Hitungan ringan tentang BBM (Crude to Fuel)


Mumpung sedang konsen tentang minyak dan Bahan Bakar Minyak (BBM) kita coba menghitung biaya serta belajar tentang refinery.

😦 “Pakdhe Sakjane Indonesia itu kaya atau miskin to ?”

😀 “Dari sudut Geoscience Indonesia itu “Kaya” SUMBERDAYA migas, tapi “miskin” CADANGAN. Karena mahalnya biaya untuk mengeksplorasi SUMBERDAYA ini menjadi Cadangan kemudian memproduksikan minyak mentahnya (CRUDE) yg masih harus diproses dikilang dijadikan Bahan Bakar (FUEL). Jadi Indonesia itu kaya migas tetapi MAHAL. Negara lain ada yg miskin sumberdaya migas tapi mampu membeli. Spy Indonesia mampu memanfaatkannya ya harus KERJA !”

Dibawah ini corat coret lain tentang menghitung biaya serta sedikit tentang apa yang terjadi dari minyak mentah ketika berada di kilang. Seorang kawan di dunia maya membantu menuliskannya.

Konsumsi crude oil (minyak mentah) kita

  • = 1.4 juta barrel/hari –> (perlu dicek)
  • = 504 juta barrel/tahun –> (dgn 1 tahun = 360 hari)
  • = 21168 juta galon/tahun

MinyakBBM

Harga  crude oil (minyak mentah)

  • = 87 USD/barrel –> (biaya pukul rata raw material price. Jg perlu dicek karena gak semua crude kita beli)

Total raw material price

  • = 43.8 milyar USD/tahun
  • = 394.63 trilyun Rp/tahun –> (1 USD = 9000 Rp)
  • Total raw material price = 70% dari total production cost –> (perlu dicek. Rata2 pabrik kimia memiliki raw material price berkisar 30% – 80% dari total production cost).

Sisa 30% lagi adalah biaya lifting, transport, katalis, gaji karyawan, utilitas, lisensi (?), dll.

Sehingga,

  • Total production cost = 563.76 trilyun Rp/tahun
  • Inilah total biaya per tahun yg mesti kita dikeluarkan utk membeli dan mengolah 1.4 juta barrel/hari minyak bumi.

Dari minyak bumi ini didapatlah bbrp produk. Karena tak ada data yg pasti, kita ambil aja komposisi produk minyak bumi dari sini:

http://www.eia.gov/tools/faqs/faq.cfm?id=41&t=6

Coba disederhanakan menjadi:

  • Gasoline (bensin) = 47 vol% –> (gabung semua jenis bensin, biar gampang)
  • Diesel = 20 vol%
  • Jet Fuel Kerosene = 8 vol%
  • Propane/propylene = 6 vol%
  • Gas = 6 vol%
  • Sisa = 13 vol% –> (biar gak makin repot dgn datanya)

 :( “Looh jadi dari satu barrel minyak mentah tidak bisa diperoleh satu barrel BBM ya ?”

😀 “Thole, kalau nyembelih ayam kan paha cuman dua, brutu cuman satu, kepala cuman satu. Dan ada bulu-bulu yang tidak dipakai atau menjadi sampah”

Dgn 21168 juta galon/tahun, kita dapat:

  • Gasoline (bensin) = 37.61 juta kilo Liter/tahun
  • Diesel = 16 juta kilo Liter/tahun
  • Jet Fuel Kerosene = 6.4 juta kilo Liter/tahun
  • Propane/propylene = 4.8 juta kilo Liter/tahun
  • Gas = 4.8 juta kilo Liter/tahun
  • Sisa = 10.4 juta kilo Liter/tahun

Berapa harga masing2 produk tersebut jika dijual? Nah, mari kita isi angka2 di bawah ini:

  • Gasoline (bensin) = 6500 Rp/Liter
  • Diesel = 5500 Rp/Liter
  • Jet Fuel Kerosene = 3000 Rp/Liter –> perlu dicek (ini harga minyak tanah, kerosene jg namanya :D)
  • Propane/propylene = 2000 Rp/Liter –> ini saya gak tau
  • Gas = 2000 Rp/Liter –> ini jg saya gak tau
  • Sisa = 500 Rp/Liter –> ini jg saya gak tau

Ada bbrp harga yg saya gak tau, tetapi proporsi jumlah hasil produksinya jauh lebih kecil daripada bensin. Dan ini gak terlalu signifikan. Bisa kita variasikan nanti angka2 ini utk sensitivitasnya.

SUMBERDAYA itu layaknya benih, kita tidak makan benih tapi memanfaatkan buah. Nah buah inilah yang disebut CADANGAN. Sampai disini yg dihasilkan adalah CRUDE (minyak Mentah). Kita masih harus emmprosesnya menjadi FUEL (Bahan Bakar). Perlu biaya lagi sebelum menjadi energi siap saji. Jadi kita juga tidak makan buah tapi maunya ya rujakan.

Kemudian, hasil penjualan produk2 tersebut adalah:

  • Gasoline (bensin) = 244.45 trilyun Rp/tahun
  • Diesel = 88 trilyun Rp/tahun
  • Jet Fuel Kerosene = 19.2 trilyun Rp/tahun
  • Propane/propylene = 9.6 trilyun Rp/tahun
  • Gas = 9.6 trilyun Rp/tahun
  • Sisa = 5.2 trilyun Rp/tahun
  • Total penjualan = 376.07 trilyun Rp/tahun!

Nah, berapakah pengeluaran kita per tahun utk mengolah minyak bumi tadi?

  • Sekitar 563.76 trilyun Rp/tahun!
  •  Berapa penjualan? 376.07 trilyun Rp/tahun

Dgn itung2an kotor spt ini, kita tau bahwa kita perlu duit 187.69 trilyun Rp/tahun utk menutupi kekurangan pembelian dan pengolahan minyak bumi tadi. Atau, kita perlu nombok 187.69 trilyun Rp/tahun. Atau, kita perlu subsidi BBM 187.69 trilyun Rp/tahun!

Nah, kalau ingin detilnya sekarang tinggal kita variasi2kan angka2 yg kita tidak ketahui di atas. Tetap kita perlu lebih dari 100 trilyun Rp/tahun utk nombokin kekurangan ini. Ini karena produk2 lainnya dari minyak bumi tersebut jauh lebih sedikit daripada bensin dan solar yg kita produksi. Itu pun saya rasa harganya gak akan mahal2 amat.

Cara yg paling sensibel utk tidak nombok banyak adalah dgn menaikkan harga penjualan bensin dan diesel (produk dgn komposisi terbesar). Persis spt yg dilakukan oleh pemerintah saat ini.

9 Tanggapan

  1. Terimakasih infonya mantap bos….

  2. Hal yang patut di syukuri, alam kita sangat kaya sehingga masih tetap bisa memenuhi kebutuhan bbm masyarakat kita namun sayangnya permasalahan klasiknya biaya produksi sangat mahal, ini sama seperti di pertanian, dan lainnya…

  3. naiknya tanggung Pak Dhe, sekalian dipaskan aja Rp. 10.000,-

  4. kalau import bensin dan solar semua, subsidi jadi berapa T ya?

  5. mencerahkan, pak dhe. makasih

  6. Reblogged this on Jurnal Simbangando and commented:
    menarik…

  7. rakyat semakin miskin dengan naiknya bbm,,

  8. BPS tahun 2012 ada publikasi survey produktivitas kilang minyak dan gas di indonesia ( statistik pertambangan minyak dan gas 2007-2011). saya baca dan belum memahaminya secara benar. mungkin sebagai bila bapak punya waktu bisa membacanya.
    terima kasih

  9. Akhirnya diposting jg Pakdhe…..Moga2 mahasiswa2 pendemo itu ngerti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: