Berlian Sebesar Tigakali Bumi Menggantung di Angkasa !


Harga berlian ditentukan dari 4 C (Clairity, Color, Cut, dan Carat), semakin jernih, indah warnanya dengan potongan yang bagus serta besarnya dalam karat. Saat ini harga (tahun 2012 ini) di situs Orori tertulis  satu karat dengan skala kejernihan VS1 dan color H dijual dengan harga Rp 88,2 jutaan. Sedangkan berlian 1,77 karat dengan skala kejernihan VS1 dan color H, dijual seharga Rp 263 jutaan.

Nah, bagaimana kalau seluruh permukaan bumi ini dilapisi berlian ? Tentusaja ini bukan penemuan seorang ahli geologi.

Sebuah planet diketemukan oleh astronomer dilapisi dengan berlian !

😦 “Whaduh Pakdhe, di planet itu yang namanya batu kali malah dianggap berlian, karena di planet itu batu kali malah jadi langka doonk”

Ini adalah kali pertama kami melihat dunia berbatu dengan kimia fundamental berbeda dari Bumi,” kata pemimpin peneliti Nikku Madhusudhan, seorang peneliti postdoctoral Yale dalam fisika dan astronomi. “Permukaan planet ini kemungkinan ditutupi grafit dan berlian bukannya air dan granit.

Artikel yang melaporkan temuan ini telah diterima untuk dipublikasikan dalam jurnal Astrophysical Journal Letters.

Planet ini – disebut 55 Cancri e – memiliki radius dua kali Bumi, dan delapan kali lebih besar massa, membuatnya menjadi “super-Bumi.” Ini adalah salah satu dari lima planet yang mengorbit sebuah bintang seperti Matahari, 55 Cancri, yang terletak 40 tahun cahaya dari Bumi belum terlihat dengan mata telanjang dalam konstelasi Cancer.

55Cancri e ukurannya 3 kali bumi

Planet mengorbit pada kecepatan hiper: tahunnya hanya 18 jam dibandingkan dengan 365 hari Bumi. Hal ini juga blazingly panas, dengan suhu sekitar 2.150 ° C (3.900 ° F), peneliti mengatakan, jauh dari dunia yang dihuni.

Planet ini pertama kali diamati transit bintangnya tahun lalu, fenomena transit ini yang memungkinkan para astronom untuk mengukur radius untuk pertama kalinya. Informasi baru ini, dikombinasikan dengan perkiraan terbaru dari massanya, memungkinkan Madhusudhan dan rekan menyimpulkan komposisi kimia dengan menggunakan model interior dan menghitung semua kemungkinan kombinasi dari unsur-unsur dan senyawa yang akan menghasilkan karakteristik tertentu.

Para astronom sebelumnya telah melaporkan bahwa bintang tuan rumah (host planet) memiliki karbon lebih dari oksigen, dan tim menegaskan bahwa sejumlah besar karbon dan silikon karbida, dan sejumlah kecil air es, yang terbentuk selama pembentukan planet. Mereka juga berpikir 55 Cancri e mengandung sejumlah besar air yang super-panas (super-heated water), didasarkan pada asumsi bahwa susunan kimiawi yang mirip dengan Bumi. Namun penelitian baru menunjukkan planet ini memiliki tidak ada air sama sekali, dan tampaknya terutama terdiri dari karbon (seperti grafit dan berlian), besi, silikon karbida, dan, mungkin, beberapa silikat. Studi memperkirakan bahwa 1/3 dari massa planet ini – setara dengan sekitar tiga kali massa Bumi – bisa jadi berupa berlian.

Jaraknya hanya 40 tahun perjalanan cahaya saja😉

Nah kalau berlian 1,77 karat dengan skala kejernihan VS1 dan color H, dijual seharga Rp 263 jutaan. Maka kalau sebesar tiga kali massa bumi, berapa donk harganya ?

😦 “Pakdhe, disana mungkin ungkapannya katakan dengan berlian !

sumber :  internet

5 Tanggapan

  1. beberapa unsur di bumi, bukan aseli dari bumi, tapi rizky tiban (dr planet lain).

  2. Berarti kalo bayi baru lahir mau kesana, sampe planet tsb umurnya sudah 40 tahun donk. Itu pun kalo pesawatnya gak mogok…hahaha….

  3. Sebuah penemuan planet yang luar biasa, bagaimana bisa sebuah planet tersusun dari berlian, semoga diteliti lebih lanjut agar kita mendapat info lebih tentang planet 55 Cancri e ini
    Terima kasih penjelasannya Pak Dhe..

  4. kalau selain berlian, batuan dengan dnesity serupa kira-kira apa ya pakdhe?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: