Jejak perjalanan tektonik : Plate India


Ninety East Ridge dan Investigator Ridge

Ada sebuah punggungan gunung ditengah laut yang disebut  90 East Ridge (juga diterjemahkan sebagai Ninetyeast Ridge, 90E Ridge atau 90 ° E Ridge) adalah, selama ini dikenal sebagai sebuah sebuah lintasan aseismic, namun saat ini kita lihat bagaimana lintasan ini juga menunjukkan adanya gempa (seismik), isinya diperkirakan untaian atau mata rantai gunung bawah laut di Samudera Hindia dan adalah nama yang diperkirakan paralel dengan meridian 90 Bujur Timur . Punggungan ini memiliki panjang sekitar 5.000 kilometer (3.100 mil) dan dapat ditelusuri topografi dari Teluk Benggala ke selatan ke arah Tenggara India Ridge (Seir), meskipun gambaran pelurusan ini terus ke utara di mana ia bersembunyi di bawah sedimen dari Kipas Bengal (Bengal Fan). Punggung bukit terbentang antara garis lintang 33 ° S dan 17 ° N dan memiliki lebar rata-rata 200 km !

Jejak perjalanan Plate India sejak 71 Juta tahun yang lalu

Punggungan ini terbentuk akibat adanya jejak-jejak pergerakan kerak India (Indian Plate) yang bergerak dari selatan ke utara sejak 71 juta tahun yang lalu. Tentusaja di dekat ridge ini dulunya banyak sekali gempa. Mirip juga dengan Investigator Ridge disebalah Timurnya yang sering menyebabkan gempa besar di tengah laut.

:( “Weleh Pakdhe, itu punggungnya disitu trus kepalanya dimana ?”

About these ads

11 Tanggapan

  1. jadi wondering, apakah yang dibilang sebagai benua yang dihuni bangsa Lemuria (mungkin?) atau Atlantis (mungkin?) adalah Plate India ini?

  2. 5000 km/71 jt tahun … apakah itu bisa dibilang sangat cepat pak Dhe, jika dibandingkan dengan pergerakan tektonik plate lainnya? seperti yg direkonstruksi pak Dhe (dlm gunung & Alquran #2). Melihat bekasnya, bak kapal yg meluncur ke utara dari ujung afrika dan nabrak asia selatan, dan seolah “mengapung” saja. “Gerak cepatnya” itu karena apa ya pak Dhe. Oh ya dari profil afrika, terlihat ada retakan-retakan besar, termasuk yg di timur dan dekat semenanjung arab. Apa benua ini masih aktif membelah, dan nantinya jadi pecah2 lagi ya pak Dhe?

  3. Kira2 selain Plate India apakah pulau lainnya juga mengalami pergerakan yang sama dari waktu – kewaktu Pak..

  4. [...] Sepanjang NER memang berupa sebuah pembatas antara bagian kerak Samodera Hindia di sebelah barat dan timur. NER ini bia dilihat di dalam tulisan sebelumnya disini Jejak perjalanan tektonik : Plate India. [...]

  5. Ini mungkin yang di maksud dengan; gunung berjalan seperti jalannya awan.

  6. [...] Jejak perjalanan tektonik : Plate India [...]

  7. tanya: apakah itu berarti bahwa plate india telah bergerak sejauh (kira-kira) 5000km selama 71juta tahun ini, pakdhe?

    –> Betul sekali ! 100 !!

  8. Pak De tadi baca di Viva ada fenomena di Sumatera Utara, warga tak hanya dikagetkan guncangan lindu, tapi juga polah Danau Toba yang tak biasa. Air yang biasanya tenang, bergolak, membentuk pusaran air deras. Apa penyebabnya. Apa gempa ini akan memicu gempa lain karena perubahan tekanan lempeng hindia. terima kasih

    –> Mungkin seperti ember digoyang. Tapi ukurannya kan sebesar Danau Toba ya tentunya sangat terlihat jelas gelombangnya.

  9. Nderek nge-share pakde. Matur nuwun

  10. Pakdhe, berarti setiap kali ada gempa di sepanjang 90E ini juga bisa untuk menentukan kemungkinan perubahan naik/turunnya ketinggian Himalaya ya pakdhe? Kira-kira pergeseran sesarnya itu sudah sejauh berapa kilometer ya?

    –> Lah kalau transform fault ini ya panjangnya dari selatan ke utara disebutkan 5000 Km ini. Himalaya memang terbentuk akibat benturan tabrakan kerak India dengan Eropa. Tapi gempa ini pengaruhnya tidak serta merta mempengaruhi ketinggian himalaya.

  11. oalah, ternyata Plate India suka jalan-jalan ya pakdhe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.164 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: