Prakiraan Angin di Indonesia


https://i0.wp.com/bmkg.go.id/imagesData/streamline.jpg

Arah angin versi BMKG

Prakiraan Angin ini dibuat oleh BMKG. Banyak sekali manfaat yang diambil dari prakiraan angin ini. Selain utk memperkirakan arah sebaran abu volkanik, angin juga dapat dipakai utk memperkirakan hujan, tentunya itu dilakukan juga oleh BMKG.

😦 “Wah penting Pakdhe, bisa dipakai buat naikin layang-layang doonk !”

Peta prakiraan angin dapat dilihat di Info Terkini dimenu atas atau klik ini –>

Prakiraan Angin di Indonesia (BMKG)

Untuk tanggal 14 November 2010 ini prakliraan angin di seputar Merapi menunjukkan arah dari Timur mengarah ke Barat. Dan ini sesuai dengan hujan abu yang terjadi di Magelang dan Muntilan.

Mari diselesaikan dengan Happy Ending

Pak Surono malam ini dalam wawancara dengan TVOne mengatakan bahwa Merapi masih dalam status AWAS. Walaupun sudah ada perubahan peta KRB, kalau masih nyaman di pengungsian diharapkan untuk tidak terburu-buru bahkan menyelinap dari petugas untuk kembali ke rumah yang masih masuk dalam zona bahaya.

Mari kita selesaikan episode Merapi kali ini dengan Happy Ending“, begitu Papar MBah Rono malam ini.

Salam Waspada !

.

Iklan

7 Tanggapan

  1. kita harus tetap sabar dan tabah karena setiap manusia akan dapat musibah

  2. LETS VOTE FOR PERSON OF THE YEAR 2010:
    SURONO alias Mbah Rono (Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi).
    Kata-kata terkenal Mbah Rono yang menginspirasi Dunia:
    -…….Zero tolerance for Human Safety
    Dan sekarang
    -…….Mari kita selesaikan episode Merapi dengan Happy Ending..

  3. update prakiraan arah dan kecepatan angin dari BMKG dilakukan tiap 1 hari sekali (bukan tiap 5 hari sekali), silahkan buka website BMKG di http://www.bmkg.go.id , di website tersebut dapat diperoleh informasi meteorologi di sekitar kawasan gunung merapi di link : http://bmkg.go.id/SebaranAsap.bmkg?Jenis=URL&IDS=2213105296862478784.
    dan prakiraan arah dan kecepatan angin di indonesia di link :
    http://bmkg.go.id/prakiraan-angin.bmkg?Jenis=URL&IDS=8291308377991904511
    “salam, cintailah produk-produk indonesia”


    –> Yups, diupdate setiap hari, tapi seringkali mata kita tidak melihat perubahan harian, makanya aku sarankan melihat selang 5 hari. Suwun tambahannya.

  4. pak Dhe.

    apakah arah angin itu, … always begitu.., or ada in time periode sama? atau stocastically change? atao gimana..
    artinya apakah ada or gimana persamaaan matematis time seriesnya …

    mohon dijawab n dijelaskan ya, misalnya ke mail ku gitu …

    –> Wah ya jelas tidak selalu sama begitu. Coba tengok dalam lima hari kedepan di sini petanya akan terupdate susuai update dari BMG. Nanti akan ditemukan arah angin yang berbeda. Tidak sekedar mengikuti time series. Angin ditentukan banyak hal, terutama memang tekanan udara. Tekanan udara dikontrol suhu. Ini angin rata-rata dalam satu hari, tetapi anda tahu kan kalau angin laut dan angin darat berubah pada siang dan malam hari ? peta diatas menunjukkan arah angin ketingian 3000 feet (sekitar 1000 meter)

  5. Dari bermacam-macam jenis tanah yang terbentuk dan tersebar di Indonesia, jenis tanah Andosol adalah jenis tanah yang subur. Tanah Andosol ini terbentuk di zona yang mendapatkan material dari gunung api, tidak terkecuali material dari gunung Merapi. Secara kimia kandungan kesuburan tanahnya sangat tinggi, sedangkan secara fisik tanah ini mudah diolah.

  6. Hujan abu di Magelang Muntilan, sangat mengganggu kesehatan, utamanya lansia dan anak-anak. Juga sangat mengganggu aktivitas keseharian……mau belanja nyari sayur tidak ada, harga barang-barang naik, harus bersih-bersih rumah secara ekstra, naik kendaraan harus milih-milih jalan……………dan muasihhhh buanyaaaaaak lagi kesedihan.
    Namun pada masanya nanti, ini semua akan tergantikan. Abu yang sangat mengganggu kali ini, pada saatnya akan menjadikan tanah semakin subur, sehingga pertanian, perkebunan dan peternakan menjadi makmur……
    Namun sayangnya semakin sedikit yang mengolah tanah untuk pertanian, perkebunan dan peternakan…..sehingga berkah tersebut kurang terasakan.

  7. […] This post was mentioned on Twitter by alphytodia and JALIN MERAPI, Iba Wuriyani. Iba Wuriyani said: RT @RovickyDP: Prakiraan Angin di Indonesia: http://t.co/5n1ZquB Kemana arah hujan abu ? @infobencana @jalinmerapi #merapi […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: