Gunung api yang berubah menjadi tambang emas


ModelPorpiri

Model mineralisasi bijih emas di Freeport

Gunung api menjadi tambang emas ! Ini serius looh.

Gunung api dapat berubah menjadi sebuah tabang emas bukanlah sebuah dongeng tetapi teori yang diyakini oleh para ahli eksplorasi tambang bijih. Para ahli yang menemukan dan meneliti tambang emas jenis phorphyri menyakini bahwa jenis tambang ini dulunya berupa gunungapi yang sudah berubah.

😦 “Asyiik Pakde, berapa lama gunung api ini berubah ?”
🙂 “Ya kira-kira paling cepat dalam 2-5 juta tahun, Thole !”

Hampir semua ahli geologi tambang. khususnya tambang mineral logam, mengetahui bahwa dalam proses pembentukan mineral bijih sering berhubungan dengan proses-proses vulkanisme. Memang volkanisme tidak selalu harus terbentuknya gunung api, tetapi manifestasi proses magmatik itu adalah munculnya gunungapi.

Itulah sebabnya ahli-ahli eksplorasi mineral bijih akan tertarik dengan lokasi gunungapi. Bukan gunungapi moderen yang saat ini aktif, tetapi gunungapi masa lalu.

JalurVulkanismeIndonesia

Jalur vulkanisme purba yang juga menjadi jalur lokasi-lokasi tambang bijih.

Diatas itu peta yang menggambarkan  jalur-jalur gunungapi masa lalu di Indonesia. Lokasi-lokasi tambang bijih yang diketemukan memiliki hubungan erat dengan jalur ini. Sehingga mengetahui lokasi ini menjadi penting dalam eksplorasi mineral bijih. Indonesia yang saat ini memiliki 13% gunungapi dunia tentunya juga menyimpan gunungapi purba yang harus diselidiki apakah juga membentuk jalur mineralisasi. Karena tidak semua gunungapi purba menghasilkan pengkayaan mineral bijih.

ModelGunungapiGrasberg

Model gunungapi di Turki sebagai model gunungapi yang menghasilkan tambang emas Grazberg.

Proses perubahan ini disebut sebagai sebuah proses hidrothermal dimana air yang terpanaskan oleh magma ini menyebabkan terjadi proses kimiawi terlarutnya mineral-mineral tertentu yang seolah-olah mengumpulkan mineral berharga ini. Proses pengkayaan ini dikenali dengan istilah porphyritic.

😦 Jadi dulu di puncak Pegunungan Jaya Wijaya itu ada gunungapinya Pakdhe ? Seperti apa ya ?”

Gambar disebelah ini memperlihatkan jenis gunung api yang diperkirakan menjadi model gunungapi yang nantinya akan menghasilkan mineralisasi bijih. Coba perhatikan ukuran diameter sepanjang 1.5 Km di Turki yang menjadi model untuk gunungapi Grazberg masalalu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Satu Tanggapan

  1. sru. fakta unik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: