NgomPol-in Capres : Pengaruh Media “On top of mind”


top-of-mind-graphic[1]Saat ini kita hanya disodori capres yang itu-itu saja. Mana yang lain ? Kemana calon pemimpin yang bagus dan baik ?

😦 “Lah emangnya ada pilihan lain Pakdhe ?”

On top of mind

Ini adalah jargonnya marketing dalam menjual produk. Dalam dunia media saat ini dimana media menjadi “tontonan” tiap hari, akhirnya apa yang sering muncul menjadi “tuntunan” dalam memilih. Ini berlaku dalam segala aspek dan tidak hanya produk sabun cuci dan mie instant saja. Demikian juga dalam branding “calon pemimpin”. Semakin sering dimunculkan dalam media, maka “generasi penerus dan orang baik” yang ada dibenak masyarakat Indonesia ini ya si itu-itu saja. Branding dan marketing Jokowi cukup bahkan sangat sukses membuat banyak orang “terpaksa terkesima” karena tidak dimunculkannya “orang baik” yang lain. Bukan berarti tidak ada alternatif lain dari Jokowi, tetapi “tidak ada” yang di branding secara sepadan selama ini.

Nilai jual dari barang itu adalah yang positip dari orang itu dan yang dicari oleh pasar (publik) atau masyarakat. Disaat Indonesia sedang kacau balau pasca reformasi, maka sosok kalem, gagah, tampan dan pengayom serta teraniayas adalah nilai-nilai yang laku dijual. Saat itulah SBY muncul dan sukses ! Tentunya dengan harapa-harapan sangat muluk dan bahkan impian yang sangat muluk pun dan tidak mungkin tercapaipun ditumpahkan pada SBY saat itu. Ketika SBY menjalankan pemerintahan tentunya tidak semudah janji dan tidak semulus harapan-harapan muluk tadi. Dan pada periode keduanya SBYpun mulai dicaci, bahkan berakhir dengan hancurnya partai yang dibangunnya.

topofmind[1]

Siapa yang ngga kenal logo ini ?

why Jokowi ?

Jokowi saat ini sedang mengalami masa dimana masyarakat menginginkan sosok yang berbeda dengan sebelumnya, dan sosok yang berbeda dengan pemimpin dan pejabat yang ada saat ini. Pokoke berbeda, yang penting BARU !. Santun, dan “dekat” dengan masyarakat.

Media memblow-up berita inipun semakin memoncerkan Jokowi. Branding dan marketing Jokowi sukses membawa Jokowi ketika maju di DKI-1. Tentunya bukan hanya karena media thok, kalau Jokowi tidak memiliki modal kepemimpinan di Solo juga tidak akan dipilih untuk dimoncerkan. Ntah dimoncerkan oleh karena kebutuhan media (keberuntungan situasi) ataupun dimoncerkan oleh orang-orang yang menginginkan “agendanya” masuk mendompleng pada Jokowi. Sebagai presiden negara dengan SDA dan SDM yang berlimpah ini bisa menjadi sapi perah dan sumber pasar yang besar. Banyak kepentingan akan masuk.

Dimanapun, presiden itu tidak mudah “didekati”, karena alasan keamanan, protokoler dan kesibukan. Sebagai presiden nantinya siapapun yang terpilih tidak semudah sekarang untuk blusukan seperti selama kampanye saat ini tentunya.

Bagaimana Prabowo dan ARB ?

Sebagai sosok capres kedua tokoh ini kepopulerannya kalah dengan Jokowi. Keduanya punya cacat yang menjadi “najis” bagi masyarakat. Tetapi mereka memiliki kelebihan juga, “kendaraan politik”-nya cukup lumayan besar cc-nya, dan harus diperhitungkan pesaing-pesaingnya. Walaupun mungkin ada profil yang disukai pada dirinya, mereka berdua hanya bisa bermain bagus dengan gaya lama, bermain dengan dukungan partai. Artinya sendiri-sendiri sudah pasti kalah, kalau mereka berdua bergabung, ARB-Prabowo, mungkin akan menjadi pesaing berat bagi Jokowi. Panutan vs Partai.

Lalu dimana Dahlan Iskan, Anis Baswedan, Mahfud MD, dll ?

Mereka mungkin tidak terpilih oleh media (juga kaum oportunis lainnya) untuk dimunculkan. Sehingga kebaikan dan kebagusan leadership mereka tidak terrekam dalam benak masyarakat. Mereka tidak “on top of mind”. Masyarakat bawah mungkin tidak kenal Anies Baswedan. Karena media merasa tidak berkepentingan dan tidak menguntungkan memuat kiprahnya. Nuwun sewu saja.

Nah monggo dipilah, dipilih dan nanti kalau jelek dipisuhi rame-rame … begitu kah ?

😦 “Looh Pakdhe, kok ngga menyinggung Prof Rhoma, atau Farhat ?”
😀 ” hehehehe … penting ?”

Iklan

4 Tanggapan

  1. Reblogged this on and commented:
    marketing … bisa direkayasa?

  2. kalo bapak cenderung ke siapa nih? 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: