Mengenalkan kebencanaan lewat media internet, blog.


belajarMengenalkan fenomena alam ke masyarakat awam dapat dilakukan dengan memberikan penyuluhan atau seminar baik langsung terjun ke masyarakat atupun melalui media. Mengenalkan bencana ke masyarakat juga dapat dilakukan melalui media internet merupakan salah satu media yang cukup murah dan menjangkau masyarakat luas.

😦 “Pengalaman pribadi ya Pakdhe ?”

Mencari informasi ketika sedang terjadi

Dibawah ini grafis statistik pengunjung Blog Dongeng Geologi (https://rovicky.wordpress.com)

StatistikDG

Gambar Pengunjung Blog Dongeng Geologi

Grafis diatas menunjukkan bahwa saat-saat terjadinya bencana merupakan saat yang kritis dalam memberikan pengetahuan ilmu kebencanaan. Dalam ilmu pengajaran, saat terjadinya bencana saat yang tepat untuk melakukan “gaining attention”. Msayarakat akan mudah mengingat dan mudah mengerti karena ada antusiasme serta motivasi yg muncul dari dirinya sendiri.

Mengapa Blog ?

Ada beberapa alasan mengapa Blog menjadi tujuan dalam mencari informasi. Beberapa diantaranya adalah :

  • Ada komunikasi untuk menambahan tambahan informasi.

    • Dalam blog ada media commentary yang dapat dipakai sebagai media komunikasi “Tanya jawab”. Disitu masyarakat akan dengan senang hati mendapatkan informasi tambahan yang ingin diketahuinya. Beberapa pembaca tahu bahwa informasi yang ditayangkan dalam blog bersumber dari sumber resmi, namun kalau mengunjungi sumber resminya tidak dapat melakukan tanya-jawab.
      Beberapa pembaca Dongeng Geologi pernah ditanya secara khusus, “Mengapa lebih suka baca blog ini ?”
      Dia menjawab, “Kalau bertanya di web resmi pemerintah atau atau di media berita, tidak mendapatkan jawaban bila ingin tahu lebih lanjut”
  • Fun (menghibur)

    • Tulisan di Blog lebih leluasa karena menggunakan kata-kata sederhana, tidak seperti layaknya tulisan dalam media atu artikel ilmiah. Kalimat dalam blog lebih sederhana. Juga Media blog dapat diberi ilustrasi multi media yang mudah dimengerti. Dibandingkan media cetak maka multi-media dalam blog termasuk gambar, animasi maupun video akan dapat dipakai sebagai sarana pengajaran.
  • Mudah diulang kapanpun

    • Tidak seperti layaknya tayangan media televise, animasi dalam blog dapat diulang-ulang sesuai keinginan pembaca. Juga tidak ada jam siaran yg harus mengambil waktu sibuknya.
    • Statistik pembaca salah satu artikel dalam web Dongeng Geologi

      Statistik pembaca salah satu artikel dalam web Dongeng Geologi. Ada sepanjang tahun.

    • Gambar ditas menunjukkan bahwa artikel yang bagus selalu akan dicari oleh pembaca. Tidak hanya tergantung waktu saat mengalami kejadian. Tetapi untuk anak sekolah barangkali akan menjadi sumber bahan bacaan yang menarik dan perlu.
  • Adanya fasilitas pencari (search engine)

    • Dengan termuatnya media blog ini dalam dunia maya (internet) maka akan dengan mudah diakses dan diketemukan oleh “internet searcher” (pencari informasi). Siapa saja akan dengan mudah menemukan informasi “bencana” dengan Google atau Yahoo.
    • Jangan hanya di Facebook ! Mengapa ? Tulisan di Facebook tidak ada dalam mesin pencari Google Yahoo atau lainnya. Sehingga menjangkau hanya teman dan ketika di “share” kawan lain. Anda dapat membantu menyebarkan dengan share, tetapi sekalilagi tetap saja hanya akan menjangkau pembaca yang memiliki akun FB.
  • Dapat dilakukan oleh siapa saja

    • Blog bukanlah media resmi, namun justru dengan informalitasnya menjadikan blog ini lebih terbuka bagi siapa saja yang ingin berbagi informasi. Peran organisasi resmi atau organisasi profesi di bidangnya akan merupakan satu kontrol yang baik. Sehingga kebenaran dan keakuratannya masih akan dipantau dengan benar.

Dengan demikian mengajarkan kebencanaan pada masyarakat tidak harus dengan ilmu yang muluk-muluk. Bahkan setingkat mahasiswa pun dapat berkontribusi dalam mengajarkan ilmu kebencanaan pada masyarakat awam.

3 Tanggapan

  1. mantabh pakdhe….. apalagi kita di cincing api

  2. Ass. Pak Rovicky bagaimana kalau kita ISEDM (International Symposium on Earthquake and Disaster Mitigation ke-3 tanggal 17-18 2013 di Hotel Tentrem Yogyakarta. Kaitan dengan saran anjuran Pak Rovicky saya mengusulkan judul makalah (paling lambat sudah masuk tgl 25 Nov 2013) berjudul: The role of geologist to support Disaster Mitigation throught geological socialization Blog ?, wassalam h rachmat

  3. Blog ku http://www.bernilai.com sepi pengunjung, bos.

    Tapi biar aja, lha wong noncommercial blog kok.

    Lagi pengin posting, ya posting. Lagi males, ya gak usah posting.

    Tapi saya setuju sama kamu Fer. Lebih baik nulis di blog dari pada di FB.

    Di FB guyon aja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: