama air-putih yg saat itu memulai kegiatan relawan melalui dunia virtual.

Menjelaskan hal rumit seringkali lebih mudah menggunakan analogi. Manusia cenderung menghubungkan atau mengkaitkan kejadian serta menggunakan kesamaan dengan hal lain. Analogi. Ini cara mudah untuk menjelaskan hal rumit. Pembaca blog bukan seorang ahli, mereka manusia biasa yang sudah memiliki ‘pre-knowledge‘, ini yang harus dimanfaatkan. Menjelaskan alat seismic dengan stateskop dokter adalah cara termudah untuk “mengindera” fenomena didalam bumi sejauh puluhan kilometer.

pembacamusiman

Grafik jumlah pembaca. Berbeda dengan media berita, menulis pengetahuan tidak hanya dibaca sesaat setelah kejadian. Tetapi akan menjadi referensi bertahun-tahun kemudian.

Tulisan kebencanaan ini menjadi pengisi dahaga informasi masyarakat yang hanya dijejali sisi “dramatis” dari sebuah bencana. Media lebih suka menyoroti rintihan dan jeritan. Tanpa menjelaskan bagaimana peristiwa itu terjadi, dan lebih penting lagi, bagaimana cara menghindarinya. Itulah sebabnya tulisan dalam blog yg isinya pengetahuan akan tetap dibaca walau kejadiannya sudah bertahun-tahun lalu.

😦 “Pakdhe untuk kepemimpinan Jokowi-JK mendatang apa pentingnya Blogging ?”
😀 “Dunia blog sudah berkembang menjadi salah satu pengembangan ekonomi kreatif. Banyak blogger yang berbisnis melalui internet secara cerdas dan kreatip !”

Jadi …. Ayo ngeblog terus ! terus ngeblog !

Link lain tentang Dongeng Geologi :

4 Tanggapan

  1. Semoga tetap senang menulis, om Vicky!

  2. salam blogger pak dari saya asal lampung, saling berbagi informasi melalui media tulisan🙂

  3. Wow… 15tahun, konsisnetsi yang luar biasa sekali, pak

  4. Wah pak rovicky ini ternyata blogger yang keren, udah 15 tahunan berkecimpung didunia perblogeran . Salut deh untuk ke konsistennya dalam berbagi tentang permasalahan Geologi lewat Blog.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: