Ukuran Jagad Raya Bintang tetangga dekat


Alien di Pyramid ?

Tuduhan bahwa Circle crop adalah karya UFO memang tidak dipungkiri sebagai kebenaran ataupun diyakini sebagai fakta. Kebenarannya juga Wallahualam bi shawab. UFO atau ET alias Allien barangkali memang ada atau mungkin juga tidak ada. Masak sih jagad sebesar ini penghuninya hanya manusia ?
Sebenarnya seberapa besar ukuran jagad raya ini ?

😦 “Lah hiya Ta Pakdhe, mosok jagad raya bintang – bintang dilangit itu ndak ada satupun yang diisi mahluk hidup ?

😀 “Thole, yang lebih penting untuk menjadi mental umat manusia adalah bahwa kalaupun ada mahluk dari luar angkasa manusialah yang harus menjadi yang utama. Jangan minder kalau memang bener ada ! Syapa tahu mereka mampu menciptakan pesawat tapi bikin landasan saja ngrusak sawah dulu” 😀 😛

Melihat bumi saja serasa besar. Lah banyak kan kota yang belom sempat dikunjungi. Nah pembantukan bumi tentunya juga tidak lepas dari pembentukan tata surya dan semesta. Kita tengok sebentar apa sih yang ada diluar angkasa sana !. Kita ke tetangga dekat dahulu.

Jarak ke Bintang Terdekat

OK lah kita tengok dulu jarak dengan bintang yang terdekat. Bukan planet, tetapi bintang. Kalau saya ditanya bintang apa yang paling dekat dengan bumi, maka jawabnya ya Matahari. Nah, lantas bintang terdekat setelah matahari apa ?

Centauri

Jarak antar bintang sangat besar. Jarak dari Matahari ke Proxima Centauri adalah 4.22 tahun cahaya yang sama dengan 40000000000000 kilometer (4 Trilliun kilometer !!!). Untuk berjalan kaki jarak sejauh ini akan membawa Anda sekitar satu miliar tahun. Bahkan pesawat luar angkasa yang tercepat yang saat ini ada akan memerlukan waktu tempuh enam puluh ribu tahun untuk perjalanan jarak ini. Saat ini ada empat pesawat antariksa (tak berawak tentunya) meninggalkan tata surya – Pioneer 10 dan 11, dan Voyager 1 dan 2 tetapi kita mungkin akan kehilangan kontak dengan mereka semua dalam waktu dua puluh tahun. Diagram di bawah ini yang membesarkan keluar dari tata surya batin untuk sistem Alpha Centauri, menunjukkan betapa besar jarak ini.

Sumber: www.atlasoftheuniverse.com

Atlas tatasurya dari Tatasurya Matahari hingga Alfa Centauri

Atlas tata surya surya diatas sudah menunjukkan betapa kecilnya matahari dan planet-planetnya, juga sangat mungilnya bumi kita ini, dan betapa mikronya manusia.

😦 “Lah hiya Pakdhe. Masak sih di tempatnya yang luaaaas banget begini isi mahluknya hanya manusia saja ?

Atlas diatas memang sudah menggambarkan jarak terdekat sebuah bintang dari bumi dan matahari. Lantas seperti apa luasnya tatasurya ini ?

Sistem Bintang sejauh 12.5 tahun cahaya.

Memandang sejauh 12.5 tahun perjalanan cahaya.

Peta ini menunjukkan semua sistem bintang yang terdapat dalam 12,5 tahun cahaya dari Matahari. Sebagian besar bintang-bintang katai merah – bintang dengan sepersepuluh dari massa Matahari dan kurang dari seperseratus luminositas. Sekitar delapan puluh persen dari semua bintang di alam semesta adalah merah kerdil, dan bintang terdekat – Proxima – adalah contoh yang khas.

Apakah artinya satu tahun cahaya ?

Sebelum melanjutkan dongengan ini perlu diketahui dalam membicarakan jarak dan ukuran alam semesta atau ruang angkasa sering dengan menyebutkan tahun cahaya.

Satu tahun cahaya, juga tahun cahaya atau tahuncahaya (light year symbol: ly) adalah satuan panjang, sama dengan sekitar atau kurang lebih 10 triliun kilometer (1.016 meter, 10 petametres atau 6 triliun mil). Seperti yang didefinisikan oleh International Astronomical Union (IAU), tahun cahaya adalah jarak perjalanan cahaya di ruang hampa dalam satu tahun Julian.

Tahun-cahaya sering digunakan untuk mengukur jarak ke bintang-bintang dan jarak lainnya pada skala galaksi, terutama di non-spesialis dan publikasi ilmiah populer. Unit ini disukai di astrometri adalah Parsec, karena bisa lebih mudah diperoleh dari, dan dibandingkan dengan data pengamatan. Parsec yang didefinisikan sebagai jarak di mana objek akan muncul untuk bergerak dari satu detik busur paralaks saat pengamat bergerak satu unit astronomi tegak lurus terhadap garis pandang ke pengamat, dan sama dengan sekitar 3,26 tahun cahaya.

😦 “Dah Pakdhe ndak usah yang detil dan serius malah mumeth. Pakai jarak dengan tahun cahaya saja, ya”

Setelah melihat tetangga bintang dekat yang jaraknya hanya 4 trilliun kilometer saja tentunya ada juga dong tetangga jauh. yang jarak rumahnya lebih dari 4 000 000 000 000 kilometer.

Apakah semesta itu seluas itu saja ? Tentusaja tidak, manusia dengan teleskop masih mampu mengamati lebih dari itu. Lantas rumah siapakah yang jaraknya lebih dari 4 trilliun kilometer ini ?

Baca selanjutnya nanti ya ! …. Bersambung !

Sumber gambar : http://www.atlasoftheuniverse.com.

Bacaan terkait

Iklan

19 Tanggapan

  1. jika mempelajari jagat raya hanya dengan teori, rasanya lebih banyak salahnya dari pada benarnya.
    untuk itu bangsa manusia harus berusaha menciptakan alat transportasi yang canggih yang dapat memperpendek jarak tempuh.dengan itu insyah allah akan lebih mudah mempelajari tentang jagat raya.
    walau bagaimanapun juga manusia harus mampu menciptakan alat transportasi yang canggih.HARUS MAMPU ! HARUS MAMPU ! HARUS MAMPU !

  2. kalo qita punya kolam ikan , atau kebun d halaman rumah kita apa mungkin kita cuma menaruh 1 macam hewan dalam kolam ikan atw kebun tsb?

    apa mungkin ALLAH SWT menciptakan makhluk berakal selain manusia d alam semesta ini?

    sesunggahnya gag ada yang sia sia di alam ini dari ciptaan-Nya .

    wallahua’lam .

  3. Oh gituu Toooh…
    Baru gua Tauu..!!

  4. Allahu akbar, matur sembah nuwun

  5. thanks, pakdhe

  6. INILAH CARA KITA MENGETAHUI KEBESARAN TUHAN,

  7. Om, gtau knapa..saya betah banget nongkrong di blog ini….Haha, salam kenal…

  8. bukti manusia atau mahkluk hidup lainnya hanya ada dibumi:”tentunya bagi siapa yg pernah membaca terjemahan al-qur’an psti akan tw jwabanya……. kecuali mereka yg percaya teorinya mbh Darwin”……. mulailah memahami al-qur’an sbagai sumbernya ilmu pengetahuan, kaerena sudah terbukti tidak ada yg memungkiri keabsahannya kecuali mereka yg tidak mau brfikir!

  9. […] sebelumnya disini berisi dongeng dari bintang tetangga kita setelah matahari. Tentunya semesta kita tidak hanya segitu […]

  10. Jagad raya ini hanya dihuni oleh /untuk manusia ….subhanallah …..tidak Kuciptakan jin dan manusia.kecuali untuk …………..

  11. Ternyata besar juga ya………..

  12. Mohon ijin untuk share ya pakdhe

  13. subkanolo……

  14. […] sebelumnya disini berisi dongeng dari bintang tetangga kita setelah matahari. Tentunya semesta kita tidak hanya segitu […]

  15. Pakde. Untuk sambungannya kasih tahu si tole yah.. Makin jauh maka sebenarnya kita mendekati awal penciptaan. Itu, tentang makin jauh kita makin lihat ke galaksi2 muda 🙂 dibahas ya pakde. Please.

  16. kalo jagat raya disimak terus, dipikirin,… ga ada abisnya…..lauasnya….. ga kekira,….
    http://dewataspeedblog.wordpress.com/2011/01/30/mesin-hybrid-perpaduan-4tak-dengan-2tak/

  17. wah jadi tambah pengetahuan neh…terima kasih ya pak Dhe…

  18. […] Baca Detail Dongeng: Ukuran Jagad Raya Bintang tetangga dekat « Dongeng Geologi […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: