Banjir Jakarta 2013 sudah diramalkan tahun 2007


😦 “Ah yang bener Pakdhe, katanya jangan percaya ramalan ?”

FuzzyNetworkDalam mengamati cuaca atau iklim, banyak pendekatan yang dilakukan oleh para ahli. Selain memanfaatkan data sebelumnya (historical data), prediksi kejadian selanjutnya (next event prediction) dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya yang dilakukan oleh Prof The How Liong yang membuat perkiraan banjir Jakarta ini. lima tahun lalu.

Artikel tersebut masih dapat diakses di Gatra sepetri dibawah ini :

Jakarta Masih Berpotensi Banjir
Jakarta, 17 Januari 2007 14:54
Meskipun musim hujan 2007 di bawah normal atau bersifat kering, namun diprediksi mulai akhir Januari hingga Februari curah hujan akan meningkat dan bisa membuat ibukota Jakarta mengalami banjir dalam sehari-dua hari.

Di Jakarta, kalau terjadi hujan lebat di atas 15 mm per jam di area 50 km2 selama dua jam maka akan terjadi banjir,” kata pakar fisika ITB Prof The Houw Liong di kantor BPPT Jakarta, Rabu.

Menurut The Hou Liong, untuk surut di area dengan kondisi alam dan drainase seperti Jakarta memerlukan waktu 30 jam, sehingga jika dalam waktu tersebut hujan terus-menerus mengguyur, bisa diperkirakan Jakarta akan tergenang air.

Meskipun demikian, menurut prediksi dengan metode Adaptive Neuro-Fuzzy Inference System (ANFIS), musim hujan Indonesia 2007 tidak akan sebesar musim hujan 2002 dan lebih mirip musim hujan 2005.

Metode ANFIS adalah metode yang menggunakan deret bilangan berpola di masa lalu untuk memprediksi masa depan, seperti pola curah hujan, permukaan air, pola aktivitas matahari hingga dinamika sistem sungai besar di Jakarta seperti sungai Ciliwung, Pesanggarahan dan Sunter.

Semakin bagus data yang dimasukkan, misalnya data curah hujan sejak tahu1-s2.0-S0886779811000800-gr7[1]n 1950an, maka hasil prediksinya akan semakin akurat. Ketepatan metode ini mencapai 90 persen untuk prediksi bulanan. Tetapi untuk prediksi harian, kesalahan akan semakin besar,” katanya.

Ia juga mengatakan, pola aktivitas matahari berulang dalam waktu 10-13 tahun atau rata-rata 11 tahun, sehingga jika terdapat iklim yang ekstrem pada 2002, maka kondisi ekstrem juga akan terjadi pada sekitar 2013.

Miliaran bom nuklir meledak setiap saat di matahari dan mempengaruhi kondisi di bumi,” katanya.

Selain itu, urainya, fenomena la nina juga menimbulkan dua pola musim hujan, yakni ketika la nina berada di puncak teratas grafik maka terjadi hujan lebat menyeluruh di Indonesia dan pola la nina ketika di titik terbawah maka hujan lebat tidak menyeluruh.

“Saat ini kolam panas di samudera Pasifik menjauh dari Indonesia sehingga laut Indonesia menjadi dingin dan musim hujan menjadi di bawah normal, kecuali Aceh dan Sumatera Utara,” katanya.

Demikian pula fenomena dipole mode di samudera Hindia yang jika laut di kawasan itu memanas maka terjadi hujan lebat di Indonesia bagian Barat. [TMA, Ant]

Peramalan ini jangan dianggap sebagai sebuah peramalan nujum yang menggunakan mantera “hoo paho — hoya hoya !”. Peramalan ini menggunakan metode yang rumit. Bukan tebak-tebak buah manggis seperti peramalan gempa yang sangat banyak dilakukan dan dipublikasikan di web seperti NextQuake, dll.

prediksi saham

Prediksi Saham di Sitambul

Pendekatan ANFIS – Adaptive Neuro-Fuzzy Inference System, ini merupakan pendekatan atau metode prediksi dengan parameter fisis, bukan sekedar statistik. Dengan menggabungkan dengan pengamatan empiris tentunya akan menjadi metode amaran atau “early warning” yang cukup efisien.

😦 “Pakdhe, bisa untuk memprediski harga saham nggak ?”

😀 “Pssst bisa saja silahkan download papernya disini

Bacaan terkait tentang seluk dan beluknya Jakarta:

 

 

15 Tanggapan

  1. Bagaimana dengan banjir 2007 ?, saat itu aktivitas matahari pada titik rendah. Ini anti-thesis dari klaim Prof. The. Boleh jadi hubungan banjir jakarta dan aktifitas matahari ini hanya kebetulan saja toh jumlah sampelnya hanya satu yaitu tahun 2002.

    –> Betul itu kebetulan juga. Untuk curah hujan ekstrim selanjutnya prediksinya mungkin tidak dikontrol utama oleh matahari. Mungkin faktor lain. Namun prediksi tahun 2013 ini kontrol utamanya akibat matahari.

  2. Reblogged this on dunia digital.

  3. ya ALLAH..tolonglah negara kami,drpd bencana ini.amiiiiin….

  4. ya ALLAH….tlg slamatkn negara kami,dari bencana alam.amiiiin..

  5. aku g sebegitu percaya ramalan gan,..
    kalo toh beneran kejadian, agaknya itu cuma kebetulan aja,

    lagian tadi katanya banjir skrg diprediksi pas tahun 2007 gara2 lanina,.. bukannya skrg kondisinya normal yah (g ad kejadian lanina maupun elnino)

  6. Pemerintah kota jakarta mesti menindak tegas orang-orang yang membuang sampah di Sungai dan menertibkan warga yang bertempat tinggal di sepanjang sungai2 yang memiliki kontribusi terjadinya Banjir..

  7. Dari sisi lain Jakarte udah banyak maksiatnya makanya tuh di tegur ma Banjir…
    Bagi pihak pemerintah harus tegas dalam memberantas kemaksiatan di Jakarta dan juga memberesi pemukiman di bantaran Sungai dan tindak tegas pembuangan sampah di Sungai yang menjadi salah satu faktor dari banjir..

  8. […] Banjir Jakarta 2013 sudah diramalkan tahun 2007 […]

  9. tahun ini emang lumayan parah banjir’a. taun depan gimana ya?

  10. soal ramal meramal semua orang bisa dan itu hak nya,kiamat besar akan terjadi lihat banjir jakarta 5orang meninggal belum terdeteksi binatang yang mati sia2, sebentar lagi akan disusul oleh yg akan mati,solusinya perbanyak amal dan kurangi dusta taatilah aturan Allah dengan sebenar-benarnya dan jangan lupa patuhlah pada pemimpinmu Alquran dan sunah serta aturan negeri ini numpang lewat lagi

  11. lihat tu lapindo sekarang jakarta sebentar lagi pulau jawa tenggelam,solusinya tobat dan berdoa semoga ramalan2 ente2 berlalu dengan doa dan niat baik pada perobahan yg benar2 aku hanya numpang lewat

  12. walau banjir ini sudah diramalkan sejak 2007 silam sepertinya tidak ada upaya khusus dari pemerintah untuk menanggulangi kemungkinan yang terjadi di tahun 2013 ini hingga akhirnya banjir tersebut benar2 terjadi

  13. mau berapa lama lagi tinggal di jakarta yah?😀

  14. Salam Sejahtera untuk Saudara

    AgusSolihulHadi

  15. haduhhhhhhhhhhhhh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: